kab/kota: Labuan Bajo

  • Kapal Mogok di Laut, Teuku Zacky Ungkap Pengalaman Buruk Liburan di Labuan Bajo

    Kapal Mogok di Laut, Teuku Zacky Ungkap Pengalaman Buruk Liburan di Labuan Bajo

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas Teuku Zacky yang tengah menikmati liburannya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungkapkan pengalaman buruk yang dialaminya akibat tertipu agen perjalanan wisata yang mengurus perjalanan tersebut. 

    Tidak hanya kehilangan waktu dan uang hingga puluhan juta rupiah, Zacky bahkan sempat terkatung-katung di tengah laut karena kapal wisata yang ditumpanginya mengalami kerusakan.

    Peristiwa ini membuat Teuku Zacky terpaksa meminta bantuan dari teman-temannya dan netizen, setelah agen wisata yang bersangkutan menghilang tanpa kabar. Unggahan Zacky di media sosial menjadi sarana untuk mengungkapkan keluhannya.

    “Dalam 1×24 jam orang ini tidak menunjukkan niat baik. Identitasnya akan saya bagikan agar @polres_lampung_timur, @humaspolreslampungutara, @polreslampungtengah, @polreslambar_official, dan @polreslampungtengah bisa membantu, karena dia tinggal di Bandar Lampung dan KTP-nya juga Bandar Lampung,” tulis Teuku Zacky dalam unggahannya dikutip Jumat (27/12/2024).

    Zacky menceritakan, kapal wisata yang digunakan selama perjalanan di Labuan Bajo ternyata dalam kondisi yang sangat buruk. Kapal tersebut sering mogok dan aki kapal hingga meledak sehingga menyebabkan mereka terkatung-katung di tengah laut tanpa bisa berlabuh ke daratan.

    “Berkali-kali mogok di tengah laut, aki meledak, mogok lagi, dan mogok lagi. Sudah dua hari sailing, kapal mogok lagi dan kami sudah 5 jam terkatung-katung di laut. Rindu daratan, semoga segera bisa menepi ke darat,” ujar Zacky mengisahkan pengalamannya.

    Merasa frustrasi dengan situasi yang terjadi, Teuku Zacky juga sempat memperingatkan agen perjalanan yang menghilang dan tidak bertanggung jawab meskipun dirinya dan keluarga telah mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk perjalanan wisata ini.

    “Halo Handri Sanjaya (@_handrijay), akunnya tiba-tiba hilang. Segera saya akan bagikan foto dan identitasnya jika dia belum juga muncul. Dia tinggal di Bandar Lampung, kalau ada orang Lampung yang tahu dia, tolong bantu,” tambah Zacky.

    Beruntung, cuaca yang baik dan sinyal yang cukup kuat akhirnya membantu mereka untuk selamat dan kembali ke daratan. Namun, apa yang membuat Zacky semakin geram adalah tindakan agen wisata yang baru muncul dan meminta agar Zacky menghapus postingannya.

    “Selang beberapa menit setelah saya upload di Instagram, tiba-tiba Jay menelepon saya dan meminta saya untuk menghapus postingan tersebut. Saya jawab, saya tidak akan menghapusnya sebelum semua masalah ini diselesaikan,” tegas Zacky.

    Meskipun akhirnya selamat, Zacky mengungkapkan dia mengalami kerugian yang tidak sedikit. Uang sebesar Rp 25 juta ditambah biaya trip overland dan camp senilai Rp 6 juta yang seharusnya dikembalikan oleh agen wisata tersebut belum dikembalikan, padahal Teuku Zacky telah melunasi seluruh biaya perjalanan wisata ke Labuan Bajo pada 7 Desember 2024 lalu.

  • Kronologi Liburan Horor Teuku Zacky dan Keluarga karena Terombang-ambing di Tengah Laut Labuan Bajo

    Kronologi Liburan Horor Teuku Zacky dan Keluarga karena Terombang-ambing di Tengah Laut Labuan Bajo

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas Teuku Zacky mencurahkan isi hatinya terkait pengalaman liburan bersama keluarganya yang kurang menyenangkan saat berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, kapal yang ditumpangi Teuku Zacky dan keluarganya mengalami mati mesin dan sempat terombang-ambing di laut selama berhari-hari.

    “Pengalaman ini di-posting agar tidak terjadi simpang siur dan praduga lain-lainnya dan cerita ini benar-benar apa yang terjadi. Juga untuk pengalaman traveller yang lainnya agar tidak terjadi lagi. Karena, ternyata banyak sekali kejadian serupa sebelumnya,” ujar Teuku Zacky di Instagram miliknya, Jumat (27/12/2024).

    Teuku Zacky menyebut, sekitar tanggal 20 November 2024 menghubungi seorang biro jasa traveling yang biasa mengurus perjalanan wisata di Labuan Bajo yang akan dijalaninya untuk tanggal 22 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025.

    “Kenapa saya menghubungi Jay? Karena sebelumnya sudah pernah kenal pada 2021, tahu dia suka handle trip di LB (Labuan Bajo). Bahkan kita sering komunikasi baik selalu bertukar informasi tentang masalah anjing karena dia dog lovers,” ceritanya.

    Dari perbincangan tersebut, akhirnya keduanya sepakat secara harga untuk melaksanakan liburan dengan menggunakan jasa biro perjalanan yang ditawarkan Jay.

    “26 November deal untuk sailing 24-26 Desember, trip over land / camp 28-29 Desember dan diminta transfer Rp 2 juta untuk tanda jadi dan sudah di transfer hari itu juga,” lanjutnya.

    Setelah semua persyaratan yang disampaikan biro perjalanan sudah dilunasi pada 7 Desember setelah beberapa kali kali melakukan sistem transfer, Teuku Zacky bersama keluarganya akhirnya terbang ke Labuan Bajo dan tiba pada 22 Desember.

    “Pada 23 Desember malam dapat kabar bahwa ada problem tetapi saya keburu tidur. Besok pagi tanggal 24 Desember mendapat kabar, bahwa ada trouble kapalnya dan harus diganti. Namun, karena akhir tahun padat, jika mau tetap menjalankan trip itu, maka pihak harus membayar lagi dan saya diminta membantu untuk nolongin buat menalangi dahulu senilai Rp 25 juta kepada biro perjalanan agar bisa tetap jalan dan dijanjikan akan dikembalikan,” ujarnya.

    Tak hanya itu Zacky mengungkapkan perjalanan darat (trip overland) juga terkendala sehingga harus dibatalkan.

    “Perihal kapal Rp 25 juta (nambah) dan refund camp Rp 6 juta, sehingga katanya dikembalikan uangnya Rp 31 juta,” bebernya.

    Setelah perdebatan panjang, Teuku Zacky akhirnya bisa melihat kondisi kapal yang direncanakan digunakan untuk perjalanan wisata lautnya.

    “Saya dijemput guide-nya dia untuk naik ke kapal. Sesampainya di kapal, kondisi kapal tidak sesuai harapan, saya minta cancel semua tidak bisa dan tidak ada pilihan lain. Namun, karena terlalu lama menunggu dan karena sudah ada di kapal akhirnya saya menerima dengan kondisi kapal yang jauh dari ekspektasi dan tetap saya bawa fun untuk fam trip. Namun, setelah 11-12 jam di atas kapal barulah kapal bisa jalan,” tuturnya lagi.

    Nahas, saat berada di tengah laut, kapal yang ditumpangi Teuku Zacky mati mesin.

    “Kapal mogok berkali-kali, aki-nya meledak. Lalu, harus pinjam aki ke kapal yang lewat dan ini terjadi saat kami sailing. Di kamar (kapal) ada tikus, kamar lembab, toilet pun tidak berfungsi. Untungnya makanan aman dan awak kapal orang baik serta view-nya juga cantik dan orang-orang sekitar ramah, meski ada hal yang tidak menyenangkan,” sambungnya.

    Teuku Zacky ternyata baru mengetahui Jay yang merupakan penyelenggara trip perjalanan kali ini ternyata baru mem-booking kapal Rp 2 juta dan baru dilunasi di hari keberangkatan pada 24 Desember 2024.

  • Soal Pungli di Lokasi Wisata, Kementerian Pariwisata Minta Pemda Turun Tangan – Halaman all

    Soal Pungli di Lokasi Wisata, Kementerian Pariwisata Minta Pemda Turun Tangan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Momen liburan akhir tahun menjadi waktu menyenangkan untuk melancong ke berbagai lokasi wisata di dalam negeri.

    Pulau Bali, Danau Toba, Labuan Bajo hingga destinasi wisata lainnya tentu akan kebanjiran wisatawan.

    Sayangnya, ramainya lokasi wisata juga dimanfaatkan sebagian oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan ilegal dengan menarik pungutan liar (pungli).

    Layaknya yang terjadi di destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Wisatawan ditarik tiket masuk hingga tiga kali saat berkunjung 19 Desember lalu.

    Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata Hariyanto, mengatakan meski persentasi tindakan ilegal seperti pemalakan ataupun pungli sedikit, pihaknya meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengambil tindakan tegas.

    “Kita langsung koordinasi dan kita menghubungi pemerintah daerah, aparat terkait, dari mulai kepala dinas pariwisata dan juga stakeholder lainnya termasuk aparat keamanan. Dengan reaksi cepat tindakan itu bisa ditangani oleh pihak setempat,” ungkap Hariyanto, Jumat (27/12/2024).

    Walau penanganan belum maksimal karena momen liburan yang selalu ramai dengan pengunjung, namun respon dan koordinasi cepat dapat membantu penanganan hal tersebut.

    “Pada umumnya respon cepat itu kita dapatkan, mereka langsung rapat koordinasi, bahkan mereka memanggil para pihak terkait. Aparat juga bisa langsung melakukan tindakan terukur,” jelasnya.

    Untuk momen libur akhir tahun kali ini, Kemenpar terus melakukan penguatan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berlibur.

    “Jadi sejauh ini yang kita lakukan adalah menguatkan fungsi koordinasi, komunikasi dan memastikan surat edaran dari menteri untuk penyelenggaraan Nataru yang aman, nyaman dan menyenangkan,” imbuh Hariyanto.

     

  • Nataru 2025, Penerbangan Internasional di Indonesia Timur Melonjak

    Nataru 2025, Penerbangan Internasional di Indonesia Timur Melonjak

    Jakarta, CNBC Indonesia – Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Lukman F. Laisa melaksanakan monitoring pengendalian transportasi Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 untuk memastikan kelancaran, keselamatan dan keamanan transportasi di Indonesia Timur, khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan pada 25-26 Desember 2024.

    Berdasarkan data petugas posko Nataru, jumlah penumpang transportasi udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sejak tanggal 18 hingga 25 Desember 2024 terus meningkat.

    “Hingga saat ini jumlah penumpang domestik mencapai 250.470 penumpang. Artinya tahun ini naik sebesar 3,4% dibanding tahun lalu, begitu pula dengan penumpang internasional yang naik signifikan sebesar 64,5% atau 7.156 penumpang,” ujar Lukman dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (26/12/2024).

    Adapun jumlah penumpang terbanyak, lanjutnya, jatuh pada H-4 Natal 2024. “Arus puncak kedatangan dan keberangkatan di bandara ini terjadi pada 22 Desember 2024 yaitu mencapai 35.735 penumpang per hari. Adapun 5 tujuan terbanyak penumpang dari Makassar ini adalah ke Jakarta, Surabaya, Denpasar, Palu dan Kendari,” jelasnya.

    Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada periode nataru ini, PT. Angkasa Pura Indonesia selaku pengelola bandar udara telah melakukan perluasan area terminal, sehingga pemenuhan pelayanan angkutan udara tetap berjalan dengan optimal.

    Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang sebelumnya memiliki luas 52.000 m2 telah diperluas dan dioperasionalkan hampir 2 kali lipat dibanding sebelumnya. Dan ini akan terus dikembangkan lagi menjadi 166.000 m2, sehingga dari yang sebelumnya dapat menampung sekitar 6 juta penumpang per tahun, akan meningkat menjadi 15 juta penumpang per tahunnya.

    Sementara terkait perubahan cuaca, Lukman meminta kepada para penumpang untuk tidak perlu khawatir. Dia pun memastikan faktor keselamatan tetap menjadi prioritas dalam penerbangan.

    “Bagi para penumpang yang hendak bepergian menggunakan pesawat udara tidak perlu kuatir akan terjadinya perubahan cuaca, karena faktor keselamatan tetap menjadi prioritas dalam penerbangan. Semoga perjalanan anda menyenangkan dan bisa berkumpul dengan keluarga,” ucap dia.

    Selain di bandara, Plt. Dirjen Hubud juga memantau moda transportasi lain di wilayah Makassar, seperti di Pelabuhan Soekarno-Hatta dan Terminal Makassar Metro. Secara umum dapat disampaikan bahwa pelaksanaan angkutan Nataru berjalan dengan baik dan tidak ada kendala berarti.

    Pada peninjauan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, rute dengan penumpang terbanyak dilayani dari Makassar yaitu ke Baubau, Tanjung Perak, Labuan Bajo, Maumere, dan Parepare. Puncaknya yakni pada tanggal 20 Desember 2024, dengan jumlah 2.442 penumpang datang, 2.716 penumpang lanjutan, dan 3.848 penumpang berangkat.

    Sementara Terminal Metro Makassar, melayani rute dari Makassar yaitu Toraja, Palopo, Mangkutana, Palu, Mamuju, Luwu, Morowali, Gorontalo dan Manado.

    “Armada yang melayani perjalanan antar kota disini cukup bagus ya, dan puncaknya pada tanggal 23 Desember 2024 sebesar 3.814 penumpang dari Terminal Metro Makassar,” pungkasnya.

    (hoi/hoi)

  • BUMN Asuransi Ini Salurkan Dana Rp 5,85 Miliar untuk CSR dan UMK – Halaman all

    BUMN Asuransi Ini Salurkan Dana Rp 5,85 Miliar untuk CSR dan UMK – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) telah menyalurkan dana sebesar Rp5,85 miliar hingga Desember 2024 untuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

    Dana tersebut mencakup Rp3,00 miliar untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Rp2,85 miliar untuk pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

    Program ini adalah bentuk nyata komitmen Jasindo dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat, sekaligus memperkuat peran perusahaan sebagai mitra yang peduli dan andal.

    “Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada keberlanjutan, kami percaya bahwa keberhasilan bisnis tidak hanya diukur dari aspek finansial, tetapi juga dari seberapa besar manfaat yang dapat kami berikan kepada masyarakat dan lingkungan. Program TJSL ini mencerminkan semangat Jasindo untuk terus berkontribusi secara nyata,” ujar Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema dalam keterangan resminya Kamis (20/12/2024) di Jakarta.

    Inisiatif Utama Kegiatan TJSL Jasindo di Tahun 2024

    1. Dukungan untuk UMKM dan Pertanian

    Jasindo mendukung pengembangan 94 pelaku UMKM melalui bantuan peralatan usaha, pelatihan, dan dukungan pameran. Selain itu, bantuan peralatan pertanian diberikan di berbagai wilayah untuk mendukung sektor agribisnis, termasuk padi, sebagai bagian dari upaya memperkuat komitmen Perusahaan dalam menjalankan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang merupakan penugasan dari Pemerintah.

    2. Akses Pendidikan dan Literasi

    Jasindo membangun gedung sekolah di Pangkep, Sulawesi Selatan dan merenovasi Taman Baca Jasindo di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, dana pendidikan disalurkan kepada 119 pelajar dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan literasi dan akses pendidikan bagi masyarakat.

    3. Mobilitas dan Kesehatan

    Program Mudik Gratis Tahun 2024 pada momentum lebaran yang melayani 250 pemudik, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat saat merayakan Hari Raya. Selain itu, layanan kesehatan melalui Mobil Sehat Jasindo di Pulau Jawa memberikan akses deteksi dini penyakit bagi masyarakat.

    4. Konservasi Lingkungan dan Pariwisata

    Melalui penanaman mangrove dan bantuan pohon non-mangrove di berbagai wilayah, Jasindo mendukung pelestarian ekosistem pesisir dan mitigasi perubahan iklim. Dukungan kebersihan di Labuan Bajo juga dilakukan untuk mendorong pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

    5. Peningkatan Infrastruktur dan Kesejahteraan

    Jasindo memberikan bantuan sarana air bersih, obat-obatan, dan makanan sehat untuk penanggulangan stunting di wilayah 3T, khususnya Kepulauan Mentawai. Perbaikan sarana di permukiman padat DKI Jakarta juga menjadi prioritas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    6. Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil

    Jasindo bekerja sama dengan Bank BUMN (BRI) untuk menyalurkan bantuan pendanaan UMK, memperluas akses permodalan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara berkelanjutan.
    Keseluruhan program TJSL Jasindo menunjukkan upaya berkelanjutan perusahaan dalam mendukung pembangunan masyarakat dan lingkungan. 

    “Kami ingin menjadi perusahaan yang tidak hanya sukses secara bisnis, tetapi juga berperan aktif dalam menciptakan perubahan yang berarti. Kontribusi ini adalah wujud nyata visi Jasindo untuk masa depan yang lebih baik,” tambah Brellian.

    Dengan inisiatif ini, Jasindo mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan yang peduli, tangguh, dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

  • Desain Pesawat Garuda Tampilkan Pikachu Berbatik Dikritik, Wamenekraf Irene Buka Suara

    Desain Pesawat Garuda Tampilkan Pikachu Berbatik Dikritik, Wamenekraf Irene Buka Suara

    Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenekraf) Irene Umar menanggapi kritik dari anggota DPR Komisi VII Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Arizal Tom Liwafa, mengenai kolaborasi desain pesawat Garuda Indonesia yang menampilkan gambar Pikachu mengenakan baju batik. Irene menegaskan dalam negara demokratis, setiap orang bebas untuk berpendapat.

    “Kalau saya, Indonesia itu open kan, jadi komentar apa pun juga, ini public space. Kita demokratis, jadi semua orang bisa berekspresi. Kalau buat saya sendiri, kita hanya melihat ekonomi kreatif itu apa sih,” ujar Irene kepada Beritasatu.com seusai konferensi pers peluncuran kolaborasi One Piece x Tahilalats di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2024).

    Irene juga menjelaskan arah kebijakan Kementerian Ekonomi Kreatif berdasarkan arahan Presiden Prabowo Subianto yaitu mendukung konsep open economy untuk mencapai target yang lebih besar. Hal itu termasuk memperluas kerja sama internasional.

    “Kalau kita sesuai dengan arahan Presiden Prabowo, kita akan open economy sejauh kita bisa mempertahankan (kearifan lokal). Kita bersama-sama bukan hanya di puncak, tapi juga di awal-awalnya. Harapan kita seperti itu,” jelas Irene.

    Irene menekankan pentingnya mendampingi kreator Indonesia untuk mewujudkan potensi mereka. Ia juga menyoroti bahwa kerja sama dan kolaborasi menjadi kunci dalam mendukung ekonomi kreatif menuju Indonesia Emas 2045.

    “Dari kementerian kita, sudah dikatakan juga oleh Pak Prabowo, bahwa ini tidak ada ego sektoral, tidak ada ego kementerian, dan kita harus berkolaborasi untuk menuju Indonesia Emas,” tutup Irene.

    Sebelumnya, kritik terhadap desain Pikachu di pesawat Garuda Indonesia disampaikan oleh Arizal Tom Liwafa melalui sebuah video yang diunggah di akun TikTok resmi Partai Amanat Nasional pada Kamis (24/10/2024).

    “Kemarin sempat diskusi sama pimpinan. Jadi yang memprihatinkan adalah bagaimana kemudian maskapai penerbangan yang kita banggakan, yaitu Garuda malah kolaborasi sama Pokemon. Ini kan perlu diperhatikan betul,” ungkap Tomli.

    Tomli juga menyebutkan bahwa kolaborasi ini lebih menguntungkan Pokemon, yang disebutnya sebagai produk UMKM Jepang, sementara potensi pariwisata lokal Indonesia justru terabaikan.

    “Ini produk luar, UMKM Jepang. Artinya apa? Kami ini kan banyak sekali daerah wisata; ada Labuan Bajo, Bali, Candi Prambanan, Candi Borobudur. Kok bisa Pokemon gitu loh yang ditempel di sana? Pokemon berbatik pula. Ini kan miris menurut saya,” tegasnya mengkritik desain pesawat Garuda.

  • Sosok Uskup Emeritus Keuskupan Bogor Cosmas Michael Angkur Wafat di NTT, Pernah Jabat Ketua DPRD

    Sosok Uskup Emeritus Keuskupan Bogor Cosmas Michael Angkur Wafat di NTT, Pernah Jabat Ketua DPRD

    TRIBUNJAKARTA.COM – Sosok Uskup Emeritus Keuskupan Bogor, Mgr. Cosmas Michael Angkur, OFM yang meninggal dunia pada hari ini Rabu (18/12/2024) sekira pukul 12.06 Wita.

    Mgr Cosmas Michael Angkur menghembuskan nafas terakhir di RS Siloam Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Uskup Michael Angkur pernah menjadi Ketua DPRD II Kabupaten Jayawijaya sekaligus menjabat sebagai Pembina Partai Golkar periode 1971-1977.

    Michael Angkur terpilih sebagai Uskup di Keuskupan Bogor pada 10 Juni 1994.

    Ia ditahbiskan menjadi Uskup Keuskupan Bogor oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Leo Soekoto SJ pada 23 Oktober 1994.

    Mgr. Cosmas Michael Angkur pensiun sebagai Uskup Bogor pada 21 November 2013 dan kepemimpinan Keuskupan Bogor dilanjutkan oleh Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM.

    Uskup Michael Angkur lahir pada 4 Januari 1937 di Lewur, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

    Beliau merupakan buah kasih dari pasangan Joseph Djadu dan Odilia Mamus.

    Pendidikan formalnya diawali dari SDK Lewur (1945–1948) dan masuk Sekolah Standard di Ranggu-Kolang, Manggarai (1948–1951). 

    Ia melanjutkan studi di Seminari Mataloko, Ngada, Flores tahun 1951-1960. 
    Setelah itu Michael Angkur masuk novisiat OFM di Cicurug, Jawa Barat pada tahun 1960.

    Pada 17 Juli 1967, ia ditahbiskan sebagai imam oleh Mgr. Nicolaus Geise OFM di Gereja Katedral Bogor.

    Mgr Cosmas Michael Angkur OFM sempat memimpin sejumlah organisasi diantaranya Provinsial Ordo OFM pada tahun 1983-1989, Ketua Majelis Antar Serikat Imam (MASI) dan Ketua Majelis Antar Serikat Religius Indonesia (MASRI)

    Selama ini Uskup Michael menjalani masa pensiunnya di sebuah rumah peristirahatan di Gorontalo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, hingga meninggal dunia pada 18 Desember 2024 dalam usia 87 tahun.

    Sekretaris Provinsi OFM Indonesia dalam keterangannya menyembut, kondisi kesehatan Uskup Michael menurun sehingga harus dibawa ke rumah sakit pada Selasa 17 Desember 2024 malam.

    Uskup Michael Angkur tutup usia pada Rabu 28 Desember sekitar pukul 12.06 Wita.

    Saat ini, Persaudaraan Fransiskan bersama Keuskupan Bogor masih melakukan koordinasi untuk penjadwalan Misa Requiem dan prosesi pemakaman. Informasi lebih lanjut akan disampaikan kemudian.

    Vikaris Episkopal (Vikep) Labuan Bajo Romo Rikardus Manggu, mengatakan jenazah Uskup Michael akan disemayamkan di Seminari St Yohanes Paulus II Labuan Bajo sebelum dimakamkan. 

    Sementara itu, kabar duka ini pun membuat Keuskupan Bogor merasa kehilangan.

    “Pasti (kehilangan). Ketika kami mendengar pemberitaan, kami merasa sedih, berduka, dan kehilangan. Khususnya saya pribadi,” kata Vikaris Episkopal Bidang Kemasyarakatan Keuskupan Bogor Romo Endro Susanto saat dijumpai TribunnewsBogor.com di Gereja Katedral.

    Kehilangan ini pun tidak terlepas dari sosok mendiang sendiri. Kata Romo Endro, sosok mendiang terkenal sangat sederhana.

    Selain itu juga sosoknya sangat rendah hati dan sangat mengayomi umat. 

    “Bahkan, masa kepimpinan beliau sangat memikirkan tentang gereja keuskupan bogor. Maka tidak bisa dipungkiri ketika kepimpinan beliau, perkembangb gereja di bawah keuskupan bogor berkembang pesat,” jelasnya.

    Sosok mendiang pun sangat menjadi teladan bagi Keuskupan Bogor.

    “Dan bahkan kemarin saya baru lihat video beliau itu cukup menarik. Dia selaku mantan Uskup tapi dia mau membersihkan ruangan doanya sendiri, ngepel sendiri juga,” ungkapnya.

    Keuskupan Bogor pun akan terus mengenang jasa mendiang.

    “Beliau adalah sosok yang sangat mengayomi, bapa yang sangat dekat dengan umat,” tandasnya.

    Meninggal Dunia

    skup Emeritus Keuskupan Bogor, Mgr. Cosmas Michael Angkur, OFM meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, Rabu 18 Desember 2024 sekitar pukul 12.06 Wita. Mendiang adalah Uskup Emeritus Keuskupan Bogor.

    “Baru saja meninggal di Rumah Sakit Siloam,” kata Vikaris Episkopal (Vikep) Labuan Bajo Romo Rikardus Manggu, dikonfirmasi Rabu siang.

    Romo Rikardus mengatakan jenazah Uskup Michael akan disemayamkan di Seminari St Yohanes Paulus II Labuan Bajo. (TribunJakarta/Pos Kupang)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

     

  • Wisatawan terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki tiba di Pelabuhan Benoa

    Wisatawan terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki tiba di Pelabuhan Benoa

    Jumat, 15 November 2024 11:37 WIB

    Sejumlah wisatawan mancanegara menunggu jemputan setibanya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat (15/11/2024). Sebanyak 602 wisatawan nusantara dan 410 wisatawan mancanegara dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, tiba di Pulau Bali melalui jalur laut menyusul Bandara Internasional Komodo ditutup akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

    Sejumlah wisatawan mancanegara berjalan di area dermaga setibanya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat (15/11/2024). Sebanyak 602 wisatawan nusantara dan 410 wisatawan mancanegara dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, tiba di Pulau Bali melalui jalur laut menyusul Bandara Internasional Komodo ditutup akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

  • Libur Nataru, Indonesia AirAsia Tambah 554 Ribu Kursi Penerbangan

    Libur Nataru, Indonesia AirAsia Tambah 554 Ribu Kursi Penerbangan

    Jakarta: Indonesia AirAsia menyebut akan menyiapkan lebih dari setengah juta kursi penerbangan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai 15 Desember 2024 hingga 7 Januari 2025 mendatang.
     
    “Indonesia AirAsia telah mengambil langkah proaktif untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode Nataru. Salah satunya adalah dengan menambahkan lebih dari 180 penerbangan ekstra dan mengoperasikan 25 pesawat guna memastikan ketersediaan pilihan transportasi bagi perjalanan para penumpang. Sebagai bagian dari persiapan, kami juga mengimbau seluruh penumpang untuk tiba di bandara lebih awal guna memastikan proses check-in dan boarding berjalan lancar,” kata Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia di Jakarta, Rabu 12 November 2024.
     
    Veranita menambahkan bahwa rute-rute yang mendapatkan penambahan penerbangan ekstra meliputi Jakarta-Bali, Jakarta-Silangit, dan Banjarmasin-Bali. Langkah ini sejalan dengan komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung program pemerintah dalam memperkuat konektivitas domestik sekaligus membantu menekan harga tiket pesawat selama periode Nataru. 
    Selain rute-rute tersebut, Indonesia AirAsia juga menawarkan berbagai pilihan penerbangan lainnya yang dapat memudahkan masyarakat untuk menikmati liburan. Untuk destinasi domestik, tersedia rute seperti Jakarta-Labuan Bajo, Bali-Labuan Bajo, Balikpapan-Bali, dan Jakarta-Lampung. Sementara itu, bagi yang ingin menjelajahi destinasi internasional, tersedia penerbangan menuju Singapura, Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Australia. 
     
    Menurut Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang yang akan menggunakan moda transportasi udara selama periode Nataru diperkirakan mencapai 3,9 juta, atau meningkat 4% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Indonesia AirAsia siap untuk berkontribusi memberikan pelayanan terbaik guna mendukung kelancaran perjalanan penumpang, baik di Bandara maupun selama penerbangan.
     
    Tahun sebelumnya, Indonesia AirAsia juga telah menerbangkan 391 ribu penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), dari tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Prestasi ini dicapai melalui pengoperasian lebih dari 2.500 penerbangan, mencakup rute domestik maupun internasional. 
     
    Untuk memeriahkan libur akhir tahun, Indonesia AirAsia menawarkan promo spesial bagi penerbangan ke berbagai rute internasional. Seperti harga terendah untuk liburan ke destinasi seperti Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuching, Singapura, Bangkok, Phuket, Hong Kong, Brunei Darussalam, Perth, Cairns hingga Phnom Penh.
     
    Tiket promo ini sudah dapat dipesan mulai 9-15 Desember 2024 melalui aplikasi AirAsia Move (sebelumnya AirAsia Superapp) atau situs airasia dengan periode terbang dari 9 Desember 2024 hingga 30 Juni 2025.
     
    Untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan dan menghindari keramaian di konter check-in saat periode ini, Indonesia AirAsia kini juga telah menghadirkan layanan FastPass khusus untuk rute internasional. Layanan ini kemudahan seperti XtraCarryOn yang bisa membawa bagasi kabin hingga 14 kg (1 bagasi hingga 10 kg atau 2 bagasi dengan total maksimal 14 kg sesuai dimensi yang diperbolehkan), akses ke konter check-in khusus dan prioritas boarding di Zona 1. Layanan ini juga akan memudahkan penumpang untuk mendapatkan jalur cepat imigrasi khusus di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2), Malaysia.
     
    Penumpang dapat memilih kursi HotSeat untuk kenyamanan terbaik, serta membeli layanan tambahan seperti bagasi, asuransi perjalanan, dan FastPass. Setiap pembelian layanan tambahan ini juga berkesempatan mengikuti program Top Spender dengan hadiah utama 500 ribu AirAsia points dan total hadiah mencapai 3 juta AirAsia points.
     
    Indonesia AirAsia mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter checkindi Bandara keberangkatan.
     
    Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (MMI)

  • TNI AL kerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk angkut bantuan untuk pengungsi Lewotobi

    TNI AL kerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk angkut bantuan untuk pengungsi Lewotobi

    Minggu, 17 November 2024 16:08 WIB

    Sejumlah prajurit TNI AL secara estafet memindahkan bantuan untuk pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dari geladak KRI Ahmad Yani-351 ke geladak kapal angkut yang lebih kecil usai lego jangkar di Selat Gonzalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (17/11/2024). TNI AL mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk mengangkut paket-paket bantuan kemanusian untuk pengungsi erupsi Lewotobi, berupa bahan makanan, perlengkapan kehidupan sehari-hari dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU

    KRI Ahmad Yani-351 yang mengangkut bantuan kemanusiaan untuk pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki melakukan lego jangkar di Selat Gonzalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (17/11/2024). TNI AL mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk mengangkut paket-paket bantuan kemanusian untuk pengungsi erupsi Lewotobi, berupa bahan makanan, perlengkapan kehidupan sehari-hari dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU

    Sejumlah prajurit TNI AL secara estafet memindahkan bantuan untuk pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dari geladak KRI Ahmad Yani-351 ke geladak kapal angkut yang lebih kecil usai lego jangkar di Selat Gonzalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (17/11/2024). TNI AL mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk mengangkut paket-paket bantuan kemanusian untuk pengungsi erupsi Lewotobi, berupa bahan makanan, perlengkapan kehidupan sehari-hari dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU