kab/kota: Kebon Sirih

  • Cara Mengadu Langsung ke Gibran Lewat ‘Lapor Mas Wapres’,

    Cara Mengadu Langsung ke Gibran Lewat ‘Lapor Mas Wapres’,

    Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka membuka layanan pengaduan langsung yang bernama “Lapor Mas Wapres”. Warga RI yang memiliki keluhan bisa melapor secara online kemudian datang sendiri untuk menyampaikan permasalahan mereka ke Istana Wakil Presiden di Jakarta.

    Gibran mengumumkan layanan “Lapor Mas Wapres” lewat akun Instagram pribadinya @gibran_rakabuming pada Minggu (10/11/2024).

    “Kepada yang saya cintai, seluruh warga negara Indonesia. Mulai besok, kami akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum,” kata Wapres di media sosial.

    Namun, datang langsung ke Istana Wapres bukan satu-satunya cara bagi warga RI untuk menyampaikan keluhannya. Mereka juga bisa menyampaikan keluhannya secara online.

    Berikut adalah cara membuat pengaduan lewat Lapor Mas Wapres, berdasarkan unggahan di akun Instagramnya:

    Masyarakat bisa melapor langsung dengan datang ke Istana Wapres yang beralamat di Jalan Kebon Sirih nomor 14, Jakarta Pusat.
    Layanan pengaduan Lapor Mas Wapres dibuka setiap Senin-Jumat pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.
    Keluhan juga bisa disampaikan lewat WhatsApp ke nomor 081117042207

    Layanan Lapor Mas Wapres Perdana

    Dari pantauan CNBC Indonesia, sudah ada warga yang menggunakan layanan Lapor Mas Wapres di hari pertama. Terlihat, ada lima orang yang melakukan aduan. Mereka terlebih dahulu melakukan pendaftaran hingga mendapatkan nomor antrian. Terlihat memang belum ada antrean panjang di ruang pendaftaran.

    Usai memberikan laporan, Latifa dari Cempaka Putih, mengadukan masalah mengenai ijazah anaknya yang masih ditahan pihak sekolah, lantaran permasalahan administrasi. Ia juga mengaku mengalami permasalahan ekonomi setelah suaminya mengalami sakit stroke.

    Asisten Deputi Tata Kelola Pemerintahan Sekretariat Wakil Presiden Pranggono Dwianto mengatakan hingga pukul 10.00 WIB lalu setidaknya sudah ada 20 orang yang melakukan pengaduan. Aduan ini dibuka dari pukul 7.00 – 14.00 WIB dengan kuota maksimal 50 orang per hari.

    “Variatif, beragam laporan. Dan itu kami perhatikan banyak terkait dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah di daerah atau di lapangan,” katanya.

    Menurutnya nanti tindak lanjut yang dilakukan usai dilaporkan, akan disortir pengaduannya, kemudian akan dianalisis kendalanya dan diteruskan kepada kementerian lembaga terkait.

    “Ketika permasalahannya sudah jelas dokumen pendukung sudah lengkap dan kementerian lembaga mana yang berwenang, baru kita urai masalah itu,” terangnya.

    (dem/dem)

  • Program ‘Lapor Mas Wapres’ Mulai Diluncurkan Hari Ini, Warga Bisa Ngadu ke Gibran Langsung di Istana

    Program ‘Lapor Mas Wapres’ Mulai Diluncurkan Hari Ini, Warga Bisa Ngadu ke Gibran Langsung di Istana

    GELORA.CO  – Wakil Presiden RI (Wapres) Gibran Rakabuming Raka membuat program ‘Lapor Mas Wapres’.

    Program ini memungkinkan warga Indonesia memiliki akses untuk mengadu langsung ke Istana Wapres, di Jalan Kebon Sirih Nomor 14 Jakarta Pusat.

    Program ‘Lapor Mas Wapres’ sudah mulai berjalan hari ini, Senin (11/11/2024) sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

    “Mulai besok, saya akan membuat pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum. Bapak ibu dapat langsung datang ke Istana Wakil Presiden ya,” kata Gibran melalui akun Instagram @gibran_rakabuming, yang diunggah pada Minggu (10/4/2024).

    Program layanan pengaduan terhadap Wapres RI Gibran ini dibuka setiap hari kerja atau Senin-Jumat dengan rentang waktu yang sama.

    Tak hanya datang langsung ke Istana, program ‘Lapor Mas Wapres’ juga membuka pengaduan masyarakat melalui nomor WhatsApp. 

    Masyarakat dapat mengirimkan aduannya di nomor 081117042207 yang tertera pada tampilan gambar unggahan Instagram Gibran Rakabuming.

    “Kami juga membuka akses melalui WhatsApp yang nomornya ada di poster,” kata dia.

    Sebelum menetapkan program ini, Gibran juga pernah melakukan hal serupa saat menjabat Wali Kota Solo. 

    Program itu bernama ‘Lapor Mas Wali’.

    Selain bertemu langsung di Balai Kota Solo, warga Solo juga bisa menyampaikan aduan melalui WhatsApp di nomor 081225067171 atau melalui akun Instagram resmi milik Gibran.

  • Mulai Hari Ini, Gibran Buka Layanan Pengaduan Masyarakat di Istana Wapres
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        11 November 2024

    Mulai Hari Ini, Gibran Buka Layanan Pengaduan Masyarakat di Istana Wapres Nasional 11 November 2024

    Mulai Hari Ini, Gibran Buka Layanan Pengaduan Masyarakat di Istana Wapres
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Wakil Presiden
    Gibran Rakabuming
    Raka membuka layanan pengaduan masyarakat “Lapor Mas Wapres” mulai Senin (11/11/2024) hari ini.
    Pembukaan layanan pengaduan ini disampaikannya melalui akun Instagram @gibran_rakabuming pada Minggu, kemarin.
    “Kepada yang saya cintai, seluruh warga negara Indonesia, mulai besok, saya akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum,” tulis Gibran melalui akun resmi Instagram-nya @gibran_rakabuming, Minggu (10/11/2024).
    Mantan Wali Kota Solo itu menyatakan, ia terbuka untuk didatangi oleh seluruh masyarakat dari hari Senin sampai dengan hari Jumat.
    Aduan masyarakat bisa disampaikan melalui WhatsApp 08111 704 2207 atau datang langsung ke Istana Wakil Presiden di Jalan Kebon Sirih, Nomor 14, Jakarta Pusat.
    Adapun layanan pengaduan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB.
    “Bapak Ibu dapat langsung datang ke Istana Wakil Presiden ya. Jadwalnya dari hari Senin-Jumat, jam 08.00-14.00 WIB,” tulis dia.
    Sebuah kiriman dibagikan oleh Gibran Rakabuming (@gibran_rakabuming)
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Gibran Buka WhatsApp Pengaduan 081117042207, Netizen Antusias

    Gibran Buka WhatsApp Pengaduan 081117042207, Netizen Antusias

    Jakarta

    Hotline WhatsApp dan posko pengaduan Lapor Mas Wapres menjadi kebijakan baru Wapres Gibran Rakabuming Raka. Netizen warga Indonesia tampak antusias.

    Hotline WhatsApp dan posko pengaduan Lapor Mas Wapres ini diumumkan Wapres Gibran melalui akun Instagramnya. Gibran mengatakan mulai Senin (11/11/2024) dia akan membuka posko pengaduan dari masyarakat di Istana Wakil Presiden, Jl Kebon Sirih No 14, Jakarta Pusat.

    “Bapak Ibu dapat langsung datang ke Istana Wakil Presiden ya. Jadwalnya dari hari Senin-Jumat, jam 08.00-14.00 WIB,” kata Gibran dalam postingan di @gibran_rakabuming.

    Selain itu, Wapres juga membuka kontak lewat WhatsApp. Nomornya adalah 081117042207.

    “Kami juga membuka akses melalui WhatsApp yang nomornya ada di poster,” tambahnya. Seperti inilah posternya di Instagram.

    [Gambas:Instagram]

    Postingan Gibran sudah mendapatkan 431.361 likes dari masyarakat Indonesia hingga Senin pagi ini. Reaksi netizen Indonesia cukup beragam dari yang menyambut positif, merespons bercanda, dan bahkan langsung ada yang melapor di Instagram.

    Mereka yang berkomentar mulai dari selebriti sampai dengan masyarakat pada umumnya. Penyanyi Aldi Taher lewat akunnya @alditaher.official misalnya memberikan komentar love di komentar namun tanpa kata-kata lagi.

    Inilah beberapa komentar netizen yang lain di Instagram:

    “Keren banget mas Wapress di saat biasanya pejabat menutup akses karena kesibukan, tetapi ini justru buat gebrakan dengan membuka layanan pengaduan,” puji @cahayasafitrinin***.

    “Aku mau ngadu klo yg suka ngilang tanpa bilang harus diapain ya mas 😩,” canda @intanelsa.rosa***.

    “Pejabat daerah ketar-ketir melihat ini 🔥,” komentar @ikhwan_rama***.

    “Lapor mas saya butuh modal usaha mandiri ( UMKM ) ‼️🤭,” kata @akhyardoa***.

    “Lapor pak wapres, gimana cara negur orang yg suka bakar bakar sampah dan asapnya mengganggu tetangga yg lain kalo di tegur dia bawa sajam pak wapres, lapor ke rt gak di gubris pak wapres @gibran_rakabuming,” kata @17.456*** yang langsung curhat.

    (fay/fyk)

  • Gibran Buka Aduan “Lapor Mas Wapres” untuk Masyarakat Umum

    Gibran Buka Aduan “Lapor Mas Wapres” untuk Masyarakat Umum

    Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka membuka layanan pengaduan masyarakat bernama “Lapor Mas Wapres”.

    Layanan aduan tersebut diberikan untuk masyarakat umum yang dapat diakses langsung dengan mendatangi Istana Wakil Presiden.

    Selain itu, masyarakat juga menyampaikan keluhan dan aspiresi melalui pesan WhatsApp, mulai Senin (11/11).

    “Mulai besok, saya akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum,” katanya melalui keterangan foto.

    Wapres mempersilakan masyarakat yang berkepentingan melapor untuk datang secara langsung ke Istana Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih Nomor 14, Jakarta Pusat.

    Layanan laporan di Istana Wakil Presiden dibuka pada Senin hingga Jumat, jam 08.00 hingga 14.00 WIB.

    Kemudian untuk layanan laporan via WhatsApp, dilakukan melalui nomor 081117042207.

    “Saya juga membuka akses melalui WhatsApp yang nomornya ada di poster,” katanya.

    Layanan aduan masyarakat ini kemudian disambut baik oleh para pendukung Gibran di akun media sosial Instagramnya.

    Para pendukung mengatakan bahwa layanan aduan ini sebelumnya sudah diimplementasikan oleh Gibran saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

  • Mulai Senin, Gibran Buka Layanan Pengaduan Warga di Istana Wapres – Espos.id

    Mulai Senin, Gibran Buka Layanan Pengaduan Warga di Istana Wapres – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Tangkapan layar – Poster Lapor Mas Wapres yang diunggah melalui akun Instagram @gibran_rakabuming, Minggu (10/11/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

    Esposin, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka membuka kanal pengaduan masyarakat melalui Lapor Mas Wapres. Masyarakat diperbolehkan langsung datang ke Istana Wapres untuk menyampaikan keluhan maupun pengaduan. 

    Selain bisa datang langsung ke Istana Wapres, masyarakat yang mengadu juga bisa lewat WhatsApp. Program ini dimulai pada Senin (11/11/2024). 

    Promosi
    KPR BRI Property Expo 2024 Beri Kemudahan dan Keuntungan Bagi Calon Nasabah

    Layanan yang diberi nama Lapor Mas Wapres itu diumumkan kepada publik melalui akun Instagram resmi @gibran_rakabuming yang diunggah pada Minggu (10/11/2024).

    “Mulai besok, saya akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum,” katanya melalui keterangan foto di Instagram. 

    Gibran mempersilakan masyarakat yang berkepentingan melapor untuk datang secara langsung ke Istana Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih Nomor 14, Jakarta Pusat. Layanan laporan di Istana Wakil Presiden dibuka pada Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

    Selain itu, Wapres juga memfasilitasi laporan via WhatsApp di nomor 081117042207, sebagai alternatif laporan.

    “Saya juga membuka akses melalui WhatsApp yang nomornya ada di poster,” katanya.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Resmi Beroperasi Senin, Layanan Pengaduan Masyarakat dari Wapres Gibran via Istana dan WhatsApp

    Resmi Beroperasi Senin, Layanan Pengaduan Masyarakat dari Wapres Gibran via Istana dan WhatsApp

    Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka membuka layanan pengaduan masyarakat dengan dua cara, yaitu datang langsung ke Istana Wapres dan melalui pesan WhatsApp (WA). Layanan pengaduan itu akan resmi beroperasi pada Senin (11/11/2024).

    Gibran mengumumkan layanan tersebut melalui akun Instagram @gibran_rakabuming, Minggu (10/11/2024). Layanan yang diberi nama “Lapor Mas Wapres”.

    “Mulai besok, saya akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum,” ujarnya dalam keterangan foto.

    Gibran mempersilakan masyarakat yang berkepentingan melapor untuk datang secara langsung ke Istana Wapres, Jalan Kebon Sirih Nomor 14, Jakarta Pusat.

    Layanan laporan di Istana Wapres dibuka pada Senin hingga Jumat, pukul 08.00- 14.00 WIB.

    Selain itu, sebagai alternatif laporan pengaduan dari warga, Gibran juga memfasilitasi laporan via WhatsApp pada nomor 081117042207.

    “Saya juga membuka akses melalui WhatsApp yang nomornya ada di poster,” ucapnya.

  • Mulai Hari Ini, Gibran Buka Layanan Pengaduan Masyarakat di Istana Wapres
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        11 November 2024

    Mulai Besok, Gibran Buka Layanan Pengaduan di Istana Wapres Nasional 10 November 2024

    Mulai Besok, Gibran Buka Layanan Pengaduan di Istana Wapres
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Wakil Presiden
    Gibran Rakabuming
    Raka membuka layanan pengaduan “Lapor Mas Wapres” mulai, Senin (11/11/2024).
    “Kepada yang saya cintai, seluruh warga negara Indonesia, mulai besok, saya akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum,” tulis Gibran melalui akun resmi Instagram-nya @gibran_rakabuming, Minggu (10/11/2024).
    Gibran bilang, dirinya terbuka untuk didatangi oleh seluruh masyarakat dari hari Senin sampai dengan hari Jumat.
    Aduan masyarakat bisa disampaikan malalui WhatsApp 08111 704 2207 atau datang langsung ke Istana Wakil Presiden di Jalan Kebon Sirih, Nomor 14, Jakarta Pusat.
    Orang nomor dua di Indonesia itu menyatakan, dirinya akan menerima masyarakat sejak pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 siang.
    “Bapak Ibu dapat langsung datang ke Istana Wakil Presiden ya. Jadwalnya dari hari Senin-Jumat, jam 08.00-14.00 WIB,” tulis dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Gibran Buka Layanan Pengaduan Warga di Istana Wapres, Ini Jadwalnya

    Gibran Buka Layanan Pengaduan Warga di Istana Wapres, Ini Jadwalnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka membuka layanan pengaduan di Istana Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

    Gibran mengumumkan fasilitas pengaduan yang dinamai Lapor Mas Wapres tersebut melalui Instagram @gibran_rakabuming, Minggu (10/11/2024). Adapun layanan pengaduan tersebut akan dibuka mulai Senin (11/11/2024) dan terbuka untuk masyarakat umum.

    “Mulai besok, saya akan membuka pengaduan dari masyarakat Indonesia secara terbuka untuk umum. Bapak Ibu dapat langsung datang ke Istana Wakil Presiden ya,” tulis Gibran.

    Pos pengaduan tersebut akan dubkan Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. Gibran menyatakan akan mengusahakan untuk dapat menerima langsung pengaduan dari masyarakat.

    Selain itu, dia pun membuka pengaduan melalui aplikasi pesan Whatsapp ke nomor 081117042207.

    Pada perkembangan lain, Gibran telah ditunjuk Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi Plt Presiden selama 16 hari melalui Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2024 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden yang diteken Prabowo pada 8 November 2024.

    Prabowo menunjuk Gibran menjadi Plt Presiden karena akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara pada 8 sampai 23 November 2024. Penunjukan dilakukan agar pelaksanaan tugas pemerintah tetap berjalan lancar.

    “Bahwa sehubungan dengan pelaksanaan kunjungan kenegaraan, kunjungan resmi, dan kunjungan kerja Presiden ke Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Peru, Brazil, dan Inggris… maka untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dipandang perlu untuk menugaskan Wakil Presiden melaksanakan tugas sehari-hari Presiden selama berlangsungnya kunjungan tersebut,” dikutip dari bagian menimbang salinan Keppres.

    [Gambas:Instagram]

    (luc/luc)

  • Bukan soal Salah Atau Benar

    Bukan soal Salah Atau Benar

    Jakarta

    Poltracking mengimbau agar Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) menyampaikan permohonan maaf di hadapan publik. Apa kata Persepi?

    “Ya nggak lah (minta maaf). Menurut saya ini bukan soal tadi, salah atau benar,” kata Ketua Persepi, Philip Vermonte kepada wartawan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (9/11/2024) malam.

    Philip mengungkap upaya dewan etik dalam memanggil Poltracking dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) akibat perbedaan hasil survei terhadap elektabilitas Cagub-cawagub di Pilkada Jakarta semata-mata untuk melihat kesesuaian prosedur yang digunakan keduanya.

    “Kita hanya mau lihat ini yang prosedurnya diikuti atau nggak?” ucap Philip.

    Dia menilai pemaparan dan alasan atas sanksi yang diberikan terhadap Poltracking sudah jelas. Sehingga, menurutnya tak ada permohonan maaf yang bisa disampaikan.

    “Kalau menurut teman-teman, gimana tadi dengan penjelasan tadi? Sudah cukup kan? Ya sudah. Nanti tulis saja,” jelasnya.

    Persepi Tepis Tudingan Targetkan Poltracking Keluar dari Asosiasi

    “Teman-teman poltracking merasa itu target saya bisa pastikan nggak ada pentargetan. Karena saya ada di situ waktu lagi pemeriksaan,” tegas Philip.

    “Kecuali Mas Hanta mungkin karena kesibukan nggak pernah datang dalam proses sidang dewan etik. Tapi teman-teman yang lain itu semua ada di situ. Jadi tadi teman-teman lihat pertanyaannya terbuka. Pertanyaan yang sama yang ditanya ke LSI,” sambungnya.

    “Saya mengimbau, mengetuk hati nurani para dewan etik harusnya meminta maaf kepada publik karena menyampaikan dengan tidak tegas orang punya kesalahan, melanggar kode etik yang mana, dan lain sebagainya, tetapi memberi sanksi, bahkan diumumkan kepada publik. Di saat yang sama ada lembaga survei yang juga identik hasilnya, tapi tidak dipanggil,” ucap Hanta dalam jumpa pers di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2024).

    Hanta menyebut tak akan menempuh jalur hukum. Namun dia hanya ingin mengembalikan nama baik lembaganya.

    “Karena itu saya berharap (Persepi) meminta maaf kepada publik karena itu telah merugikan kami secara terutama nama baik kami,” ucapnya.

    Masih dalam kesempatan yang sama, Direktur Poltracking Indonesia, Masduri Amrawi, menduga bahwa sejak awal Poltracking sudah ditarget oleh oknum Dewan Kode Etik. Sebab, hanya Poltracking yang diperiksa, padahal terdapat lembaga survei yang memiliki hasil berbeda.

    “Sebelum ramai terkait dengan perbedaan hasil survei Poltracking Indonesia dengan LSI, di percakapan internal Persepi sebenarnya sudah ramai perbedaan survei di luar daerah. Salah satunya di NTT antara Voxpol Indonesia dengan Indikator Politik Indonesia,” tutur Masduri.

    Kemudian adannya peristiwa di obrolan WhatsApp grup yang dinilai Masduri aneh tentang rencana rilis survei Poltracking. Di situ, kata dia, oknum Dewan Etik sudah mengambil sikap dan menentukan posisi.

    (taa/taa)