kab/kota: Malang

  • Hari ke-3 Angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto Sambut 15.000 Pemudik

    Hari ke-3 Angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto Sambut 15.000 Pemudik

    TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – Hari ketiga pelaksanaan Angkutan Nataru 2024/2025, KAI Daop 5 Purwokerto memprediksi menerima kedatangan sebanyak 15.000 pelanggan di 17 stasiun penumpang Daop 5 Purwokerto, Sabtu (21/12/2024). 

    Sedangkan penumpang yang berangkat dari stasiun-stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto ada sebanyak 11.000 pelanggan. 

    Ini meninggat dibanding Sabtu biasa yang memberangkatkan sebanyak 8.000 pelanggan. 

    Tentu jumlah ini masih terus bergerak karena pembelian tiket masih berjalan hingga jelang keberangkatan KA terakhir pada tengah malam nanti.

    Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih menyampaikan, selama tiga hari pelaksanaan Angkutan Nataru telah memberangkatkan total sebanyak 33.619 pelanggan dan menyambut sebanyak 40.848 pelanggan yang tiba di 17 stasiun penumpang Daop 5 Purwokerto.

    Feni menambahkan, pada hari ketiga Angkutan Nataru kali ini, stasiun dengan pemberangkatan pelanggan dan kedatangan terbanyak masih dipegang oleh Stasiun Purwokerto yang memberangkatkan sebanyak 5.001 pelanggan dan menerima kedatangan 5.300 pelanggan. 

    Disusul dengan Stasiun Kutoarjo yang memberangkatkan sebanyak 1.322 pelanggan dan menyambut kedatangan 2.724 pelanggan. 

    Sementara di posisi ketiga, Stasiun Kroya memberangkatkan sebanyak 1.157 pelanggan dan menerima kedatangan sebanyak 1.613 pelanggan. 

    Sementara Stasiun Kebumen memberangkatkan sebanyak 967 pelanggan dan menerima kedatangan sebanyak 1.266 pelanggan. 

    Sisanya dari stasiun lainnya di wilayah Daop 5 Purwokerto.

    Feni menambahkan, adapun TOP 3 stasiun tujuan favorit para penumpang dari wilayah Daop 5 Purwokerto masih dipegang Stasiun Pasarsenen, Jakarta, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Kiaracondong, Bandung. 

    Sementara TOP 3 KA dengan okupansi tertinggi juga masih dipegang oleh KA Logawa relasi Purwokerto-Jember, KA Wijayakusuma Cilacap-Ketapang, dan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto-Malang.

    “Untuk sisa tempat duduk pada Angkutan Nataru dari wilayah Daop 5 Purwokerto masih tersedia sebanyak 75.000, jadi masyarakat terus kami imbau segera merencanakan perjalanan baik mudik maupun balik dengan memesan tiket KA melalui Access by KAI, web kai.id ataupun channel eksternal lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI,” kata Feni kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis.

    Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk membawa bagasi sesuai ketentuan agar jangan overbagasi. 

    Aturan bagasi yang dapat dibawa ke kabin yakni berat maksimal 20kg dengan dimensi 70cm x 48cm x 30cm maksimal sebanyak 4 koli/item bagasi. 

    Pelanggan dapat membawa maksimal bagasi dengan berat 40kg dengan dimensi 70cm x 48cm x 60 cm dengan dikenakan biaya bagasi tambahan yakni Rp10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp6.000/kg untuk kelas bisnis, dan Rp2.000/kg untuk kelas ekonomi. 

    Masyarakat juga diimbau untuk mengatur jam keberangkatan menuju stasiun agar dapat berangkat tepat waktu dan tidak ketinggalan KA. 

    Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121 (*)

  • Volume Kendaraan Tol Trans Jawa Meningkat

    Volume Kendaraan Tol Trans Jawa Meningkat

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mencatat peningkatan volume lalu lintas kendaraan di sejumlah gerbang tol (GT) di wilayah Trans Jawa jelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    VP Corporate Secretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo mengatakan, lonjakan volume lalu lintas di GT Trans Jawa tersebar di Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    Berdasarkan data per Jumat (20/12/2024), sebanyak 64.383 kendaraan menuju Wilayah Timur Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama. Jumlah ini meningkat 21,1% jika dibandingkan lalu lintas normal sebanyak 53.178 kendaraan.

    “Sedangkan untuk kendaraan dari Wilayah Timur Trans Jawa tercatat sebanyak 57.554 kendaraan atau naik 14,34% dari lalu lintas normal sebanyak 50.334 kendaraan,” ujar Ria dalam keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Sabtu (21/12/2024).

    Sementara di GT Kalikangkung, volume kendaraan Tol Trans Jawa tercatat sebanyak 36.596 kendaraan atau naik 31,19% dari lalu lintas normal sebanyak 27.896 kendaraan. Untuk kendaraan yang meninggalkan Semarang tercatat sebanyak 31.377 kendaraan atau naik 22,79% dari lalu lintas normal sebanyak 25.553 kendaraan.

    Selanjutnya di GT Banyumanik, sebanyak 49.133 kendaraan menuju Solo melalui GT Banyumanik atau naik 25,72% dari lalu lintas normal sebanyak 39.081 kendaraan. Untuk kendaraan yang menuju Jakarta tercatat sebanyak 37.761 kendaraan atau naik 18,92% terhadap lalu lintas normal sebanyak 31.752 kendaraan.

    Kemudian di GT Warugunung, sebanyak 40.768 kendaraan menuju Surabaya melalui GT Warugunung atau naik 18,73% dari lalu lintas normal sebanyak 34.337 kendaraan. Untuk kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Warugunung tercatat sebanyak 39.063 kendaraan atau naik 15,57% dari lalu lintas normal sebanyak 33.799 kendaraan.

    Kemudian, sebanyak 55.782 kendaraan menuju Malang atau naik 16,39% dari lalu lintas normal sebanyak 47.925 kendaraan di GT Kejapanan Utama. Untuk kendaraan menuju Surabaya sebanyak 55.445 kendaraan atau naik 13,94% dari lalu lintas normal sebanyak 48.663 kendaraan.

    Selain itu, sebanyak 27.443 kendaraan menuju Malang atau naik 20,51% dari lalu lintas normal sebanyak 22.773 kendaraan di GT Singosari. Untuk kendaraan menuju Surabaya sebanyak 24.882 kendaraan atau naik 18,83% dari lalu lintas normal sebanyak 20.939 kendaraan.

    PT JTT mengimbau kepada pengguna jalan Tol Trans Jawa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol. Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, memastikan kecukupan daya, BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas lapangan saat volume kendaraan meningkat di Tol Trans Jawa.

  • Tingkatkan UKM lewat Digitalisasi dan AI

    Tingkatkan UKM lewat Digitalisasi dan AI

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel resmi meluncurkan kembali program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 dengan tema “Advancing Locals”, yang bertujuan mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI.

    Selaras dengan komitmen penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Telkomsel dalam mendorong pemberdayaan UKM, tahun ini DCE menargetkan empat track utama: Fashion, F&B, Personal Care, dan Craft.

    Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8% pada periode 2025-2029, di mana UKM memainkan peran sentral. Dengan lebih dari 62 juta UKM berpotensi menciptakan nilai ekonomi digital hingga Rp4.531 triliun, program Impact SME Accelerator DCE berupaya mempercepat transformasi UKM lokal agar berdaya saing tinggi dan berpeluang menggerakkan kemajuan.

    Perbesar

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan, “Pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi bisnis telah menjadi kunci bagi UKM beradaptasi dan tumbuh di ekosistem digital yang semakin kompetitif. Melalui program DCE, Telkomsel mendukung peningkatan daya saing dan kapabilitas digital UKM, membekali mereka dengan literasi dan keterampilan digital yang relevan. Dengan demikian, pelaku usaha lokal bisa semakin mengoptimalkan peluang pasar, baik di tingkat nasional maupun global, sekaligus mendorong terciptanya dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

    Program DCE ke-4 menghadirkan sejumlah inovasi baru, antara lain:

    Kurikulum Otomasi Bisnis Berbasis AI: Strategi implementasi teknologi otomatisasi dalam operasional bisnis, penjualan, dan supply chain.
    Kolaborasi Ekosistem Digital: Memaksimalkan potensi UKM melalui integrasi layanan digital unggulan Telkomsel.
    Local Brand Benchmarking: Visitasi inspiratif ke brand lokal sukses sebagai studi kasus pengembangan bisnis.
    Bootcamp Interaktif: Lokakarya dan praktik langsung untuk menjawab tantangan bisnis mempercepat pertumbuhan UKM.
    Speed Consulting dengan Pakar: Konsultasi langsung bersama pakar industri untuk solusi permasalahan bisnis secara spesifik.

    Tahapan Program DCE ke-4:

    Onboarding: Pengenalan ekosistem digital kepada 400 peserta terpilih.
    Pitching Tracks: Penilaian business plan untuk memilih 32 peserta terbaik.
    DCE Academy: Peningkatan keterampilan strategis dan kreatif untuk 12 peserta terpilih.
    Final Pitching & Awarding: Penentuan peserta terbaik di masing-masing track.

    Pendaftaran DCE ke-4 dibuka sampai dengan 21 Februari 2025, dengan Kick-Off di Bandung (19 Desember 2024), dan dilanjutkan dengan Roadshow di Malang (16 Januari 2025), Medan (23 Januari 2025), Makassar (6 Februari 2025).

    Sejak 2021, program DCE telah melibatkan 4.608 UKM di Indonesia, mendukung perkembangan 650 alumni, dan mencetak 14 UKM terbaik yang kini terus berkarya di tingkat nasional maupun global.

    Informasi selengkapnya mengenai program DCE ke-4 dapat diakses melalui laman dce.co.id dan akun media sosial @dce_id.

  • Telkomsel Bekali UMKM Keterampilan Digital Lewat Program DCE ke-4

    Telkomsel Bekali UMKM Keterampilan Digital Lewat Program DCE ke-4

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel resmi meluncurkan kembali program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 dengan tema “Advancing Locals”. Program ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI.

    Hal ini selaras dengan komitmen penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Telkomsel dalam mendorong pemberdayaan UKM. Tahun ini DCE menargetkan empat track utama: Fashion, F&B, Personal Care, dan Craft.

    “Pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi bisnis telah menjadi kunci bagi UKM beradaptasi dan tumbuh di ekosistem digital yang semakin kompetitif. Melalui program DCE, Telkomsel mendukung peningkatan daya saing dan kapabilitas digital UKM, membekali mereka dengan literasi dan keterampilan digital yang relevan. Dengan demikian, pelaku usaha lokal bisa semakin mengoptimalkan peluang pasar, baik di tingkat nasional maupun global, sekaligus mendorong terciptanya dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, Sabtu, (21/12/2024).

    Seperti diketahui, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8% pada periode 2025-2029, di mana UKM memainkan peran sentral. Dengan lebih dari 62 juta UKM berpotensi menciptakan nilai ekonomi digital hingga Rp 4.531 triliun, program Impact SME Accelerator DCE berupaya mempercepat transformasi UKM lokal agar berdaya saing tinggi dan berpeluang menggerakkan kemajuan.

    Adapun program DCE ke-4 menghadirkan sejumlah inovasi baru, antara lain:

    Kurikulum Otomasi Bisnis Berbasis AI: Strategi implementasi teknologi otomatisasi dalam operasional bisnis, penjualan, dan supply chain.
    Kolaborasi Ekosistem Digital: Memaksimalkan potensi UKM melalui integrasi layanan digital unggulan Telkomsel.
    Local Brand Benchmarking: Visitasi inspiratif ke brand lokal sukses sebagai studi kasus pengembangan bisnis.
    Bootcamp Interaktif: Lokakarya dan praktik langsung untuk menjawab tantangan bisnis mempercepat pertumbuhan UKM.
    Speed Consulting dengan Pakar: Konsultasi langsung bersama pakar industri untuk solusi permasalahan bisnis secara spesifik.

    Tahapan Program DCE ke-4:

    Onboarding: Pengenalan ekosistem digital kepada 400 peserta terpilih.
    Pitching Tracks: Penilaian business plan untuk memilih 32 peserta terbaik.
    DCE Academy: Peningkatan keterampilan strategis dan kreatif untuk 12 peserta terpilih.
    Final Pitching & Awarding: Penentuan peserta terbaik di masing-masing track.

    Pendaftaran DCE ke-4 dibuka sampai dengan 21 Februari 2025, dengan Kick-Off di Bandung (19 Desember 2024), dan dilanjutkan dengan Roadshow di Malang (16 Januari 2025), Medan (23 Januari 2025), Makassar (6 Februari 2025).

    Sejak 2021, program DCE telah melibatkan 4.608 UKM di Indonesia, mendukung perkembangan 650 alumni, dan mencetak 14 UKM terbaik yang kini terus berkarya di tingkat nasional maupun global.

    Informasi selengkapnya mengenai program DCE ke-4 dapat diakses melalui laman dce.co.id dan akun media sosial @dce_id.

    (dpu/dpu)

  • TKW Asal Jember Lumpuh Diduga Korban Malapraktik di Singapura, Sempat Operasi dan Koma 9 Hari – Halaman all

    TKW Asal Jember Lumpuh Diduga Korban Malapraktik di Singapura, Sempat Operasi dan Koma 9 Hari – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Septia Kurnia Rini, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Jember, Jawa Timur mengalami kondisi lumpuh yang diduga akibat malapraktik di Singapura.

    Saat ini, wanita berusia 38 tahun ini terpaksa terbaring lemah di rumahnya setelah bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama tiga tahun sebagai pembantu rumah tangga di Singapura.

    Kisah pilu Septia berawal dari munculnya bisul di paha yang ia rasakan setelah memperpanjang kontraknya.

    Septia merasa bisul kali itu berbeda, warnanya merah tanpa mata dan nyeri.

    Setelah mengalami nyeri selama empat hari, ia meminta obat pereda nyeri kepada majikannya.

    “Selama empat hari masih terasa nyeri, saya gak tahan, akhirnya saya ngasi tau majikan dan minta obat pereda nyeri,” kata dia, Jumat (20/12/2024), dikutip dari Kompas.com.

    Setelah mengonsumsi obat tersebut dan tidak kunjung sembuh, Septia disarankan untuk berobat ke rumah sakit.

    Ia menjalani operasi, namun malang baginya, ia mengalami koma selama sembilan hari.

    Saat terbangun, kondisi tangan dan kakinya sangat mengkhawatirkan, berwarna hitam pekat dan terikat.

    “Saya juga tidak tau kenapa kaki saya sampai diikat hingga tidak bisa bergerak,” ujar dia.

    Selama perawatan, tidak ada satu pun petugas dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang menjenguknya.

    Setelah 13 hari, ia dipulangkan ke Indonesia oleh majikannya, tetapi bukan ke Jember, melainkan ke rumah sakit di Batam.

    “Saya istilah kata dibuang ke Batam. Baju, HP, dan gelang saya diambil majikan, saya tidak bawa apa-apa,” keluhnya.

    Di Batam, ia dirawat selama seminggu dengan biaya yang ditanggung oleh majikannya.

    Ironisnya, majikannya sempat meminta uang kepada keluarga Septia untuk menutupi biaya perawatan di Singapura, namun ia menolak.

    Setelah dijemput keluarganya pada Oktober 2024, Septia kembali ke Jember.

    Namun, kondisi kesehatannya tak kunjung membaik.

    Ia menggambarkan kakinya yang terasa keras dan tak bisa digerakkan.

    “Mungkin ini karena malapraktik, setiap saat terasa nyeri. Saya tidak bisa merentangkan jari,” tuturnya.

    Septia berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah.

    Ia menceritakan kisahnya kepada Menteri P2MI Abdul Kadir Karding dan berharap ada solusi untuk mengurangi beban hidupnya.

    Mendengar cerita ini, Karding menjanjikan dukungan melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah, meskipun belum merinci bentuk dukungan yang akan diberikan.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Telkomsel Gelar Program Pelatihan AI dan Digital buat UKM, Tertarik Ikutan?

    Telkomsel Gelar Program Pelatihan AI dan Digital buat UKM, Tertarik Ikutan?

    Jakarta

    Telkomsel resmi meluncurkan kembali program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 dengan tema Advancing Locals yang bertujuan mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI.

    Diketahui, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 8% pada periode 2025-2029, di mana UKM memainkan peran sentral 1. Dengan lebih dari 62 juta UKM berpotensi menciptakan nilai ekonomi digital hingga Rp 4.531 triliun 2, program Impact SME Accelerator DCE berupaya mempercepat transformasi UKM lokal agar berdaya saing tinggi dan berpeluang menggerakkan kemajuan.

    Hal ini selaras dengan komitmen penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Telkomsel dalam mendorong pemberdayaan UKM, tahun ini DCE menargetkan empat track utama: Fashion, F&B, Personal Care, dan Craft. VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi bisnis telah menjadi kunci bagi UKM beradaptasi dan tumbuh di ekosistem digital yang semakin kompetitif.

    “Melalui program DCE, Telkomsel mendukung peningkatan daya saing dan kapabilitas digital UKM, membekali mereka dengan literasi dan keterampilan digital yang relevan. Dengan demikian, pelaku usaha lokal bisa semakin mengoptimalkan peluang pasar, baik di tingkat nasional maupun global, sekaligus mendorong terciptanya dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Saki, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/12/2024).

    Program DCE ke-4 menghadirkan sejumlah inovasi baru, antara lain:
    – Kurikulum Otomasi Bisnis Berbasis AI: Strategi implementasi teknologi otomatisasi dalam operasional bisnis, penjualan, dan supply chain.
    – Kolaborasi Ekosistem Digital: Memaksimalkan potensi UKM melalui integrasi layanan digital unggulan Telkomsel.
    – Local Brand Benchmarking: Visitasi inspiratif ke brand lokal sukses sebagai studi kasus pengembangan bisnis.
    – Bootcamp Interaktif: Lokakarya dan praktik langsung untuk menjawab tantangan bisnis mempercepat pertumbuhan UKM.
    – Speed Consulting dengan Pakar: Konsultasi langsung bersama pakar industri untuk solusi permasalahan bisnis secara spesifik.

    Tahapan Program DCE ke-4:
    1. Onboarding: Pengenalan ekosistem digital kepada 400 peserta terpilih.
    2. Pitching Tracks: Penilaian business plan untuk memilih 32 peserta terbaik.
    3. DCE Academy: Peningkatan keterampilan strategis dan kreatif untuk 12 peserta terpilih.
    4. Final Pitching & Awarding: Penentuan peserta terbaik di masing-masing track.

    Adapun, pendaftaran DCE ke-4 dibuka sampai dengan 21 Februari 2025, dengan Kick-Off di Bandung (19 Desember 2024), dan dilanjutkan dengan Roadshow di Malang (16 Januari 2025), Medan (23 Januari 2025), Makassar (6 Februari 2025).

    Lebih lanjut, sejak 2021, program DCE telah melibatkan 4.608 UKM di Indonesia, mendukung perkembangan 650 alumni, dan mencetak 14 UKM terbaik yang kini terus berkarya di tingkat nasional maupun global.

    (prf/ega)

  • Libur Nataru, 85 Ribu Tiket Kereta Masih Tersedia di Daop 5 Purwokerto

    Libur Nataru, 85 Ribu Tiket Kereta Masih Tersedia di Daop 5 Purwokerto

    Banyumas, Beritasatu.com – Tiket kereta api (KA) untuk keberangkatan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) masih tersedia. Masa angkutan Nataru diperkirakan akan berlangsung selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengungkapkan, hingga hari kedua operasional angkutan Nataru 2024/2025, KAI Daop 5 Purwokerto telah memberangkatkan 11.365 penumpang. Sementara itu, sebanyak 13.666 pelanggan tiba di stasiun-stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto.

    “Saat ini masih ada (tiket kereta untuk) 85.343 tempat duduk yang tersedia untuk angkutan Nataru dari wilayah Daop 5 Purwokerto. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk merencanakan perjalanan, baik mudik maupun kembali, dengan segera memesan tiket kereta api melalui aplikasi resmi KAI, yaitu Access by KAI, atau melalui kanal eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI,” kata Feni pada Jumat (20/12/2024).

    Namun demikian, Feni mengingatkan, angka ketersediaan tiket kereta di Daop 5 Purwokerto ini terus berubah seiring berjalannya waktu. Pihaknya menyarankan, agar calon penumpang untuk terus memantau ketersediaan tiket.

    “Angka-angka ini bersifat dinamis karena pembelian tiket terus berlangsung hingga menjelang keberangkatan kereta api terakhir pada tengah malam nanti. Oleh karena itu, calon penumpang disarankan untuk terus memantau ketersediaan tiket melalui aplikasi atau website,” ujar Feni.

    Lebih lanjut, Feni menyebutkan tiga tujuan paling populer dari wilayah Daop 5 Purwokerto adalah Pasar Senen Jakarta, Yogyakarta, dan Kiaracondong Bandung.

    “Tiga kereta api dengan tingkat okupansi tertinggi adalah KA Logawa (Purwokerto-Jember), KA Wijayakusuma (Cilacap-Ketapang), dan KA Malioboro Ekspres (Purwokerto-Malang),” tambahnya.

    Selain itu, saat momen libur Nataru masyarakat juga diingatkan untuk mengatur waktu keberangkatan kereta api, terutama waktu dari rumah menuju stasiun, agar dapat berangkat tepat waktu dan tidak ketinggalan kereta.

  • Daya Tarik Bonderland Carnival Park, Tempat Rekreasi Baru Viral di Malang

    Daya Tarik Bonderland Carnival Park, Tempat Rekreasi Baru Viral di Malang

    Liputan6.com, Bandung – Menikmati liburan akhir tahun merupakan momen yang sangat dinantikan terutama oleh keluarga dan anak-anak. Setelah melalui rutinitas yang padat mulai dari pekerjaan dan sekolah momen berlibur jadi kesempatan untuk melepas penat.

    Selain itu, membawa keluarga khususnya anak berlibur bisa membantu hubungan semakin erat. Kemudian berlibur bersama juga dapat memberikan kesempatan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama.

    Ketika berlibur bersama anak tentu pilihan utama jatuh pada tempat rekreasi yang menyenangkan. Saat ini banyak tempat rekreasi yang tidak hanya membantu mengurangi stres tetapi juga menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan.

    Misalnya berlibur ke Kebun Binatang bisa membantu anak mengenal lebih dalam tentang satwa yang biasanya tidak pernah mereka lihat langsung. Adapun museum interaktif bisa jadi pilihan untuk membantu anak meningkatkan kreativitas dan ilmu baru.

    Bermain ke tempat rekreasi yang menyenangkan juga membantu anak-anak melatih motorik dan keberanian mereka mencoba hal-hal baru. Misalnya bermain wahana menyenangkan membuat anak semakin dekat dengan keluarga karena kegiatannya.

    Sementara itu, beberapa tempat rekreasi juga sering menawarkan fasilitas permainan yang membantu melibatkan aktivitas fisik. Misalnya melompat, memanjat, berlari, dan lain-lain yang bisa membantu motorik anak.

    Baru-baru ini di Malang terdapat tempat rekreasi baru yang menarik untuk dikunjungi keluarga. Tempat tersebut dikenal dengan nama Bonderland Carnival Park di Kabupaten Malang.

  • Libur Nataru, Pertamina Buka Layanan Tambahan di Lokasi Ini

    Libur Nataru, Pertamina Buka Layanan Tambahan di Lokasi Ini

    Jakarta: Pertamina Patra Niaga memberikan layanan tambahan Serambi MyPertamina dan Pertamina Energi Berbagi di berbagai titik rest area dan lokasi pelabuhan dan bandara sejak 17 Desember hingga 5 Januari 2025. Layanan ini guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru).
     
    “Kami memberikan layanan tambahan untuk membuat perjalanan masyarakat semakin lancar dan aman selama masa Nataru 2024/2025,” ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 20 Desember 2024.
     
    Masyarakat yang bepergian saat masa Nataru bisa memanfaatkan layanan Serambi My Pertamina, antara lain mushola, nursery room, konsultasi kesehatan, barbershop, area santai, kursi pijat, playground, game console, dan snack. Dengan layanan tersebut, pelanggan bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan.
    “Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas di Serambi My Pertamina menggunakan aplikasi MyPertamina dengan menukarkan poin untuk layanan barbershop, sementara layanan lainnya seperti cek kesehatan, playground, dan snack gratis,” ujar Heppy.
     

    Selain itu, selama masa Nataru 2024/2025, Pertamina juga memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar lokasi melalui Pertamina Energi Berbagi.
    Lokasi Serambi My Pertamina:

    Rest area tol

    Rest Area KM 43 A ruas Tol Jakarta Merak 
    Rest Area KM 57 A ruas Tol Jakarta Cikampek
    Rest Area KM 379 A ruas Tol Pemalang Batang
    Rest Area KM 260 B ruas Tol Pemalang Pejagan
    Rest Area KM 725 A ruas Tol Surabaya Mojokerto
    Rest Area KM 66 A ruas Tol Malang Pandaan

    Bandara, pelabuhan serta lokasi wisata

    Bandara Kualanamu Medan 
    Pelabuhan Bakauheni Lampung
    Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
    Kawasan Wisata Pangandaran
    Bandara Juanda Surabaya
    Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar
    Bandara Sepinggan Balikpapan
    Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 
    Bandara Sam Ratulangi Manado
    Bandara Sentani Jayapura
    Bandara Pattimura Ambon.
     
    “Informasi mengenai titik layanan dan fasilitas Serambi MyPertamina  dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina, media sosial @mypertamina @pertaminapatraniaga dan website Pertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135,” ungkapnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Nataru Makin Dekat, Stasiun Pasar Senen Dipadati Calon Penumpang

    Nataru Makin Dekat, Stasiun Pasar Senen Dipadati Calon Penumpang

    Jakarta

    Kepadatan calon penumpang kereta api terjadi di Stasiun Pasar Senen menjelang hari Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Ruang tunggu stasiun disesaki calon penumpang yang hendak mudik.

    Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (21/12/2024) pukul 9.50 WIB antrean calon penumpang terlihat di pintung keberangkatan. Hanya selisih beberapa menit dua kereta Matarmaja dan Tegal Bahari hendak diberangkatkan.

    Calon penumpang yang naik Matarmaja akan berangkat ke arah Malang Jawa Timur. Sedangkan yang naik Tegal Bahari menuju ke Tegal, Jawa Tengah.

    Stasiun Pasar Senen, 21 Desember 2024 jelang siang. (Taufiq Syarifudin/detikcom)

    Volume calon penumpang terus meningkat menjelang keberangkatan tiap kereta. Masyarakat berdatangan bersama keluarga dan sanak saudaranya.

    Para calon penumpang datang dengan menenteng barang bawaan. Tampak ada juga yang membawa oleh-oleh.

    Para porter terlihat turut membawakan barang bawaan calon penumpang menuju kereta tujuan. Sesekali mereka menanyakan ke mana penumpang hendak pergi.

    (dnu/dnu)