kab/kota: Malang

  • Pemesanan Tiket Lebaran Meningkat Meski Ada Efisiensi Anggaran

    Pemesanan Tiket Lebaran Meningkat Meski Ada Efisiensi Anggaran

    Jakarta: Tren pemesanan tiket transportasi jelang libur Lebaran mengalami peningkatan signifikan, meskipun pemerintah tengah melakukan efisiensi anggaran. 
     
    Hal ini diungkapkan oleh Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, yang menjelaskan bahwa meskipun pemerintah menerapkan efisiensi belanja negara, pemesanan tiket transportasi tetap menunjukkan kenaikan sebesar 27 persen dibandingkan periode Lebaran tahun lalu. 
     
    Selain itu, pemesanan akomodasi juga meningkat 41 persen, sementara pemesanan aktivitas wisata melonjak hingga 69 persen.

    “Efisiensi dari pemerintah memang ada, tapi kalau kita melihatnya untuk sekarang, itu berarti kita bicara periode Lebaran. Kita lihat dari data, ternyata dari tahun ke tahun itu malah naik sebenarnya untuk periode ini,” ujar Gaery pada konferensi pers beberapa hari lalu seperti dilansir Antara, Minggu, 23 Maret 2025 .
     

    146 juta orang diprediksi akan mudik

    Tren positif ini juga diperkuat dengan prediksi dari Kementerian Perhubungan, yang menyebut sekitar 146,48 juta orang atau lebih dari 52 persen dari total penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan selama libur Lebaran 2025. Mayoritas pemudik diprediksi berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.
     
    Sementara itu, berdasarkan data Tiket.com, destinasi yang paling diminati untuk liburan bersama keluarga adalah Jabodetabek, Bali, dan Malang.
    Libur lebaran dorong perputaran ekonomi
    Gaery menekankan bahwa pembelian tiket transportasi saat musim libur Lebaran merupakan kebutuhan individu, bukan kebutuhan pemerintah. 
     
    Dengan kata lain, periode libur ini justru akan meningkatkan perputaran ekonomi, karena banyak pelaku industri pariwisata yang ikut terlibat.
     
    “Sebenarnya untuk periode Lebaran ini kan karena customer, kebanyakan sebenarnya dari sisi retail atau mungkin kayak yang non-government, karena rata-rata personal. Apalagi saat liburan, itu lebih kepada kebutuhan individu, bukan kebutuhan pemerintah,” jelasnya.
    Efisiensi anggaran tak berdampak ke pariwisata
    Meskipun pemerintah menerapkan kebijakan efisiensi anggaran dengan target penghematan Rp306 triliun, Gaery mengungkapkan bahwa dampaknya terhadap sektor pariwisata masih belum terasa. 
     
    Pemesanan tiket untuk libur Lebaran terus mengalami peningkatan, termasuk akomodasi dan tiket ke destinasi wisata.
     
    “So far untuk tren Lebaran dan liburan sampai kuartal 1, kuartal 2 ini mungkin masuk oke,” ujarnya.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Volume Lalin Sejumlah Gerbang Tol Trans Jawa Meningkat di H-10 Lebaran

    Volume Lalin Sejumlah Gerbang Tol Trans Jawa Meningkat di H-10 Lebaran

    JAKARTA – Jasamarga Transjawa Tol mencatat peningkatan volume lalu lintas (lalin) kendaraan di sejumlah Gerbang Tol (GT) Wilayah Trans Jawa pada H-10 Lebaran atau Jumat 21 Maret.

    “Pada H-10 periode libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H, PT Jasamarga Transjawa Tol atau JTT mencatat peningkatan volume lalu lintas kendaraan di sejumlah Gerbang Tol (GT) Wilayah Trans Jawa yang tersebar di Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar VP Corporate Secretary & Legal PT JTT Ria Paallo di Jakarta, dikutip Antara, Sabtu, 22 Maret.

    Untuk wilayah Jawa Barat, sebanyak 34.726 kendaraan menuju Wilayah Timur Trans Jawa melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

    Total volume kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama ini naik 10,64 persen jika dibandingkan lalu lintas (lalin) normal sebanyak 31.386 kendaraan.

    Sedangkan untuk kendaraan dari Wilayah Timur Trans Jawa tercatat sebanyak 29.892 kendaraan atau naik 7,99 persen dari lalu lintas normal sebanyak 27.680 kendaraan.

    Untuk wilayah Jawa Tengah, volume kendaraan yang melalui GT Kalikangkung menuju Semarang pada H-10 periode libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H, tercatat sebanyak 17.640 kendaraan atau naik 4,05 persen dari lalu lintas normal sebanyak 16.953 kendaraan.

    Untuk kendaraan yang meninggalkan Semarang tercatat sebanyak 14.658 kendaraan atau naik 6,89 persen dari lalu lintas normal sebanyak 13.713 kendaraan.

    Pada H-10 periode libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H, tercatat sebanyak 24.743 kendaraan menuju Solo melalui GT Banyumanik atau naik 1,13 persen dari lalu lintas normal sebanyak 24.467 kendaraan. Untuk kendaraan yang menuju Jakarta tercatat sebanyak 17.767 kendaraan atau naik 6,00 persen terhadap lalu lintas normal sebanyak 16.762 kendaraan.

    Untuk wilayah Jawa Timur, pada H-10 periode libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H, tercatat sebanyak 20.271 kendaraan menuju Surabaya melalui GT Warugunung atau naik 5,72 persen dari lalu lintas normal sebanyak 19.174 kendaraan.

    Untuk kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Warugunung tercatat sebanyak 20.103 kendaraan atau naik 4,23 persen dari lalu lintas normal sebanyak 19.287 kendaraan.

    Kemudian tercatat sebanyak 22.573 kendaraan menuju Malang atau turun 1,77 persen dari lalu lintas normal sebanyak 22.979 kendaraan. Untuk kendaraan menuju Surabaya sebanyak 23.436 kendaraan atau naik 4,45 persen dari lalu lintas normal sebanyak 22.438 kendaraan.

    Lalu sebanyak 13.719 kendaraan menuju Malang atau naik 2,22 persen dari lalu lintas normal sebanyak 13.421 kendaraan. Untuk kendaraan menuju Surabaya sebanyak 12.151 kendaraan atau naik 8,80 persen dari lalu lintas normal sebanyak 11.168 kendaraan.

    JTT kembali mengingatkan pengguna jalan untuk dapat memanfaatkan pemberian potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk perjalanan menerus dari Jakarta menuju Semarang pada periode libur Hari Raya Idul Fitri 1446H.

    “Bagi pengguna jalan disarankan untuk dapat memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 20 persen yang diberlakukan mulai dari 24 Maret 2025 pukul 05.00 WIB s.d 28 Maret 2025 pukul 05.00 WIB di ruas jalan tol yang di kelola PT JTT untuk perjalanan menerus Jalan Tol Trans Jawa dari GT Cikampek Utama menuju GT Kalikangkung,” kata Ria.

  • Dishub Kabupaten Tangerang lakukan \”ramp check\” bus untuk mudik gratis

    Dishub Kabupaten Tangerang lakukan \”ramp check\” bus untuk mudik gratis

    Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, melakukan ram check terhadap kendaraan bus yang akan digunakan sebagai angkutan penumpang untuk mudik Lebaran gratis Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi. (Azmi Samsul Maarif)

    Dishub Kabupaten Tangerang lakukan \”ramp check\” bus untuk mudik gratis
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Sabtu, 22 Maret 2025 – 21:59 WIB

    Elshinta.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan ramp check terhadap bus yang akan digunakan sebagai angkutan penumpang untuk mudik gratis Lebaran 2025 di Kantor Dishub, Balaraja.

    Kepala Dishub Kabupaten Tangerang Achmad Taufik di Tangerang, Sabtu, mengatakan kegiatan ramp check untuk meningkatkan kelayakan operasional angkutan penumpang dan meningkatkan keselamatan penumpang, khususnya menjelang libur mudik Lebaran 2025.

    “Dari hasil pengecekan, Allhamdulillah sudah beberapa kendaraan dinyatakan layak dan bagus untuk dapat beroperasi dalam pengantaran penumpang mudik,” katanya.

    Ia mengatakan untuk pengecekan kelayakan kendaraan mudik gratis ini ditargetkan menyasar sebanyak 64 bus, dimana bus diperiksa dan dipersiapkan untuk mengangkut para penumpang yang masuk sebagai peserta mudik gratis pada 27 Maret 2025.

    “Total nanti kita akan cek itu sebanyak 64 bus dan itu dilakukan secara bertahap,” ungkap Taufik.

    Sementara itu Kepala Bidang Keselamatan, Sarana, dan Prasarana Dishub Kabupaten Tangerang Surachman menambahkan dalam pengecekan terhadap bus tersebut melibatkan lima Perusahaan Outobus (PO).

    Dengan pengecekan yang dilakukan terhadap kendaraan angkutan mudik Lebaran ini, kata dia, diharapkan mudik bisa lebih aman dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

    Selain itu pihaknya meminta kepada para pemilik PO untuk terus meningkatkan kualitas sarana prasarana kendaraan dan mempertahankan kelayakan kendaraan.

    “Tentu kita melakukan ramp check ini dengan akurasi tinggi, dimana ada beberapa tim mulai dari teknisi dan penyidik akan melakukan pemeriksaan secara detail terhadap bus yang akan digunakan mudik itu,” kata dia.

    Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah membuka pendaftaran program mudik gratis untuk masyarakat umum sejak 8 Maret 2025, dengan kuota 2.530 orang menggunakan 46  bus.

    Dia juga mengungkapkan dari puluhan bus yang disediakan tersebut nantinya akan menuju ke lima daerah provinsi dan 16 kota/kabupaten, salah satunya ke Jawa Barat meliputi Kabupaten Pangandaran dan Cirebon.

    Kemudian Jawa Tengah meliputi Kota Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo, Wonosobo, dan Magelang. Sementara untuk Jawa Timur meliputi Kota Surabaya, Madiun, Malang, Banyuwangi dan Pacitan. Dan terakhir ke Kota Yogyakarta dan Lampung.

    Sumber : Antara

  • Tarif Tol Trans Jawa Lengkap dari Merak sampai Jawa Timur

    Tarif Tol Trans Jawa Lengkap dari Merak sampai Jawa Timur

    Jakarta

    Tol Trans Jawa sudah membentang dari ujung barat sampai ke Jawa Timur. Tol Trans Jawa ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Diharapkan dengan tersambungnya Tol Trans Jawa, perjalanan mudik akan lebih lancar.

    Namun, menggunakan tol Trans Jawa ada biaya yang harus dikeluarkan. Dikutip dari buku saku Mudikpedia 2025, berikut tarif jalan tol Trans Jawa dari Merak sampai Jawa Timur:

    Tangerang-Merak: Rp 58.000Jakarta-Tangerang: Rp 8.500Jakarta Outer Ring Road (JORR): Rp 17.000Kunciran-Cengkareng: Rp 27.000Kunciran-Serpong: Rp 21.000Cinere-Serpong: Rp 18.500Cinere-Jagorawi: Rp 15.000Cimanggis-Cibitung: Rp 54.000Jakarta Cikampek: Rp 27.000Cikopo-Palimanan: Rp 132.000Palimanan-Kanci: Rp 13.500Kanci-Pejagan: Rp 31.500Pejagan-Pemalang: Rp 66.000Pemalang-Batang: Rp 53.000Batang-Semarang (Kalikangkung): Rp 111.500Semarang ABC: Rp 5.000Semarang ABC-Solo: Rp 92.000Solo-Ngawi: Rp 131.000Ngawi-Kertosono: Rp 98.000Kertosono-Mojokerto: Rp 55.000Mojokerto-Surabaya: Rp 43.500Surabaya Gempol Segmen Dupak-Waru: Rp 6.000Surabaya Gempol Segmen Waru-Porong: Rp 10.000Surabaya Gempol Segmen Porong-Gempol: Rp 9.500Gempol-Pasuruan (Grati): Rp 46.500Gempol IC-Pandaan: Rp 14.500Pandaan-Malang: Rp 35.500Pasuruan (Grati)-Gending: Rp 52.000.

    Sementara itu, berikut perkiraan akumulasi tarif tol untuk kendaraan Golongan I dari Jakarta menuju Cirebon, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya

    Jakarta (via Tol Japek) ke Cirebon (via GT Ciperna): Rp 166.500Jakarta (via Tol Japek) ke Semarang (via GT Kalikangkung): Rp 440.000Jakarta (via Tol Japek) ke Solo/Yogyakarta (via GT Klaten): Rp 575.500Jakarta (via Tol Japek) ke Surabaya (via GT Warugunung): Rp 859.500.

    Pengguna jalan tol diingatkan juga untuk mengisi saldo e-Toll agar. Pastikan saldo e-Toll kamu cukup ya sebelum melakukan perjalanan. Kamu bisa melakukan top up saldo e-Toll di ponsel. Hampir seluruh smartphone yang dijual di pasaran telah memiliki fitur Near Field Communication atau NFC. Hadirnya fitur tersebut dapat memudahkan kamu untuk top up saldo E-Toll.

    Apabila smartphone kamu belum dilengkapi fitur NFC, kamu masih bisa top up saldo E-Toll di minimarket yang tersebar di rest area sepanjang tol. Sebagai pengingat, jangan pernah menggunakan kartu E-Toll yang berbeda saat melintasi jalan tol. Artinya, saat tapping di gerbang tol masuk dan gerbang keluar harus menggunakan kartu E-Toll yang sama.

    (rgr/sfn)

  • Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Bank Umum Malang 24-27 Maret 2025, Pendaftaran Dibuka 22-23 Maret

    Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Bank Umum Malang 24-27 Maret 2025, Pendaftaran Dibuka 22-23 Maret

    PIKIRAN RAKYAT – Bank Indonesia Malang menyelenggarakan layanan penukaran uang baru melalui loket perbankan pada tanggal 24 hingga 27 Maret 2025. Layanan ini dibagi menjadi dua tahap pemesanan, yang wajib dilakukan melalui website resmi di pintar.bi.go.id.

    Tahap Pemesanan:

    Tahap 1: Dibuka pada 22 Maret 2025 pukul 09.00 WIB Tahap 2: Dibuka pada 23 Maret 2025 pukul 09.00 WIB Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Bank Umum Malang

    Berikut jadwal dan lokasi penukaran uang baru di Kota dan Kabupaten Malang:

    Tahap 1

    Senin, 24 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) Nanobank Syariah – Jl. Letjen Sutoyo No.88A, Kota Malang HSBC – Jl. Pasar Besar No.99, Kota Malang SMBC – Jl. Sultan Agung No.33, Kepanjen, Kabupaten Malang Maybank – Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.91-93, Kota Malang Bank Jatim – Jl. Kawi No.28, Banurejo, Kepanjen, Kabupaten Malang 25 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) BNI – Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.75-77, Kota Malang OCBC – Jl. Jaksa Agung Suprapto No.41, Kota Malang China Construction Bank Indonesia – Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.16, Kota Malang BTN – Jl. Ade Irma Suryani 2-4, Klojen, Kota Malang 26 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) BNI – Ruko Lawang View No.1-2, Lawang, Kabupaten Malang Panin Dubai Syariah Bank – Jl. MGR Sugiyopranoto No.7, Klojen, Kota Malang Panin Bank – Jl. Sultan Agung No.14, Kota Malang Bank Jatim Syariah – Grand Ruko Kav 13-14, Jl. Soekarno Hatta, Kota Malang BCA – Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.70-74, Kota Malang 27 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) UOB – Jl. Basuki Rahmat No.63, Kota Malang Bank Jatim – Jl. Pahlawan No.18, Kepanjen, Kabupaten Malang Mandiri – Jl. Girimoyo No.8, Karangploso, Kabupaten Malang CIMB Niaga – Jl. Basuki Rahmat No.26, Kota Malang

    Tahap 2

    24 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) BNI – Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.75-77, Kota Malang BTN Syariah – Jl. Jaksa Agung Suprapto No.87, Kota Malang BNI – Jl. Panglima Sudirman No.40, Kepanjen, Kabupaten Malang 25 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) SMBC – Jl. Jaksa Agung Suprapto No.63, Kota Malang Permata Bank – Jl. Bromo No.20, Kota Malang Bank Jatim – Jl. Raya Thamrin No.33, Lawang, Kabupaten Malang Bank Jatim – Jl. Jaksa Agung Suprapto No.26-28, Kota Malang 26 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) BSI – Jl. Jaksa Agung Suprapto No.48, Kota Malang Bank Jatim – Jl. Girimoyo No.8, Karangploso, Kabupaten Malang Bank Muamalat – Jl. Kertanegara No.2, Kota Malang 27 Maret 2025 (08:00 – 12:00 WIB) BRI – Jl. Katu No.1, Kepanjen, Kabupaten Malang KB Bukopin – Jl. RA Kartini No.2, Kabupaten Malang CIMB NIAGA – Jl. Basuki Rahmat No 26 Kota Malang Bank Mayapada – Jl. Basuki Rachmad No 111 Kota Malang BCA – Jl. Borobudur No.1, Kota Malang Syarat dan Ketentuan Penukaran Uang Baru

    Agar proses penukaran berjalan lancar, berikut syarat dan ketentuannya:

    Wajib mendaftar di aplikasi PINTAR BI di pintar.bi.go.id. Pemesanan dibuka pada: Tahap 1: 22 Maret 2025 mulai pukul 09.00 WIB Tahap 2: 23 Maret 2025 mulai pukul 09.00 WIB Wajib membawa KTP asli atau e-KTP digital (KIA dan fotokopi KTP tidak berlaku). Tunjukkan bukti pemesanan (cetak atau digital) di loket penukaran. Uang yang ditukar harus uang Rupiah asli, disusun rapi, searah, dan sesuai dengan jumlah pemesanan. Penukaran tidak bisa diwakilkan demi menghindari penyalahgunaan. Hitung uang dengan teliti sebelum meninggalkan loket. Komplain setelah keluar loket tidak akan dilayani. Maksimal penukaran per KTP adalah Rp 4.300.000 dengan rincian: Rp50.000: Rp1.500.000 (30 lembar) Rp20.000: Rp500.000 (25 lembar) Rp10.000: Rp1.000.000 (100 lembar) Rp5.000: Rp1.000.000 (200 lembar) Rp2.000: Rp200.000 (100 lembar) Rp1.000: Rp100.000 (100 lembar)

    Catatan Penting

    Kuota pendaftaran terbatas untuk 100 penukar per loket bank setiap harinya. Identitas penukar di website PINTAR harus sesuai dengan KTP asli. Kartu Identitas Anak (KIA) tidak berlaku. Penukaran hanya bisa dilakukan sendiri, tidak boleh diwakilkan.

    Penukaran uang baru ini bertujuan untuk menjaga kualitas uang Rupiah di masyarakat agar layak edar dan memudahkan masyarakat mendapatkan uang baru dalam kondisi terbaik.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Jelang Libur Lebaran 2025, Okupansi Kamar Hotel Masih Lesu

    Jelang Libur Lebaran 2025, Okupansi Kamar Hotel Masih Lesu

    Bisnis.com, JAKARTA — Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) mengungkapkan tingkat hunian hotel atau okupansi hotel masih lesu jelang hari raya Idulfitri 2025. Hal ini salah satunya dipicu oleh pelemahan daya beli masyarakat.

    Ketua Umum PHRI Hariyadi B. Sukamdani mengatakan tingkat okupansi hotel secara rata-rata nasional mengalami perlambatan sekitar 30% dibanding tahun lalu. 

    “Okupansi hotel, kami mencatat sampai H-14 [Lebaran] kalau di hotel menunjukkan perlambatan 30% dibanding tahun lalu,” ujarnya dalam konferensi di Hotel Grand Sahid Jaya, Sabtu (22/3/2025).

    Di sisi lain, Hariyadi juga melihat tingkat keterisian atau load factor di sejumlah maskapai penerbangan. Menurutnya, jika tingkat keterisian pesawat penuh atau mencapai 100%, maka ada kemungkinan tingkat okupansi hotel ikut penuh.

    “Jadi kalau itu fully booked ya kemungkinan sama lah [tingkat okupansi hotel] kayak [periode Lebaran] tahun lalu,” katanya. 

    Kondisi berbeda kemungkinan terjadi untuk daerah-daerah yang menjadi tempat tujuan mudik seperti Solo, Malang, Yogyakarta. Hariyadi mengatakan, tingkat okupansi hotel di daerah-daerah ini kemungkinan mencapai sekitar 80%-100% pada libur Lebaran 2025.

    Namun, pihakya tidak dapat memperkirakan apakah kondisi akan terus berlanjut hingga libur panjang berakhir. 

    Apalagi, libur kali ini cukup lama lantaran libur adanya dua hari raya yang berdekatan yakni Tahun Baru Saka 1947 atau Nyepi pada 29 Maret 2025 dan Idulfitri 1446H/2025 M pada 1 April 2025, yang dilanjutkan dengan cuti bersama hingga 7 April 2025.

    Dia menilai terdapat kemungkinan masyarakat mengurangi waktu liburnya imbas pelemahan daya beli.

    “Kemungkinan orang perpendek liburnya karena yang kita khawatirkan adalah daya beli, makin lama liburan, ongkosnya makin banyak,” ucap Hariyadi. 

    Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran berpedapat Lebaran tahun ini menjadi tantangan bagi industri hotel dan restoran. Maulana menyebut, cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini telah menghambat beberapa akses jalan di sejumlah titik.  

    Beberapa destinasi di Indonesia juga kemungkinan terdampak imbas cuaca buruk sehingga ini menjadi tantangan bagi para pelaku usaha di industri ini. Belum lagi, kata dia, masyarakat yang menjadi korban bencana akibat curah hujan yang cukup besar kemungkinan akan menahan diri untuk melakukan perjalanan. 

    “Jadi, kita mesti melihat lagi ke depan apakah hal-hal ini akan mengganggu pergerakan wisatawan nusantara itu akhirnya. Tapi sampai saat ini kita masih optimistis itu bisa akan ada dampaknya,” tuturnya kepada Bisnis.

  • Sambut Lebaran Bersama éL Hotel Group dengan Promo Harga Kamar Spesial

    Sambut Lebaran Bersama éL Hotel Group dengan Promo Harga Kamar Spesial

    Jakarta, Beritasatu.com – Menyambut momen istimewa Lebaran, éL Hotel Group menghadirkan promo harga kamar spesial bagi para tamu yang ingin menikmati libur Lebaran bersama keluarga tercinta. Promo istimewa ini berlaku di semua unit éL Hotel Group yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Batu, dan Banyuwangi.

    Nikmati pengalaman liburan kali ini dengan berbagai pilihan paket menginap yang telah disiapkan pada masing-masing unit éL Hotel Group:
       
     •    éL Hotel Jakarta – Kelapa Gading: harga mulai dari Rp648.000,- nett/kamar/malam, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama tersedia juga paket menginap 3 malam dengan harga mulai dari Rp1.740.000,- nett/kamar di tipe kamar Superior sudah termasuk sarapan. Periode menginap 21 Maret – 8 April 2025.

    Menyambut momen istimewa Lebaran dengan penuh kebahagiaan di éL Hotel Jakarta. – (éL Hotel/Istimewa)

     •    éL Hotel Bandung: berlibur sambil berwisata kuliner di Kota Bandung, Anda dapat menginap di éL Hotel Bandung dengan harga terbaik mulai dari Rp688.750,- nett/kamar/malam. Untuk menginap lebih lama, kami menyediakan paket 2 malam dengan harga mulai dari Rp1.240.000,- nett/kamar di tipe Lembong Deluxe sudah termasuk sarapan. Promo ini berlaku untuk periode menginap 21 Maret – 8 April 2025.

    Menyambut momen istimewa Lebaran dengan penuh kebahagiaan di éL Hotel Bandung. – (éL Hotel/Istimewa)

      •    éL Hotel Yogyakarta – Malioboro: nikmati pengalaman menginap selangkah dari Malioboro dengan harga menarik mulai dari Rp1.249.000,- nett/kamar/malam di tipe kamar Superior, sudah termasuk sarapan dan gratis éL Gelato. Dapatkan pengalaman menjelajahi Malioboro bersama éL Hotel Yogyakarta – Malioboro dengan promo yang berlaku pada periode 31 Maret – 8 April 2025.

    Menyambut momen istimewa Lebaran dengan penuh kebahagiaan di éL Hotel Yogyakarta. – (éL Hotel/Istimewa)

       •    éL Hotel Malang: berlibur di kota Malang dengan harga mulai dari Rp350.000,- nett/kamar/malam (room only) atau Anda dapat menambahkan benefit saat menginap yaitu sarapan dengan pemandangan indah dari tepi kolam renang dengan harga terbaik mulai dari Rp425.000,- nett/kamar/malam di tipe Standard/Superior. Promo berlaku untuk periode 29 Maret – 8 April 2025.

    Menyambut momen istimewa Lebaran dengan penuh kebahagiaan di éL Hotel Malang. – (éL Hotel/Istimewa)

      •    éL Hotel Kartika Wijaya Batu: nikmati kesejukan kota Batu dan suasana asri dengan pemandangan Gunung Panderman yang hanya dapat Anda nikmati di éL Hotel Kartika Wijaya Batu dengan harga mulai dari Rp690.000,- nett/kamar/malam di tipe kamar Moderate/Superior, sudah termasuk sarapan. Promo berlaku untuk periode 28 Maret – 8 April 2025.

    Menyambut momen istimewa Lebaran dengan penuh kebahagiaan di éL Hotel Kartika Wijaya Batu. – (éL Hotel/Istimewa)

      •    éL Hotel Banyuwangi: berwisata di kota Banyuwangi dan bermain bersama keluarga di Banyuwangi Park dengan harga mulai dari Rp950.000,- nett/kamar/malam, dan tersedia juga harga khusus untuk 2 malam dengan harga mulai dari Rp1.700.000,- nett/kamar di tipe kamar Deluxe termasuk sarapan, makan malam, dan juga tiket Banyuwangi Park. Promo ini hanya berlaku di éL Hotel Banyuwangi untuk periode 29 Maret – 8 April 2025.

    Menyambut momen istimewa Lebaran dengan penuh kebahagiaan di éL Hotel Banyuwangi. – (éL Hotel/Istimewa)

    Seluruh promo di atas dapat dipesan langsung melalui website resmi www.el-hotels.com, WhatsApp di nomor +62 811-9644-400, aplikasi éL Hotel Group yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

    Dengan promo spesial ini, éL Hotel Group ingin memastikan bahwa libur Lebaran Anda kali ini akan menjadi momen kebersamaan yang lebih berkesan dengan segala kemudahan dan harga terbaik.

  • Berkali-kali Bangkrut, Pengusaha Roti Dea Bakery Kini Sukses Miliki Puluhan Toko

    Berkali-kali Bangkrut, Pengusaha Roti Dea Bakery Kini Sukses Miliki Puluhan Toko

    Dalam membuat kue dan roti, Mulyani ingin memastikan standar keamanan produk. Bahwa roti harus aman dimakan oleh anggota keluarganya sendiri sebelum dikonsumsi orang itu. Karena itu penting menjaga kebersihan selama proses pengolahan serta kualitas bahan bakunya. “Itu semua bagian dari integritas dan kejujuran, saya meyakini pengusaha atau siapapun harus punya itu,” ujarnya.

    Perlahan toko rotinya ramai, mendapat respon positif dari konsumen. Mulyani pun membuka cabang di lokasi yang banyak menerima pesanan pelanggan seperti Gondanglegi, Turen, Dampit, dan sekitarnya masih di wilayah Kabupaten Malang.

    Kini Dea Bakery memiliki 51 toko tersebar di berbagai daerah. Tidak hanya di Jawa Timur, ada juga di Lampung, di Pontianak, Kalimantan Barat, di Sumatera Barat dan Selatan serta Pekanbaru, Riau. Jumlah karyawannya sudah ratusan orang. “Kadang-kadang kalau mengandalkan matematika, otak kita sepertinya tidak akan sampai. Tetapi selama kita yakin, bisnis akan dimudahkan oleh tuhan,” ujar Mulyani.

    Karena itu, usaha miliknya tak ragu terlibat dalam berbagai kegiatan amal. Pernah membagikan 50 ribu kotak roti ke seribu masjid pada dua tahun pertama toko berdiri. Termasuk menjadi sponsor dengan membagikan 10 ribu kotak untuk takjil buka puasa pada 2025 ini.

    Seiring perkembangan jaman, Mulyani percaya bahwa toko juga harus berinovasi agar tidak tertinggal. Tidak hanya produk, tetapi juga branding toko untuk menjaga kepercayaan konsumen dan menggaet pasar baru. Termasuk tagline yang menggambarkan produk. “Jangan ragu mengikuti tren, soal itu saya percaya ke karyawan muda yang lebih paham kekinian,” ucapnya.

    Mulyani menyarankan pada siapapun yang ingin mulai berbisnis agar selalu konsisten, tidak pantang menyerah. Terpenting menjaga integritas dan kejujuran, sebab kepercayaan konsumen bagian penting dalam setiap usaha atau bisnis.

  • Sambut Idulfitri, Serambi MyPertamina Siap Layani Pemudik ketika Istirahat di Jalur Mudik

    Sambut Idulfitri, Serambi MyPertamina Siap Layani Pemudik ketika Istirahat di Jalur Mudik

    Karawang: PT Pertamina Patra Niaga terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Terutama pada bulan suci Ramadan ini. Sejumlah program diselenggarakan demi memastikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Salah satunya yaitu keberadaan Serambi MyPertamina di berbagai titik rest area, lokasi pelabuhan, hingga di bandara, mulai 22 Maret hingga 9 April 2025.
     
    Serambi MyPertamina merupakan layanan tempat singgah sementara yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pemudik. Serambi MyPertamina hadir di berbagai jalur mudik dengan fasilitas, mini klinik, barbershop, area santai, kursi pijat, wifi spot, musala, nursery room, arena bermain anak, game console, dan snack. Dengan sederet layanan tersebut, pelanggan bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.
     
    Serambi MyPertamina ini salah satunya dapat ditemui di Rest Area SPBU KM 57, Karawang, Jawa Barat. Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel, yang ditemui di lokasi, menjelaskan Serambi MyPertamina khusus disediakan untuk pelanggan setia Pertamina, khususnya Patraniaga, yang sedang dalam perjalanan mudik agar bisa beristirahat sejenak.
     

    “Di sini  kita memberikan pelayanan pada berbagai segmen, terutama pada keluarga yang mudik. Misalnya satu keluarga itu mulai dari bapak dan remaja putra, kita sediakan Bright Barbershop. Jadi bisa pangkas rambut gratis, sehingga nanti sampai di kampung haraman dengan tampilan baru yang lebih fresh,” kata Daniel.

    Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel (Foto:Dok)

    “Untuk ibu-ibu dan remaja putri, kita sediakan bebagai merchandise spesial edisi Lebaran dengan menukar poin MyPertamina. Mulai dari hijab, pouch Barbie, lunchbox, dan lainnya. Selain itu untuk anak-anak banyak permainan, bisa main PlayStation di sini, atau untuk anak yang lebih kecil main kiddie rides. Dan spesial tahun ini kita tambahkan bingkisan Lebaran, THR khusus buat anak-anak. Kita bedakan juga untuk bingkisan anak perempuan ada gantungan boneka dengan berbagai macam snack dan minuman. Sementara untuk anak laki laki ada mobil-mobilan Hot-Wheels, tentunya juga dengan berbagai snacks dan minuman,” ucapnya menambahkan.
     
    Tak hanya fasilitas hiburan bagi anak, setiap pengunjung Serambi MyPertamina juga bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis.

    “Keluarga bisa cek medical gratis di sini. Misalnya cek tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Kemudian misalnya kelelahan di perjalanan, kita sediakan kursi pijat gratis juga,” katanya.
     
    Serambi MyPertamina juga menyediakan fasilitas pembayaran zakat.
     
    “Mungkin barangkali pada saat perjalanan mudik ada yang kelupaan atau belum sempat bayar zakat fitrah atau  zakat mal, bekerja sama dengan Baznas, kita sediakan juga Pojok Zakat, Infak, dan Sedekah di Serambi Mypertamina ini,” ucapnya.

    Terdapat 27 titik Serambi dan Mini Serambi MyPertamina. Lima di antaranya adalah Serambi MyPertamina yang tersedia di Rest Area Tol Japek-Karawang KM 57A, Rest Area Tol Jakarta-Merak KM 43A, Rest Area Tol Pemalang-Batang KM 379A, Rest Area Tol Pemalang-Pejagan KM 260B, dan Rest Area Tol Malang-Pandaan KM 66A. Kemudian, 22 titik lainnya merupakan Mini Serambi berupa Area Santai dan Mini Klinik yang tersedia di bandara, pelabuhan, kawasan wisata dan beberapa rest area lainnya.
    Komitmen Pelayanan Terbaik
    PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam hal penyediaan BBM berkualitas. Daniel menyebutkan Pertamina selalu mengecek kualitas BBM di setiap SPBU.
     
    “Terkait dengan kualitas dan kuantitas BBM, kita selalu melakukan pengecekan rutin. Takarannya juga dicek di semua SPBU kita. Jadi, masyarakat tidak usah khawatir.
     
    Kami juga mengundang masyarakat yang mudik dan kebetulan melewati rest area yang terdapat Serambi MyPertamina, silakan mampir untuk menikmati berbagai fasilitas dan layanan gratis yang kita berikan untuk masyarakat,” tuturnya.

    Dengan berbagai persiapan, layanan siaga, dan fasilitas tambahan yang telah disediakan, Pertamina Patra Niaga siap menghadapi Ramadan dan Idulfitri dengan memastikan ketersediaan energi yang memadai serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 
    Gratis Cukur Rambut di Serambi MyPertamina “Bright Barber”
    Serambi MyPertamina di Rest Area SPBU KM 57 tampak ramai dikunjungi pelanggan Pertamina pada Jumat, 21 Maret 2025. Salah satu di antaranya ialah Roby. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini mengaku sedang dalam perjalanan pulang ke Bandung setelah kunjungan kerja di sebuah perusahaan di Cikarang. Di tengah perjalanannya, Roby memilih istirahat sejenak di Serambi MyPertamina.

    “Selamat pagi, perkenalkan saya Robby, asal dari Bandung. Kebetulan hari ini saya ada kunjungan ke PT perusahaan di Cikarang. Ini mau kembali pulang ke arah Bandung.
    Ya kebetulan pas malam saya istirahat di sini. Saya lihat ada Serambi MyPertamina. Alhamdulillah, di sini ada kegiatan untuk rehat, service gitu ya. Di sini saya juga menikmati fasilitas. Saya pijat. Ada kursi pijat dan pijat gratisnya. Terus juga ada cukur rambut. Kebetulan saya juga dipotong rambutnya. Terus dapat free snack,” kata Roby dengan raut wajah senang.
     
    Merasa mendapatkan pelayanan yang baik, Roby menyampaikan apresiasi atas upaya PT Pertamina Patra Niaga menyediakan Serambi MyPertamina.
     
    “Untuk pelayanannya bagus sih, ramah. Alhamdulillah, baik-baik semua. Jadi kita relaks lah. Komunikasi stafnya juga baik semua. Di sini kita cukup registrasi di MyPertamina,” katanya.

    Roby pun berharap ke depan nanti Pertamina semakin maju, semakin baik pula pelayanan dan kualitasnya.
     
    “Kalau harapannya, Pertamina makin maju, makin baik. Terutama kan Pertamina itu langsung berhubungan dengan masyarakat ya, ada kontribusi untuk masyarakat.
    Semoga ke depannya Pertamina lebih mengedepankan kualitas dan pelayanan untuk masyarakat, terutama di SPBU,” ucapnya. 
    Gratis THR Lebaran dari MyPertamina untuk Anak-anak 
    Pengunjung lainnya yang ditemui di lokasi, Ade Lindiyana, menuturkan pengalaman serupa. Wanita yang sedang dalam perjalanan mudik dari Jakarta ke Cirebon ini mengaku sengaja datang ke Serambi MyPertamina untuk beristirahat.

    “Kebetulan tadi pas berhenti di sini ada posko Pertamina. Jadi mau coba dulu. Kalau tahun kemarin, sudah pernah coba juga. Jadi ingin tahu fasilitas yang sekarang seperti apa. Cukup membantu ya Serambi MyPertamina ini. Jadi biar pemudik rasa capeknya terkurangi. Anak-anak juga bisa main,” tutur Ade.
     
    Sebelum menikmati seluruh fasilitas di Serambi MyPertamina, Ade menjelaskan harus melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina.
     
    “KIta cuma perlu download MyPertamina saja. Scan di aplikasi MyPertamina. Isi absensi. Cukup itu saja. Pokoknya semoga ke depan Pertamina lebih bagus lagi. Tapi ya, segini sih sudah cukup banget. Terima kasih MyPertamina,” ujarnya.

    Selain pengunjung dewasa, anak-anak pun merasakan kenyamanan saat menikmati fasilitas di Serambi MyPertamina. Pengunjung anak-anak yang ditemui di lokasi di antaranya adalah Kayla. Dia senang karena selain terhibur dengan mainan di Serambi MyPertamina, juga membawa pulang THR dari Pertamina.
     
    “Nama aku Kayla. Aku dari Jakarta mau ke Bandung. Tadi datang ke sini main game sama minum cokelat panas. Stafnya semua baik. Ramah. Pokoknya seru banget. Aku juga senang banget dapat THR. Senang banget, ini baru pertama kali. Aku juga dapat jepitan rambut dan gantungan boneka lucu, juga dapat snack pizza, cokelat, dan marshmallow. Terima kasih, MyPertamina,” ucap Kayla.

    Karawang: PT Pertamina Patra Niaga terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Terutama pada bulan suci Ramadan ini. Sejumlah program diselenggarakan demi memastikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Salah satunya yaitu keberadaan Serambi MyPertamina di berbagai titik rest area, lokasi pelabuhan, hingga di bandara, mulai 22 Maret hingga 9 April 2025.
     
    Serambi MyPertamina merupakan layanan tempat singgah sementara yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pemudik. Serambi MyPertamina hadir di berbagai jalur mudik dengan fasilitas, mini klinik, barbershop, area santai, kursi pijat, wifi spot, musala, nursery room, arena bermain anak, game console, dan snack. Dengan sederet layanan tersebut, pelanggan bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.
     
    Serambi MyPertamina ini salah satunya dapat ditemui di Rest Area SPBU KM 57, Karawang, Jawa Barat. Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel, yang ditemui di lokasi, menjelaskan Serambi MyPertamina khusus disediakan untuk pelanggan setia Pertamina, khususnya Patraniaga, yang sedang dalam perjalanan mudik agar bisa beristirahat sejenak.
     

    “Di sini  kita memberikan pelayanan pada berbagai segmen, terutama pada keluarga yang mudik. Misalnya satu keluarga itu mulai dari bapak dan remaja putra, kita sediakan Bright Barbershop. Jadi bisa pangkas rambut gratis, sehingga nanti sampai di kampung haraman dengan tampilan baru yang lebih fresh,” kata Daniel.
     

    Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel (Foto:Dok)
     
    “Untuk ibu-ibu dan remaja putri, kita sediakan bebagai merchandise spesial edisi Lebaran dengan menukar poin MyPertamina. Mulai dari hijab, pouch Barbie, lunchbox, dan lainnya. Selain itu untuk anak-anak banyak permainan, bisa main PlayStation di sini, atau untuk anak yang lebih kecil main kiddie rides. Dan spesial tahun ini kita tambahkan bingkisan Lebaran, THR khusus buat anak-anak. Kita bedakan juga untuk bingkisan anak perempuan ada gantungan boneka dengan berbagai macam snack dan minuman. Sementara untuk anak laki laki ada mobil-mobilan Hot-Wheels, tentunya juga dengan berbagai snacks dan minuman,” ucapnya menambahkan.
     
    Tak hanya fasilitas hiburan bagi anak, setiap pengunjung Serambi MyPertamina juga bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis.

     
    “Keluarga bisa cek medical gratis di sini. Misalnya cek tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Kemudian misalnya kelelahan di perjalanan, kita sediakan kursi pijat gratis juga,” katanya.
     
    Serambi MyPertamina juga menyediakan fasilitas pembayaran zakat.
     
    “Mungkin barangkali pada saat perjalanan mudik ada yang kelupaan atau belum sempat bayar zakat fitrah atau  zakat mal, bekerja sama dengan Baznas, kita sediakan juga Pojok Zakat, Infak, dan Sedekah di Serambi Mypertamina ini,” ucapnya.
     

     
    Terdapat 27 titik Serambi dan Mini Serambi MyPertamina. Lima di antaranya adalah Serambi MyPertamina yang tersedia di Rest Area Tol Japek-Karawang KM 57A, Rest Area Tol Jakarta-Merak KM 43A, Rest Area Tol Pemalang-Batang KM 379A, Rest Area Tol Pemalang-Pejagan KM 260B, dan Rest Area Tol Malang-Pandaan KM 66A. Kemudian, 22 titik lainnya merupakan Mini Serambi berupa Area Santai dan Mini Klinik yang tersedia di bandara, pelabuhan, kawasan wisata dan beberapa rest area lainnya.

    Komitmen Pelayanan Terbaik

    PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam hal penyediaan BBM berkualitas. Daniel menyebutkan Pertamina selalu mengecek kualitas BBM di setiap SPBU.
     
    “Terkait dengan kualitas dan kuantitas BBM, kita selalu melakukan pengecekan rutin. Takarannya juga dicek di semua SPBU kita. Jadi, masyarakat tidak usah khawatir.
     
    Kami juga mengundang masyarakat yang mudik dan kebetulan melewati rest area yang terdapat Serambi MyPertamina, silakan mampir untuk menikmati berbagai fasilitas dan layanan gratis yang kita berikan untuk masyarakat,” tuturnya.
     

     
    Dengan berbagai persiapan, layanan siaga, dan fasilitas tambahan yang telah disediakan, Pertamina Patra Niaga siap menghadapi Ramadan dan Idulfitri dengan memastikan ketersediaan energi yang memadai serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

    Gratis Cukur Rambut di Serambi MyPertamina “Bright Barber”

    Serambi MyPertamina di Rest Area SPBU KM 57 tampak ramai dikunjungi pelanggan Pertamina pada Jumat, 21 Maret 2025. Salah satu di antaranya ialah Roby. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini mengaku sedang dalam perjalanan pulang ke Bandung setelah kunjungan kerja di sebuah perusahaan di Cikarang. Di tengah perjalanannya, Roby memilih istirahat sejenak di Serambi MyPertamina.
     

     
    “Selamat pagi, perkenalkan saya Robby, asal dari Bandung. Kebetulan hari ini saya ada kunjungan ke PT perusahaan di Cikarang. Ini mau kembali pulang ke arah Bandung.
    Ya kebetulan pas malam saya istirahat di sini. Saya lihat ada Serambi MyPertamina. Alhamdulillah, di sini ada kegiatan untuk rehat, service gitu ya. Di sini saya juga menikmati fasilitas. Saya pijat. Ada kursi pijat dan pijat gratisnya. Terus juga ada cukur rambut. Kebetulan saya juga dipotong rambutnya. Terus dapat free snack,” kata Roby dengan raut wajah senang.
     
    Merasa mendapatkan pelayanan yang baik, Roby menyampaikan apresiasi atas upaya PT Pertamina Patra Niaga menyediakan Serambi MyPertamina.
     
    “Untuk pelayanannya bagus sih, ramah. Alhamdulillah, baik-baik semua. Jadi kita relaks lah. Komunikasi stafnya juga baik semua. Di sini kita cukup registrasi di MyPertamina,” katanya.
     

     
    Roby pun berharap ke depan nanti Pertamina semakin maju, semakin baik pula pelayanan dan kualitasnya.
     
    “Kalau harapannya, Pertamina makin maju, makin baik. Terutama kan Pertamina itu langsung berhubungan dengan masyarakat ya, ada kontribusi untuk masyarakat.
    Semoga ke depannya Pertamina lebih mengedepankan kualitas dan pelayanan untuk masyarakat, terutama di SPBU,” ucapnya. 

    Gratis THR Lebaran dari MyPertamina untuk Anak-anak 

    Pengunjung lainnya yang ditemui di lokasi, Ade Lindiyana, menuturkan pengalaman serupa. Wanita yang sedang dalam perjalanan mudik dari Jakarta ke Cirebon ini mengaku sengaja datang ke Serambi MyPertamina untuk beristirahat.
     

     
    “Kebetulan tadi pas berhenti di sini ada posko Pertamina. Jadi mau coba dulu. Kalau tahun kemarin, sudah pernah coba juga. Jadi ingin tahu fasilitas yang sekarang seperti apa. Cukup membantu ya Serambi MyPertamina ini. Jadi biar pemudik rasa capeknya terkurangi. Anak-anak juga bisa main,” tutur Ade.
     
    Sebelum menikmati seluruh fasilitas di Serambi MyPertamina, Ade menjelaskan harus melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina.
     
    “KIta cuma perlu download MyPertamina saja. Scan di aplikasi MyPertamina. Isi absensi. Cukup itu saja. Pokoknya semoga ke depan Pertamina lebih bagus lagi. Tapi ya, segini sih sudah cukup banget. Terima kasih MyPertamina,” ujarnya.
     

     
    Selain pengunjung dewasa, anak-anak pun merasakan kenyamanan saat menikmati fasilitas di Serambi MyPertamina. Pengunjung anak-anak yang ditemui di lokasi di antaranya adalah Kayla. Dia senang karena selain terhibur dengan mainan di Serambi MyPertamina, juga membawa pulang THR dari Pertamina.
     
    “Nama aku Kayla. Aku dari Jakarta mau ke Bandung. Tadi datang ke sini main game sama minum cokelat panas. Stafnya semua baik. Ramah. Pokoknya seru banget. Aku juga senang banget dapat THR. Senang banget, ini baru pertama kali. Aku juga dapat jepitan rambut dan gantungan boneka lucu, juga dapat snack pizza, cokelat, dan marshmallow. Terima kasih, MyPertamina,” ucap Kayla.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Blendi Tewel Bu Martumi, Kuliner Legendaris Blitar yang Wajib Dicoba

    Blendi Tewel Bu Martumi, Kuliner Legendaris Blitar yang Wajib Dicoba

    Blitar, Beritasatu.com – Mudik ke Blitar tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya. Selain nasi pecel, Blitar juga memiliki berbagai kuliner legendaris yang patut dicoba, salah satunya Blendi Tewel Bu Martumi.

    Kuliner ini telah ada sejak 1960-an dan berlokasi di Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Berjarak sekitar 15 kilometer ke arah utara Kota Blitar, Blendi Tewel Bu Martumi mudah ditemukan karena terletak di jalan utama desa yang strategis.

    Masakan utama yang ditawarkan di sini adalah Blendi Tewel, yaitu potongan nangka muda yang dimasak dengan santan kental, kemudian diberi taburan cabai rawit, serta bumbu rempah yang meresap.

    Seporsi Blendi Tewel biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ikan air tawar goreng, perkedel, tahu, tempe, dan telur.

    Selain Blendi Tewel, ada pula menu ayam santan pedas yang tidak kalah menggugah selera. Yang membuat Blendi Tewel Bu Martumi semakin istimewa adalah cara memasaknya yang masih tradisional. Dapur Blendi Tewel menggunakan dua tungku besar, dengan wajan dan kuali jumbo yang dipanasi menggunakan kayu bakar. Teknik memasak seperti ini memberikan cita rasa otentik yang sulit ditiru oleh tempat makan modern.

    Blendi Tewel Bu Martumi bukan hanya menjadi perburuan warga lokal, tetapi juga menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh perantau yang pulang ke Blitar. Salah satunya adalah Gilang Hendro, seorang perantau asal Malang. Setiap kali pulang ke Blitar, Gilang selalu menyempatkan diri membeli Blendi Tewel Bu Martumi untuk dibawa pulang.

    “Saya bekerja di Malang, dan kebetulan pulang ke Blitar setiap sebulan sekali. Saat pulang, saya selalu menantikan untuk kulineran di sini,” ungkap Gilang, sambil membawa bungkusan Blendi Tewel lengkap dengan lauk untuk berbuka puasa bersama keluarganya saat ditemui wartawan, Jumat (21/3/2025).

    Blendi Tewel Bu Martumi di Blitar ini dijual dengan harga Rp 10.000 per porsi sayur nangka. Sedangkan untuk lauknya, harga bervariasi tergantung pilihan. Dalam sehari, dapur Blendi Tewel Bu Martumi bisa memasak hingga 60 kilogram nangka muda dan 30 kilogram (kg) cabai untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus berdatangan.