kab/kota: Magelang

  • Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Magelang Libatkan Posyandu

    Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Magelang Libatkan Posyandu

    Magelang, Beritasatu.com – Program makan bergizi gratis (MBG) untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan balita berhasil diuji coba oleh Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) bersama Dinas Kesehatan Kota Magelang. Program ini disalurkan melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai solusi praktis untuk mempermudah akses asupan gizi di tengah padatnya aktivitas warga perkotaan.

    Salah satu lokasi uji coba adalah Posyandu di Kelurahan Magersari, Kota Magelang. Di tempat ini, sebanyak 328 penerima manfaat, termasuk 14 ibu hamil, 93 ibu menyusui, dan 221 balita, mendapatkan tambahan gizi melalui program ini.

    “Kami ditunjuk oleh SPPG sebagai lokasi uji coba pertama. Total ada 328 penerima manfaat yang terdiri dari balita, ibu hamil, dan ibu menyusui,” kata Kepala Kelurahan Magersari, Sri Hartati, pada Sabtu (28/12/2024).

    Sri menjelaskan untuk mempermudah distribusi, makanan bergizi gratis disalurkan melalui posyandu terdekat.

    “Mobil layanan mengirim makanan ke satu titik di posyandu utama. Kader-kader posyandu kemudian mengambil makanan tersebut untuk didistribusikan ke posyandu lainnya di setiap RW. Proses ini dilakukan secara bergilir,” tambahnya.

    Program MBG ini mendapat sambutan hangat dari warga. Banyak yang berharap program ini dapat terus dilanjutkan dan kualitas menu makanannya semakin ditingkatkan.

    Herlinawati, ibu dari seorang balita, mengungkapkan kebahagiaannya.

    “Program ini sangat membantu asupan gizi anak saya yang masih balita. Menunya lengkap, ada nasi, daging sapi, tempe, sayur, buah pisang, dan susu. Anak saya jadi tambah sehat,” ujarnya.

    Hal senada diungkapkan oleh Risyee, seorang ibu menyusui. Ia merasa terbantu dengan adanya program makan bergizi gratis ini.

    “Alhamdulillah, sangat membantu. Sebagai ibu menyusui, saya butuh asupan yang bergizi. Menunya lengkap dan rasanya enak. Semoga program ini terus berlanjut,” harapnya.

  • Ini Alasan Yogyakarta Ditetapkan Jadi Proyek Percontohan Gerakan Wisata Bersih

    Ini Alasan Yogyakarta Ditetapkan Jadi Proyek Percontohan Gerakan Wisata Bersih

    Liputan6.com, Yogyakarta – Badan Otoritas Borobudur (BOB) resmi menetapkan dua kawasan destinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai proyek percontohan nasional wisata bersih. Wisata bersih merupakan satu dari lima program unggulan Kementerian Pariwisata tahun depan. Direktur BOB, Agustin Peranginangin menyatakan dua kawasan wisata tersebut adalah Malioboro, Kota Yogyakarta dengan proyek toilet bersihnya dan kawasan Pantai Parangtritis, Bantul dengan proyek pengelolaan sampah mandirinya.

    “Kedua kawasan tersebut kita pilih selain karena menjadi ikon pariwisata Yogyakarta juga merupakan bagian dari pengembangan Sumbu Filosofi Yogyakarta yang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco 2018 lalu,” kata Agustin, Kamis (26/12/2024).

    Kementerian Pariwisata pada tahun depan telah menggagas lima program unggulan untuk memajukan industri pariwisata Indonesia yaitu Gerakan Wisata Bersih, Tourism 5.0, Desa Wisata, Event dengan IP Indonesia dan Pariwisata Naik Kelas.

    BOB pada awal Desember kemarin telah mendeklarasikan program wisata bersih di kawasan wisata Ketep, Magelang. Menggiatkan kembali program wisata bersih merupakan keberlanjutan program Sapta Pesona. “Di kawasan Malioboro kita akan menggagas keberadaan toilet bersih. Ini tidak mudah karena pembangunan toilet tidak serta merta dilakukan, karena sudah ada tata ruang ketat yang bertujuan melindungi kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta,” ujarnya.

    Akan berkolaborasi dengan pengelola kawasan Malioboro, BOB menurut Agustin akan berusaha menambah keberadaan toilet umum dengan cara meremajakan toilet-toilet yang sudah ada. Atau dengan mengoptimalisasi toilet-toilet yang dimiliki swasta.

  • Profil Komjen Chryshnanda Dwilaksana, Kalemdiklat Polri Bergelar Profesor yang Memiliki Jiwa Seni

    Profil Komjen Chryshnanda Dwilaksana, Kalemdiklat Polri Bergelar Profesor yang Memiliki Jiwa Seni

    loading…

    Komjen Pol Chryshnanda Dwilaksana saat masih menjabat Kasespim Lemdiklat Polri. Chryshnanda yang kini jenderal bintang 3 menduduki posisi Kalemdiklat Polri. Foto: sespim.lemdiklat.polri.go.id

    JAKARTA – Komjen Pol Chryshnanda Dwilaksana menjabat sebagai Kalemdiklat Polri. Jabatan tersebut diperoleh pada pertengahan November 2024 usai menggantikan Komjen Pol Purwadi Arianto.

    Ketika menjabat Kalemdiklat Polri, Chryshnanda melakukan kunjungan kerja dalam Program Kampus Unggul di Pusdik Polair Lemdiklat Polri dengan tema Mengajarkan dan Mengembangkan “Maritime Policing”, Selasa (24/12/2024).

    Di sana, dia turut memberikan arahan sekaligus amanat kepada personel Pusdik Polair terkait pemahaman dan penghayatan tugas sebagai jalan hidup.

    Selain memberikan arahan dan penjelasan, Kalemdiklat Polri juga meninjau sarana dan prasarana yang ada di Pusdik Polair Lemdiklat Polri. Hal ini dilakukan guna melihat kesiapan fasilitas di sana yang dipakai dalam proses pembelajaran peserta didik maupun tenaga pendidik.

    Profil Komjen Chryshnanda DwilaksanaChryshnanda merupakan salah seorang Perwira Tinggi (Pati) Polri. Dia bertugas sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

    Sekelumit tentang Chryshnanda. Polisi kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 3 Desember 1967 ini merupakan lulusan Akademi kepolisian (Akpol) tahun 1989.

    Selain Akpol, Chryshnanda juga mengikuti pendidikan di internal Polri yakni Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespim) Lemdiklat Polri hingga Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Lemdiklat Polri.

    Pada jenjang umum, Chryshnanda melanjutkan pendidikan S-1 di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 1998. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Indonesia (UI) dan meraih gelar Doktoral Studi Kajian Ilmu Kepolisian di UI pada 2005.

    Sekitar 2020, Chryshnanda diangkat menjadi profesor dalam bidang kajian ilmu kepolisian pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Kemudian, dia juga dikukuhkan sebagai Guru Besar PTIK pada Juni 2021.

    Beralih ke perjalanan karier, Chryshnanda pada awal dinasnya di Polri pernah menjadi Wakasatsabhara Polresta Surakarta Polda Jateng (1991), Kabag Tatib Ditlantas Polda Sulut (1992) hingga Kaurbinopsnal Satlantas Polrestabes Semarang Polda Jateng (1993).

  • Jumlah Penumpang di Simpul Transportasi di Jateng dan Yogyakarta Melonjak Saat Libur Natal

    Jumlah Penumpang di Simpul Transportasi di Jateng dan Yogyakarta Melonjak Saat Libur Natal

    Bisnis.com, JAKARTA – Selama masa libur Natal 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat lonjakan pergerakan penumpang di sejumlah simpul transportasi di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah seperti Stasiun Lempuyangan, Terminal Giwangan hingga Terminal Tidar Magelang. 

    Kepala Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans), Robby Kurniawan menjelaskan di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, tercatat pergerakan penumpang mencapai 5.679 orang pada 25 Desember 2024. Robby menyatakan bahwa tingginya animo masyarakat untuk bepergian memerlukan kesiapan maksimal dari seluruh pihak terkait. 

    “Jumlah penumpang yang melakukan perjalanan cukup ramai. Animo masyarakat ini perlu diantisipasi dengan pelayanan yang optimal,” kata Robby, Kamis (26/12/2024). 

    Sementara itu, Terminal Giwangan Yogyakarta juga mencatat aktivitas penumpang yang signifikan. Pada 25 Desember, jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mencapai 5.639 penumpang yang datang dan 6.892 penumpang yang berangkat. Selain itu, ada 546 kendaraan yang tiba dan 573 kendaraan yang berangkat dari terminal ini. 

    Sementara itu untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), tercatat 389 penumpang datang dan 302 penumpang berangkat dengan jumlah kendaraan masing-masing sebanyak 61 dan 66 kendaraan.  

    Lonjakan serupa juga terjadi di Terminal Tidar Magelang, meskipun cenderung menurun dibandingkan hari-hari sebelumnya. Pada 25 Desember, jumlah penumpang bus AKAP yang tiba mencapai 2.863 orang, sementara 2.924 penumpang tercatat berangkat. Penurunan ini, menurut Robby, tidak mengurangi kewaspadaan dan kualitas pelayanan di terminal.  

    “Meski terdapat penurunan di beberapa lokasi, kami tetap berkomitmen memastikan kelancaran dan kenyamanan perjalanan bagi seluruh penumpang selama masa Nataru,” tambahnya.  

    Kementerian Perhubungan, melalui Baketrans, juga telah mengantisipasi dampak cuaca ekstrem selama periode Nataru dengan menerapkan langkah-langkah mitigasi. Upaya ini mencakup pengawasan intensif dan penyediaan standar operasional pelayanan untuk memastikan perjalanan tetap aman dan lancar di tengah tingginya mobilitas masyarakat.

  • Wacana Kebumen Jadi Ibu Kota Jawa Selatan, Pemkab: Belum Ada Pernyataan Resmi

    Wacana Kebumen Jadi Ibu Kota Jawa Selatan, Pemkab: Belum Ada Pernyataan Resmi

    Kebumen, Beritasatu.com – Wacana pembentukan Provinsi Jawa Selatan dengan Kabupaten Kebumen sebagai calon ibu kotanya ramai diperbincangkan di media sosial. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menegaskan hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah provinsi maupun pusat terkait isu tersebut.

    Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Kebumen Wahyu Siswanti mengaku sudah membaca informasi tersebut di media sosial. Namun, ia menegaskan belum ada komunikasi formal atau dokumen resmi yang diterima pihaknya.

    “Beberapa kali saya baca di media sosial, tetapi sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” ujar Wahyu saat dihubungi, Jumat (27/12/2024).

    Wahyu mengungkapkan wacana ini mengejutkan pihaknya, terutama karena tidak ada diskusi atau pertemuan yang secara resmi membahas rencana tersebut.

    “Beberapa waktu lalu, ada tamu-tamu dari pemerintah provinsi ke Kebumen. Kami berdiskusi banyak hal, tetapi wacana ini sama sekali tidak disebutkan. Kalau memang sudah dibahas di tingkat provinsi, setidaknya kami pasti diberi informasi,” jelasnya terkait wacana Kebumen menjadi ibu kota Jawa Selatan.

    Isu ini berawal dari unggahan akun TikTok @explore* pada Sabtu (21/12/2024), yang menyebut Kebumen sebagai calon ibu kota Provinsi Jawa Selatan. Unggahan tersebut juga menyertakan daftar kabupaten dan kota yang disebut akan bergabung, antara lain Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Purbalingga.

    Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Dicky Adinurwanto membantah wacana tersebut. Ia meminta semua pihak menelaah lebih dalam kebenaran informasi tersebut.

    “Hingga saat ini, di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah belum ada pembahasan resmi mengenai pemekaran menjadi Provinsi Jawa Selatan,” ujar Dicky, Senin (23/12/2024).

    Dicky mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak langsung mempercayai informasi yang beredar di media sosial.

    “Seyogianya kita mengacu pada sumber resmi dari instansi yang berwenang, seperti Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), untuk memastikan kebenaran informasi,” tambahnya terkati wacana Kebumen menjadi ibu kota Provinsi Jawa Selatan.

  • Melihat Lebih Dekat Isi Dapur Makan Bergizi Gratis di Magelang

    Melihat Lebih Dekat Isi Dapur Makan Bergizi Gratis di Magelang

    Magelang, Beritasatu.com – Menjelang pelaksanaan makan bergizi gratis yang akan digelar secara serentak pada Januari 2025 mendatang, berbagai persiapan baik tempat maupun sumber daya manusia (SDM) terus dimatangkan. Seperti di kantor Satuan Pelayanan Makan Bergizi di Kota Magelang, Jawa Tengah yang akan dipergunakan untuk memproduksi 3.000 porsi menu makan bergizi gratis. 

    Kantor pelayanan makan bergizi gratis ini dengan bangunan seluas 500 meter ini bertempat di Jalan Gatot Soebroto, berdekatan dengan gedung Akademi Militer (Akmil). Di tempat ini terdapat sejumlah ruangan dan peralatan memasak khusus untuk mengolah bahan makanan bergizi sebelum didistribusikan kepada warga.

    “Diharapkan kami di sini dapat memproduksi sekitar 3.000 porsi setiap hari, dengan alokasi target siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan ibu menyusui, ibu hamil serta balita. Di sini kita sudah memenuhi standar dalam pengolahan dan penyimpanan makanan, terutama dari dapur dan peralatannya. Di sini banyak peralatannya sudah 99 persen % berstandar atau minimal stainless steel sesuai standar safety yang ada, mulai dari tempat masuk karyawan, tempat mengolah hingga pendistribusian,” kata Rauuf Oktafian saat ditemui di kantornya pada Jumat (27/12/2024).

    Satuan Pelayanan Makan Bergizi di Kota Magelang, Jawa Tengah. – (Beritasatu.com/Priyo Budi Santoso)

    “Kita sudah mempunyai tiga tungku besar dan empat tungku kecil. Kita pisahkan antara tungku besar dan kecil karena untuk memisahkan antara tempat untuk memasak protein dan juga untuk sayuran. Jadi protein untuk ikan, daging ayam ataupun telur terpisah dengan tempat untuk memasak sayur untuk menghindari cros combination,” jelasnya. 

    Untuk target distribusi atau pelayanan untuk anak sekolah dibatasi dengan radius 1 kilometer. “Ke depan BGN akan mempersiapkan metode untuk penambahan dapur atau penambahan kapasitas produksi,” terangnya.

    Seperti diketahui sebelumnya kantor satuan pelayanan makan bergizi ini merupakan salah satu tempat untuk memproduksi ribuan makanan sehat sebelum didistribusikan ke warga. Satuan pelayanan ini menjadi percontohan dapur sehat yang pernah diluncurkan oleh Presiden Prabowo Subianto di sela retreat kabinet merah putih di Lembah Tidar kawasan Akademi Militer Magelang, beberapa waktu lalu.

    Diharapkan dengan adanya satuan pelayanan makan bergizi ini dapat mempercepat maupun mempermudah dalam memproduksi dan menyalurkan makan bergizi untuk para penerima manfaat seperti, anak sekolah dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, ibu menyusui, ibu hamil dan balita. 

  • Proposal Perayaan Malam Tahun Baru Budget Rp44 Juta Viral, Polisi Ingatkan Waspada Pungli: Abaikan

    Proposal Perayaan Malam Tahun Baru Budget Rp44 Juta Viral, Polisi Ingatkan Waspada Pungli: Abaikan

    TRIBUNJATIM.COM – Media sosial dihebohkan dengan foto proposal perayaan malam tahun baru yang menelan biaya Rp44 juta viral.

    Adapun proposal tersebut tertulis di Kota Bekasi.

    Foto tersebut diunggah akun Instagram @folkkonoha, dikutip dari Tribun Jakarta.

    Dalam proposal yang viral di media sosial tersebut, berisi susunan anggaran penyelenggaraan acara yang hendak digelar salah satu ormas besar di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan. 

    Susunan anggaran berupa biaya pembuatan proposal, sewa tenda kursi, penyediaan konsumsi hiburan seni dan musik dangdut yang ditotal mencapai Rp44.000.000. 

    Tidak diketahui proposal tersebut ditunjukkan ke siapa.

    Hingga kini belum ada laporan dari masyarakat atau pelaku usaha di wilayah Bekasi Selatan yang mengeluh dugaan pungli dengan dalih sumbangan anggaran kegiatan ormas. 

    Namun pihak kepolisian mengingatkan masyarakat untuk waspada pungutan liar atau pungli.

    “Tidak ada laporan dari masyarakat ataupun warga ataupun pengusaha,” kata Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji, Jumat (27/12/2024). 

    Meski begitu, Untung memastikan pihaknya tetap mengantisipasi dengan mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan praktik pungli dengan dalih proposal tersebut. 

    “Kami mengantisipasi (megimbau) kepada warga pengusaha ataupun tentang beredarnya surat-surat tersebut, ya kalau memang itu abaikan dan laporankan kepada pihak kepolisian,” tegas Untung. 

    Media sosial dihebohkan dengan foto proposal perayaan malam tahun baru yang menelan biaya Rp44 juta viral. (SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com)

    Sementara itu kisah viral lainnya soal pungli, menolak beri uang yang diminta warga yang melakukan pungutan liar (pungli), seorang wisatawan dilempar sandal.

    Warga tersebut melakukan pungutan liar di obyek wisata Tirta Sambara, Magelang, Jawa Tengah.

    Hal itu membuat warga marah dan melempar sandal ke wisatawan yang menolak.

    Kini kejadian tersebut terekam dalam sebuah video hingga viral.

    Dalam video tersebut, terlihat seorang warga mengeluh tentang adanya tarikan uang.

    Tepatnya saat hendak menuju lokasi wisata air yang terletak di Desa Sumberarum, Magelang. 

    Akun Instagram yang membagikan video tersebut juga menyebutkan bahwa seorang warga dilempar sandal karena menolak memberikan uang yang diminta warga sekitar.

    Pemilik Tirta Sambara, Joko Wiseno, menyayangkan kejadian pungli yang terjadi di akses jalan menuju obyek wisata tersebut.

    “Semoga peringatan dari masyarakat melalui mass media ini menjadi momentum untuk perbaikan,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Senin (23/12/2024).

    Joko menambahkan bahwa pihaknya bersama pengusaha obyek wisata air di Sumberarum berencana melibatkan masyarakat setempat dalam program pemberdayaan.

    Agar mereka juga merasakan dampak ekonomi dari keberadaan obyek wisata tersebut.

    “Dan juga pengunjung merasakan kenyamanan pelayanan dalam mengakses atau menuju ke lokasi wisata,” imbuhnya.

    Selain Tirta Sambara, setidaknya terdapat empat obyek wisata serupa di Sumberarum, seperti Umbul Banyu Roso, Ngasinan, Lintang Waterpark, dan Tirto Madu.

    Kepala Desa Sumberarum, Muhzen Fanani, menjelaskan bahwa video viral tersebut menunjukkan kejadian yang berlangsung di Dusun Kasuran.

    Ia mengaku telah berulang kali memperingatkan warganya untuk tidak mematok tarif, melainkan memberlakukan tarif seikhlasnya.

    “Lebih kurang satu tahun terakhir, masyarakat berjaga di seputaran akses menuju obyek wisata air di Desa Sumberarum.”

    “Tapi, di lapangan (berbeda). Kan, saya tidak (selalu) menunggu (mengawasi),” cetusnya kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya, Senin (23/12/2024).

    Muhzen menambahkan bahwa jalur di Dusun Kasuran, yang curam dan memiliki tikungan tajam, cukup berbahaya.

    Terutama bagi pengendara yang tidak terbiasa, apalagi kondisi jalan masih berlubang.

    Ia menyarankan agar warga setempat yang berjaga di sekitar lokasi dapat berperan sebagai penunjuk jalan tanpa menarik pungli.

    “Karena jika masyarakat wegah (enggan berkunjung), nanti (warga Sumberarum) rugi sendiri,” tukasnya.

    Terkait lemparan sandal atau perlakuan tidak menyenangkan yang diterima warga yang menolak pungli, Muhzen mengaku tidak mengetahuinya.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews Tribunjatim.com

  • Mitsubishi Buka Posko Siaga dan Dealer Kawal Konsumen Libur

    Mitsubishi Buka Posko Siaga dan Dealer Kawal Konsumen Libur

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membuka setidaknya 60 posko siaga untuk mengawal konsumen dalam momentum Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Kazuto Azuma, Director of After Sales Division PT MMKSI menjelaskan pihaknya memanfaatkan ratusan dealer resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 60 Dealer Siaga yang akan beroperasi pada sepanjang periode akhir 2024 hingga awal 2025.

    “Hal ini tidak lain untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna kendaraan Mitsubishi Motors yang tengah melakukan perjalanan liburan Nataru,” kata dia dalam keterangannya dikutip Jumat (27/12).

    Program Dealer Siaga ini kami hadirkan untuk memastikan perjalanan liburan bersama kendaraan Mitsubishi berjalan lancar dan bebas khawatir.

    MMKSI bersama dealer resmi Mitsubishi Motors yang berfasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) telah menyiapkan 60 dealer siaga yang tersebar di lokasi strategis di seluruh Indonesia.

    Layanan program ini tersedia selama periode libur Natal dan Tahun Baru pada hari libur tanggal 25, 29, 31 Desember 2024, serta 1 Januari 2025, dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.00.

    Di luar tanggal-tanggal tersebut dealer dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia tetap buka, beroperasi dan melayani konsumen sesuai jadwal reguler.

    Sebagai tambahan, para pelanggan juga masih dapat memanfaatkan program spesial Rainy Campaign dan Kilau Tahun Baru untuk menjaga performa kendaraan tetap prima selama musim hujan.

    Dengan layanan-layanan ini, Azuma ingin memastikan pengguna Mitsubishi siap menghadapi berbagai kondisi cuaca, sehingga perjalanan saat Nataru tetap aman dan menyenangkan.

    “Jangan ragu untuk mengunjungi atau menghubungi dealer resmi Mitsubishi Motors terdekat untuk memanfaatkan layanan-layanan ini,” ungkap Azuma.

    Berikut adalah daftar dealer resmi Mitsubishi selama liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025:

    Jakarta
    Dipo- Puri: (021) 22581132
    Bra – Tebet: (021) 8309256
    Dwindo – Cakung: (021) 22461888
    Sun – Fatmawati : (021) 7507316
    Sdm – Lenteng Agung : (021) 27803888
    Sdm – Mampang : (021) 79188888
    Dipo – PIK: (021) 50106808
    Sun – Cempaka Putih : (021) 4213220
    Arista – Kalimalang : (021) 86601111

    Bodabek & Banten
    Sun – Margahayu (Bekasi) (021) 88347777
    Prabu – Bogor : (0251) 8312296
    Dipo – Ciputat: (021) 7401448
    Bra – Serpong: (021) 29670000
    Mustika – Cibubur (021) 82461111
    Sdm – Alam Sutera (021) 29853808

    Jawa Barat
    Wicaksana – A. YaniJawa Barat : (022) 7202555
    Dipo Tasik(0265) 333288
    Sdm Karawang(0267) 8618888
    Sps – Cirebon(0231) 8336660
    Sdm Sumedang(0261) 201 360
    Prabu Subang(0260) 4247414

    Jawa Tengah
    Bra – Semarang(024) 7605506
    Sun – Kol Sutarto (Solo)(0271) 647444
    Sun – Kudus(0291) 4258888
    Bom – Jl Magelang(0274) 623570
    Sun – Purwokerto(0281) 621666
    Bra – Magelang(0293) 364371
    Bom – Tegal(0283) 352525
    Sun – Mt Haryono(024) 8441106
    Bom – Adi Sucipto(0274) 486706

    Sumatera
    Arista – Banda Aceh(0651) 8012888
    Dipo – Medan(061) 7866868
    Dipo – Pekanbaru(0761) 848808
    Suka Fajar – Padang(0751) 32906
    Suka Fajar – Pekanbaru(0761) 575544
    Sardana – Kisaran(0623) 3445800
    Sardana – Gatsu(061) 4557800
    Budi Berlian – Natar(0721) 709999
    Bmm – Palembang(0711) 510858
    Lbum -Tanjung Api Api(0711) 5716008
    Lbum – Bengkulu(0736) 23401
    Dipo – Jambi(0741) 60300
    Lbum – Bandar Jaya(0725) 528088
    Suka Fajar – Jambi(0741) 32151

    Kalimantan
    Sdim – Palangkaraya (0536) 4278888 Sumber – Banjarmasin Km.10(0511) 4281699
    Gbi – Pontianak (A.yani)(0561) 581111
    Mandau – Balikpapan(0542) 875479
    Mahakam – Wahid Hasyim(0541) 771771

    Sulawesi
    Bosowa – Makassar
    (0411) 444444
    Bosowa – Manado(0431) 862420

    Jawa Timur & Bali
    Srikandi – Surabaya Pecindilan(031) 3771000
    Sun – Malang Singosari(0341) 454833
    Bra – Denpasar Imbo
    Dipo – Banyuwangi(0333) 424417
    Dipo – Madiun(0351) 464285
    Bra – Sidoarjo(031) 8950467
    Sun – Probolinggo(0335) 436833

    Untuk mendapatkan bantuan dan informasi layanan Mitsubishi Motors di Indonesia secara menyeluruh, pengguna juga dapat mengakses Mitsubishi Motors Customer Care di nomor telepon 0804-1-300-300.

    Atau bisa juga menghubungi layanan asisten virtual berbasis chat, MIRA, melalui WhatsApp di nomor 0811-130-1300.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Pria ini Dipukul Botol usai Pelaku Marah Speaker Karaoke Dimatikan saat Nyanyi Sambil Pesta Miras

    Pria ini Dipukul Botol usai Pelaku Marah Speaker Karaoke Dimatikan saat Nyanyi Sambil Pesta Miras

    TRIBUNJATIM.COM – Pria di Bekasi, Jawa Barat dipukul menggunakan botol minuman keras oleh pelaku berinisial HS dan teman-temannya.

    Kondisi korban bersimbah darah.

    Diketahui, pelaku memukulkan botol minuman keras ke korban karena speaker karaoke.

    Speaker karaoke yang dipakai ternyata dimatikan oleh saksi.

    Peristiwa itu terjadi di sebuah rumah kontrakan Kampung Babakan Kelurahan Mustikasari Kecamatan Mustikajaya Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/12/2024) pukul 00.30 WIB.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, menjelaskan kasus bermula saat korban dan beberapa temannya termasuk pelaku berinisial HS sedang bernyanyi sambil menenggak miras

    “Awal kejadian korban, saksi, dan pelaku bersama-sama menyanyi di rumah kontrakan korban,” katanya kepada wartawan, Jumat (27/12).

    Saat suasana sedang riang gembira, saksi tiba-tiba mematikan aliran listrik ke speaker karena hendak pergi ke suatu tempat bersama korban. 

    Hal itu memancing amarah pelaku dan berujung cekcok. 

    Korban EBP berupaya melerai cekcok antara pelaku dan saksi tapi malah menjadi sasaran amukan pelaku.

    “Ternyata pelaku langsung melakukan kekerasan dan mengeroyok korban bersama pelaku lainnya dengan cara memukul menggunakan botol minuman bir,” jelas dia.

    Imbas mendapat perlakuan tidak menyenangkan, korban melaporkan pelaku ke Polres Metro Bekasi pada Kamis (26/12/2024).

    Belum diketahui HS sudah ditangkap ataukah belum oleh aparat kepolisian.

    Kasus ini diusut Restro Bekasi Kota.

    Sementara itu, kasus cekcok lainnya juga pernah terjadi di Kawasan Puncak.

    Kawasan jalur alternatif Puncak, Kabupaten Bogor, kembali jadi saksi bisu kejadian viral.

    Kali ini viral di media sosial video rekaman seorang ibu hamil yang terlibat cekcok dengan tukang parkir. 

    Bahkan sang ibu hamil nyaris dipukul oleh tukang parkir tersebut saat suasana memanas.

    Melansir TribunnewsBogor.com, belakangan terungkap kronologi hingga pemicu ibu hamil cekcok dengan tukang parkir.

    Dihimpun dari berbagai sumber, peristiwa tersebut terjadi di Jalan Cikopo Selatan, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, pada Minggu (22/12/2024).

    Akun Instagram @dashcamindonesia menjelaskan kronologi dari suami ibu hamil tersebut terkait peristiwa yang dialaminya.

    Awalnya ibu hamil dan suaminya sedang melintas di jalur alternatif Puncak sekitar pukul 15.43 WIB.

    Saat melewati sebuah jalan menggunakan mobilnya, ibu hamil dan suaminya melihat ada mobil mogok di sebelah kiri.

    Ibu hamil dan suaminya itu pun diarahkan untuk melewati jalur kanan agar bisa melintas.

    Namun saat mobil ibu hamil tersebut melintas, tiba-tiba ada tukang parkir yang menggebrak mobilnya dengan keras.

    Hal itu sontak membuat sang ibu hamil marah dan menegur pria tersebut.

    Belakangan diketahui bahwa alasan sang pria memukul mobil ibu hamil karena ada orang yang tersenggol spion mobil ibu hamil tersebut.

    “Sebagai catatan, pemuda yg sok jagoan itu bukan orang yg tersenggol spion dan tidak ada hubungan dengan bapak-bapak yg tersenggol tersebut.

    Hanya ingin melampiaskan kekesalannya,” tulis keterangan akun @dashcamindonesia, Selasa (24/12/2024).

    Viral rekaman video ibu hamil cekcok hingga berani menantang tukang parkir di jalur alternatif Puncak, Bogor (Instagram)

    Dalam video terdengar sang ibu hamil memarahi pria tersebut karena telah memukul mobilnya.

    Tak terima dimarahi, sang pria langsung menantang ibu hamil tersebut.

    “Kenapa sih pak dipukul? Ini kan turunan,” ujar si ibu hamil.

    “Maju enggak, maju!” teriak sang pria.

    “Gue laporin ya!” ujar ibu hamil.

    Terus mengejar mobil ibu hamil, pemuda berkaos merah hitam itu pun murka.

    Hingga akhirnya ibu hamil tersebut turun dari mobil dan langsung meneriaki sang pemuda.

    Rupanya di momen tersebut, suami dari ibu hamil juga turun dari mobil dan langsung dikeroyok warga.

    Diakui suami sang ibu hamil, ia ditonjok di mata kanan oleh pria tersebut.

    Tak terima dengan hal tersebut, ibu hamil berbaju hitam itu pun terus meneriaki sang pria.

    Momen tersebut disaksikan oleh sejumlah warga yang berusaha melerai sang pria dan ibu hamil.

    Terlebih ibu hamil tersebut terus memarahi sang pria yang tetap tidak mau mengalah.

    Bahkan sang pria sempat nyaris menghajar sang ibu hamil, namun gagal karena dicegah oleh warga.

    Direkam oleh ibu hamil, pria emosian itu pun menantang agar dilaporkan ke polisi.

    Pria tersebut juga menghardik ibu hamil tersebut dengan kata-kata kasar.

    “Aduin aja (ke polisi),” tantang tukang parkir.

    “Apa? Apa? Gue enggak bisa. Kenapa lu gebrak-gebrak?” tanya ibu hamil.

    “Udah mbak udah, foto orangnya, main hukum,” ujar warga menenangkan.

    “Gue lagi hamil ya,” timpal ibu hamil.

    “Mati lo!” balas tukang parkir teriak.

    Didesak warga untuk menyudahi keributan, ibu hamil dan suaminya pun kembali masuk ke dalam mobil.

    Sembari melajukan kendaraannya, sang ibu hamil mengaku akan membawa kasus tersebut ke jalur hukum.

    Setelah kejadian, sang ibu hamil dan suaminya langsung melaporkan hal itu ke Polsek Megamendung.

    Tak berselang lama sekira pukul 17.15 WIB, pelaku yakni sang tukang parkir langsung ditangkap oleh kepolisian.

    Namun setelah ditangkap, pelaku dibebaskan kembali.

    Ia mengaku tidak bisa membayar ganti rugi untuk pengecekan kandungan dan pengobatan ibu hamil akibat cekcok tersebut.

    Hingga akhirnya di hari yang sama pukul 23.00 WIB, sang ibu hamil mengalami kram perut.

    Di tanggal 23 Desember 2024, ibu hamil tersebut dilarikan ke RS Hermina Ciawi untuk dicek kandungannya.

    Dari hasil pemeriksaan dokter, sang ibu hamil terancam keguguran akibat stres memikirkan kasus dengan tukang parkir.

    Lantaran hal itu, suami korban pun memutuskan untuk kembali memperpanjang kasus tersebut ke jalur hukum.

    Namun belakangan dilansir dari akun @visitmedia.id, kasus cekcok antara tukang parkir dan ibu hamil serta suaminya tersebut konon sudah berakhir damai.

    Sementara itu kejadian lain, seorang wisatawan dilempar sandal karena menolak beri uang yang diminta warga yang melakukan pungutan liar.

    Warga tersebut melakukan pungutan liar di obyek wisata Tirta Sambara, Magelang, Jawa Tengah.

    Hal itu membuat warga marah dan melempar sandal ke wisatawan yang menolak.

    Kini kejadian tersebut terekam dalam sebuah video hingga viral.

    Dalam video tersebut, terlihat seorang warga mengeluh tentang adanya tarikan uang.

    Tepatnya saat hendak menuju lokasi wisata air yang terletak di Desa Sumberarum, Magelang. 

    Akun Instagram yang membagikan video tersebut juga menyebutkan bahwa seorang warga dilempar sandal karena menolak memberikan uang yang diminta warga sekitar.

    Pemilik Tirta Sambara, Joko Wiseno, menyayangkan kejadian pungli yang terjadi di akses jalan menuju obyek wisata tersebut.

    “Semoga peringatan dari masyarakat melalui mass media ini menjadi momentum untuk perbaikan,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Senin (23/12/2024).

    Joko menambahkan bahwa pihaknya bersama pengusaha obyek wisata air di Sumberarum berencana melibatkan masyarakat setempat dalam program pemberdayaan.

    Agar mereka juga merasakan dampak ekonomi dari keberadaan obyek wisata tersebut.

    “Dan juga pengunjung merasakan kenyamanan pelayanan dalam mengakses atau menuju ke lokasi wisata,” imbuhnya.

    Selain Tirta Sambara, setidaknya terdapat empat obyek wisata serupa di Sumberarum, seperti Umbul Banyu Roso, Ngasinan, Lintang Waterpark, dan Tirto Madu.

    Kepala Desa Sumberarum, Muhzen Fanani, menjelaskan bahwa video viral tersebut menunjukkan kejadian yang berlangsung di Dusun Kasuran.

    Wisatawan syok dilempar sandal karena ogah bayar pungli ke warga (Instagram/magelang_raya)

    Ia mengaku telah berulang kali memperingatkan warganya untuk tidak mematok tarif, melainkan memberlakukan tarif seikhlasnya.

    “Lebih kurang satu tahun terakhir, masyarakat berjaga di seputaran akses menuju obyek wisata air di Desa Sumberarum.”

    “Tapi, di lapangan (berbeda). Kan, saya tidak (selalu) menunggu (mengawasi),” cetusnya kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya, Senin (23/12/2024).

    Muhzen menambahkan bahwa jalur di Dusun Kasuran, yang curam dan memiliki tikungan tajam, cukup berbahaya.

    Terutama bagi pengendara yang tidak terbiasa, apalagi kondisi jalan masih berlubang.

    Ia menyarankan agar warga setempat yang berjaga di sekitar lokasi dapat berperan sebagai penunjuk jalan tanpa menarik pungli.

    “Karena jika masyarakat wegah (enggan berkunjung), nanti (warga Sumberarum) rugi sendiri,” tukasnya.

    Terkait lemparan sandal atau perlakuan tidak menyenangkan yang diterima warga yang menolak pungli, Muhzen mengaku tidak mengetahuinya.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Masyarakat Pergi Liburan Nataru 2024, Ratusan Mekanik Mitsubishi Siaga

    Masyarakat Pergi Liburan Nataru 2024, Ratusan Mekanik Mitsubishi Siaga

    Jakarta

    Di saat masyarakat Indonesia tengah asyik liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, dipastikan para mekanik Mitsubishi Motors tetap bekerja dan mengawal masyarakat yang tengah berlibur ke berbagai wilayah Indonesia.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, , PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) kembali berkomitmen untuk menjadi teman bertualang bagi para pelanggan Mitsubishi Motors.

    Memanfaatkan ratusan dealer resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, MMKSI menghadirkan program 60 Diler Siaga yang di dalamnya tercatat ratusan mekanik akan tetap beroperasi pada sepanjang periode akhir tahun 2024 hingga awal tahun 2025. Hal ini tidak lain untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna kendaraan Mitsubishi Motors yang tengah melakukan perjalanan.

    “Pada penghujung tahun ini, MMKSI bersama 60 dealer resmi siap memberikan kenyamanan ekstra bagi para pelanggan setia kami. Program Diler Siaga ini kami hadirkan untuk memastikan perjalanan liburan Anda bersama kendaraan Mitsubishi Motors berjalan lancar dan bebas khawatir. Sebagai tambahan, para pelanggan juga masih dapat memanfaatkan program spesial “Rainy Campaign” dan “Kilau Tahun Baru” untuk menjaga performa kendaraan tetap prima selama musim hujan,” ungkap Director of After Sales Division PT MMKSI, Kazuto Azuma.

    “Dengan layanan-layanan ini, kami ingin memastikan kendaraan Mitsubishi Motors Anda siap menghadapi berbagai kondisi cuaca, sehingga perjalanan bersama keluarga dan orang tercinta tetap aman dan menyenangkan. Jangan ragu untuk mengunjungi atau menghubungi diler resmi Mitsubishi Motors terdekat untuk memanfaatkan layanan-layanan ini,” Azuma menambahkan.

    Ilustrasi sejumlah bengkel mulai didatangi pemudik yang melakukan perawatan kendaraan. Hal itu dilakukan untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan selama mudik lebaran. Foto: Grandyos Zafna

    MMKSI bersama dealer resmi Mitsubishi Motors yang berfasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) telah menyiapkan 60 diler siaga yang tersebar di lokasi strategis di seluruh Indonesia. Layanan program ini tersedia selama periode libur Natal dan Tahun Baru pada hari libur tanggal 25, 29, 31 Desember 2024, serta 1 Januari 2025, dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.00.

    Di luar tanggal-tanggal tersebut diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia tetap buka, beroperasi dan melayani konsumen sesuai jadwal reguler.

    Berikut adalah daftar dealer resmi Mitsubishi Motors yang siap melayani Anda selama liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025:

    1. DIPO – PURI JAKARTA (021) 22581132

    2. BRA – TEBET JAKARTA (021) 8309256

    3. DWINDO – CAKUNG JAKARTA (021) 22461888

    4. SUN – FATMAWATI JAKARTA (021) 7507316

    5. SDM – LENTENG AGUNG JAKARTA (021) 27803888

    6. SDM – MAMPANG JAKARTA (021) 79188888

    7. DIPO – PIK JAKARTA (021) 50106808

    8. SUN – CEMPAKA PUTIH JAKARTA (021) 4213220

    9. ARISTA – KALIMALANG JAKARTA (021) 86601111

    10. DIPO – SERANG BOTABEK & BANTEN (0254) 205155

    11. SUN – MARGAHAYU (BEKASI) BOTABEK & BANTEN (021) 88347777

    12. PRABU – BOGOR BOTABEK & BANTEN (0251) 8312296

    13. DIPO – CIPUTAT BOTABEK & BANTEN (021) 7401448

    14. BRA – SERPONG BOTABEK & BANTEN (021) 29670000

    15. MUSTIKA – CIBUBUR BOTABEK & BANTEN (021) 82461111

    16. SDM – ALAM SUTERA BOTABEK & BANTEN (021) 29853808

    17. Wicaksana – A. Yani JAWA BARAT (022) 7202555

    18. SPS – ARS JAWA BARAT (022) 6031040

    19. DIPO TASIK JAWA BARAT (0265) 333288

    20. SDM KARAWANG JAWA BARAT (0267) 8618888

    21. SPS – CIREBON JAWA BARAT (0231) 8336660

    22. SDM SUMEDANG JAWA BARAT (0261) 201 360

    23. PRABU SUBANG JAWA BARAT (0260) 4247414

    24. BRA – SEMARANG JAWA TENGAH (024) 7605506

    25. SUN – KOL SUTARTO (SOLO) JAWA TENGAH (0271) 647444

    26. SUN – KUDUS JAWA TENGAH (0291) 4258888

    27. BOM – JL MAGELANG JAWA TENGAH (0274) 623570

    28. SUN – PURWOKERTO JAWA TENGAH (0281) 621666

    29. BRA – MAGELANG JAWA TENGAH (0293) 364371

    30. BOM – TEGAL JAWA TENGAH (0283) 352525

    31. SUN – MT HARYONO JAWA TENGAH (024) 8441106

    32. BOM – ADI SUCIPTO JAWA TENGAH (0274) 486706

    33. ARISTA – BANDA ACEH SUMATERA UTARA (0651) 8012888

    34. DIPO – MEDAN SUMATERA UTARA (061) 7866868

    35. DIPO – PEKANBARU SUMATERA UTARA (0761) 848808

    36. SUKA FAJAR – PADANG SUMATERA UTARA (0751) 32906

    37. SUKA FAJAR – PEKANBARU SUMATERA UTARA (0761) 575544

    38. SARDANA – KISARAN SUMATERA UTARA (0623) 3445800

    39. SARDANA – GATSU SUMATERA UTARA (061) 4557800

    40. BUDI BERLIAN – NATAR SUMATERA SELATAN (0721) 709999

    41. BMM – PALEMBANG SUMATERA SELATAN (0711) 510858

    42. LBUM -TANJUNG API API SUMATERA SELATAN (0711) 5716008

    43. LBUM – BENGKULU SUMATERA SELATAN (0736) 23401

    44. DIPO – JAMBI SUMATERA SELATAN (0741) 60300

    45. LBUM – BANDAR JAYA SUMATERA SELATAN (0725) 528088

    46. SUKA FAJAR – JAMBI SUMATERA SELATAN (0741) 32151

    47. SDIM – PALANGKARAYA KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0536) 4278888

    48. SUMBER – BANJARMASIN KM.10 KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0511) 4281699

    49. GBI – PONTIANAK (A.YANI) KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0561) 581111

    50. MANDAU – BALIKPAPAN KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0542) 875479

    51. MAHAKAM – WAHID HASYIM KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0541) 771771

    52. BOSOWA – MAKASSAR KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0411) 444444

    53. BOSOWA – MANADO KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0431) 862420

    54. SRIKANDI – SURABAYA PECINDILAN JAWA TIMUR (031) 3771000

    55. SUN – MALANG SINGOSARI JAWA TIMUR (0341) 454833

    56. BRA – DENPASAR IMBO JAWA TIMUR (0361) 483002

    57. DIPO – BANYUWANGI JAWA TIMUR (0333) 424417

    58. DIPO – MADIUN JAWA TIMUR (0351) 464285

    59. BRA – SIDOARJO JAWA TIMUR (031) 8950467

    60. SUN – PROBOLINGGO JAWA TIMUR (0335) 436833

    (lth/rgr)