kab/kota: Pekalongan

  • 1
                    
                        Dulu Viral karena Istri Tertinggal Saat Mudik, Kini Arif Tak Bisa Pulang Kampung demi Berjuang Lawan Kanker 
                        Surabaya

    1 Dulu Viral karena Istri Tertinggal Saat Mudik, Kini Arif Tak Bisa Pulang Kampung demi Berjuang Lawan Kanker Surabaya

    Dulu Viral karena Istri Tertinggal Saat Mudik, Kini Arif Tak Bisa Pulang Kampung demi Berjuang Lawan Kanker
    Tim Redaksi
    KEDIRI, KOMPAS.com

    Arif Romadhon
    (39), pria yang sempat menghebohkan saat
    mudik Lebaran
    2023 karena tak sengaja meninggalkan istrinya puluhan kilometer di jalan, kini tak bisa mudik lagi.
    Saat itu, pria asal Kelurahan Banaran, Kota Kediri, Jawa Timur, tersebut hendak mudik dari Jakarta ke Kediri menggunakan motor.
    Namun, dalam perjalanan, dia tak sengaja meninggalkan Siti Aminah (43), istrinya, di Brebes, Jawa Tengah.
    Arif baru menyadari istrinya hilang saat hanya mendapati anak lelakinya di boncengan belakang.
    Saat itu, posisinya sudah sejauh puluhan kilometer, tepatnya di wilayah Pekalongan.
    Kontan saja, peristiwa itu cukup menghebohkan nasional.
    Mereka akhirnya bisa bertemu setelah istrinya diantar warga ke pos pengamanan terdekat.
    Namun, momentum Lebaran 2025 ini, meski ia masih berada di Kalibata, RT 003, RW 011 Bantarjati, Bogor Utara, Arif absen mudik ke Kediri, Jawa Timur.
    Sebab, dia sedang memperjuangkan kesehatannya setelah terserang sakit
    kanker usus
    stadium 2.
    “Beberapa waktu yang lalu sudah operasi pemotongan usus,” ujar Arif Romadhon kepada
    Kompas.com
    , Senin (24/3/2025).
    Namun demikian, ada kendala pada lukanya sehingga masih membutuhkan waktu yang cukup lama dan perawatan khusus untuk penyembuhannya.
    Selain itu, ia masih harus melewati sejumlah tahapan pengobatan untuk memastikan tidak ada lagi sel kanker yang menyerang.
    Arif menceritakan, karena kondisinya itu, ia tidak bisa lagi bekerja sebagai ojek
    online.
    Padahal, pekerjaan itu yang menutup kebutuhan hariannya bersama anak dan istrinya.
    Demi menyambung hidup, kini istrinya yang banting tulang dengan membuka jasa jahit pakaian.
    Hasil tak seberapa yang didapat istrinya itu pun masih harus terbagi lagi, yakni untuk biaya hidup mereka serta biaya penanganan penyakitnya.
    Meski sudah ada BPJS, namun tak semua biaya bisa di-
    cover,
    misalnya biaya transportasi ke rumah sakit maupun pembelian alat-alat pembersihan perawatan luka di rumah.
    Bahkan, Arif yang berlatar belakang pecinta alam ini juga sempat membuka donasi di laman
    kitabisa.com
    untuk membantu meringankan bebannya itu.
    Namun, saluran donasinya itu kini sudah berakhir. Ia juga tetap membuka lebar uluran tangan para dermawan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Poltek Harber dan Telkomsel Jalin MoU, Salurkan Beasiswa untuk Mahasiswa

    Poltek Harber dan Telkomsel Jalin MoU, Salurkan Beasiswa untuk Mahasiswa

    TRIBUNJATENG.COM, TEGAL – Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) terus berupaya memberikan dukungan terbaik bagi mahasiswa dalam meraih pendidikan berkualitas.

    Hal ini dibuktikan dengan adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Poltek Harber dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Aula Kampus Poltek Harber pada Kamis, (20/3/2025).

    Selain penandatanganan MoU, Telkomsel juga menyerahkan beasiswa bagi mahasiswa.

    Beasiswa Telkomsel ini merupakan program poin dari pelanggan yang sudah terkumpul melalui platform Kitabisa.com, dan kemudian disalurkan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.

    Manager Mobile Consumer Branch Pekalongan PT Telkomsel, Makmur Lumban Tobing, menjelaskan bahwa Telkomsel memiliki program penggalangan dana melalui Telkomsel Poin, yang memungkinkan pelanggan untuk menukarkan poin mereka menjadi donasi bagi berbagai sektor, termasuk pendidikan.

    “Kami bekerja sama dengan Kitabisa.com dalam menggalang dana, dan salah satu yang kami dukung adalah sektor pendidikan.

    Poltek Harber kami lihat sebagai salah satu politeknik terbaik dengan keseriusan dalam membangun pendidikan, sehingga kami merasa perlu berkontribusi di sini,” ungkapnya.

    Dalam program ini, ada tujuh mahasiswa Poltek Harber yang menerima beasiswa berupa bantuan Uang Kuliah selama 1 semester kedepan.

    Beasiswa ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa agar semakin bersemangat dalam menempuh pendidikan tinggi.

    Wakil Direktur Bidang IV Humas dan Kerjasama, Ginanjar Wiro Sasmito, menyampaikan apresiasinya terhadap Telkomsel atas kepeduliannya dalam dunia pendidikan.

    “Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

    Kami terus berupaya menjalin kemitraan dengan berbagai pihak agar dapat memberikan dukungan lebih bagi mahasiswa.

    Terima kasih kepada Telkomsel yang telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Poltek Harber,” ujarnya.

    Acara ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis beasiswa Telkomsel Poin kepada tujuh mahasiswa penerima, yang dilakukan oleh pihak Telkomsel dan Kitabisa.com.

    Diharapkan program ini dapat menjadi awal dari kolaborasi yang lebih luas dalam mendukung kemajuan pendidikan di Poltek Harber.

  • Mudik Gratis Kemenhub 2025 Disambut Antusiasme Masyarakat, Validasi Hampir Capai 100 Persen – Page 3

    Mudik Gratis Kemenhub 2025 Disambut Antusiasme Masyarakat, Validasi Hampir Capai 100 Persen – Page 3

    Lalu untuk tiket kapal laut gratis, dari total kuota sebanyak 48.867 tiket, telah terelisasi 37.100 tiket atau 75,9% dari jumlah kuota. Program mudik gratis melalui jalur laut ini akan terus dibuka selama tiket masih tersedia.

    Kemenhub menyelenggarakan program mudik gratis melalui berbagai moda dan melayani perjalanan dari berbagai kota. Untuk jalur darat, Kemenhub menyediakan 520 unit bus yang akan mengentarkan peserta ke 31 kota tujuan mudik dan 9 kota arus balik, yang tersebar di wilayah Sumatera dan Jawa.

    Untuk mudik gratis sepeda motor melalui jalur kereta api, tersedia dua rute utama, yakni Lintas Utara dan Lintas Tengah. Lintas Utara meliputi rute Jakarta Gudang – Pasarsenen – Bekasi – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang. Sementara itu, Lintas Tengah mencakup Jakarta Gudang – Pasarsenen – Cirebon Prujakan – Kroya – Gombong – Kebumen – Kutoarjo – Lempuyangan.

    Sementara “Tiket Gratis Kapal Laut” tersedia di 336 keberangkatan kapal pada 153 ruas.

  • Menilik Keunikan Batik pada Masa Kolonial Belanda dan Pendudukan Jepang

    Menilik Keunikan Batik pada Masa Kolonial Belanda dan Pendudukan Jepang

    Liputan6.com, Yogyakarta – Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Pada masa kolonial Belanda hingga masa pendudukan Jepang, batik sudah hadir dengan kekhasan tersendiri.

    Hal tersebut menunjukkan bahwa batik telah mengalami transformasi yang signifikan sepanjang sejarah. Masa pendudukan Belanda dan Jepang di Batavia juga memengaruhi motif, teknik, serta fungsi batik yang bukan sekadar selembar kain.

    Mengutip dari laman senibudayabetawi, eksistensi batik pada masa Belanda terlihat saat masa transisi dari kebijakan sistem tanam paksa menuju kebijakan liberialisasi ekonomi di Hindia Belanda. Pada masa itu, muncul batik Belanda.

    Batik Belanda merupakan hasil interaksi dengan penduduk pribumi dan kebudayaan Indis. Sebagai kebudayaan indis, batik ini merupakan tiruan yang dilakukan oleh orang-orang Eropa, khususnya Belanda.

    Batik Belanda memiliki pola utama yang mengadopsi gambar dedaunan. Seiring berjalannya waktu, muncul juga pola lain, seperti little red riding hood, snow white, hingga hanzel and grete. Saat ini, keberadaan batik Belanda yang asli masih tersimpan rapi di Museum Batik Pekalongan.

    Sementara itu, pada masa kekuasaan imperium militer Jepang, batik hadir dengan ciri khasnya sendiri. Saat itu, industri di berbagai sektor dikuasai oleh Jepang, terutama tekstil di Jawa.

    Imbasnya, peredaran bahan katun sebagai bahan dasar utama pembuatan batik menjadi minim. Hal ini memaksa sebagian besar pengusaha batik di Jawa gulung tikar.

    Pengambilan paksa pabrik-pabrik kain hingga penyitaan kain katun oleh Jepang menghasilkan seragam para prajurit dan produk berupa kain batik. Produksi batik Jepang memiliki ciri khas yang disesuaikan dengan selera mereka.

    Batik pada masa Jepang adalah jenis batik hokokai. Namun, masyarakat pribumi menyebutnya dengan nama batik pagi sore karena batik ini memiliki dua sisi yang bisa dikenakan bergantian.

    Dua sisi ini memiliki motif berbeda. Biasanya, sisi pertama dikenakan di pagi hari, sedangkan sisi lainnya untuk sore hari.

    Pada masa kemerdekaan Indonesia hingga sekarang, keberadaan batik Nusantara telah mengalami perkembangan sangat pesat. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki batik khasnya tersendiri.

    Batik telah melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan kerap dikenakan dalam berbagai acara penting. Pada 2 Oktober 2009, batik Indonesia ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO. Sejak saat itu, 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional setiap tahunnya.

    Penulis: Resla

  • Travel Gelap: Cermin Buram Transportasi Umum Indonesia – Page 3

    Travel Gelap: Cermin Buram Transportasi Umum Indonesia – Page 3

    Keberadaan angkutan pedesaan sebagai penyambung atau penghubung antara desa dengan Terminal Tipe A sudah banyak yang punah. Sebagai penggantinya angkutan ojek pangkalan yang tarifnya tidak terkendali alias mahal.

    “Dengan beroperasinya angkutan umum plat hitam dianggap membantu memudahkan mendapatkan layanan angkutan umum door to door mengantarkan penumpang sampai dengan tujuan penumpang,” ujar Djoko.

    Berdasarkan investigasi yang dilakukan untuk penumpang barasal dari Jawa Tengah. Asal perjalanan dari Jawa Tengah adalah Kab. Brebes, Kab. Banyumas, Kab. Grobogan, Kab. Tegal, Kab. Wonosobo, Kab. Batang, Kab. Pekalongan, Kab Pemalang dan Kab. Banjarnegara. Penumpang dijemput sesuai dengan titik share location yang diberikan kepada agen.

    Sementara yang berasal dari Jawa Barat adalah Kab. Banjar, Kab. Ciamis, Kab. Tasikmalaya, Kab. Garut, Kab. Kuningan, Kab. Cirebon, Kab. Majalaya. Kab. Sumedang, Kab. Subang.

    Ramainya penumpang di hari Jumat dan Minggu. Penumpang dijemput sesuai dengan titik share location yang diberikan kepada agen. Jam keberangkatan kisaran pukul 16.00 – 19.00.

    “Ada keluwesan dalam pembayaran, yakni pembayaran dapat dilakukan di awal atau sesudah penumpang tiba di tempat tujuan. Bahkan, ada layanan penawaran promo jika berombongan 6-7 penumpang, dapat gratis satu penumpang,” ujarnya.

    Adapun selama perjalanan pasti melakukan transit di titik kumpul yang telah ditentukan. lokasi istirahat di tempat yang telah ditentukan. Lokasi istirahat merupakan titik kumpul semua kendaraan yang berasal dari asal keberangkatan sebagai lokasi istirahat bagi pengemudi dan penumpang. Jam istirahat antara jam 20.00 – 00.00 dengan durasi waktu istirahat kisaran 45 menit – 1 jam.

    Djoko menyebut, maraknya bisnis travel gelap ini telah membikin gemas dan resah di kalangan para pengusaha angkutan umum resmi. Di satu sisi, angkutan umum resmi diminta taat regulasi.

    Sementara di sisi lain ada angkutan umum yang tidak taat regulasi dan makin marak beroperasi tanpa ada upaya tindakan tegas dari pemerintah untuk memberantasnya.

    “Bisnis travel gelap beroperasi sudah sejak lama dan jumlahnya sudah ratusan armada setiap hari yang masuk Kawasan Jabodetabek,” katanya.

     

  • Hadirkan Pengalaman Mudik Mewah dan Nyaman, KA Anjasmoro Siap Beroperasi 24 Maret 2025

    Hadirkan Pengalaman Mudik Mewah dan Nyaman, KA Anjasmoro Siap Beroperasi 24 Maret 2025

    Hadirkan Pengalaman Mudik Mewah dan Nyaman, KA Anjasmoro Siap Beroperasi 24 Maret 2025
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau
    KAI
    menghadirkan pengalaman perjalanan mewah dan nyaman melalui layanan terbaru Kereta Api (KA) Anjasmoro. Kereta ini akan beroperasi mulai Senin (24/3/2025).
    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyatakan, kehadiran
    KA Anjasmoro
    merupakan bentuk komitmen KAI dalam menghadirkan layanan transportasi yang berkelas.
    Ia melanjutkan, layanan tersebut dapat menjadi pilihan sempurna bagi penumpang yang mendambakan perjalanan yang lebih personal dan eksklusif.
    “Kami ingin memberikan pilihan perjalanan yang premium bagi pelanggan yang mengutamakan kenyamanan dan privasi,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (22/3/2025).
    Dengan fasilitas
    Suites Class
    Compartment yang eksklusif, KA Anjasmoro menawarkan suasana perjalanan yang tenang, privat, dan berkesan sepanjang rute Gambir-Surabaya Pasarturi pergi pulang (pp).
    “Pelanggan akan merasakan pengalaman eksklusif sepanjang perjalanan,” ujar Anne.
    Suites Class Compartment KA Anjasmoro menawarkan kenyamanan tertinggi berkat konsep mewah yang diusung.
    Memiliki desain modern dan elegan, setiap kompartemen menawarkan ruang pribadi dengan berbagai fasilitas premium, mulai dari tempat tidur yang luas, sistem hiburan pribadi, hingga layanan makanan eksklusif. 
    Suasana yang tenang dan layanan personal semakin menyempurnakan pengalaman perjalanan mudik penumpang.
    Sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan setia, KAI berkolaborasi dengan BUTTONSCARVES dalam program spesial “Get Free Shopping Voucher”. 
    Penumpang Suites Class Compartment dan Luxury yang melakukan perjalanan pada 27 Maret 2025 dan 28 Maret 2025 berkesempatan mendapatkan voucerbelanja eksklusif koleksi fesyen elegan dari BUTTONSCARVES.
    “Kolaborasi ini kami hadirkan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang memilih layanan premium dari KAI. Kami berharap, program ini dapat membuat perjalanan mereka semakin berkesan,” tutur Anne.
    Tak hanya menawarkan kemewahan, KA Anjasmoro juga memastikan kenyamanan melalui jadwal perjalanan yang ideal bagi para penumpang. 
    Perjalanan malam hari dari Gambir memungkinkan pelanggan beristirahat dengan nyaman. Sementara, perjalanan siang hari dari Surabaya Pasarturi memberikan kesempatan menikmati pemandangan indah sepanjang jalur kereta.
    Untuk jadwal perjalanan, KA Anjasmoro berangkat dari Gambir pukul 23.35 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan tiba di Surabaya Pasar Turi pukul 08.40 WIB.
    Kemudian, dari Surabaya Pasar Turi–Gambir, KA Anjasmoro berangkat pukul 12.05 WIB dan tiba di Gambir pukul 21.10 WIB.
    KA Anjasmoro akan berhenti di sejumlah stasiun strategis yang memudahkan akses penumpang.
    KA 29F rute Surabaya Pasarturi–Gambir akan berhenti di Surabaya Pasarturi, Bojonegoro, Cepu, Semarang Tawang Bank Jateng, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Bekasi, Jatinegara, dan Gambir.
    Lalu, KA 30F rute Gambir–Surabaya Pasarturi akan berhenti di Gambir, Bekasi, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang Bank Jateng, Cepu, Bojonegoro, dan Surabaya Pasarturi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Dorong pemuda bertani, Pekalongan budi daya melon pakai Smart Farming

    Dorong pemuda bertani, Pekalongan budi daya melon pakai Smart Farming

    ANTARA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, mulai menerapkan sistem pertanian pintar (smart farming) untuk membudidayakan melon madu. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Lili Sulistyawati, Jumat (21/3), mengatakan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya menarik minat generasi muda ke sektor pertanian yang selama ini dianggap kurang menggiurkan. (Yusup Fatoni/Dudy Yanuwardhana/Gracia Simanjuntak)

  • Pemkot Pekalongan kebut perbaikan jalan berlubang cegah kemacetan

    Pemkot Pekalongan kebut perbaikan jalan berlubang cegah kemacetan

    Akan tetapi, secara umum kondisi jalan-jalan berlubang yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota, semuanya sudah ditambal dan siap dilalui arus mudik Lebaran 2025

    Pekalongan (ANTARA) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sebagian besar telah menyelesaikan beberapa jalan berlubang dengan sistem penambalan sebagai upaya mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2025.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Bambang Sugiarto di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa hujan deras yang sempat mengguyur daerah selama beberapa hari terakhir ini masih menyisakan satu jalan berlubang di ruas Jalan Pattimura.

    “Akan tetapi, secara umum kondisi jalan-jalan berlubang yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota, semuanya sudah ditambal dan siap dilalui arus mudik Lebaran 2025,” katanya.

    Ia menargetkan perbaikan ruas jalan kota yang rusak dan berlubang bisa rampung sebelum Lebaran 2025 agar pemudik bisa merasa nyaman dan aman berkendara.

    Beberapa ruas jalan yang sudah diperbaiki di antaranya Jalan Imam Bonjol, Jalan Hayam Wuruk, dan beberapa ruas jalan lainnya yang mengalami kerusakan ringan, sedang, dan hingga berat.

    Bambang Sugiarto menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalan kota sebesar Rp3,3 miliar yang diambil dari rasionalisasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) karena anggaran dari Pemerintah pusat batal direalisasikan.

    Meski terjadi efisiensi anggaran, kata di, pihaknya berupaya perbaikan jalan berlubang bisa secepatnya diselesaikan total.

    “Semoga kegiatan perbaikan jalan rusak bisa kami kebut agar dapat menjamin kelancaran dan kenyamanan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik maupun arus balik Lebaran,” katanya.

    Pewarta: Kutnadi
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • PT KAI operasikan KA Argo Anjasmoro relasi Pasar Turi-Gambir

    PT KAI operasikan KA Argo Anjasmoro relasi Pasar Turi-Gambir

    diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 12.05 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 21.10 WIB

    Surabaya (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan KA Argo Anjasmoro fakultatif relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi-Stasiun Gambir (PP) secara perdana pada hari pertama masa Angkutan Lebaran 2025.

    Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2025, pihaknya menjalankan sembilan KA jarak jauh tambahan, salah satunya adalah KA Argo Anjasmoro untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

    “KA Argo Anjasmoro dioperasikan fakultatif pada Gapeka 2025. Pada masa Angkutan Lebaran 2025 akan melayani pelanggan setiap harinya dan memberi pilihan waktu yang berbeda,” kata Luqman kepada ANTARA di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

    Luqman menjelaskan KA Argo Anjasmoro beroperasi pada siang hari dengan waktu tempuh perjalanan sembilan jam lima menit.

    Kereta tersebut diberangkatkan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 12.05 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 21.10 WIB.

    Sedangkan dari Stasiun Gambir, lanjutnya, diberangkatkan pada pukul 23.35 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 08.40 WIB.

    Selain itu, KA Argo Anjasmoro memiliki jumlah kapasitas 450 tempat duduk kelas eksekutif per hari, yang terdiri atas sembilan kereta kelas eksekutif, satu kereta makan kelas eksekutif dan satu kereta pembangkit.

    Dalam perjalanannya, kata Luqman, KA Argo Anjasmoro melakukan pemberhentian untuk naik dan turun penumpang di Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara dan terakhir Stasiun Gambir.

    “Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan KA Argo Anjasmoro dapat memesan tiket melalui semua saluran resmi penjualan tiket KAI, termasuk aplikasi Access by KAI, laman kai.id, serta mitra penjualan resmi lainnya,” ujarnya.

    Sementara itu, pada masa Angkutan Lebaran periode 21 Maret hingga 11 April 2025, berdasarkan data sementara pada Jumat (21/3), tercatat sebanyak 1.362 pelanggan KA Argo Anjasmoro yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

    Data ini masih akan terus bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung. KAI mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pemesanan sebelum tiket KA yang diinginkan sebelum terjual habis.

    “KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan bagi pelanggan dan berharap pengoperasian kereta tambahan ini dapat menambah kapasitas tempat duduk, terutama pada momentum mudik Lebaran 2025,” ujar Luqman Arif.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Operasi Truk Dibatasi Saat Mudik Lebaran, Ini Jadwalnya

    Operasi Truk Dibatasi Saat Mudik Lebaran, Ini Jadwalnya

    Jakarta

    Pemerintah resmi melakukan pengaturan pembatasan operasional angkutan barang selama arus mudik dan arus balik angkutan lebaran 2025. Aturan tersebut dibuat agar perjalanan lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan dengan tetap menjaga stabilitas pasokan barang kebutuhan pokok.

    Pengaturan tersebut tertuang berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Direktur Jenderal Bina Marga tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2025/1446 Hijriah.

    Dikutip dari unggahan akun Instagram @kemenhub151 Jumat (21/3/2025), terdapat sejumlah angkutan barang barang yang dibatasi, di antaranya mobil barang dengan sumbu 3 atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, mobil barang dengan kereta gandengan dan mobil barang yang mengangkut hasil galian, tambang, dan bahan bangunan. Pembatasan tersebut berlaku mulai Senin, 24 Maret 2025 pukul 00.00 WIB hingga Selasa, 8 April 2025 pukul 24.00 WIB.

    Sementara angkutan barang yang tidak dibatasi ialah, angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau Bahan Bakar Gas (BBG), angkutan barang yang mengangkut sepeda motor mudik gratis, angkutan barang yang mengangkut hantaran uang, keperluan penanganan bencana alam.

    Kemudian, angkutan barang yang mengangkut hewan ternak, pupuk, pakan ternak dan angkutan barang yang mengangkut barang pokok. Pada angkutan barang yang tidak dibatasi tersebut harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan berisi keterangan jenis barang, tujuan, nama dan alamat pemilik barang. Surat tersebut harus ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

    Berikut ruas jalan tol yang diberlakukan pembatasan angkutan barang:

    Lampung dan Sumatera Selatan: Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

    DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Merak.

    DKI Jakarta:
    a. Prof. DR. Ir. Sedyatmo
    b. Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan
    c. Dalam Kota Jakarta.

    DKI Jakarta dan Jawa Barat:
    a. Jakarta – Bogor – Ciawi – Cigombong – Cibadak
    b. Bekasi – Cawang – Kampung Melayu dan
    c. Jakarta – Cikampek.

    Jawa Barat:
    a. Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi
    b. Cileunyi – Cimalaka – Dawuan
    c. Cikampek – Palimanan – Kanci
    d. Jakarta – Cikampek II Selatan segmen Sadang -Bojongbaru
    e. Bogor Ring Road (BORR).

    Jawa Barat – Jawa Tengah: Kanci – Pejagan

    Jawa Tengah:

    a. Pejagan – Pemalang – Batang – Semarang
    b. Krapyak – Jatingaleh, (Semarang)
    c. Jatingaleh – Srondol, (Semarang)
    d. Jatingaleh – Muktiharjo, (Semarang)
    e. Semarang – Solo – Ngawi
    f. Semarang – Demak
    g. Yogyakarta – Solo segmen Kartasura – Klaten, dan
    h. Yogyakarta – Solo segmen Klaten – Prambanan -Taman Martani (Fungsional).

    Jawa Timur:

    a. Ngawi – Kertosono – Mojokerto – Surabaya – Gempol –
    b. Pasuruan – Probolinggo
    c. Surabaya – Gresik
    d. Gempol – Pandaan – Malang, dan
    e. Probolinggo – Banyuwangi segmen SS Gending -Paiton (Fungsional).

    Ruas Jalan Non Tol Yang Diberlakukan

    Sumatera Utara

    a. Bts. Frovinsi Aceh – Tanjung Pura – Stabat – Binjai -Medan Lumbuk Pakam – Sei
    b. Sei Rampah – Tebing Tinggi – Lima Puluh – Kisaran – Aek Kanopan – Rantauprapat – Kota Pinang – Bts Riau
    c. Medan – Berastagi, dan
    d. Pematang Siantar – Parapat Simalungun – Porsea.

    Jambi dan Sumatera Barat

    a. Jambi – Sarolangun Padang
    b. Jambi – Tebo – Padang
    c. Jambi Sengeti – Padang, dan
    d. Padang – Bukit Tinggi

    Jambi – Sumatera Selatan – Lampung: Jambi -Palembang – Lampung

    DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Serang -Cilegon – Merak.

    Ruas Jalan Non Tol Yang Diberlakukan

    Banten
    a. Cilegon – Lingkar Selatan Cilegon – Anyer -Labuhan
    b. Jalan Raya Merdeka – Jalan Raya Gatot Subroto dan
    c. Serang – Pandeglang – Labuhan.

    DKI Jakarta – Jawa Barat: Jakarta Bekasi Cikampek -Pamanukan – Cirebon.

    Jawa Barat

    a. Bandung – Nagreg – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar
    b. Nagreg – Kadungora – Leles – Garut
    c. Bandung – Sumedang – Majalengka – Cirebon
    d. Bogor – Ciawi – Sukabumi – Cianjur – Bandung
    e. Padalarang – Gadog Bangkong – Cimahi
    f. Karawang – Subang – Indramayu – Cirebon
    g. Sukabumi – pelabuhan ratu Jampang – Cianjur -Garut – Tasikmalaya – Pangandaran – Banjar dan
    h. Subang – Lembang – Bandung.

    Jawa Barat Jawa Tengah: Cirebon – Brebes.

    Jawa Tengah

    a. Solo – Klaten – Yogyakarta
    b. Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batan -Kendal – Semarang – Demak
    c. Semarang – Salatiga – Doyolali – Dawen Magelang-Yogyakarta dan
    d. Pejagan – Tegal – Purwakerto.

    Jawa Tengah – Jawa Timur: Solo – Ngawi.

    Yogyakarta

    a. Jogja – Wates
    b. Jogia – Sleman – Magelang
    c. Jogja – Wonosari dan
    d. Jalur Jalan Lintas Selatan (jalan Daendeles).

    Jawa Timur
    a. Pandaan – Malang
    b. Probolinggo – Lumajang
    c. Madiun – Caruban Jombang dan
    d. Banyuwangi – Jember

    Bali
    a. Denpasar – Gilimanuk

    Kalimantan Tengah

    a. Palangka Raya – Pulang Pisau – Kapuas Bts. Kalimantan Selatan
    b. Palangka Raya – Sampit Pangkalan Bun
    c. Buntok – Palangka Raya
    d. Tamiyang Layang – Bts. Kalimantan Selatan dan
    e. Sei Hanyo – Kuala Kurun – Bawan – Bukit Liti -Palangka Raya.

    (acd/acd)