kab/kota: Osaka

  • Kebakaran Landa Gedung di Dekat ‘Glico Running Man’ Osaka, 2 Pemadam Tewas

    Kebakaran Landa Gedung di Dekat ‘Glico Running Man’ Osaka, 2 Pemadam Tewas

    Jakarta

    Kebakaran terjadi di kawasan ramai turis di Dotonbori, Osaka, Jepang. Sebanyak dua petugas pemadam kebakaran tewas dan empat orang luka-luka akibat insiden itu.

    Dilansir surat kabar The Asahi Shimbun, Senin (18/8/2025), kebakaran terjadi sekitar pukul 09.50 waktu setempat di sebuah gedung multi-penyewa di dekat Jembatan Ebisubashi, tempat berdirinya papan iklan ikonik Glico Running Man.

    Menurut Dinas Pemadam Kebakaran Kota Osaka, dua petugas pemadam kebakaran dari Stasiun Pemadam Kebakaran Naniwa ditemukan di lantai enam gedung tersebut. Mereka dipastikan meninggal dunia di rumah sakit.

    Kedua pria tersebut, yang berusia 55 dan 22 tahun, tampaknya terjebak di dalam gedung saat berjuang melawan api. Selain itu, tiga petugas pemadam kebakaran lainnya berusia 20-an dan 30-an tahun serta seorang wanita berusia 20-an tahun dibawa ke rumah sakit, menurut kepolisian Prefektur Osaka.

    Menurut Dinas Pemadam Kebakaran Kota Osaka, api menyebar ke gedung di sebelahnya, dan total kerusakan terkonfirmasi mencapai sekitar 110 meter persegi.

    (fca/fca)

  • Cat Mobil Buatan Indonesia Mendunia, Mejeng di Ajang Modifikasi Malaysia

    Cat Mobil Buatan Indonesia Mendunia, Mejeng di Ajang Modifikasi Malaysia

    Jakarta

    Cat buatan Indonesia telah memiliki kualitas terbaik dan telah diakui dunia. Produsen cat automotive refinish produk asli dari Indonesia, PT Anugerah Berkat Cahaya Abadi (ABCA) mengukuhkan ambisi ‘Go Global’ dengan unjuk gigi di ajang pameran bergengsi International Automodified (IAM) Malaysia 2025, pada 16-17 Agustus 2025 di Setia City Convention Centre. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa cat produksi Indonesia memiliki kualitas terbaik dan telah diakui dunia.

    “Misi kami untuk Go Global di tahun 2025 ini dimulai dari Osaka Auto Messe (OAM) Jepang pada Februari 2025 kemarin, dan kini berlanjut di IAM Malaysia. Produk anak bangsa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan dipandang di luar negeri!” ungkap Marketing Director PT ABCA, Sugiarto dalam siaran persnya.

    Dikatakan pada IAM Malaysia 2025, ABCA memperkenalkan lini cat chrome mereka seperti Cat Spider SPC100 Ultra Mirror Chrome, SPC88 Silver Chrome Effect, dan SPC99 Black Chrome Effect.

    “Produk ini adalah kebanggaan kami dan Indonesia karena menjadi satu-satunya produk cat chrome se-Asia Tenggara dan salah satu dari hanya tiga produsen di dunia. Ini merupakan sebuah milestone bukan hanya untuk perusahaan kami tapi juga untuk Indonesia,” terang Sugiarto.

    Produsen cat automotive refinish produk asli dari Indonesia, PT Anugerah Berkat Cahaya Abadi (ABCA) mengukuhkan ambisi ‘Go Global’ dengan unjuk gigi di ajang pameran bergengsi International Automodified (IAM) Malaysia 2025, pada 16-17 Agustus 2025 di Setia City Convention Centre. Foto: dok. ABCA

    Dijelaskan keunggulan cat buatan Indonesia dari ABCA tak hanya pada lini cat chrome, melainkan cat refinish. Meliputi thinner, dempul, primers, basecoat (sistem alkyd-nc dan polyurethane acrylic), hingga topcoat clearcoat. Tidak lupa pilihan warna tinter terlengkap dan inovasi cat lukis pinstrip serta lettering yang membuat para custom builder di Tanah Air tak perlu lagi bergantung pada produk impor.

    Sebagai catatan, alasan ABCA mampu bersaing ketat dengan produk luar negeri karena didukung fasilitas lengkap laboratorium research and development (R&D) baik di sektor produksi maupun aplikasi yang mumpuni. Harga juga terjangkau dengan kualitas sesuai standard international, namun bukan ‘murahan’.

    Tak hanya, itu, perusahaan terus aktif mencari dan mempelajari bahan baku berteknologi terbarukan yang dapat menunjang kualitas dan efisiensi cost produksi.

    “Selain produk-produk yang tidak mudah ditiru brand lain seperti chrome atau warna hitam terpekat di Indonesia, kami juga memiliki passion dan komitmen untuk terus memajukan dunia cat di Tanah Air,” tambah Sugiarto, menegaskan keunggulan yang tak dimiliki brand lain.

    Ambisi ABCA tidak berhenti di Asia Tenggara. Produk cat chrome mereka bahkan sudah dilirik oleh end user dari seluruh benua, mulai dari Eropa, Amerika, Timur Tengah, hingga seluruh Asia, seiring dengan pencarian partner distribusi yang tepat di setiap negara. ABCA siap membuktikan bahwa inovasi dan kualitas ‘Made in Indonesia’ mampu bersinar di panggung global.

    (lth/dry)

  • Didukung BNI, UMKM Craftote Sukses Pasarkan Produk hingga Kanada-Jepang

    Didukung BNI, UMKM Craftote Sukses Pasarkan Produk hingga Kanada-Jepang

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI resmi membuka gelaran BNI wondrX 2025 di ICE BSD pada Jumat (15/8). Event ini menampilkan inovasi digital, penawaran eksklusif, serta kolaborasi lintas industri.

    BNI wondrX 2025 juga menjadi panggung bagi UMKM lokal untuk naik kelas dan menembus pasar global. Salah satunya adalah Craftote, brand kerajinan tangan ramah lingkungan yang kini dapat mengekspor produknya ke Jepang dan Kanada.

    Craftote berdiri pada Oktober 2021 di tengah pandemi COVID-19, lewat konsep Craftote Gallery & Coffee. Nama Craftote berasal dari kata ‘craft’ yang berarti kerajinan tangan dan ‘tote’ yang berasal dari tote bag, yaitu hal dekat dengan kehidupan sehari-hari.

    Konsep ini memadukan galeri kerajinan dengan coffee shop, sehingga pengunjung bisa menikmati kopi sambil melihat langsung karya kerajinan. Hal ini dijelaskan langsung oleh Co-founder Craftote Thio Siujinata kepada Detikcom.

    “Kita melihat bahwa angka pencinta kerajinan tangan yang ramah lingkungan di Indonesia itu angkanya masih kecil. Makanya, itu yang menjadi dasar pemikiran kita kenapa kita bangun usaha ini dengan arti craftnya adalah kerajinan tangan Totenya itu dari tote bag. Tote bag itu kan nempel dengan tubuh manusia kan, jadi bahwa kerajinan tangan ini dekat. Nah sementara Gallery & Coffee itu adalah saya ciptakan itu penggabungan antara kerajinan tangan dengan coffee shop d]engan maksud coffee shopnya itu adalah salah satu servis dari pelayanan,” jelas Thio kepada detikcom saat ditemui di acara BNI wondrX 2025, Jumat (15/8/2025) kemarin.

    Gayung bersambut, Craftote pun mampu menembus pasar global. Semua bermula saat produk Boheme Lamp berbahan serat bambu menjuarai ajang Kriyanusa. Dari situ, produk ini dilirik Kementerian Perdagangan hingga akhirnya mendapat kesempatan untuk tampil di Osaka World Expo, Jepang.

    “Sejak itu kami mulai mendapat buyer dari Kanada dan Jepang. Hingga kini sudah ada lima kali pengiriman ke Kanada dan dua kali ke Jepang, meski skalanya belum sebesar satu kontainer penuh,” ungkap Thio.

    Dalam pengembangan usahanya, Thio mengatakan BNI turut membantu untuk memajukan usahanya. Ia bahkan mengaku aktif mendekati BNI karena melihat jaringan global bank ini yang luas.

    “Sebenarnya kalau BNI ini saya yang mulai kejar BNI Kenapa? Karena saya melihat bahwa hanya Bank BNI yang punya 9 kantor Sabang di seluruh dunia dibandingin bank yang lain,” Ujar Thio.

    Melalui BNI wondrX 2025, Thio berharap semakin banyak masyarakat mengenal brand Craftote selain dari media sosial.

    “Transaksi memang tidak terlalu besar Namun disini kita melihat bahwa disinilah saatnya kita untuk branding di semua lini Karena kita tahu bahwa BNI kan punya masa nasabah yang dimana juga paling tidak mereka bisa Kenal Craftote ini Selain dari media sosial,” ujar Thio.

    Langkah selanjutnya, Craftote memiliki mimpi untuk membuka galeri sekaligus coffee shop di Jerman sebagai upaya memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia.

    “Kita punya dreamboard itu kita taruh di galeri bahwa kami punya keinginan untuk buka cabang di Jerman bukan saja coffee shopnya, tetapi galerinya juga sekalian untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, jadi dari Indonesia untuk dunia,” kata Thio.

    Dukungan terhadap UMKM seperti Craftote selaras dengan pernyataan Wakil Direktur Utama BNI, Alexandra Askandar. Alexandra menyebut BNI wondrX dirancang sebagai wadah mempertemukan nasabah dengan lebih dari 300 mitra strategis BNI, mulai dari otomotif, properti, travelling, fashion, industri ritel, kuliner, hingga hiburan.

    “Lewat gelaran BNI wondrX, kami ingin menghadirkan pengalaman berbeda, memberi nilai tambah bagi mitra maupun pengunjung, sekaligus memperkuat posisi BNI sebagai bank transaksional modern yang adaptif terhadap perkembangan zaman,” ujar Alexandra.

    (anl/ega)

  • Pasar Lesu, Pabrikan Mobil Diminta Tak Tambah Karyawan Kontrak di RI

    Pasar Lesu, Pabrikan Mobil Diminta Tak Tambah Karyawan Kontrak di RI

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah meminta produsen roda empat tak menambah karyawan kontrak untuk kegiatan produksi di dalam negeri. Permintaan tersebut merupakan respons dari penjualan mobil yang masih lesu di Indonesia.

    Ketua Umum (Ketum) Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meminta produsen tak melakukan PHK saat permintaan mobil sedang turun-turunnya. Maka, untuk menyikapi permintaan tersebut, dia mengimbau pabrikan tak menambah karyawan kontrak baru.

    “Kami berusaha, yang kami lakukan adalah kami (produsen otomotif) tidak menambah karyawan kontrak sementara. Kami hentikan dulu (rekrutmen) dan bertahan dengan yang ada,” ujar Nangoi saat dikonfirmasi.

    Pabrik mobil diminta tak tambah karyawan kontrak. Foto: Ridwan Arifin

    Nangoi secara tak langsung menegaskan, produsen harus bisa memanfaatkan tenaga kerja yang ada. Jika rekrutmen karyawan kontrak biasanya dilakukan rutin, maka sementara dihentikan dulu.

    “Kami sedang mengusahakan hal tersebut, berkali-kali Menperin mengimbau kami agar tak terjadi pemutusan hubungan kerja. Meskipun kami agak menderita dengan penjualan yang menurun ini,” kata Nangoi.

    Sebagai catatan, penjualan mobil baru selama semester I 2025 masih lesu dan mengalami penurunan dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

    Gaikindo mencatat retail atau penjualan langsung ke konsumen pada Januari-Juni 2025 berjumlah 390.467 unit, lebih sedikit 9,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun kemarin.

    Sementara wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer mengalami penyusutan 8,6 persen menjadi 374.740 unit, dari sebelumnya mencapai 410.020 unit.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Rifkianto Nugroho

    Diberitakan sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang meminta tiga produsen otomotif asal Jepang, yakni Toyota, Suzuki dan Daihatsu agar tidak menaikkan harga jual kendaraan dan tidak melakukan PHK terhadap tenaga kerja di Indonesia. Hal itu disampaikan Menperin saat berada di World Expo 2025, Osaka, Jepang.

    Menperin menyampaikan keprihatinan atas potensi gejolak di sektor otomotif nasional jika terjadi lonjakan harga kendaraan atau pengurangan tenaga kerja.

    “Maka itu, saya secara khusus meminta agar tidak ada kenaikan harga mobil dan tidak ada PHK di Indonesia. Ini penting demi menjaga daya beli masyarakat dan menjaga lapangan kerja di sektor otomotif, yang merupakan salah satu penopang industri nasional,” kata Agus.

    (sfn/dry)

  • Rayakan HUT RI, Komdigi hadirkan tarian di Osaka Expo hingga karnaval

    Rayakan HUT RI, Komdigi hadirkan tarian di Osaka Expo hingga karnaval

    ANTARA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyambut perayaan HUT ke-80 RI dengan berbagai kegiatan tingkat internasional dan nasional. Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menyebut digitalisasi menjadi penting dalam mewujudkan kedaulatan bangsa, Kamis (14/8). (Ibnu Zaki/Soni Namura/Gracia Simanjuntak)

    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Koran Tertua Jepang Gugat Perusahaan AI AS Rp 275 M, Penyebabnya Ini

    Koran Tertua Jepang Gugat Perusahaan AI AS Rp 275 M, Penyebabnya Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tiga perusahaan surat kabar di bawah Yomiuri Shimbun Holdings menggugat perusahaan rintisan (start-up) asal Amerika Serikat, Perplexity AI. Mereka menggugat atas dugaan penggunaan sekitar 120 ribu artikel dan gambar milik mereka untuk layanan mesin pencari berbasis kecerdasan buatan (AI) tanpa izin.

    Melansir Strait Times pada Minggu (10/8/202), gugatan tersebut diajukan The Yomiuri Shimbun, The Yomiuri Shimbun Osaka, dan The Yomiuri Shimbun Seibu ke Pengadilan Distrik Tokyo pada 7 Agustus 2025. Yomiuri menuntut Perplexity menghentikan penggunaan konten mereka dan membayar ganti rugi sekitar 2,17 miliar yen atau setara Rp275 miliar (kurs Rp126 per yen).

    Kasus ini menjadi yang pertama bagi media besar Jepang melawan perusahaan AI terkait pelanggaran hak cipta, meski gugatan serupa sudah marak di Eropa dan AS.

    Perplexity, yang berdiri pada 2022, menawarkan layanan pencarian yang merangkum informasi daring terbaru menjadi jawaban langsung bagi pengguna, alih-alih sekadar menampilkan daftar tautan seperti mesin pencari tradisional. Dalam gugatannya, Yomiuri menuduh Perplexity menyalin artikel dari layanan digital Yomiuri Shimbun Online (YOL) dan menyajikan konten serupa dalam jawabannya. Yomiuri mengklaim tindakan ini melanggar hak reproduksi dan hak transmisi publik di bawah undang-undang hak cipta Jepang.

    Menurut Yomiuri, Perplexity memperoleh 119.467 artikel YOL tanpa izin antara Februari-Juni 2025. Nilai ganti rugi dihitung 16.500 yen per artikel, berdasarkan tarif lisensi biasa. Yomiuri juga menyebut kerugian iklan akibat turunnya kunjungan ke situs YOL karena pengguna mendapat jawaban langsung dari Perplexity tanpa membuka situs berita mereka.

    “Sekitar 2.500 reporter kami bekerja keras membuat berita. Perplexity mendapat ‘tumpangan gratis’ atas upaya dan biaya besar tersebut,” tegas Yomiuri, yang juga menuntut kompensasi untuk pendapatan iklan yang hilang.

    Respons Perplexity

    Menanggapi permintaan komentar via email, Perplexity menyatakan, “Kami sangat menyesal atas kesalahpahaman ini di Jepang. Kami sedang berupaya memahami klaim tersebut. Perplexity berkomitmen memastikan penerbit dan jurnalis mendapat manfaat dari model bisnis baru di era AI,” tulis mereka.

    Ini bukan gugatan pertama terhadap Perplexity. Pada Oktober 2024, Dow Jones dan satu perusahaan lain juga menggugat Perplexity di pengadilan federal New York terkait pelanggaran hak cipta. Perplexity menolak tuduhan itu dan menegaskan bahwa fungsi pencariannya berbasis fakta publik yang tidak dilindungi hukum hak cipta.

    Yomiuri juga memperingatkan, membiarkan perusahaan “menumpang gratis” pada hasil liputan media dapat mengancam keberlanjutan jurnalisme berbasis riset dan meruntuhkan fondasi demokrasi. Mereka berharap gugatan ini memicu diskusi soal aturan penggunaan AI generatif yang semakin meluas.

    (wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Menderita tapi Tak Boleh PHK

    Menderita tapi Tak Boleh PHK

    Jakarta

    Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengingatkan sejumlah produsen otomotif agar tak melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK di Indonesia. Meski tujuannya baik, namun permintaan itu terdengar cukup berat untuk sejumlah pabrikan.

    Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, situasi pasar otomotif di Tanah Air memang kurang baik. Bahkan, produsen harus menderita karena penjualan yang tak kunjung pulih. Meski demikian, dia dan produsen tetap mengupayakan permintaan Kemenperin.

    “Kami sedang mengusahakan hal tersebut, berkali-kali Menperin mengimbau kami agar tak terjadi pemutusan hubungan kerja. Meskipun kami agak menderita dengan penjualan yang menurun ini,” ujar Yohannes Nangoi saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang.

    Pabrik mobil di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Gaikindo telah menjalin komunikasi dengan sejumlah produsen, terutama dari Jepang. Menurutnya, mereka berusaha agar tak ada PHK di tengah situasi pasar yang tak menentu. Namun, sebagai langkah awal, pabrikan untuk sementara tak menambah karyawan kontrak.

    “Kami berusaha, yang kami lakukan adalah kami tidak menambah karyawan kontrak sementara. Kami hentikan dulu dan bertahan,” ungkapnya.

    Sebagai catatan, penjualan mobil baru selama semester I 2025 masih lesu dan mengalami penurunan dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

    Gaikindo mencatat retail atau penjualan langsung ke konsumen pada Januari-Juni 2025 berjumlah 390.467 unit, lebih sedikit 9,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun kemarin.

    Sementara wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer mengalami penyusutan 8,6 persen menjadi 374.740 unit, dari sebelumnya mencapai 410.020 unit.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (Foto: Rifkianto Nugroho)

    Diberitakan sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang meminta tiga produsen otomotif asal Jepang, yakni Toyota, Suzuki dan Daihatsu agar tidak menaikkan harga jual kendaraan dan tidak melakukan PHK terhadap tenaga kerja di Indonesia. Hal itu disampaikan Menperin saat berada di World Expo 2025, Osaka, Jepang.

    Menperin menyampaikan keprihatinan atas potensi gejolak di sektor otomotif nasional jika terjadi lonjakan harga kendaraan atau pengurangan tenaga kerja.

    “Maka itu, saya secara khusus meminta agar tidak ada kenaikan harga mobil dan tidak ada PHK di Indonesia. Ini penting demi menjaga daya beli masyarakat dan menjaga lapangan kerja di sektor otomotif, yang merupakan salah satu penopang industri nasional,” kata Agus.

    (sfn/din)

  • Jawab tantangan global, kopi Indonesia siap rebut kembali pasar Jepang

    Jawab tantangan global, kopi Indonesia siap rebut kembali pasar Jepang

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Jawab tantangan global, kopi Indonesia siap rebut kembali pasar Jepang
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 01 Agustus 2025 – 22:23 WIB

    Elshinta.com – Pasar kopi Jepang tengah memasuki momentum baru yang terbuka bagi produk bernilai tinggi, konsisten dan berkelanjutan. Indonesia, sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, memiliki peluang besar untuk kembali menempatkan diri sebagai pemain kunci dalam rantai pasok global, terutama di Jepang yang memiliki sejarah panjang hubungan dengan kopi Indonesia.

    Sebagai bagian dari inisiatif strategisnya, Yayasan Pendidikan Pengembangan Perkopian Indonesia (KAPPI) secara aktif menggagas dialog lintas negara untuk membangun kembali kekuatan kopi Indonesia di pasar ekspor. Salah satu langkah konkret diwujudkan dalam penyelenggaraan forum internasional bertajuk “Global Coffee Market Insight 2025 : From Indonesia to Japan, for the World” di Paviliun Indonesia, World Expo Osaka. 

    Forum ini menjadi titik temu penting antara pakar global, pelaku industri dan pemangku kebijakan dalam meninjau ulang posisi kopi Indonesia dalam lanskap perdagangan dunia yang kian kompetitif dan penuh disrupsi. Salah satu pembicara utama dalam forum ini adalah Judith Ganes, analis komoditas ternama asal New York yang telah lebih dari dua dekade memimpin J. Ganes Consulting. 

    Ia dikenal luas sebagai sumber rujukan terpercaya bagi perusahaan-perusahaan besar, lembaga keuangan dan pengambil kebijakan di industri kopi global. Kehadirannya dalam forum ini memberikan bobot strategis, terutama karena ia menyajikan analisis langsung dari lapangan setelah mengunjungi beberapa kebun kopi Indonesia.

    “Kunjungan saya ke perkebunan di Sekincau, Lampung dan Warnasari, Jawa Barat, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi luar biasa bukan hanya dari sisi varietas dan kualitas, tetapi juga karena keterlibatan komunitas yang kuat dan kehadiran generasi muda petani yang menjanjikan,” ungkap Ganes pada Jumat (1/8). Ia menekankan bahwa ditengah gejolak harga dan tekanan global, negara produsen yang mampu menghadirkan kualitas, cerita dan keberlanjutan akan tetap relevan di pasar dunia.

    Menurutnya, Indonesia sedang membangun fondasi yang tepat untuk itu. Forum ini melanjutkan semangat dari forum sebelumnya yang juga diselenggarakan KAPPI di lokasi yang sama, bertajuk “Comeback with Confidence – Reviving the Glory of Indonesian Coffee in Japan”. Forum tersebut berfokus pada pemulihan hubungan dagang dengan Jepang pasca pengetatan regulasi Maximum Residue Limit (MRL) yang sempat menghambat ekspor kopi Indonesia. 

    Dalam forum tersebut, para eksportir dan pemangku kepentingan dari Jepang dan Indonesia membahas solusi nyata, mulai dari edukasi petani hingga sistem ketelusuran yang lebih transparan. Yayasan KAPPI, melalui dua forum ini, menegaskan pendekatannya yang berorientasi pada edukasi, regenerasi petani, peningkatan kualitas dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan. 

    Strategi ini diyakini dapat menjawab tantangan sistemik dan sekaligus membuka kembali peluang pasar ekspor bernilai tinggi.

    Masataka Nakano, dari Key Coffee Inc., menyampaikan bahwa konsumen Jepang sangat sensitif terhadap stabilitas rasa dan mutu. Menurutnya, kopi Indonesia yang mampu menjaga konsistensi kualitas akan mendapat tempat khusus di pasar Jepang. 

    Pernyataan ini juga mencerminkan komitmen Key Coffee yang telah menjalin hubungan jangka panjang dengan Indonesia melalui PT. Toarco Jaya sejak tahun 1976 di Toraja.

    Dari sisi diplomatik, Dody S. Sembodo Kusumonegoro, Minister Counsellor KJRI Osaka, menekankan bahwa kopi telah menjadi medium penting dalam diplomasi budaya Indonesia. “Hubungan Indonesia-Jepang dalam kopi adalah kisah panjang yang menyatukan budaya, rasa dan nilai. Lewat forum ini, kita membuka kembali dialog strategis yang akan menguatkan posisi kopi Indonesia di hati masyarakat Jepang,” ujarnya.

    Ketua Kompartemen Kopi Spesialti AEKI, Moelyono Soesilo, menjelaskan bahwa tantangan seperti MRL telah menjadi pemicu perbaikan sistemik. Langkah-langkah nyata yang telah dijalankan mencakup pelatihan petani tentang penggunaan pestisida yang aman, penguatan uji laboratorium serta penerapan sistem tumpang sari. 

    Semua ini diarahkan untuk memastikan kopi Indonesia memenuhi persyaratan negara-negara tujuan ekspor. Roby Wibisono, perwakilan resmi KAPPI, menambahkan bahwa visi besar organisasi ini adalah membentuk komunitas kopi Indonesia yang berpengetahuan dan berdaya. 

    “Kami percaya bahwa masa depan kopi Indonesia bergantung pada generasi baru petani dan profesional kopi yang tumbuh bersama dari kebun hingga kafe, dari produsen hingga konsumen. Dengan riset, pelatihan dan penguatan standar mutu, kita tidak hanya membentuk masa depan kopi Indonesia, tapi mendefinisikannya untuk dunia,” tandas Roby.

    Dengan dukungan dari pelaku industri Jepang seperti UCC Japan dan Key Coffee serta kolaborasi antara pemerintah, asosiasi dan komunitas kopi lokal, Indonesia tengah membangun kembali jalur ekspor yang lebih tangguh dan berkelanjutan. Tidak hanya untuk menjawab tantangan hari ini, tetapi juga untuk memastikan bahwa kopi Indonesia tetap menjadi pilihan utama di masa depan.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Surveyor Indonesia Incar Posisi Top 20 Global TIC Player

    Surveyor Indonesia Incar Posisi Top 20 Global TIC Player

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Surveyor Indonesia (PTSI) mempertegas komitmennya untuk menjadi bagian dari Top 20 Global TIC Player, dengan terus memperkuat posisinya di pasar global sebagai perusahaan jasa Testing, Inspection, and Certification (TIC) terkemuka.

    Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna mengatakan bahwa selama 34 tahun usianya, PTSI telah meluncurkan berbagai inisiatif digital dan kolaborasi global.

    Melalui strategi transformasi digital, kemitraan internasional, serta penguatan inovasi dan sumber daya manusia, imbuhnya, Surveyor Indonesia optimistis bisa mengambil posisi dalam Top 20 Global TIC Player.

    “Digitalisasi dan kolaborasi global adalah kunci kami untuk memperkuat posisi di pasar internasional. Kami percaya, penguatan kompetensi internal dan kepercayaan dari pemangku kepentingan menjadi modal utama untuk terus tumbuh,” kata Sandry, dikutip Kamis (31/7/2025).

    Dalam hal inisiatif digital, Sandry menjelaskan bahwa Surveyor Indonesia telah meluncurkan Virtual Assistant AI yang menguasai tiga bahasa. Selain itu, juga ada SoluSI, sebuah platform pintar yang berfungsi sebagai pusat informasi untuk mendukung pemasaran dan memudahkan calon klien menemukan layanan yang sesuai.

    Sementara itu dalam misi ekspansi global, Sandry mengatakan bahwa PTSI telah menjalin kemitraan strategis dengan berbagai pihak internasional seperti Dimitra Technology (agrikultur digital), Indonesia China Economic Cooperation Chamber, dan Changzhou Architecture Science Research Institute Group.

    “PTSI juga tengah memperluas jangkauan ke kawasan Jepang, Uni Eropa, dan ASEAN, termasuk melalui rencana pendirian kantor perwakilan luar negeri,” tuturnya.

    Tak hanya melalui kolaborasi, kehadiran aktif PTSI di forum internasional menjadi bagian dari positioning global. Baru-baru ini, PTSI tampil sebagai pembicara di EXPO Osaka 2025 yang membahas sertifikasi ISPO dan SI-ISPO, serta berpartisipasi dalam diskusi seputar pemenuhan regulasi EUDR. PTSI juga meraih penghargaan Innovative Industrial Service di Shanghai.

    “Selama 34 tahun, kami terus hadir tidak hanya sebagai penyedia jasa, tapi sebagai Guardian of Assurance. Ke depan, kami ingin terus menjadi jembatan antara kepentingan nasional dan standar global,” ujarnya.

    Sebagai gambaran, di tingkat nasional PTSI menjadi mitra strategis pemerintah untuk berbagai program prioritas, mulai dari verifikasi dapur sehat untuk makan bergizi gratis, penguatan ekosistem halal bersama BPJPH, hingga perlindungan komoditas strategis bersama Kemenko Perekonomian.

  • Kemenlu Pastikan Tidak Ada WNI yang Terdampak Gempa di Rusia
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        30 Juli 2025

    Kemenlu Pastikan Tidak Ada WNI yang Terdampak Gempa di Rusia Nasional 30 Juli 2025

    Kemenlu Pastikan Tidak Ada WNI yang Terdampak Gempa di Rusia
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri RI,
    Judha Nugraha
    , memastikan tidak ada WNI yang terdampak gempa di di Kamchatka, Federal Timur Jauh Rusia, Rabu (30/7/2025).
    Dia mengatakan, saat ini tercatat ada 53 WNI yang menetap di Federal Timur Jauh. 
    “KBRI Moskow mencatat terdapat 53 WNI yang menetap di Federal Timur Jauh. Berdasarkan komunikasi KBRI Moskow dengan para WNI, hingga saat ini tidak ada WNI yang terdampak gempa tersebut,” kata Judha dalam keterangannya, Rabu.
    Selain memastikan 53 WNI yang menetap di tempat itu, Kemenlu RI juga sedang berkoordinasi intensif dengan KBRI Tokyo, KJRI Osaka, dan KJRI Los Angeles.
    “Perwakilan RI sedang berkoordinasi dengan otoritas setempat dan menjalin komunikasi dengan para WNI di wilayah terdampak untuk mengetahui dampak gempa terhadap keselamatan WNI,” katanya.
    Judha mengimbau agar para WNI yang areanya terdampak tsunami bisa meningkatkan kewaspadaan, khususnya berkaitan dengan gempa susulan.
    Sebagai informasi, Rusia diterjang tsunami hingga 4 meter setelah gempa bumi berkekuatan magnitudo 8,7 mengguncang lepas pantai Semenanjung Kamchatka pada Rabu (30/7/2025).
    Gempa ini menyebabkan kerusakan besar pada bangunan, terutama di kawasan pesisir, dan memicu peringatan evakuasi di wilayah Kamchatka serta beberapa pantai di Jepang.
    “Gempa bumi hari ini sangat serius dan terkuat dalam beberapa dekade terakhir,” kata Gubernur Kamchatka, Vladimir Solodov, dalam video yang diunggah melalui aplikasi pesan Telegram, seperti yang dilansir dari Reuters.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.