kab/kota: Jeddah

  • Perang di Ukraina Terus Berkecamuk, Arab Saudi Bisa Jadi Mediator?

    Perang di Ukraina Terus Berkecamuk, Arab Saudi Bisa Jadi Mediator?

    Jakarta

    Pada akhirnya, sama seperti Indonesia, Arab Saudi tidak menandatangani dokumen final konferensi internasional tentang Ukraina di Swiss. Arab Saudi keberatan dengan frasa bahwa Rusia bertanggung jawab atas “perang yang sedang berlangsung melawan Ukraina”, yang terus menyebabkan “penderitaan dan kehancuran manusia yang luas”.

    Selama KTT di Swiss, Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al Saud menyatakan keprihatinannya tentang formulasi itu. Arab Saudi menekankan mendukung upaya perdamaian, namun setiap proses yang kredibel memerlukan partisipasi Rusia, demikian tulis Al-Jazeera.

    Beberapa pengamat mengatakan, Rusia mungkin akan diundang dalam konferensi lanjutan. Di mana konferensi lanjutan itu akan dilaksanakan, masih belum ditetapkan. Selain Turki, Arab Saudi dianggap berpotensi menjadi tuan rumah pertemuan lanjutan dengan partisipasi Rusia.

    Ingin menjadi penengah di panggung internasional

    “Haluan politik Riyadh memang sesuai dengan kepentingan nasionalnya,” kata Sebastian Sons, pengamat politik di Pusat Penelitian Terapan dalam Kemitraan dengan Timur, CARPO, di Bonn. Arab Saudi sejauh ini tidak ingin memihak ke pihak mana pun dalam konflik tersebut dan tidak ingin dianggap pendukung salah satu kubu. “Sebaliknya, Arab Saudi mengandalkan otonomi strategis dan berusaha untuk tetap berhubungan dengan semua pemain dunia dan dengan demikian mendapatkan pengaruh diplomasi,” kata Sons.

    Cinzia Bianco, pakar Arab Saudi di lembaga pemikir Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa ECFR, kurang setuju dengan pandangan itu. “Tentu ada beberapa harapan dari Ukraina terhadap Riyadh,” kata Cinzia, merujuk pada konferensi perdamaian sebelumnya dengan peserta dari lebih dari 40 negara – termasuk Cina – di Jeddah pada Agustus 2023.

    Rangkaian konferensi itu memang tidak membuahkan hasil yang konkrit. Namun menurut Saudi Press Agency, pihak kerajaan setidaknya merumuskan tujuan simbolis mereka, yaitu “menciptakan landasan bersama yang membuka jalan bagi perdamaian.”

    Arab Saudi, yang juga ingin memperbaiki citra negatifnya di panggung internasional mengenai isu hak asasi manusia, bersedia melakukan mediasi tidak hanya terkait dengan Ukraina. Menurut laporan media, menteri luar negeri Saudi mengambil bagian dalam pertemuan virtual dengan rekan-rekannya dari negara-negara lain di kawasan pada tanggal 3 Juni, yang membahas upaya mediasi Qatar, Mesir dan Amerika Serikat dalam perang Gaza. Menteri Luar Negeri Saudi kembali menegaskan kesediaan negaranya untuk mendukung upaya tersebut. Riyadh memelihara kontak tidak hanya dengan Palestina dan “negara-negara saudara” Arabnya, tetapi juga – meskipun masih secara informal – dengan pihak Israel, yang dengannya mereka berupaya melakukan normalisasi.

    Arab Saudi makin percaya diri

    “Namun demikian, inisiatif diplomatik Riyadh menunjukkan seberapa besar kepercayaan diri Saudi dalam beberapa tahun terakhir,” kata Sebastian Sons. “Pemerintah di Riyadh, tidak lagi ingin dianggap sebagai agen perwakilan dan mitra junior Barat, dan tentu saja bukan Amerika Serikat. Sebaliknya, mereka ingin dihormati sebagai aktor independen yang dapat memainkan peran penting di panggung politik dunia sebagai sebuah negara mediator.”

    Cinzia Bianco berpandangan serupa. Arab Saudi ingin mengkonsolidasikan perannya sebagai kekuatan menengah di dunia multipolar, katanya. Artinya, negara ini ingin selalu hadir ketika topik-topik seperti masa depan perdagangan dunia, penggunaan teknologi, energi, dan iklim dibahas di forum-forum penting. “Jika Riyadh memainkan kartunya dengan cerdik dalam perundingan ini, tentu saja setidaknya sebagian tujuannya dapat tercapai,” pungkas Cinzia Bianco.

    (hp/as)

    (ita/ita)

  • Arab Saudi Uji Taksi Terbang dan Drone di Musim Haji 2024

    Arab Saudi Uji Taksi Terbang dan Drone di Musim Haji 2024

    Jakarta

    Taksi terbang bukan lagi sekadar mimpi. Sejumlah negara maju sudah mulai menjajalnya, termasuk Arab Saudi yang akan menguji transportasi jenis baru ini di musim haji 2024.

    Menteri Transportasi dan Logistik Kerajaan Arab Saudi Saleh Al-Jasser mengungkapkan, kementeriannya akan menguji coba penggunaan taksi terbang dan drone pada musim haji tahun ini.

    “Ini mewakili moda transportasi yang sangat maju termasuk aplikasi taksi. Ada perlombaan antara banyak perusahaan khusus di sektor transportasi untuk menyediakan sarana transportasi terbaik di tahun-tahun mendatang,” kata Al-Jasser seperti dikutip detikINET dari Middle East Monitor.

    Al-Jasser mengatakan bahwa Arab Saudi mempersiapkan teknologi dan sarana transportasi yang lebih fleksibel dan cepat selama musim haji tahun ini untuk memfasilitasi perjalanan jemaah.

    “Kita harus menjadi yang terdepan agar bisa mendapatkan manfaat dari layanan tersebut,” imbuhnya.

    Awal tahun ini, Saudi Arabian Airlines juga mengumumkan rencananya untuk mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jemaah haji yang menempuh perjalanan antara Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah dan hotel di Makkah. Arab Saudi bermaksud membeli sekitar 100 pesawat untuk mengoperasikan layanan tersebut.

    Haji, salah satu dari lima rukun Islam, adalah ziarah tahunan ke kota suci Makkah di Arab Saudi. Musim haji tahun ini diperkirakan akan dimulai pada 14 Juni.

    (rns/rns)

  • Kereta Haramain Canggih Melesat Bawa Jamaah Haji Lintasi Arab

    Kereta Haramain Canggih Melesat Bawa Jamaah Haji Lintasi Arab

    Jakarta

    Dahulu, jemaah haji datang ke kota suci Makkah dengan berjalan kaki. Namun kini mereka bisa datang dengan kereta berkecepatan tinggi Haramain High Speed Railway (HHSR).

    Sekitar 50 kali sehari, transportasi ramping bermoncong panjang ini melesat melintasi gurun panas terik di Arab Saudi, mencapai kecepatan hingga 300 kilometer per jam, membawa para peziarah dan penumpang lain.

    Kereta api tersebut, yang termasuk dalam 10 kereta tercepat di dunia, hanyalah permulaan dari jaringan kereta api yang diperkirakan akan berkembang di seluruh kerajaan Timur Tengah karena negara tersebut menginvestasikan miliaran dolar dalam infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata dan mendiversifikasi pendapatan selain minyak.

    Dari Jeddah, kota terbesar kedua di negara ini, para peziarah dan wisatawan kini dapat berpindah dari terminal kedatangan Bandara Internasional King Abdulaziz ke stasiun tempat kereta ekspres listrik melaju ke seluruh negeri.

    Memasuki musim haji, negara ini menambah sejumlah kereta untuk menangani banyaknya wisatawan yang datang untuk melaksanakan haji dan umrah.

    “Dengan jaringan jalan dan kereta api yang terhubung dengan baik, layanan shuttle bus, dan infrastruktur terintegrasi, jemaah dijamin mendapatkan pengalaman perjalanan yang lancar, terlepas dari bahasa atau kebutuhan unik mereka,” kata Tawfiq Al Rabiah, Menteri Urusan Haji Kerajaan Arab Saudi, dikutip dari CNN, Selasa (11/6/2024).

    Meskipun hanya umat Islam yang dapat mengunjungi Makkah, semua wisatawan dapat menikmati kereta cepat Haramain di jalur sepanjang 450 kilometer yang membentang di sepanjang garis pantai Laut Merah Saudi.

    Haramain, yang berarti ‘dua tempat suci’ dalam bahasa Arab, diambil dari nama kota suci Makkah dan Madinah yang terletak di ujung garis yang berlawanan. Dibuka pada tahun 2018, bandara ini juga menghubungkan bandara Jeddah, Jeddah Al-Sulimaniyah (dekat pusat kota) dan Kota Ekonomi Raja Abdullah.

    Menggunakan Kereta Haramain

    Calon penumpang kereta Haramain bisa membeli tiket melalui aplikasi HHR Train yang tersedia di App Store dan Play Store dalam bahasa Inggris dan Arab. Jangan lupa siapkan paspor, karena calon penumpang harus mengisi informasi ID sebelum klik ‘bayar.’

    Tiket ekonomi antara Jeddah Al-Suleimanyah dan King Abdullah Economic City (KAEC) adalah 57,50 riyal Saudi, (sekitar Rp 248 ribu), sedangkan kursi kelas bisnis berharga 97,75 riyal (sekitar Rp 424 ribu). Aplikasi ini menerima Apple Pay dan opsi dompet digital lainnya.

    Aplikasi ini menunjukkan tata letak gerbong kereta sehingga penumpang dapat memilih tempat duduk dekat jendela atau lorong dan memutuskan apakah mereka ingin menghadap ke arah perjalanan atau tidak. Saat memesan untuk grup atau keluarga, aplikasi akan secara otomatis memilih kursi bersebelahan jika tersedia.

    Untuk jalur ziarah, perjalanan dari Jeddah ke KAEC yang jaraknya 111 kilometer, bisa ditempuh hanya dalam waktu 32 menit saja.

    Masa depan kereta cepat Arab Saudi

    Menariknya, meskipun penumpang tidak dapat melihat pengemudi kereta, ada kemungkinan kereta dikemudikan oleh masinis perempuan. Pada Januari 2023, angkatan pertama yang terdiri dari 32 orang perempuan lulus dari program pelatihan satu tahun di Politeknik Kereta Api Arab Saudi, sehingga mereka mendapatkan lisensi untuk menjalankan kereta berkecepatan tinggi di jaringan Haramain.

    Sebaliknya, pada tahun 2018, ketika jalur kereta api pertama kali dibuka, perempuan di Kerajaan Arab Saudi baru diperbolehkan mengemudikan mobil.

    Jika berbicara tentang kereta api berkecepatan tinggi, jalur Haramain hanyalah permulaan di Arab Saudi. Negara tersebut melakukan peningkatan pada jalur yang ada di barat laut, dengan rencana pembangunan kereta berkecepatan lebih tinggi.

    Pada Januari 2022, Menteri Investasi Arab Saudi Khalid al-Falih mengumumkan rencana untuk membangun rel kereta api sepanjang 8.000 kilometer di seluruh negeri.

    (rns/fay)

  • Teknologi di Balik Keindahan Kubah Masjid Nabawi yang Bisa Bergeser

    Teknologi di Balik Keindahan Kubah Masjid Nabawi yang Bisa Bergeser

    Jakarta

    Selain payung-payung raksasa cantik yang menjadi salah satu ciri khasnya, Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi juga punya kubah yang bisa menutup dan membuka di waktu-waktu tertentu. Sama seperti ketika payung-payung raksasa menguncup dan mengembang, pemandangan menutup dan membukanya kubah juga kerap dinantikan jemaah yang beribadah di sana.

    Kubah Masjid Nabawi memadukan desain konstruksi yang sangat besar, desain teknik, seni arsitektur serta teknologi pergerakan kubah yang halus melalui kontrol otomatis sehingga menambah keindahannya.

    Ada 27 kubah di Masjid Nabawi yang dirancang sebagai sliding dome alias dapat digeser untuk dibuka dan ditutup kembali sesuai keperluan. Sebanyak 12 kubah masing-masing ditempatkan di bangunan sayap kiri dan kanan, dan tiga kubah di bangunan sayap belakang bangunan utama Masjid Nabawi.

    Kubah-kubah tersebut merupakan mahakarya dari proyek perluasan Masjid Nabawi yang dilakukan oleh Raja Fahd. Mengutip dari situs SL Rasch, perusahaan konstruksi yang menangani pemasangan kubah dan payung Masjid Nabawi, Raja Fahd sendiri yang meletakkan batu fondasi untuk ekspansi kedua yang dilakukan antara tahun 1984-1994.

    Proyek perluasan Raja Fahd disebut-sebut sebagai proyek perluasan paling menyeluruh dalam sejarah Masjid Nabawi. Dari bagian utama Masjid Nabawi seluas 16.500 meter persegi, kemudian ditambah dengan bangunan perluasan di masa pemerintahan Raja Fahd yang seluruhnya seluas 82.000 meter persegi.

    Dua hal yang paling menarik perhatian dalam proyek ini adalah 27 sliding dome dan dipasangnya 105 payung raksasa untuk memayungi pelataran terbuka di sekitar Masjid Nabawi. Payung Masjid Nabawi ini pun di kemudian hari ditiru dan menjadi tren bagi masjid-masjid di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

    Pembangunan kubah geser dan payung dalam proyek perluasan Masjid Nabawi melibatkan banyak pihak. Sejak dari proses perencanaan, pemilihan material, pemilihan teknologi yang tepat, perencanaan rancang bangun, pemilihan para seniman dan tenaga ahli hingga ke proses pembuatan, perakitan, pemasangan hingga perawatannya.

    Kubah Masjid Nabawi bisa bergeser, menutup dan membuka. Foto: SL RaschDirancang Arsitek Jerman

    Adalah Mahmoud Bodo Rasch, seorang arsitek Jerman yang menangani rancang bangun struktural kubah dan payung-payung raksasa. Ia memiliki spesialisasi dalam konstruksi payung konvertibel raksasa dan struktur ringan, serta merupakan pendiri dan pemilik SL Rasch GmbH Special and Lightweight Structures dengan cabang di Leinfelden-Echterdingen, Jeddah, Makkah, dan Madinah. Proses pembuatan kubah dikerjakan secara terpisah-pisah di berbagai negara sesuai dengan spesialisasi yang dibutuhkan.

    “Kubah ini bisa bergeser ke samping menggunakan penggerak yang dipasang di rel terintegrasi. Bentuknya menunjukkan pengaruh Maroko dan menggabungkan arsitektur tradisional dengan teknologi canggih. Bagian luar dan dalam kubah ditopang oleh struktur baja dan menggunakan komposit yang sebelumnya hanya digunakan dalam konstruksi pesawat terbang,” tulis SL Rasch di situsnya.

    Rahasia Kubah Indah Masjid Nabawi

    Struktur lapisan terluar kubah, menurut penjelasan SL Rasch, terdiri dari laminasi epoksi serat karbon atau serat kaca dan ubin keramik heksagonal. Untuk memastikan mereka dapat diposisikan secara akurat pada permukaan luar kubah, sebelumnya pola dipotong menjadi segmen kubah prefabrikasi dengan mesin CNC. Ubin kemudian diletakkan di ceruk yang sudah ditentukan dan dilaminasi.

    Selanjutnya pelapis interior kubah terbuat dari kayu dan laminasi epoksi dengan panel veneer maple. Bagian tersebut dihiasi ornamen cedar ukiran tangan yang dibuat di Maroko, beberapa di antaranya disepuh dan ditata dengan amazonite. Segmen kubah disiapkan dan dikemas di Jerman, dikirim ke Madinah dan dipasang di atap masjid.

    Dipilihnya material-material tersebut dikarenakan kubah ini harus mampu dibuka dan ditutup dengan mudah oleh sistem robotik yang menggerakkannya. Selain itu, material yang lebih ringan akan mengurangi beban struktur yang menopangnya.

    Kombinasi keahlian tradisional dan produksi industri, berpadu dengan teknologi Computer Aided Design (CAD) yang inovatif, membuat proyek tersebut mendapatkan penghargaan Best Innovation Award of the Houston-based International Association for Automation and Robotics in Construction (IAARC). Proyek ini juga memenangkan Abdullatif Al Fozan Award for Mosque Architecture in 2014.

    Lebih dari itu, kubah-kubah ini tak hanya canggih dan indah, tetapi yang paling utama adalah manfaatnya untuk menyesuaikan suhu udara yang cocok untuk jemaah sehingga mereka makin nyaman beribadah. Saat pelaksanaan ibadah Haji 2024 ini, para jamaah haji dari seluruh dunia tentu bisa mengagumi keindahan kubah Masjid Nabawi.

    (rns/fay)

  • Perjuangan Jemaah Haji Lansia di Tanah Suci

    Perjuangan Jemaah Haji Lansia di Tanah Suci

    Jeddah (beritajatim.com) – Jemaah haji lansia juga menunaikan ibadah di tanah suci. Mereka melakukan perjuangan untuk melaksanakan rukun Islam kelima itu. Beruntung, mereka mendapatkan bantuan dari petugas haji dari bidang Pelindungan Jemaah (Linjam).

    Para Jemaah lansia itu ada yang digendong, ada pula yang dinaikkan kursi roda. Hal tersebut seperti diceriakan oleh Yudi Mulyadi, salah satu petugas Linjam. Dia menggendong jemaah lansia ke dalam bus, setibanya kelompok terbang (kloter) 30 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-30) di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, Sabtu (25/5/2024).

    “Jemaah tadi hanya mau mengucapkan terima kasih, tapi malah terbata-bata. Saya harus balas kebaikan petugas dengan apa, saya tidak punya apa-apa,” tutur Yudi menirukan ucapan nenek yang dibantunya sambil mengusap air mata.

    Seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, jemaah yang baru saja digendong Yudi berasal dari Lampung Timur. Usianya 84 tahun. Wajar, terkadang tak bisa menahan hajatnya untuk buang air besar maupun kecil.

    Tiba di Bandara Jeddah, sang nenek harus mengganti pakaian ihram yang dikenakannya karena terkena najis. Sebab, dari Jeddah, jemaah langsung menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib.

    Yudi Mulyadi bersama sejumlah petugas perempuan mengantar sang nenek ke kamar mandi untuk berganti baju ihram dan bersuci. Sementara Yudi menunggu di luar kamar mandi, petugas haji perempuan yang masuk menemani sang nenek untuk berganti baju dan bersuci.

    “Kami menyediakan pakaian ihram tapi untuk jemaah laki-laki. Kami sudah ke sana kemari mencari gamis untuk perempuan, rupanya di Bandara tidak ada yang jual. Maka, kami putuskan untuk mengganti pakaian jemaah yang terkena najis dengan mukena saja,” ungkap Sekretaris Sektor III Bandara, Iin Kurniawati.

    Semua petugas berjibaku, semua turun tangan memberikan layanan terbaiknya untuk jemaah. Tanpa terkecuali, ini juga dilakukan oleh Kadaker Bandara. Saat jemaah haji lansia ini meminta air untuk minum,

    Kadaker Bandara tak segan untuk melayani dengan tangannya sendiri. Tanpa perasaan ragu, ia menyuapi jemaah. “Ibadahnya petugas adalah memastikan kemabruran jemaah,” kata Kadaker Bandara Abdillah.

    Setiap harinya, petugas akan menunjukkan performa terbaiknya dalam melayani jemaah. Meski berasal dari latar belakang dan divisi tugas yang berbeda, bagi mereka komitmen untuk mewujudkan haji gembira dan ramah lansia harus berbuah manis dengan kepuasan layanan bagi jemaah.

    Mungkin bagi sebagian orang, keluar masuk bandara adalah hal yang membosankan. Tapi bagi petugas di Bandara, justru ini adalah kenikmatan.

    “Saya lihat ibu-ibu sujud, saya jadi teringat orangtua di rumah. Tangan saya jadi gemetar waktu ambil gambar, lihat jemaah gembira, penuh suka cita, rasanya bahagianya nyetrum,” ungkap petugas Media Center Haji, Andryanto Wisnu Widodo seusai mengantar jemaah dengan kursi roda.

    Setiap harinya, petugas haji di Bandara akan menyambut kurang lebih 20 kloter kedatangan jemaah haji dari Tanah Air. Pada setiap kloter setidaknya terdapat 20-30% jemaah haji lansia di dalamnya. Sampai dengan 25 Mei 2024, 257 kloter dengan jumlah 99.932 jemaah telah tiba di Tanah Suci. [suf]

  • Cerita Pasutri Naik Haji, Istri Wafat Saat Tiba di Jeddah

    Cerita Pasutri Naik Haji, Istri Wafat Saat Tiba di Jeddah

    Jeddah (beritajatim.com) – Pasutri (pasangan suami istri) asal Ciamis Jawa Barat menunaikan ibadah haji Bersama. Namun takdir berbicara lain, sang istri justru wafat sesaat setelah tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (25/5/2024), sekitar pukul 06.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

    Pasutri ini berasal dari Kelompok Terbang (kloter) 27 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS-27). Keduanya adalah Endang dan Popon Rohmawati (50). Endang adalah Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Pangandaran, sedangkan Popon ibu rumah tangga biasa.

    Endang bercerita, sudah 11 tahun ia dan istrinya menanti hari untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima. “Kita bareng-bareng ke Makkah. Menunggu 11 tahun, ternyata setelah ke sini kami tidak bisa bersama, dan Ibu tidak akan kembali,” tutur Endang sebagaimana dikutip dari laman Kemenag.

    Menurut Endang, selama perjalanan normal-normal saja. Mereka bergembira selama di pesawat, tidak ada masalah. Namun keganjilan mulai kelihatan saat mengambil koper. Popon mengeluh pusing. Saat turun, tiba-tiba tidak ada tenaga. Popon pingsan dan sesak, kemudian ditangani tim medis.

    “Istri saya dinyatakan meninggal dunia setibanya di Rumah Sakit King Fadh Hospital. Saya tidak ada firasat akan kepergiannya,” kata Endang sembari menyeka cairan bening yang menggarisi pipinya.

    Endang hanya mengnkaplkan bahwa selama tiga tahun terakhir istrinya benar-benar rajin menjalankan salat sunnah Duha dan Tahajud. Selain itu, almarhumah juga tidak pernah lepas dari bacaan Alquran.

    “Istri saya bisa khatam Alquran sebulan sekali. Kalau tidak sedang haid, dia tidak pernah absen mengerjakan salat Duha dan salat Tahajud. Setiap malam, dia selalu membangunkan saya untuk salat malam,” kenang Endang.

    Kepergian sang istri yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga dan mendidik ketiga putra-putrinya membuat anak-anaknya sangat kehilangan. Anak bungsunya yang saat ini masih duduk di kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih terus menanyakan keberadaan Ibunya.

    “Kami Ikhlas, sekalipun itu berat. Allah pasti memberikan jalan yang terbaik untuk diri saya, untuk keluarga saya. Semoga Allah mengampuni terhadap dosa-dosanya, menerima amal ibadahnya, dan menempatkan almarhumah di tempat yang mulia,” doanya.

    Kepada petugas haji, Endang menyampaikan terima kasih atas bantuannya mengurus jenazah sang istri. Dirinya betul-betul terbantu oleh petugas haji. Karena merekalah yang mengurusi jenazah Wanita asal Ciamis itu.

    “Petugas haji memang sangat membantu, membantu saya khususnya. Saya ucapkan terima kasih kepada tim petugas haji Indonesia, saya yakin tanpa mereka, entah bagaimana saya,” pungkas Endang. [suf]

  • Jemaah Haji 2024 Dilengkapi Smart Card

    Jemaah Haji 2024 Dilengkapi Smart Card

    Makkah (beritajatim.com)–Jemaah haji tahun 2024 dilengkapi dengan smart card. Kartu ini dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi. Tujuannya, memudahkan jemaah haji dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan haji.

    Smart Card berbentuk kartu elektronik yang dikeluarkan secara resmi Kerajaan Arab Saudi. Kartu ini baru kali pertama dibagikan pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Tujuannya, memudahkan jemaah dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan haji, seperti lokasi-lokasi pelaksanaan haji di Tanah Suci. Sart card ini juga menjadi akses masuk ke Arafah. Sehingga kartu tersebut harus selalu dibawa jemaah dan jangan sampai hilang.

    “Smart card sudah diberikan Kementerian Haji dan Umrah, tapi masih dikelompokkan berdasarkan urutan abjad. Tim PPIH bersama Masyariq malam ini mengelompokkannya berdasarkan kelompok terbang (kloter). Nanti akan dibagikan ke jemaah berdasarkan kloter. Jemaah yang sudah tiba di Makkah akan diperiksa secara acak oleh pihak Arab Saudi, apakah mereka sudah mendapat smart card atau belum,” kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid usai bertemu Masyariq di Makkah, Senin (21/5/2024).

    Mengutip Kemenag.go.id, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi kemarin menggelar pertemuan dengan pihak Masyariq. Pertemuan yang berlangsung di kantor Masyariq, wilayah Khalidiyah, Makkah, ini membahas layanan di Makkah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

    “Kita hari ini bertemu dengan Masyariq membahas antara lain mengenai distribusi smart card atau kartu pintar. Ini salah satu program utama dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Sebagian smart card ada yang dibagikan di Embarkasi Tanah Air, namun sebagian besar dibagikan saat jemaah tiba di Makkah Al-Mukarramah,” tambah Subhan Cholid.

    Perkembangan di lapangan menunjukkan, jemaah haji Indonesia mulai tiba di Makkah Al-Mukarramah. Mereka datang dari Madinah setelah tinggal di sana selama sekitar sembilan hari. Pada hari pertama kedatangan, ada sekitar 3.400 jemaah yang tergabung dalam delapan kelompok terbang (kloter).

    Rapat bersama Masyariq juga membahas tentang proses pergerakan jemaah dari Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Menurut Subhan, pertemuan dengan Masyariq menyepakati perlunya skema baru pergerakan jemaah di Masyair al Muqaddasah atau Armuzna. Hal Ini sebagai antisipasi padatnya lokasi Muzdalifah karena dua hal.

    Pertama, dampak penambahan toilet yang memakan lahan hingga lebih dari 20.000 M2. Kedua, pemindahan penempatan jemaah di area perluasan Mina (Mina Jadid) ke Mu’aisim. Kementerian Haji meminta agar ada minimal 40.000 jemaah yang hanya melewati tidak turun di area Muzdalifah. Sehingga skemanya adalah Arafah menuju Muzdalifah (tidak turun) lalu langsung ke Mina.

    “Skema ini disebut sebagai Skema Murur. Kementerian Haji menunggu usulan resmi dari Indonesia terkait rincian skema ini. Sedang pihak Masyariq berharap agar jemaah yang mengikuti skema Murur ini diatur berbasis maktab,” jelas Subhan.

    Selain Smart Card dan Murur, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam mengatakan bahwa pertemuan dua pihak ini juga membahas layanan konsumsi berupa makanan siap saji. Katering ini antara lain akan dibagikan kepada jemaah saat berada di Arafah dan Mina. “Kita akan cek makanan siap saji yang sebagian besar sudah tiba di Arab Saudi dan itu akan didistribusikan di Arafah dan Mina,” ujar Nasrullah.

    Selain di Muzdalifah, kata Nasrullah, pihaknya juga minta agar pihak Masyariq dapat menyajikan makanan bagi jemaah haji yang mengambil nafar awal (kembali dari Mina ke hotel lebih awal), terutama untuk makan pada 12 Zulhijjah malam dan 13 Zulhijjah pagi. “Minimal ada snack berat untuk jemaah yang nafar awal. Kita minta ke Masyariq agar diberikan snack berat,” kata Nassrullah.

    Puncak ibadah haji, wukuf di Arafah, diperkirakan akan berlangsung pada 15 Juni 2024. Sehari sebelum itu, tepatnya pada 14 Juni 2024, jemaah haji secara bertahap akan diberangkatkan dari Makkah menuju Arafah. Setelah wukuf di Arafah, malam harinya jemaah diberangkatkan menuju Muzdalifah, lalu ke Mina. Di Mina, jemaah akan menginap pada 11 dan 12 Zulhijjah (nafar awal) atau hingga 13 Zulhijjah (nafar tsani), lalu kembali ke Makkah. [air/aje]

  • Cek Persiapan Akhir Haji, Menag Terbang ke Saudi

    Cek Persiapan Akhir Haji, Menag Terbang ke Saudi

    Jakarta (beritajatim.com) – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terbang ke Arab Saudi untuk melakukan kunjungan kerja terkait dengan persiapan haji 2024. Menag bakal mengecek persiapan akhir sebelum pelaksanaan haji.

    “Saya berangkat ke Saudi untuk melihat persiapan akhir layanan bagi jemaah haji Indonesia. Pengecekan akan saya lakukan baik di Makkah, Madinah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” kata Menag di Jakarta, Senin (6/5/2024).

    Orang pertama di Kementerian Agama ini terbang ke Arab Saudi pada Selasa (7/5/2024) dini hari dan direncanakan kembali ke Indonesia pada 11 Mei 2024.

    Saat berada di Arab Saudi, Menag dijadwalkan bertemu dengan pihak-pihak yang terkait dengan persiapan dan pelaksanaan haji 2024.

    “Kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Masyariq di Jeddah, untuk meng-update sejumlah persiapan layanan yang penyediaannya menjadi tanggung jawab mereka. Kita juga akan bahas sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan layanan berjalan lancar dan kejadian tahun lalu tidak terulang,” tegas Menag asal Kabupaten Rembang, Jateng ini.

    Titik lain yang bakal dicek orang pertama di Kementerian Agama ini di antaranya kesiapan hotel, konsumsi jemaah, terminal bus shalawat di Makkah, baik di Syib Amir maupun Ajyad. “Semuanya kita cek,” tandas Menag mengutip Kemenag.go.id.

    Penerbangan perdana jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi digelar pada 12 Mei 2024 dan penerbangan terakhir pada 10 Juni 2024. Jumlah jemaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 241 ribu jemaah.

    Suhu 40 Derajat Celsius

    Sementara itu, diperkirakan pada musim haji tahun ini diperkirakan suku setempat mencapai 40 derajat Celsius. Jemaah haji diimbau untuk dapat beradaptasi agar bisa terhindar dari heat stroke atau serangan panas.

    Heat stroke adalah bentuk hipertermia atau penyakit yang berhubungan dengan panas. Heat stroke ditandai dengan peningkatan suhu tubuh yang tidak normal serta gejala fisik yang menyertainya, termasuk perubahan fungsi sistem saraf.

    Ilustrasi suasana ibadah saat di pelataran Ka’bah, Masjidil Haram Arab Saudi. (rindi/dok)

    “Khususnya jemaah haji lansia sebaiknya sudah mempersiapkan kondisi dan menjaga serta meningkatkan kesehatan dirinya, terlebih sebelum melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, termasuk juga harus mengenali kondisi gejala heat stroke,” ungkap Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah, Dokter Leksmana, di Jakarta, Senin (6/5/2024).

    Dia mengutarakan, cuaca panas dapat mengganggu kesehatan jemaah. Gejalanya adalah mengalami dehidrasi, serangan panas, lemas, hilang fokus dan rusaknya permukaan kulit.

    Lantas bagaimana tips menghadapi kondisi tersebut? Pertama, banyak minum air putih, tanpa harus menunggu haus. Upayakan meminum tiga sampai empat liter air atau setara dengan 12 sampai 16 gelas per hari.

    Kedua, menyemprot wajah dengan air bersih untuk mengurang panas di kulit. Ketiga, menggunakan alat pelindung diri apabila melakukan aktivitas di luar hotel atau penginapan. Misalnya, payung, topi berdaun lebar, kacamata hitam, pelembap kulit, tabir surya (sunscreen) dan masker medis untuk menjaga kelembapan aliran napas.

    “Jangan lupa pakai baju longgar dan nyaman untuk dapat mencegah naiknya suhu tubuh, berlindung dari sengatan matahari langsung, dan istirahat yang cukup,” katanya mengingatkan. [air]

  • Bandara Djuanda Sidoarjo Layani Fasilitas Fastrack Bagi Jamaah Haji 2024, Ini Penjelasannya!

    Bandara Djuanda Sidoarjo Layani Fasilitas Fastrack Bagi Jamaah Haji 2024, Ini Penjelasannya!

    SURABAYA (beritajatim.com)- Bandara Djuanda Surabaya akan melayani fastrack bagi jamaah haji Indonesia. Tak hanya Bandara Djuanda saja namun ada 2 bandara lain yang ditunjuk memberikan layanan fastrack bagi jamaah haji asal Indonesia. Dua bandara lain yakni Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

    Melansir dari situs resmi Kemenag RI, Senin (6/5/2024) layanan fastrack adalah fasilitas yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi berupa layanan cepat keimigrasian melalui suatu embarkasi agar memudahkan para jemaah saat tiba di negara setempat.

    Arab Saudi menyediakan tiga layanan fasttrack dalam Mecca Route Haji 1445 H/2024 M, yakni Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

    Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Saiful Mujab menuturkan tahun ini, embarkasi Surabaya untuk kali pertama mengunakan layanan fast track. Menurut Saiful, layanan ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

    “Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelengaraan ibadah haji,” ucapnya.

    Dengan fast track, lanjut Saiful, jemaah saat turun di Madinah atau Jeddah bisa langsung menuju pemondokan. Ini tentu memberi kemudahan dan kenyamanan kepada jemaah haji Indonesia.

    Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12 – 23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei – 10 Juni 2024.

    “Pada 12 Mei nanti ada 22 kloter yang akan menuju tanah suci, termasuk dari Embarkasi Surabaya. Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang ikut berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” jelasnya..

    Pada penyelengaraan ibadah haji 1445 H/2024 M, Indonesia akan memberangkatkan 241.000 jemaah. Mereka terbagi dalam 554 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 294 kloter terbang dengan Garuda Indonesia, 260 kloter dengan Saudia Airlines.

    “Jemaah haji melalui Embarkasi Surabaya tahun ini sebanyak 106 kelompok terbang. Artinya kloter melalui Embarkasi Surabaya menjadi yang terbanyak dari total 554 kelompok terbang tahun ini,” ujar Saiful Mujab.

    “Semoga penjadwalan slot tidak ada masalah sehingga penyelengaraan haji melalui embarkasi Surabaya berjalan dengan baik,” tutupnya. [aje]

  • Panas! Houthi Serang 4 Kapal di Laut Merah-Samudra Hindia

    Panas! Houthi Serang 4 Kapal di Laut Merah-Samudra Hindia

    Sanaa

    Kelompok pemberontak Houthi yang bermarkas di Yaman menargetkan sebuah kapal kontainer berbendera Portugal dalam serangan drone di Samudra Hindia. Tiga kapal lainnya, termasuk dua kapal militer Amerika Serikat (AS), juga menjadi target serangan Houthi di perairan Laut Merah.

    Seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Selasa (30/4/2024), laporan data LSEG menyebut bahwa sebuah kapal kontainer bernama MSC Orion, yang berbendera Portugal, sedang berlayar di antara pelabuhan Sines di Portugal dengan pelabuhan Salalah di Oman ketika dihantam serangan drone Houthi.

    Kapal kontainer MSC Orion, menurut data LSEG, terdaftar dimiliki oleh Zodiac Maritime, yang sebagian dimiliki oleh seorang pengusaha Israel bernama Eyal Ofer. Belum ada tanggapan dari Zodiac Maritime terkait serangan tersebut.

    Tidak diketahui lebih lanjut apakah serangan drone Houthi terhadap MSC Orion itu memicu kerusakan atau menyebabkan korban jiwa.

    Juru bicara Houthi, dalam pernyataan yang disiarkan televisi afiliasi kelompok itu pada Selasa (30/4) waktu setempat, mengumumkan bahwa pasukannya menargetkan sebuah kapal komersial bernama Cyclades dan dua kapal penghancur milik militer AS di Laut Merah.

    Perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, mengatakan bahwa sebuah kapal kontainer berbendera Malta pada Senin (29/4) waktu setempat melaporkan mereka menjadi target serangan tiga rudal saat berlayar dari Djibouti menuju ke Jeddah, Arab Saudi.

    Houthi menyebut kapal Cyclades berada di rute pelayaran tersebut ketika pasukannya menyerangnya.

    Ambrey, dalam laporannya, menilai kapal tersebut menjadi target serangan karena operatornya diketahui sedang melakukan perdagangan dengan Israel.

    Kelompok Houthi semakin meningkatkan serangan dengan melibatkan drone dan rudal di Laut Merah, Selat Bab al-Mandab, dan Teluk Aden sejak November tahun lalu.

    Mereka menegaskan rentetan serangannya sebagai bentuk solidaritas untuk warga Palestina di Jalur Gaza yang terus digempur Israel dalam perang melawan Hamas.

    Serangan-serangan Houthi itu memaksa kapal-kapal yang membawa muatan kargo untuk mengubah rute ke jalur pelayaran yang lebih lama dan lebih mahal melewati Afrika Selatan, dan memicu kekhawatiran bahwa perang Hamas-Israel bisa meluas dan semakin memicu destabilisasi kawasan Timur Tengah.

    Pada Maret lalu, pemimpin Houthi mengumumkan bahwa kelompoknya memperluas wilayah serangannya untuk mencegah kapal-kapal, yang memiliki keterkaitan dengan Israel, berlayar melintasi Samudra Hindia menuju ke Tanjung Harapan.

    AS bersama sekutunya, Inggris, melancarkan serangan terhadap target-target Houthi sebagai pembalasan atas serangan kelompok itu terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan sekitarnya.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini