kab/kota: Karet

  • Toyota Starlet Raffi Ahmad Kinclong Lagi! Tampangnya Mirip Starlet Belgia

    Toyota Starlet Raffi Ahmad Kinclong Lagi! Tampangnya Mirip Starlet Belgia

    Jakarta

    Toyota Starlet milik Raffi Ahmad terpampang gagah di Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 di ICE BSD City.

    Berkat kepiawaian Adhi KZ sebagai project manager, Gofar Hilman, workshop interior Ferari Jok Cibubur, serta bengkel cat Wetgloss yang didukung oleh cat Spider, mobil milik Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni itu kini bisa kembali tampil jemawa.

    Proyek restorasi Toyota Starlet Raffi Ahmad ini tergolong ambisius. Pasalnya, tim hanya memiliki waktu singkat untuk merampungkan mobil tersebut sebelum tampil di IMX 2025.

    Toyota Starlet Raffi Ahmad mejeng di IMX 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Pemilihan Cat Ciamik!

    Salah satu hal paling menarik dari proyek ini adalah bagaimana Adhi KZ menemukan celah untuk merestorasi bodi Starlet Raffi dengan kelir mirip Toyota Starlet yang sempat beredar di Belgia.

    “Warna merah yang kami pilih ini bukan sembarang merah. Ini adalah warna merah dari katalog Toyota Belgia,” ungkap Sugiarto selaku Marketing Director PT Anugerah Berkat Cahaya Abadi (ABCA) produsen Cat Spider.

    Pihak Cat Spider menyebutkan bahwa kode warna dari Toyota Starlet milik Raffi Ahmad ini adalah 3H7 atau Cardinal Red.

    Seluruh proses pengecatan mobil ini menggunakan produk Spider Paint, mulai dari Hi-Grade Putty untuk meratakan bodi, PU Primer agar cat menempel sempurna, hingga Silstar Spectraclear 2:1 sebagai clearcoat yang memberi efek kilap tebal dan cepat kering.

    Hasil akhirnya bukan hanya rapi dan mengilap, tetapi juga memberikan kesan premium seperti mobil baru di showroom.

    Cat Spider sendiri menunjukkan kemampuan produk lokal yang kini bisa bersaing dengan merek global.

    Produsen cat asli Indonesia ini bahkan telah menghadirkan teknologi self-healing clearcoat yang mampu menyembuhkan baret halus hanya dengan paparan sinar matahari. Inovasi ini menjadi terobosan besar di dunia modifikasi dan restorasi kendaraan.

    Toyota Starlet Raffi Ahmad mejeng di IMX 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Attention to Detail yang Luar Biasa

    Di balik tampilannya yang kinclong, Toyota Starlet milik Raffi Ahmad ternyata mengalami banyak perbaikan bodi, termasuk penggantian fender.

    “Kemarin itu fender depan kiri-kanan bentuknya udah terlalu ngaco tuh yang bawaannya. Jadi ini fender lain, bukan fender yang bawaan mobilnya, jadi ganti fender,” ungkap Adhi KZ di konten Gofar Hilman yang membahas soal Starlet Raffi Ahmad.

    Adhi juga menambahkan bahwa bumper depan masih menggunakan bawaan asli, namun dudukan dalamnya diganti agar posisi dan celah bodi lebih presisi.

    “Terus kalau depan, bumper depan masih pakai aslinya. Tapi bumper stay dalamnya kita ganti. Dia kan ada pegangannya, tuh, nah itu kita ganti. Jadi biar fitment bumper-nya terhadap bodinya bisa bener lah,” sambung Adhi.

    Mobil ini bahkan membawa karet pintu-kaca, bumper, handle, hingga kaca depan dan kaca bagasi yang baru.

    Tak berhenti di situ, Adhi berusaha membuat Starlet ini tampil sama persis dengan versi Belgia.

    Karena itu, beberapa detail dibuat berbeda dengan Starlet versi Indonesia, seperti gril yang memiliki aksen “belang” hingga penghilangan fog lamp.

    Toyota Starlet Raffi Ahmad mejeng di IMX 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Kaki-kaki ‘Sekut’ dengan Pelek TBW

    Di sektor kaki-kaki, Gofar Hilman turut menyumbangkan sentuhan khasnya lewat pelek buatannya sendiri, Turbo Bastard Wheel (TBW).

    Starlet Raffi kini tampil lebih ‘Sekut’, istilah yang dipopulerkan oleh Gofar, dengan pelek TBW ring 15 ET 38 lebar 7 inci, dibalut ban GT Radial Champiro SX2 ukuran 195/50.

    Tak sampai di situ, mobil ini juga lebih ceper ketimbang Starlet standar dengan racikan oleh Adhi KZ.

    Adhi meminta tim Wetgloss untuk memapas bagian fender belakangnya agar ia bisa memainkan sektor kaki-kaki dengan lebih leluasa dan tidak mengorbankan look originalnya.

    “Cuma ini gue mintanya dipotong (sambil menunjuk fender belakang) biar sisi luarnya tidak jadi kembung. Kalau di-roll kan jadi kembung ke luar. Jadi body line-nya masih orisinil tapi itunya tipis,” ujar Adhi KZ.

    “Karena biasanya kalau jadi kembung pertemuan ke bumpernya jadi gak bisa,” lanjutnya.

    Toyota Starlet Raffi Ahmad mejeng di IMX 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Interior Siap Bawa Nostalgia

    Masuk ke dalam kabin, aura klasik terasa kuat. Interior Starlet Raffi Ahmad dibuat senada dengan kondisi standar bawaan pabrik, namun tetap segar berkat pengerjaan dari Ferari Jok Cibubur.

    “Jadi yang paling krusial sih door trim belakangnya karena bahannya udah ganti. Karena kita lagi berusaha untuk se-original mungkin,” ujar Feri selaku pemilik workshop.

    “Jadi bahannya memang sama-sama jenisnya (motif) ‘Karung’. Motifnya memang agak beda, tapi gradasi warnanya hampir ketemu,” lanjutnya.

    Beberapa material vinyl lama bahkan masih bisa diselamatkan dan hanya diberi penyegaran ringan.

    Kini, Toyota Starlet Raffi Ahmad bukan sekadar mobil nostalgia. Ia menjadi bukti bahwa restorasi yang dilakukan dengan detail, rasa, dan teknologi cat lokal berkelas bisa menghidupkan kembali pesona klasik mobil era 1990-an.

    Mobil ini masih dipajang di IMX 2025, ICE BSD City, Tangerang hingga Minggu (12/10/2025), dan siap memancing rasa kagum para penggemar otomotif yang ingin melihat langsung sang “Starlet Belgia” tampil menawan.

    (mhg/rgr)

  • Toyota Indonesia Sukses Tembus 3 Juta Unit Ekspor Mobil, Ini Kata Menperin

    Toyota Indonesia Sukses Tembus 3 Juta Unit Ekspor Mobil, Ini Kata Menperin

    JAKARTA – Tonggak bersejarah kembali ditorehkan industri otomotif Tanah Air. Toyota Group di Indonesia resmi mencatat capaian ekspor kendaraan 3 juta unit, ini menjadi sebuah pencapaian yang tidak hanya menandai kesuksesan korporasi, tetapi juga mempertegas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan manufaktur otomotif global.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut keberhasilan ini sebagai bukti nyata daya tahan dan daya saing sektor industri nasional yang terus tumbuh di tengah ketatnya persaingan global.

    “Keberhasilan menembus ekspor tiga juta unit ini adalah tonggak penting yang menunjukkan bahwa struktur industri kita semakin kuat dan adaptif terhadap dinamika ekonomi global,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu, 11 Oktober.

    Menperin menambahkan, industri otomotif memiliki efek berganda yang luar biasa terhadap perekonomian nasional. Pada 2024, nilai tambah bruto sektor kendaraan bermotor tercatat mencapai Rp180 triliun. Dengan backward linkage sebesar 2,07 dan forward linkage sebesar 2,4, kontribusi total industri ini terhadap sektor hulu dan hilir diperkirakan mencapai Rp804 triliun.

    “Industri otomotif bukan hanya memproduksi kendaraan, tetapi juga menggerakkan ekosistem industri pendukung seperti baja, karet, plastik, logam, hingga sektor transportasi dan logistik,” papar Agus.

    Toyota Indonesia sendiri telah membina lebih dari 700 perusahaan pemasok dan menyerap lebih dari 360 ribu tenaga kerja. Ini bukti konkret kontribusi besar industri ini terhadap ekonomi nasional.

    Menperin juga berharap Toyota terus memperkuat komitmennya terhadap pengembangan kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan, sejalan dengan agenda besar transformasi industri menuju keberlanjutan. Juga mengapresiasi konsistensi Toyota Indonesia yang telah mengekspor produk ke lebih 100 negara.

    “Keberhasilan ekspor tiga juta unit ini tidak hanya menjadi kebanggaan nasional, tetapi juga momentum untuk mempercepat adopsi teknologi hijau di industri otomotif. Kita ingin Indonesia menjadi pemain utama kendaraan rendah emisi di Asia,” tegasnya.

    “Semoga capaian ini menjadi inspirasi bagi seluruh pelaku industri untuk terus berinovasi, berdaya saing, dan memberikan nilai tambah bagi bangsa,” ujar Agus.

    Sementara itu, Presiden Toyota Motor Corporation, Koji Sato, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian besar ini. Ke depan, Toyota akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat Research and Development (R&D) dan basis ekspor utama untuk kawasan global.

    “Bersama para mitra, kami terus berupaya untuk menciptakan kendaraan yang semakin berkualitas, untuk masyarakat Indonesia, dan kemajuan bangsa yang hebat ini,” imbuh Koji Sato.

    Sebagai industri padat karya, Toyota Indonesia telah membangun ekosistem industri yang luas dengan lebih dari 240 pemasok Tier-1 dan 520 pemasok Tier-2 dan Tier-3. Kolaborasi ini tak hanya menumbuhkan kemandirian industri lokal, tetapi juga memperkuat peran Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam rantai pasok nasional.

    Kini, kandungan lokal kendaraan Toyota Indonesia telah menembus lebih dari 80 persen pencapaian yang menunjukkan kematangan industri dalam negeri. Investasi Toyota Group di Indonesia pun mencapai Rp100 triliun, dengan keterlibatan lebih dari 360 ribu tenaga kerja di berbagai lini, mulai dari produksi, distribusi, hingga layanan purna jual.

  • Rentetan Demo Gen Z di Peru hingga Presiden Dimakzulkan

    Rentetan Demo Gen Z di Peru hingga Presiden Dimakzulkan

    Jakarta

    Demo besar-besaran dan terjadi selama beberapa hari di Kota Lima, Peru

    . Rentetan demo berhari-hari itu membuat Presiden Peru, Dina Boluarte, dimakzulkan.

    Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Jumat (10/9/2025), ratusan demonstran mulai turun ke jalan pada Minggu (21/9) hingga berlanjut berhari-hari. Aksi demo berlangsung ricuh.

    Massa terlibat bentrok dengan polisi dan jurnalis di lapangan. Akibatnya, belasan orang mengalami luka.

    Unjuk rasa ini dipimpin secara kolektif oleh generasi muda atau Gen Z Peru. Mereka long march ke kantor pemerintahan Presiden Boluarte di pusat kota Lima.

    Peristiwa Demo (21/9)

    Pada Minggu (21/9) malam, sekelompok demonstran melemparkan batu dan bom molotov ke arah polisi, yang kemudian direspons dengan tembakan gas air mata yang dilepaskan oleh para personel kepolisian.

    “Saya sangat marah, saya merasa benar-benar disesatkan oleh pemerintahan ini… dan Kongres yang melayani partai-partai politik,” ucap Xiomi Aguiler (28) yang ikut dalam unjuk rasa. Dia menyebut para partai politik sebagai “mafia yang mengakar di negara ini”.

    Seorang mahasiswa Peru bernama Jonatan Esquen, yang baru berusia 18 tahun, menyebut unjuk rasa itu merupakan “awal dari kebangkitan, karena orang-orang akhirnya menyadari bahwa anak muda lebih aktif di media sosial dan di arena politik”.

    Belasan Orang Luka

    Gelombang aksi protes ini hingga membuat belasan orang luka. Pada Senin (29/9) sekelompok anak muda melemparkan batu, bom molotov, dan kembang api ke arah aparat penegak hukum, yang dibalas dengan gas air mata dan peluru karet.

    Koordinator Nasional Hak Asasi Manusia (CNDDHH), sebuah koalisi hak asasi manusia, melaporkan bahwa 19 orang terluka dalam kericuhan tersebut, termasuk seorang jurnalis.

    “Seorang polisi menderita luka bakar tingkat pertama akibat bom molotov selama demo yang diselenggarakan oleh berbagai kelompok,” lapor Kepolisian Nasional pada hari Sabtu, disertai dengan foto-foto bentrokan di media sosial.

    CNDDHH menyalahkan polisi atas kekerasan tersebut.

    “Kami menyerukan kepada polisi untuk menghormati hak berunjuk rasa. Tidak ada pembenaran untuk menembakkan gas air mata dalam jumlah besar, apalagi untuk menyerang orang,” ujar Mar Perez, pengacara CNDDHH, kepada AFP.

    Pemicu Demo

    Diketahui, pemicu demo dikarenakan kerusuhan sosial meningkat setelah pemerintah Boluarte mengesahkan undang-undang pada tanggal 5 September yang mewajibkan kaum muda untuk berkontribusi pada dana pensiun swasta, meskipun terdapat ketidakamanan pekerjaan dan tingkat pekerjaan tidak resmi lebih dari 70 persen.

    Aksi-aksi protes juga meningkat di Peru selama enam bulan terakhir menyusul gelombang pemerasan dan pembunuhan oleh kelompok-kelompok kejahatan terorganisir.

    Presiden Digulingkan

    Aksi protes yang menuntut pemerintahan ini pun membuahkan hasil, Presiden Boluarte dimakzulkan. Dia dimakzulkan dalam sidang darurat yang digelar pada Kamis (9/10) malam waktu setempat.

    Sidang ini tidak dihadiri Boluarte sendiri. Boluarte sebelumnya telah ramai dikritik karena gagal membendung gelombang kejahatan. Masa jabatannya sejak Desember 2022 terus diwarnai aksi protes.

    Sidang pemakzulannya berlangsung setelah sejumlah blok politik menyerukan pencopotan Boluarte dari jabatannya. Boluarte dikenal sebagai salah satu pemimpin paling tidak populer di dunia, dengan tingkat penerimaan publik hanya berkisar antara 2-4 persen.

    Perempuan berumur 63 tahun itu juga dituduh memperkaya diri secara ilegal dan bertanggung jawab atas penindakan mematikan terhadap para demonstran

    “Dalam sidang pemakzulan, mayoritas 118 dari 122 anggota parlemen mendukung pemakzulannya. Dengan putusan ini, Boluarte dicopot dari jabatan presiden,” demikian diumumkan oleh pemimpin Kongres Jose Jeri, dilansir kantor berita AFP, Jumat (10/10/2025).

    Jose Jeri Jadi Presiden Baru

    Setelah Boluarte dimakzulkan, pemimpin Kongres Peru, Jose Jeri, dilantik oleh parlemen menjadi presiden baru. Pelantikan Jeri dilakukan kurang dari satu jam setelah parlemen Peru secara bulat memutuskan untuk memberhentikan Boluarte.

    Pelantikan Jeri dilakukan beberapa jam setelah anggota parlemen dari berbagai spektrum politik, untuk pertama kali, mengajukan mosi pemakzulan Boluarte atas dasar ketidakmampuan moral.

    “Hari ini, saya dengan rendah hati menjabat sebagai Presiden republik ini… untuk menempatkan dan memimpin pemerintahan transisi,” kata Jeri kepada parlemen Peru sesaat setelah dia dilantik.

    Jeri, yang menjadi Presiden ke-7 Peru sejak tahun 2016 lalu, mengisyaratkan akan mengambil pendekatan tegas terhadap meningkatnya ketidakamanan, salah satu kritikan utama yang sebelumnya dilontarkan terhadap Boluarte. Jeri berpidato di hadapan Kongres sambil mengenakan selempang bendera nasional Peru.

    “Musuh utama ada di jalanan: geng kriminal,” ujarnya. “Kita harus mendeklarasikan perang terhadap kejahatan,” tegas Jeri dalam pidatonya.

    Jeri yang berusia 38 tahun ini, merupakan anggota partai konservatif Somos Peru dan menjabat sebagai ketua Kongres sejak Juli lalu. Usai dilantik, Jeri bergabung dengan jajaran beberapa kepala negara termuda di dunia.

    Halaman 2 dari 6

    (zap/maa)

  • Jelajah Ipoh Malaysia, dari Kellies Castle hingga Pesona Geopark Tasik Cermin – Page 3

    Jelajah Ipoh Malaysia, dari Kellies Castle hingga Pesona Geopark Tasik Cermin – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Ipoh, akhir-akhir ini menjadi perbincangan di kalangan pariwisata domestik dan internasional. Terletak di tengah-tengah antara Kuala Lumpur dan Penang, Ipoh dulunya dikenal sebagai area penambangan timah dan besi.

    Rasa penasaran, membawa jurnalis Liputan6.com untuk pertama kalinya berkunjung ke Ibu Kota Negara Bagian Perak, Malaysia ini.

    Perjalanan dimulai pada hari Jumat (03/10/2025). Siang itu, mendung menggantung di langit Kuala Lumpur. Saya bersama dengan rombongan dari Indonesia, Malaysia dan Singapura sudah bersiap di lobi Hotel Royale Chulan. Tidak berselang lama, mobil serupa Elf yang akan membawa kami menuju Ipoh, tiba.

    Mobil mulai bergerak meninggalkan tempat saya bermalam selama tiga hari berturut-turut. Merayap menelusuri Jalan Cunlay. Lalu lintas saat itu memaksa Kaka, sopir asal Johor menginjak gas tipis-tipis lantaran padatnya kereta, sebutan mobil dalam bahasa Melayu.

    Perbesar

    Nasi lemak Wanjo Kuala Lumpur… Selengkapnya

    Setelah membelah lalu lintas di pusat kota, laju mobil Kaka mengarah ke Kampung Baru. Rintik hujan menyambut kedatangan saya dan rombongan, tepatnya di Jalan Raja Muda Musa, sentra kuliner tersohor di Kuala Lumpur.

    Di sepanjang jalan berjejer kedai-kedai dengan menu makanan yang menggiurkan. Langkah kami lantas tertuju pada ‘Nasi Lemak Wanjo’. Kedai legendaris yang sudah ada sejak tahun 1963.

    Awalnya saya tidak ingin ikut makan, karena masih kenyang. Namun sepertinya hujan di luar memaksa saya memesan seporsi nasi lemak lengkap dengan lauk sotong dan telur mata sapi.

    Nikmat betul. Citra rasa masakannya khas Melayu. Kombinasi gurih dari nasi bersantan dipadukan lauk pedas dan manis.

    Perbesar

    Salah satu sudut Ipoh Old Town… Selengkapnya

    Satu jam berlalu, kami kembali naik mobil. Perjalanan berlanjut dengan hujan yang masih setia menemani.

    Pemandangan di sepanjang jalan didominasi perkebunan sawit. Emas cair ini menjadi komoditi andalan negeri ini. Bersama Indonesia, Malaysia merupakan pemain utama bisnis sawit global.

    Empat jam berlalu, panorama dari kaca jendela mobil memperlihatkan hamparan perbukitan kapur menjulang tinggi. Ada yang masih utuh berselimut pepohonan, namun tidak sedikit juga bukit yang terbuka. Bentang alam ini sekaligus penanda bahwa kota tujuan sudah di depan mata.

    Perbesar

    Kota Ipoh Perak Malaysia… Selengkapnya

    Kami mulai memasuki kota Ipoh manakala matahari sudah kembali ke peraduan. Kesan pertama adalah suasana tenang. Jauh dari hiruk pikuk. Malam pertama di Ipoh, kami isi dengan berkunjung ke pasar malam yang terletak di Jalan Sultan Azlan Shah.

    Aktivitas warga di sana mulai menyusut di pukul sembilan malam. Dengan cepat kami mulai mengenali kota ini.

    Perbesar

    Pasar malam di Ipoh… SelengkapnyaSejarah Ipoh

    Kronik sejarah Ipoh dimulai dari sebuah desa. Nama Ipoh diambil dari salah satu pohon yang banyak ditemukan di sana, Epu. Getah pohon ini biasa digunakan oleh warga setempat sebagai pelapis ujung senjata saat berburu.

    Penemuan tambang tahun 1880 membuat Ipoh berkembang dengan cepat. Di tahun 1895, Ipoh menjadi kota terbesar nomor dua dalam Persekutuan Negeri Melayu yang terdiri atas Selangor, Negeri Sembilan dan Pahang.

    Di tahun 1970-an ketika persediaan timah di sana menurun dan ditambah merosotnya harga timah, berdampak pada eksistensi Ipoh. Namun kini ketenaran Ipoh kembali sebagai satu destinasi wisata.

    Hal ini didukung dengan keberadaan bangunan bersejarah berarsitektur era Penjajahan Inggris, kuliner lokal dan keindahan alamnya.

    Perbesar

    Jejak penambangan di Ipoh Malaysia… SelengkapnyaKellies Castle dan Kisah Cinta Pilu

    Sabtu (1/10/2025), saya awali hari ini dengan mendatangi Kellies Castle. Sebuah bangunan kastil bersejarah yang tidak lagi utuh.

    Kastil ini penginggalan pemilik kebun karet bernama William Kellie Smith dari Moray Firth, Scotlandia. Dibangun tahun 1910.

    Keunikan bangunan ini terletak pada fasilitas di dalam kastil, yaitu adanya satu ruangan lif yang dikatakan akan menjadi lif pertama di Tanah Melayu. Di dalam kasil terdapat 14 ruangan. Pembangunan kastil ini melibatkan 70 pekerja yang kebanyakan didatangkan langsung dari India.

    Perbesar

    Kellies Castle Ipoh Malaysia… Selengkapnya

    Arsitektur bangunan ini menggabungkan elemen seni Moghul Moorish (India) dan Greco (Roman), yang menjadi simbol bertemunya budaya timur dan barat.

    William Kellie membuat kastil ini sebagai bukti cintanya kepada sang istri, Agnes. Kisah cinta keduanya sering disebut seperti Taj Mahal di India.

    Perbesar

    Kellies Castle Ipoh Malaysia… Selengkapnya

    Namun pembangunan kastil ini belum rampung sepenuhnya lantaran William Kellie terlebih dahulu meninggal akibat sakit yang diderita di Lisbon, Portugal tahun 1926. Pecahnya perang dunia kedua turut berimbas pada kondisi kastil. Bangunan kastil rusak akibat meriam. Kini upaya perbaikan terus dilakukan untuk mengembalikan kemegahan kastil.

    Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kellies Castle adalah sore hingga malam, karena lampu-lampu akan dinyalakan sehingga menambah kecantikan kastil.

    Perbesar

    Kellies Castle Ipoh Malaysia… SelengkapnyaTasik Cermin

    Perbesar

    Tasik Cermin Ipoh Malaysia… Selengkapnya

    Tasik Cermin juga merupakan destinasi wisata unggulan di Ipoh. Tasik berarti danau. Disebut Tasik Cermin karena bias sinar matahari yang jatuh di permukaan danau membuat efek cermin bagi tebing-tebing di sekelilingnya.

    Tasik Cermin ini terbentuk karena aktivitas penambangan bijih besi di masa penjajahan Inggris dahulu. Ekspolrasi di perut bumi mengikis lapisan tanah hingga membuat rongga mengangga.

    “Kedalaman Tasik Cermin ini mencapai 30 meter,” kata pemandu wisata Tasik Cermin, Lukman kepada Liputan6.com, Minggu (2/10/2025).

    Perbesar

    Tasik Cermin Ipoh Malaysia… Selengkapnya

    Sebelum mencapai bibir danau, pengunjung akan melewati terowongan sepanjang 90 meter. Terowongan ini telah ada lebih dari satu abad.

    Disebut Terowongan Pelombong, dalam bahasa Indonesia berarti buruh tambang. Ceritanya berawal di tahun 1900-an, ketika buruh tambang China Hakka menggali terowongan untuk mengekstrak bijih besi.

    Saat itu teknik yang digunakan para pekerja penggali terowongan adalah menggunakan bahan peledak. Batu besi yang terpecah, kemudian diserok menggunakan sekop, diangkut ke permukaan menggunakan kereta gerobak.

    Perbesar

    Tasik Cermin Ipoh Malaysia… Selengkapnya

    Selain menikmati keindahan dari bibir danau, pengujung juga bisa menyewa perahu karet untuk mengeliling danau. Pemandu akan membawa Anda lebih dekat ke dinding-dinding batu yang berada di pinggiran danau. Geopark ini menawarkan keindahan alam yang sangat memukau.

    Ada dua danau di sini. Danau kedua ditemukan secara tidak sengaja ketika pekerja sedang membuat lahan parkir. Menurut Lukman, ketika mesin alat berat mengeruk batuan kapur, terlihat celah terowongan.

    Perbesar

    Tasik Cermin Ipoh Malaysia… Selengkapnya

    Terowongan sepanjang 130 meter itu kini merupakan akses menuju danau kedua. Lokasi ini tidak kalah cantik dan menantang. Pengunjung akan melewati terowongan dengan perahu karet. Anda seperti dibawa dalam sebuah petualangan ke perut dalam bumi.

    Begitu keluar dari terowongan air, Anda akan disajikan dengan keindahan danau. Bahkan jika beruntung, Anda bisa menyaksikan kawanan kambing hutan yang turun ke danau dari tebing-tebing terjal untuk minum.

    Perbesar

    Tasik Cermin Ipoh Malaysia… Selengkapnya

  • Ban Tanpa Angin-Antibocor Bridgestone Kapan Masuk Indonesia?

    Ban Tanpa Angin-Antibocor Bridgestone Kapan Masuk Indonesia?

    Jakarta

    Bridgestone saat ini sedang mengembangkan ban tanpa angin dan antibocor. Meski baru sebatas studi, kira-kira kapan ban airless ini diperkenalkan di Indonesia?

    “Bridgestone sudah melakukan studi itu.Tapi memang untuk masih mobil-mobil yang size-nya tidak terlalu besar dan masih daerah-daerah tertentu,” ungkap President Director Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno di Jakarta Selatan, Rabu (8/10/2025).

    “Jadi memang ke depannya apakah itu bisa menjadi ban (produksi massal) ke depannya,mungkin sekarang ini saya belum bisa jawab, tapi secara RnD (Research and Development) Bridgestone mereka selalu melakukan perbaikan perbaikan secara keseluruhan,” tambah Mukiat.

    Menurut laporan Financial Times, Bridgestone dan Michellin baru baru ini mencapai kemajuan besar berkat bantuan desain komputer yang memungkinkan rekayasa struktur secara presisi. Keduanya mengembangkan ban non-pneumatik (non-pneumatic tire) menggunakan struktur dan material canggih berbasis komputer. Teknologi ini memungkinkan ban menopang kendaraan seberat satu ton dengan kecepatan hingga 60 km/jam, jauh lebih baik dibanding ban solid yang ada sekitar 10 tahun lalu.

    Dengan sistem ini, performa ban non-pneumatik meningkat signifikan pada kecepatan dan beban lebih tinggi, tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar atau kenyamanan berkendara.

    Pada 2022, Bridgestone menyebut sebagian besar ban tanpa udara yang ada di pasaran terbuat dari karet padat atau plastik. Mobil golf, trailer, dan mesin pemotong rumput adalah beberapa contoh penggunaan ban jenis ini dalam aplikasi komersial.

    Lebih lanjut dalam presentasi rencana strategis jangka menengah Bridgestone 2024-2026 Mid-Term Business Plan (24MBP) disebutkan Bridgestone sedang menanam benih bisnis baru untuk masa depan, yaitu mengembangkan bidang-bidang baru di luar ban konvensional yang bisa menjadi sumber pertumbuhan jangka panjang.

    Salah satu isi rencana bisnis itu, Bridgestone sedang mengeksplorasi bidang-bidang baru – proyek eksperimental yang bisa jadi fondasi bisnis masa depan. Termasuk AirFree Concept (ban tanpa udara) generasi baru ban yang tidak perlu diisi angin, lebih ramah lingkungan, tahan bocor, dan bisa didaur ulang lebih mudah.

    (riar/dry)

  • Sederet PR di Balik Kewajiban Bensin Campur Etanol 10% (E10)

    Sederet PR di Balik Kewajiban Bensin Campur Etanol 10% (E10)

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah berencana menerapkan kewajiban campuran etanol 10% (E10) pada bahan bakar jenis bensin. Namun, sebelum kebijakan tersebut diberlakukan, kapasitas produksi etanol dalam negeri perlu dipacu dalam 2-3 tahun mendatang.

    Campuran etanol yang dimaksud merupakan bahan bakar nabati (BBN) berbasis tebu dan singkong yang diolah menjadi bioetanol. Langkah ini ditujukan untuk menekan ketergantungan terhadap impor BBM sekaligus mengurangi emisi karbon.

    Pakar Otomotif dan Akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan oleh pemerintah maupun agen pemegang merek (APM) sebelum mandatori campuran etanol 10% resmi berlaku.

    “Etanol itu bersifat higroskopis dan korosif terhadap material logam dan karet tertentu, jadi tampaknya Pertamina perlu segera memulai check-recheck kesiapan tangki penyimpanan di depot dan SPBU terkait material yang tahan etanol,” ujar Yannes kepada Bisnis, Rabu (8/10/2025).

    Lebih lanjut dia mengatakan, terkait proses peralihan ini, Pertamina perlu berkoordinasi secara ketat dengan agen pemegang merek (APM) terkait mitigasi potensi risiko kerusakan mesin dan sengketa garansi.

    “Misalnya, mengkomunikasian labelisasi di SPBU terkait kompatibilitas E10 untuk mobil mana saja dengan memakai simbol yang jelas dan informatif. Selain itu, APM perlu segera mulai mempublikasikan daftar kendaraan resmi yang kompatibel dengan E10 berdasarkan tahun dan model,” katanya.

    APM mobil juga perlu menyediakan hotline teknis untuk bengkel resmi, melakukan pelatihan teknisi bengkel tentang perawatan mesin dengan bensin E10. Namun, dia menyebut mobil-mobil ICE (internal combustion engine) produksi 2010 ke atas yang dirakit di Indonesia umumnya sudah siap mengonsumsi bensin E10.

    “Kementerian ESDM, KLHK, dan Pertamina perlu segera melakukan kampanye nasional terkait manfaat dan batasan E10 tersebut, sehingga tidak berkembang berita yang simpang siur,” tutur Yannes.

    Tak hanya itu, menurutnya peta jalan (roadmap) E10 ini pun harus dipastikan selaras dengan roadmap kendaraan listrik (electric vehicle/EV) nasional, bukan sebagai alasan menunda investasi EV, tapi sebagai pelengkap strategi dekarbonisasi multi-jalur.

    Diberitakan sebelumnya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengatakan, arahan Presiden Prabowo Subianto untuk menerapkan kebijakan mandatory campuran etanol 10% dengan bensin. Hal ini selaras dengan program mandatori biodiesel atau campuran BBN berbasis sawit dengan solar yang saat ini diterapkan 40% atau B40. 

    “Arahan Bapak Presiden sudah jelas untuk kami membangun industri etanol. [Butuh] 2-3 tahun terhitung sekarang ya, jadi kita harus hitung baik-baik dulu,” pungkasnya. 

    Adapun, Bahlil menyebut, untuk pabrik etanol akan ada dua, yaitu pabrik etanol dari tebu di Merauke dan pabrik etanol dari singkong yang masih dicari lokasi tepatnya. Dia menuturkan, pihaknya telah mendapatkan arahan tersebut dan segera membuat peta jalan untuk mendorong bensin di dalam negeri dicampur dengan etanol 10%. 

  • Ironi Negeri Kaya Gas, Industri Teriak Pasokan Gas Murah Seret

    Ironi Negeri Kaya Gas, Industri Teriak Pasokan Gas Murah Seret

    Bisnis.com, JAKARTA – Persoalan pasokan dan mahalnya harga gas masih menjadi persoalan yang membuat pelaku industri waswas. Keterbatasan pasokan gas murah dinilai dapat menekan produktivitas manufaktur dan memunculkan risiko deindustrialisasi.

    Pelaku usaha mengeluhkan bahwa alokasi kuota gas murah atau harga gas bumi tertentu (HGBT) saat ini untuk industri di bagian barat Jawa dibatasi di kisaran 60%-65% dan bagian timur sebesar 50%-55% dari total kuota yang diberikan. Selebihnya, pelaku usaha mesti membayar dengan harga gas hasil regasifikasi LNG senilai US$15,3 per million British thermal unit (MMBtu)

    Adapun, pemerintah telah memberikan alokasi kuota gas murah untuk tujuh sektor industri, seperti pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet yang tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 76.K/MG.01/MEM.M/2025.

    HGBT dibedakan berdasarkan pemanfaatan gas bumi sebagai bahan bakar sebesar US$7 per MMBtu dan untuk bahan baku sebesar US$6,5 per MMBtu.

    Terbatasnya pasokan gas murah tak lepas dari menyusutnya pasokan gas pipa di wilayah strategis seperti Sumatra bagian tengah, Sumatra bagian selatan, Lampung, dan Jawa bagian barat lantaran penurunan alamiah produksi blok migas dan belum ditemukannya sumber gas baru.

    Di sisi lain, infrastruktur gas pipa di wilayah defisit pasokan belum tersambung sepenuhnya dengan sumber-sumber yang masih memiliki pasokan berlebih. Alhasil, suplai gas pipa yang berkurang disiasati dengan pasokan gas alam cair alias LNG.

    Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Saleh Husin mengatakan, harga gas yang terlalu tinggi dapat membuat industri nasional kehilangan daya saing. Pasalnya, gas bumi merupakan komponen penting dalam proses produksi industri pengolahan, seperti pupuk, baja, semen, farmasi, keramik, tekstil, hingga makanan dan minuman. 

    “Kalau harga gas terlalu tinggi, bisa-bisa beberapa industri lari ke negara tetangga yang energinya lebih kompetitif,” kata Saleh dalam agenda Diskusi Kadin di Jakarta, Selasa (7/10/2025).

    Menurut Saleh, apabila industri dikenai harga gas regasifikasi LNG mencapai US$16,77 per MMBtu, maka banyak pelaku industri berisiko menutup operasi atau memindahkan pabrik ke negara tetangga yang menawarkan harga energi lebih murah.

    Bahkan, kondisi ini juga dapat memicu lonjakan impor produk jadi, mengancam industri dalam negeri, serta menurunkan kontribusi sektor manufaktur terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

    Di samping itu, Saleh menegaskan bahwa keberlanjutan pasokan energi, termasuk gas bumi, menjadi kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8%.

    “Untuk tumbuh 8%, industri harus tumbuh lebih dulu. Tanpa industri yang kuat, ekonomi tidak akan mencapai target itu,” tuturnya.

    Pelaku usaha berharap pemerintah segera mengambil langkah strategis, termasuk memperbolehkan industri untuk mengimpor gas dengan mekanisme terukur, agar industri nasional tetap tangguh, efisien, dan kompetitif di pasar global.

    Opsi Impor Gas

    Pelaku industri pun ramai-ramai mengusulkan impor gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) sebagai solusi sementara untuk memenuhi kebutuhan industri. Impor gas dilakukan dalam periode terbatas sambil menunggu pasokan dalam negeri untuk industri mencukupi.

    “Misalnya, di dalam negeri terbatas ya mungkin Pak Dirjen [Migas ESDM] ini dimungkinkan untuk para pelaku industri ini boleh mengimpor gas untuk kebutuhan industri, bukan kebutuhan importir umum,” kata Saleh.

    Agar kebijakan impor gas berjalan efektif dan tidak menimbulkan distorsi, Kadin meminta pemerintah menyiapkan payung hukum dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) yang menjamin kepastian pasokan dan distribusi gas bagi industri.

    “Sektor industri membutuhkan kepastian kebijakan yang berkelanjutan. PP ini juga harus membuka ruang bagi industri untuk mengimpor gas secara mandiri dan membangun infrastruktur jaringan gas di kawasan industri,” ujarnya.

    Senada, Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB) Yustinus Gunawan mengatakan, pihaknya mendukung terbukanya keran impor gas untuk memastikan industri tetap berproduksi. 

    “Kami melihatnya impor LNG ini salah satu solusi untuk mengurangi kelangkaan gas. Kedua, juga ada pembanding bagaimana komposisi cost itu bisa dari banyak pihak, jangan single source jadi keragaman sumber itu sangat penting, multisourcing,” ujar Yustinus dalam kesempatan terpisah. 

    Lebih lanjut, Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Sri Bimo Pratomo mengatakan, opsi impor LNG juga dapat dilakukan dengan mengambil pasokan gas dari Amerika Serikat (AS). 

    Pasalnya, harga gas dari AS dinilai murah yakni sebesar US$3,43 per MMBtu. Dengan impor gas dari AS, dia juga menilai hal ini dapat melancarkan negosiasi penurunan tarif resiprokal AS terhadap produk Indonesia senilai 19%. 

    “Kalau kita bisa ya usulan kementerian kita usulkan kalau bisa kita impor dari Amerika tentu nanti akan dapet sebaliknya mungkin dari 19% ini bisa diturunkan lagi tarif resiprokal kita ke Amerika sehingga produk-produk kita ini akan bisa berdaya saing ke Amerika dan mungkin di dalam negeri juga bisa meningkat daya saingnya,” pungkasnya

    Sementara itu, Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kebijakan domestic market obligation (DMO) untuk pasokan gas guna memastikan kebutuhan industri terpenuhi sebelum diekspor. 

    “Kami berharap bahwa pemerintah juga memikirkan selain tadi disinggung berkaitan dengan izin impor, tapi kami juga menyoroti juga ekspor kita kenapa kita tidak memberlakukan seperti batu bara ada DMO, siapa tahu itu bisa diterapkan untuk energi gas,” kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto.

    Produksi Gas Domestik Diklaim Masih Mencukupi

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, pemerintah masih memprioritaskan produksi gas domestik untuk memenuhi kebutuhan nasional. Alhasil, usulan impor gas alam cair alias LNG untuk industri belum dapat direalisasikan. 

    Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Laode Sulaeman mengatakan, pihaknya memahami kondisi permintaan gas domestik yang terus meningkat. Namun, dia menilai ketersediaan gas dalam negeri masih dapat memenuhi kebutuhan pasar. 

    “Namun, pada saat ini memang kebijakan pemerintah memandang ketahanan energi, itu sedapat mungkin kita menahan impor saat ini ya,” kata Laode.

    Laode memastikan pihaknya akan menampung dan menghormati masukan atau usulan yang dilayangkan dari pelaku industri. Namun, keputusan pemerintah saat ini masih bulat untuk tidak membuka keran impor LNG. 

    “Jadi kita menghormati ini masukan dari kawan-kawan industri. Tadi juga Pak Saleh [WKU Kadin Bidang Perindustrian] menyampaikan bahwa ada opsi untuk kita impor. Tapi masukan tadi kita tampung dulu,” tuturnya. 

  • Avanza-Xpander Cs Masih Aman Pakai BBM Mengandung Etanol, tapi….

    Avanza-Xpander Cs Masih Aman Pakai BBM Mengandung Etanol, tapi….

    Jakarta

    Toyota Avanza hingga Mitsubishi Xpander dkk masih aman menenggak BBM dengan campuran etanol. Namun hanya etanol dengan kadar tertentu yang masih diperbolehkan.

    Bensin yang dijual di Indonesia akan dicampur dengan etanol dengan kandungan 10 persen. Ini merupakan program mandatori seperti halnya program Biodiesel yang mencapur solar dengan olahan minyak sawit. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menyebut Presiden Prabowo Subianto sudah memberi restu terkait program tersebut.

    “Ke depan kita akan dorong ada E10. Kemarin malam sudah dirapatkan dengan pak Presiden, bapak Presiden setujui mandatori 10% etanol. Kita akan campur bensin kita dengan etanol,” ujar Bahlil dalam detikSore.

    Lewat proyek bioetanol ini, Bahlil menyebut impor BBM akan berkurang. Tak cuma itu, bahan bakar yang dijual di Indonesia juga lebih ramah lingkungan. Kebijakan itu mungkin memunculkan pertanyaan bagi para pengguna kendaraan. Memang bisa mesin mobil atau motor di Indonesia menenggak BBM dengan campuran etanol? Jawabannya bisa.

    Mengutip buku panduan manual Toyota Avanza misalnya, mobil bisa menggunakan BBM dengan campuran etanol asalkan tak lebih dari 10 persen.

    “Toyota membolehkan penggunaan bahan bakar campuran ethanol dengan kandungan hingga 10%. Pastikan bahwa campuran bahan bakar dengan ethanol yang digunakan memiliki angka oktan sesuai dengan di atas,” tulis keterangan dalam buku manual itu.

    Pada buku panduan manual Mitsubishi Xpander, BBM dengan campuran etanol atau disebut gasohol diperbolehkan. Kandungannya juga tak boleh lebih dari 10 persen. Tertulis pencampuran etanol hingga 10 persen dan 90 persen bensin bebas timbal dapat dilakukan agar dapat menghasilkan kadar oktan yang setidaknya sama dengan rekomendasi minimal untuk bensin bebas timbal. Namun jangan sampai melampaui 10 persen.

    “Penggunaan konsentrasi yang melebihi 10 persen dapat merusak sistem bahan bakar, mesin, sensor mesin, dan sistem pembuangan kendaraan Anda,” demikian penjelasannya.

    Bukan cuma di mobil, adanya campuran etanol pada motor juga diperbolehkan dengan catatan, konsentrasinya juga tak lebih dari 10 persen. Dikutip dari buku panduan Honda Vario, kandungan etanol lebih dari 10 persen pada BBM bisa merusak cat tangki bahan bakar, selang karet bahan bakar rusak, muncul karat di tangki, dan performa mesin menurun

    (dry/din)

  • Tanda Mau Sakit Flu Bisa Dirasakan di Lidah, Begini Caranya

    Tanda Mau Sakit Flu Bisa Dirasakan di Lidah, Begini Caranya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sekelompok peneliti mengembangkan teknik deteksi influenza menggunakan rasa “mint.” Teknik ini diharapkan bisa menjadi sistem deteksi flu baru di rumah, tanpa harus berkunjung ke klinik atau rumah sakit.

    Menurut Eurekalert, isolasi di rumah adalah kunci pencegahan penyakit menular seperti influenza. Namun, penularan flu bisa terjadi bahkan sebelum gejala muncul.

    Teknik diagnosis flu yang tersedia saat ini adalah tes PCR lewat pengambilan sampel dari pangkal tenggorokan. Permasalahannya, tes PCR butuh waktu yang lambat dan mahal. Adapun, uji coba lateral flow yang bisa dilakukan di rumah tidak akurat karena tak bisa mendeteksi infeksi sebelum gejala timbul.

    Penelitian oleh Lorenz Meinel dan tim berusaha mencari alternatif teknik diagnostik flu yang tersedia di mana saja, yaitu memanfaatkan indra pengecap lidah.

    Meinel dan tim mengembangkan sensor molekuler yang mengeluarkan rasa mint khas, serupa dengan thymol (timi). Sensor ini dibentuk dari pengolahan glycoprotein yang ada di virus flu, yaitu neuraminidase (asal kata huruf N dari H1N1). Virus influenza menggunakan neuraminidase untuk “menghancurkan” ikatan di sel untuk menginfeksi inang.

    Para peneliti melakukan sintesis bahan dasar neuraminidase kemudian mengikatnya ke molekul tyhmol. Secara teori, saat sensor tersebut menyentuh lidah seseorang yang terinfeksi virus flu, ikatan akan pecah sehingga menimbulkan rasa “pedas” yang kuat.

    Dalam uji laboratorium, sensor melepas molekul thymol dalam waktu 30 menit saat terpapar air liur orang yang terinfeksi virus influenza. Peneliti juga sukses dalam uji coba menggunakan sel dari manusia dan tikus. Berikutnya, Meinel dan tim berencana memulai uji coba klinis dengan subjek manusia.

    Proses uji coba klinis hingga peluncuran produk diperkirakan butuh 2 tahun. Salah satu metode yang dipertimbangkan Meinel dan tim adalah sensor berbentuk permen karet atau lozenges.

    “Sensor ini bisa menjadi alat screening cepat dan mudah diakses untuk melindungi orang banyak di lingkungan yang berisiko tinggi,” kata Meinel.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pengusaha Manufaktur Usul Impor LNG dari AS, Begini Respons ESDM

    Pengusaha Manufaktur Usul Impor LNG dari AS, Begini Respons ESDM

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, pemerintah masih memprioritaskan produksi gas domestik untuk memenuhi kebutuhan nasional. Alhasil, usulan impor gas alam cair alias liquefied natural gas (LNG) untuk industri belum dapat direalisasikan. 

    Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Laode Sulaeman mengatakan, pihaknya memahami kondisi permintaan gas domestik yang terus meningkat. Namun, dia menilai ketersediaan gas dalam negeri masih dapat memenuhi kebutuhan pasar. 

    “Namun, pada saat ini memang kebijakan pemerintah memandang ketahanan energi, itu sedapat mungkin kita menahan impor saat ini ya,” kata Laode saat ditemui usai diskusi yang digelar di Menara Kadin, Selasa (7/10/2025).

    Hal ini diungkap Laode saat bertemu dengan sejumlah pelaku usaha industri pengguna gas bumi yang kompak mengusulkan impor LNG akibat keterbatasan pasokan yang terjadi saat ini.

    Laode memastikan pihaknya akan menampung dan menghormati masukan atau usulan yang dilayangkan dari pelaku industri. Namun, keputusan pemerintah saat ini masih bulat untuk tidak membuka keran impor LNG. 

    “Jadi kita menghormati ini masukan dari kawan-kawan industri. Tadi juga Pak Saleh [WKU Kadin Bidang Perindustrian] menyampaikan bahwa ada opsi untuk kita impor. Tapi masukan tadi kita tampung dulu,” tuturnya. 

    Untuk diketahui, sebelumnya pelaku industri ramai-ramai mengusulkan impor LNG untuk memenuhi kebutuhan industri. Pasalnya, saat ini industri pengguna gas terutama penerima harga gas bumi tertentu (HGBT) mengalami kelangkaan pasokan. 

    Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perindustrian Saleh Husin mengatakan, hingga saat ini, pihaknya banyak menerima laporan bahwa volume gas murah atau HGBT untuk tujuh sektor dipatok hanya mendapatkan 60% dari total kuota yang diberikan pemerintah. 

    Adapun, pemerintah telah memberikan alokasi kuota gas murah untuk tujuh sektor industri, seperti pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet yang tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 76.K/MG.01/MEM.M/2025. 

    “Misalnya, di dalam negeri terbatas ya mungkin Pak Dirjen [Migas ESDM] ini dimungkinkan untuk para pelaku industri ini boleh mengimpor gas untuk kebutuhan industri, bukan kebutuhan importir umum,” kata Saleh dalam diskusi bertajuk ‘Keberlanjutan Gas Bumi untuk Industri Nasional: Sinergi Kebijakan, Pasokan, dan Daya Saing’, Selasa (7/10/2025).

    Senada, Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB) Yustinus Gunawan mengatakan, pihaknya mendukung terbukanya keran impor gas untuk memastikan industri tetap berproduksi. 

    “Kami melihatnya impor LNG ini salah satu solusi untuk mengurangi kelangkaan gas. Kedua, juga ada pembanding bagaimana komposisi cost itu bisa dari banyak pihak, jangan single source jadi keragaman sumber itu sangat penting, multisourcing,” ujar Yustinus dalam kesempatan terpisah.