kab/kota: Palmerah

  • Puspaga Cempaka Palmerah komit ciptakan keluarga harmonis

    Puspaga Cempaka Palmerah komit ciptakan keluarga harmonis

    Jakarta (ANTARA) – Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Cempaka Palmerah Jakarta Barat berkomitmen memberikan edukasi untuk menciptakan keluarga harmonis di daerah itu.

    Ketua Puspaga Jakarta Barat, Hilda di Jakarta, Selasa, mengatakan badan yang dipimpinnya itu membuka layanan konsultasi secara daring selama 24 jam, sementara pelayanan luring beroperasi mulai 11.00 hingga 15.00 WIB.

    “Untuk layanan luring, kami mulai operasional setelah kegiatan PAUD pagi harinya. Tapi, untuk layanan daring, kami melayani 24 jam melalui nomor WhatsApp 085694221922,” ujarnya.

    Hilda menyebut, pelayanan fokus untuk menciptakan keharmonisan keluarga dan keluarga yang berkualitas.

    “Fungsinya bersifat preventif dan promotif, sehingga kegiatan kami lebih banyak berupa edukasi dan konseling, bimbingan terutama terkait pengasuhan, keterampilan menjadi orang tua dan perlindungan anak, juga konsultasi warga masyarakat dan klien untuk menghadirkan keluarga yang harmonis dan berkualitas,” ujar dia.

    Lebih lanjut, Hilda menjelaskan pihaknya menerima pelayanan konsultasi masyarakat yang beragam mulai dari persoalan pola asuh anak, curhat isteri terhadap suami atau sebaliknya, pengasuhan anak (parenting), curhat anak terhadap orang tua dan lain sebagainya.

    “Kami sering berkolaborasi untuk sosialisasi pada kegiatan warga seperti ke organisasi, komunitas, kegiatan senam, Posyandu, RT RW, dan sekolah, pos pengaduan yang ada di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) dan lain sebagainya,” katanya.

    Sementara itu, Lurah Palmerah, Zaenal Ngaripin menyebut pentingnya fungsi Puspaga Cempaka sebagai tempat penyelesaian masalah keluarga.

    Menurutnya, fungsinya bersifat sentral menyusul masyarakat banyak yang belum memanfaatkan lembaga itu secara optimal karena beranggapan persoalan pribadi tidak perlu diceritakan ke orang lain.

    “Kami berharap kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dapat mengoptimalkan fungsinya ini agar persoalan ketidakharmonisan keluarga dan kasus kekerasan terhadap anak menurun drastis berkat bimbingan dan konseling di sini” katanya.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Transjakarta siagakan layanan menuju lokasi konser Kim Taeyeon di GBK

    Transjakarta siagakan layanan menuju lokasi konser Kim Taeyeon di GBK

    Ilustrasi – Bus Transjakarta mengambil penumpang di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/8/2022). ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.

    Transjakarta siagakan layanan menuju lokasi konser Kim Taeyeon di GBK
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Sabtu, 12 April 2025 – 14:50 WIB

    Elshinta.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiagakan layanan untuk memudahkan perjalanan pelanggan menuju lokasi konser penyanyi solo asal Korea Selatan, Kim Tae-yeon yang digelar di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu sore.

    “Pelanggan yang ingin menonton konser Kim Taeyeon dapat menggunakan layanan BRT dan layanan terintegrasi menuju venue (lokasi) konser,” kata Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani dalam keterangannya, Sabtu.

    Berikut sejumlah layanan Transjakarta menuju lokasi konser di Indonesia Arena :

    Halte Gerbang Pemuda

    Rute 1B (St. Palmerah – Transport Hub Dukuh Atas)

    Rute 1F (St. Palmerah – Senayan Bank DKI)

    Rute 3F (Kalideres – Senayan Bank DKI)

    Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit)

    Rute 10 H (Tanjung Priok – Bundaran Senayan)

    Bus Stop Taman Ria dan Graha Kemenpora

    Rute 1B (St. Palmerah – Transport Hub Dukuh Atas)

    Rute 1F (St. Palmerah – Senayan Bank DKI)

    Rute 8N (Kebayoran – Petamburan via Asia Afrika)

    Bus Stop Gelora Hall Basket

    Rute 8N (Kebayoran – Petamburan via Asia Afrika)

    Ayu menambahkan penggunaan transportasi publik selain mudah dan terjangkau juga sebagai bentuk kepedulian untuk menciptakan udara Jakarta yang lebih bersih serta mengurangi kemacetan.

    “Untuk informasi, Transjakarta beroperasi 24 jam pada koridor utama dan untuk layanan integrasi beroperasi mulai pukul 05.00 WIB – 22.00 WIB,” katanya.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, penyanyi asal Korea Selatan Kim Tae Yeon atau akrab disebut Taeyeon akan menggelar konser bertajuk “The Sense” pada Sabtu di Indonesia Arena pukul 15.00 WIB.

    Penyanyi yang merupakan leader SNSD atau Girls Generation tersebut sebelumnya juga pernah menggelar konser di Indonesia tepatnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD pada 22 Juli 2023.

    Sumber : Antara

  • Ada Konser Taeyeon SNSD, Transjakarta Siagakan Layanan Menuju GBK

    Ada Konser Taeyeon SNSD, Transjakarta Siagakan Layanan Menuju GBK

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiagakan layanan bus untuk mempermudah pelanggan menuju konser solois asal Korea Selatan, Taeyeon di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (12/4/2025).

    Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani mengatakan, pelanggan yang ingin menonton konser Taeyon dapat menggunakan layanan BRT dan layanan terintegrasi menuju venue konser. 

    “Selain mudah dan terjangkau, menggunakan transportasi publik juga bentuk kepedulian untuk menciptakan udara Jakarta yang lebih bersih serta mengurangi kemacetan,” ujar Ayu dalam keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Sabtu (12/4/2025).

    Ada pun sejumlah layanan Transjakarta menuju venue konser Taeyeon di Indonesia Arena, antara lain sebagai berikut:
    • Halte Gerbang Pemuda
    Rute 1B (Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas)
    Rute 1F (Stasiun Palmerah-Senayan Bank DKI)
    Rute 3F (Kalideres-Senayan Bank DKI)
    Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit)
    Rute 10 H (Tanjung Priok – Bundaran Senayan)

    • Bus Stop Taman Ria dan Graha Kemenpora
    Rute 1B (Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas)
    Rute 1F (Stasiun Palmerah-Senayan Bank DKI)
    Rute 8N (Kebayoran-Petamburan via Asia Afrika)

    • Bus Stop Gelora Hall Basket
    Rute 8N (Kebayoran – Petamburan via Asia Afrika)

    Sebagai informasi, Transjakarta beroperasi 24 jam pada koridor utama dan untuk layanan integrasi beroperasi mulai pukul 05.00 WIB – 22.00 WIB. 

    Untuk mendapatkan info update terkait layanan Transjakarta termasuk saat konser Taeyeon, pelanggan bisa mengakses di aplikasi TJ: Transjakarta atau melalui sosial media resmi Transjakarta, seperti Instagram @infotije, X : PT_Transjakarta, atau call center 1500-102.

  • Transjakarta Siapkan Layanan Khusus ke Lokasi Konser Kim Taeyeon di GBK Hari Ini – Page 3

    Transjakarta Siapkan Layanan Khusus ke Lokasi Konser Kim Taeyeon di GBK Hari Ini – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiagakan layanan khusus untuk memudahkan perjalanan pelanggan menuju lokasi konser penyanyi solo asal Korea Selatan, Kim Taeyeon. Konser akan digelar di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu (12/4/2025) sore nanti.

    “Pelanggan yang ingin menonton konser Kim Taeyeon dapat menggunakan layanan BRT dan layanan terintegrasi menuju venue (lokasi) konser,” kata Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani dalam keterangannya, Sabtu.

    Ayu menambahkan, penggunaan transportasi publik selain mudah dan terjangkau juga sebagai bentuk kepedulian untuk menciptakan udara Jakarta yang lebih bersih serta mengurangi kemacetan kota.

    “Untuk informasi, Transjakarta beroperasi 24 jam pada koridor utama dan untuk layanan integrasi beroperasi mulai pukul 05.00 WIB – 22.00 WIB,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

    Berikut sejumlah layanan Transjakarta menuju lokasi konser di Indonesia Arena GBK, Senayan, Jakarta:

    1. Halte Gerbang Pemuda

    Rute 1B (St. Palmerah – Transport Hub Dukuh Atas)
    Rute 1F (St. Palmerah – Senayan Bank DKI)
    Rute 3F (Kalideres – Senayan Bank DKI)
    Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit)
    Rute 10 H (Tanjung Priok – Bundaran Senayan)

     2. Bus Stop Taman Ria dan Graha Kemenpora

    Rute 1B (St. Palmerah – Transport Hub Dukuh Atas)
    Rute 1F (St. Palmerah – Senayan Bank DKI)
    Rute 8N (Kebayoran – Petamburan via Asia Afrika)
    Bus Stop Gelora Hall Basket
    Rute 8N (Kebayoran – Petamburan via Asia Afrika)

     

     

  • Uang Rp20 juta milik jurnalis Kompas.com dicuri

    Uang Rp20 juta milik jurnalis Kompas.com dicuri

    Ilustrasi – Pencurian – ANTARA/Diasty Surjanto.

    Uang Rp20 juta milik jurnalis Kompas.com dicuri
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Jumat, 11 April 2025 – 15:30 WIB

    Elshinta.com – Uang berjumlah sekitar Rp20 juta milik seorang jurnalis Kompas.com bernama Felicia (21) raib dicuri saat korban mudik Lebaran.

    Terduga pelaku melancarkan aksinya di kamar kos korban yang berlokasi di Sandang, Palmerah, Jakarta Barat, saat korban sedang libur Lebaran 2025.

    “Saya perhatikan itu jendela tadi tertutup rapat tapi tidak dikunci, padahal saya sudah kunci pas saya tinggal mudik,” ujar Felicia saat dikonfirmasi di Jakarta pada Jumat.

    ​​​​Felicia pun melapor ke Polsek Palmerah pada Kamis (10/4) hingga kemudian Kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

    Kejadian bermula ketika Felicia baru saja mudik Lebaran dari kampung halaman di Surabaya, Jawa Timur.

    Felicia mengaku sudah kembali ke Jakarta sejak Minggu (6/4). Namun ia masih belum memeriksa lemari tempatnya menyimpan uang.

    “Di kamar kos itu kayak ada bekas kerikil, pasir, kayak bekas ada orang masuk. Tapi memang enggak banyak ya bekas pasirnya,” kata dia.

    Felicia pun segera meminta rekaman CCTV lantai dua indekos tempat tinggalnya namun ternyata sudah lama rusak.

    “Cuman yang ada di lantai satu dan lantai tiga itu nyala, kalau yang di lantai empat saya kurang tau,” ujar dia.

    Felicia berharap pihak Kepolisian dapat mengusut tuntas kasus ini sehingga pelaku pencurian dapat ditangkap.

    Sumber : Antara

  • Dukcapil Jakbar data pendatang baru hingga satu bulan ke depan

    Dukcapil Jakbar data pendatang baru hingga satu bulan ke depan

    Kami bertugas melakukan pelayanan pencatatan dan pendaftaran penduduk non permanen

    Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat melakukan pendataan pendatang baru hingga satu bulan ke depan seiring berakhirnya masa libur Lebaran.

    “Pendataan kita lakukan selama satu bulan, terhitung mulai aktif warga masuk kerja pada Selasa (8/4),” kata Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Barat Gentina Arifin kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

    Pendataan itu, kata Gentina, juga dilakukan dalam rangka pemetaan penduduk non permanen pascalibur Lebaran.

    “Kami bertugas melakukan pelayanan pencatatan dan pendaftaran penduduk non permanen,” ujar dia.

    Lebih lanjut, Gentina mengungkapkan pendataan dilakukan di delapan wilayah kecamatan setempat.

    Pendataan di Kecamatan Tambora, telah dimulai di RT 02 RW 05 Duri Utara. Kemudian Kecamatan Palmerah di RW 02 Kemanggisan. Lalu Kecamatan Cengkareng di RT 09 RW 18 Cengkareng Barat.

    “Kecamatan Grogol Petamburan di RW 03 Tanjung Duren Utara. Kecamatan Tamansari, RW 06 Krukut. Kebon Jeruk, RW 13 Kebon Jeruk. Kembangan, RT 02 RW 02 Srengseng. Kemudian Kalideres, RT 01 RW 06 Semanan,” ungkap Gentina.

    Gentina meminta agar para pendatang baru segera melapor diri ke RT/RW setempat, khususnya yang ingin menetap lebih dari setahun.

    “Pendatang baru selalu membawa identitas kependudukan dan melaporkan kepada ketua RT/RW setempat bila akan menetap lebih dari satu tahun,” ujar Gentina.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Cara Cek NIK KTP Secara Online, Mudah Tak Perlu ke Kantor Dukcapil

    Cara Cek NIK KTP Secara Online, Mudah Tak Perlu ke Kantor Dukcapil

    Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap warga negara Indonesia pasti punya Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang biasanya tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

    NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

    Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 1 poin 12 UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

    NIK diberikan oleh pemerintah dan diterbitkan oleh instansi pelaksana kepada setiap penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK yang didapatkan berlaku seumur hidup. Namun terkadang, NIK seseorang tidak tercatat di Dukcapil Nasional.

    Untuk itu, Cek NIK KTP secara online diperlukan untuk mengetahui status NIK tersebut, apakah valid atau tidak. Jika NIK ternyata tidak valid, Anda bisa langsung mengurus dan melaporkannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

    Cek NIK KTP secara online juga biasanya dibutuhkan sebelum mengurus beberapa hal. Seperti pembukaan rekening bank, pendaftaran BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, saat ingin mengikuti seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), hingga mengikuti Pemilu.

    NIK terdiri dari 16 digit kode. Penyusunannya terdiri dari 6 digit pertama yaitu kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, 6 digit kedua yaitu tanggal, bulan, tahun kelahiran, dan 4 digit terakhir yaitu nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

    Namun terkadang, nomor NIK tidak tercatat di Disdukcapil. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui status valid atau tidaknya nomor yang tertera pada KTP agar tidak menjadi hambatan saat berurusan dengan hal-hal yang bersifat administratif di kemudian hari.

    Cara Cek NIK KTP Secara Online

    Anda bisa melakukan cek NIK KTP secara online, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil. Cara mengeceknya mudah dan sederhana, berikut ini langkah-langkahnya:

    1. Cek NIK KTP Secara Online Via Situs Disdukcapil Kota/Kabupaten

    Pertama, cek NIK KTP secara online bisa dilakukan melalui laman resmi Dukcapil masing-masing Kabupaten/Kota domisili Anda. Misalnya Dukcapil DKI Jakarta, Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Solo, dan lainnya.

    Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci Dukcapil yang disertai dengan kota domisili Anda sesuai KTP. Setelah itu, kunjungi situs Dukcapil Kota/Kabupaten. Lalu masukkan NIK serta data lainnya lalu ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan.

    Akses laman https://kemendagri.lapor.go.id/
    Klik menu “Sampaikan Laporan Anda”
    Setelah itu, klik “Permintaan Informasi”
    Tuliskan pengajuan informasi pada kolom “Permintaan Informasi”
    Ketik kota dan domisili asal
    Pilih kategori laporan atau permintaan informasi dan klik “Kependudukan”
    Langkah selanjutnya adalah klik “Lapor”.

    2. Cek NIK KTP Secara Online Via Media Sosial Dukcapil

    Selanjutnya, cara cek NIK KTP secara online yang bisa Anda pilih yaitu melalui media sosial resmi Dukcapil di platform X dan Facebook adalah:

    X: twitter.com/ccdukcapil atau https://x.com/ccdukcapil
    Facebook: facebook.com/cc.dukcapil
    Anda juga bisa menghubungi akun resmi sosial media Dukcapil di tiap masing-masing daerah baik Facebook, Instagram, maupun Twitter.
    Anda pun dapat menghubungi mereka melalui personal chat dengan format : #NIK#Nama_lengkap#nomor_KK#nomor_telepon#keluhan

    3. Cek NIK KTP Secara Online Via Call Center

    Selain itu, Anda juga bisa menghubungi call center Halo Dukcapil ke nomor 1500-537. Namun, untuk melakukan cek NIK KTP lewat call center ini memang diperlukan pulsa telepon yang cukup.

    Melalui call center, Anda bisa mengemukakan permasalahan yang dialami dan menanyakan beberapa hal terkait yang diperlukan. Petugas Halo Dukcapil akan merespons cepat dan membantu sinkronisasi data NIK jika ditemukan nomor KTP tersebut tidak terdaftar

    Jangan lupa untuk menyiapkan nomor NIK dan Kartu Keluarga (KK) untuk keperluan informasi dan verifikasi.

    4. Cek NIK KTP Secara Online Via WhatsApp dan SMS

    Cara selanjutnya untuk cek NIK KTP secara online juga bisa dilakukan melalui WhatsApp. Caranya cukup mudah, yaitu Anda mengirim pesan dengan format nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota, lalu kirim ke nomor 0813-2691-2479.

    Contohnya: Nia Salsabila/317123456780001/Palmerah/Palmerah/Jakarta Barat.

    Jika tidak ingin menggunakan WhatsApp, Anda bisa mengeceknya melalui SMS atau pesan singkat. pastikan terlebih dahulu pulsa sudah terisi cukup untuk mengirim pesan singkat.

    Kirim SMS ke nomor Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999 dengan format sebagai berikut:

    Cek#KTP#NIK

    5. Cek NIK KTP Secara Online Via Email

    Cara cek NIK KTP secara online yang terakhir yaitu dapat dilakukan melalui email. Anda bisa mengirim email ke [email protected]

    Gunakan format berikut untuk mengisi badan email:

    #NIK#Nama_lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_telepon#keluhan. Setelah itu kirim email.

    Jika Anda tidak terburu-buru, Anda bisa memakai cara ini sebagai opsi, karena cara cek NIK ini membutuhkan waktu setidaknya 1×24 jam.

    Itu dia 5 cara cek NIK KTP secara online, mudah dan praktis. Cara cek NIK KTP secara online ini diperlukan untuk mengetahui apakah NIK sudah terdaftar di Dukcapil Nasional atau belum.

    Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data penduduk, verifikasi NIK melalui layanan daring wajib melewati proses validasi yang ketat dan dilakukan oleh petugas yang telah terlatih dengan baik. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak mengungkapkan NIK serta data pribadi lainnya kepada akun atau pihak yang tidak merupakan kanal resmi Dukcapil.

    (dem/dem)

  • Beda Dulu dan Sekarang, Begini Nyamannya Jadi Penumpang Commuter Line Jabodetabek

    Beda Dulu dan Sekarang, Begini Nyamannya Jadi Penumpang Commuter Line Jabodetabek

    Beda Dulu dan Sekarang, Begini Nyamannya Jadi Penumpang Commuter Line Jabodetabek
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, yang dulu dikenal dengan momok ketidaktepatan waktu dan fasilitas seadanya, kini telah bertransformasi menjadi
    moda transportasi
    publik yang andal dan nyaman. Namun, di balik reputasi tersebut, KRL memiliki perjalanan panjang yang tidak banyak diketahui publik. 
    Transformasi KRL bukan terjadi dalam semalam. Moda ini telah menjadi bagian dari denyut kehidupan kota sejak lebih dari satu abad silam. Tepatnya pada 6 April 1925, kereta listrik pertama kali melintasi jalur Tanjung Priok–Meester Cornelis (sekarang Jatinegara), menandai dimulainya era elektrifikasi perkeretaapian di Indonesia.
    Kala itu, kehadiran KRL merupakan terobosan besar dalam dunia transportasi urban. Meski masih terbatas jangkauannya, moda ini menjadi solusi mobilitas masyarakat di Batavia dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, jaringan KRL terus berkembang, mengikuti pertumbuhan kota-kota satelit dan kebutuhan masyarakat yang makin dinamis.
    Kini, setelah lebih dari 100 tahun melaju, wajah KRL telah berubah drastis. Dari yang dulu kerap dipandang sebelah mata karena jadwal yang tak menentu dan fasilitas seadanya,
    KRL Commuter Line
    kini menjelma menjadi moda transportasi massal modern yang semakin digemari, terutama di wilayah Jabodetabek.
    Putri (33) adalah salah satu dari banyak penumpang yang merasakan transformasi KRL. Tinggal di Depok, Jawa Barat, ia menjadikan KRL Commuterline sebagai moda transportasi andalan untuk berangkat dan pulang kerja setiap hari.
    Padahal, perempuan yang bekerja di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, tersebut punya kendaraan pribadi yang sebenarnya bisa dimanfaatkan.
    “Pilih KRL Commuter Line karena tarifnya terjangkau dan pastinya bebas macet, apalagi di jam-jam sibuk. Jadwalnya juga kan tepat waktu, jarang telat,” ujar Putri.
    Namun, bukan hanya itu yang membuat Putri betah menggunakan layanan transportasi massal tersebut.
    “Sekarang banyak fasilitas pendukung ya, seperti stan makanan dan minuman. Ini sangat membantu (pekerja seperti saya) kalau pagi belum sempat sarapan atau sekadar mengganjal perut saat pulang,” tambahnya.
    Pengalaman Putri hanyalah satu dari sekian banyak cerita pengguna KRL Commuter Line yang merasakan perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Penumpang lain yang telah menggunakan KRL selama satu dekade, Utie Adnu, menegaskan hal serupa.
    “Commuter Line sudah seperti kendaraan andalan bagi saya. Jadwal keberangkatannya tepat, fasilitas lengkap, dari toilet bersih hingga
    charging port
    . Bahkan sekarang ada
    water station
    gratis di beberapa stasiun,” tuturnya dalam unggahan di Instagram pribadinya, Kamis (11/7/2024).
    Uti juga mengaku senang karena tiket KRL Commuter Line kini bisa diakses lewat berbagai metode
    cashless
    selain Kartu Multi Trip (KMT) dan uang elektronik (
    e-money
    ), yaitu pindai QR Code dari platform
    ride-hailing
    .
    Perjalanan dengan KRL Commuter Line pun semakin menyenangkan karena ada petugas yang selalu siap membantu.
    Transformasi layanan KRL Commuter Line tak lepas dari peran
    PT KAI Commuter
    sebagai operator. Upaya ini pun berbuah manis dalam bentuk peningkatan jumlah penumpang.
    Berdasarkan data KAI Commuter, total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang 2024 mencapai 328.153.923 orang. Jumlah ini meningkat sebesar 13 persen dari tahun sebelumnya yang mencatatkan 290.890.677 pengguna. Rata-rata jumlah pengguna harian selama pada 2024 tercatat sebanyak 1.014.934 orang.
    Sementara itu, hingga Maret 2025, rata-rata pengguna Commuter Line Jabodetabek tercatat sebanyak 991.290 orang pada hari kerja (weekday), dan 645.798 orang pada akhir pekan (
    weekend
    ). Total volume pengguna dari Januari hingga minggu keempat Maret 2025 mencapai 76.680.215 orang.
    Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna.
    Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI Commuter melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah skema rekomposisi sarana untuk menjaga headway antar kereta. Hal terpenting, beragam fasilitas dan sarana terus disempurnakan pihaknya. Inovasi pun terus digalakkan.
    “KAI Commuter juga terus menambah fasilitas baru, seperti
    water station
    atau dispenser air minum gratis yang tersedia di Stasiun Juanda, Jakarta Kota, Manggarai, Tanah Abang, dan Bekasi,” paparnya kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2024).
    Inovasi lain yang dihadirkan KAI Commuter adalah Commuter Shelter Bike, area parkir sepeda gratis di beberapa stasiun, seperti Stasiun Bogor, Depok, Lenteng Agung, Tebet, dan Duri. Fasilitas ini sejalan dengan program Green Commuter yang digalakkan oleh perusahaan.
    “Nantinya, fasilitas tersebut juga bakal tersedia di Stasiun Bekasi, Kranji, Matraman, Cikarang, Kemayoran, Pondok Ranji, Tanjung Priok, Buaran, Cisauk, Daru, Kebayoran, dan Stasiun Palmerah,” kata Joni.
    Sebagai bagian dari upaya menyediakan layanan yang lebih inklusif, KAI Commuter terus meningkatkan fasilitas bagi perempuan, ibu hamil, dan pengguna berkebutuhan khusus.
    Untuk penumpang perempuan, tersedia
    Kereta Khusus Wanita
    (KKW) yang dioperasikan pada rangkaian tertentu. Sementara itu, ibu menyusui dapat menggunakan ruang laktasi yang telah tersedia di 27 stasiun.
    Bagi ibu hamil, KAI Commuter menyediakan PIN khusus guna memudahkan mereka mendapatkan prioritas tempat duduk di dalam kereta.
    Sementara bagi pengguna penyandang disabilitas, selain toilet khusus dan nomor bantuan 081296605747, KAI Commuter juga menghadirkan Kartu Disabilitas. Kartu ini bisa diambil di Stasiun Juanda, Bogor, Sudirman, Tanah Abang, Duri, dan Bekasi.
    Aspek keamanan turut menjadi prioritas. KAI Commuter memasang Sistem CCTV Analytic di setiap stasiun. Sistem ini dapat memproses dan menganalisa setiap data foto atau video untuk mengidentifikasi potensi tindak kriminal.
    Sementara itu, untuk memudahkan pengguna, KAI Commuter meluncurkan aplikasi
    C-Access
    , hasil
    rebranding
    dari KRL Access dengan fitur-fitur terbaru. Lewat sistem ini, pengguna dapat mengecek jadwal dan posisi kereta dengan mudah.
    Melihat tren peningkatan pengguna yang diprediksi berlanjut, bahkan mencapai 2 juta penumpang per hari pada 2025-2026 mendatang, KAI Commuter pun sudah menjalankan sekaligus mempersiapkan sejumlah strategi.
    Salah satu strategi yang sedang berjalan adalah melakukan rekomposisi sarana dengan mengubah beberapa rangkaian kereta menjadi 8 kereta (SF8) dari sebelumnya 12 kereta (SF12) dan 10 kereta (SF10).
    Meski demikian, KAI Commuter tetap mengoperasikan rangkaian KRL SF12 dan SF10 untuk melayani pengguna setiap harinya. Langkah ini diambil untuk memastikan keseimbangan antara efisiensi operasional dan kenyamanan penumpang.
    “Rekomposisi (dilakukan dengan) mempertimbangkan okupansi,
    headway
    , dan
    peak hour
    pada perjalanan Commuter Line di setiap lintas layanannya,” terang Joni.
    Mengoptimalkan sarana yang ada saat ini dengan melakukan maintenance secara berkala dan intensif agar sarana tetap optimal dalam operasionalnya.
    Langkah tersebut tidak lain dilakukan untuk menjaga performa sarana dan
    headway
    perjalanan Commuter line sampai nanti sarana baru dari INKA dan CRRC dapat dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari seluruh wilayah penyangga di Jabodetabek.
    Tidak hanya soal transportasi, Commuter Line kini juga menjadi penghubung ke berbagai destinasi menarik di sekitar stasiun, memperkuat posisinya sebagai bagian integral dari gaya hidup urban.
    “Karena KRL Commuter Line sudah jadi andalan, sebisa mungkin kalau ada agenda
    nongkrong
    di Jakarta, saya pilih tempat yang tidak jauh dari stasiun. Untungnya, beberapa stasiun dikelilingi
    spot-spot nongkrong
    keren. Misalnya, dari Stasiun Sudirman, bisa jalan kaki ke Grand Indonesia,” kata Putri kembali membagikan pengalamannya.
    Penumpang KRL Commuter Line lainnya, Vieri Muhammad, juga menyampaikan hal serupa.
    Ia bahkan merekomendasikan beberapa tempat menarik di sekitar stasiun, seperti Sunyi Coffee dekat Stasiun Kebayoran, kuliner di belakang Masjid Cut Mutia dekat Stasiun Gondangdia, dan Kongsi 8 dekat Stasiun Jatinegara.
    Cerita Putri, Utie, dan Vieri mewakili jutaan pengguna KRL Commuterline Jabodetabek lainnya. Dari yang dulu dianggap sebagai “momok”, kini moda transportasi ini telah bertransformasi menjadi sahabat setia kaum urban.
    Dengan berbagai inovasi dan peningkatan layanan, KAI Commuter telah membuktikan bahwa
    transportasi publik
    bisa nyaman, efisien, dan ramah lingkungan.
     
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Senangnya Warga Nikmati Suasana Jakarta dari Anjungan Halte Bundaran HI 
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        5 April 2025

    Senangnya Warga Nikmati Suasana Jakarta dari Anjungan Halte Bundaran HI Megapolitan 5 April 2025

    Senangnya Warga Nikmati Suasana Jakarta dari Anjungan Halte Bundaran HI
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Anjungan Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, menjadi salah satu destinasi favorit warga Jakarta selama libur panjang Lebaran 2025.
    Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, maupun pasangan di lokasi tersebut. 
    Pantauan
    Kompas.com
    di lokasi, Sabtu (5/4/2025) siang, halte yang terletak di jantung kota Jakarta itu dipadati pengunjung. Ada yang terlihat duduk santai, ada pula yang sibuk berfoto dengan latar pemandangan Monumen Selamat Datang.
    Anjungan
    Halte Bundaran HI
    sendiri dirancang dengan konsep terbuka dan modern.
    Dari anjungan ini, pengunjung bisa melihat dari dekat Monumen Selamat Datang, air mancur Bundaran HI, serta gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya.
    Hujan yang mengguyur wilayah tersebut tak menghalangi aktivitas para pengunjung. 
    Salah satunya Yuni (37), warga Palmerah, Jakarta Barat yang datang bersama suami dan dua anaknya ke
    Anjungan Halte Bundaran HI
    .
    Yuni dan keluarganya datang ke Anjungan Halte Bundaran HI untuk mengisi waktu libur Lebaran 2025 yang sebentar lagi selesai.
    Ia dan keluarga pun merasa senang lantaran Jakarta memiliki alternatif wisata yang menarik dan gratis untuk publik. 
    “Saya pertama kali datang ke sini. Anak-anak senang bisa lihat patung Selamat Datang dan suasana kota dari atas,” ujar Yuni.
    Yuni juga sempat mengabadikan momen bersama keluarganya di Anjungan Halte Bundaran HI sebelum hujan turun.
    “Tadi kita sudah sempat foto-foto sebelum hujan,” kata dia.
    Hal senada juga disampaikan oleh Dika (25), warga Ciledug, Kota Tangerang. Dika yang merupakan warga pendatang dari Sumatera Barat itu sengaja datang bersama temannya karena penasaran dengan Anjungan Bundaran HI.
    “Ini pertama kali ke sini. Tempatnya bagus, lumayan bisa foto-foto sama teman-teman. Suasananya juga enak,” kata dia.
    Dika yang sudah empat tahun merantau di Jakarta ini mengaku sudah lama penasaran dengan Anjungan Halte Bundaran HI. Biasanya, ia hanya sekadar melihat anjungan tersebut dari bus Transjakarta.
    “Biasanya cuma lewat doang naik bus, sekarang penasaran naik ke atas. Ternyata bagus pemandangannya,” ucap Dika.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Libur Lebaran, Bank Pastikan Layanan Tetap Optimal

    Libur Lebaran, Bank Pastikan Layanan Tetap Optimal

    Jakarta

    Pada momen libur Lebaran 2025, perbankan memastikan ketersediaan layanan bagi nasabah melalui jaringan ATM yang tersebar pada berbagai lokasi strategis. Guna mendukung kebutuhan, memberikan kemudahan dan kenyamanan transaksi kepada nasabah, Bank DKI telah menyiapkan layanan ATM yang tetap beroperasi selama periode libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 1446 H/2025 M.

    Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo menyampaikan bahwa Bank DKI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan optimal bagi nasabah, termasuk selama masa libur Lebaran.

    “Jaringan ATM Bank DKI tetap beroperasi dan dapat digunakan untuk berbagai transaksi, termasuk penarikan tunai,” ujar dia dalam siaran pers, Rabu (2/4/2025).

    Lebih lanjut Agus menjelaskan Bank DKI memiliki total 750 unit ATM yang beroperasi dan tersebar di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk di kantor Kelurahan dan Kecamatan, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, dan lokasi-lokasi publik lainnya. Selain itu, seiring perluasan jaringan layanan kantor pada beberapa wilayah kota besar lainnya, Bank DKI juga memiliki jaringan ATM yang berada di beberapa kota besar di luar Jakarta, diantaranya Bandung, Semarang Solo, Gresik, Sidoarjo, hingga Lampung.

    Adapun sebaran lokasi ATM Bank DKI sebagai berikut:

    Jakarta Pusat

    Terdapat 125 unit ATM Bank DKI yang beroperasi di wilayah Jakarta Pusat, yang tersebar diantaranya di Thamrin City, Pasar Tanah Abang Blok B, Pasar Jaya Kenari, Pasar Kue Subuh Senen, RSUD Tarakan, hingga Stasiun MRT Dukuh Atas.

    Jakarta Selatan

    Terdapat 148 unit ATM Bank DKI yang beroperasi di wilayah Jakarta Selatan, diantaranya terdapat di Pasar Jaya Cipulir, RSUD Pasar Minggu, Halte Senayan Bank DKI, dan Family Mart Bulungan.

    Jakarta Utara

    Di wilayah Jakarta Utara terdapat 94 unit ATM Bank DKI yang beroperasi, diantaranya di lokasi Mall Ancol Beach City, D’Arcici Plumpang, hingga Pelabuhan Kali Adem.

    Jakarta Timur

    Terdapat 176 unit ATM Bank DKI yang beroperasi di wilayah Jakarta Timur, diantaranya berlokasi di Lotte Grosir Pasar Rebo, RSUD Kramat Jati, Rusun Jatinegara Barat, dan Terminal Pulogebang.

    Jakarta Barat

    Sedangkan di wilayah Jakarta Barat tersebar 115 unit ATM Bank DKI yang berlokasi diantaranya Terminal Kalideres, Pasar Slipi, RSUD Cengkareng, Puskesmas Kecamatan Palmerah, RS Pelni, dan Rusun KS Tubun.

    Kepulauan Seribu

    Pada wilayah Kepulauan Seribu terdapat 13 unit ATM Bank DKI yang beroperasi, diantaranya berada di Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Harapan, serta Pulau Tidung
    Beberapa Kota di Luar Jakarta.

    Selain di wilayah Jakarta, ATM Bank DKI juga tersebar di beberapa kota besar sesuai lokasi operasional kantor layanan Bank DKI di luar Jakarta, diantaranya Bandung 2 unit ATM, Bekasi 17 unit ATM, Bogor 6 unit ATM, Depok 11 unit ATM, Gresik 3 unit ATM, Karanganyar 1 unit ATM, Lampung 4 unit ATM, Semarang 4 unit ATM, Malang 1 unit ATM, Sidoarjo 3 unit ATM, Surabaya 4 unit ATM, Solo 3 unit ATM, dan Tangerang 20 unit ATM.

    Adapun informasi lebih lengkap mengenai lokasi ATM Bank DKI, nasabah dapat mengakses website resmi www.bankdki.co.id. Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi turut mengimbau nasabah untuk tetap waspada dalam bertransaksi di ATM dan selalu menjaga kerahasiaan data pribadi. “Jika mengalami kendala atau memerlukan informasi lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi layanan Call Center Bank DKI menghubungi Call Center 1500 351, atau mengikuti akun media sosial resmi Bank DKI,” tutup Arie.

    (kil/kil)