kab/kota: Jayapura

  • Mudik Gratis Nataru Dibuka! Cek Cara Daftar dan Rutenya

    Mudik Gratis Nataru Dibuka! Cek Cara Daftar dan Rutenya

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) akan menyelenggarakan Mudik Gratis dengan bus untuk 3.500 penumpang pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Direktur Angkutan Jalan, Ernita Titis Dewi, mengatakan pendaftaran program mudik gratis ini secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 12-21 Desember 2024.

    “Pada libur Nataru tahun ini, Ditjen Perhubungan Darat akan menyiapkan sebanyak 88 bus dan 2 truk untuk mengangkut 60 unit motor. Pendaftaran akan dibuka melalui aplikasi Mitra Darat pada tanggal 12 Desember 2024,” kata Titis dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/12/2024).

    Ia mengatakan program bus mudik gratis ini akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kampung Rambutan pada Selasa (24/12) nanti dengan tujuan ke berbagai kota di Pulau Jawa dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang.

    Sementara, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Senin, 23 Desember 2024 dari Terminal Pulo Gebang. Ia menambahkan bahwa untuk memastikan kelaikan bus dan truk sebagai armada Mudik Gratis Nataru juga akan dilaksanakan ramp check armada pada tanggal 22-23 Desember 2024.

    Di luar itu, ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis ini tapi belum memiliki aplikasi Mitra Darat untuk segera melakukan pendaftaran. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store atau App Store.

    Selanjutnya calon peserta hanya perlu melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat. “Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan validasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M,” pungkas Titis.

    Berikut daftar rute mudik bus gratis Natal & Tahun Baru dari Kemenhub:

    1. Jakarta-Solo
    2. Jakarta-Yogyakarta
    3. Jakarta-Surabaya
    4. Jakarta-Wonosobo
    5. Jakarta-Semarang
    6. Jakarta-Wonogiri
    7. Jakarta-Cilacap
    8. Jakarta-Purwokerto
    9. Jakarta-Malang
    10. Jakarta-Kediri
    11. Jakarta-Madiun
    12. Jakarta-Solo (1 truk sepeda motor)
    13. Jakarta-Yogyakarta (1 truk sepeda motor)

    Mudik Gratis Kapal

    Selain melalui transportasi darat, ada juga program mudik gratis yang digelar oleh BUMN pelayaran PT Pelni. Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy W menyebut pihaknya menyediakan sekitar 3.100 tiket gratis di periode Natal tahun ini.

    Adapun tiket gratis yang disediakan Pelni bisa didapatkan pada 13 ruas pelabuhan keberangkatan dan tujuan, yakni Batam-Belawan, Manokwari-Sorong, Ende-Kupang, Bitung-Sorong, Timika-Tual, Tg Priok-Maumere, Jayapura-Serui, Jayapura-Biak, Makassar-Maumere, Makassar-Balikpapan, Jayapura-Nabire, dan Ambon-Tual.

    “Kami mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk berdasarkan akan tiket gratis untuk beberapa ruas, ini kami mendapatkan 13 ruas tiket gratis dan ini dengan jumlah 3.100 tiket,” kata Dessy dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (5/12/2024).

    Adapun akses tiket gratis dapat diakses secara online melalui aplikasi resmi PT Pelni per Kamis (5/12) kemarin. Sementara itu, Dessy juga menegaskan tidak ada diskon harga tiket bagi angkutan laut. Pasalnya, harga tiket yang telah ditetapkan telah disesuaikan untuk subsidi yang diberikan pemerintah.

    “Sudah disubsidi oleh pemerintah dengan tarif sepanjang tahun itu sebetulnya hanya 30% dari HPP, 70% itu disubsidi oleh pemerintah. Jadi memang tidak ada kenaikan tiket, dan tidak ada juga penurunan tiket,” jelasnya.

    Sementara untuk kesiapan angkutan laut pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2024/2025, Pelni telah menyediakan total kapasitas penumpang sebanyak 60.212 seat dengan tiket sebanyak 547.549.

    (hns/hns)

  • Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Biar Pelanggan Loyal, Customer Experience dan Digital Engagement Jadi Kunci

    Jakarta: Perusahaan semakin mengutamakan customer experience dan digital engagement untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Customer experience merujuk pada keseluruhan perjalanan pelanggan saat berinteraksi dengan merek, yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi digital.
     
    Banyaknya konsumen yang mengandalkan teknologi untuk berbelanja dan mencari informasi, mengharuskan perusahaan dapat menyediakan pengalaman yang konsisten dan personal di berbagai platform digital. Dengan penggunaan alat digital memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan.
     
    Customer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia Lise Tiasanty menyampaikan, upaya perusahaan dalam menghadapi tantangan di era digital, dengan menyediakan layanan yang cepat melalui berbagai saluran komunikasi. Ia mengakui tidak mudah untuk memobilisasi seluruh layanan.
    “Bagaimana bisa memobilisasi mereka supaya bisa memberikan respon yang cepat kepada konsumen. Bagaimana bisa mengirimkan spare parts yang  dari Jakarta bisa diterima di Jayapura dengan cepat,” kata dia dalam seminar “Creating Memorable Customer Journey: Integrating Customer Experience and Digital Engagement” dilansir di Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2024.
     
    Oleh karenanya, pada 2021 Sharp meluncurkan layanan service center berbasis sistem artificial intelligence bernama Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) yang tersedia dalam 24 jam. SALLI dapat diakses melalui WhatsApp untuk layanan purnajual, program penjualan terkini, hingga customer service.
     

     
    Selain itu, Sharp memiliki jaringan layanan 638 service point di seluruh Indonesia, termasuk wilayah terpencil. Lise menambahkan bahwa inovasi ini telah meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Sharp menjadi 98,7 persen, mengalami kenaikan signifikan dari 87,7 persen pada tahun sebelumnya.
     
    Head of Strategy Development PT HM Sampoerna Tbk Shirley Lesmana menceritakan dampak signifikan bagi UMKM lokal dan perekonomian melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Dimulai pada 2008 dengan 57 toko, program ini kini telah berkembang menjadi 250 ribu toko anggota di seluruh Indonesia. 
     
    Menurutnya, keberhasilan SRC terletak pada pengalaman pelanggan dan hubungan sesama pemilik toko. Dengan inovasi ini, SRC tidak hanya meningkatkan omzet toko tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM melalui program Pojok Lokal, yang memperkenalkan produk lokal di toko-toko anggota. 
     
    “Adapun SRC mengimplementasikan platform digital AYO untuk meningkatkan efisiensi bisnis, dengan 90 persen toko sudah terdigitalisasi. Platform ini membantu meningkatkan omzet toko hingga 42 persen dan menghasilkan transaksi tahunan sebesar Rp5,6 triliun,” ungkapnya.
     
    Untuk itu, SWA dan Business Digest memberikan penghargaan bagi perusahaan dengan customer experience dan digital engagement terbaik. Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa serta implementasi strategi engagement konsumen.
     
    Adapun para penerima Indonesia Customer Experience Award 2024 di antaranya PT Telekomunikasi Selular, IndiHome, GraPARI, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Sharp Electronics Indonesia, First Media powered by XL Axiata, KMN EyeCare, ASPIRA dan AXA Mandiri Financial Services.
     
    Sementara Indonesia Customer Experience Champions 2024 diberikan kepada PT Bank Central Asia Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, AXA Insurance Indonesia, Astra UD Trucks, Urban Republic, Edelweiss Hospital, Telkom Infra dan PT Nusantara Inti Solusindo.
     
    Kemudian penerima Indonesia Digital Customer Engagement Champions in Services Industry di antaranya adalah Bank DBS Indonesia, PT Finnet Indonesia, Baznas RI, PT Great Eastern Life Indonesia dan PT Infomedia Nusantara.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Semarak Perayaan Natal Akbar Cendekiawan Perempuan Papua di Jakarta

    Semarak Perayaan Natal Akbar Cendekiawan Perempuan Papua di Jakarta

    loading…

    Perayaan Natal memperingati kelahiran Yesus Kristus oleh Cendekiawan Perempuan Papua (CPP) di Ballroom Royal Hotel Kuningan, Jakarta, Jumat (6/12/2024) malam berlangsung meriah. Foto: Ist

    JAKARTA – Perayaan Natal memperingati kelahiran Yesus Kristus oleh Cendekiawan Perempuan Papua (CPP) yang diselenggarakan pada Jumat (6/12/2024) malam berlangsung meriah. Ratusan jemaat menghadiri perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di Ballroom Royal Hotel Kuningan, Jakarta.

    Perayaan Natal CPP dengan Pengkhobah Pdt Yolanda Makasunggal ini menampilkan persembahan pujian sejumlah artis ibu kota yakni Victor Hutabarat, Mercy Wabiser, Frans Sisir, Nobo Sasamu, Leo Saxophone & Papua Original, CPP Choir, Drama Streetpass, serta paduan suara Cendrawasih di Jakarta.

    Para peserta datang dari perwakilan pengurus daerah Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Papua Tengah, Papua Barat, Papua Barat Daya, Jayapura, Medan, dan Jakarta.

    Menurut Ketua Umum CPP Rosaline Rumaseuw, perayaan Natal CPP kali ini tidak hanya dihadiri masyarakat Papua, tapi juga dihadiri warga se-Nusantara, bahkan juga ada utusan/ perwakilan CPP dari Rusia.

    “Inilah makna Natal sebenarnya. Kasih Natal mempersatukan kita dan itulah Indonesia. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara ini. Hanya kekuatan Iman dan kasih Tuhan yang membuat malam ini menjadi sangat luar biasa,” ujar Rosaline.

    Pdt Yolanda Makasunggal dalam khotbahnya mengatakan, Natal adalah anugerah dan sukacita memuliakan Tuhan.

    “Tuhan telah menganugerahkan bagi kita orang Papua. Kita juga mendorong perempuan-perempuan Papua harus menjadi orang-orang hebat. Saya beberapa kali pelayanan di Papua dan Papua itu Indah sekali serta banyak orang-orang hebat,” katanya.

    Perayaan Natal Akbar CPP Tahun 2024 adalah perayaan Natal pertama sejak organisasi ini berdiri pada tahun 2022.

    (jon)

  • Garuda-Citilink Tambah 526 Penerbangan, Ada 1,4 Juta Kursi Selama Nataru

    Garuda-Citilink Tambah 526 Penerbangan, Ada 1,4 Juta Kursi Selama Nataru

    Jakarta

    Garuda Indonesia Group menyiapkan 1,4 juta kursi selama periode libur Natal dan tahun baru 2024/2025. Rinciannya 741.514 kursi dari Garuda Indonesia dan 717.560 kursi dari Citilink.

    Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani Panjaitan mengatakan ada 8.200 penerbangan selama periode Nataru.

    “Total kursi Garuda Indonesia itu menyiapkan 741.514 kursi dengan total penerbangan 4.028. Sedangkan Citilink, kami menyiapkan 717.560 kursi dengan total 4.171 penerbangan. Jadi total kurang lebih 1,4 juta kursi dengan total penerbangan hampir 8.200 penerbangan selama masa peak season,” katanya dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2024).

    Wamildan menambahkan, peningkatan jumlah penerbangan ini karena pengajuan jumlah frekuensi penerbangan dari Garuda Indonesia sudah disetujui. Rinciannya, Garuda Indonesia menambah 316 penerbangan, sementara Citilink 210 penerbangan.

    “Jadi total kita mengajukan sebanyak 526 flight, jadi ada penambahan flight di rute-rute unggulan,” imbuhnya.

    Untuk armada, Garuda Indonesia menyiapkan 58 pesawat yang terdiri dari 39 Boeing 737, kemudian 12 Airbus 330 dan 7 Boeing 777. Sedangkan Citilink menyiapkan 35 armada yang terdiri dari 32 Airbus 320 dan 3 pesawat ATR.

    Untuk pertumbuhan penumpang selama Nataru terdapat peningkatan 24% dibanding 2023. Sementara puncak perjalanan diperkirakan 21 Desember 2024 dan 5 Januari 2025.

    “Dan puncak arus libur ini kami perkirakan di tanggal 21 Desember dan tanggal 5 Januari. Dan ini adalah rute-rute domestik yang peak ya seperti Denpasar, Sorong, Manado, Kualanamu, Jayapura, Pontianak, Surabaya, Jogja, dan Lombok,” ujarnya.

    Garuda Indonesia akan melayani 49 rute domestik dan 9 rute internasional. Sedangkan Citilink melayani 73 rute domestik dan 5 rute internasional.

    (ily/ara)

  • Garuda dan Citilink Siapkan 1,4 Juta Kursi Musim Libur Nataru

    Garuda dan Citilink Siapkan 1,4 Juta Kursi Musim Libur Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Garuda Indonesia Group menyediakan 1,4 juta kursi penerbangan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kursi disediakan pada 20 Desember hingga 5 Januari mendatang.

    Kapasitas tersebut merupakan gabungan antara rute domestik dan internasional.

    Maskapai penerbangan pelat merah tersebut akan mengerahkan beberapa pesawat yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia maupun melalui anak usahanya, Citilink.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan mengatakan komposisi ketersediaan kursi Garuda Indonesia Group tersebut terdiri dari 741.514 kursi yang disediakan oleh Garuda Indonesia dan 717.560 kursi penerbangan oleh Citilink.

    “Kami akan menerbangkan di 49 rute domestik dan juga 49 rute domestik dan 19 rute internasional. Sedangkan Citilink akan terbang di 73 rute domestik dan juga 5 rute internasional,” katanya dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jumat (6/12).

    Sementara untuk armada, Garuda Indonesia menyiapkan 58 pesawat terdiri dari 39 Boeing 737NG, 12 Airbus 330, dan 7 Boeing 777. Sedangkan Citilink menyiapkan 35 armada yang terdiri dari 32 Airbus 320 dan 3 pesawat ATR.

    Garuda Indonesia memperkirakan puncak arus mudik bakal terjadi pada 20 Desember dan arus balik pada 5 Januari.

    Beberapa destinasi rute penerbangan penerbangan yang diperkirakan paling meningkat adalah Denpasar, Sorong, Kualanamu, Jayapura, Pontianak, Surabaya, Jogja, dan Lombok.

    Sedangkan untuk rute internasional yang cukup banyak diminati adalah Singapura, Kanada , Hong Kong, dan Sidney.

    “Sedangkan untuk Citilink, di sini ada rute peek yang kita lihat seperti Kualanamu, kemudian Lombok, Denpasar juga terjadi peningkatan, Balikpapan, Jogja, Batam, dan Silangit,” katanya.

    (fby/agt)

  • KKP-Kemlu pulangkan 19 ABK Run Zeng usai proses hukum selesai

    KKP-Kemlu pulangkan 19 ABK Run Zeng usai proses hukum selesai

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Luar Negeri mengawal pemulangan 19 anak buah kapal (ABK) Run Zeng 05 perikanan dari Port Moresby, Papua Nugini ke Tanah Air.

    “Belasan awak kapal Run Zeng 05 ini merupakan pekerja di kapal ilegal berbendera Rusia,” kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Lotharia Latif dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

    Setelah diterima dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Port Moresby di Jayapura, mereka diberangkatkan ke Jakarta dengan pesawat, dan selanjutnya dipulangkan ke daerah asalnya, yaitu Kepulauan Riau (1 orang), Jawa Barat (15 orang), Jawa Timur (1 orang), dan Nusa Tenggara Timur (2 orang).

    Latif menyampaikan bahwa sejak dari Jayapura sampai ke Jakarta, para awak kapal didampingi tim dari Ditjen Perikanan Tangkap. Kedatangan mereka juga disambut Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Mochamad Idnillah.

    Dia juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu pemulangan ABK dari Papua Nugini ke Indonesia, khususnya Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, KBRI Port Moresby, dan Konsulat RI Vanimo.

    “Kami berterima kasih kepada International Organization for Migration (IOM) Indonesia atas komitmennya mendukung KKP dalam penanganan awak kapal perikanan WNI eks Run Zeng 03 dan Run Zeng 05 ini,” ujar Latif.

    “IOM juga intens terlibat dalam pemulangan sampai dengan pemberdayaan para awak ini setelah tidak bekerja sebagai awak kapal perikanan,” tambah Latif.

    Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan KKP Mochamad Idnillah mengungkapkan bahwa KM Run Zeng 05 menjadi target operasi aparat penegak hukum Indonesia karena melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia, tepatnya Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 718.

    Meski sempat kabur ke wilayah Daru, yang berada di selatan Papua Nugini, KM Run Zeng 05 akhirnya berhasil ditangkap oleh otoritas setempat pada bulan Juni 2024.

    Pemulangan 19 awak kapal perikanan eks Run Zeng 05 ini sudah lama ditunggu, namun karena harus mengikuti proses hukum terhadap operator kapal ilegal tersebut oleh otoritas di Papua Nugini yaitu sejak penangkapan kapal tersebut pada bulan Juni 2024, maka baru dapat dipulangkan saat ini.

    “Kami bersyukur mereka dalam kondisi sehat. Ini sekaligus bisa menjadi pengalaman berharga agar teman-teman ABK lebih berhati-hati, jangan mudah tergiur dengan bujuk rayu bekerja di kapal perikanan karena banyak calo/agen ilegal yang menjerumuskan untuk bekerja di kapal ilegal,” kata Idnillah.

    Sebelumnya, aparat penegak hukum Indonesia lebih dulu menangkap kapal ilegal yang dioperasikan oleh operator yang sama, yaitu Run Zeng 03 di wilayah Maluku pada pertengahan Mei 2024.

    Terhadap Run Zeng 03, telah dilakukan penegakan hukum yaitu tindak pidana perikanan (illegal fishing) dan pelakunya sudah dijatuhi hukuman oleh pengadilan.

    Kapal tersebut diduga melakukan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) karena mempekerjakan ABK WNI yang melanggar prosedur, saat ini sedang berproses di Bareskrim Polri.

    Di sisi lain Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya untuk terus meningkatkan pengawasan menyasar pelaku illegal fishing dan perdagangan orang di kapal perikanan.

    Trenggono sebelumnya telah bertemu dengan Menteri Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) Abdul Kadir Karding untuk meningkatkan keahlian ABK yang akan bekerja di kapal perikanan luar negeri agar terhindar dari praktik ilegal perdagangan orang.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mudik Natal, Pelni Siapkan 3.100 Tiket Gratis untuk 13 Rute

    Mudik Natal, Pelni Siapkan 3.100 Tiket Gratis untuk 13 Rute

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aktivitas mudik untuk perayaan Natal 2024 sudah di depan mata. Sejumlah pihak terutama yang akan melayani pemudik sudah mulai mempersiapkan diri.

    Salah satunya adalah PT PT Pelni (Persero) Tbk. Penyedia transportasi laut itu bahkan menyediakan kuota mudik gratis dengan menggunakan moda kapal laut sebanyak 3.100 tiket selama libur natal dan tahun baru atau Nataru.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Nuraini Dessy W memastikan kuota tiket mudik gratis kapal laut ini sejalan dengan penugasan yang diterima dari Direktorat Jenderal Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    “Kami mendapatkan penugasan dari Kemenhub untuk melaksanakan tiket gratis untuk beberapa ruas, kami mendapat 13 ruas tiket gratis dan ini dengan jumlah 3.100 tiket,” kata Nuraini dalam konferensi pers di Jakarta, dilansir jawapos, Kamis (5/12).

    Dia memastikan bahwa pendaftaran mudik gratis kapal laut ini bisa dilakukan mulai hari ini, tepatnya Kamis, 5 Desember 2024. Adapun pendaftaran mudik gratis ini hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pelni yang dapat didownload dari aplikasi Playstore dan App Store.

    “Dan sudah mulai dibuka per hari ini, pendaftaran secara online melalui aplikasi yang memang kami buka,” sambungnya.

    Untuk diketahui, Pelni membuka kuota mudik gratis kapal laut menuju 13 rute, terdiri dari Batam-Belawan, Manokwari-Sorong, Ende-Kupang, Bitung-Sorong, Timika-Tual, Tg Priok-Maumere, Jayapura-Serui, Jayapura-Biak, Makassar-Maumere, Makassar-Balikpapan, Jayapura-Nabire, dan Ambon-Tual.

  • Pelni siapkan 3.100 tiket gratis angkutan Natal-Tahun Baru

    Pelni siapkan 3.100 tiket gratis angkutan Natal-Tahun Baru

    Jakarta (ANTARA) – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menyiapkan sebanyak 3.100 tiket gratis kapal laut selama angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy W dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melaksanakan tiket gratis di beberapa ruas pelayaran.

    “Kami mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melaksanakan tiket gratis untuk beberapa ruas. Ini kami mendapatkan 13 ruas tiket gratis dan ini dengan jumlah 3.100 tiket,” kata Dessy.

    Dessy menyampaikan bahwa pendaftaran tiket gratis tersebut telah dibuka, dimulai pada hari ini 5 Desember 2024.

    “Sudah mulai dibuka per hari ini untuk tiket gratisnya, pendaftaran secara online melalui aplikasi yang memang kami buka,” ujarnya.

    Dia menyebutkan tiket gratis yang disediakan Pelni bisa didapatkan pada 13 ruas pelabuhan keberangkatan dan tujuan, yakni Batam-Belawan, Manokwari-Sorong, Sorong-Ambon, Ende-Kupang, Bitung-Sorong, Timika-Tual, Tanjung Priok-Maumere, Jayapura-Serui, Jayapura-Biak, Makassar-Maumere, Makassar-Balikpapan, Jayapura-Nabire, dan Ambon-Tual.

    Dessy juga menegaskan tidak ada pemberian diskon harga tiket kapal Pelni selama angkutan Natal dan Tahun Baru. Sebab, harga tiket yang telah ditetapkan telah disesuaikan untuk subsidi yang diberikan pemerintah.

    “Nggak ada, kami tidak ada penurunan harga tiket, karena tiket kami itu sebetulnya sudah disubsidi oleh pemerintah. Masyarakat itu cuma membayar saat ini dengan harga 30 persen dari HPP, 70 persen nya sudah disubsidi oleh pemerintah,” ucapnya.

    Dia menyampaikan bahwa hal itu juga mengacu pada Peraturan Menteri (PM) Nomor 8 Tahun 2021 tentang tarif.

    “Jadi tidak ada kenaikan atau penurunan tiket mau itu musim lebaran, Natal Tahun Baru, dan lain sebagainya, itu tarifnya sudah tetap,” terangnya.

    Selama angkutan Natal dan Tahun Baru, Pelni telah menyediakan total kapasitas penumpang sebanyak 60.212 seat dengan tiket sebanyak 547.549. Dengan periode angkutan ditetapkan pada tanggal 11 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025.

    Dessy menambahkan bahwa Pelni menyiapkan 55 kapal untuk melayani angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru, terdiri atas 25 kapal penumpang dan 30 kapal perintis.

    “Total kapasitas angkut untuk 25 kapal penumpang sebanyak 48.323 seat dan 11.889 seat untuk 30 kapal perintis. Untuk itu, gabungan kapasitas kapal penumpang dan perintis mencapai 60.212 seat,” kata Dessy.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pelni Sediakan 3.100 Tiket Gratis Kapal Laut di Periode Natal 2024

    Pelni Sediakan 3.100 Tiket Gratis Kapal Laut di Periode Natal 2024

    Jakarta

    PT Pelni (Persero) turut menyelenggarakan tiket gratis Natal 2024 sesuai dengan penugasan dengan surat dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy W menyebut pihaknya menyediakan sekitar 3.100 di periode Natal tahun ini.

    Adapun tiket gratis yang disediakan Pelni bisa didapatkan pada 13 ruas pelabuhan keberangkatan dan tujuan, yakni Batam-Belawan, Manokwari-Sorong, Ende-Kupang, Bitung-Sorong, Timika-Tual, Tg Priok-Maumere, Jayapura-Serui, Jayapura-Biak, Makassar-Maumere, Makassar-Balikpapan, Jayapura-Nabire, dan Ambon-Tual.

    “Kami mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk berdasarkan akan tiket gratis untuk beberapa ruas, ini kami mendapatkan 13 ruas tiket gratis dan ini dengan jumlah 3.100 tiket,” kata Dessy dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (5/12/2024).

    Adapun akses tiket gratis dapat diakses secara online melalui aplikasi resmi PT Pelni per hari ini.

    Sementara itu, Dessy juga menegaskan tidak ada diskon harga tiket bagi angkutan laut. Pasalnya, harga tiket yang telah ditetapkan telah disesuaikan untuk subsidi yang diberikan pemerintah.

    “Sudah disubsidi oleh pemerintah dengan tarif sepanjang tahun itu sebetulnya hanya 30% dari HPP, 70% itu di subsidi oleh pemerintah. Jadi memang tidak ada kenaikan tiket, dan tidak ada juga penurunan tiket,” jelasnya.

    Sementara untuk kesiapan angkutan laut pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 2024/2025, Pelni telah menyediakan total kapasitas penumpang sebanyak 60.212 seat dengan tiket sebanyak 547.549.

    Adapun periode angkutan laut di periode Nataru 2024/2025 ditetapkan pada tanggal 11 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025.

    Dessy menyebut, periode Nataru 2024/2025 dibagi menjadi dua fase arus mudik, yakni pra-natal yang ditetapkan pada tanggal 11-24 Desember dan fase natal dan pra-tahun baru 25-31 Desember.

    Sementara untuk arus balik, Pelni menetapkan fase pasca tahun baru sepanjang tanggal 1-8 Januari 2025.

    “Total kapasitas seat yang tersedia ada di 60.212 seat. Sementara untuk ketersediaan tiket PT Pelni ada di 547,549 tiket,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • Pelni pastikan semua kapal laik laut dalam angkutan Natal-Tahun Baru

    Pelni pastikan semua kapal laik laut dalam angkutan Natal-Tahun Baru

    Seluruh kapal Pelni kami pastikan sudah menjalani perawatan tahunan maupun uji petik, saat periode Natal dan Tahun Baru yang dimulai 11 Desember besok

    Jakarta (ANTARA) – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) memastikan semua kapal penumpang laik laut untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, dan telah lulus uji kelaikan (ramp check), guna menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

    “Seluruh kapal Pelni kami pastikan sudah menjalani perawatan tahunan maupun uji petik, saat periode Natal dan Tahun Baru yang dimulai 11 Desember besok,” kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy W dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

    Dessy menyampaikan bahwa Pelni menyiapkan 55 kapal untuk melayani angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru, terdiri atas 25 kapal penumpang dan 30 kapal perintis.

    “Total kapasitas angkut untuk 25 kapal penumpang sebanyak 48.323 seat dan 11.889 seat untuk 30 kapal perintis. Untuk itu, gabungan kapasitas kapal penumpang dan perintis mencapai 60.212 seat,” jelasnya.

    Ia mengungkapkan bahwa periode angkutan Natal dan Tahun Baru oleh Pelni, akan dimulai pada 11 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025.

    “Terhitung 11 Desember hingga 8 Januari nanti, kami menyediakan 547.549 tiket. Untuk arus mudik dengan kapal Pelni, kami prediksi akan terjadi pada 19 Desember, sementara untuk puncak arus balik terjadi pada 6 Januari,” terang Dessy.

    Pelni di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan RI, kata Dessy, berkomitmen untuk menghadirkan angkutan Natal dan Tahun Baru yang aman dan prima.

    “Kami akan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder di wilayah pelabuhan untuk meningkatkan kelancaran selama proses embarkasi debarkasi penumpang,” ujar Dessy.

    Untuk pelabuhan dengan keberangkatan terpadat, Dessy memprediksi akan terjadi di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan dan Ambon di Provinsi Maluku dengan estimasi penumpang mencapai antara 31.000 hingga 39.000 orang.

    Pelabuhan keberangkatan terpadat juga akan terjadi di Batam, Jayapura dan Belawan. Sementara itu, lima pelabuhan kedatangan terpadat diprediksi terjadi di Makassar, Ambon, Batam, Belawan, dan Surabaya.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy W (kiri), Direktur Armada dan Teknik Pelni Robert MP Sinaga (kanan) dalam jumpa pers angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di Jakarta, Kamis (5/12/2024). ANTARA/Harianto

    Di tempat yang sama, Direktur Armada dan Teknik Pelni Robert MP Sinaga mengungkapkan bahwa jumlah penumpang yang dilayani oleh kapal Pelni di Natal dan Tahun Baru akan mengalami penyesuaian.

    “Untuk Natal dan Tahun ini, jumlah penumpang akan mengalami penyesuaian kurang lebih 9 persen dari tahun lalu karena jumlah armada yang kami operasikan berkurang,” kata Robert.

    Selain penugasan kapal perintis di 2024 yang hanya 30 armada dari 42 armada di 2023, Pelni juga masih melakukan perbaikan pada KM Umsini yang mengalami insiden di Makassar pada pertengahan tahun ini.

    Karena itu, total penumpang yang diangkut kapal Pelni di Natal dan Tahun Baru, diprediksi mencapai 507.053 penumpang dari realisasi tahun 2023 sebesar 558.679 penumpang.

    Disisi lain, selain menjalani serangkaian pemeriksaan ramp check pada alat-alat keselamatan maupun perlengkapan navigasi, Pelni juga telah melengkapi seluruh kapalnya dengan tambahan alat keselamatan berupa Marine Evacuation System dan Voyage Data Recorder.

    Seluruh kapal penumpang Pelni telah dilengkapi berbagai tipe alat keselamatan, seperti jaket penyelamat, kapal sekoci, hingga perahu karet.

    Di seluruh kapal penumpang dan perintis PELNI total tersedia 86.924 jaket keselamatan, 2.316 unit life-raft dengan total muat 58.300 orang, dan 300 unit sekoci dengan total muat 29.030 orang.

    Pelanggan atau calon penumpang kapal Pelni dapat memanfaatkan saluran digital seperti aplikasi Pelni Mobile ataupun website resmi Pelni.

    Ia menambahkan, tiket kapal Pelni juga dapat diperoleh di berbagai aplikasi perbankan seperti fitur Lifestyle BCA Mobile, Sukha Livin Mandiri, dan BNI agen46, jaringan Indomaret dan OMI mitra Indomaret, jaringan Alfamart dan Alfamidi, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, MMBC, Darmawisata Indonesia hingga Versa dan Topindo.

    “Untuk pembayaran, Pelni sudah bekerja sama dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, Indomaret dan OMI mitra Indomaret, jaringan Alfamart dan Alfamidi, iSaku, Finpay, dan Fastpay,” katanya.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024