kab/kota: Malang

  • Lima Terduga Pelaku Pencurian Kabel di Mojokerto Tidak Ditahan, Ini Alasannya

    Lima Terduga Pelaku Pencurian Kabel di Mojokerto Tidak Ditahan, Ini Alasannya

    Mojokerto (beritajatim.com) – Lima orang terduga pelaku pencurian kabel yang amankan Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ) tidak ditahan Satreskrim Polres Mojokerto. Ini lantaran pemillik kabel tembaga yang diduga milik PT Telkom Indonesia di Desa Sajen, Kecamatan Pacet tidak melapor ke Polres Mojokerto.

    Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Nova Indra Pratama membenarkan, pihaknya menerima kelima orang terduka pelaku pencurian dari Tim Intelijen Korem 082/CPYJ pada, Jumat (13/6/2025). Tim Intelijen Korem 082/CPYJ juga menyerahkan barang bukti berupa 10 potong kabel tembaga curian yang masing-masing sepanjang 2 meter.

    “Perkara dugaan pencurian kabel tembaga yang diduga milik Telkom diserahkan kepada kami oleh Intel Korem kemarin (Jumat) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Langsung kami tangani, ada lima orang terduga pelaku dan barang bukti potongan kabel dan truk Mitsubishi nopol S 8987 NE,” ungkapnya, Minggu (15/6/2025).

    Saat diamankan kelima orang terduga pelaku sedang beraktivitas melakukan penggalian jaringan kabel yang ditanam sejak 1971 silam di Jalan Raya Sajen, namun saat ini sudah tidak berfungsi. Kasat menjelaskan, perbuatan kelimanya dapat memenuhi unsur Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

    “Hanya saja, sampai lewat 1×24 jam dari pihak PT Telkom Indonesia ataupun diduga pemilik kabel belum melaporkan kasus pencurian tersebut ke Polres Mojokerto. Sehingga kelimanya tidak bisa ditahan dan kami pulangkan. Namun, barang bukti dan kabel masih kami amankan di Polres Mojokerto,” jelasnya.

    Sebelumnya, lima terduga pelaku pencurian kabel berhasil diamankan oleh anggota Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ). Kelima terduga pelaku diamankan saat melakukan aktifitas penggalian di wilayah Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto pada, Kamis (12/6/2025).

    Salah satu pelaku, berinisial UH mengaku sebagai wartawan media online dan merupakan warga Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya. Keempat pelaku lainnya yang ikut diamankan yakni JAP warga Desa Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang diduga sebagai otak pencurian.

    S warga Kelurahan Simolawang, Kelurahan Simokerto, Kota Surabaya, D warga Desa Kerikilan Kecamatan Ngoro dan H warga Desa Kalipuro, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Mereka langsung diamankan dan dibawa ke Kantor Tim Intelrem 082/CPYJ untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

    Barang bukti yang berhasil diamankan dalam penangkapan tersebut meliputi satu unit truk Mitsubishi nopol S 8987 NE, satu unit mobil Calya nopol S 1997 JU, serta sejumlah batang kabel tembaga hasil galian. Kelima terduga pelaku dan barang bukti langsung diserahkan ke Polres Mojokerto untuk pengembangan lebih jauh.[tin/aje]

  • Viral Ojol Dihalangi di Terminal Arjosari, Manajemen: Itu Ulah Oknum, Bukan Petugas
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        15 Juni 2025

    Viral Ojol Dihalangi di Terminal Arjosari, Manajemen: Itu Ulah Oknum, Bukan Petugas Regional 15 Juni 2025

    Viral Ojol Dihalangi di Terminal Arjosari, Manajemen: Itu Ulah Oknum, Bukan Petugas
    Tim Redaksi
    MALANG, KOMPAS.com –
    Manajemen
    Terminal Arjosari
    di
    Kota Malang
    , Jawa Timur, memberikan klarifikasi terkait video viral yang memperlihatkan seorang pengemudi ojek online (
    ojol
    ) dihalangi saat akan memasuki area terminal.
    Kepala Terminal Arjosari, Mega Perwira Donowati, memastikan, pelaku dalam video tersebut bukan petugas terminal, melainkan seorang oknum ojek pangkalan (
    opang
    ) yang tidak menerima aturan baru soal penataan jalur penjemputan di area terminal.
    “Saya pastikan, yang melarang pengemudi ojol masuk itu bukan petugas kami. Pelakunya adalah oknum ojek pangkalan yang agaknya belum menerima aturan baru dan sengaja memperkeruh suasana,” ujar Mega, Minggu (15/6/2025).
    Mega menegaskan bahwa pengemudi ojol dalam video tersebut telah berada di jalur yang benar.
    Sesuai aturan baru yang ditetapkan, Pintu 1, tepatnya di dekat pos informasi, kini menjadi drop zone resmi bagi layanan ojek online.
    “Seharusnya pengemudi ojol mengabaikan larangan dari oknum opang tersebut dan terus masuk, karena jalur itu memang hak mereka sesuai aturan yang berlaku,” jelas Mega.
    Sayangnya, saat kejadian pada Jumat (13/6/2025), petugas terminal yang biasa berjaga di pos Pintu 1 sedang melakukan patroli keliling untuk memantau keamanan di area lain.
    Situasi ini kemudian dimanfaatkan oleh oknum opang untuk menghadang ojol.
    Usai insiden, pihak manajemen langsung mengambil tindakan.
    Pada hari yang sama, para koordinator opang dipanggil untuk diberikan pemahaman terkait aturan baru tentang penataan jalur dan titik penjemputan.
    “Kami sudah berkomunikasi dengan para koordinator opang, dan mereka pada dasarnya menerima serta tidak mempermasalahkan. Jadi, ini murni tindakan oknum,” tegas Mega.
    Untuk mencegah kejadian serupa, pihak terminal akan menerapkan sejumlah langkah:
    Menempatkan petugas di titik penurunan dan penjemputan penumpang agar memastikan semua layanan berjalan aman dan tertib.
    Memasang rambu-rambu informasi tambahan untuk memberikan arah jelas kepada penumpang, termasuk lokasi resmi ojek online dan ojek pangkalan.
    “Rambu ini akan berfungsi sebagai penunjuk arah bagi penumpang yang baru tiba agar mereka dapat dengan mudah menemukan lokasi resmi untuk memesan ojek online maupun ojek pangkalan, sehingga potensi konflik di lapangan dapat diminimalkan,” jelas Mega.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Usaha Kuliner Beromzet di Atas Rp 15 Juta di Kota Malang Dikenakan Pajak
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        15 Juni 2025

    Usaha Kuliner Beromzet di Atas Rp 15 Juta di Kota Malang Dikenakan Pajak Regional 15 Juni 2025

    Usaha Kuliner Beromzet di Atas Rp 15 Juta di Kota Malang Dikenakan Pajak
    Tim Redaksi
    MALANG, KOMPAS.com –
    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
    Kota Malang
    menaikkan ambang batas omzet bebas pajak bagi pelaku usaha makanan dan minuman (mamin).
    Batas yang semula Rp 5 juta per bulan kini ditingkatkan menjadi Rp 15 juta per bulan.
    Anggota
    DPRD Kota Malang
    , Indra Permana, mengatakan bahwa perubahan angka menjadi Rp 15 juta telah melalui pembahasan bersama Panitia Khusus (Pansus) Perubahan Perda Pajak dan Retribusi Daerah.
    “Ini merupakan angka yang paling realistis. Penetapan ini bukan tanpa alasan, melainkan hasil dari pertimbangan mendalam yang melibatkan para ahli, perwakilan pelaku usaha, dan komunitas UMKM di Kota Malang,” kata Indra Permana pada Minggu (15/6/2025).
    Menurut Indra, keputusan ini diambil berdasarkan prinsip keseimbangan yang cermat.
    Dikatakannya, kebijakan ini telah menunjukkan keberpihakan pemerintah yang jelas kepada pengusaha kecil.
    Di sisi lain, kebijakan ini dirancang agar tidak membahayakan kondisi fiskal dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang.
    “Penting bagi kami untuk tidak mengorbankan kondisi fiskal daerah hanya demi satu fokus. Keseimbangan ini adalah kunci, dan syukurlah seluruh anggota pansus memiliki visi yang sama,” katanya.
    Kebijakan baru ini akan membebaskan sekitar 931 pelaku usaha dari kewajiban pajak.
    Meski begitu, pihaknya tetap optimistis PAD tidak akan menurun drastis.
    Sebelumnya, Bapenda Kota Malang telah memproyeksikan potensi kehilangan pendapatan dari kebijakan ini bisa mencapai Rp 4,6 miliar.
    Meski demikian, pihaknya meyakini Bapenda telah menyiapkan strategi yang efektif untuk menjaga stabilitas penerimaan daerah.
    “Kami sangat yakin Bapenda bisa menangani ini. Kapasitas mereka sudah teruji selama pembahasan, dan kami bahkan optimistis PAD akan tetap meningkat ke depan,” tambah Indra.
    Sementara itu, Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, mengatakan bahwa kesepakatan antara legislatif dan eksekutif mengenai rancangan peraturan ini sudah hampir final.
    Ia menekankan satu hal penting terkait implementasi teknis dari perda ini harus dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) yang dievaluasi secara tahunan.
    “Secara umum sudah selesai. Perhatian utama saya adalah Perwal sebagai tindak lanjut teknis harus ada setiap tahun,” kata Wahyu.
    Hal ini sejalan dengan rekomendasi Pansus yang menyebutkan bahwa kebijakan ini akan terus dipantau.
    Jika di masa depan kondisi ekonomi berubah, hasil evaluasi akan menjadi dasar untuk melakukan revisi lebih lanjut.
    Sebagai informasi, ketentuan sebelumnya menetapkan batas omzet wajib pajak Rp 5 juta diatur dalam Perda Nomor 16 Tahun 2010 dan diperkuat dalam Perda Nomor 4 Tahun 2023.
    Perubahan yang ada saat ini menandai langkah baru dalam kebijakan fiskal Kota Malang yang diharapkan lebih berpihak pada pertumbuhan usaha mikro dan kecil.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menyusuri Jejak Penemuan Bocah Malang di Pasar Kebayoran Lama, Ditelantarkan dalam Kondisi Mengenaskan – Page 3

    Menyusuri Jejak Penemuan Bocah Malang di Pasar Kebayoran Lama, Ditelantarkan dalam Kondisi Mengenaskan – Page 3

    Dari hasil pemeriksaan awal, pada tubuh si anak didapati sejumlah luka yang mengarah pada kekerasan.

    “Kemudian adanya luka lebam dimuka, ada luka bakar juga kemudian ada luka di bagian lengan yang membuat tulangnya itu menonjol keluar dari dagingnya,” ujar dia.

    Setelahnya korban dirujuk ke RS Polri Kramatjati guna mendapatkan perawatan lebih insentif. Sebanyak enam dokter menangani MK. Hasil pemeriksaan sementara, dokter menyatakan korban mengalami luka medis yang serius hingga masalah gizi.

    “Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, ditemukan beberapa kondisi medis serius, antara lain patah tulang pada lengan kanan, dugaan infeksi tulang, gizi buruk, anemia berat dan bekas luka bakar di area wajah,” ucap Wakil Kepala RS Polri Kramat Jati, Kombes dr. Erwin Zainul Hakim kepada wartawan, Minggu (15/6).

    RS Polri menerima MK usai dirujuk dari RSUD Kebayoran Lama pada Kamis (12/6) kemarin dan langsung dilarikan ke ruangan Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Erwin menegaskan pihanya akan menangani korban hingga maksimal.

    “Upaya maksimal yang kita bisa berikan adalah sekarang dari perawatan intensif di PICU, dan kami dari Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I Pusdokkes Polri atas arahan pimpinan telah menyiapkan hampir 6 dokter secara berkolaborasi, untuk perawatan ini bisa maksimal,” ucap Erwin.

     

    Reporter: Rahmat Baihaqi

    Merdeka.com

  • Prakiraan Cuaca Malang Raya 15 Juni 2025: Cerah Berawan hingga Udara Berkabut

    Prakiraan Cuaca Malang Raya 15 Juni 2025: Cerah Berawan hingga Udara Berkabut

    Malang (beritajatim.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Malang Raya pada Minggu, 15 Juni 2025. Prakiraan ini mencakup wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dengan kondisi cuaca yang bervariasi, mulai dari cerah berawan hingga udara berkabut.

    Kota Malang diperkirakan mengalami cuaca cerah sejak pagi hari pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. “Memasuki pukul 10.00 cuaca di kota Malang cuaca masih cerah,” dikutip dari laman resmi BMKG Juanda.

    Menjelang siang hingga malam hari, cuaca di kota Malang cenderung berkabut. Pada dini hari Senin, 16 Juni 2025, cuaca berubah menjadi berawan. Suhu udara harian di Kota Malang berkisar antara 20 hingga 32 derajat Celcius.

    Sementara itu, wilayah Kabupaten Malang diprediksi memiliki kondisi cuaca yang lebih beragam. Pagi hari, sebagian besar kecamatan mengalami hujan ringan dan cerah berawan. Kecamatan seperti Donomulyo, Kalipare, Kasembon, Ngantang, Poncokusumo, Pujon, dan Sumbermanjing Wetan diprediksi berawan.

    Menjelang siang, antara pukul 10.00 hingga 13.00 WIB, cuaca di beberapa wilayah seperti Jabung, Lawang, Pakis, Singosari, dan Tajinan akan cerah. “Pukul 16.00 WIB diperkirakan cuaca sebagian besar kecamatan di kabupaten Malang cuaca cerah dan berawan. Cuaca udara kabut terjadi di Dau, Karangploso, Lawang, Singosari, Ngantang, Jabung, Poncokusumo, Pujon,” dikutip dari laman resmi BMKG Juanda.

    Pada malam hari hingga pukul 22.00 WIB, cuaca di Kabupaten Malang diprediksi berawan dan cerah berawan, dengan udara kabut di wilayah Kepanjen, Pagelaran, dan Pujon. Dini hari Senin, 16 Juni 2025, cuaca di Kabupaten Malang cenderung berawan dan sebagian mengalami hujan ringan serta cerah berawan.

    Kecamatan Kasembon dan Ngantang mengalami cuaca cerah berawan. Suhu udara harian diperkirakan berada antara 21 hingga 32 derajat Celcius.

    Untuk wilayah Kota Batu, cuaca pagi hari diprediksi berawan dan cerah berawan mulai pukul 10.00 WIB. Siang hari akan diselimuti kabut, dilanjutkan dengan kondisi berawan pada sore harinya.

    Pada pukul 19.00 WIB, kabut diperkirakan akan menyelimuti seluruh wilayah Kota Batu yang mencakup kecamatan Batu, Bumiaji, dan Junrejo. Kondisi udara berkabut ini diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari. Dini hari Senin cuaca diperkirakan berawan. Pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu harian antara 15 hingga 25 derajat Celcius.

    Prakiraan ini diharapkan menjadi acuan bagi masyarakat Malang Raya untuk merencanakan aktivitas mereka, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan luar ruangan. [dan/suf]

  • Polisi Telusuri Penyebar Ranjau Paku di Spot Parkir Kaldera Bromo

    Polisi Telusuri Penyebar Ranjau Paku di Spot Parkir Kaldera Bromo

    Liputan6.com, Malang – Pengunjung dan pelaku jasa wisata dikejutkan dengan temuan ranjau paku di kawasan kaldera Bromo. Sejauh ini temuan itu masih jadi teka-teki sebab belum diketahui siapa pemasangnnya dan apa motifnya. Kepolisian masih menyelidiki temuan ranjau paku di kawasan kaldera Bromo. Diketahui ada enam potongan papan kecil masing-masing berdiameter sekitar 3 sentimeter. Tiap papan terdapat sebiji paku besar berukuran sekitar 8 sentimeter.

    Kapolsek Sukapura, Probolinggo, AKP Ardhi Bita Kumala, mengatakan seluruhnya tertanam di dalam pasir di satu lokasi kaldera Bromo di area Lembah Watangan dan Bukit Teletubbies, yang difungsikan sebagai spot foto wisatawan dan titik parkir. “Ada enam ranjau paku berserakan di satu lokasi. Ada satu jip wisata dan satu motor yang jadi korban saat pertama kali ranjau paku ditemukan,” kata Ardhi saat dikonfrmasi, Rabu (11/6/2025).

    Dia menepis kemungkinan potongan papan itu merupakan sisa material proyek yang terjatuh tanpa disengaja. Sebab melihat bentuk potongan papan dan tertanam di dalam pasir, diperkirakan ranjau paku sengaja dipasang oleh orang  yang tidak bertanggung jawab. “Sengaja dipasang, tetapi siapa yang memasang dan apa motifnya masih kami telusuri,” ujarnya.

    Kepolisian memastikan ranjau pakau Bromo itu hanya berada di satu area saja. Kepastian itu setelah kepolisian bersama petugas taman nasional dan pelaku jasa wisata tidak menemukan ranjau serupa usai menyisir area lain di kawasan kaldera Bromo. “Kami imbau semua pihak agar turut serta menjaga keamanan dan kenyamanan kawasan taman nasional,” ucap Ardhi.

    Tradisi Ojung atau aksi saling pukul rotan antar warga Suku Tengger di Desa Ngadas, Poncokusumo, Malang, pada 27 Agustus 2024. Tradisi ini rutin digelar setiap tahun sekali tepat pada hari terakhir penutupan perayaan Hari Raya Karo

  • Gunung Raung Masih Erupsi, Warga 9 Desa di Jember Terdampak

    Gunung Raung Masih Erupsi, Warga 9 Desa di Jember Terdampak

    Jember (beritajatim.com) – Gunung Raung masih mengalami erupsi, Sabtu (14/6/2025). Warga di sembilan desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdampak guyuran abu tipis.

    Gunung Raung terpantau kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu kurang lebih seribu meter pada pukul 00.25 WIB. Abu mengarah ke selatan dan barat daya yang mengguyur tiga desa di Kecamatan Silo (Desa Sempolan, Desa Sidomulyo, Desa Garahan), tiga desa di Kecamatan Ledokombo (Desa Sumberbulus, Desa Sumbersalak, Desa Slateng), dan tiga desa di Kecamatan Ledokombo (Desa Gunung Malang, Desa Jambearum, dan Desa Rowosari).

    “Hujan abu vulkanik ini dirasakan oleh pengendara sepeda motor,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember Widodo Yulianto.

    BPBD dengan dibantu petugas puskesmas, polisi, dan relawan membagikan masker untuk pengendara sepeda motor dan mobil di simpang tiga Desa Sumberbulus.

    Sementara itu, relawan kebencanaan Baret Rescue yang dikomandani David Handoko Seto, Wakil Ketua Komisi C DPRD Jember dari Partai Nasional Demokrat, membagikan masker di lokasi yang tidak terjangkau petugas BPBD.

    “Kami melaksanakan giat di titik terdalam yang belum tersentuh teman-teman, karena tingkat kesulitan jangkauan transportasi, dan untuk ke lokasi tersebut harus menggunakan kendaraan khusus seperti kendaraan jeep for wheels drive dan sepeda motor trail,” kata David. [wir]

  • DPRD Jatim Dukung Ekspansi Transjatim ke Madiun Raya hingga Kediri Raya

    DPRD Jatim Dukung Ekspansi Transjatim ke Madiun Raya hingga Kediri Raya

    Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur menyatakan dukungan penuh terhadap rencana ekspansi layanan angkutan massal Transjatim ke sejumlah wilayah baru di luar kawasan aglomerasi Gerbangkertosusila. Wilayah yang disasar dalam pengembangan tersebut antara lain Madiun Raya, Malang Raya, Jember Raya, dan Kediri Raya.

    Kepala Bidang Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, Ainur Rofiq, menyebut bahwa aspirasi agar Transjatim hadir di daerah-daerah tersebut muncul dalam berbagai pertemuan dengan pemerintah kabupaten dan kota. “Kemarin hearing dengan Bupati Ngawi, beliau berharap nantinya Madiun Raya juga ada Transjatim yang bisa melayani masyarakat. Komisi D juga mendukung itu,” ungkapnya.

    Menurut Ainur, kehadiran Transjatim tidak hanya penting sebagai alat transportasi publik, tetapi juga menjadi penggerak ekonomi masyarakat dan sektor pariwisata. Transportasi massal berbasis jalan seperti Transjatim dinilai efektif karena tarifnya terjangkau dan mampu menghubungkan antarwilayah secara lebih efisien.

    “Selain tarif yang terjangkau, mengurangi kemacetan, dan membuka akses wilayah ke pusat ekonomi serta pariwisata. Hingga akhir Mei 2025, sudah terdapat enam koridor yang dioperasikan, dan semuanya telah terintegrasi antar-koridor. Insya Allah Koridor VII bisa mulai beroperasi pada bulan September 2025,” ujarnya.

    Koridor VII tersebut dirancang untuk memperkuat konektivitas di wilayah Gerbangkertosusila. Untuk operasional awal, Dishub Jatim menyiapkan 15 unit armada, terdiri dari 14 armada aktif dan satu armada cadangan.

    Selama ini, layanan Transjatim telah terbukti mendapat sambutan positif dari masyarakat, khususnya di kawasan Gerbangkertosusila. Karena itu, Dishub Jatim akan terus mendorong kajian dan koordinasi lintas daerah guna memperluas jangkauan layanan ke wilayah-wilayah lain yang memiliki potensi besar dalam pengembangan transportasi publik, termasuk Madiun Raya dan Kediri Raya. [tin/beq]

  • Kisah Korban Selamat Tragedi Air India: Lepas Sabuk Pengaman-Merangkak Keluar

    Kisah Korban Selamat Tragedi Air India: Lepas Sabuk Pengaman-Merangkak Keluar

    New Delhi

    Pesawat Air India yang terbang dari India ke London jatuh sesaat setelah lepas landas pada Kamis (12/06), menewaskan 241 penumpang dan awak, serta sejumlah orang di darat. Satu penumpang dilaporkan selamat dari insiden tersebut.

    Satu-satunya penumpang yang selamat adalah warga negara Britania yang duduk di kursi 11A. Usai insiden, dia mengatakan kepada keluarganya bahwa dia sama sekali tidak tahu bagaimana dia bisa selamat dari kecelakaan itu.

    Seorang perempuan berhasil selamat dari kecelakaan pesawat Air India karena terlambat 10 menit dan ketinggalan penerbangan, menurut BBC Gujarati.

    Pesawat Boeing 787-8 Dreamliner itu lepas landas dari Kota Ahmedabad, di India barat, kemudian jatuh menabrak area permukiman padat penduduk, menghantam kompleks rumah sakit dan asrama mahasiswa kedokteran.

    Pihak berwenang memperingatkan bahwa jumlah korban tewas bisa meningkat dalam insiden yang disebut sebagai salah satu bencana penerbangan paling mematikan dalam sejarah India.

    Bagian pesawat berada di antara bangunan di Ahmedabad, India, Kamis (12/06) (Reuters)

    Ada 12 awak dan 230 penumpang di dalamnya, termasuk 169 warga negara India, 53 warga UK, tujuh warga negara Portugal, dan satu warga Kanada.

    Sejauh ini, lebih dari 200 jenazah telah ditemukan. Namun, belum diketahui berapa banyak yang berasal dari pesawat dan berapa yang merupakan warga sekitar.

    Hingga saat ini, penyebab pasti kecelakaan masih belum diketahui.

    ‘Saya melihat orang-orang meninggal di depan mata’

    Vishwashkumar Ramesh, warga negara Britania yang menjadi satu-satunya korban selamat, mengaku berhasil keluar dari reruntuhan melalui celah di badan pesawat.

    “Saya berhasil melepaskan sabuk pengaman. Celah itu saya dorong menggunakan kaki, kemudian saya merangkak keluar,” tutur Ramesh kepada media pemerintah India, DD News.

    Ramesh, 40 tahun, duduk di kursi 11A dalam penerbangan Boeing 787 tujuan London ketika pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas di Ahmedabad, India barat, pada Kamis (12/06).

    Roda pesawat Air India yang jatuh sesaat setelah lepas landas pada Kamis (12/06) (Getty Images)

    Ramesh yang masih terbaring di ranjang rumah sakit menceritakan bagaimana lampu di dalam pesawat “mulai berkedip-kedip” sesaat setelah lepas landas.

    Dalam waktu lima hingga sepuluh detik, pesawat seperti “tersangkut di udara”.

    “Lampu-lampu mulai berkedip hijau dan putih… tiba-tiba menabrak sebuah gedung dan meledak,” tuturnya.

    Pesawat Boeing 787-8 Dreamliner itu jatuh menabrak sebuah gedung yang difungsikan sebagai akomodasi dokter di Byramjee Jeejeebhoy Medical College and Civil Hospital.

    Ramesh mengatakan bahwa bagian pesawat tempat dirinya duduk mendarat dekat tanah dan tidak bersentuhan dengan gedung tersebut.

    “Ketika pintu pecah, saya melihat ada sedikit celah. Saya berusaha keluar dari sana dan berhasil,” jelasnya.

    “Tidak ada yang bisa keluar dari sisi berlawanan yang menghadap tembok. Bagian itulah yang tertabrak.

    Pria asal Leicester itu tidak percaya bisa keluar hidup-hidup dari reruntuhan.

    “Saya melihat orang-orang meninggal di depan mata sayapara pramugari, dan dua orang dekat saya,” ujarnya.

    “Saya kira saya juga mati. Tapi ketika saya membuka mata dan melihat sekeliling, saya sadar saya masih hidup.”

    “Saya masih tidak percaya bagaimana saya selamat. Saya berjalan keluar dari reruntuhan.”

    Baca juga:

    Selain luka di sekujur tubuhnya, Ramesh juga mengalami disorientasi.

    Namun, Dokter Dhaval Gameti yang menangani Ramesh mengatakan pasiennya itu tampak “sudah melewati masa kritis”.

    Pada Jumat (13/06) pagi waktu setempat, Perdana Menteri India Narendra Modi mengunjungi lokasi kecelakaan sebelum menuju rumah sakit untuk menemui para korban luka, termasuk Ramesh.

    Dia juga menemui keluarga para korban.

    Baca juga:

    Ramesh adalah seorang pengusaha yang lahir di India tetapi sudah tinggal di Kerajaan Bersatu (UK) sejak tahun 2003.

    Dia diketahui memiliki seorang istri dan seorang putra berusia empat tahun.

    Kakak Ramesh, Ajay, juga berada di dalam pesawat malang itu.

    “Ketika dia [Vishwashkumar] menelepon kami, dia justru lebih mengkhawatirkan [Ajay],” ujar kakak mereka yang lain, Nayan Kumar Ramesh, kepada BBC News di Leicester pada Kamis (12/06).

    Informasi tentang satu-satunya penumpang yang selamat dari kecelakaan Air India dengan cepat menjadi berita utama internasional.

    Video yang beredar di media sosial menunjukkan Ramesh berjalan menuju ambulans dengan kepulan asap membubung di belakangnya.

    Dia terekam sedang berjalan tertatih-tatih menuju ambulans, dengan asap dari pesawat yang jatuh mengepul di latar belakang.

    “30 detik setelah lepas landas, terdengar suara keras… semuanya terjadi begitu cepat,” ujar Vishwashkumar, menceritakan pengalamannya kepada media lokal dari rumah sakit.

    ‘Kemacetan Ahmedabad menyelamatkan hidup saya’

    Pada Kamis (12/06) sore, Bhumi Chauhan, 30 tahun, awalnya kecewa karena ketinggalan pesawat. Namun, tak lama kemudian, ia sangat bersyukur.

    Pesawat yang ia lewatkan adalah pesawat Air India tujuan London dengan 242 orang penumpang dan awak pesawat, yang jatuh tak lama setelah lepas landas dari Ahmedabad, Gujarat, India barat.

    Chauhan melakukan perjalanan darat dari kota asalnya Ankleshwar di Gujarat untuk mengejar penerbangan tersebut.

    “Kami tiba di Ahmedabad tepat waktu, tapi karena lalu lintas kota, saya tiba di bandara terlambat lima menit. Saya tidak diizinkan masuk bandara,” kata Chauhan kepada BBC Gujarati.

    “Awalnya, saya kesal karena kehilangan uang tiket dan mungkin pekerjaan saya. Tapi sekarang, saya bersyukur… uang saya mungkin hilang, tapi hidup saya terselamatkan.”

    Baru setelah ia meninggalkan bandara dan beristirahat sejenak untuk minum teh dalam perjalanan pulang, ia menyadari bahwa pesawat itu mengalami kecelakaan.

    “Kami mampir untuk minum teh dan berbicara dengan agen perjalanan kami tentang cara mendapatkan pengembalian dana,” kata Bhumi.

    “Saat itulah kami menerima telepon dari Ankleshwar yang mengatakan pesawat yang seharusnya saya tumpangi telah jatuh,” ujarnya, suaranya tercekat karena kaget.

    “Kami segera pergi ke kuil dan bersyukur kepada Tuhan… kemacetan Ahmedabad menyelamatkan hidup saya.”

    Tim gabungan berusaha memadamkan kobaran api setelah pesawat jatuh di Ahmedabad, Kamis (12/06) (Reuters)

    Bagaimana kronologi kejadian?

    Menurut data Flightradar24, runutan waktunya sebagai berikut:

    13:30 waktu setempat (14:00 WIB): Pesawat tercatat masih di darat (0 knot)13:34 waktu setempat: Masih di darat, kecepatan meningkat hingga10 knot (18,5 km/jam)13:38 waktu setempat: Menanjak ke ketinggian 190 meter dan 174 knot. Sinyal kemudian hilang.

    Bagian ekor pesawat tampak terjepit di antara reruntuhan bangunan di Ahmedabad, Kamis (12/06) (Reuters)

    Pesawat Boeing 787-8 Dreamliner itu memberikan panggilan mayday ke menara pengatur lalu lintas udara setelah lepas landas, tetapi kemudian tidak memberikan respons.

    Sinyal terakhir dari pesawat diterima pada pukul pukul 15:08 WIB, hanya beberapa detik setelah lepas landas.

    Serpihan pesawat Boeing 787 Dreamliner menunjukkan sebagian huruf registrasi penerbangan “VT-ANB” (Reuters)

    Kondisi cuaca stabil dan cerah ketika pesawat jatuh, kata pakar keselamatan penerbangan Marco Chan.

    Angin permukaan ringan dan jarak pandang enam kilometer, menurut prakiraan cuaca penerbangan.

    Chan menambahkan “tidak ada awan atau fenomena cuaca signifikan yang dilaporkan, tanpa indikasi geseran angin, badai, atau kondisi buruk lainnya yang mungkin berkontribusi terhadap insiden tersebut”.

    Di mana pesawat jatuh?

    DGCA, regulator penerbangan India, menyatakan bahwa pesawat jatuh “segera setelah lepas landas dari Ahmedabad” dan “di luar perimeter bandara”.

    Faiz Ahmed Kidwai, kepala direktorat penerbangan sipil India, mengatakan kepada Associated Press bahwa pesawat tersebut jatuh di area perumahan bernama Meghani Nagar.

    Area tersebut berada di India bagian barat.

    BBC

    Seorang perwira polisi senior di Ahmedabad mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa pesawat tujuan London itu menabrak sebuah wisma dokter, yang menampung tenaga medis di daerah tersebut.

    Ia mengatakan polisi, petugas pemadam kebakaran, dan pekerja sipil lainnya tiba di tempat kejadian dalam hitungan menit. Operasi penyelamatan masih berlangsung.

    Seorang warga bernama Ramila mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa putranya baru saja memasuki wisma dokter untuk makan siang ketika pesawat jatuh di lokasi tersebut.

    Menurut Ramila, putranya melompat dari lantai dua bangunan itu dan mengalami cedera,

    Bagaimana situasi setelah pesawat jatuh?

    Akibat insiden ini, operasional bandara Ahmedabad ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

    Samira Hussain, koresponden BBC News Asia Selatan, melaporkan bahwa video di media sosial menunjukkan asap hitam membumbung, mengindikasikan pesawat jatuh di area perumahan.

    Pesawat tersebut jatuh di area perumahan di Kota Ahmedabad (Reuters)

    Menurut laporan pandangan mata Roxy Gagdekar, wartawan BBC Gujarati yang melaporkan langsung dari Ahmedabad, semua orang berlarian mencoba menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa. Sukarelawan di area terdekat berusaha membantu semampu mereka.

    “Operasi penyelamatan sedang berlangsung di lokasi yang sangat dekat dengan bandara. Ambulans memenuhi seluruh area. Jalanan diblokir,” demikian laporan Gagdekar.

    Tim gabungan berusaha memadamkan kobaran api setelah pesawat jatuh di Ahmedabad, Kamis (12/06) (Reuters)

    Saat berita ini diturunkan, tim tanggap darurat dilaporkan masih berusaha memadamkan api.

    Para saksi mata mengatakan mereka mendengar suara keras dan melihat asap hitam mengepul.

    Petugas pemadam kebakaran kemudian memulai operasi penyelamatan. Jasad-jasad masih dievakuasi dari area tersebut.

    Berapa jumlah korban dan dari mana saja mereka?

    Pesawat Air India Flight AI171 yang menuju London ini membawa 242 orang, termasuk dua pilot dan 10 awak kabin.

    Faiz Ahmed Kidwai, kepala direktorat penerbangan sipil India, mengonfirmasi jumlah tersebut kepada Associated Press.

    Rincian kewarganegaraan penumpang adalah: 169 warga negara India, 53 warga negara UK, satu warga negara Kanada, dan tujuh warga negara Portugal.

    241 penumpang dan awak pesawat dinyatakan meninggal dunia, satu orang penumpang selamat.

    Pesawat yang jatuh adalah Boeing 787-8 Dreamliner dengan registrasi VT-ANB, menurut FlightRadar. Pesawat jenis ini memiliki kapasitas hingga 256 kursi.

    Apa penyebab jatuhnya pesawat?

    Penyebab pasti kecelakaan masih belum diketahui. Investigasi akan dilakukan untuk mencari tahu alasan di balik peristiwa itu.

    Insiden tersebut merupakan pertama kalinya pesawat Boeing 787 jatuh seperti ini.

    Model itu diluncurkan 14 tahun lalu dan hanya enam pekan lalu pembuat pesawat tersebut memuji fakta bahwa Dreamliner telah mencapai tonggak sejarah dengan mengangkut 1 miliar penumpang.

    Untuk menandai peristiwa itu, Boeing mengatakan armada 787 dengan lebih dari 1.175 pesawat telah mengangkasa lebih dari lima juta kali yang mencakup lebih dari 30 juta jam terbang.

    Insiden di Ahmedabad merupakan pukulan bagi Boeing yang telah berjuang untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk kecelakaan fatal, dengan program 737-nya.

    Menanggapi insiden di Ahmedabad, Boeing merilis pernyataan singkat: “Kami mengetahui laporan awal dan sedang berupaya untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.”

    (nvc/nvc)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Cuaca Malang Raya 14 Juni 2025: Kota Malang dan Batu Berkabut, Kabupaten Diguyur Hujan Ringan

    Cuaca Malang Raya 14 Juni 2025: Kota Malang dan Batu Berkabut, Kabupaten Diguyur Hujan Ringan

    Malang (beritajatim.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan kondisi cuaca di wilayah Malang Raya pada Sabtu, 14 Juni 2025, didominasi cuaca berawan dan berkabut, dengan potensi hujan ringan di sejumlah kecamatan Kabupaten Malang.

    Di Kota Malang, cuaca pagi hari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB diperkirakan cerah kemudian berawan. “Memasuki pukul 10.00 cuaca di Kota Malang cuaca masih berawan,” dikutip dari laman resmi BMKG Juanda. Cuaca berawan berlanjut hingga siang hari pukul 13.00 WIB. Sore dan malam hari, wilayah Kota Malang diprediksi berkabut. Sementara pada Minggu (15/6/2025) dini hari, cuaca kembali cerah. Suhu udara di Kota Malang berkisar antara 21 hingga 30 derajat Celcius.

    Di wilayah Kabupaten Malang, pagi hari sebagian besar kecamatan mengalami cuaca berawan. Namun, hujan ringan diprakirakan turun di beberapa wilayah seperti Dampit, Kalipare, Kasembon, Ngantang, Poncokusumo, Pujon, dan Sumbermanjing Wetan.

    Pada pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB, cuaca di sejumlah kecamatan berawan dan cerah berawan, termasuk di Jabung, Lawang, Pakis, Singosari, dan Tajinan. Menjelang sore pukul 16.00 WIB, sebagian besar wilayah diprediksi mengalami kabut. Cuaca berkabut terpantau di Jabung, Poncokusumo, dan Pujon.

    Malam harinya, pukul 19.00 hingga 22.00 WIB, udara kabut terjadi di Gedangan, sementara kondisi berawan melanda Jabung, Poncokusumo, Pujon, Tajinan, dan Wajak. Dini hari Minggu, cuaca di Kabupaten Malang cenderung cerah hingga cerah berawan, dengan suhu berkisar antara 21 hingga 30 derajat Celcius. Kecamatan Dampit, Dau, Ngantang, Pujon, Poncokusumo, Tirtoyudo, dan Tumpang diperkirakan tetap berawan.

    Kota Batu yang meliputi kecamatan Batu, Bumiaji, dan Junrejo diprediksi berawan pada pagi hari. Pukul 10.00 WIB, cuaca berubah menjadi cerah berawan, namun siang hari diperkirakan berkabut. Sore hari, cuaca kembali berawan. Pada pukul 19.00 WIB, kabut diperkirakan kembali menyelimuti wilayah Batu dan sekitarnya, berlanjut hingga malam hari. Dini hari Minggu (15/6/2025), cuaca berawan dan tetap berawan hingga pagi hari pukul 07.00 WIB. Suhu udara di wilayah ini diprakirakan berada pada kisaran 17 hingga 23 derajat Celcius. [dan/beq]