kab/kota: Pasar Baru

  • Citroen Siap Ngegas, Indonesia Jadi Pasar Penting

    Citroen Siap Ngegas, Indonesia Jadi Pasar Penting

    Jakarta

    Produsen mobil asal Perancis Citroen menyadari ketatnya persaingan industri otomotif di Indonesia. Kendati demikian, Citroen sudah siap bersaing dengan semua produsen otomotif yang menginjakkan kaki di Indonesia.

    “Citroen I’s Back,” pernyataan singkat Citroen Brand CEO, Thierry Kokas pada ajang Paris Motor Show 2024 kemarin.

    Kokas menjelaskan comeback-nya Citroen tidak hanya berlaku pada persaingan pasar Eropa, karena produsen mobil dengan logo yang terinspirasi produk sistem roda gigi ‘herringbone’ ini juga berniat untuk menguasai pasar Asia, Amerika Latin dan India.

    “Citroën It’s Back, jelas difokuskan pada pasar Eropa, karena di Eropa Citroën terus-menerus kehilangan pangsa pasar, dan sekarang kami kembali dengan jajaran produk yang sepenuhnya baru, dan kami sangat senang dengan itu,” ucap Kokas saat interview.

    “Strategi Citroën tahap kedua adalah ekspansi di luar Eropa, karena saya tidak ingin hanya dilihat sebagai merek Eropa atau apa pun, dan ada peluang besar. Dua area utama tempat kami ingin tumbuh adalah India dan Asia, itu yang pertama, lalu Amerika Latin. Itulah dua area tempat saya pikir merek ini memiliki banyak potensi untuk tumbuh. Jelas, di Asia, kami memiliki India dan Indonesia. Ini adalah dua negara penting bagi kami, dan di Amerika Latin, terutama di Brasil dan Argentina. Saya tidak ingin melipat gandakan jumlah negara tempat kami seharusnya berada. Saya tidak ingin memasang bendera di banyak negara seperti, saya di sini, saya di sini, saya di sini, atau saya di sini. Saya tidak tertarik dengan itu,” Kokas menegaskan.

    Illustrasi Citroen Ami di Paris Motor Show 2024 Foto: M Luthfi Andika/detikOto

    Namun Kokas menegaskan Citroen akan lebih serius menggarap pasar, yang sudah lebih dulu digarapnya.

    “Yang saya inginkan adalah melakukan hal-hal yang sedang kita lakukan saat ini dengan baik, karena setiap kali Anda memasuki pasar baru, itu jelas rumit dan membutuhkan banyak usaha. Jadi, ketika Anda memasuki pasar, kita juga perlu mengatakan, kita memasuki pasar karena kita ingin bertahan di pasar ini dan kita ingin hadir dalam strategi jangka panjang dan seterusnya. Dan inilah mengapa saya juga mempertimbangkan, untuk keluar dari beberapa pasar jika saya tidak memiliki kegiatan apa pun di beberapa pasar,” kata Kokas.

    “Tetapi bagi saya, pilar utamanya adalah India dan Indonesia, tentu saja, di Asia, lalu Brasil dan Argentina di Amerika Latin. Jadi, ini adalah bagian dari ekspansi kami. Saya sudah mengungkapkan bahwa saya ingin 30% dari penjualan kami dilakukan di luar Eropa,” tutup Kokas.

    (lth/dry)

  • HNSI minta ada ikan sebagai protein dalam program makan siang bergizi

    HNSI minta ada ikan sebagai protein dalam program makan siang bergizi

    Jakarta (ANTARA) – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) meminta pemerintah memasukkan ikan sebagai satu sumber protein dalam program Makan Bergizi Gratis (MGB) yang dicanangkan Presiden RI Prabowo Subianto.

    “Kami sangat mendukung program ini dan tentu agar ikan menjadi protein yang dihidangkan kepada penerima manfaat program ini,” kata Ketua Bidang Pengembangan Usaha Perikanan DPP HNSI Wanto Asnim di Jakarta, Rabu.

    Menurut dia ikan merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat mendukung kecerdasan para siswa yang disasar program ini.

    Selain itu dengan dijadikan ikan sebagai sumber protein akan membantu nelayan dalam memasarkan produk hasil tangkapan mereka di laut.

    “Ini sangat bagus bagi nelayan karena memang saat ini harga ikan sedang turun dan jika program ini berjalan harga ikan menjadi lebih baik dan membuka pasar baru bagi nelayan di seluruh Indonesia,” kata dia.

    Ia juga berharap pemerintahan baru di bawah Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dapat meningkatkan taraf hidup nelayan di Indonesia.

    “Prinsipnya kami mendukung kebijakan yang dibuat pemerintah yang akan membangkitkan ekonomi masyarakat termasuk nelayan,” kata dia.

    Baca juga: Guru Besar IPB: Makan bergizi gratis terkait dengan swasembada pangan

    Wanto Asnim juga meminta agar target Indonesia menjadi poros maritim jangan dilupakan, seperti program tol laut serta pembangunan infrastruktur laut serta sejumlah program yang berkaitan dengan nelayan juga wajib dilanjutkan.

    “Kalau tidak dilanjutkan maka akan berdampak bagi nelayan karena melalui program itu berhasil menghubungkan timur dengan barat Indonesia,” kata dia.

    Sebelumnya Presiden RI Prabowo Subianto mengajak para menteri, kepala lembaga/badan khusus, serta pejabat setingkat menteri lainnya untuk bekerja dalam satu tim mengingat program Makan Bergizi itu adalah bagian dari rencana kebangkitan bangsa Indonesia.

    Berkaitan dengan program tersebut, Prabowo meminta Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana dan seluruh kementerian/lembaga dapat menyiapkan agar program tersebut dapat terealisasi secara tepat sasaran dan terukur.

    Prabowo juga meminta para menteri dan kepala badan/lembaga jangan takut dengan kesulitan.

    Presiden menekankan kembali bahwa pemerintahan di bawah kepemimpinan dirinya bisa mengelola dan mengalokasikan dana agar mencapai target.

    “Saya tidak katakan bahwa ini bisa selesai dalam 1 minggu, 2 minggu, atau 3 bulan. Tidak ada di antara kita yang punya tongkat Nabi Sulaiman Alaihi Salam, tetapi kita bisa berhitung, kita bisa mengelola, kita bisa alokasi dana, kita bisa kerahkan sumber daya, dan kita akan mencapai target yang kita tentukan,” kata Prabowo.

    Baca juga: Badan Gizi sebut TNI dan BUMDes mitra penting program Makan Bergizi
     

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Triono Subagyo
    Copyright © ANTARA 2024

  • LEEDXS komitmen bangun ekosistem keuangan digital aman dan transparan

    LEEDXS komitmen bangun ekosistem keuangan digital aman dan transparan

    Ekspansi pasar global dan strategi lokalisasi adalah inti dari rencana strategis kami untuk sepuluh tahun ke depanJakarta (ANTARA) – LEEDXS, platform trading mata uang kripto komitmen untuk membangun ekosistem keuangan digital yang aman dan transparan di seluruh dunia melalui rencana strategis dalam 10 tahun ke depan.

    LEEDXS baru-baru ini meluncurkan rencana strategis untuk sepuluh tahun ke depan bertujuan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan jangka panjang platform melalui penataan pasar global dan inovasi teknologi serta membangun ekosistem keuangan digital yang kuat dan inklusif.

    “Ekspansi pasar global dan strategi lokalisasi adalah inti dari rencana strategis kami untuk sepuluh tahun ke depan. Melalui kolaborasi erat dengan regulator dan lembaga keuangan di berbagai daerah, kami percaya LEEDXS dapat membangun ekosistem keuangan digital yang aman dan transparan di seluruh dunia,” kata CEO LEEDXS Jacob Mark melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

    Dalam 10 ke depan, LEEDXS akan fokus pada pengembangan lebih lanjut dari penataan pasar platform di seluruh dunia, terutama di pasar baru yang sedang berkembang.

    Platform berencana untuk terus mendapatkan lisensi kepatuhan di berbagai wilayah global untuk memastikan operasionalnya yang sah di lebih banyak pasar dan akan bekerja sama erat dengan lembaga keuangan dan regulator di setiap negara untuk memastikan layanan platform memenuhi persyaratan regulasi keuangan setempat.

    LEEDXS juga akan mendorong pertumbuhan basis pengguna global dengan secara bertahap memasuki pasar baru di seluruh dunia, memastikan posisi terdepan platform dalam ekosistem keuangan digital global.

    Sedangkan dari segi teknologi, LEEDXS akan terus mendorong inovasi teknologi dengan memperkenalkan teknologi buku besar terdistribusi yang canggih, teknologi kriptografi kuantum, dan alat analisis perdagangan yang didorong oleh kecerdasan buatan untuk lebih meningkatkan keamanan, transparansi, dan efisiensi trading platform.

    Strategi inovasi teknologi LEEDXS tidak hanya terbatas pada fungsi trading yang ada, tetapi juga akan berfokus pada pembangunan ekosistem keuangan digital yang beragam sehingga memberikan pengguna pilihan manajemen aset dan trading yang lebih fleksibel.

    LEEDXS selalu berkomitmen untuk mendorong pembangunan berkelanjutan, dengan rencana untuk secara besar-besaran mengadopsi teknologi blockchain ramah lingkungan dalam sepuluh tahun ke depan.

    Selain itu, LEEDXS akan aktif terlibat dalam inisiatif perlindungan lingkungan global, mendorong integrasi mendalam antara ekonomi hijau dan teknologi blockchain. Platform akan fokus pada pembangunan ekosistem keuangan yang lebih berkelanjutan, menawarkan solusi keuangan yang lebih sadar lingkungan bagi pengguna di seluruh dunia.

    Melalui langkah-langkah tersebut, LEEDXS akan menjadi lebih dari sekadar platform trading aset digital, tetapi juga pendorong perkembangan keuangan hijau global.

    Baca juga: LEEDXS meluncurkan renstra baru dukung inovasi keuangan digital Asia
    Baca juga: Pasar kripto respons hati-hati penurunan suku bunga The Fed

    Pewarta: Benardy Ferdiansyah
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Indonesian Export Channel komitmen bangun ekosistem ekspor yang kuat

    Indonesian Export Channel komitmen bangun ekosistem ekspor yang kuat

    Kami berharap dengan partisipasi kami di TEI, para tenant bisa mencapai closing deal dengan buyer internasionalJakarta (ANTARA) – Indonesian Export Channel (IEC), asosiasi dan platform pembelajaran ekspor di Indonesia berkomitmen untuk membangun ekosistem ekspor yang kuat di tanah air.

    Hal itu diwujudkan IEC dengan perannya sebagai fasilitator utama dalam dunia ekspor dengan berpartisipasi di Trade Expo Indonesia (TEI) 2024.

    Partisipasi tahun ini menandai tahun ketiga berturut-turut IEC mengikuti TEI, yang merupakan ajang tahunan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mempertemukan eksportir lokal dengan pembeli internasional.

    Ketua Umum Indonesian Export Channel Ronnie Aban dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan kehadiran IEC di TEI sejak 2022 tidak hanya bertujuan untuk memfasilitasi eksportir, tetapi juga untuk membangun ekosistem ekspor yang lebih kuat.

    “Kami berharap dengan partisipasi kami di TEI, para tenant bisa mencapai closing deal dengan buyer internasional. Selain itu, IEC sendiri juga dapat memperluas jaringan buyer baru yang akan membantu pertumbuhan ekspor di Indonesia,” ungkap Ronnie.

    Baca juga: Indonesia Export Channel : Transaksi ekspor 50 juta dolar AS per tahun

    Baca juga: Indonesia Export Channel target 1.000 anggota eksportir tetap di 2023

    Dengan tema “Memperluas Pasar Global melalui Kolaborasi dan Inovasi”, IEC hadir dengan misi untuk memfasilitasi pelaku usaha di bidang ekspor, membantu mereka menemukan peluang pasar baru, dan mendorong terciptanya lebih banyak transaksi bisnis yang berdampak pada peningkatan ekspor nasional.

    “Kami memberikan berbagai fasilitas khusus, mulai dari pelatihan, pendampingan ekspor hingga bantuan dalam mendapatkan data buyer dan pembuatan katalog agar sesuai standar ekspor. Harapan kami, para tenant bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk memperluas pasar dan mengoptimalkan peluang bisnis internasional mereka,” kata Sekretaris Jenderal IEC sekaligus Ketua Panitia Booth IEC untuk TEI 2024
    Dwi Rayindra Marchiano.

    Ia juga menyampaikan bahwa IEC berencana untuk terus berpartisipasi dalam ajang TEI setiap tahunnya, dengan harapan dapat semakin memperkuat peran Indonesia dalam perdagangan internasional.

    Sebagai bagian dari komitmennya, IEC membawa 22 perusahaan terkurasi dari berbagai sektor untuk memamerkan produk unggulan mereka kepada pembeli internasional dalam TEI 2024.

    Produk yang dipamerkan mencakup berbagai komoditas potensial, seperti briket arang kelapa, fast-moving consumer goods (FMCG), essential oil, gula kelapa, rempah-rempah, kopi, furnitur, food and beverages hingga produk kerajinan tangan.

    Produk-produk itu diharapkan dapat menarik minat pembeli internasional dan membantu memperluas jaringan pasar global bagi eksportir Indonesia.

    Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi, di antaranya PT HNF Alam Sejahtera, PT Metro Impex Makmur, CV Nucifera Hiro Indonesia, PT Suma Briket Premium, CV Serene Harmoni Indonesia, PT Inti Agro Solution (Global Essential Oil), PT Anto Antar Sejagat, PT Agri Ekspor Indonesia, PT Aneka Unggulan Nusantara, PT Gastrus Bintang Gemilang, PT Indah Tata Buana, PT Inti Alam Andalas.

    Berikutnya, PT Maffin Sukses Berjaya, PT Nusantara Jagadhita Utama, PT Sumber Sejahtera Mandiri Industri, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, PT Suntara Perintis Jaya, PT Karta Natur Asia, MIND ID, CV Arva Indonesia, CV Yumeda Pangan Sejahtera (Sweet Sundae Indonesia), dan PT Cerita Ragam Nusantara (Jiwanta) Sejahtera (Sweet Sundae Indonesia), dan PT Cerita Ragam Nusantara (Jiwanta).

    Selain itu, IEC juga bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang membawa produk-produk unggulan daerah seperti abon ikan gabus, keripik pisang, kopi bubuk kemasan, dan kerupuk ikan gabus.

    Partisipasi dari berbagai daerah itu diharapkan dapat meningkatkan citra ekspor lokal di mata pembeli internasional dan memperluas jangkauan pasar.

    Partisipasi IEC di TEI 2024 didukung oleh sejumlah sponsor, termasuk MIND ID, Bank Syariah Indonesia (BSI), Rays Group Indonesia, dan PT Metro Impex Makmur. Dukungan tersebut memungkinkan IEC untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para tenant yang tergabung dalam booth IEC, yang diharapkan mampu menarik minat pembeli potensial dan mendorong terciptanya transaksi bisnis bernilai tinggi.

    Baca juga: Mitra binaan LPEI membukukan potensi transaksi Rp5 miliar di TEI 2024

    Baca juga: Mendag: Total transaksi sementara TEI 2024 sebesar 22 miliar dolar AS

    Pewarta: Benardy Ferdiansyah
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • KPU Jakpus sosialisasi Pilkada 2024 ke pasar tradisional

    KPU Jakpus sosialisasi Pilkada 2024 ke pasar tradisional

    Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat menyosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 ke pasar-pasar tradisional di wilayah tersebut pada saat ramai pengunjung.

     

    “Sosialisasi Pilkada Jakarta 2024 di pasar yang ramai pengunjung sudah kita lakukan beberapa kali dan keliling di pasar hampir di seluruh wilayah Jakarta Pusat,” kata Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Efniadiansyah saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

     

    Efni menyebutkan, sosialisasi di pasar trsional ak ini dilakukan pagi hari saat pengunjung ramai berbelanja kebutuhan sehari-hari.

     

    Bentuk sosialisasi yang dilakukan, yakni menyebarluaskan bahan sosialisasi berupa brosur ke setiap pedagang dan pembeli yang berisi tahapan penyelenggaraan Pilkada Jakarta 2024.

     

    “Kita juga lihat waktunya, kita mainnya pagi karena di pagi hari kan relatif pengunjung pasar tradisional itu lebih banyak dan sosialisasi yang kita lakukan itu gunanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024,” ujar Efni.

    Baca juga: KPU Jakpus dirikan tujuh TPS khusus di Rutan dan Lapas Salemba

     

    Selain itu, KPU Jakarta Pusat (Jakpus) juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap di Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 November mendatang meskipun hari itu libur nasional.

     

    “Jangan sampai karena hari libur justru mereka keluar kota sebelum mencoblos atau tidak mencoblos sama sekali maka kita coba mengingatkan melalui sosialisasi di pasar-pasar tradisional tersebut,” kata Efni.

     

    KPU Jakarta Pusat sudah melakukan sosialisasi di delapan pasar di Jakarta Pusat yakni Pasar Paseban (Senen), Pasar Rawa Kerbo (Cempaka Putih), Pasar Atom (Pasar Baru) dan Pasar Nangka (Kemayoran).

    Lalu Pasar Petojo (Gambir), Pasar Gondangdia (Menteng), Pasar Johar (Johar Baru) dan Pasar Palmerah (Tanah Abang).

    Baca juga: KPU Jakpus distribusikan ribuan kotak dan bilik suara Pilkada Jakarta

     

    Pasar tersebut dipilih melihat beberapa faktor antara lain letak pasar (geografis) yang mewakili setiap kecamatan dan jumlah atau intensitas warga yang berkunjung ke pasar.

     

    “Terkait dengan maksimalnya, maksimal tempat-tempat yang memang digunakan menjadi titik-titik kumpul atau kerumunan yang bisa juga tanpa waktu yang banyak mengumpulkan masyarakat,” kata Efni.

     

    Di sisi lain, KPU Jakarta Pusat juga tetap menggencarkan sosialisasi Pilkada Jakarta 2024 di sekolah-sekolah dengan menyasar pemilih pemula, organisasi kemasyarakatan 
    (ormas) kepemudaan, mahasiswa dan organisasi atau perkumpulan disabilitas.

     

    Sosialisasi ini semakin digencarkan mengingat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah ditetapkan.  Begitu puy dengan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur juga sudah ditetapkan dan sudah memasuki tahapan kampanye.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pemkot Jakpus tegaskan integritas anti korupsi harus jadi DNA

    Pemkot Jakpus tegaskan integritas anti korupsi harus jadi DNA

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Jakarta Pusat menegaskan bahwa integritas anti korupsi sudah seharusnya menjadi sifat genetik yang melekat pada seseorang (DNA).

     

    Hal itu dikatakan Inspektur Pembantu Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat ​​​​​​​Rianta Widya Amalia dalam kegiatan “Aparatur Sipil Negara (ASN) Mengajar” di SMKN 38 Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 Nomor 13, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

     

    “Integritas anti korupsi itu harus menjadi DNA, artinya adalah kalau diumpamakan seperti orang bernafas secara otomatis melekat dalam tubuh,” katanya di Jakarta, Jumat.

     

    Widya menjelaskan, untuk di level SMK bimbingan disiapkan untuk langsung bekerja sehingga lebih ditekankan agar menjadi pekerja yang memiliki integritas terutama dalam melihat aliran uang.

     

     

    Pendidikan anti korupsi melalui “ASN Mengajar” yang dilakukan lintas perangkat daerah ini melibatkan ASN jenjang eselon III untuk mengajar.

     

    Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat juga melakukan sosialisasi anti korupsi menggunakan Bus Anti Korupsi yang berkolaborasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait literasi keuangan.

     

    “ASN Mengajar” merupakan kegiatan yang diinisiasi Inspektorat Provinsi DKI Jakarta dalam rangka membangun budaya anti korupsi kepada para pelajar SD, SMP hingga SMA atau SMK.

     

    Widya menyebutkan, sejak September lalu program ini dimulai di wilayah Jakarta Pusat dan sudah menjangkau sekitar 38 sekolah.

     

     

    Widya berharap “ASN Mengajar” ini dapat membentuk kepribadian anak-anak yang akan menjadi pemimpin di Indonesia dan memiliki sifat serta karakter yang kuat, berkarakter serta berintegritas sekaligus menjadi pengisi Generasi Emas Tahun 2045.

     

    Camat Tanah Abang Dicky Suherlan yang juga menjadi pengajar dalam “ASN Mengajar” menjelaskan, para siswa dan siswi ini merupakan aset bangsa yang ke depannya harus dikelola dengan baik.

     

    Dalam materinya, Dicky menyampaikan materi yang lebih terarah pada nilai-nilai yang positif, memiliki kepribadian yang baik dan luhur.

     

    “Tadi saya jelaskan bahwa kata budaya sejatinya jangan dipadankan dengan hal negatif, seumpama budaya korupsi atau budaya tawuran, karena budaya itu sejatinya hal yang positif. Jadikan ‘mindset’ di diri kita hal yang negatif itu sebagai perbuatan tercela,” kata Dicky.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Warga Bojonegoro Menipu Lewat Aplikasi Kencan Online

    Warga Bojonegoro Menipu Lewat Aplikasi Kencan Online

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Pelaku penipuan dan penggelapan lewat aplikasi kencan online yang beroperasi di wilayah hukum Polres Bojonegoro diamankan. Pelaku ditangkap polisi usai menggondol sepeda motor milik korban yang bertemu lewat aplikasi OMI.

    Terduga pelaku yang ditangkap berinisial MR alias AL (28) asal Desa Moronyamplung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan. Ia ditangkap di Jalan Gotong Royong, Babat Lamongan, Jumat, 20 September 2024, sekitar pukul 00.30 WIB.

    “Untuk terduga pelaku saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Kapolsek Baureno Polres Bojonegoro AKP Mat Suiswanto, Senin (23/9/2024).

    Mat Suiswanto menjelaskan, pengungkapan kasus penipuan dan penggelapan itu bermula dari laporan ZM yang sebelumnya pernah menjadi korban penipuan sepeda motor melalui akun “Adm Lhksn 22” di aplikasi OMI.

    Saat ia iseng mengirim pesan kepada akun tersebut, ternyata pelaku merespons. ZM kemudian meminta bantuan MIF merupakan teman ZM untuk melanjutkan perkenalan dengan pelaku, sambil memberi tahu petugas Polsek Baureno tentang interaksi tersebut.

    Pada malam hari, tepatnya Kamis, 19 September 2024, sekitar pukul 23.00 WIB, MIF yang mengendarai sepeda motor Honda Beat nopol S-2068-AAH bertemu dengan pelaku yang mengaku bernama Adam Laksana di Pasar Baru Baureno.

    Dalam pertemuan tersebut, pelaku mengemudikan motor milik korban berinisial MIF. Saat tiba di Masjid Al-Mu’awanah Desa Gunungsari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, MIF meminta berhenti untuk menggunakan toilet.

    “Saat korban berada di dalam toilet, pelaku pamit untuk mengisi bensin, dan tak kunjung kembali,” ujarnya.

    Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti, satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih S-2068-AAH, yang diketahui merupakan hasil kejahatan atau milik MIF/korban, serta satu unit handphone merek VIVO type V23e milik pelaku.

    “Polsek Baureno akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap lebih lanjut jaringan pelaku,” tegasnya.

    Dari hasil intrograsi awal bahwa pelaku sudah melakukan aksinya sebanyak 6 kali yang berbeda. “Sementara kami sangkakan pasal Pasal 378 dan atau 372 KUHP dengan ancaman 10 tahun kurungan,” jelasnya.

    Kapolsek Baureno mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati saat berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal, terutama melalui aplikasi online. [lus/but]

  • PT Pos Ungkap Penyebab Pos Bloc Kebakaran

    PT Pos Ungkap Penyebab Pos Bloc Kebakaran

    Jakarta

    Bangunan Pos Bloc di Jalan Pos, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, terbakar dini hari tadi. PT Pos Indonesia buka suara atas kejadian tersebut.

    Chief Operation Officer Pos Bloc Jakarta Lila Adinugroho mengatakan kebakaran terjadi pukul 00.10 WIB. Ia menjelaskan ada sumber api berasal dari salah satu tenant yang ada di sana.

    “Sumber api berasal dari salah satu tenant Pos Bloc yang berada di area belakang. Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik,” kata Lila dalam keterangan resminya, Selasa (10/9/2024).

    Lila mengatakan area yang terdampak di gedung utama Pos Bloc hanya sebagian kecil saja dari total luas bangunan dan berhasil segera diatasi oleh pihak Damkar Jakarta Pusat. Sayangnya, api merambat ke area masjid.

    “Api kemudian merambat ke bangunan tambahan yaitu Masjid Al Abror yang terletak persis di belakang bangunan Pos Bloc Jakarta. Tercatat tidak ada korban jiwa maupun korban luka pada peristiwa ini,” katanya.

    Lila juga menekankan proses penyidikan penyebab kebakaran hingga kini masih terus di lakukan oleh aparat berwenang. Sedangkan Pos Bloc Jakarta akan ditutup sementara waktu.

    “Pos Bloc Jakarta untuk sementara berhenti beroperasi hingga proses penyidikan selesai,” jelasnya.

    Sebagai informasi, pihak Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan menunrunkan 14 unit mobil damkar dan 56 personel untuk melakukan pemadaman dari kebakaran yang terjadi di Pos Bloc.

    (fdl/fdl)

  • Hore! Nilai Impor Ikan Turun di Semester I 2024, Ini Pemicunya

    Hore! Nilai Impor Ikan Turun di Semester I 2024, Ini Pemicunya

    Jakarta

    Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkap nilai impor perikanan menurun di semester I tahun 2024 menjadi US$ 219,54 juta. Besaran penurunan mencapai 35,15% dibanding periode serupa di tahun sebelumnya.

    “Penurunan impor ini mengukuhkan Indonesia sebagai negara net eksportir produk perikanan,” ungkap Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Budi Sulistiyo, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (27/7/2024).

    Budi menjelaskan penurunan nilai impor perikanan membuat neraca perdagangan perikanan surplus sebesar US$ 2,49 miliar atau Rp 40,67 triliun. Nilai surplus tersebut meningkat 6,2% dibanding periode serupa tahun sebelumnya.

    Ia juga menyebut untuk komoditas impor sendiri, ada yang tujuannya untuk bahan baku industri dan ada juga untuk selain bahan baku industri, seperti untuk kebutuhan hotel, restoran, katering dan pasar modern (horeka pasmod).

    “Nah yang horeka ini adalah ikan-ikan yang tidak ada di Indonesia, seperti ikan salmon, trout dan ikan kod,” ungkap Budi.

    Penurunan ini dipengaruhi oleh pasokan ikan hasil tangkapan nelayan dalam negeri yang mampu memenuhi kebutuhan industri pengolahan dan pemindangan. Ikan yang pemasokannya cukup banyak yakni ikan-ikan pelagis seperti ikan kembung.

    “Kami mendorong pelaku pengolahan dan pemindangan untuk memprioritaskan ikan hasil tangkapan nelayan kita sendiri. Dari awal tahun sampai Mei pasokan kita cukup sehingga diprioritaskan menggunakan produk hasil tangkapan dalam negeri. Ikan impor itu hanya untuk mengisi ketika tak ada bahan baku,” jelasnya.

    Sedangkan, kinerja ekspor perikanan dari Januari hingga Juni nilainya mencapai USD 2,71 miliar. Negara tujuan utama pengiriman yakni Amerika Serikat sebesar USD 889,39 juta, disusul China sebesar USD 556,04 juta, Asean sebesar USD 353,93 juta, Jepang sebesar USD 285,47 juta, dan Uni Eropa sebesar USD 193,35 juta.

    Untuk komoditas utamanya masih didominasi oleh udang, tuna, tongkol, cakalang, cumi,sotong, gurita, rajungan kepiting, dan rumput laut.

    Menurut Budi, kinerja ekspor perikanan masih terus digenjot melalui strategi promosi hasil perikanan, peningkatan kualitas hasil perikanan, hingga membuka peluang pasar baru di negara-negara Timur Tengah dan Asia Timur.

    (prf/ega)

  • Bikin Gaduh, Kominfo Janji Awasi Starlink Demi Persaingan Usaha Sehat

    Bikin Gaduh, Kominfo Janji Awasi Starlink Demi Persaingan Usaha Sehat

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia, termasuk Starlink.

    Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penanganan Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Telekomunikasi, Ditjen PPI, Kementerian Kominfo, Falatehan, dalam acara Seluler Business Forum di Jakarta.

    Disampaikan Falatehan bahwa Kominfo tidak ingin adanya perang tarif antara layanan Starlink dengan penyelenggara jasa internet lainnya.

    “Dari Analisa Supply & Demand, perlu diciptakan iklim persaingan usaha yang sehat agar layanan telekomunikasi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara berkelanjutan dan menjamin keberlangsungan usaha bagi penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia,” jelasnya seperti dalam keterangan tertulisnya.

    Sementara untuk dampak Starlink ke industri telekomunikasi, Falatehan mengatakan Kominfo berharap penyelenggara Telekomunikasi eksisting di Indonesia dapat mengadopsi pendekatan yang progresif dan fleksibel yang memungkinkan inovasi sambil memastikan bahwa prinsip keadilan dan akses universal dipertahankan.

    “Model bisnis yang kolaboratif dan regulasi yang mendukung dapat membantu mendorong transformasi digital Indonesia dan memperkuat ekosistem telekomunikasi,” ungkapnya.

    Sementara itu, Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Gopprera Panggabean mengatakan KPPU telah mengundang para stakeholder terkait untuk melihat dampak masuknya Starlink di Indonesia.

    “Dalam diskusi tersebut Starlink menyatakan sudah memenuhi semua peraturan di Indonesia dan tidak ada predatory pricing, tetapi kami juga akan terus melakukan pengawasan,” katanya.

    Gopprera menambahkan dunia industri harus memberikan manfaat seperti membangun atau mendorong penciptaan industri dan pasar baru, inovasi yang dapat menarik investasi baru, hingga menciptakan lapangan kerja baru.

    “Jika ada pelanggaran dari Starlink yang berdampak ke industri serta masyarakat, maka KPPU terbuka untuk menerima aduan serta berupaya memberikan solusi,” ungkapnya.

    (agt/fay)