kab/kota: Madinah

  • Mohammad Farid Fad: Merabuk Civil Courage

    Mohammad Farid Fad: Merabuk Civil Courage

    Merabuk Civil Courage
    Oleh: Mohammad Farid Fad, MSi
    Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo
    SELEPAS riuh pengumuman resmi pemenang Pilkada 2024 oleh KPU, publik mulai menunggu kinerja dan menagih janji para pemenang kontestasi. Tak peduli apakah betul-betul memenangkan pertarungan melawan kontestan ataukah sekedar memusuhi kotak kosong. Terkhusus yang kalah, dalam kompetisi adalah hal yang lumrah.
    Di lain kesempatan, Presiden Prabowo mulai mempertimbangkan soal reformulasi mekanisme pemilihan, yakni mengembalikan skema pemilihan lewat DPRD. Selain terkait efisiensi untuk menekan pengeluaran anggaran, juga menimbang ongkos politiknya yang tinggi.
    Terlepas dari itu, yang harus disadari, data dari Freedom House menunjukkan bahwa indeks demokrasi Indonesia turun dari 62 (2019) menjadi 57 (2024). Dalam Pemilu, masyarakat kita dinilai hanya suka selebrasinya namun abai dengan rasionalitas demokrasi. Padahal gramatika demokrasi adalah otentisitas kehendak umum (volonte generale) yang dilandasi rasionalitas publik.
    Nilai demokrasi mengalami resesi akut sebab dimaknai hanya persoalan angka survey elektabilitas. Pencitraan bisa mudah dipoles oleh dengusan para pengendors. Endorsement public figure menjadi madu elektoral. Tak pelak indicator numerikal menjadi urgen. Jumlah follower menjadi penentu “harga” diri. Tak segan dana segar digelontorkan sebagai pemenuhan hajat mendulang citra.
    Suara Parau
    Ruang publik yang semestinya penuh riuh kontestasi ide dan nilai menjadi wacana omon-omon janji yang hampa makna. Hal ini diperparah dengan ketimpangan kekayaan yang hanya dipegang oleh segelintir orang telah menciptakan privilege dan dapat dipergunakan sebagai sumber daya politik. Mereka bisa saja cawe-cawe turut memengaruhi proses pembuatan kebijakan politik agar sejalan dengan kepentingannya (state capture).
    Rumusannya sederhana, asal oligarki politik berkehendak, soal eksekusi semua mudah diatur. Sebaliknya, bila tidak berkenan, segenting apapun pertimbangannya akan tersingkir dengan pasti.
    Suara-suara kritis semakin lama semakin parau. Ditimbun oleh isu-isu ad hoc yang diorkrestasi hingga siap berganti tema setiap saat. Kepekaan publik kian hari kian kebal rasa. Sensifitas kemanusiaan makin lama makin kebas.
    Sipil Berdaya
    Di antara kekuatan ekstra-parlemen yang bisa diharapkan ialah jejaring warga yang berdaya dengan menggalakkan civil courage. Hal ini bisa terjadi bila publik mulai bergerak meninggalkan kursi nyaman sebagai penonton demokrasi sembari mulai mengintervensi ruang publik dan menyatakan pendiriannya secara lugas dan otonom. Disinilah peran NU dan Muhammadiyah sebagai dinamo penggeraknya.
    Tentu civil society berdaya yang dimaksud disini bukanlah seperti System der Bedurfnisse (Hegel) serta bukan preferensi nilai milik Walzer ataupun konsep asosiasi bebas warga dalam ruang publik-nya Habermas.
    Bila meminjam logika Gramsci, bisa atau tidak terbentuknya masyarakat sipil yang berdaya sangat bergantung pada tersedianya ruang pertarungan ide atau gagasan.
    Oleh sebab itu, ekosistem ini dapat tumbuh subur bila ranah percakapan sehari-hari tak jauh dari komunikasi politik sebagai bagian dari partisipasi warga. Di ruang-ruang social inilah civil courage perlu dipupuk secara aktif dan progresif. Akibatnya, daya kritis dan kreatif masyarakat akan terbuka dengan sendirinya.
    Masyarakat yang terbaik (al-ijtima al-fadhil), menurut Al-Farabi, ialah masyarakat yang hidup bekerjasama dan saling membantu untuk mencapai kebahagiaan, baik dunia maupun akhirat. Partisipasi rakyat juga menjadi elemen penting dalam pemikirannya.
    Ia meyakini bahwa negara yang ideal (al-madinah al-fadhilah) bukan hanya institusi politik, tetapi juga ruang etis di mana individu dapat mengembangkan diri secara utuh, baik secara intelektual, moral, maupun spiritual demi kesejahteraan bersama. Menurutnya setiap individu memiliki peran sesuai kapasitasnya untuk berkontribusi dan bekerjasama dalam mewujudkan kebahagiaan kolektif.
    Sokongan Media
    Selain itu, salah satu instrumen demokrasi yang tak kalah penting adalah kekuatan media yang informatif dan independen. Jangan sampai media terpuruk seperti zaman Orde Baru yang mengerang dalam takut. Hanya menjadi perpanjangan tangan penguasa yang menjadikan informasi sebagai alat penggiringan opini publik.
    Media yang sewajarnya sebagai ruang publik yang obyektif, bila disandera oleh kepentingan-kepentingan tertentu, bisa-bisa kehilangan independensinya. Ruang publik bisa terkikis, kemudian lapuk.
    Perlu direnungkan bersama: berapa banyak durasi dan eksemplar info yang Anda konsumsi setiap hari? Bukankah sepatutnya berisi informasi-informasi kontemplatif yang sarat makna dan layak didiskusikan? Mengapa bersalin rupa menjadi kabar-kabar kriminal berlimpah yang hanya menimbulkan fobia dan menyajikan derita korban?
    Independensi
    Tak dipungkiri, info-info kriminalitas memang perlu dan bernilai berita, namun apa kedalaman fungsi, makna dan nilai guna info tersebut dalam peningkatan kualitas manusia ketika didialogkan ataupun diperdebatkan. Yang terjadi adalah the death of meaning.
    Memilih sikap netral, independen dan obyektif dalam menghadapi potensi tekanan politik merupakan sebuah kemewahan tersendiri bagi media belakangan ini. Jean Baudrillard dalam In the Shadow of the Silent Majorities (2007) menggambarkannya sebagai fenomena hiperrealitas, dunia kesemuan yang sengaja menyembunyikan atau mendistorsi citra realitas sesungguhnya.
    Tak keliru bila yang terjadi adalah menelurkan kesadaran semu (false consciousness) politik semata. Bila tidak segera diantisipasi, maka akan mengakibatkan pemutarbalikan semiotika dan semantika politik. Dimana setiap fragmen nilai-nilai luhur dalam politik menjadi lenyap tak berbekas, terjerembab dalam kedangkalan.
    Tentu hal ini perlu diingatkan sejak dini agar demokrasi kita tak hanya berhenti pada tataran prosedural, namun naik kelas menjadi demokrasi substansial. Disebabkan kehendak Tuhan (vox Dei) yang adiluhung tak bisa hanya ditera berdasar indikator numerikal belaka tanpa penghayatan rasionalitas publik. Wallahu a’lam bis shawab. (*)

  • Sheila On 7 Pergi Umrah Bersama, Sakti: Saya Sudah Menunggu 18 Tahun

    Sheila On 7 Pergi Umrah Bersama, Sakti: Saya Sudah Menunggu 18 Tahun

    Jakarta, Beritasatu.com – Personel grup musik asal Yogyakarta, Sheila On 7, yaitu Duta Modjo, Adam Subarkah, dan Eross Chandra, baru-baru ini menjalankan ibadah umrah. Mereka juga mengajak mantan gitaris band, Salman Al Jugjawy atau akrab disapa Sakti untuk pergi ke Tanah Suci bersama.

    Dalam unggahan yang dibagikan melalui Instagram, terdapat para personel Sheila On 7 termasuk Sakti yang tampak ceria dengan latar belakang Masjid Nabawi. Eross, Duta, Adam, dan Sakti terlihat saling merangkul satu sama lain dalam foto tersebut.

    “Alhamdulillah. Allah membawa kami ke Madinah,” tulis Sakti dikutip dari Instagram pribadinya @salman_al_jugjawy pada Jumat (20/12/2024).

    Sakti mengungkapkan, ia sudah lama menantikan kesempatan agar bisa melaksanakan ibadah umrah bersama para personel Sheila On 7.

    Selain itu, sakti juga merasa sangat bersyukur karena ia membutuhkan waktu 18 tahun hingga akhirnya dapat mewujudkan impian bisa menjalankan ibadah umrah bersama sahabat-sahabatnya tersebut.

    “Saya sudah menunggu 18 tahun untuk bisa seperti ini, gesss. Masyaallah la quwwata illla billah,” ungkap Sakti. 

    Unggahan Sheila On 7 dan Sakti pergi umrah pun mendapatkan respons positif dari netizen. Tak sedikit yang memuji kebersamaan mereka yang tetap akrab menjadi sahabat sejak dahulu hingga sekarang.

    “Masyaallah, bahagia melihatnya,” kata @vit****.

    “Masyaallah, persahabatan till jannah. Sehat-sehat bapak-bapak,” ujar @sit****.

    “Pertemanan yang berkelas, barakallah,” tulis @fit*****.

    Seperti diketahui, Sakti memutuskan untuk keluar dari Sheila On 7 pada 2006. Ia mengaku ingin fokus memperdalam agama sehingga harus meninggalkan band yang telah membesarkan namanya itu.

    Meski sudah tidak bersama dalam band, hubungan persahabatan antara Sakti dan personel Sheila On 7 tetap terjaga dengan baik. Bahkan, Sakti sempat tampil bersama mereka dalam konser “Tunggu Aku” di Bandung. Kemudian, kini Sheila On 7 umrah bersama.

  • Tiliaya, Kue Tradisional Gorontalo yang Sarat Nilai Filosofis dan Ritual Adat

    Tiliaya, Kue Tradisional Gorontalo yang Sarat Nilai Filosofis dan Ritual Adat

    Liputan6.com, Gorontalo – Jika kalian orang Gorontalo pasti mengenal kue Tiliaya, makanan tradisional khas Gorontalo ini, tidak hanya menjadi simbol warisan kuliner.

    Tetapi, olahan satu ini juga merepresentasikan identitas budaya masyarakat di daerah dengan sebutan tanah serambi madinah.

    Sejak dahulu, kue ini diwariskan lintas generasi dan menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi adat serta ritual keagamaan.

    Kue Tiliaya memiliki peran yang mendalam, tidak sekadar sebagai sajian konsumsi, tetapi juga sebagai media penghubung antara manusia dengan Tuhan, roh leluhur, dan alam sekitar.

    “Makanan dalam tatanan masyarakat bukan hanya soal kebutuhan individu, tetapi juga mencerminkan hubungan sosial dan spiritual,” ujar Abdul Muthalib, seorang pemangku adat Gorontalo.

    Filosofi Tiliaya

    Secara historis, Tiliaya erat kaitannya dengan berbagai perayaan atau musim tertentu. Ketika musim panen melimpah, kue ini sering disajikan dalam ritual adat atau digunakan sebagai sesajen.

    Abdul menambahkan, falsafah hidup masyarakat Gorontalo yang dikenal dengan “Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah” menjadi dasar kuat mengapa tradisi seperti ini tetap dipertahankan.

    Tiliaya umumnya hanya disajikan pada upacara adat atau ritual keagamaan tertentu seperti doa arwah (dua aruwa) dan perayaan Islam lainnya.

    “Saat doa arwah atau acara besar keagamaan, Tiliaya menjadi salah satu sajian utama,” jelas Abdul.Proses Pembuatan Tiliaya

    Pembuatan Tiliaya tergolong sederhana, dengan bahan utama gula merah, telur, dan santan. Gula merah diiris tipis, lalu dicampur dengan telur dan santan hingga adonan tercampur rata.

    Adonan tersebut kemudian dikukus selama 30 menit hingga matang. Untuk menambah aroma, daun pandan sering digunakan sebagai pelengkap sebelum disajikan.

    Meski sederhana, kue ini memiliki nilai budaya yang tinggi karena hanya muncul pada acara tertentu, menjadikannya simbol sakral dalam tradisi Gorontalo.

    Tiliaya adalah salah satu contoh nyata bagaimana kuliner tradisional berperan menjaga nilai-nilai kearifan lokal. Dalam masyarakat modern, penting untuk terus melestarikan makanan seperti Tiliaya agar generasi mendatang dapat memahami dan menghargai warisan budaya mereka.

    Sebagai camilan khas daerah, Tiliaya bukan sekadar kue tradisional, tetapi juga cerminan harmoni antara adat, agama, dan alam yang menjadi inti kehidupan masyarakat Gorontalo.

     

    Jurnalis dan Mitra Kerja Banyumas Bantu Penyaluran Internet Gratis untuk MTs Pakis

  • Kapan Waktu Terbaik Membaca Surah Al-Mulk?

    Kapan Waktu Terbaik Membaca Surah Al-Mulk?

    Jakarta, Beritasatu.com – Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Namun, kapan waktu terbaik membaca surah Al-Mulk?

    Surah ini termasuk golongan surah makiyah, yang berarti diturunkan sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah.

    Surah Al-Mulk mengajarkan tentang kekuasaan dan keagungan Allah Swt, serta mengingatkan manusia akan kebesaran-Nya sebagai pencipta alam semesta.

    Banyak sekali keutamaan yang terkandung dalam surah Al-Mulk, salah satunya sebagai penyelamat dari siksa kubur. Surah ini juga diyakini dapat menjadi penolong di hari kiamat bagi orang yang membacanya dengan penuh keimanan.

    Selain itu, surah Al-Mulk mengingatkan kita akan kekuasaan Allah Swt, yang dapat memperkuat iman dan ketakwaan seseorang. Membaca surah ini secara rutin juga dapat mendatangkan banyak keberkahan dalam hidup.

    Waktu Terbaik untuk Membaca Surah Al-Mulk
    Untuk meraih manfaat maksimal dari surah Al-Mulk, sangat disarankan untuk membacanya setiap malam sebelum tidur. Hal ini karena Nabi Muhammad Saw menganjurkan umatnya untuk membaca surah ini sebagai pelindung dari azab kubur.

    Membaca surah Al-Mulk dengan penuh penghayatan di malam hari dapat memberikan kedamaian dan menambah kekuatan spiritual.

    Abdullah bin Mas’ud RA juga meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda,

    من قَرَأَ ( تبَارك الَّذِي بِيَدِهِ الْملك ) كل لَيْلَة مَنعه الله بهَا من عَذَاب الْقَبْر

    Artinya: “Siapa yang membaca surah Al-Mulk setiap malam, Allah Swt akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut”. (HR An Nasa’i)

    Kemudian, Jabir RA turut meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw selalu membaca surah Al-Mulk sebelum tidur.

    ان النبي صلّى اللّه عليه وسلّم لا ينام حتى يقرأ الم تَنْزِيلُ السجدة ، وتَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

    Artinya: “Nabi Saw tidak tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzil (surah As-Sajdah) dan tabarakalladibiyadihil-mulk (surah Al-Mulk)”. (HR Ahmad)

    Dengan memahami keutamaan dan waktu terbaik membaca Al-Mulk, kita bisa lebih mendalami maknanya dan mendapatkan berkah yang luar biasa dari Allah Swt.

  • Zumi Zola dan Putri Zulhas Minta Didoakan Rumah Tangga Bahagia pada Syukuran Pernikahannya

    Zumi Zola dan Putri Zulhas Minta Didoakan Rumah Tangga Bahagia pada Syukuran Pernikahannya

    Jakarta, Beritasatu.com – Pasangan pengantin baru, Zumi Zola dan Putri Zulkifli Hasan atau akrab disapa Putri Zulhas, mengadakan acara syukuran dan resepsi pernikahan mereka setelah kembali dari ibadah umrah dan menikah di Madinah, Arab Saudi pada 5 Desember 2024. 

    Acara pernikahan  Zumi Zola dan Putri Zulhas tersebut berlangsung di Astor Ballroom, Hotel St Regis Jakarta, pada Sabtu (14/12/2024) malam.

    Kebahagiaan dan keceriaan terlihat jelas dari raut wajah kedua mempelai dan keluarga mereka yang merayakan syukuran pernikahan yang dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk selebritas, pejabat, dan mantan pejabat.

    “Kami sangat bersyukur atas segala cinta dan doa yang diberikan oleh semua yang hadir. Malam ini merupakan awal perjalanan baru bagi Putri dan Zola, semoga selalu diberkahi,” ujar Zulkifli Hasan saat syukuran pernikahan Zumi Zola dan Putri Zulhas, yang dikutip dari kanal YouTube RANS Entertainment, pada Minggu (15/12/2024).

    Sementara itu, Zumi Zola dan Putri merasa sangat bahagia acara syukuran pernikahan yang mereka selenggarakan setelah resmi menjadi pasangan suami istri dihadiri oleh sahabat dan pejabat negara. Mereka berharap pernikahan mereka membawa berkah bagi kehidupan mereka.

    “Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan doa yang diberikan kepada kami, serta berharap pernikahan ini bisa menginspirasi nilai-nilai cinta, harmoni, dan kebersamaan kepada masyarakat,” jelas Zumi Zola.

    Pada kesempatan tersebut, Putri Zulhas juga memohon doa dari masyarakat agar dapat membangun rumah tangga yang bahagia dan langgeng.

    Acara syukuran pernikahan Zumi Zola dan Putri Zulhas itu dihadiri oleh sejumlah artis, tokoh penting, dan pejabat, termasuk Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto serta mantan Presiden Joko Widodo yang turut merayakan momen bahagia tersebut.

  • Prabowo, Gibran, hingga Jokowi Hadiri Pernikahan Putri Zulhas

    Prabowo, Gibran, hingga Jokowi Hadiri Pernikahan Putri Zulhas

    Jakarta, CNN Indonesia

    Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka hingga Presiden Ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pernikahan anak dari Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan, yakni Putri Zulhas, di Jakarta, Sabtu (14/12).

    Putri Zulhas menikah dengan aktor sekaligus politikus Zumi Zola.

    Tampak pada tayangan langsung di akun YouTube Rans Entertainment di Jakarta, Sabtu malam, Jokowi hadir lebih dulu bersama dengan istri Iriana Joko Widodo.

    Jokowi mengenakan setelan jas, sedangkan Iriana mengenakan kebaya krem.

    Usai memberikan ucapan selamat keduanya langsung berfoto bersama dengan dua mempelai dan keluarga.

    Setelah kedatangan Jokowi, beberapa menit setelahnya giliran Wapres Gibran Rakabuming tiba beserta istri Selvi Ananda dan kedua anaknya yaitu Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah.

    Gibran mengenakan setelan jas dan Selvi mengenakan kebaya berwarna biru tua. Sementara Jan Ethes mengenakan jas abu-abu muda dan Le Lembah Manah mengenakan gaun hitam.

    Adapun tidak lama setelah Gibran tiba, Presiden RI Prabowo Subianto juga tampak hadir dalam acara resepsi tersebut.

    Prabowo hadir mengenakan setelan jas biru tua. Prabowo ditemani Sekretaris Kabinet Teddy Indra Wijaya.

    Tidak hanya ketiga tokoh, tampak pula hadir Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla beserta istri Mufidah Jusuf Kalla, serta para menteri Kabinet Merah Putih dan sejumlah politisi.

    Ada juga sejumlah menteri kabinet yang bertindak selaku among tamu mengenakan seragam biru muda.

    Resepsi pernikahan Putri Zulhas dan Zumi Zola tampak berlangsung meriah. Putri dan Zumi sebelumnya telah menikah di Masjid Nabawi, Madinah 5 Desember lalu.

    (Antara/rds)

    [Gambas:Video CNN]

  • Presiden Prabowo, Wapres Gibran, dan Jokowi Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Zulhas

    Presiden Prabowo, Wapres Gibran, dan Jokowi Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Zulhas

    Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming hingga Presiden Ke-7 Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pernikahan putri Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan, yakni Putri Zulhas, di Jakarta, Sabtu (14/12/2024.

    Putri Zulhas menikah dengan aktor sekaligus politikus Zumi Zola. Jokowi  yang mengenakan setelan jas hadir lebih dahulu bersama dengan istri Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya krem. Seusai memberikan ucapan selamat keduanya langsung berfoto bersama dengan dua mempelai dan keluarga. 

    Setelah kedatangan Jokowi, beberapa menit setelahnya giliran Wapres Gibran Rakabuming tiba beserta istri Selvi Ananda dan kedua anaknya yaitu Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah. Gibran mengenakan setelan jas dan Selvi mengenakan kebaya berwarna biru tua. 

    Sementara Jan Ethes mengenakan jas abu-abu muda dan Le Lembah Manah mengenakan gaun hitam. Tidak berselang lama setelah Gibran tiba, Presiden Prabowo Subianto juga tampak hadir dalam acara resepsi pernikahan Putri Zulhas tersebut. Prabowo yang mengenakan setelan jas biru tua ditemani Sekretaris Kabinet Teddy Indra Wijaya. 

    Tidak hanya ketiga tokoh, tampak pula hadir Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla beserta istri Mufidah Jusuf Kalla, serta para menteri Kabinet Merah Putih dan sejumlah politisi. Ada juga sejumlah menteri kabinet yang bertindak selaku among tamu mengenakan seragam biru muda. 

    Resepsi pernikahan Putri Zulhas dan Zumi Zola tampak berlangsung meriah. Putri dan Zumi sebelumnya telah menikah di Masjid Nabawi, Madinah 5 Desember lalu. 

  • Presiden-Wapres hingga Jokowi hadiri pernikahan putri Zulkifli Hasan

    Presiden-Wapres hingga Jokowi hadiri pernikahan putri Zulkifli Hasan

    Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming hingga Presiden Ke-7 RI Joko Widodo menghadiri pernikahan anak dari Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan, yakni Putri Zulhas, di Jakarta, Sabtu.

    Putri Zulhas menikah dengan aktor sekaligus politikus Zumi Zola.

    Tampak pada tayangan langsung akun YouTube Rans Entertainment di Jakarta, Sabtu malam, Jokowi hadir lebih dulu bersama dengan istri Iriana Joko Widodo.

    Jokowi mengenakan setelan jas, sedangkan Iriana mengenakan kebaya krem.

    Tangkapan layar – Suasana saat Presiden Ke-7 RI Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo menghadiri pernikahan Putri Zulhas dengan Zumi Zola di Jakarta, Sabtu (14/12/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

    Setelah kedatangan Jokowi, beberapa menit setelahnya giliran Wapres Gibran Rakabuming tiba beserta istri Selvi Ananda dan kedua anaknya yaitu Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah.

    Gibran mengenakan setelan jas dan Selvi mengenakan kebaya berwarna biru tua. Sementara Jan Ethes mengenakan jas abu-abu muda dan Le Lembah Manah mengenakan gaun hitam.

    Adapun tidak lama setelah Gibran tiba, Presiden RI Prabowo Subianto juga tampak hadir dalam acara resepsi tersebut.

    Tangkapan layar – Suasana saat Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menghadiri pernikahan Putri Zulhas dengan Zumi Zola di Jakarta, Sabtu (14/12/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

    Prabowo hadir mengenakan setelan jas biru tua. Prabowo ditemani Sekretaris Kabinet Teddy Indra Wijaya.

    Ada juga sejumlah menteri kabinet yang bertindak selaku among tamu mengenakan seragam biru muda.

    Resepsi pernikahan Putri Zulhas dan Zumi Zola tampak berlangsung meriah. Putri dan Zumi sebelumnya telah menikah di Masjid Nabawi, Madinah 5 Desember lalu.

    Pewarta: Andi Firdaus, Rangga Pandu Asmara Jingga
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kegembiraan Salat Jumat Pertama Warga Suriah di Masjid Umayyah setelah Tergulingnya Assad – Halaman all

    Kegembiraan Salat Jumat Pertama Warga Suriah di Masjid Umayyah setelah Tergulingnya Assad – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Setelah jatuhnya rezim Presiden Bashar al-Assad, warga Suriah merayakan shalat Jumat pertama mereka dengan penuh semangat di berbagai jalan dan masjid, 13 Desember 2024.

    Pemimpin oposisi Suriah, Abu Mohammed al-Julani, melalui aplikasi Telegram, mengajak masyarakat untuk turun ke jalan dan mengekspresikan kegembiraan mereka.

    Di ibu kota Damaskus, masjid al-Umayyah menjadi tempat berkumpul bagi ratusan warga.

    Mereka berdesakan untuk mendapatkan tempat di dalam masjid, namun banyak yang tidak berhasil masuk karena halaman masjid penuh sesak.

    Anak-anak tampak berlarian sambil melambaikan bendera Suriah yang baru, menciptakan suasana yang lebih mirip festival daripada sebuah peribadatan, sebagaimana dilaporkan oleh NPR.

    Masjid al-Umayyah, yang memiliki nilai sejarah yang tinggi, juga berfungsi sebagai latar belakang bagi momen-momen penting ini.

    Pekarangan marmernya sebelumnya menjadi saksi bisu kekejaman pasukan keamanan Assad dalam menekan protes antipemerintah selama bertahun-tahun.

    Setelah shalat, banyak orang mengambil foto bersama keluarga mereka dan saling berpelukan.

    Beberapa di antara mereka baru pertama kali mengunjungi masjid yang telah menjadi simbol harapan dan kebebasan ini.

    Sejumlah pria menari di luar Masjid Umayyah di Damaskus, Suriah, pada hari Jumat 13 Desember 2024 (Claire Harbage/NPR)

    Apa Itu Masjid Umayyah?

    Masjid Umayyah, juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus, adalah salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia.

    Masyarakat dapat menghargai warisan arsitektur Islam di tempat yang awalnya adalah kuil untuk berhala Hadad pada era Aram, yang dibangun sekitar 3000 tahun yang lalu.

    Ketika bangsa Romawi menguasai Damaskus, sebuah kuil dibangun untuk memuja Jupiter, yang kemudian berubah menjadi gereja Kristen yang didedikasikan untuk Yohanes Pembaptis pada akhir abad keempat.

    Setelah ditaklukkan oleh umat Muslim di bawah pimpinan Khalid bin Walid pada tahun 636 M, masjid ini menjadi simbol persatuan bagi umat Muslim dan Kristen yang membagi bangunan untuk beribadah.

    Desain masjid ini terinspirasi oleh masjid Nabi Muhammad di Madinah, dan memiliki beragam fungsi sosial dan spiritual.

    Mengapa Masjid Ini Penting Bagi Umat Islam?

    Masjid Umayyah bukan hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga merupakan simbol sejarah dan budaya yang penting bagi umat Islam, terutama Syiah.

    Dikenal karena keindahan arsitekturnya, masjid ini telah menjadi tujuan bagi para keturunan Nabi yang datang dari Irak setelah Pertempuran Karbala.

    Dengan dinding eksterior yang megah dan ruangan shalat yang luas, masjid ini terus menjadi salah satu keajaiban dunia yang memikat umat manusia.

    Melalui momen shalat Jumat pertama ini, warga Suriah menunjukkan semangat dan harapan mereka untuk masa depan yang lebih baik, serta pengakuan akan warisan budaya yang kaya dari masjid Umayyah.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Tarif Ceramah Adi Hidayat dan Gus Miftah Disorot, Ternyata Segini Perbedaannya

    Tarif Ceramah Adi Hidayat dan Gus Miftah Disorot, Ternyata Segini Perbedaannya

    TRIBUNJATENG.COM – Nama Ustaz Adi Hidayat belakangan disorot usai pengunduran diri Gus Miftah sebagai Utusan Khusus Presiden.

    Ustaz Adi Hidayat disebut-sebut bakal menggantikan posisi Gus Miftah.

    Hal itu membuat warganet pun membandingkan mengenai beda tarif ceramah Gus Miftah dan tarif ceramah Ustaz Adi Hidayat.

    Lalu, berapakan beda tarif ceramah Gus Miftah dan tarif ceramah Ustaz Adi Hidayat?

    Tarif Gus Miftah

    Ustaz Adi Hidayat dikabarkan bakal menggantikan Miftah sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan.

    Diketahui Gus Miftah tidak pernah secara terbuka membahas mengenai tarif dakwahnya. 

    Ada narasi di media sosial X yang menyebutkan tarif ceramah Gus Miftah Rp 75 juta per 1,5 jam. 

    Namun, Gus Miftah menegaskan bahwa tarifnya disesuaikan dengan pihak yang mengundangnya. 

    Jika yang mengundang berasal dari kalangan pejabat atau figur publik, ia akan menetapkan harga. 

    Sebaliknya, untuk masyarakat ekonomi ke bawah, Gus Miftah kerap memberikan dakwahnya tanpa mematok bayaran.

    Gus Miftah juga dikenal sebagai salah satu pendukung Prabowo Subianto dalam kampanye Pemilihan Presiden 2024. 

    Ia aktif dalam beberapa kegiatan kampanye, termasuk acara istighosah hafidzah di Semarang pada 30 Desember 2023, di mana ia berkampanye bersama politisi Partai Golkar, Dico Ganinduto.

    Gus Miftah dengan terang-terangan memberikan dukungannya untuk pasangan Prabowo-Gibran, yang kini menjadi Wakil Presiden terpilih.

    Tarif ceramah Ustaz Adi Hidayat

    Banyak yang penasaran berapa tarif ceramah Ustaz Adi Hidayat.

    Namun Ustaz Adi Hidayat sempat mengaku bahwa dirinya tak pernah memasang tarif untuk berceramah.

    Menurutnya, selagi mampu, ia memastikan akan memenuhi undangan tanpa perlu memikirkan tarif ataupun fasilitas lainnya.

    Hal itu seperti yang disampaikan Ustaz Adi Hidayat di YouTube Dakwah Islami.

    “Dalam buku di bagian tentang Taklim saya tuliskan, Anda kalau mau undang saya kemana menghubunginya, saya juga tuliskan dengan tulisan kapital ‘Tidak ada minta tarif, tidak ada. Tidak minta fasilitas’, datang ya datang,” pungkasnya.

    Biodata Ustaz Adi Hidayat

    Ustaz Adi Hidayat memiliki nama dan gelar Dr (HC) Adi Hidayat Lc MA lahir di Pandeglang, Banten pada 11 September 1984.

    Ia merupakan seorang alim ulama asal Indonesia yang menguasai isi kitab suci Alquran dan Hadis beserta letak barisnya.

    Tidak hanya mendalami Alquran, Ustadz Adi Hidayat juga menguasai ilmu hadis dan berbagai kitab agama beserta makna dan posisinya.

    Pada 2013, Ustaz Adi mendirikan Quantum Akhyar Institute dan tiga tahun berikutnya ia mendirikan Akhyar TV sebagai media dakwah utama.

    Ia aktif menjadi narasumber keagamaan baik taklim, seminar, dan sebagainya.

    Tidak hanya berdakwah, Ustaz Adi Hidayat juga aktif menulis dan telah memiliki beberapa karya dalam bahasa Arab dan Indonesia.

    Ustaz Adi Hidayat memulai pendidikan dini di TK Pertiwi Pandeglang tahun 1989 dan lulus dengan predikat siswa terbaik.

    Lulus dari pendidikan dini, Ustaz Adi Hidayat melanjutkan pendidikan dasar di SDN Karaton 3 Pandeglang hingga kelas 3 dan beralih ke SDN III Pandeglang di kelas 4 hingga 6.

    Meski berpindah, Ustaz Adi tetap mengukir prestasi yang sama di kedua sekolah dasar tersebut sebagai siswa terbaik.

    Bahkan, Ustaz Adi ditempatkan dalam kelas unggulan yang menghimpun seluruh siswa terbaik tingkat dasar di Kabupaten Pandeglang.

    Dia menjadi siswa teladan di peringkat pertama.

    Dalam proses pendidikan dasar, Adi Hidayat kecil juga disekolahkan oleh kedua orang tuanya ke Madrasah Salafiyyah Sanusiyyah Pandeglang.

    Pagi hari ia sekolah umum, siang hingga sore ia sekolah agama.

    Di madrasah ini, ia juga menjadi siswa berprestasi dan didaulat sebagai penceramah cilik dalam setiap sesi wisuda santri.

    Tahun 1997, lulus dari pendidikan dasar, ia melanjutkan pendidikan menengah Tsanawiyyah hingga Aliyah di Ponpes Darul Arqam Muhammadiyyah Garut.

    Ponpes yang memadukan pendidikan agama dan umum secara proporsional dan telah mencetak banyak alumni yang berkiprah di tingkat nasional dan internasional.

    Pendidikannya di Ponpes inilah yang membuatnya memiliki bekal dasar utama dalam berbagai disiplin pengetahuan, baik umum maupun agama.

    Guru utama Ustaz Adi Hidayat adalah Buya KH Miskun as-Syatibi.

    Orang yang paling berpengaruh dalam menghadirkan kecintaannya pada Alquran dan pendalaman pengetahuan.

    Selama masa pendidikan ia meraih banyak penghargaan baik di tingkat pondok, Kabupaten Garut, hingga Provinsi Jawa Barat, khususnya dalam hal syarh Alquran.

    Di tingkat II Aliyah Ustaz Adi pernah menjadi utusan termuda dalam program Daurah Tadribiyyah dari Universitas Islam Madinah di Ponpes Taruna Alquran Yogyakarta.

    Ustaz Adi Hidayat juga sering kali dilibatkan pamannya, KH Rafiuddin Akhyar, pendiri Dewan Dakwah Islam Indonesia di Banten untuk terlibat dalam misi dakwah di wilayah Banten.

    Ustaz Adi Hidayat lulus dengan predikat santri teladan dalam 2 bidang sekaligus (agama dan umum) serta didaulat menyampaikan makalah ilmiah ‘Konsep ESQ dalam Alquran’ di hadapan tokoh pendidikan M Yunan Yusuf.

    Tahun 2003, ia mendapat undangan PMDK dari Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar Kairo hingga akhirnya diterima.

    Tahun 2005, ia mendapat undangan khusus untuk melanjutkan studi di Kuliyya Dakwah Islamiyyah Libya, meskipun harus meninggalkan program FDI dengan raihan IPK 3,98.

    Di Libya, Adi Hidayat belajar intensif berbagai disiplin ilmu baik terkait dengan Alquran, Hadis, Fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh, Lughah, dan sebagainya.

    Ustaz Adi Hidayat juga aktif mengikuti dialog internasional bersama para pakar lintas agama, mengisi berbagai seminar, termasuk acara tsaqafah Islâmiyyah di channel at-tawâshul TV Libya.

    Awal tahun 2011, Ustaz Adi kembali ke Indonesia dan mengasuh Ponpes Alquran Al-Hikmah Lebak Bulus.

    Dua tahun kemudian dia berpindah ke Bekasi dan mendirikan Quantum Akhyar Institute, yayasan yang bergerak di bidang studi Islam dan pengembangan dakwah.

    Pada tahun 2016, Ustaz Adi Hidayat mendirikan Akhyar TV sebagai media dakwah utama.

    Kini, Ustaz Adi Hidayat aktif menjadi narasumber keagamaan baik taklim, seminar, dan sebagainya.

    Ustaz Adi Hidayat juga giat menulis dan telah melahirkan karya dalam bahasa Arab dan Indonesia kurang lebih sebanyak 12 karya.

    Riwayat Pendidikan

    – S1 Kulliyyah Dakwah Islamiyyah, Tripoli, Libya (2005 – 2009)

    – S2 International Islamic Call College, Tripoli, Libya

    – Doktor honoris causa dalam bidang sains, kerja profesional kebudayaan, dan diseminasi di masyarakat Arab dari International Astrolabe University, atau dalam bidang pelayanan masyarakat dan dakwah Islam internasional dari Passion International University of America (2019)

    – Doktor honoris causa dalam bidang manajemen pendidikan Islam dari Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (2023). (*)