kab/kota: Pasar Baru

  • Jual Buku Pakai Gerobak Usang, Mbah Husen Makan Sehari Sekali Bareng Cucunya, Untung Cuma Rp 5 Ribu

    Jual Buku Pakai Gerobak Usang, Mbah Husen Makan Sehari Sekali Bareng Cucunya, Untung Cuma Rp 5 Ribu

    TRIBUNJATIM.COM  – Sosok Mbah Husen penjual buku viral di media sosial.

    Mbah Husen jualan buku sejak pagi hingga malam hari di  sekitaran kawasan Senen, Jakarta Pusat.

    Kakek berusia 86 tahun ini jualan baku di gerobak yang sudah usang.

    Rodanya sudah rusak sehingga butuh tenaga lebih tiap kali mendorongnya.

    Mbah Husen ikhlas menjalani semua ini demi merawat sang cucu yang kini sudah sekolah.

    “Kakek Husen lansia berusia 86 yang tinggal di alamat Pasar Senen Dalam, Jakarta Pusat. Beliau sehari hari mendorong gerobak untuk menjual buku, profesi yang menjadi andalan beliau mencari nafkah,” dikutip dari Instagram @patners_in_goodness, Selasa (26/11/2024) via TribunJakarta.

    Adapun buku yang dijual Kakek Husen didominasi oleh buku gambar untuk anak-anak.

    Untuk tiap buku yang terjual, Kakek Husen akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 5 ribu.

    “Gerobak tua, yang sudah rusak roda nya, sering kali terpaksa di betulkan di tengah jalan agar bisa berjalan lagi. Gerobak tersebut adalah teman Kakek Husen mencari nafkah. Beliau menjual buku dengan berkeliling, terkadang dari pasar baru sampai mangga dua. Namun sering kali buku yang beliau jual tidak laku dan Kakek pulang dengan tangan kosong. Padahal beliau hanya mengandalkan keuntungan 5 ribu rupiah saja,” sambung caption.

    Jika sudah begitu, Kakek Husen dan cucunya hanya bisa makan satu kali dalam sehari.

    Pilunya, satu bungkus nasi yang dibelinya akan dibagi dua untuk sang cucu.

    Lagi-lagi hal ini tak mengapa, apapun akan dilakukannya asalkan sang cucu bisa sekolah.

    “Kakek Husen pun masih harus menyisihkan penghasilan beliau untuk membayar kontrakan dan uang sekolah cucu beliau. Sedangkan cucu beliau lebih sering berangkat sekolah tanpa uang bekal atau jajan,” ungkap caption.

    Perjuangan Kakek Husen pun menyentuh hati banyak orang.

    Beberapa dari warganet tak segan menyisihkan uangnya untuk Kakek Husen dan sang cucu.

    Sementara itu, sebelumnya juga viral sosok penjual kopi kaget dapat umroh gratis dari Kapolres Cimahi.

    Sosok penjual kopi di Kota Cimahi, Jawa Barat itu bernama Yatno.

    Pria 75 tahun yang akrab disapa Abah Baron itu sudah jualan kopi selama 20 tahun.

    Ia ketiban rezeki setelah bertemu dengan Bripka Rizky Hikmat Setiawan yang bertugas di Unit Patwal Sat Lantas Polres Cimahi. 

    Dalam video yang dibagikan oleh Bripka Rizky, terlihat Abah Baron yang sedang membaca Al Quran di pinggir jalan.

    Ia tampak diam di depan sebuah ruko yang tutup sembari menungu pembeli kopi.

    “Pak Baron usia 75 tahun penjual kopi keliling, disela sela beliau berjualan kopi, selalu menyempatkan diri untuk membaca Al-Quran,” tulis Bripka Rizky, Kamis (21/11/2024), melansir dari TribunJabar.

    Bripka Rizky pun mengajak Abah Baron untuk makan bersama. 

    “Hayu sareng abi tuang hela (ayo sama saya makan dulu),” ajak Bripka Rizky.

    Sesampainya di tempat makan ternyata Kapolres Cimahi, AKBP Tri Suhartanto juga mendatangi Abah Baron.

    Abah Baron bercerita sebelumnya ia sempat bekerja di pabrik tekstil.

    Namun di tahun 1999 itu zaman kritis moneter sehingga Abah Baron terkena PHK.

    Ia mengatakan nama aslinya adalah Yatno tapi dikenal sebagai Baron.

    “Nama asli Yatno, tapi dikenal Baron,” kata pria berusia 75 tahun tersebut.

    Tri Suhartanto pun memberikan uang untuk Abah Baron.

    “Bapak Kapolres memberikan uang agar Abah Baron bisa pulang, karena cuaca di luar hujan cukup deras,” kata Bripka Rizky.

    Abah Baron pun diantar pulang oleh Bripka Rizky menggunakan mobil patroli.

    Taka lama ternyata Kapolres Cimahi mendatangi rumah Abah Baron.

    Ia pun langsung disambut oleh istri Abah Baron dan anaknya.

    Kapolres Cimahi itu tampak berbincang-bincang dengan Abah Baron dan keluarga.

    Ia pun memutuskan untuk pamit dan memberi tahu bahwa ia akan memberangkatkan Abah Baron umroh.

    “Bapak ku abi diangkatkeun umroh (bapak sama saya diberangkatkan umroh),” kata Tri Suhartanto.

    Sontak saja kabar itu pun membuat Abah Baron dan keluarga terkejut.

    Abah Baron tidak berhenti berterima kasih kepada Kapolres Cimahi tersebit.

    Bahkan, anak Abah Baron pun menangis sesenggukan mengetahui ayahnya mendapatkan rezeki umroh.

    Unggahan itu pun langsung dibanjiri komentar warganet. 

    @wen***.
    Ikut nangis .sebagai anak saya juga belum bisa bahagiakan orang tua . Ibu lebih dulu di panggil, skrg tinggal BPK .semoga Allah mampukan saya untuk bisa membahagiakan bapak di usia tuanya 

    @yul***.
    MaayaAllah nangis terharu liatnya,semoga Bpk Kapolres Cimahi dan Bpk @bangrizky_goww selalu dirahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,Aamiin ya Rabbal’alaamiin

    @tes***.
    MaashaAllaah tabarakallaah.. ikut bahagia melihat dN mendengar langsung rezeki abah baron, semoga abah, bapak kapolres dan bang @bangrizky_goww diberikan keberkahan rezeki dan umur panjang.

    @zea***.
    Bpk kapolresnya the best udah ganteng soleh berkharismatik semoga sehat selalu ya pak.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Bocoran Spek Mobil Mewah BYD yang Masuk RI Tahun Depan

    Bocoran Spek Mobil Mewah BYD yang Masuk RI Tahun Depan

    Shenzhen

    Merek mobil mewah di bawah naungan BYD dipastikan masuk Indonesia kuartal I tahun 2025. Apa modelnya?

    Segmen mobil premium Tanah Air bakal kedatangan pemain baru dari China. Merek premium yang dimaksud adalah Denza. Buat yang belum tahu, Denza adalah merek premium di bawah naungan BYD. BYD Asia Pacific Auto Sales Division General Manager Liu Xueliang memastikan Denza akan meramaikan pasar otomotif Indonesia pada kuartal I tahun 2025. Meski begitu belum dijelaskan mendetail soal produk yang akan dikenalkan Denza di Indonesia.

    “Di bawah Denza, kami sudah menyiapkan beberapa model untuk kedua (Indonesia dan Malaysia) tersebut,” terang Liu dalam presentasinya di kantor pusat BYD, Shenzhen, China, Senin (25/11/2024).

    Kuat dugaan mobil yang akan diboyong Denza ke Indonesia adalah MPV D9. Pasalnya, Denza D9 sudah merambah negara ASEAN. Terbaru, MPV tanpa asap itu belum lama ini mengaspal di Thailand. Denza D9 sebelumnya pernah unjuk gigi di hadapan masyarakat Tanah Air saat dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

    Denza D9 Foto: BYD

    Di China, MPV ini ditawarkan dalam opsi tenaga listrik dan juga plug-in hybrid (PHEV). Versi listriknya bisa menjelajah hingga 520 km dalam sekali pengisian baterai. Di negara asalnya, Denza D9 merupakan MPV terlaris. Denza D9 juga menjadi MPV pertama yang penjualannya tembus 200.000 unit dalam waktu dua tahun setelah diluncurkan.

    Untuk menggoda segmen premium, Denza menyematkan ragam fitur untuk menunjang kenyamanan sepanjang perjalanan. Kabinnya luas disertai dengan desain interior yang mewah. Leg room di baris ketiga sekitar 511-1.040 mm. Joknya juga didesain ergonomis sehingga penumpang tak mudah lelah. Speakernya mengusung Dynaudio. Dari sisi keamanan, Denza D9 sudah dilengkapi dengan baterai blade, 9 airbag (standar), hingga bodi yang rigid.

    Denza D9 ditenagai oleh motor listrik tunggal yang bisa menyemburkan tenaga 313 PS dan torsi 360 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 9,5 detik. Sebagai standar, tersemat baterai Blade Lithium Iron Phosphate (LFP) dengan kapasitas 103,36 kWh.

    BYD Denza N9 Foto: Carnewschina

    Jika bukan Denza D9, opsi lainnya adalah sedan Denza Z9 atau SUV Denza N9. Denza D9 merupakan sedan mewah bertenaga listrik terlaris dengan harga di bawah 300.000 yuan (setara Rp 656 jutaan). Sedan ini sudah mengusung platform e3.

    Sementara Denza N9 merupakan SUV yang belum lama ini diluncurkan. Denza N9 merupakan penantang serius dari BMW X7, Range Rover, hingga Mercedes-Benz GLS. Salah satu kelebihan SUV ini adalah memiliki radius putar lima meter yang dapat membantu parkir di tempat yang sulit. Mobil ini juga punya tenaga besar yaitu nyaris 1.000 hp.

    “Setelah Denza tiba di pasar lokal, itu tidak hanya menyeimbangkan pasar baru tapi juga akan menciptakan sistem ekologi baru di dunia otomotif. Ini adalah hal yang membuat kami lebih bersemangat,” tutur Liu.

    (dry/rgr)

  • Mendag Budi Lepas Ekspor Produk Kerajinan UMKM Senilai Rp 2 Miliar

    Mendag Budi Lepas Ekspor Produk Kerajinan UMKM Senilai Rp 2 Miliar

    Bantul, Beritasatu.com – Menteri Perdagangan Budi Santoso pada Senin, (25/11/2024) melepas ekspor produk kerajinan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta senilai US$ 127.070 atau setara Rp 2 miliar. Produk kerajinan tersebut diekspor melalui PT Out of Asia. Adapun negara tujuan ekspornya meliputi sejumlah kawasan seperti Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. 

    “Produk-produk yang diekspor berupa keranjang dari eceng gondok dan produk dari marmer yang mencakup peralatan makan, cermin, serta dekorasi rumah lainnya. Pelepasan ekspor produk kerajinan Indonesia tersebut mencerminkan besarnya potensi produk Indonesia dalam merambah pasar global,” ungkap Mendag Budi.

     “Upaya ini ditempuh melalui sinergi pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha,” tambahnya. 

    PT Out of Asia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor kerajinan tangan dan termasuk eksportir yang aktif. PT Out of Asia berperan sebagai penghubung antara perajin binaan dari berbagai daerah di Indonesia dan pasar internasional. Pada periode Januari-Oktober 2024, perusahaan ini telah mencatatkan ekspor hingga US$ 8 juta. Mendag Budi berharap berharap, kinerja ekspor ini bisa memotivasi lebih banyak pelaku usaha kerajinan untuk menyasar pasar ekspor.

    Untuk memperkuat kinerja perdagangan Indonesia, termasuk meningkatkan ekspor, Kemendag telah menyusun tiga program utama. Ketiga program ini, yaitu Pengamanan Pasar Dalam Negeri, Perluasan Pasar Ekspor, dan Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Berani Inovasi, Siap Adaptasi Ekspor (UMKM BISA Ekspor).

    Mendag Budi menjelaskan, pengamanan pasar dalam negeri dilakukan dengan memanfaatkan potensi pasar domestik agar Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kemudian, perluasan pasar ekspor menjadi fokus penting yang salah satunya dapat dicapai dengan membuka pasar baru melalui berbagai perjanjian perdagangan.

    Terkait dengan peningkatan UMKM BISA Ekspor, program ini menekankan peningkatan kapasitas ekspor UMKM melalui pendekatan berbasis sumber daya dan pendekatan berbasis pasar. Mendag Budi mengatakan, peningkatan kapasitas UMKM untuk ekspor dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan Indonesia Design Development Center (IDDC), mencetak eksportir UMKM baru, serta menyinergikan instansi pembina UMKM.

    “Kami juga memiliki program pendampingan desain. Desain-desain yang telah didampingi nantinya akan ditampilkan di pameran ekspor terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia,” tambah Mendag Budi.

    Mendag Budi juga mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan ekspor Indonesia.

    “Salah satu kontribusi yang bisa kita lakukan untuk menyongsong Indonesia maju 2045 adalah meningkatkan ekspor kita,” pungkasnya.

  • Mendag Budi Lepas Ekspor Produk Kerajinan UMKM ke Amerika hingga Timur Tengah – Page 3

    Mendag Budi Lepas Ekspor Produk Kerajinan UMKM ke Amerika hingga Timur Tengah – Page 3

    Mendag Budi menjelaskan, pengamanan pasar dalam negeri dilakukan dengan memanfaatkan potensi pasar domestik agar Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

    “Kemudian, perluasan pasar ekspor menjadi fokus penting yang salah satunya dapat dicapai dengan membuka pasar baru melalui berbagai perjanjian perdagangan,” jelasnya.

    “Terkait dengan peningkatan UMKM BISA Ekspor, program ini menekankan peningkatan kapasitas ekspor UMKM melalui pendekatan berbasis sumber daya dan pendekatan berbasis pasar,” imbuh Mendag Budi.

    Mendag Budi mengatakan bahwa peningkatan kapasitas UMKM untuk ekspor dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan Indonesia Design Development Center (IDDC), mencetak eksportir UMKM baru, serta menyinergikan instansi pembina UMKM.

    “Kami juga memiliki program pendampingan desain. Desain-desain yang telah didampingi nantinya akan ditampilkan di pameran ekspor terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia,” katanya.

    Mendag Budi juga mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan ekspor Indonesia.

    “Salah satu kontribusi yang bisa kita lakukan untuk menyongsong Indonesia maju 2045 adalah meningkatkan ekspor kita,” ujarnya.

     

    (*)

  • Kemendag Beberkan 3 Program Strategis untuk Dukung UMKM Naik Kelas

    Kemendag Beberkan 3 Program Strategis untuk Dukung UMKM Naik Kelas

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki tiga program strategis untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar naik kelas. Menteri Perdagangan Budi Santoso membeberkan program UMKM pertama adalah pengamanan pasar dalam negeri.

    “Jadi bagaimana kita mengamankan pasar yang besar ini di Indonesia agar bisa diisi oleh UMKM. UMKM harus bisa mengisi pasar dalam negeri, harus punya daya saing,” ujar Budi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Senin (25/11/2024).

    Program kedua untuk UMKM adalah perluasan pasar ekspor dengan memperbanyak perjanjian perdagangan internasional. Langkah ini bertujuan untuk mempermudah akses produk UMKM ke pasar luar negeri.

    “Kita membuka pasar-pasar baru di negara lain dengan cara memperbanyak perjanjian perdagangan kita dengan negara lain,” ujarnya.

    Kemudian adalah peningkatan UMKM agar bisa ekspor. Program ketiga ini difokuskan pada upaya meningkatkan kemampuan UMKM agar dapat bersaing di pasar ekspor.

    “Kita ingin UMKM kita naik kelas. Kalau naik kelas, salah satu caranya adalah dia bisa ekspor. Caranya bagaimana? Kita akan bina melalui pelatihan, pendampingan, atau penyaluran pasar. Di dalam negeri, kita banyak bekerja sama dengan para retail marketplace untuk menyalurkan produk-produk dalam negeri,” jelasnya.

    Selain ketiga program tersebut, Kemendag juga mengandalkan perwakilan perdagangan di luar negeri untuk mempromosikan dan menjual produk-produk UMKM Indonesia.

    Dengan program-program ini, Kemendag berharap UMKM di Indonesia dapat semakin kompetitif, tidak hanya di pasar domestik tetapi juga di pasar global.

  • Menteri Perdagangan Lepas Kontainer Ekspor di Bantul Senilai Rp 2 Miliar ke Pasar Global

    Menteri Perdagangan Lepas Kontainer Ekspor di Bantul Senilai Rp 2 Miliar ke Pasar Global

    Bantul, Beritasatu.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso melepas ekspor produk kerajinan senilai USS 127.070 atau sekitar Rp 2,06 miliar di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/11/24). Kerajinan lokal tersebut merupakan produksi PT Out of Asia, anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk yang akan diekspor ke pasar global, seperti Amerika, Eropa, dan Timur Tengah.

    Budi menyoroti potensi besar produk kerajinan Indonesia di pasar internasional dan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, eksportir, dan UMKM.

    “Kita punya potensi yang besar untuk produk kerajinan kita. Kita akan meningkatkan ekspor ke pasar global, dengan menerobos pasar-pasar baru, termasuk pasar nontradisional. Kolaborasi yang tepat antara pemerintah, eksportir, dan UMKM akan membangun sistem yang solid untuk mendukung ekspor kita,” ujar Budi kepada Beritasatu.com di Bantul, Senin (25/11/2024).

    Kontainer yang dilepas kali ini mencakup berbagai produk kerajinan yang telah memenuhi standar kualitas internasional dan mendapat respons positif dari pasar global.

    Upaya ini tak hanya meningkatkan pendapatan perajin, tetapi juga menjadi langkah penting dalam memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional.

    PT Out of Asia selama ini bekerja sama dengan perajin lokal di berbagai daerah di Indonesia, memberikan pelatihan dan pendampingan agar produk yang dihasilkan tetap relevan dengan kebutuhan pasar modern tanpa kehilangan identitas budaya.

    Pelepasan kontainer ekspor senilai Rp 2 miliar ke pasar global ini menunjukkan, keberhasilan sinergi antara perusahaan besar, pemerintah, dan pelaku UMKM. PT Out of Asia berharap langkah ini akan terus membuka peluang baru di pasar internasional sekaligus meningkatkan kesejahteraan pengrajin lokal.
     

  • Indonesia Blockchain Week 2024 Digelar, Ini yang Dibahas

    Indonesia Blockchain Week 2024 Digelar, Ini yang Dibahas

    Jakarta

    Setelah dua tahun absen, Indonesia Blockchain Week (IBW) kembali digelar pada 19 November 2024 lalu. Apa saja yang dibahas?

    IBW 2024 berfokus pada tiga tema utama: Ekosistem blockchain, tren industri aset kripto, dan gaming. Acara ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendalami topik-topik terkini dalam teknologi blockchain melalui sesi diskusi panel, pameran, dan kegiatan networking.

    Dengan kehadiran aktif lembaga seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), serta Asosiasi Blockchain dan Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO-ABI), acara ini juga menyajikan wawasan strategis tentang pengembangan regulasi dan inovasi blockchain di Indonesia.

    “Setelah dua tahun vakum, kami dengan bangga menghadirkan kembali IBW dengan semangat baru dan komitmen yang kuat untuk mendorong kemajuan industri blockchain,” kata Chung Ying Lai, Co-CEO D3 Labs, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    IBW 2024 digagas melalui kolaborasi antara D3 Labs, Tokocrypto, Confiction Labs, dan Saison Capital, mencerminkan semangat inovasi teknologi blockchain di berbagai sektor. Acara ini menjadi wadah bagi profesional global yang mengembangkan solusi blockchain inovatif dan memperkuat kerja sama regional, menarik pemimpin industri, investor, pengembang, regulator, hingga komunitas blockchain dari dalam dan luar negeri.

    Konferensi ini juga menjadi ajang peluncuran beberapa inovasi penting, salah satunya adalah “Kartu Global Debit Tokocrypto”hasil kolaborasi Tokocrypto bersama OCBC. Solusi pembayaran lintas negara ini dirancang untuk generasi muda serta komunitas Web2 dan Web3, memungkinkan transaksi internasional tanpa hambatan dengan konversi mata uang otomatis, sehingga memberikan kemudahan yang belum pernah ada sebelumnya bagi pengguna global.

    Sorotan lain adalah peluncuran Project Wira, sebuah inisiatif yang bertujuan mempercepat tokenisasi aset di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, Project Wira memungkinkan digitalisasi aset dunia nyata seperti properti, karya seni, dan komoditas.

    Inisiatif ini bertujuan untuk mendemokratisasi peluang investasi dan membuka potensi pasar baru dengan membuat aset token lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

    “IBW 2024 adalah acara terbesar yang pernah kami adakan, menghadirkan pengalaman dinamis dan mendalam bagi peserta dari seluruh dunia. Kami berharap konferensi ini dapat menjadi katalis bagi pertumbuhan industri blockchain Indonesia dengan menghubungkan para pemangku kepentingan, memamerkan proyek inovatif, dan mempercepat adopsi teknologi blockchain di berbagai sektor,” kata Yudhono Rawis, CEO Tokocrypto.

    IBW 2024 diharapkan menjadi pendorong utama adopsi teknologi blockchain yang lebih luas. Konferensi ini menandai tonggak baru dalam perjalanan menuju masa depan keuangan digital yang inklusif dan transparan, selaras dengan ambisi Indonesia sebagai pusat inovasi teknologi blockchain di Asia Tenggara.

    “Kembalinya Indonesia Blockchain Week 2024 adalah tonggak penting bagi industri blockchain di Asia Tenggara. Ini lebih dari sekadar acara; ini adalah panggilan untuk bertindak bagi semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan membangun masa depan blockchain yang lebih inklusif dan cerah,” tutup Arief Widhiyasa, CEO Confiction Labs.

    (asj/asj)

  • IBW 2024 Jadi Ajang Perkenalkan Produk Inovatif untuk Pengembangan Blockchain di Indonesia – Page 3

    IBW 2024 Jadi Ajang Perkenalkan Produk Inovatif untuk Pengembangan Blockchain di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Indonesia Blockchain Week (IBW) kembali digelar di tahun ini, setelah sempat absen selama dua tahun. IBW hadir untuk memperkuat ekosistem blockhain Indonesia, serta ajang pertemuan pelaku industri, komunikasi, termasuk pemangku kebijakan.

    Untuk informasi, Indonesia memang disebut memiliki potensi pasar yang besar untuk blockchain. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah pun menunjukkan dukungannya lewat sejumlah kebijakan untuk mendukung pengembangan teknologi ini.

    “Blockchain memungkinkan Indonesia bersaing di panggung global, menempatkan kita sejajar dengan negara-negara terdepan,” tutur Wakil Menteri Ekonomi Kreatif dan Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Irene Umar.

    Ia juga menekankan pemerintah hadir untuk mendukung industri kreatif sekaligus mempercepat pengembangan teknologi baru seperti blockchain.

    IBW 2024 digagas lewat kolaborasi antara D3 Labs, Tokocrypto, Confiction Labs, dan Saison. Kolaborasi itu mencerminkan semangat inovasi blockchain di berbagai sektor.

    Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (22/11/2024), IBW 2024 berfokus pada tiga tema utama yakni ekosistem blockchain, tren industri aset kripto, serta gaming.

    Pada konferensi ini, Tokocrypto juga mengumumkan inovasi hasil kolaborasinya dengan OCBC. Mereka meluncurkan Kartu Global Debit Tokocrypto sebagai solusi pembayaran lintas negara untuk generasi muda serta komunitas Web2 dan Web3.

    Layanan ini memungkinkan transaksi internasional tanpa hambatan dengan konversi mata uang otomatis, sehingga menawarkan kemudahan bagi pengguna global.

    Selain itu, ada pula peluncuran Project Wira. Ini merupakan inisiatif yang bertujuan mempercepat tokenisasi aset di Indonesia.

    Lewat pemanfaatan teknologi blockchain, Project Wira memungkinkan digitalisasi aset dunia nyata seperti properti, karya seni, dan komoditas. Inisiatif ini bertujuan mendemokratisasi peluang investasi dan membuka potensi pasar baru.

  • Kementerian P2MI-Kemlu Bahas Tata Kelola hingga Perlindungan Pekerja Migran

    Kementerian P2MI-Kemlu Bahas Tata Kelola hingga Perlindungan Pekerja Migran

    Jakarta

    Kementerian Pelindungan Pekerjaan Migran Indonesia (P2MI) dan Kementerian Luar Negeri melakukan rapat koordinasi. Dua kementerian ini membahas tata kelola hingga perlindungan para pekerja migran Indonesia (PMI) di luar negeri.

    Selepas rapat, Wamen Kementerian P2MI, Christina Aryani, menyebut perlu ada perbaikan terkait tata kelola penempatan PMI. Hal itu, kata dia, agar PMI ke depannya bisa berangkat ke luar negeri dengan cepat, mudah, dan aman.

    “Jadi kami membahas tentang beberapa hal, utamanya yang paling penting adalah soal pelindungan pekerjaan migran kita yang berangkat ke luar negeri. Tadi ada banyak sekali hal-hal yang kita bahas,” ujar Christina di kantor Kementerian P2MI, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/11/2024).

    “Dan kami sepakat diperlukan perbaikan terkait dengan tata kelola penempatan PMI. Bagaimana PMI kita ke depannya bisa berangkat dengan mudah, dengan cepat, prosesnya singkat dan juga aman, itu yang paling penting. Itu satu hal,” sambungnya.

    Selain itu, dua kementerian tersebut akan membuat sistem untuk mengintegrasikan data para PMI. Sehingga, informasi WNI di luar negeri bisa lebih mudah dilacak jika terjadi masalah.

    “Dengan adanya integrasi sistem ini akan lebih mudah ketika ada pengaduan, misalnya ya terkait dengan permasalahan WNI di luar negeri. Itu bisa langsung ditindaklanjuti melalui sistem. Jadi udah tidak usah seperti hotline lagi, tapi melalui by system,” terang Christina.

    Sementara itu Wakil Menlu Negeri, Arrmanatha Nasir, menerangkan ada pembahasan kerja sama yang berkaitan dengan promosi serta peluang kerja PMI ke luar negeri. Dia menilai ada peluang kerja baru di negara maju yang tingkat kelahirannya menurun.

    “Dan yang tidak kalah penting adalah mencari peluang akses pasar baru. Di sini memang kalau kita lihat tadi kita bahas bagaimana birth rate di berbagai negara maju itu sekarang semakin kurun, sehingga mereka membutuhkan pekerja-pekerja migran,” jelas Arrmanatha.

    (lir/lir)

  • Organisasi berkelanjutan menjadi fokus penilaian

    Organisasi berkelanjutan menjadi fokus penilaian

    Sumber foto: Radio Elshinta/ Irza Farel

    69 Organisasi raih SNI Award 2024: Organisasi berkelanjutan menjadi fokus penilaian
    Dalam Negeri   
    Editor: Valiant Izdiharudy Adas   
    Kamis, 21 November 2024 – 23:01 WIB

    Elshinta.com – Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada saat ini tetap stabil pada angka 5,1%, di tengah kondisi global yang bergejolak, termasuk ketidakpastian geopolitik, fluktuasi harga komoditas dan tekanan ekonomi global dengan inflasi juga berhasil dijaga pada kisaran 1,84%. 

    Sektor industri, yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian Indonesia, berperan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ini dengan kontribusi sektor manufaktur terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang tetap konsisten, menyumbang 17,18 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), naik dari 16,70 persen di triwulan sebelumnya. Badan Pusat Statistik menyebutkan nilai ekspor Indonesia pada periode Oktober 2024 mencapai 24,41 miliar dolar AS atau naik sebesar 10,69 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

    Dalam upaya memperkuat kontribusi tersebut, penerapan SNI diharapkan akan mampu memperkuat daya saing pelaku usaha dan industri nasional dengan menerapkan best practices untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan sehingga dapat membuka pasar baru, serta adanya peluang untuk mengadopsi teknologi baru guna meningkatkan volume produksi.

    “Penerapan SNI tidak hanya membantu pelaku usaha meningkatkan efisiensi dan kualitas produk, tetapi juga memperkuat posisi mereka di pasar internasional. Ini menjadi bagian dari dukungan kami untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8% sebagaimana tercantum dalam Asta Cita Presiden,” ujar Kepala Badan Standardisasi Nasional (SNI), Kukuh S. Achmad pada Malam Penganugerahan SNI Award 2024 di Jakarta, Kamis (21/11/2024), seperti yang dilaporkan Kontributor Elshinta Irza Farel.

    Kukuh menyampaikan, sebagai The National Quality Award of Indonesia, SNI Award merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas konsistensi penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh pelaku usaha dan organisasi, yang mampu mencapai kinerja unggul dan berkelanjutan. Penyelenggaraan SNI Award tahun ini telah memasuki tahun ke 19 dimana SNI Award yang pertama dilaksanakan pada tahun 2005.

    Tahun ini, penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Perindustrian RI, Faisol Riza, yang turut mengapresiasi upaya BSN dalam mendukung revitalisasi industri dan pengembangan sektor prioritas.

    “SNI memainkan peran strategis dalam mendongkrak kinerja industri nasional. SNI mendukung revitalisasi industri padat karya, pengembangan industri hijau, dan sektor-sektor strategis seperti agro, logam, mesin, transportasi, elektronika, serta industri kecil dan menengah (IKM). Para penerima penghargaan ini diharapkan dapat menjadi role model untuk mendorong penerapan SNI secara lebih luas,” ungkap Wakil Menteri Faisol Riza.

    Sebanyak 251 organisasi dari berbagai sektor berpartisipasi dalam SNI Award 2024. Dari jumlah tersebut, 69 organisasi dinyatakan layak menerima penghargaan setelah melalui proses penilaian yang ketat. Ketua Dewan Juri SNI Award 2024, Hariyadi B. Sukamdani, menjelaskan bahwa penilaian menitikberatkan pada kontribusi organisasi dalam standardisasi dan penilaian kesesuaian serta aspek keberlanjutan (sustainability), digitalisasi, ekonomi sirkular, juga tata kelola ESG (Environmental, Social, and Governance).

    “Hasil penilaian ini menunjukkan tingkat kematangan organisasi dalam mengelola perubahan melalui pendekatan ADLI (Approach, Deployment, Learning, and Integration). Proses penilaian kami mulai dari verifikasi persyaratan, desk evaluation, site evaluation, hingga audisi CEO,” ungkap Hariyadi. Tim Dewan Juri terdiri dari 16 pakar dari berbagai latar belakang, termasuk instansi pemerintah, asosiasi industri, media, masyarakat, dan lembaga penilaian kesesuaian.

    Selain sebagai bentuk apresiasi, penyelenggaraan SNI Award diharapkan dapat meningkatkan penerapan SNI oleh organisasi secara lebih luas, meningkatkan keberterimaan SNI dalam penilaian kinerja organisasi, membangun role model organisasi penerap SNI yang berkinerja unggul dan berkelanjutan, serta semakin mendorong kesadaran kepada konsumen untuk memilih produk-produk yang ber-SNI.

    12 kategori SNI Award adalah :

    Kategori Organisasi Skala Besar yang terdiri dari :
    1.Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 
    2. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika, 
    3. Produk Sektor Agro, 
    4. Jasa Pariwisata, Keuangan, Logistik dan  lainnya; kemudian 

    Kategori Organisasi Skala Menengah yang terdiri dari: 
    5. Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 
    6. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika, 
    7. Produk Sektor Agro, 
    8. Jasa Pariwisata, Keuangan, Logistik dan lainnya. 

    Kategori Organisasi Kecil yaitu,
    9. Barang, 
    10. Jasa Pariwisata, Keuangan, Logistik, dan lainnya. 

    Kategori Organisasi Pendidikan, yang mencakup : 
    11. Pendidikan Tinggi, 
    12. Pendidikan Dasar dan Menengah

    Jakarta, 21 November 2024

    Kontak Narahubung:
    Analis Standardisasi Ahli Madya BSN
    Tintin Prihatiningrum
    Email: tintin@bsn.go.id 

    Pranata Humas Ahli Muda
    Arif Widyantoro
    Email: arif.widyantoro@bsn.go.id

    Sumber : Radio Elshinta