Bagaimana Nasib Halte Transjakarta jika Rute Blok M-Kota Jadi Dihapus?
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com
– Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan, halte Transjakarta koridor Blok M-Kota tetap ada, meski akan dilakukan perubahan rute.
“Tetap (ada) karena prinsipnya layanan Transjakarta itu nantinya menjadi
feeder
dari angkutan rel,” ujar Syafrin saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (21/12/2024).
Nantinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta menjadikan angkutan berbasis rel sebagai tulang punggung.
Layanan Transjakarta nanti akan bersifat ”
kissing
” atau saling menyambung, sehingga tidak ada halte yang tak terpakai meski adanya perubahan rute Transjakarta yang bersinggungan dengan MRT.
“Jadi nanti layanannya itu polanya bersifat
kissing
(saling menyambung). Halte Transjakarta Bundaran-HI misalnya, akan datang dari Semanggi, bisa ke Sudirman, kemudian Kebon Sirih, Tanah Abang, jadi haltenya enggak mubazir,” ucapnya.
Nantinya, moda transportasi Transjakarta dengan MRT, akan saling terintegrasi.
“Tetap termanfaatkan untuk integrasi antara angkutan jalan dengan angkutan rel,” tambahnya.
Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menghapus rute koridor 1 Transjakarta, Blok M-Kota.
Rute yang bersinggungan dengan MRT Lebak Bulus-Kota ditiadakan sebagai langkah agar tidak terjadi tumpang tindih antarmoda transportasi umum.
“Contohnya untuk MRT Lebak Bulus sampai Kota (jika sudah) terbangun, maka untuk koridor satu Transjakarta dari Blok M sampai Kota itu nanti ditiadakan,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Jumat (20/12/2024).
Rencana
penghapusan koridor Transjakarta
Blok M-Kota ini bakal dilakukan setelah pengerjaan jalur MRT rute Blok M-Kota rampung.
Selain itu, Dishub juga berencana menghapus rute Transjakarta koridor dua Pulo Gadung-Harmoni jika seluruh jaringan MRT sudah terbangun.
Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
kab/kota: Kalideres
-
/data/photo/2022/11/27/638317a5b4264.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Bagaimana Nasib Halte Transjakarta jika Rute Blok M-Kota Jadi Dihapus? Megapolitan 21 Desember 2024
-
/data/photo/2024/12/21/67669e7e27c65.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Bersinggungan dengan MRT, Rute Transjakarta Blok M-Kota Bakal Dihapus pada 2029 Megapolitan 21 Desember 2024
Bersinggungan dengan MRT, Rute Transjakarta Blok M-Kota Bakal Dihapus pada 2029
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com
– Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rute Transjakarta koridor Blok M-Kota akan dihapus pada 2029.
Penghapusan rute Transjakarta itu akan dilakukan karena bersinggungan dengan rute MRT Lebak Bulus-Kota.
“Koridor Blok M-Kota ini akan dilakukan
rerouting,
tetapi menunggu setelah selesai pembangunan MRT Fase 2A dan MRT opersional
full
sampai dengan ke Kota,” ujar Syafrin saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (21/12/2024).
Saat ini proyek MRT Fase 2 A masih dalam tahap pengerjaan. Rute MRT yang telah beroperasi saat ini baru dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.
“Insya Allah nanti itu akan operasional (MRT) kami harapkan tahun 2029,” kata Syafrin.
Syafrin menjelaskan, alasan pengubahan rute dilakukan karena koridor Blok M-Kota bersinggungan 100 persen dengan MRT Lebak Bulus-Kota.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta memiliki rencana induk transportasi Jakarta sehingga harus ada efisiensi pengelolaan dana PSO (
Public Service Obligation
).
Dana subsidi tersebut nantinya akan menjadi
double
karena ada rute Transjakarta Koridor 1 Blok M-Kota dan MRT Lebak Bulus-Kota.
“Otomatis layanan MRT itu jadi full Lebak Bulus-Kota sehingga akan ada layanan Transjakarta yang berhimpitan 100 persen dengan layanan MRT yaitu Blok M-Kota,” ujarnya.
Oleh karena itu, keputusan perubahan rute pun menjadi pilihan agar rute Transjakarta dan MRT tidak saling bersinggungan 100 persen.
Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved. -
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1470608/original/008684600_1484233215-20170112-Busway-GM3.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Transjakarta Tunda Perpanjang Waktu Operasional di 4 Terminal Ini Saat Libur Nataru – Page 3
Sebelumnya, Transjakarta mengumumkan akan memperpanjang jam layanan sejumlah rute BRT, non-BRT, dan Mikrotrans di Terminal Tanjung Priok, Terminal Kalideres, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Kampung Rambutan.
Bila semula jam layanan rute-rute melayani keempat terminal tersebut pukul 05.00-22.00 WIB, menjadi hingga pukul 23.00 WIB. Rute-rute ini antara lain yang melayani Terminal Tanjung Priok di Koridor 10 (Tanjung Priok-PGC), Rute 10A (Rusun Marunda-Tanjung Priok), Rute 10D (Kampung Rambutan-Tanjung Priok), Rute 10H (Tanjung Priok-Bundaran Senayan).
Lalu, Koridor 12 (Tanjung Priok-Pluit), Rute 14B (Tanjung Priok-Senen via JIS), JAK.115 (Terminal Tanjung Priok-Pegangsaan II IGI), JAK.117 (Tanjung Priok-Tanah Merdeka), JAK.15 (Terminal Tanjung Priok-Rusun Marunda).
Selanjutnya, yang melayani Terminal Kalideres yaitu Koridor 3 (Kalideres-Monas via Veteran), Rute 3A (Rusun Pesakih-Kalideres), Rute 3F (Kalideres-Senayan Bank DKI), JAK.50 (Kalideres-Puri Kembangan), JAK.52 (Kalideres-Muara Angke) dan SH21 (Kalideres-Perkantoran Soekarno-Hatta.
-

Transjakarta mulai esok melayani empat terminal sampai jam 23.00
Calon penumpang berjalan menuju bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Senin (16/12/2024). Dinas Perhubungab DKI Jakarta menyiapkan empat terminal tipe A, di antaranya Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, Terminal Pulogebang, dan Terminal Kampung Rambutan guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat masa liburan Natal dan Tahun Baru 2025. ANTARA FOTO/Alif Bintang/app/Spt.
Transjakarta mulai esok melayani empat terminal sampai jam 23.00
Dalam Negeri
Editor: Novelia Tri Ananda
Jumat, 20 Desember 2024 – 14:35 WIBElshinta.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai 21 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 memberlakukan waktu layanan pada sejumlah rute menuju empat terminal besar hingga pukul 23.00 WIB atau satu jam lebih lama dibandingkan biasanya. Penambahan waktu layanan ini untuk armada bus raya terpadu/bus rapid transit (BRT), non-BRT, dan mikrotrans yang melewati atau menuju terminal Tanjung Priok, terminal Kalideres, terminal Pulo Gebang, dan terminal Kampung Rambutan.
Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani di Jakarta, Jumat, mengatakan kebijakan tersebut diambil guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, dari dan menuju empat terminal utama di masa liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Layanan nantinya beroperasi mulai pukul 05.00 – 23.00 WIB. Adapun sejumlah rute yang dilakukan perpanjangan yakni yang melayani Terminal Tanjung Priok: Koridor 10 (Tanjung Priok – PGC), Rute 10A (Rusun Marunda – Tanjung Priok), Rute 10D (Kampung Rambutan – Tanjung Priok), Rute 10H (Tanjung Priok – Bundaran Senayan).
Lalu, Koridor 12 (Tanjung Priok – Pluit), Rute 14B (Tanjung Priok – Senen via JIS), JAK.115 (Term. Tanjung Priok – Pegangsaan II IGI), JAK.117 (Tanjung Priok – Tanah Merdeka), JAK.15 (Term. Tanjung Priok – Rusun Marunda).
Kemudian, JAK.29 (Tanjung Priok – Sukapura), JAK. 77 (Tanjung Priok – Jembatan Item), JAK. 87 (Term. Tanjung Priok – Terminal Rawamangun), JAK. 88 (Term. Tanjung Priok – Ancol Barat), JAK.89 (Term. Tanjung Priok – Taman Kota Intan), dan JAK. 90 (Term. Tanjung Priok – Rusun Kemayoran).
Selanjutnya, yang melayani Terminal Kalideres yaitu: Koridor 3 (Kalideres – Monas via Veteran), Rute 3A (Rusun Pesakih – Kalideres), Rute 3F (Kalideres – Senayan Bank DKI), JAK.50 (Kalideres – Puri Kembangan), JAK.52 (Kalideres – Muara Angke), dan SH21 (Kalideres – Perkantoran Soekarno-Hatta.
Berikutnya, yang melayani Terminal Pulo Gebang antara lain Koridor 11 (Pulo Gebang – Kampung Melayu), Rute 11D (Pulo Gebang – Pulo Gadung via PIK), Rute 11Q (Kampung Melayu – Pulo Gebang via BKT), JAK.100 (Term. Pulo Gebang – Rusun Pinus Elok), JAK110A (Rusun Marunda – Term. Terpadu Pulo Gebang), JAK.27 (Pulo Gebang – Rorotan), dan JAK.40 (Harapan Baru – Pulo Gebang via Rawa Kuning).
Terakhir, yang melayani Terminal Kampung Rambutan yaitu Rute 10D (Kampung Rambutan – Tanjung Priok), Koridor 7 (Kampung Rambutan – Kampung Melayu), Rute 7A (Kampung Rambutan – Lebak Bulus), Rute 7B (Kampung Rambutan – Blok M). Lalu, Rute 7E (Kampung Rambutan – Ragunan), Rute 7F (Kampung Rambutan – Juanda via Cempaka Putih), S22 (Ciputat – Kampung Rambutan), JAK.06 (Kampung Rambutan – Pondok Gede), JAK.19 (Pinang Ranti – Kampung Rambutan).
Kemudian, JAK.38 (Bulak Ringin – Kampung Rambutan), JAK.71 (Kampung Rambutan – Pinang Ranti), JAK.72 (Kampung Rambutan – Pasar Rebo via Poncol), dan JAK.98 (Term. Kampung Rambutan – Munjul).
Sumber : Antara
-

Koridor 1 hingga 3 Transjakarta Bakal Dihapus, Dishub Ungkap Penyebabnya
loading…
Bus Transjakarta. Foto/Dok MPI
JAKARTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Khusus Jakarta mewacanakan menghapus sejumlah koridor Transjakarta yang bersinggungan dengan lintasan MRT Jakarta . Koridor yang akan dihapus adalah Koridor 1 Blok M-Kota, Koridor 2 Pulogadung-Harmoni, dan Koridor 3 Harmoni-Kalideres.
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Syafrin Liputo menyebut semua rute yang tumpang tindih nantinya dibuatkan rute baru atau re-routing secara bertahap. Hal itu mengingat saat ini lintasan MRT Jakarta belum sepenuhnya tersambung. Diketahui, saat ini baru ada MRT Lebak Bulus-Bundaran HI.
“Terkait dengan perencanaan untuk tumpang tindih layanan, memang sudah masuk juga dalam rencana induk transportasi Jakarta. Bahwa contohnya untuk MRT Lebak-Bulus sampai dengan Kota terbangun, maka untuk layanan Koridor 1 Transjakarta dari Blok M sampai dengan Kota itu ditiadakan. Mereka akan dialihkan untuk mengisi kekosongan layanan lainnya. Demikian pula halnya dengan layanan yang nantinya akan berimpitan dengan angkutan rel. Contohnya yang dari Timur-Barat,” jelas Syafrin saat dikonfirmasi, Jumat (20/12/2024).
Syafrin mengatakan, setelah MRT dari ujung Menteng sampai dengan ke Tomang terbangun, Koridor 2 Pulogadung sampai dengan ke Harmoni, maupun Koridor 3 Harmoni ke Kalideres, akan dilakukan semacam re-routing. “Tetapi keseluruhannya akan bertahap untuk dilakukan setelah jaringan angkutan umum massal yang diharapkan menjadi backbone-nya itu tersedia dengan baik dan terintegrasi secara utuh,” ujarnya.
Kadep Humas dan CSR PT Transjakarta Ayu Wardhani menyebut pihaknya memperhatikan masukan dan saran dari pengguna Transjakarta. Ia menekankan bahwa transportasi publik di Jakarta berada di bawah Dinas Perhubungan (Dishub).
“Pengoperasian transportasi publik di Jakarta merupakan kebijakan pemerintah provinsi. Tentunya kami tetap memperhatikan beberapa masukan dan saran para stakeholder, di antaranya adalah para pelanggan Transjakarta yang setiap hari menggunakan layanan,” ujar Ayu.
(zik)
-

Terminal Kalideres pastikan 300 bus AKAP laik sebagai angkutan Nataru
kendaraan yang laik jalan sebagai angkutan Nataru adalah bus yang semua sistem utamanya, seperti rem, roda, kemudi, hingga lampu berfungsi dengan baik
Jakarta (ANTARA) – Pengelola Terminal Kalideres, Jakarta Barat memastikan 300 kendaraan bus Antar Kota Antara Provinsi (AKAP) laik jalan sebagai angkutan Natal dan tahun baru (Nataru).
“Ramp check (pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh) sudah kita lakukan sejak 6 November sampai 17 Desember. Kemudian untuk ramp check masa angkutan Nataru pada 18 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025,” kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
Hingga kini, kata Revi, sudah ada 300 bus AKAP yang sudah diikutkan dalam ramp check.
“Jumlahnya yang sudah diperiksa sampai sekarang sudah mungkin ada di atas 300-an. Kalau jumlah pemeriksaannya udah 600-an kali yang terakhir (ada kendaraan yang diperiksa dua kali),” ungkap Revi.
Menurut Revi, kendaraan yang laik jalan sebagai angkutan Nataru adalah bus yang semua sistem utamanya, seperti rem, roda, kemudi, hingga lampu berfungsi dengan baik.
“Jadi bisa digunakan dan tidak dalam kondisi misalnya contohnya rem itu harus bagus ya, karena untuk seperti rem, lampu, roda itu tidak ada toleransi, toleransinya nol ya, kecuali ada alat penunjang di situ,” tutur Revi.
Dari 300-an kendaraan yang diperiksa, semua sistem utamanya sudah berfungsi dengan baik. Namun ada beberapa bus yang sistem pelengkapnya, seperti alat tanggap darurat seperti alat pemadam kebakaran, segitiga pengaman, kotak obat masih kurang.
“Semua masih layak lah, karena emang sekarang kendaraan kan bagus-bagus, baru. Paling ya kekurangannya di perlengkapan itulah, alat-alat darurat,” ungkap Revi.
Selain kendaraan, sebagian besar pengemudi juga dipastikan dalam kondisi yang sehat serta bebas narkoba.
“Kalau sampai saat ini belum ada yang positif narkoba ya. Cuma ada beberapa yang hipertensi dan gula darah tinggi. Tapi kebanyakan dikasih obat dari dokter. Dari situ diperiksa lagi, banyak yang diperbolehkan (mengemudi),” ujar Revi.
Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024 -

Pengelola Kalideres koordinasi Transjakarta terkait penyediaan Amari
Tetapi sepertinya masih seperti kemarin penambahan 10 armada bus Transjakarta saat mudik
Jakarta (ANTARA) – Terminal Kalideres mengkoordinasikan dengan manajemen Transjakarta terkait penyediaan angkutan malam hari (Amari) bagi penumpang bus yang akan berpergian selama libur Natal dan Tahun Baru .
“Soal itu masih kami koordinasikan. Masih kami tanyakan ke pihak Transjakarta,” kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
Koordinasi penyediaan Amari tersebut, kata Revi, termasuk juga soal penambahan jam operasional kendaraan.
“Saya belum dapat info lagi dari Transjakarta. Tetapi sepertinya masih seperti kemarin penambahan 10 armada bus Transjakarta saat mudik. Cuman harus dikoordinasikan ke pihak Transjakarta dulu,” tutur Revi.
Adapun sejumlah unit kendaraan mikrotrans sudah beroperasi 24 jam pada hari biasa, termasuk menjelang Nataru.
“Mikrotrans kita sudah 24 jam operasinya untuk semua jurusan. Jadi bukan cuma saat Nataru, sebelum Nataru juga sudah 24 jam,” ucap Revi melanjutkan.
Lebih lanjut, Revi memprediksi puncak arus penumpang saat Nataru akan terjadi pada tanggal 21 Desember dan 28 Desember 2024.
“Kemarin kan prediksinya tanggal 24 Desember. Tapi ada informasi bisa juga besok tanggal 21 Desember, karena sebagian anak sekolah ternyata dimajukan bagi rapornya,” ungkap Revi.
Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024 -

Kepadatan penumpang di Terminal Kalideres diprediksi terjadi hari ini
kepadatan penumpang baru akan terlihat pada sore hari
Jakarta (ANTARA) – Kepadatan penumpang di Terminal Kalideres, Jakarta Barat menjelang Natal dan Tahun Baru diprediksi mulai terjadi pada hari ini sebanyak 1.200 penumpang.
“Sampai siang tercatat sekitar 700 jumlah penumpang AKAP (AntarKota AntarProvinsi). Kemungkinan bisa sampai 1.200 penumpang sampai jam 24.00 WIB,” ungkap Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
Menurut Revi, kepadatan penumpang baru akan terlihat pada sore hari. “Kalau siang ini belum kelihatan. Jam 12.30 WIB, yang berangkat baru jurusan Sumatera. Jumlah penumpangnya baru ada 300-an penumpang. Kelihatan ramainya itu sore hari,” ungkap Revi.
Lebih lanjut, Revi mengungkapkan puncak kepadatan penumpang di Terminal Kalideres diprakirakan akan bergeser dari tanggal 24 menjadi 21 Desember 2024. Kemudian dari tanggal 31 Desember 2024 menjadi tanggal 28 Desember 2024.
“Kemarin prediksi kami tanggal 24 Desember. Tapi ada informasi bisa juga besok, tanggal 21 Desember, karena anak sekolah ternyata sebagian dimajukan bagi rapornya,” ungkap Revi.
Penumpang Terminal Kalideres, Jakarta Barat, yang hendak berangkat liburan Natal 2024 atau Tahun Baru 2025 diminta untuk menaiki bus di dalam area terminal demi alasan keamanan.
“Dianjurkan naik bus dari Terminal Kalideres, jangan di luar terminal. Kemudian mengikuti arahan baik petugas perusahaan PO bus, petugas Dishub, dan mengikuti arahan-arahan dari pengemudi,” ungkap Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen di Jakarta pada Rabu (18/12).
Kemudian, penumpang yang kembali ke Jakarta juga diminta untuk turun di dalam area terminal.
“Ketika para penumpang kembali dari liburan atau dari kampung halaman sebaiknya turun di terminal karena jika tibanya dini hari dan itu sangat rawan untuk keselamatan,” ungkap Revi.
Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

