kab/kota: Manggarai

  • Coway Dukung Program KAI Sediakan Refill Air Minum di Stasiun Kereta – Halaman all

    Coway Dukung Program KAI Sediakan Refill Air Minum di Stasiun Kereta – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Coway Co. Ltd. turut mendukung perjalanan mudik yang lebih sehat dan berkelanjutan selama perayaan Idul Fitri 2025 di Indonesia.

    Coway bermitra dengan  PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan memasang 170 unit pemurni air di 41 stasiun kereta api, terutama di pulau Jawa dan Sumatera.

    “Program ini akan terus berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan air minum yang bersih, aman, dan bersertifikasi halal bagi jutaan penumpang,” tutur  Tony Cho, President Director Coway Indonesia, dalam keterangannya dikutip pada Selasa (29/4/2025).

    Coway merupakan perusahaan peralatan rumah tangga termasuk pemimpin teknologi pemurni air nomor satu dari Korea Selatan.

    Setiap unit Coway dilengkapi sistem filtrasi canggih yang mampu menyaring mikroplastik, sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

    “Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan penumpang, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup ramah lingkungan dengan mengurangi konsumsi botol plastik sekali pakai,” ujarnya.

    Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan KAI dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama musim mudik.

    Sejak 2023, refill station air minum gratis telah tersedia di area-area strategis, termasuk stasiun besar di wilayah Jabodetabek seperti Gambir, Tanah Abang, Manggarai, Sudirman, dan Bogor, serta kota-kota besar lainnya di pulau Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Kediri, Malang, Blitar, dan kota lainnya.

    Melalui inisiatif ini, Coway Indonesia ingin menjadi bagian dari gerakan kolektif menuju gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

    Kampanye ini bukan sekadar layanan publik, tetapi juga bentuk kepedulian Coway terhadap kualitas hidup masyarakat Indonesia.

    Di saat keluarga kembali berkumpul untuk merayakan Idul Fitri, Coway merasa terhormat dapat mendampingi perjalanan tersebut dengan komitmen pada inovasi dan keberlanjutan.

    Kemitraan dengan KAI menjadi cerminan dari ajakan kolektif untuk memulai kebiasaan yang lebih baik, bahkan di tengah kepadatan musim mudik 2025.

    “Kami percaya bahwa perubahan besar dimulai dari langkah kecil. Mengisi ulang tumbler selama perjalanan adalah contoh sederhana namun bermakna,” ujar Tony Cho.

    Momentum “Back to the Purest Way” menjadi simbol komitmen Coway Indonesia dalam mengajak masyarakat untuk membuat pilihan bijak setiap hari – demi kesehatan diri sendiri maupun kelestarian lingkungan.

    Sebagai bagian dari kampanye ini, Coway juga meluncurkan promosi digital di enam titik stasiun KAI, termasuk booth aktivasi di Stasiun Tanah Abang.

    Di mana Coway juga membagikan merchandise ramah lingkungan seperti botol minum dan pouch perjalanan, sembari mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi air minum yang aman dan berkelanjutan.

  • 6
                    
                        Lalu Lintas Kawasan Matraman Dialihkan Mulai Pekan Ini hingga Akhir Mei 2026, Ini Rutenya
                        Megapolitan

    6 Lalu Lintas Kawasan Matraman Dialihkan Mulai Pekan Ini hingga Akhir Mei 2026, Ini Rutenya Megapolitan

    Lalu Lintas Kawasan Matraman Dialihkan Mulai Pekan Ini hingga Akhir Mei 2026, Ini Rutenya
    Penulis
    JAKARTA, KOMPAS.com – 
    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, bersama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan
    Matraman
    , Jakarta Timur.
    Kebijakan ini diambil untuk mempercepat proses pembangunan proyek
    LRT Jakarta
    Fase 1B rute Velodrome–Manggarai.
    Direktur Proyek LRT Jakarta Fase 1B, Ramdani Akbar, menyebutkan bahwa kondisi lalu lintas di kawasan Matraman yang kerap padat, terutama pada pagi dan sore hari, menjadi perhatian serius.
    “Seiring dengan percepatan proyek tersebut, Jakpro bersama Dinas Perhubungan Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Matraman, Jakarta Timur,” ujar Ramdani, Jumat (25/4/2025).
    Rekayasa lalu lintas ini akan mulai diterapkan pada 27 April 2025 dan berlangsung hingga 31 Mei 2026.
    Tujuan dari pengalihan arus ini adalah untuk menjaga keselamatan pengendara sekaligus mendukung kelancaran pembangunan konstruksi.
    Saat ini, progres pembangunan LRT Fase 1B tercatat telah mencapai 51,34 persen. Namun, proyek ini tetap menghadapi tantangan teknis, termasuk kondisi cuaca yang tidak menentu.
    Rute Rekayasa Lalu Lintas
    Rekayasa lalu lintas akan dilakukan bertahap mengikuti jadwal pengerjaan konstruksi di sisi selatan Flyover
    Pramuka
    , Matraman, dengan pola contraflow memanfaatkan jalur Transjakarta. Berikut rinciannya:
    1. Simpang Jalan Matraman – Jalan
    Salemba
    – Jalan Pramuka
    2. Simpang Jalan
    Proklamasi
    – Jalan Tambak
    3. Jalan Proklamasi Menuju Barat (Arah Manggarai)
    4. Penutupan Putar Balik di Depan Tugu Proklamasi
    Sementara itu, untuk rincian waktu pengerjaan proyek LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome–Manggarai, yakni:
    Imbauan kepada Pengguna Jalan
    Pengguna jalan diimbau untuk menghindari ruas-ruas yang terdampak rekayasa selama periode pekerjaan berlangsung.
    Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.
    “Selalu ikuti petunjuk petugas dan rambu lalu lintas, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” pungkas Ramdani.
    Dengan penerapan rekayasa ini, diharapkan pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dapat berjalan lebih lancar, aman, dan tepat waktu.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Suasana Hari Terakhir Lebaran Betawi 2025, Monas Semakin Ramai Pengunjung
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        27 April 2025

    Suasana Hari Terakhir Lebaran Betawi 2025, Monas Semakin Ramai Pengunjung Megapolitan 27 April 2025

    Suasana Hari Terakhir Lebaran Betawi 2025, Monas Semakin Ramai Pengunjung
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Acara
    Lebaran Betawi
    yang digelar di
    Monumen Nasional
    (Monas) pada Minggu (27/4/2025) semakin ramai dipadati pengunjung.
    Untuk diketahui, hari ini adalah rangkaian puncak acara Lebaran Betawi 2025 yang sudah digelar sejak kemarin, Sabtu (27/4/2025).
    Pengamatan
    Kompas.com
    di lokasi, warga mulai berdatangan ke Monas sekitar sejak 12.00 WIB. Banyak di antara mereka yang datang bersama keluarga atau rekan-rekannya.
    Beberapa pengunjung memilih untuk piknik di area rumput sekitar Monas, bahkan ada yang membawa makanan dan karpet dari rumah.
    Tak hanya itu, beberapa warga juga membawa bantal untuk bersantai di area taman.
    Selain bersantai, banyak pengunjung yang berteduh dari terik matahari di tenda-tenda yang telah disediakan.
    Beberapa orang mengajak anak-anak mereka untuk melihat berbagai pameran bersejarah yang disajikan di acara ini.
    “Bagus untuk anak-anak lebih banyak edukasi zaman-zaman dulu, jadi mereka tahu bagaimana zaman dulu gitu, biar tambah wawasan,” ucap Irma (33),
    warga Jakarta
    Pusat, saat dijumpai di Monas, Minggu.
    Pameran tersebut menampilkan berbagai jenis rumah adat Betawi dari Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.
    Selain rumah adat, pengunjung juga disuguhkan dengan foto-foto yang menggambarkan sudut-sudut kota Jakarta pada masa lalu, seperti foto Stasiun Kereta Api Jatinegara tahun 1988, peresmian Pasar Jatinegara di tahun 1969, dan Jalan Segitiga Senen di tahun 1971.
    Tidak ketinggalan, foto Bioskop Menteng tahun 1950 dan Stasiun Kereta Api Manggarai tahun 1994 juga dipamerkan.
    Banyak anak-anak terlihat antusias melihat foto-foto Jakarta tempo dulu.
    Namun, sayangnya, makanan gratis yang biasanya tersedia di acara ini sudah tidak ada lagi.
    Meski demikian, antusiasme warga untuk menghadiri Lebaran Betawi 2025 tetap tinggi, dengan banyak yang terus berdatangan ke Monas.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KRL Commuter Line terlibat kecelakaan dengan mobil di perlintasan Kedungbadak Kota Bogor

    KRL Commuter Line terlibat kecelakaan dengan mobil di perlintasan Kedungbadak Kota Bogor

    Minggu, 20 April 2025 09:34 WIB

    Sejumlah petugas mengevakuasi KRL Commuter Line yang anjlok akibat menabrak mobil di perlintasan Kedungbadak, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/4/2025). KRL Commuter Line No.1040 relasi Manggarai-Bogor menabrak sebuah mobil di perlintasan sebidang JPL No.27 lintas Cilebut-Bogor sekitar pukul 17.55 WIB, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU

    Petugas mengamati kondisi mobil yang ringsek akibat tertabrak KRL Commuter Line di perlintasan Kedungbadak, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/4/2025). KRL Commuter Line No.1040 relasi Manggarai-Bogor menabrak sebuah mobil di perlintasan sebidang JPL No.27 lintas Cilebut-Bogor sekitar pukul 17.55 WIB, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU

  • Rute Pengalihan Lalu Lintas Kawasan Matraman Mulai 27 April-31 Mei 2025
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        26 April 2025

    Rute Pengalihan Lalu Lintas Kawasan Matraman Mulai 27 April-31 Mei 2025 Megapolitan 26 April 2025

    Rute Pengalihan Lalu Lintas Kawasan Matraman Mulai 27 April-31 Mei 2025
    Penulis
    JAKARTA, KOMPAS.com – 
    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Jakpro dan Dinas Perhubungan akan memberlakukan
    rekayasa lalu lintas
    di sekitar kawasan
    Matraman
    , Jakarta Timur.
    Kebijakan ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan proyek LRT Jakarta Fase 1B rute Veldrome–Manggarai.
    Direktur Proyek LRT Jakarta Fase 1B, Ramdani Akbar menyatakan, bahwa kondisi lalu lintas di Matraman yang sering padat pada pagi dan sore hari menjadi perhatian serius.
    “Seiring dengan percepatan proyek tersebut, Jakpro bersama Dinas Perhubungan Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Matraman, Jakarta Timur,” ungkap Ramdani, Jumat (25/4/2025).
    Rekayasa lalu lintas
    ini akan mulai diterapkan pada Minggu (27/4/2025) hingga Sabtu (31/5/2025).
    Tujuan rekayasa lalu lintas ini untuk menjaga keselamatan pengendara sekaligus mendukung kelancaran pekerjaan konstruksi.
    Saat ini, progres pembangunan LRT Fase 1B telah mencapai 51,34 persen. Namun, Ramdani mengungkapkan terdapat beberapa tantangan teknis yang harus dihadapi.
    “Namun ada beberapa tantangan teknis yang harus kami hadapi, seperti cuaca yang kerap berubah-ubah,” ujarnya.
    Sejumlah pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan di beberapa titik strategis. Berikut rincian rekayasa lalu lintas yang diterapkan:
    – Simpang Jalan Matraman – Jalan Salemba – Jalan Pramuka:
    – Simpang Jalan Proklamasi – Jalan Tambak:
    – Dari Jalan Proklamasi menuju Barat (Manggarai):
    – Penutupan Putar Balik di Depan Tugu Proklamasi:
    Pengguna jalan diimbau untuk menghindari ruas-ruas jalan tersebut selama masa rekayasa dan mengikuti rambu serta arahan dari petugas di lapangan.
    “Selalu ikuti petunjuk petugas dan rambu lalu lintas, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tutup Ramdani.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI hadirkan 66 PLTS di Jawa dan Sumatera dukung transportasi hijau

    KAI hadirkan 66 PLTS di Jawa dan Sumatera dukung transportasi hijau

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan 66 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di berbagai titik operasional perusahaan di Jawa dan Sumatera guna mendukung transportasi hijau yang ramah lingkungan.

    “Instalasi PLTS ini merupakan bentuk nyata kontribusi KAI dalam mendukung program pemerintah menuju transisi energi bersih dan terbarukan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

    Dia menyebutkan puluhan PLTS tersebut dipasang hingga akhir tahun 2024 di berbagai titik operasional perusahaan mulai dari stasiun, balai yasa, griya karya, hingga perkantoran.

    Total kapasitas energi yang dihasilkan mencapai 3.428,50 kilowatt-peak (kWp), yang secara signifikan mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi berbasis fosil.

    “Kami tidak hanya fokus pada layanan transportasi, tetapi juga pada keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan,” ujarnya.

    Anne merinci lokasi PLTS meliputi 4 perkantoran, 4 griya karya, 5 balai yasa, dan 57 stasiun. Beberapa lokasi strategis yang telah dilengkapi PLTS antara lain Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Jakarta Kota, Balai Yasa Manggarai, dan Balai Yasa Yogyakarta.

    Lokasi lainnya tersebar di berbagai wilayah Indonesia seperti Stasiun Batang, Stasiun Gambir, Stasiun Garut, Kantor LRT Jabodebek, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Tangerang, Stasiun Cawang, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Wonokromo, dan Stasiun Pasarsenen.

    Berikutnya, PLTS juga terpasang di lokasi strategis di luar Jawa seperti Kantor Divre III Palembang, Stasiun Tanjung Karang, Stasiun Medan, Stasiun Padang, Balai Yasa Lahat, dan Banyuwangi Baru (Ketapang).

    Stasiun dan fasilitas lainnya yang telah menggunakan PLTS kini mendapat pasokan listrik ramah lingkungan untuk mendukung operasional pada siang hari termasuk pencahayaan, pendinginan, dan sistem pendukung lainnya.

    “Energi surya yang kami gunakan tidak hanya menghemat biaya operasional, tetapi juga mengurangi emisi karbon, yang sejalan dengan misi kami mengembangkan sumber daya dan teknologi dengan mengedepankan ESG,” lanjut Anne.

    Pemanfaatan energi matahari itu juga diterapkan di fasilitas produksi seperti Balai Yasa untuk mendukung aktivitas perawatan sarana perkeretaapian. Hal ini diharapkan dapat memperkuat efisiensi energi dan produktivitas kerja.

    KAI berkomitmen terus melanjutkan program pemasangan PLTS secara bertahap di stasiun-stasiun lain, balai yasa serta fasilitas pendukung lainnya yang berada dalam lingkungan KAI Group sehingga terbentuk sistem operasional yang sepenuhnya berbasis pada energi hijau.

    Anne juga menanggapi soal Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April. Menurutnya, Hari Bumi menjadi pengingat penting bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian planet bumi tempat manusia tinggal.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Angkutan Umum Gratis Jakarta 24 April: Cek Transportasi, Rute, dan Cara Naiknya – Halaman all

    Angkutan Umum Gratis Jakarta 24 April: Cek Transportasi, Rute, dan Cara Naiknya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Angkutan umum gratis di Jakarta akan berlaku pada 24 April 2025 dalam rangka memperingati Hari Angkutan Nasional. 

    Masyarakat dapat menikmati layanan Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta secara cuma-cuma selama 24 jam penuh, mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB.

    Kebijakan ini diumumkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, dan dikonfirmasi melalui unggahan di akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta.

    “(Transportasi umum gratis,-red) kecuali taksi,” ujar Pramono pada Kamis (17/4/2025).

    Dalam keterangannya, Pemprov menyebutkan bahwa layanan ini merupakan hadiah spesial untuk warga Jakarta sebagai bagian dari upaya mendorong penggunaan transportasi publik.

    “Gratisnya tarif transportasi publik ini menegaskan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan layanan yang selamat, aman, dan nyaman. Diharapkan langkah ini juga meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi umum,” tulis Pemprov DKI Jakarta.

    Daftar Transportasi Umum yang Digratiskan

    Berikut layanan transportasi yang digratiskan pada 24 April 2025:

    Transjakarta 

    MRT Jakarta

    LRT Jabodebek

    Sementara itu, layanan seperti KAI Commuter Line dan taksi tidak termasuk dalam program ini.

    Cara Mendaftar Layanan Gratis

    Untuk menggunakan layanan gratis ini, masyarakat perlu memiliki Kartu Layanan Gratis (KLG). Ada tiga jalur pendaftaran yang disediakan:

    1. Pendaftaran di Bank DKI

    Untuk golongan penerima manfaat berikut:

    PNS & pensiunan PNS Pemprov DKI Jakarta

    Tenaga kontrak Pemprov

    Siswa penerima KJP Plus

    Penghuni Rusunawa

    Tim Penggerak PKK

    Karyawan bergaji setara UMP

    2. Pendaftaran via Operator Transportasi

    Melalui aplikasi resmi Transjakarta, MRT, dan LRT Jakarta untuk:

    Warga ber-KTP Kepulauan Seribu

    Penerima Raskin (domisili Jabodetabek)

    Anggota TNI/Polri & Veteran RI

    Penyandang disabilitas

    Lansia (di atas 60 tahun)

    Pengurus rumah ibadah

    Pendidik PAUD

    Pengurus Jumantik, Karang Taruna, Dasawisma, dan Posyandu

    3. Pendaftaran Digital (KLG Digital)

    Proses ini meliputi:

    Registrasi online

    Verifikasi dan validasi data

    Produksi dan distribusi kartu

    Aktivasi kartu fisik atau digital

    Catatan: Warga yang sudah memiliki KLG Transjakarta bisa langsung menggunakan kartunya untuk MRT dan LRT Jakarta.

    Rute Layanan Transportasi Umum Gratis

    Warga menaiki bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2025). Transjakarta termasuk dalam moda transportasi umum gratis Hari Angkutan Nasional. (Tribunnews/Jeprima)

    Transjakarta

    Koridor 1: Kali Besar – Blok M (via Kota, Glodok, Harmoni, Monas, Dukuh Atas)

    Koridor 2: Monas – Pulo Gadung (via Pecenongan, Balai Kota)

    Tujuan Halte Petojo- Gunakan Koridor 2A

    Koridor 3: Kalideres – Monas (via Grogol, Sumur Bor, Pesakih, Damai)

    Koridor 3F: Kalideres – Senayan Bank DKI (via Tanjung Duren)

    Koridor 4: Pulo Gadung – Galunggung (via Rawamangun, Simpang Pramuka, Manggarai)

    MRT Jakarta

    Rute: Bundaran HI – Lebak Bulus Grab

    Jalur Layang: 10 km

    Jalur Bawah Tanah: 6 km

    Stasiun: Bundaran HI, Dukuh Atas BNI, Setiabudi Astra, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, ASEAN, Blok M BCA, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, Lebak Bulus

    LRT Jabodebek melintas di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2025). Layanan ini menjadi salah satu transportasi yang digratiskan oleh Pemprov DKI Jakarta. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

     

    LRT Jabodebek

    Lintas Cibubur:

    Dukuh Atas – Harjamukti (via Setiabudi, Kuningan, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas)

    Lintas Bekasi:

    Dukuh Atas – Jati Mulya (via Halim, Jatibening Baru, Cikunir, Bekasi Barat)

    Keunggulan LRT Jabodebek adalah integrasi dengan MRT, Transjakarta, KRL, Trans Patriot, dan Kereta Cepat Jakarta–Bandung.

    Perayaan Hari Angkutan Nasional 2025 jadi momen istimewa bagi warga Jakarta untuk menikmati layanan transportasi umum secara gratis. Pastikan Anda sudah terdaftar dan memiliki KLG agar bisa memanfaatkan layanan ini secara maksimal.

    Akses Tribunnnews.com di Google News atau WhatsApp Channel Tribunnews.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Sidak SPBUN Labuan Bajo, Polisi Mencium Dugaan Penyalahgunaan Solar Subsidi

    Sidak SPBUN Labuan Bajo, Polisi Mencium Dugaan Penyalahgunaan Solar Subsidi

    Liputan6.com, Manggarai Barat – Kepolisian Resor Manggarai Barat menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) 59.865.01 di Kampung Ujung, Labuan Bajo, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (14/4/2025).

    Sidak ini dilakukan sebagai respons atas keluhan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar yang seharusnya diperuntukkan bagi para nelayan.

    “Menindaklanjuti keluhan para nelayan, kami langsung menggelar sidak untuk memastikan praktik pengisian BBM berjalan sesuai ketentuan,” ujar Kasat Reskrim Polres Manggarai Barat, AKP Lufthi Darmawan Aditya, Selasa 22 April 2025.

    Dalam pemeriksaan tersebut, polisi mengecek dokumen kelengkapan pembelian BBM bersubsidi.

    Sesuai ketentuan, pembelian solar subsidi harus disertai surat rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sebagai bukti legalitas penggunaan untuk kepentingan nelayan. Namun, hasil pemeriksaan mengungkap adanya sejumlah pelanggaran.

    “Kami temukan ada masyarakat yang menggunakan surat rekomendasi atas nama orang lain, bahkan ada yang menggunakan surat kuasa,” beber AKP Lufthi.

    Menindaklanjuti temuan tersebut, Unit II Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polres Mabar akan memanggil berbagai pihak terkait, termasuk pengelola SPBUN, para pemegang surat rekomendasi, dan perwakilan dari DKP.

    Ia mengimbau agar pengelola SPBUN lebih ketat dalam memverifikasi dokumen pembelian.

    “Kalau perlu, selalu berkomunikasi dengan instansi pemberi rekomendasi agar distribusi solar subsidi tepat sasaran, tepat volume, dan tepat guna,” tegasnya.

    Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak memindahtangankan surat rekomendasi. Bila terbukti melanggar, sanksinya bisa berupa pencabutan surat rekomendasi hingga pidana dan denda sesuai peraturan yang berlaku.

    Ia berharap upaya itu dapat menekan potensi penyalahgunaan BBM subsidi dan memastikan hak nelayan benar-benar terpenuhi.

     

    Tebar Benih Ikan dan Tanam Bibit Jagung Serentak, Dukung Ketahanan Pangan Prabowo

  • Progres LRT Jakarta Fase 1B capai 51 persen

    Progres LRT Jakarta Fase 1B capai 51 persen

    Ilustrasi proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B. PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan realisasi pengerjaan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai mencapai 51,19 persen per April 2025. ANTARA/PT Waskita Karya (Persero) Tbk

    Progres LRT Jakarta Fase 1B capai 51 persen
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 22 April 2025 – 12:28 WIB

    Elshinta.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan realisasi pengerjaan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai mencapai 51,19 persen per April 2025. Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, mengatakan realisasi tersebut lebih cepat dari target yakni 50,54 persen pada April ini.

    Dia berharap pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini dapat segera selesai sehingga bisa digunakan secepatnya oleh masyarakat.

    “Kami meyakini, proyek LRT Jakarta Fase 1B dapat memudahkan mobilisasi masyarakat yang bekerja di kawasan Jakarta,” ujat Ermy.

    Adapun saat ini pengerjaan LRT Jakarta Fase 1B memasuki tahap pemasangan jembatan baja atau steel box girder di Jalan Tambak, Jakarta Pusat, peletakan struktur portal di underpass Pramuka, serta pemasangan penyangga (pierhead) di  stasiun LRT BPKP dan Pasar Pramuka. Pembangunan tersebut juga mencakup pemasangan rel.

    Ermy mengatakan pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini merupakan upaya dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan yang menjadi masalah klasik perkotaan akibat peningkatan pesat jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

    Kemacetan itu dinilai dapat menyebabkan kerugian besar ekonomi dalam kegiatan masyarakat sehari-hari, karena adanya peningkatan waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk transportasi, penurunan kualitas kondisi lingkungan, serta peningkatan kecelakaan lalu lintas. Ermy juga menyampaikan, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kualitas kondisi lingkungan dan perkembangan sarana transportasi publik, mereka mulai melirik moda transportasi umum sebagai pilihan dalam melakukan perjalanan.

    “Maka selain bertujuan untuk melayani masyarakat secara lebih luas, Waskita Karya juga berkomitmen mendukung target nol emisi pemerintah melalui pembangunan Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai,” katanya.

    PT Jakarta Propertindo sebagai pemilik proyek LRT Jakarta menunjuk KSO Waskita Nindya LRS sebagai kontraktor utama pembangunan LRT Jakarta melalui proses tender. Adapun total anggaran pembangunan tersebut sebesar Rp4,1 triliun berasal dari Penyertaan Modal Daerah (PMD) ke PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bersumber dari APBD DKI Jakarta.

    Sumber : Antara

  • Peringati Hari Buku 2025, Perpustakaan Jakarta Buka Sampai Pukul 10 Malam

    Peringati Hari Buku 2025, Perpustakaan Jakarta Buka Sampai Pukul 10 Malam

    Jakarta

    Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia 2025 yang jatuh pada tanggal 23 April, Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki memperpanjang jam layanan. Ini berlaku hingga akhir bulan April 2025.

    Berikut informasinya.

    Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin memperpanjang jam layanan atau jam operasional dalam rangka Hari Buku Sedunia 2025. Pada tanggal 21 – 30 April 2025, Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

    Di atas pukul 17.00 (Senin – Jumat) dan di atas pukul 20.00 (Sabtu – Minggu), akses masuk hanya melalui loker lantai 3.

    Cara ke Perpustakaan Jakarta Naik Transportasi Umum

    Perpustakaan Jakarta terletak di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Berikut ini cara ke Perpustakaan Jakarta naik KRL, MRT, dan Transjakarta.

    Stasiun KRL terdekat dari kawasan Taman Ismail Marzuki adalah Stasiun Cikini. Jarak dari Stasiun Cikini menuju ke Taman Ismail Marzuki kurang lebih 2 kilometer.Jika naik KRL dari Bogor dan Depok, silakan naik kereta tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Cikini.Untuk keberangkatan dari Tangerang, silakan transit di Stasiun Duri terlebih dahulu, lalu naik KRL kereta ke Stasiun Manggarai. Setelah itu, lanjutkan naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Cikini.Dari Stasiun Cikini ke Taman Ismail Marzuki, dapat jalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 menit atau bisa juga menggunakan transportasi ojek online dengan waktu tempuh kurang lebih 4 menit.

    2. Cara ke Perpustakaan Jakarta Naik MRT

    Stasiun MRT terdekat dengan kawasan Taman Ismail Marzuki adalah Stasiun MRT Bundaran HI dengan jarak kurang lebih sekitar 2,7 kilometer.Silakan naik MRT dan turun di Stasiun Bundaran HIDari Stasiun MRT Bundaran HI ke Taman Ismail Marzuki, dapat dilanjut dengan menaiki transportasi ojek online dengan waktu tempuh kurang lebih 8 menit.

    3. Cara ke Perpustakaan Jakarta Naik Transjakarta

    Rute Transjakarta untuk menuju ke kawasan Taman Ismail Marzuki adalah koridor 5H jurusan Kampung Melayu – Tanah Abang atau koridor 6H jurusan Senen – Lebak Bulus.Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Timur dapat menaiki Transjakarta koridor 5H. Sementara, dari arah Jakarta Pusat, dapat menaiki Transjakarta koridor 6H.Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Barat, dapat menaiki Transjakarta koridor 2B jurusan Kalideres – Pulogadung. Transit di halte TransJakarta Senen, lalu naik Transjakarta koridor 6H.Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Pusat, silakan naik Transjakarta dari halte Terminal Bus Tanjung Priok. Turun di halte Pasar Senen, lalu lanjut menaiki Transjakarta koridor 6H.Bagi keberangkatan dari arah Jakarta Selatan, dapat naik Transjakarta koridor 9 jurusan Pinang Ranti – Pluit, lalu turun di halte Kuningan Barat. Transit ke halte Kuningan Timur untuk menaiki Transjakarta koridor 6H.

    (kny/imk)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini