kab/kota: New York

  • Terkuak Alasan Sebenarnya Trump Buka Perang Baru di Venezuela: Minyak!

    Terkuak Alasan Sebenarnya Trump Buka Perang Baru di Venezuela: Minyak!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ketegangan antara Amerika Serikat dan Venezuela kembali meningkat setelah laporan The New York Times pada Selasa (4/11/2025) mengungkap bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan rencana serangan militer terhadap sasaran strategis, termasuk instalasi militer, dan merebut ladang minyak negara tersebut.

    Langkah itu disebut sebagai bagian dari kampanye Trump melawan jaringan perdagangan narkoba yang diduga dikendalikan oleh pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

    Meski belum ada keputusan final dari Gedung Putih, laporan itu menyebut Trump telah memerintahkan Departemen Kehakiman untuk menyiapkan justifikasi hukum bagi kemungkinan serangan tersebut, langkah yang dapat menghindari kebutuhan akan otorisasi dari Kongres atau deklarasi perang resmi.

    “Presiden Trump telah menyampaikan dengan jelas pesannya kepada Presiden [Venezuela] Nicolas Maduro: hentikan pengiriman narkoba dan penjahat ke negara kami,” kata Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih, Anna Kelly, kepada Newsweek.

    “Presiden menegaskan akan terus menyerang para narkoteroris yang menyelundupkan narkotika ilegal. Hal di luar itu hanyalah spekulasi dan harus diperlakukan seperti itu.”

    Menurut sejumlah pejabat AS yang dikutip oleh The New York Times, The Wall Street Journal, dan Miami Herald, Washington telah mengidentifikasi sejumlah sasaran utama di dalam Venezuela yang terkait dengan jaringan narkotika yang disebut-sebut berada di bawah kendali pemerintahan Maduro.

    Rencana yang sedang dibahas mencakup serangan udara terhadap pelabuhan, lapangan udara, dan fasilitas militer yang berperan penting dalam operasi penyelundupan.

    Selain itu, pemerintahan Trump juga dilaporkan mempertimbangkan untuk merebut ladang minyak Venezuela, aset vital yang menopang ekonomi negara itu.

    The Times melaporkan bahwa Trump sebelumnya menolak tawaran Maduro untuk memberikan konsesi minyak kepada perusahaan-perusahaan Amerika, sementara raksasa energi AS, Chevron, masih menunggu arahan kebijakan terbaru dari Washington terkait operasi mereka di Venezuela.

    Para pengkritik, termasuk pejabat dan tokoh oposisi Venezuela, menuduh langkah ini hanyalah dalih bagi AS untuk menguasai sumber daya energi negara tersebut.

    Adapun laporan itu muncul di tengah meningkatnya operasi militer AS di perairan Karibia. Washington telah melancarkan serangan terhadap kapal-kapal yang diduga mengangkut narkoba dari Venezuela, tindakan yang memicu kekhawatiran di dalam negeri AS.

    Sejumlah anggota Kongres, baik dari Partai Republik maupun Demokrat, mempertanyakan legalitas serangan tersebut.

    Sementara itu, Trump secara terbuka mengatakan bahwa semua opsi, termasuk opsi militer, “tetap berada di atas meja”. Namun, pekan lalu, ia membantah kabar bahwa dirinya telah memutuskan untuk melancarkan serangan ke wilayah Venezuela.

    Ketika ditanya langsung oleh wartawan apakah serangan itu akan dilakukan, Trump hanya menjawab singkat: “Tidak,” tanpa penjelasan lebih lanjut.

    Meski demikian, Trump mengakui tekanan terhadap Caracas makin meningkat. “Venezuela sedang merasakan panasnya tekanan,” ujarnya, sambil menolak berkomentar apakah CIA telah diberi kewenangan untuk melakukan operasi rahasia.

    Di sisi lain, Maduro menuduh Washington tengah mempersiapkan perang baru di kawasan itu. Dalam wawancara dengan media pemerintah pada akhir Oktober, ia menuding AS “menciptakan perang abadi yang baru” setelah Trump mengerahkan kapal induk terbesar AS, USS Gerald R. Ford, ke Laut Karibia.

    Menurut pejabat setempat, AS telah menempatkan delapan kapal perang Angkatan Laut, satu kapal selam bertenaga nuklir, serta sekitar 6.000 pelaut dan marinir di kawasan tersebut.

    Rusia, sekutu dekat Venezuela, mengecam keras langkah AS itu. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menyatakan bahwa Moskow “mengecam keras penggunaan kekuatan militer yang berlebihan” oleh Amerika Serikat di Karibia.

    Ia menegaskan bahwa Rusia “sepenuhnya mendukung pemerintah Venezuela dalam upayanya mempertahankan kedaulatan nasional dan menjaga kawasan ini tetap menjadi ‘zona damai’.”

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dick Cheney, Wapres AS Era George W Bush Meninggal Dunia

    Dick Cheney, Wapres AS Era George W Bush Meninggal Dunia

    Jakarta

    Wakil Presiden (Wapres) ke-46 Amerika Serikat (AS) Dick Cheney meninggal dunia. Wapres era Presiden George W Bush itu meninggal dunia di usia 84 tahun.

    Dilansir kantor berita AFP, Selasa (4/11/2025), kabar meninggalnya Cheney diungkapkan keluarga kepada media AS. Keluarga menyampaikan mantan anggota kongres dan menteri pertahanan itu meninggal karena komplikasi pneumonia serta penyakit jantung dan pembuluh darah.

    “Selama puluhan tahun, Dick Cheney mengabdi kepada negara kita, termasuk sebagai Kepala Staf Gedung Putih, Anggota Kongres Wyoming, Menteri Pertahanan, dan Wakil Presiden Amerika Serikat,” tambahnya.

    Cheney adalah wakil presiden ke-46, menjabat era Presiden George W. Bush selama dua periode antara tahun 2001 dan 2009. Cheney dianggap sebagai salah satu wakil presiden paling berkuasa dalam sejarah AS, seorang tokoh Machiavellian yang memiliki pengaruh besar di balik layar.

    Lahir di Lincoln, Nebraska, pada tanggal 30 Januari 1941, Cheney tumbuh besar di negara bagian Wyoming bagian barat yang jarang penduduknya. Ia kuliah di Universitas Yale tetapi keluar dari sekolah bergengsi di Pantai Timur itu dan akhirnya memperoleh gelar dalam ilmu politik di Universitas Wyoming di kampung halamannya.

    Sebagai pendukung setia Partai Republik, Cheney terjun ke dunia politik pada tahun 1978, memenangkan kursi Wyoming di DPR dan mempertahankannya selama dekade berikutnya.

    Sebagai wakil presiden, Cheney membawa ideologi neo-konservatifnya ke Gedung Putih dan memainkan peran yang lebih besar dalam membuat keputusan kebijakan utama daripada kebanyakan pendahulunya dalam jabatan tersebut.

    Cheney secara luas dipandang sebagai salah satu kekuatan pendorong di balik keputusan untuk menginvasi Irak setelah serangan 11 September 2001 oleh Al-Qaeda di New York dan Washington.

    (whn/azh)

  • KAPLL meluncurkan Program Praktik Investasi di Indonesia, mendorong kolaborasi kepatuhan regional sekaligus memperdalam strategi ekspansi global.

    KAPLL meluncurkan Program Praktik Investasi di Indonesia, mendorong kolaborasi kepatuhan regional sekaligus memperdalam strategi ekspansi global.

    Platform trading profesional KAPLL, yang berada di bawah Kroll Advisory Private Limited, baru-baru ini mengumumkan peluncuran Program Praktik Investasi di Indonesia, sekaligus meluncurkan gelombang kedua program pelatihan, untuk membangun sistem perdagangan internasional dengan keamanan dana dan pengawasan berlapis yang berjalan secara paralel.

    Kroll, yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat, merupakan perusahaan konsultan manajemen risiko dan penilaian terkemuka di dunia. Di India, Kroll memegang lisensi (Category I Merchant) Banker dari SEBI. Platform perdagangannya, KAPLL, beroperasi sesuai dengan kerangka kepatuhan yang diakui secara internasional, dan dalam jangka panjang telah menyediakan layanan profesional bagi investor institusional dan individu di Amerika Serikat, Eropa, serta Asia.

    Program Praktik Investasi Indonesia ini akan secara bersamaan menyesuaikan diri dengan prinsip pengawasan OJK dan Bappebti, membangun sistem kepatuhan yang menggabungkan standar internasional dengan regulasi lokal sebagai fondasinya. Seluruh penyelesaian dana investor Indonesia di platform akan dilakukan melalui saluran perbankan yang berada di bawah pengawasan OJK, sementara sebagian kategori transaksi akan mengikuti ketentuan Bappebti mengenai perdagangan komoditas dan derivatif, sehingga tercipta integrasi organik antara kepatuhan lintas batas dan pengawasan domestik.

    Arsitektur kustodian bertingkat dan mekanisme pemisahan dana berlapis: Dana setoran dan penarikan investor disimpan secara terpisah di rekening bank kustodian yang disetujui oleh OJK, dan seluruh prosesnya diverifikasi secara waktu nyata melalui sistem enkripsi dan verifikasi transaksi. Pergerakan dana diawasi secara menyeluruh dan dilindungi oleh dua lapis sistem pemantauan dan audit.

    Sistem perlindungan pengawasan berlapis:

    Perusahaan induk platform ini telah lama berada di bawah pengawasan internasional SEC dan FINRA, sementara di wilayah Indonesia, operasinya dijalankan sesuai dengan instruksi perbankan yang diawasi oleh OJK serta kerangka kepatuhan Bappebti. Struktur pengawasan vertikal ini secara signifikan meningkatkan tingkat kepercayaan dalam investasi dan penyelesaian transaksi.

    Gelombang kedua program praktik investasi berfokus pada penerapan mendalam eksekusi perdagangan dan pemodelan risiko, dengan materi yang dikembangkan secara kolaboratif oleh tim riset KAPLL dan para pakar regional.Program ini mencakup: Praktik strategi alokasi aset multidimensi, Pelatihan pengendalian risiko kuantitatif dan manajemen dana, Studi perilaku investasi internasional serta mekanisme operasional institusional, sehingga para investor dapat memiliki struktur yang dapat diverifikasi mulai dari pemahaman rasional hingga pelaksanaan strategi investasi.

    Sebagai platform perdagangan berskala global, peluncuran program KAPLL kali ini bukan hanya merupakan pencapaian tahap penting dalam strategi ganda antara edukasi dan kepatuhan, tapi juga menandai lompatan krusial dalam strategi ekspansi global, di mana platform berhasil beralih dari pembangunan kelembagaan menuju pembentukan ekosistem kepercayaan.

  • Trump Ancam Potong Anggaran ke New York Jika Cawalkot Muslim Menang

    Trump Ancam Potong Anggaran ke New York Jika Cawalkot Muslim Menang

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan membatasi dana federal untuk Kota New York jika kandidat dari Partai Demokrat, Zohran Mamdani, menang dalam pemilihan wali kota. Trump juga menyerukan dukungan kepada rival Mamdani, Andrew Cuomo.

    “Sangat kecil kemungkinan saya akan menyumbang dana federal, selain dari jumlah minimum yang diwajibkan,” ujar Trump ketika bicara mengenai ‘jika Mamdani memenangkan pemilihan’ di media sosialnya sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (4/11/2025).

    Pilwalkot New York akan digelar hari ini, Selasa (4/11) waktu setempat. Untuk diketahui, saat ini jejak pendapat menunjukkan Mamdani unggul atas Cuomo, calon yang dijagokan Trump. Mamdani merupakan seorang muslim.

    Mamdani adalah calon dari Partai Demokrat dan Partai Republik Curtis Sliwa. Trump mengatakan bahwa memilih Silwa hanya akan menguntungkan Mamdani, dan mendesak para pendukungnya untuk memilih Cuomo.

    “Entah Anda secara pribadi menyukai Andrew Cuomo atau tidak, Anda benar-benar tidak punya pilihan. Anda harus memilihnya, dan berharap dia melakukan pekerjaan yang fantastis,” tulis Trump.

    Dia mengejutkan pengamat politik pada tanggal 24 Juni dengan kemenangan meyakinkan dalam pemilihan pendahuluan. Dalam pencalonan ini, Mamdani menjanjikan kenaikan pajak bagi orang-orang terkaya di New York, kenaikan tarif pajak perusahaan, pembekuan tarif sewa apartemen stabil, dan peningkatan subsidi perumahan publik.

    Majunya Mamdani dinilai menghadirkan risiko sekaligus keuntungan bagi Partai Demokrat secara nasional yang mengakui perlunya menarik pemilih muda. Tetapi, Demokrat dinilai tetap waspada terhadap serangan Partai Republik atas kritik Mamdani terhadap pendudukan Israel atas wilayah Palestina dan sosialisme Demokratnya yang telah mengkhawatirkan komunitas keuangan New York.

    Lihat juga Video: Trump Berencana Potong Anggaran NASA, Sejumlah Misi Terancam Batal

    (zap/haf)

  • Ternyata Ini yang Bikin Orang Jepang Bisa Berumur Sampai 100 Tahun

    Ternyata Ini yang Bikin Orang Jepang Bisa Berumur Sampai 100 Tahun

    Jakarta

    Selama berabad-abad, orang-orang mencari tahu apa yang membuat orang Jepang begitu sehat. Ada yang mengaitkannya dengan makanan, gaya hidup, hingga komunitas mereka.

    Namun, tak ada yang bisa memastikan apa yang membantu banyak orang di Jepang hidup lebih dari 100 tahun. Dikutip dari laman Times of India, kemungknan karena konsep hidup mereka, bagaiman cara mereka bergerak, makan, beristiahat, dan menemukan tujuan hidup.

    Di Jepang, konsep ikigai, alasan untuk bangun setiap pagi bukanlah slogan atau kiat produktivitas. Mereka melakukannya dalam menjalani hidup, bahkan di usia 100 tahun.

    Negara ini kini hampir memiliki 100.000 centenarian, terbanyak di dunia, dan lebih banyak per kapita dibandingkan negara lain. Ada pola yang sama dari lima orang di antara orang Jepang dengan usia 100 tahun, mereka mencintai pekerjan mereka dan tidak pernah berhenti melakukanya.

    1. Seiichi Ishi

    Di Jepang pekerjaam bukanlah bagian hidup, tapi alasan untuk hidup. Seichii Ishii berkelana ke sebuah bengkel saat berusia 12 tahun dan jatuh cinta pada baju terusan biru tua yang dikenakan para pekerja.

    Lebih dari 90 tahun kemudian, di usia 103 tahun, dia masih mengelola bngkelnya sendiri.

    “Jika saya meninggal di sini, di bengkel saya, saya akan bahagia,” katanya kepada New York Times.

    “Saya seorang pekerja dan itu tidak berubah seiring bertambahnya usia,” tambahnya.

    Pekerjaan sederhanaya di bengkel seperti membeinya tujuan. Secara ilmiah, hal tersebut membuatnya terus bergerak, rutinitasnya membantunya menjalani hidup sehat tanpa harus bersusah payah.

    2. Fuku Amakawa

    Fuku yang berusia 102 tahun. masih mengelola restoran yang dia buka bersama kakeknya enam dekade lalu.

    “Sungguh luar biasa saya masih bisa bekerja. Secara fisik dan emosional, hal itu mengubah kualitas hidup saya,” tambahnya.

    Meski kini anak-anaknya membatu, tempat itu menjadi pengingat bagi Fuku akan tahun-tahun yang telah berlalu. Dia telah menghabiskan lebih dari setengah abad di restoran tersebut. Mulai dari memasak, menyajikan, dan membangun sesuatu yang mebawa warisannya yang dibentuk oleh darah, keringat, dan air mata selama bertahun-tahun.

    3. Masafumi Matsuo

    Seorang petani berusia 101 tahun , Masafumi Matsuo tinggal di perbukitan Kyushu yang tenang. Dia mengurus ladangnya, memasak nasi untuk kuil mendiang istrinya setiap pagi, dan bermain dengan cicitnya di akhir pekan.

    “Saya bermimpi menjadi aktor, tapi bertanilah yang membuat saya tetap hidup,” ujarnya kepada New York Times.

    “Saya bekerja untuk tetap sehat,” katanya.

    4. Tomoko Horino

    Di usianya ke 102 tahun, Tomoko Horino masih berjuala kosmetik dari rumahnya. Suaranya terdengar sangat ceria saat menghubungi klien.

    “Saya senang membuat orang merasa cantik,” ujarnya.

    “Itulah bagian terpenting dan membahagiakan dari semua ini,” tambahnya.

    Banyak kliennya yang sudah meninggal dunia. Tapi kini dia terkadang menerima telepon untuk meminta tips kecantikan.

    5. Tomeyo Ono

    Bagi Tomeyo Ono, peranya sebagai penceria minwa, cerita rakyat Jepang, berasal dari tempat yang sangat pribadi. Berusia 101 tahun, dia adalah anggota dari sebuah komunitas pendongeng.

    Setelah tsunami di tahun 2011 menyapu rumahnya di Fukushima, dia bertekad untuk memasukkan kisah para penyintas ke dalam karyanya.

    “Saya hidup untuk menceritakan kisah-kisah saya,” katanya sambil meneteskan air mata.

    Para centenarian Jepang menunjukkan bahwa kepuasan tidak dtemukan dalam pelarian, tapi keterlibatan. Mereka terus bergerak, berkarya, terhubung, dan menemuka makna dalam keseharian. Bukan berarti mereka menolak penuaan, tapi mereka menjalaninya dengan penuh niat. Masa muda memang memudar, namun tujuan hidup yang dipupuk setiap hari bisa bertahan lama.

    Halaman 2 dari 3

    (elk/kna)

  • Banjir dan Macet Terus Landa Jakarta, Ahli Terowongan Bilang Begini

    Banjir dan Macet Terus Landa Jakarta, Ahli Terowongan Bilang Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pembangunan MRT Jakarta menjadi tonggak awal lahirnya era konstruksi bawah tanah di Indonesia. Dari proyek ini, konsep infrastruktur yang sebelumnya hanya akrab di kota besar dunia seperti Beijing, Bangkok, dan London mulai hadir di Tanah Air.

    Kini proyek konstruksi bawah tanah kian bergeliat dengan adanya proyek bawah tanah lain. Setelah MRT Jakarta, juga mulai ada rencana pembangunan immersed tunnel yang akan melintas bawah tanah di bawah perairan lindung di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

    Tantangan besar sektor ini datang dari kondisi geoteknik yang bervariasi di setiap wilayah Indonesia. Karena itu, kolaborasi lintas negara dan transfer teknologi menjadi langkah penting untuk memperkuat kapasitas teknis dalam negeri.

    “Kami membuka ruang kolaborasi dengan insinyur mancanegara agar terjadi pertukaran ilmu dan pengalaman,” kata Weni Maulina, Ketua Masyarakat Terowongan dan Konstruksi Bawah Tanah Indonesia (MTKBTI) yang baru dibentuk, dalam keterangannya, Senin (3/11/2025).

    Weni yang juga Direktur Konstruksi MRT Jakarta menilai pembangunan infrastruktur bawah tanah membutuhkan sumber daya manusia dengan keahlian yang sangat spesifik dan berbeda dari bidang konstruksi pada umumnya.

    Untuk memperkuat program sertifikasi bagi tenaga konstruksi, hingga Oktober 2025, tercatat 30 profesional telah tersertifikasi sebagai Ahli Madya Perencanaan Terowongan Jalan dan 24 lainnya sebagai Insinyur Muda Perencanaan Terowongan Jalan.

    “Sertifikasi ini menjadi bukti kompetensi dan kesiapan tenaga kerja nasional menghadapi proyek-proyek berteknologi tinggi,” kata Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Boby Ali Azhari.

    Pembangunan infrastruktur bawah tanah akan menjadi fondasi penting bagi kota-kota besar di Indonesia. Namun, pada tahap awal pengembangannya tidak akan lepas dari tantangan sosial dan ekonomi.

    “Tantangannya adalah bagi orang-orang yang berada di tahap awal, ketika kota mereka mengalami gangguan dan melihat banyak uang dihabiskan untuk proyek bawah tanah, mereka belum bisa membayangkan masa depan yang akan dibawa oleh sistem itu,” ujar Past President The International Tunnelling and Underground Space Association (ITA-AITES) Arnold Dix.

    Karenanya mulai ada keluhan masyarakat terhadap proyek besar, hal ini juga terjadi pada awal pembangunan MRT Jakarta beberapa tahun lalu. Negara-negara seperti London, New York, Beijing, dan Bangkok pun pernah melalui fase serupa sebelum akhirnya menikmati sistem kota modern yang efisien. Indonesia memiliki peluang besar dalam menggarap sektor ini, terutama dalam mengatasi banjir dan kemacetan di wilayah perkotaan.

    “Kita melihat di Bangkok, mereka dulu punya masalah yang sama. Kini ketika hujan, kota tetap berjalan normal karena sistem bawah tanah mereka bekerja dengan baik. Indonesia berada di tahap awal, tapi potensinya luar biasa. Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, pelaku industri, dan akademisi, Indonesia bisa menjadi contoh sukses di kawasan Asia Tenggara” ujar Arnold.

    (hoi/hoi)

    [Gambas:Video CNBC]

  • RI Lepas Perdana Ekspor Udang Bersertifikat Bebas Cs-137 ke AS

    RI Lepas Perdana Ekspor Udang Bersertifikat Bebas Cs-137 ke AS

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepas ekspor perdana udang bersertifikat bebas Cesium 137 (Cs-137) ke Amerika Serikat (AS) di terminal kontainer Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (31/10/2025).

    Kepala Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (Badan Mutu KKP) Ishartini mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan skema sertifikasi bebas Cs-137 sesuai dengan standar Food and Drug Administration (FDA) AS dan Import Alert #99-52. Hal ini dilakukan untuk memastikan udang Indonesia aman dan berkualitas tinggi.

    “Hal ini untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan tentunya mendorong kegiatan ekspor udang yang sehat, bermutu serta aman dikonsumsi untuk keberterimaan di negara tujuan,” kata Ishartini dalam keterangan tertulis, dikutip pada Minggu (2/11/2025).

    Lebih lanjut, Ishartini menyatakan FDA AS telah menunjuk KKP sebagai Certifying Entity (CE) untuk udang Indonesia yang diekspor ke AS.

    Dalam hal ini, sambung dia, KKP bekerja sama dengan BAPETEN dan BRIN untuk melakukan scanning dan testing pada titik kritis rantai produksi udang, khususnya di wilayah Jawa dan Lampung, untuk memastikan udang yang diekspor ke AS bebas Cs-137.

    “Hari ini 31 Oktober 2025 adalah tanggal entry into effect aturan Import Alert 99-52 di AS dan juga merupakan ekspor perdana udang Indonesia bebas Cs-137. Kami ingin tunjukkan bahwa Indonesia memiliki sistem jaminan mutu level internasional,” imbuhnya.

    Ishartini menuturkan, ekspor perdana udang bebas Cs-137 ini terdiri dari dua pengiriman (shipment) dengan tujuan pelabuhan New York (NY) dan Los Angeles (LA). Nantinya, periode shipment berikutnya dijadwalkan pada 1 November dengan tujuan Miami dan Jacksonville.

    Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan komitmen KKP sebagai otoritas kompeten jaminan mutu produk perikanan dalam memberikan quality assurance di setiap rantai produksi perikanan, sehingga produk yang dihasilkan bermutu dan aman bagi konsumen.

    Dalam catatan Bisnis, Trenggono mengakui penghentian sementara ekspor udang ke AS berdampak pada kinerja ekspor udang Indonesia. Namun, dia optimistis situasi ini hanya bersifat sementara.

    “Ya itu dampaknya karena kemarin ditemukan ada paparan radioaktif di daerah Cikande sebetulnya, karena di situ kan ada pabrik peleburan baja ya dan itu ditemukan scrap yang berasal dari impor itu ada kandungan cesium,” kata Trenggono saat ditemui di sela-sela acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia 2025 di Menara Bank Mega, Jakarta, Selasa (28/10/2025).

    Dia menyatakan KKP tengah mempercepat langkah agar ekspor udang dapat segera dipulihkan, termasuk ke Negara Paman Sam. Dalam hal ini, proses sertifikasi keamanan radioaktif akan dipercepat saat peralatan laboratorium yang dibutuhkan tersedia lengkap.

    “Kalau peralatannya lengkap, semestinya cepat, apalagi itu dimiliki oleh UPI [Unit Pengolahan Ikan] sendiri. Mudah-mudahan November sudah bisa kirim lagi [ke AS],” tuturnya.

    Trenggono menambahkan, KKP juga telah ditunjuk sebagai otoritas resmi yang berwenang dalam memberikan sertifikasi keamanan radioaktif bagi produk seafood yang akan diekspor ke AS.

    Terlebih, sebelumnya sertifikasi khusus radioaktif belum diterapkan di sektor perikanan. Namun, setelah adanya temuan tersebut, ujar dia, KKP mulai membangun sistem pengujian dan sertifikasi agar produk udang dan seafood Indonesia tetap dipercaya oleh pasar global.

  • Asosiasi Masyarakat Terowongan dan Konstruksi Bawah Tanah Resmi Dibentuk

    Asosiasi Masyarakat Terowongan dan Konstruksi Bawah Tanah Resmi Dibentuk

    Bisnis.com, JAKARTA — Masyarakat Terowongan dan Konstruksi Bawah Tanah Indonesia (MTKBTI) mendorong sinergi antara industri dan regulator.

    MTKBTI telah resmi dibentuk dan menggelar acara inaugurusi pertama pada Sabtu (1/11/2025). Asosiasi ini lahir dari kebutuhan untuk menghadirkan ruang sinergi di tengah meningkatnya proyek-proyek pembangunan bawah tanah di Indonesia, seperti MRT Jakarta, Kereta Cepat Jakarta–Bandung, hingga rencana immersed tunnel menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

    Ketua MTKBTI Weni Maulina menjelaskan bahwa organisasi ini menjadi wadah bagi para pelaku industri konstruksi bawah tanah untuk saling berkolaborasi, bertukar pengetahuan, serta menjembatani komunikasi dengan regulator.

    “Kami ingin agar pelaku industri konstruksi bawah tanah tidak berjalan sendiri. Ini wadah bersama untuk berdiskusi, mencari solusi, dan berkomunikasi dengan regulator seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, maupun Kementerian ESDM,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (1/11/2025).

    Ke depan, asosiasi berkomitmen memperluas keanggotaan sekaligus mengembangkan program pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kapasitas para insinyur dan praktisi di bidang konstruksi bawah tanah.

    “Kami ingin melahirkan individu dan engineer yang lebih berkapasitas, kompeten, dan mampu berkontribusi bagi negara,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, Weni menyoroti berbagai tantangan teknis yang dihadapi industri konstruksi bawah tanah di Indonesia, terutama terkait kondisi geologi dan geoteknik yang bervariasi di setiap daerah.

    Menurutnya, peningkatan kemampuan sumber daya manusia dan transfer teknologi internasional menjadi kunci untuk memperkuat sektor ini.

    “Kami membuka ruang kolaborasi dengan insinyur mancanegara agar terjadi pertukaran ilmu dan pengalaman,” ujarnya.

    Meski dihadapkan pada tantangan finansial dan teknis, Weni optimistis potensi industri konstruksi bawah tanah di Indonesia sangat besar. Dalam jangka panjang, sektor ini akan memberikan manfaat besar bagi pembangunan nasional.

    Sementara itu, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Boby Ali Azhari mengatakan pengerjaan proyek terowongan bawah tanah masih menghadapi tantangan dari aspek teknis pekerjaan hingga kompetensi sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri.

    Dia mengatakan pembangunan infrastruktur bawah tanah membutuhkan keahlian yang sangat spesifik dan berbeda dari bidang teknik sipil umum. Karena itu, peningkatan kompetensi dan sertifikasi tenaga ahli menjadi prioritas utama pemerintah.

    “Kami membutuhkan insinyur dan tenaga ahli dengan spesialisasi tinggi. Kami telah menyiapkan program beasiswa magister spesialisasi di bidang struktur geologi dan terowongan untuk membangun generasi baru profesional terowongan,” jelasnya.

    Boby mengatakan pihaknya juga memperkuat program sertifikasi tenaga konstruksi.

    Hingga Oktober 2025, tercatat 30 profesional telah tersertifikasi sebagai Ahli Madya Perencanaan Terowongan Jalan, dan 24 lainnya sebagai Insinyur Muda Perencanaan Terowongan Jalan.

    “Sertifikasi ini menjadi bukti kompetensi dan kesiapan tenaga kerja nasional menghadapi proyek-proyek berteknologi tinggi,” tambahnya.

    Selain tenaga perorangan, Boby juga menekankan pentingnya sertifikasi bagi badan usaha jasa konstruksi. Tercatat hingga Oktober 2025, terdapat 34 perusahaan yang telah memperoleh Sertifikat Badan Usaha (SBU) untuk klasifikasi Konstruksi Terowongan (KIKI 104).

    Dalam kesempatan yang sama, Past President The International Tunnelling and Underground Space Association (ITA-AITES) 2022–2025 Arnold Dix mengungkapkan pembangunan infrastruktur bawah tanah dinilai akan menjadi tonggak penting bagi masa depan kota-kota besar di Indonesia. Namun, proses menuju ke sana tidak mudah.

    Pada tahap awal pembangunan, masyarakat biasanya sulit melihat manfaat langsung dari proyek infrastruktur bawah tanah.

    “Tantangannya adalah bagi orang-orang yang berada di tahap awal — ketika kota mereka mengalami gangguan dan melihat banyak uang dihabiskan untuk proyek bawah tanah — mereka belum bisa membayangkan masa depan yang akan dibawa oleh sistem itu,” ujarnya.

    Dia mengatakan kritik terhadap lamanya pengerjaan dan gangguan di lapangan adalah hal wajar. Namun, negara-negara yang kini menikmati kota modern seperti London, New York, Beijing, atau Bangkok, juga pernah melewati masa sulit serupa.

    “Jika saya bisa, saya ingin semua orang di Indonesia melihat kota-kota itu. Mereka dulu mengalami gangguan besar, tapi sekarang menikmati kehidupan kota yang efisien, aman, dan ramah lingkungan,” katanya.

    Dia menggarisbawahi kunci utama bagi Indonesia adalah kesabaran dan konsistensi dalam melanjutkan pembangunan. Sistem bawah tanah bukan hanya tentang transportasi, tetapi juga perlindungan lingkungan, efisiensi ekonomi, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

    Arnold menilai peluang Indonesia untuk berinovasi di sektor konstruksi bawah tanah sangat besar. Pihaknya mencontohkan tantangan banjir dan kemacetan di Jakarta yang dapat diatasi melalui pengembangan sistem transportasi dan drainase bawah tanah.

    “Kami melihat di Bangkok, mereka dulu punya masalah yang sama. Kini ketika hujan, kota tetap berjalan normal karena sistem bawah tanah mereka bekerja dengan baik,” jelasnya.

    Kendati demikian, dia menyoroti pentingnya dukungan regulasi dan pendekatan yang matang agar proyek-proyek bawah tanah dapat berjalan efektif.

    “Indonesia berada di tahap awal, tapi potensinya luar biasa. Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, pelaku industri, dan akademisi, Indonesia bisa menjadi contoh sukses di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya.

  • Benarkah Komet 3I/ATLAS Pesawat Alien? Ini Penjelasan NASA

    Benarkah Komet 3I/ATLAS Pesawat Alien? Ini Penjelasan NASA

    GELORA.CO –  Jagat maya internasional tengah dihebohkan dengan kabar komet 3I/ATLAS yang diduga bukan sekadar benda langit semata, namun kapal induk alien.

    National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat mengungkapkan komet ini pertama kali ditemukan oleh teleskop ATLAS (Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System) pada 1 Juli 2025.

    Arti nama komet 3I/ATLAS:

    ATLAS merupakan nama teleskop yang menangkap pergerakan komet tersebutHuruf “i” pada nama komet ini karena benda langit ini merupakan objek interstellar (antarbintang)Angka 3 karena komet ini menjadi objek antarbintang ketiga yang sejauh ini masuk ke tata surya kita (setelah 1I/Oumuamua pada 2017 dan 2I/Borisov pada 2019).

    Dikutip dari laman Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU), komet mengelilingi Matahari dalam orbit yang berbentuk lonjong, parabolis, dan hiperbolis. 

    Komet merupakan sisa-sisa dari pembentukan tata surya. Komet bisa dikatakan sebagai bola es kosmik yang tersusun dari gas, batuan, dan debu beku yang mengorbit Matahari. 

    Adapun sejak laporan pertama, ilmuwan terus melakukan penelitian terhadap komet 3I/ATLAS.

    Dari Mana Spekulasi Pesawat Alien Datang?

    Dilansir Al Jazeera, rumor komet 3I/ATLAS bisa jadi pesawat alien mulai menyebar setelah New York Post menerbitkan artikel pada 29 September dengan judul “Komet ‘raksasa’ yang melaju ke arah kita ternyata lebih besar dari perkiraan sebelumnya, bisa jadi teknologi alien, kata seorang ilmuwan: ‘Ini bisa mengubah segalanya bagi kita.’”

    Para pengguna X (sebelumnya Twitter) menyebarkan tangkapan layar artikel tersebut untuk mendukung klaim mereka.

    Salah satu akun bernama Steven Greenstreet menulis “Para ilmuwan mengatakan sebuah pesawat luar angkasa alien raksasa sedang melaju menuju Bumi. Mengapa tidak ada lebih banyak orang yang membicarakan ini?”

    Sementara itu, akun bernama Richard Roeper membagikan kekhawatirannya:

    “Sebuah komet raksasa dilaporkan melaju menuju Bumi dengan kecepatan 130.000 mil per jam! Apakah kita bisa menghentikannya? Aku diberitahu ada dua misi yang sedang disiapkan — satu melibatkan ‘Messiah Crew’ yang dipilih secara khusus, dan satu lagi menggunakan dua tim, yaitu Freedom Team dan Independence Team. Kita pasti bisa!”

    Spekulasi semakin meningkat, dengan beberapa akun menyebut bahwa objek tersebut bukan komet sama sekali, melainkan pesawat luar angkasa yang sedang menuju Bumi.

    Akun lain bernama Astronomy Vibes juga mengunggah dengan menyertakan foto ilustrasi ‘kapal induk alien’.

    “Meskipun sebagian besar ilmuwan sepakat bahwa ini kemungkinan besar hanyalah komet aneh, beberapa suara berani menyarankan bahwa ini mungkin sesuatu yang lebih — mungkin bahkan sebuah probe buatan dari peradaban lain.”

    Tidak Ancam Bumi dan Bukan Pesawat Alien

    Sejauh ini, klaim komet 3I/ATLAS adalah pesawat alien hanyalah spekulasi dan bukan merupakan pernyataan resmi.

    Termasuk beberapa gambar yang beredar bukanlah gambar yang dirilis NASA maupun teleskop Hubble.

    NASA menegaskan benda langit tersebut adalah komet dan tidak akan membahayakan bumi.

    “Meskipun lintasan objek ini membawanya ke bagian dalam tata surya, ia tidak akan mendekat ke Bumi.”

    “Saat komet 3I/ATLAS melintasi tata surya, jarak terdekatnya dari planet kita adalah sekitar 1,8 satuan astronomi (sekitar 170 juta mil atau 270 juta kilometer),” tulis NASA dalam pernyataannya.

    Hal senada juga disampaikan Badan Antariksa Eropa (ESA) yang mengonfirmasi komet tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi maupun planet lain.

    Dengan menjelaskan bahwa jarak terdekatnya lebih dari 2,5 kali jarak antara Bumi dan Matahari.

    Bisa Diamati Lagi pada Desember 2025

    Menurut NASA, komet itu akan mencapai titik terdekatnya dengan Matahari pada 30 Oktober 2025, dengan jarak sekitar 210 juta kilometer (130,5 juta mil) dari Matahari.

    Berdasarkan pengamatan Teleskop Antariksa Hubble, komet tersebut bergerak dengan kecepatan sekitar 210.000 kilometer per jam (130.500 mil per jam), yang merupakan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat untuk “pengunjung” dari luar tata surya kita.

    Komet ini akan muncul kembali di sisi lain Matahari pada awal Desember 2025, sehingga memungkinkan dilakukan pengamatan lanjutan, sebagaimana disampaikan NASA.

  • Shutdown Berlanjut, Bandara-bandara Besar AS Kekurangan Petugas ATC

    Shutdown Berlanjut, Bandara-bandara Besar AS Kekurangan Petugas ATC

    Jakarta

    Hampir 50 persen dari 30 bandara tersibuk di Amerika Serikat menghadapi kekurangan petugas pengatur lalu lintas udara (ATC). Hal ini mengakibatkan penundaan penerbangan di seluruh negeri, seiring penutupan (shutdown) pemerintah federal AS memasuki hari ke-31.

    Absennya para petugas ATC pada hari Jumat (31/10) waktu setempat sejauh ini, merupakan yang paling meluas sejak shutdown pemerintah AS dimulai. Salah satu wilayah yang paling terdampak adalah New York, di mana 80 persen pengatur lalu lintas udara sedang tidak bertugas, ungkap Badan Penerbangan Federal (FAA), dilansir Reuters dan Al Arabiya, Sabtu (1/11/2025).

    Setidaknya 35 fasilitas FAA, termasuk beberapa di bandara-bandara terbesar di AS, melaporkan masalah kepegawaian. Bandara-bandara yang terdampak termasuk fasilitas di New York, Austin, Newark, Phoenix, Washington, Nashville, Dallas, dan Denver. Di beberapa bandara, penundaan rata-rata mencapai satu jam atau lebih.

    Penutupan pemerintah federal ini telah memaksa 13.000 pengatur lalu lintas udara dan 50.000 petugas Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) bekerja tanpa gaji.

    “Setelah 31 hari tanpa gaji, para pengatur lalu lintas udara berada di bawah tekanan dan kelelahan yang luar biasa,” kata FAA, Jumat malam waktu setempat.

    “Penutupan ini harus diakhiri agar para pengatur lalu lintas udara ini menerima gaji yang mereka dan para penumpang dapat menghindari gangguan dan penundaan lebih lanjut,” tambahnya.

    Di Bandara LaGuardia, New York, 50 persen penerbangan ditunda dan 12 persen dibatalkan, dengan penundaan rata-rata 140 menit. Sementara Bandara Nasional Reagan di Washington, DC mengalami penundaan seperempat penerbangan.

    (ita/ita)