kab/kota: Pancoran

  • Tingkatkan pelayanan, mulai 1 Juli LRT Jabodebek tambah jumlah perjalanan menjadi 398

    Tingkatkan pelayanan, mulai 1 Juli LRT Jabodebek tambah jumlah perjalanan menjadi 398

    Senin, 30 Juni 2025 20:33 WIB

    Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Senin (30/6/2025). PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah jumlah perjalanan dan operasional rangkaian LRT Jabodebek menjadi 24 rangkaian sekaligus meningkatkan jumlah perjalanan harian dari 366 menjadi 398 perjalanan yang berlaku mulai 1 Juli. ANTARA FOTO/Fauzan/YU

    Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Stasiun Pancoran, Jakarta, Senin (30/6/2025). PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah jumlah perjalanan dan operasional rangkaian LRT Jabodebek menjadi 24 rangkaian sekaligus meningkatkan jumlah perjalanan harian dari 366 menjadi 398 perjalanan yang berlaku mulai 1 Juli. ANTARA FOTO/Fauzan/YU

    Sejumlah calon penumpang menunggu kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek di Stasiun Pancoran, Jakarta, Senin (30/6/2025). PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah jumlah perjalanan dan operasional rangkaian LRT Jabodebek menjadi 24 rangkaian sekaligus meningkatkan jumlah perjalanan harian dari 366 menjadi 398 perjalanan yang berlaku mulai 1 Juli. ANTARA FOTO/Fauzan/YU

    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Tarif Ojol Bakal Naik Hingga15 Persen, Warga: Demi Keuntungan Driver atau Aplikator? 
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        30 Juni 2025

    Tarif Ojol Bakal Naik Hingga15 Persen, Warga: Demi Keuntungan Driver atau Aplikator? Megapolitan 30 Juni 2025

    Tarif Ojol Bakal Naik Hingga 15 Persen, Warga: Demi Keuntungan Driver atau Aplikator?
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Sejumlah pengguna mempertanyakan kepentingan pemerintah dalam menaikkan tarif ojek
    online
    (
    ojol
    ) yang mencapai 8-15 persen.
    Salah satunya Fira (24), karyawan swasta yang bekerja di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
    Ia meragukan apakah kenaikan tarif ini memang untuk meningkatkan upah atau keuntungan
    driver.
    “Kalau misalnya kenaikan tarif tapi menguntungkan officenya atau aplikator doang, alias bukan untuk drivernya ya disayangkan, kita (penumpang) yang jadi kena dampak,” ucap Fira kepada
    Kompas.com,
    Senin (30/6/2025).
    Keraguan ini bermula dari cerita yang didengarnya dari ojol tentang kebijakan diskon tarif. Sepengetahuannya, potongan diskon tidak berpengaruh kepada pendapatan ojol.
    “(Infonya)
    driver
    ya enggak kena potongan. Jadi kayak sama saja gitu, diskon potongannya ya kena ke pihak penyedia jasa,” kata dia.
    Oleh karena itu, kenaikan
    tarif ojol
    seharusnya tidak semakin membebankan pengguna. Terlebih untuk Fira yang setiap hari menggunakan layanan ini untuk pulang dan pergi kerja.
    Tak berbeda jauh, hal serupa diungkapkan karyawan swasta bernama Tina (25). Ia merasa dirugikan sebagai pihak ketiga di antara
    driver
    dan aplikator.
    Sebab, dalam sehari, pengeluaran Tina untuk ojol mencapai Rp 30.000 untuk ke kantornya di daerah Pancoran, Jakarta Selatan.

    Ojol
    kemarin demo ke aplikator, tapi yang kena imbasnya malah kita yang labelnya penumpang. Harusnya, yang dipikirkan pemerintah persentase bagi hasil aplikator sama driver,” kataTina.
    “Aku enggak paham kenaikan ini untuk kebaikan siapa, karena justru pemerintah malah makin ‘mencekik’ pendapatan karyawan kayak aku,” sambung dia.
    Sebelumnya, pemerintah berencana menaikkan tarif ojol berkisar 8-15 persen.
    Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Aan Suhanan di rapat kerja bersama Komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/6/2025).
    “Kami sudah melakukan pengkajian, sudah final untuk perubahan tarif. Terutama roda dua, itu ada beberapa kenaikan,” kata Aan, Senin.
    Besaran kenaikan tarif akan berbeda sesuai dengan tiga zona yang sudah ditentukan di kisaran 8-15 persen itu.
    “Bervariasi kenaikan tersebut, ada 15 persen, ada 8 persen, tergantung dari zona yang kita tentukan. Ada tiga zona, zona I, zona II, dan zona III,” terang Aan.
    Meski demikian, rencana ini masih terus berproses. Rencananya, pihak Aan akan memanggil para aplikator untuk mendiskusikan hal ini.
    Sebagai informasi, tuntutan kenaikan tarif ini menjadi salah satu yang disuarakan para mitra pengemudi saat demo pada 20 Mei 2025.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Transjabodetabek Bogor-Blok M Tak Lagi Layani Penumpang dari Baranangsiang dan Cidangiang Mulai 30 Juni
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        29 Juni 2025

    Transjabodetabek Bogor-Blok M Tak Lagi Layani Penumpang dari Baranangsiang dan Cidangiang Mulai 30 Juni Megapolitan 29 Juni 2025

    Transjabodetabek Bogor-Blok M Tak Lagi Layani Penumpang dari Baranangsiang dan Cidangiang Mulai 30 Juni
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com 
    – Layanan bus
    Transjabodetabek
    rute P11 Bogor–Blok M tidak lagi melayani penumpang dari Terminal Baranangsiang dan Cidangiang mulai Senin (30/6/2025).
    Titik naik penumpang dipindahkan di Halte Botani Square.
    Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Ayu Wardhani mengatakan, perubahan ini bersifat permanen.
    “Salah satu alasannya agar titik ujungnya sama, jadi pelanggan bisa naik dan turun di tempat yang sama,” ujar Ayu saat dikonfirmasi, Minggu (29/6/2025).
    Prasarana halte di Botani Square sudah disiapkan untuk mendukung perubahan ini.
    “Prasarana haltenya juga sudah kami persiapkan di Botani Square,” ujar Ayu
    Rute P11 merupakan satu dari lima rute baru Transjabodetabek yang diluncurkan pada awal 2025 oleh Pemprov Jakarta.
    Rute ini diresmikan pada 5 Juni 2025 oleh Gubernur Jakarta Pramono Anung bersama Wali Kota Bogor Dedie Rachim.
    Rute P11 menghubungkan Botani Square di Bogor dan Blok M di Jakarta Selatan, dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dan 22 titik pemberhentian.
    Titik-titik tersebut meliputi Mal Belanova Sentul, Simpang Sentul, Pintu Tol Citeureup 1, Cibubur Junction, Pancoran Tugu, Tegal Mampang, Pasar Santa, Kejaksaan Agung, hingga Blok M.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 5
                    
                        Mobil "Judi Pasti Rugi" Singgah di Depok, Warga Antusias Teriakkan Penolakan
                        Megapolitan

    5 Mobil "Judi Pasti Rugi" Singgah di Depok, Warga Antusias Teriakkan Penolakan Megapolitan

    Mobil “Judi Pasti Rugi” Singgah di Depok, Warga Antusias Teriakkan Penolakan
    Tim Redaksi
    DEPOK, KOMPAS.com
    – Sebuah mobil kampanye bertema
    anti judi online
    menarik perhatian warga Depok, Minggu (29/6/2025).
    Kendaraan dengan slogan mencolok “
    Mobil Judi Pasti Rugi
    ” itu diparkir di depan Perpustakaan Umum Balai Kota Depok.
    Keberadaan mobil itu menjadi magnet warga yang penasaran sekaligus ingin menyuarakan penolakan terhadap judi daring.
    Pantauan Kompas.com, puluhan warga mulai memadati lokasi sejak pagi.
    Salah satu daya tarik utama adalah permainan suara dengan replika bibir raksasa bersensor.
    Peserta diminta berteriak sekeras mungkin meluapkan emosi terhadap praktik judi online.
    Jika volume suara mereka berhasil mengubah indikator menjadi hijau, peserta berhak membawa pulang hadiah seperti sembako, kaus, stiker, dan aksesori kampanye lainnya.
    “Ini seru banget, biasanya kalau mau edukasi tuh kaku. Tapi ini malah bikin kita semangat. Saya teriak sekencangnya, dan dapet sembako,” ujar Ayu (34), warga Beji.
    Bagian belakang mobil juga dilengkapi area khusus untuk warga yang ingin berbagi pengalaman terkait dampak judi online di lingkungan atau keluarganya. Cerita-cerita ini akan direkam dan diputar dalam bentuk video edukasi keliling kota.
    Setelah mengikuti aktivitas, warga diajak menandatangani spanduk raksasa bertuliskan “Judi Pasti Rugi” sebagai bentuk komitmen bersama menjauhi judi daring.
    Mobil kampanye ini merupakan pikap kecil berwarna putih yang dihias dengan warna biru tua dan kuning mencolok.
    Ornamen mulut 3D raksasa berwarna merah dan ungu diletakkan di atas mobil, dengan dua megafon besar di sisi kanan dan kiri.
    Di bagian samping tertulis pesan “JANGAN JUD1IN MIMPI KELUARGA”, dilengkapi efek visual dan ilustrasi bahaya judi.
    Isi kendaraan dipenuhi selebaran dan papan informasi yang menjelaskan bahaya judi online terhadap ekonomi rumah tangga, kecanduan, hingga kerentanan sosial.
    “Saudara saya dulu sampai jual motor karena judi online. Waktu lihat mobil ini di Instagram, saya langsung datang ke sini. Ini kampanye yang penting banget,” kata Dedi (42), warga Pancoran Mas.
    Panitia kampanye mengenakan kaus putih dengan desain senada, turut aktif memandu warga dalam kegiatan, memberi edukasi, hingga membagikan hadiah.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan nasional untuk memberantas praktik judi online yang semakin marak dan meresahkan.
    Kampanye diharapkan tidak berhenti sebagai kegiatan seremonial, tetapi membangun kesadaran kolektif bahwa judi online adalah ancaman serius bagi masa depan keluarga dan bangsa
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ada Jakarta International Marathon Besok, Ini Perubahan Jadwal-Rute TransJ

    Ada Jakarta International Marathon Besok, Ini Perubahan Jadwal-Rute TransJ

    Jakarta

    Transjakarta memberlakukan penyesuaian layanan esok hari selama Jakarta International Marathon 2025 berlangsung. Bagi masyarakat yang akan bepergian dengan Transjakarta besok, informasi ini perlu diketahui.

    Cek selengkapnya!

    Mengutip dari akun Instagram @infotije, berikut ini penyesuaian waktu operasional Transjakarta pada Minggu (29/6/2025) saat Jakarta International Marathon 2025.

    – Mulai beroperasi pukul 07.00 WIB

    7B Kampung Rambutan – Blok M

    – Mulai beroperasi pukul 07.30 WIB

    – Mulai beroperasi pukul 08.00 WIB

    1H Tanah Abang – Stasiun Gondangdia1R Senen – Tanah Abang2A Pulo Gadung – Rawa Buaya via Balai Kota5N Kampung Melayu – Ragunan13E Puri Beta – Flyover Kuningan4D Pulo Gadung – Kuningan6C Stasiun Tebet – Kuningan6H Senen – Lebak Bulus

    – Mulai beroperasi pukul 09.00 WIB

    2P Senen – Transport Hub Dukuh Atas5F Kampung Melayu – Tanah Abang6A Ragunan – Balai Kota via Kuningan9D Pasar Minggu – Tanah Abang

    – Mulai beroperasi pukul 09.30 WIB

    6B Ragunan – Balai Kota via Semanggi6K Kuningan – KaretJAK 48A Stasiun Tebet – Karet1F Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan6W Duren Tiga – Blok M via Bangka Raya7Q Blok M – PGC

    – Mulai beroperasi pukul 11.30 WIB

    1B Stasiun Palmerah – Transport Hub Dukuh Atas1N Tanah Abang – Blok M1P Senen – Blok M3F Kalideres – Senayan BANK DKI4C JIEP – Bundaran Senayan6D Stasiun Tebet – Bundaran Senayan6M Stasiun Manggarai – Blok M6V Ragunan – Senayan BANK DKI9C Pinang Ranti – Bundaran Senayan10H Tanjung Priok – Bundaran Senayan8N Kebayoran – Petamburan via Asia AfrikaBW4 Pencakar LangitPenyesuaian Rute Operasional TransJ 29 Juni

    Selain jam operasional, ada juga penyesuaian layanan pada rute-rute Transjakarta pada tanggal 29 Juni 2025 sebagai berikut.

    1 Blok M – Kota
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 02.00 – 09.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Dialihkan melalui koridor 9 dan 13 dengan melayani Halte Kota Bambu, Kemanggisan, Petamburan, Simpang Kuningan, Tegal Parang, Pancoran, Tegal Mampang, Rawa Barat, Pasar Santa, Widya Chandra Telkomsel, dan Simpang Kuningan. Sementara tidak melayani Halte ASEAN sampai Halte Monumen Nasional1 Blok M – Kota
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 09.00 – 11.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Dialihkan via koridor 9 dan 13 dengan melayani Halte Widya Candra, Denpasar, Tegal Parang, Pancoran, Tegal Mampang, Rawa Barat, Pasar Santa, dan tidak melayani Halte ASEAN sampai Polda Metro Jaya.9 Pinang Ranti – Pluit
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 02.00 – 11.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara arah Pluit tidak melayani Halte Denpasar, Widya Chandra Telkomsel, Semanggi, Gerbang Pemuda, dan Simpang Kuningan.2 Pulo Gadung – Monumen Nasional
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 02.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Monumen Nasional dan Balai Kota.3 Kalideres – Monumen Nasional via Veteran
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 02.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Monumen Nasional. Jadi melayani Halte Pecenongan dan Juanda.6 Ragunan – Galunggung
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 02.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Warung Buncit sampai Halte Galunggung.1A Pantai Kota – Balai Kota
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Monumen Nasional dan Balai Kota. Jadi melayani Halte Pecenongan dan Juanda.5C Cililitan – Juanda
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Monumen Nasional dan Balai Kota. Jadi melayani Halte Istiqlal dan Gambir.5M Kampung Melayu – Tanah Abang via Cikini
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani bus stop Sbr. MNC Center sampai Balai Kota 1. Jadi melayani bus stop St. Gambir 1, St. Gambir 2, Istiqlal 1, Jembatan Pejambon, Galeri Nasional, dan Tugu Tani 1.7F Kampung Rambutan – Juanda via Cempaka Putih
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Monumen Nasional dan Balai Kota. Jadi melayani Halte Istiqlal dan Gambir.14A Monumen Nasional – Jakarta International Stadium
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 08.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Monumen Nasional.1C Pesanggrahan – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara diperpendek menjadi Pesanggrahan – Kebayoran Baru dan tidak melayani bus stop Mayestik 2 sampai Terminal Blok M.1E Pondok Labu – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Terminal Blok M.1M Meruya – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani bus stop Mayestik 2 sampai Terminal Blok M.1Q Rempoa – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Terminal Blok M.6N Ragunan – Blok M via Kemang
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani bus stop Simpang Dharmawangsa Raya sampai Terminal Blok M dan Terminal Blok M sampai Kantor Walikota Jakarta Selatan.8D Joglo – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Terminal Blok M.8E Bintaro – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani bus stop Mbloc dan Terminal Blok M.S21 Ciputat – CSW
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani bus stop Halte Melawai, Melawai Plaza, Jl. Palatehan, Mbloc, Taman Martha Tiahahu, dan St. MRT Blok M 1.7B Kampung Rambutan – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 07.00 – 10.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Pada pukul 05.00 – 07.00 WIB tidak beroperasi dan pada pukul 07.00 – 10.30 WIB mengalami modifikasi menjadi tidak melayani Halte Rawa Barat, Pasar Santa, Kejaksaan Agung, dan Blok M.9A Cililitan – Grogol
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 11.30 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara tidak melayani Halte Denpasar, Widya Chandra Telkomsel, Semanggi, Gerbang Pemuda, Simpang Kuningan, Tegal Parang, dan Halte Pancoran.S61 Alam Sutera – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 12.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara diperpendek menjadi Alam Sutera – Petamburan.T31 PIK 2 – Blok M
    – Waktu modifikasi layanan: Pukul 05.00 – 12.00 WIB
    – Modifikasi layanan: Sementara diperpendek menjadi PIK 2 – Petamburan.

    (kny/jbr)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Program Sekolah Swasta Gratis di Depok Tahun Ini Hanya untuk Siswa Kelas 7
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        25 Juni 2025

    Program Sekolah Swasta Gratis di Depok Tahun Ini Hanya untuk Siswa Kelas 7 Megapolitan 25 Juni 2025

    Program Sekolah Swasta Gratis di Depok Tahun Ini Hanya untuk Siswa Kelas 7
    Tim Redaksi
    DEPOK, KOMPAS.com
    – Wali Kota
    Depok
    Supian Suri menekankan, program
    sekolah swasta gratis
    akan diberlakukan khusus untuk murid baru kelas 7 terlebih dahulu di tahun ajaran 2025-2026.
    “Ini karena kita sebut rintisan (sekolah swasta gratis), kita hanya menggratiskan untuk kelas 7 (tahun ini),” ucap Supian setelah dikonfirmasi, Rabu (25/6/2025).
    Nantinya, program sekolah swasta gratis ini akan diberlakukan secara bertahap selama dua tahun ke depan untuk murid kelas 8 dan 9.
    “Tahun depan murid kelas 7-nya kan naik ke kelas 8, berarti kita bertanggung jawab untuk kelas 7 dan kelas 8. Lalu di tahun berikutnya lagi berarti sudah semuanya kita gratiskan, ya dimulai dari sekarang,” ungkap Supian.
    Mulai tahun ajaran baru ini, sebanyak 33 SMP swasta akan mendukung program sekolah gratis dan tidak akan membebankan biaya operasional terhadap murid.
    Nantinya, Pemkot Depok akan memberi subsidi Rp 3 juta setahun kepada para penerima manfaat.
    “Kedepan, memang tidak ada lagi uang pembangunan dan yang lainnya. Artinya, anak-anak yang masuk sekolah swasta gratis ini tidak ada lagi beban apa-apa yakni. Benar-benar semua dibiaya oleh pemerintah,” ucap Supian.
    “Dan kita tidak mengizinkan sekolah swasta ini untuk pemungutan apapun di luar itu, tidak ada lagi,” lanjut dka.
    Perlu diketahui, kebijakan ini dapat dilakukan setelah agenda penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Wali Kota Depok Supian Suri dan perwakilan yayasan masing-masing sekolah pada Selasa (24/6/2025).
    Supian memastikan, bentuk kerjasama Pemkot Depok dan puluhan SMP swasta ini telah tersebar di seluruh kecamatan.
    “Kalau tersebar di 11 kecamatan memang sudah, tetapi belum tersebar di seluruh kelurahan. Artinya, ada satu kelurahan yang ada dua sekolah ini, tapi juga ada satu kecamatan yang masih sangat terbatas jumlah sekolah yang melakukan MoU,” ungkap Supian.
    Adapun dengan tambahan 33 sekolah swasta gratis ini, kini Depok memiliki total 67 SMP yang digratiskan, terdiri dari 34 SMP negeri dan 33 sekolah swasta. Seluruh biayanya ditanggung oleh Pemkot.
    Berikut daftar 33 sekolah swasta penerima program tersebut:
    1. SMPIT Darul Barokah (Jati Mulya)
    2. SMP Gelora Depok (Grogol)
    3. SMP Pelita Dua Depok (Pancoran Mas)
    4. SMPIT Al-Yusufiyah (Pengasinan)
    5. SMP Islam Al Hasanah (Pancoran Mas)
    6. SMP Tarbiyah Islamiyah (Beji)
    7. SMP Tirta Jaya (Tirta Jaya)
    8. SMP Islam Nusantara (Pancoran Mas)
    9. SMP Bina Adzkia (Serua)
    10. SMP Islam Cakra Nusantara (Limo)
    11. SMPIT As Shof (Kalimulya)
    12. SMP Sholihin (Cilangkap)
    13. SMP Islam Nurul Hayat (Bojong Pondok Terong)
    14. SMP Islam Darul Qur’an (Bedahan)
    15. SMPIT Al Muawwanah (Cimpaeun)
    16. SMP La Royba Islamic School (Grogol)
    17. SMPIT Misbaahussuduur (Jati Mulya)
    18. MTS YPPD ((Depok)
    19. SMP Cahaya Bangsa Nurul Huda (Tapos)
    20. SMP Permata (Pancoran Mas)
    21. SMP Islam Hidayatul Islam (Pasir Putih)
    22. SMP 20 Mei Raudlatussaadah (Tugu)
    23. SMPIT Maulana Abbasyiah (Bojong Pondok Terong)
    24. SMP Fajar Plus (Cipayung)
    25. SMP PGRI Depok Jaya (Depok Jaya)
    26. SMP Islam Arrihlah (Duren Seribu)
    27. SMPIT Darus Sholihin (Bedahan)
    28. SMP Tunas Bangsa (Kalibaru)
    29. MTS Al Hidayah Arco (Duren Seribu)
    30. SMP Musa Bhakti (Pengasinan)
    31. SMP Karya Putra Bangsa (Cimpaeun)
    32. SMP Said Yusuf (Rangkapan Jaya Baru)
    33. SMP Hidayatul Athfal (Cinere).
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tiga Posko Ormas di Depok Dibongkar Petugas Gabungan – Page 3

    Tiga Posko Ormas di Depok Dibongkar Petugas Gabungan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Tim gabungan dari Polri, TNI, dan Pemerintah Kota Depok, menertibkan bangunan posko organisasi masyarakat (ormas) di Jalan Raya Cipayung, Depok. Terdapat tiga bangunan semi permanen posko ormas yang dilakukan pembongkaran.

    Kapolsek Pancoran Mas, AKP Hartono, mengatakan penertiban bangunan ormas merupakan langkah kepolisian mendukung Pemerintah Kota Depok dalam menertibkan bangunan yang melanggar garis sempadan sungai. Hal itu telah tertuang pada Perda Kota Depok sehingga kepolisian turut membantu penertiban.

    “Ada tiga posko ormas yang kita tertibkan bangunannya,” ujar Hartono kepada Liputan6.com, Rabu (25/6/2025).

    Hartono menjelaskan, kepolisian tidak hanya membantu menertibkan posko ormas, namun turut membantu penertiban bangunan liar lainnya di sempadan sungai dan pinggir Jalan Raya Cipayung.

    Polsek Pancoran Mas membantu dalam pengamanan saat pembongkaran dan pengaturan lalu lintas. “Polsek Pancoran Mas backup terhadap kegiatan ini,” kata Hartono.

    Petugas Satpol PP Kota Depok dan kepolisian membongkar bangunan milik ormas yang berada di pinggir kali. Adapun bangunan yang dibongkar memiliki luas dua kali tiga meter dan telah dibangun semipermanen.

    “Untuk sementara ada tiga posko, jadi kita tertibkan untuk tiga posko itu,” ucap Hartono.

    Didukung dan Disambut Baik Masyarakat

    Salah seorang warga, Cahyadi, menyambut baik penertiban posko ormas meresahkan dan bangunan liar di sempadan Kali Licin. Menurutnya, tiga posko ormas mengganggu sempadan sungai dan trotoar di kali maupun Jalan Raya Cipayung.

    “Iya, ada posko ormas dibangun pas banget dengan trotoar pejalan kaki, lokasinya tidak jauh dari sekolah,” ujar Cahyadi.

    Maraknya aksi premanisme berkedok ormas, Kemenko Polkam menegaskan tidak segan untuk membubarkan premanisme berkedok ormas, jika mengganggu tatanan sosial di masyarakat dan bisa berdampak terhadap investasi.

  • Zebra Cross di Bawah Flyover Pancoran Hilang, Warga Minta Segera Diperbaiki
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        22 Juni 2025

    Zebra Cross di Bawah Flyover Pancoran Hilang, Warga Minta Segera Diperbaiki Megapolitan 22 Juni 2025

    Zebra Cross di Bawah Flyover Pancoran Hilang, Warga Minta Segera Diperbaiki
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Siska (27), pejalan kaki yang sering melewati jalan di bawah Flyover
    Pancoran
    , berharap zebra cross di lokasi itu segera diperbaiki setelah sempat hilang.
    “Ya kalau bisa ya ditambahin zebra cross supaya aman sih,” kata Siska saat ditemui di lokasi, Minggu (22/6/2025)..
    Siska mengatakan, zebra cross di bawah Flyover Pancoran sudah lama hilang.
    “Sering lewat sini kalau mau ke ke Stasiun LRT Pancoran, tapi saya sih tahunya sudah lama kalau zebra cross enggak ada, tapi saya enggak tahu alasannya,” ujar dia.
    Nandar (36) pedagangan asongan di sekitar lokasi juga mengatakan hal yang sama. Dia mengaku zebra cross itu hilang semenjak adanya proyek LRT.
    “Saya lupa persisnya tahunnya, tapi sudah lama tidak ada itu. Semenjak ada pembangunan tiang LRT ini dan jalan diperbarui lagi, sudah enggak ada,” tutur Nandar.
    Beredar video yang menampilkan zebra cross di bawah flyover Pancoran,
    Jakarta
    Selatan, menghilang.
    Dari pantauan Kompas.com, penyebrangan jalan di bawah Flyover Pancoran, di lampu merah arah Kalibata, Jalan KH Guru Amin menuju Jalan Prof. DR. Soepomo, Jakarta Selatan dan sebaliknya, tidak terlihat zebra cross.
    Terlihat pejalan kaki harus berhati-hati ketika menyebrang karena tak jarang pengendara melaju dengan cepat.
    Sebelumnya, Beredar video viral di media sosial yang menunjukkan zebra cross di bawah flyover Pancoran, Jakarta Selatan, menghilang.
    Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @
    jakarta
    .terkini dan menimbulkan kekhawatiran terkait keselamatan pejalan kaki yang ingin menyeberang di lokasi tersebut.
    Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Selatan, Bernard Octavianus Pasaribu menjelaskan, bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya kegiatan pengerjaan pelapisan ulang jalan (layer) yang sedang dilakukan oleh Dinas Bina Marga (DBM).
    “Di lokasi ini ada kegiatan layer oleh DBM,” jelas Bernard, saat dikonfirmasi Kompas.com pada Sabtu (21/6/2025).
    Bernard menambahkan, setelah pengerjaan selesai, zebra cross akan kembali dipasang oleh Dinas Bina Marga.
    “Selanjutnya akan di layer kembali oleh DBM,” ujar Bernard.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Viral Zebra Cross Flyover Pancoran Hilang, Kasudinhub Beri Penjelasan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 Juni 2025

    Viral Zebra Cross Flyover Pancoran Hilang, Kasudinhub Beri Penjelasan Megapolitan 21 Juni 2025

    Viral Zebra Cross Flyover Pancoran Hilang, Kasudinhub Beri Penjelasan
    Tim Redaksi

    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Beredar video viral di media sosial yang menunjukkan
    zebra cross
    di bawah flyover
    Pancoran
    ,
    Jakarta
    Selatan menghilang.
    Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @
    jakarta.terkini
    dan menimbulkan kekhawatiran terkait keselamatan
    pejalan kaki
    yang ingin menyeberang di lokasi tersebut.
    Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Selatan, Bernard Octavianus Pasaribu menjelaskan, bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya kegiatan pengerjaan pelapisan ulang jalan (layer) yang sedang dilakukan oleh Dinas Bina Marga (DBM).
    “Di lokasi ini ada kegiatan layer oleh DBM,” jelas Bernard, saat dikonfirmasi Kompas.com pada Sabtu (21/6/2025).
    Bernard menambahkan, setelah pengerjaan selesai, zebra cross akan kembali dipasang oleh Dinas Bina Marga.
    “Selanjutnya akan di layer kembali oleh DBM,” ujar Bernard.
    Sebelumnya, viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan zebra cross di bawah
    flyover Pancoran
    , tepatnyaa di lampu merah arah Kalibata, Jl. KH Guru Amin, Jakarta Selatan.
    Berdasarkan keterangan dari unggahan video tersebut, kondisi serupa sebelumnya juga terjadi di beberapa titik, seperti simpan Kapten Tendean dan Gatot Subroto.
    Video yang menunjukan zebra cross fly over Pancoran menghilang ini juga menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat.
    Salah satu komentar datang dari akun @
    mbanu24
    yang menilai bahwa pejalan kaki semakin diabaikan.

    Pejalan kaki semakin diabaikan, salah satunya lewat pengecilan trotoar yang di GI. Tambah lagi kendaraan yang suka nerobos lampu merah di setiap zebra cross, dipasangin speed bump agar kecepatan kendaraan berkurang malah tetap dihajar
    ,” tulisnya dalam kolom komentar.
    Kasudinhub Jaksel menegaskan, bahwa pihak terkait berkomitmen untuk mengembalikan fasilitas penyeberangan demi keselamatan pejalan kaki usai pengerjaan pelapisan ulang jalan selesai.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ciliwung, Nadi Peradaban Batavia ke Denyut Jakarta Masa Kini – Page 3

    Ciliwung, Nadi Peradaban Batavia ke Denyut Jakarta Masa Kini – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Dahulu, Sungai Ciliwung adalah nadi kehidupan Batavia. Airnya menjadi sumber air bersih, jalur transportasi, dan tulang punggung sistem kanal yang menopang kota bentukan kolonial Belanda. Namun, seiring waktu dan laju pembangunan, fungsi ekologis sungai ini perlahan terkikis.

    Menurut sejarawan Candrian Attahiyyat, Ciliwung pada masa Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) memegang peranan vital dalam kehidupan masyarakat Batavia. “Aliran itu kan diolah jadi siap dikonsumsi atau buat keperluan rumah tangga dan lain-lain. Itu alirannya diarahkan ke daerah yang namanya Pancoran-Glodok. Di situ airnya disuling,” tuturnya kepada Liputan6.com.

    Air hasil penyulingan tersebut tidak hanya digunakan untuk kebutuhan warga, tetapi juga dijual guna memasok kapal-kapal yang bersandar di perairan Batavia. “Terus airnya itu dikelola dan dijual buat keperluan kapal, perahu dan lain-lain,” sambung Candrian. Baru pada abad ke-19, saat teknologi artesis mulai dikenal, warga beralih dari Ciliwung ke sumber air bawah tanah.

    Letak strategis Batavia yang dekat dengan muara Ciliwung pun menjadi alasan utama Belanda mendirikan pusat kekuasaan mereka di wilayah tersebut. Meski kapal besar tidak bisa merapat langsung ke pantai karena Teluk Jakarta yang dangkal, aliran sungai dimanfaatkan sebagai jalur logistik dan bongkar muat lewat perahu kecil.

    “Jadi mereka membuat aliran itu terutama Ciliwung di daerah Batavia itu buat transportasi mereka untuk bawa-bawa barang,” ungkapnya.

    Tak berhenti di situ, sistem kanal pun dibangun dengan suplai utama dari Ciliwung dan Cisadane. Kanal-kanal ini tidak hanya untuk perahu, tetapi juga sebagai penyalur air bersih dan pengendali banjir.

    Namun, kanal sangat bergantung pada debit air yang cukup. “Soalnya kan kanal Batavia itu kalau kering, ya gak cukup debit airnya, itu surut,” katanya.

     

     

     

    Sebanyak 28 rukun tetangga (RT) di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur terendam banjir akibat Kali Ciliwung meluap.