kab/kota: Jabodetabek

  • MTN Tingkatkan Kualitas dan Estetika Jalan Tol Kunciran–Serpong – Halaman all

    MTN Tingkatkan Kualitas dan Estetika Jalan Tol Kunciran–Serpong – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN  — PT Marga Trans Nusantara (MTN), anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk pengelola Jalan Tol Kunciran–Serpong meningkatkan kualitas infrastruktur dan layanan jalan tol, serta beautifikasi lingkungan secara berkelanjutan di 2024.

    Upaya tersebut dijalankan untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sekaligus untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pengguna jalan.

    Sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain, pelapisan ulang permukaan jalan (scrapping filling overlay) sepanjang 8.884 meter, penyempurnaan pagar pengaman (chainlink fence) pada Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan overpass seluas 426,34 m2 guna meningkatkan keamanan; serta
    pembersihan dan pengecatan guardrail sepanjang 40.536,26 meter untuk menjaga visibilitas dan estetika.

    Perusahaan juga melapis ulang cat bullnose dan kansteen pada gerbang tol seluas 2.349,20 m2, memasang Oblique Approach Booth (OAB) di Gerbang Tol Kunciran 4 dan 5 (total 6 lajur) guna mendukung efisiensi layanan transaksi serta menanam mengembangkan lansekap di 5 titik dengan total 37.118 tanaman untuk menjaga keseimbangan ekologi dan mengurangi polusi kendaraan;

    Upaya lainnya adalah penambahan fasilitas publik, seperti Plaza Communal Space Matara (area istirahat), SPKLU, ruang laktasi, toilet difabel, serta area parkir khusus difabel dan wanita.

    Selain itu juga dilakukan pelapisan ulang marka jalan seluas 16.707,56 m⊃2; untuk mendukung keselamatan berkendara; dan pemasangan 15 unit crush cushion sebagai sistem peredam benturan untuk mengurangi risiko kecelakaan fatal.

    MTN baru-baru ini memperoleh Sertifikat Green Toll Road Indonesia kategori Gold, dengan capaian nilai awal tertinggi sebesar 89,76, sebagai bukti nyata pengelolaan jalan tol yang ramah lingkungan, hemat energi, dan berkelanjutan.

    MTN mengelola Jalan Tol Kunciran–Serpong sepanjang 11,135 km secara optimal dengan dukungan armada operasional meliputi 2 unit Mobile Customer Service, 2 unit derek, 1 unit ambulans, 1 unit rescue, 2 unit Patroli Jalan Raya, dan 1 unit Satgas Siaga.

    Untuk memastikan jalan tol tetap dalam kondisi prima dan bebas lubang (zero pothole), MTN juga mengerahkan Tim Siaga SPM yang terdiri dari 37 personel yang siaga setiap saat untuk melakukan pemantauan dan penanganan cepat di lapangan.

    Saat ini PT MTN mengoperasikan 9 gerbang tol dan 36 lajur aktif dengan rata-rata volume lalu lintas harian mencapai 114.627 kendaraan, mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 56,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (73.127 kendaraan/hari).

    Sebagai bagian dari jaringan strategis Jakarta Outer Ring Road II (JORR II), Jalan Tol Kunciran–Serpong memegang peran penting dalam memperkuat konektivitas kawasan barat daya Jabodetabek.

    Tol ini menjadi akses utama menuju Banten dan Merak dari Jakarta, sekaligus penghubung kawasan Banten–Jakarta–Bogor–Ciawi yang mempercepat distribusi orang dan barang ke berbagai wilayah penyangga seperti Tangerang dan Tangerang Selatan.

    Keberadaan jalan tol ini juga mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten sebagai wilayah penyangga Ibu Kota dengan pendekatan pembangunan berbasis tata ruang berkelanjutan.

    Selain itu, tol ini mendorong pemerataan pembangunan dan pertumbuhan kawasan, khususnya di Tangerang Raya. 

    Dengan waktu tempuh yang lebih efisien dan koneksi langsung ke simpul transportasi utama, seperti Bandara Soekarno-Hatta dan kawasan industri, Jalan Tol Kunciran–Serpong memperkuat mobilitas logistik, memperlancar arus komuter, serta meningkatkan daya saing wilayah sebagai kawasan produktif dan berkelanjutan.

    Untuk kemudahan akses informasi lalu lintas terkini, pengguna jalan dapat menghubungi One Call Center Jasa Marga di 14080 (24 jam), atau mengunduh aplikasi digital Travoy 4.1 di perangkat iOS maupun Android.

     

    BEAUTIFIKASI – Ruas Jalan Tol Kunciran–Serpong yang dikelola PT Marga Trans Nusantara (MTN), anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

  • Cuaca Besok Kamis 8 Mei 2025: Langit Jabodetabek Cenderung Cerah Berawan Seharian – Page 3

    Cuaca Besok Kamis 8 Mei 2025: Langit Jabodetabek Cenderung Cerah Berawan Seharian – Page 3

    Cuaca panas sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin menjaga riasan tetap sempurna sepanjang hari. Keringat dan minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit dapat membuat makeup cepat luntur dan tampak kusam. Namun, dengan beberapa trik dan produk yang tepat, kamu bisa menjaga tampilan wajah tetap fresh dan tahan lama meski beraktivitas di bawah terik matahari.

    Memahami karakteristik kulit dan memilih produk yang sesuai adalah langkah awal yang penting untuk memastikan makeup tetap menempel dengan baik. Bagi banyak orang, makeup bukan hanya sekadar alat untuk mempercantik diri, tetapi juga cara untuk mengekspresikan kepribadian dan meningkatkan rasa percaya diri.

    Oleh karena itu, mengetahui rahasia agar makeup tetap awet di cuaca panas menjadi sangat penting. Dalam artikel ini, akan membagikan lima tips praktis yang bisa kamu terapkan untuk menjaga riasan tetap menawan sepanjang hari, meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. Jadi, apakah kamu siap untuk mengungkap rahasia makeup tahan lama di cuaca panas? Yuk, simak lebih lanjut, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/10/2024).

    Metode Makeup Awet Seharian

    1. Pilih Primer yang Sesuai

    Mulailah merias wajah dengan menggunakan primer untuk memastikan riasan bertahan lebih lama. Primer tidak hanya berfungsi untuk menyamarkan pori-pori, tetapi juga bertindak sebagai dasar yang membantu makeup menempel lebih baik. Pastikan untuk memilih primer yang cocok dengan jenis kulitmu, terutama yang memiliki formula mattifying jika kulitmu cenderung berminyak. Hal ini akan membantu mengurangi kilap berlebih yang sering muncul saat cuaca panas.

    2. Gunakan Foundation dengan Tekstur Ringan

    Foundation dengan tekstur ringan dan daya tahan lama sangat penting untuk riasan yang tidak mudah pudar. Sebaiknya hindari foundation yang terlalu tebal karena bisa membuat kulit terasa berat dan berisiko menyumbat pori-pori. Pilihlah foundation yang memberikan hasil akhir matte atau semi-matte agar wajah tetap terlihat segar dan bebas kilap sepanjang hari.

    3. Semprotkan Setting Spray untuk Mengunci Riasan

    Setting spray adalah produk penting untuk menjaga makeup tetap di tempatnya. Setelah selesai merias wajah, semprotkan setting spray secara merata. Produk ini akan membantu mengunci riasan dan memberikan perlindungan ekstra dari cuaca panas. Pilih setting spray yang mengandung pelembap agar kulit tetap terhidrasi meskipun terkena sinar matahari.

  • KRL Vs Truk di Bojonggede, Saksi: Roda Truk Boks Bermuatan Adonan Pizza Tiba-tiba Nyangkut di Rel – Halaman all

    KRL Vs Truk di Bojonggede, Saksi: Roda Truk Boks Bermuatan Adonan Pizza Tiba-tiba Nyangkut di Rel – Halaman all

    KRL versus Truk di Bojonggede, Saksi: Roda Truk Boks Bermuatan Adonan Pizza Tiba-tiba Nyangkut di Rel
     

     
    Willy Widianto/Tribunnews.com
     
     
     
     
     
     
     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – KRL Commuter Line Jabodetabek lintas Bogor-Jakarta Kota mengalami kecelakaan dengan truk boks bermuatan adonan pizza di perlintasan stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat.

    Tabrakan tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

    Ferry salah satu warga sekitar yang kebetulan melintas tempat kejadian mengatakan, truk bermuatan pizza melaju dari arah Pasar Bojonggede.

    Saat melintas rel kereta roda truk boks mendadak menyangkut di rel. Sementara alarm sudah berbunyi dan palang pintu kereta sudah mulai turun.

    “Iya lobang rel terlalu legok dalam,” kata Ferry kepada Tribun.

    Menurut dia, sopir truk boks selamat karena berhasil loncat saat kejadian.

    “Sopir selamat, loncat dia,” kata Ferry.

    Akibat kecelakaan tersebut adonan pizza yang dibawa truk boks tersebut berhamburan di rel kereta api.

    “Lumayan banyak bawa adonan pizza tadi berceceran di rel,” kata Ferry.

    Kecelakaan KRL Commuter LIne Jabodetabek terjadi di perlintasan Stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat. Mobil boks menemper KRL Commuter Line tujuan Bogot-Jakarta Kota.

    “Telah terjadi insiden kendaraan mobil boks menemper Commuter Line 1459,” tulis akun resmi KAI Commuter di media sosial X(Twitter), Selasa(6/5/2025).

    Akibat kecelakaan tersebut perjalanan KRL lintas Citayam-Bojonggede tidak dapat dilalui.

    “Kami mohon maaf atas ketidaknyamannya,” tulis KAI Commuter.

  • KRL Vs Truk di Bojonggede, Saksi: Roda Truk Boks Bermuatan Adonan Pizza Tiba-tiba Nyangkut di Rel – Halaman all

    BREAKING NEWS: Mobil Boks Tertemper KRL Commuter Line di Bojonggede, Perjalanan Kereta Gangguan – Halaman all

    Kecelakaan KRL Commuter Line Jabodetabek terjadi di perlintasan Stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Selasa(6/5/2025) malam.

    Tayang: Selasa, 6 Mei 2025 22:33 WIB

    Istimewa/ warga

    KECELAKAAN – KRL Commuter Line Jabodetabek mengalami kecelakaan di perlintasan Stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Selasa(6/5/2025) malam. Mobil boks tertabrak KRL. 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kecelakaan KRL Commuter Line Jabodetabek terjadi di perlintasan Stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Selasa(6/5/2025) malam.

    Mobil boks tertabrak KRL Commuter Line tujuan Bogor-Jakarta Kota.

    “Telah terjadi insiden kendaraan mobil boks menemper Commuter Line 1459,” tulis akun resmi KAI Commuter di media sosial X (Twitter).

    Akibat kecelakaan tersebut perjalanan KRL lintas Citayam-Bojonggede tidak dapat dilalui.

    “Kami mohon maaf atas ketidaknyamannya,” tulis KAI Commuter.

    Berdasarkan foto yang diterima Tribunnews.com dari warga, terlihat mobil truk box tampak hancur bagian belakangnya dan berhenti di atas rel kereta.

    Selain itu barang-barang pun tampak berserakan di rel kereta.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’2′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • TransJakarta Beroperasi di Depok, Ini Rutenya

    TransJakarta Beroperasi di Depok, Ini Rutenya

    Jakarta: Bus TransJakarta siap beroperasi di kota Depok, Jawa Barat. Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mengumumkan akan ada tiga rute yang telah disetujui.

    Rute tersebut antara lain jalur yang menghubungkan Terminal Sawangan ke Lebak Bulus PP, serta rute dari Terminal Margonda ke Terminal Rambutan PP. 

    Kepala Dishub Kota Depok, Zamrowi, mengatakan tahap uji coba sudah dilakukan sejak 24 April 2025.

    Sebelumnya, selain KRL Commuterline, sudah ada layanan bus JRC (Jabodetabek Residence Connexion) yang menyambungkan Depok dengan Jakarta. 

    “Rute ini akan beroperasi sesuai jam bus Transjakarta, bukan seperti JRC yang mencakup jam pagi dan malam saja. Kami akan terus memantau di lapangan untuk memastikan kelancaran operasionalnya,” kata Zamrowi dikutip dari keterangan resminya.
     
    Mengurangi kemacetan

    Zamrowi menambahkan, dengan beroperasinya TransJakarta di Depok dapat mengurangi kemacetan di beberapa titik.

    “Masuknya Transjakarta ke Depok merupakan langkah besar untuk meningkatkan integrasi transportasi antara Depok dan Jakarta,” terang Zamrowi. 

    Ia juga berharap layanan TransJakarta di Depok dapat mengurangi ketergantungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

    Jakarta: Bus TransJakarta siap beroperasi di kota Depok, Jawa Barat. Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mengumumkan akan ada tiga rute yang telah disetujui.
     
    Rute tersebut antara lain jalur yang menghubungkan Terminal Sawangan ke Lebak Bulus PP, serta rute dari Terminal Margonda ke Terminal Rambutan PP. 
     
    Kepala Dishub Kota Depok, Zamrowi, mengatakan tahap uji coba sudah dilakukan sejak 24 April 2025.

    Sebelumnya, selain KRL Commuterline, sudah ada layanan bus JRC (Jabodetabek Residence Connexion) yang menyambungkan Depok dengan Jakarta. 
     
    “Rute ini akan beroperasi sesuai jam bus Transjakarta, bukan seperti JRC yang mencakup jam pagi dan malam saja. Kami akan terus memantau di lapangan untuk memastikan kelancaran operasionalnya,” kata Zamrowi dikutip dari keterangan resminya.
     

    Mengurangi kemacetan

    Zamrowi menambahkan, dengan beroperasinya TransJakarta di Depok dapat mengurangi kemacetan di beberapa titik.
     
    “Masuknya Transjakarta ke Depok merupakan langkah besar untuk meningkatkan integrasi transportasi antara Depok dan Jakarta,” terang Zamrowi. 
     
    Ia juga berharap layanan TransJakarta di Depok dapat mengurangi ketergantungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Sinyal 5G Telkomsel Kini Sudah Tersedia Tanpa Putus di Makassar

    Sinyal 5G Telkomsel Kini Sudah Tersedia Tanpa Putus di Makassar

    Jakarta

    Telkomsel memperluas jangkauan sinyal 5G yang kali ini menyelimuti Kota Makassar. Sebanyak 73 base transceiver station (BTS) 5G didirikan guna mendukung pengalaman pengguna menikmati internet kencang tersebut.

    Berbeda dari sebelumnya yang hanya tersedia di sejumlah titik, Telkomsel menyebutkan layanan jaringan generasi kelima ini sudah stabil dan menghadirkan koneksi berkecepatan tinggi di hampir seluruh penjuru Kota Makassar, meliputi berbagai pusat perbelanjaan, area residensial, kawasan industri, destinasi wisata, sejumlah GraPARI Telkomsel, serta Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

    Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, mengatakan pihaknya ingin memastikan manfaat jaringan 5G terdepan dan terluas Telkomsel tersedia secara inklusif bagi setiap orang, semua rumah, serta kegiatan bisnis.

    “Ekosistem 5G di Makassar sudah semakin matang, sehingga perluasan cakupan Hyper 5G secara masif dan contiguous tanpa terputus menjadi krusial. Ke depan, kami akan terus mempercepat ekspansi 5G ke sejumlah kota/kabupaten utama di Papua, Sulawesi, Kalimantan, termasuk kawasan industri seperti pertambangan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan transformasi digital di Indonesia Timur,” ujar Indra dikutip dari keterangan resminya, Selasa (6/5/2025).

    Per April 2025, penetrasi 5G di Makassar telah mencapai 21% dari total device yang beredar, dengan konsumsi data mencapai rata-rata 15 GB per pengguna per bulan secara nasional. Berdasarkan network drive test internal, kecepatan unduh Hyper 5G di lokasi tertentu tercatat mencapai hingga 514 Mbps dan kecepatan unggah hingga 77 Mbps – sekitar 5 kali lebih cepat dibanding rata-rata 4G.

    Anak usaha Telkom ini kini mengoperasikan total sebanyak 73 BTS 5G di Makassar, dan secara keseluruhan hingga lebih dari 2.500 BTS 5G di 56 kota/kabupaten se-Indonesia.

    Adapun ketersediaan sinyal 5G Telkomsel secara menyeluruh di Makassar itu melanjutkan ekspansi masif di Denpasar-Badung, Jabodetabek, Surabaya. Bahkan, Hyper 5G Telkomsel dijanjikan akan hadir dan diperluas secara bertahap dan terukur, sejalan dengan kesiapan ekosistem 5G di sejumlah lokasi utama.

    Pemanfaatan AI di 5G

    Telkomsel mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) secara end-to-end untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan Hyper 5G, termasuk respons otomatis terhadap gangguan dan pengelolaan jaringan melalui kerangka kerja Autonomous Networks.

    “Dengan pendekatan berbasis AI, Telkomsel menghadirkan kualitas layanan yang optimal bagi pelanggan di berbagai situasi, sekaligus memungkinkan pengalaman pelanggan terbaik kapan pun dan di mana pun, termasuk di titik-titik keramaian dan lokasi-lokasi strategis Hyper 5G,” tambah Indra.

    Keandalan Hyper 5G dengan latensi rendah juga mendukung layanan pelanggan berbasis AI, seperti pada AI-Based Customer Care Virtual Assistance oleh Telkomsel, yakni Asisten Virtual Veronika (B2C) dan Virtual Account Manager Ted (B2B). Terintegrasi dengan AI Service Operations Center, keduanya mampu merespons kebutuhan pelanggan secara cepat dan efektif, menghadirkan pengalaman layanan inovatif dan unggul di era digital 5G.

    (agt/afr)

  • Cuaca Besok Rabu 7 Mei 2025: Langit Jabodetabek Pagi dan Siang Akan Berawan – Page 3

    Cuaca Besok Rabu 7 Mei 2025: Langit Jabodetabek Pagi dan Siang Akan Berawan – Page 3

    Sebelumnya, BMKG memprakirakan musim kemarau 2025 di Indonesia diprediksi akan datang lebih cepat di beberapa wilayah, dimulai pada April, hingga Mei dan Juni. Meskipun durasi musim kemarau diprediksi lebih pendek dari biasanya, potensi risiko tetap ada dan perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat dan sektor terkait.

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati seperti dikutip dari laman resmi BMKG mengatakan, secara umum puncak musim kemarau 2025 di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada Juni, Juli dan Agustus 2025.

    BMKG telah menganalisis data iklim dan cuaca, mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi musim kemarau di Indonesia. 

    Pada bulan April, sekitar 115 Zona Musim (ZOM) memasuki musim kemarau. Jumlah ini akan meningkat pada Mei dan Juni, meliputi sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Papua. Nusa Tenggara diperkirakan mengalami kemarau lebih awal. Puncak musim kemarau diprediksi terjadi antara Juni hingga Agustus 2025.

    Wilayah Jawa bagian tengah dan timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku diperkirakan mengalami puncak kekeringan pada bulan Agustus. Wilayah Indonesia bagian barat diperkirakan mengalami puncak kemarau lebih awal, yaitu Juni-Juli. 

  • Cuaca Hari Ini Selasa 6 Mei 2025: Langit Pagi Hingga Malam Jabodetabek Diprediksi Cerah Berawan – Page 3

    Cuaca Hari Ini Selasa 6 Mei 2025: Langit Pagi Hingga Malam Jabodetabek Diprediksi Cerah Berawan – Page 3

    Cuaca panas ekstrem merujuk pada kondisi suhu udara yang jauh lebih tinggi dari rata-rata normal dalam jangka waktu tertentu. Fenomena ini ditandai dengan suhu yang mencapai lebih dari 35°C selama beberapa hari berturut-turut.

    Di Indonesia, cuaca panas ekstrem umumnya terjadi saat musim kemarau, namun intensitasnya dapat meningkat akibat berbagai faktor alam dan aktivitas manusia.

    Cuaca panas ekstrem berbeda dengan gelombang panas (heatwave) yang umum terjadi di negara-negara subtropis. Gelombang panas didefinisikan sebagai periode suhu sangat tinggi yang berlangsung minimal 3 hari berturut-turut, dengan suhu maksimum harian melebihi 5°C di atas rata-rata suhu normal. Sementara di Indonesia, peningkatan suhu umumnya tidak setajam itu karena posisi geografisnya di wilayah tropis.

    Meski demikian, cuaca panas ekstrem tetap perlu diwaspadai karena dampaknya yang signifikan terhadap kesehatan, produktivitas, dan berbagai sektor kehidupan. Pemahaman yang tepat tentang definisi dan karakteristik cuaca panas ekstrem penting untuk mengambil langkah antisipasi dan mitigasi yang tepat.

    Penyebab Utama Cuaca Panas di Indonesia

    Cuaca panas ekstrem yang melanda Indonesia disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, baik yang bersifat alami maupun akibat aktivitas manusia. Berikut adalah penjelasan detail mengenai penyebab-penyebab utamanya:

    1. Fenomena El Niño

    El Niño merupakan fenomena iklim global yang ditandai dengan pemanasan suhu permukaan laut di wilayah ekuator Samudera Pasifik. Kondisi ini menyebabkan perubahan pola sirkulasi atmosfer yang berdampak pada cuaca di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. El Niño yang terjadi tergolong kuat, mengakibatkan penurunan curah hujan dan peningkatan suhu di sebagian besar wilayah Indonesia.

    2. Perubahan Iklim Global

    Pemanasan global akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer telah mengubah pola iklim secara global. Indonesia, sebagai negara kepulauan, sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim ini. Peningkatan suhu rata-rata global berkontribusi pada intensifikasi cuaca panas di berbagai wilayah, termasuk Indonesia.

    3. Posisi Matahari

    Posisi semu matahari yang bergerak dari belahan bumi utara menuju khatulistiwa pada periode September-Oktober tahun lalu menyebabkan intensitas radiasi matahari yang diterima wilayah Indonesia meningkat. Fenomena ini dikenal sebagai gerak semu tahunan matahari dan berperan dalam peningkatan suhu, terutama di wilayah yang berada dekat dengan garis khatulistiwa.

    4. Minimnya Tutupan Awan

    Kurangnya pembentukan awan di atmosfer Indonesia, terutama selama musim kemarau, menyebabkan radiasi matahari dapat mencapai permukaan bumi tanpa hambatan. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan suhu udara, terutama pada siang hari. Minimnya tutupan awan juga berkaitan erat dengan berkurangnya curah hujan yang biasanya berfungsi mendinginkan suhu permukaan.

    5. Urbanisasi dan Efek Urban Heat Island

    Pertumbuhan kota-kota besar di Indonesia yang pesat telah menciptakan fenomena urban heat island, di mana suhu di pusat kota cenderung lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh dominasi permukaan yang menyerap panas seperti aspal dan beton, serta kurangnya ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai penyejuk alami.

    6. Deforestasi

    Penggundulan hutan yang masih terjadi di berbagai wilayah Indonesia turut berkontribusi pada peningkatan suhu lokal dan regional. Hutan berperan penting dalam menjaga kelembaban udara dan menyerap karbon dioksida, sehingga berkurangnya tutupan hutan dapat memperparah kondisi cuaca panas.

    7. Aktivitas Industri dan Transportasi

    Peningkatan aktivitas industri dan transportasi, terutama di kota-kota besar, menghasilkan emisi gas rumah kaca dan panas yang berkontribusi pada peningkatan suhu udara lokal. Polusi udara yang dihasilkan juga dapat mempengaruhi pembentukan awan dan pola curah hujan.

    Kombinasi faktor-faktor di atas menciptakan kondisi yang kondusif bagi terjadinya cuaca panas ekstrem di Indonesia. Pemahaman mendalam tentang penyebab-penyebab ini penting untuk merancang strategi mitigasi dan adaptasi yang efektif dalam menghadapi tantangan perubahan iklim di masa depan.

  • Telkomsel Ekspansi 5G, Operasikan 73 BTS untuk Industri

    Telkomsel Ekspansi 5G, Operasikan 73 BTS untuk Industri

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melanjutkan ekspansi masif jaringan 5G-nya (Hyper 5G) dengan mengoperasikan 73 base transceiver station (BTS) 5G di Kota Makassar.

    Jaringan cepat tersebut hadir di berbagai titik mulai dari pusat perbelanjaan, area residensial, kawasan industri, destinasi wisata, sejumlah GraPARI Telkomsel, serta Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin. 

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan kehadiran 5G mempertimbangkan ekosistem 5G di Makassar yang makin matang, sehingga perluasan cakupan Hyper 5G secara masif dan contiguous tanpa terputus menjadi krusial. 

    “Ke depan, kami akan terus mempercepat ekspansi 5G ke sejumlah kota/kabupaten utama di Papua, Sulawesi, Kalimantan, termasuk kawasan industri seperti pertambangan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan transformasi digital di Indonesia Timur,” kata Indra dikutip Senin (5/5/2025). 

    Per April 2025, penetrasi 5G di Makassar telah mencapai 21% dari total device yang beredar, dengan konsumsi data mencapai rata-rata 15 GB per pengguna per bulan secara nasional. Berdasarkan network drive test internal, kecepatan unduh Hyper 5G di lokasi tertentu tercatat mencapai hingga 514 Mbps dan kecepatan unggah hingga 77 Mbps – sekitar 5 kali lebih cepat dibanding rata-rata 4G.

    Telkomsel kini mengoperasikan total sebanyak 73 BTS 5G di Makassar, dan secara keseluruhan hingga lebih dari 2.500 BTS 5G di 56 kota/kabupaten se-Indonesia. Melanjutkan ekspansi masif di Denpasar-Badung, Jabodetabek, Surabaya, dan Makassar, Hyper 5G Telkomsel akan hadir dan diperluas secara bertahap dan terukur, sejalan dengan kesiapan ekosistem 5G di sejumlah lokasi utama.

    Telkomsel juga mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) secara end-to-end untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan Hyper 5G, termasuk respons otomatis terhadap gangguan dan pengelolaan jaringan melalui kerangka kerja Autonomous Networks.

    “Dengan pendekatan berbasis AI, Telkomsel menghadirkan kualitas layanan yang optimal bagi pelanggan di berbagai situasi, sekaligus memungkinkan pengalaman pelanggan terbaik kapan pun dan di mana pun, termasuk di titik-titik keramaian dan lokasi-lokasi strategis Hyper 5G,” tambah Indra.

    Keandalan Hyper 5G dengan latensi rendah juga mendukung layanan pelanggan berbasis AI, seperti pada AI-Based Customer Care Virtual Assistance oleh Telkomsel, yakni Asisten Virtual Veronika (B2C) dan Virtual Account Manager Ted (B2B). 

    Terintegrasi dengan AI Service Operations Center, keduanya mampu merespons kebutuhan pelanggan secara cepat dan efektif, menghadirkan pengalaman layanan inovatif dan unggul di era digital 5G.

  • Program Mobilitas Bersih untuk Metropolitan Jakarta, Ini Hasil-hasil yang Dicapai – Halaman all

    Program Mobilitas Bersih untuk Metropolitan Jakarta, Ini Hasil-hasil yang Dicapai – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Program Mobilitas Bersih untuk Metropolitan Jakarta telah resmi berakhir. Program untuk mendorong percepatan elektrifikasi bus TransJakarta pada 2030 ini didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan.

    Program ini juga untuk meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum melalui integrasi infrastruktur fisik, serta menyediakan sistem informasi inklusif di seluruh jaringan transportasi Jakarta.

    Program Mobilitas Bersih dijalankan oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia dan didanai UK Partnering for Accelerated Climate Transitions (UK PACT).

    Program ini turut berkontribusi pada perumusan kebijakan dan pembangunan infrastruktur transportasi di kawasan Jabodetabek.

    Bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), program ini melahirkan berbagai studi strategis terkait integrasi transportasi, elektrifikasi kendaraan umum, akses yang adil, serta pengelolaan transportasi berkelanjutan.

    Temuan-temuan ini menjadi dasar perencanaan nasional dan peraturan daerah, dengan dampak jangka panjang pada kualitas udara, kesehatan masyarakat, dan kelayakan hidup kota.

    “Transformasi dari BPTJ ke DITM mencerminkan komitmen kami terhadap perencanaan mobilitas jangka panjang yang terintegrasi,” kata Suharto, Plt. Dirjen Integrasi Transportasi dan Multimoda di Jakarta akhir pekan lalu.

    Mengacu pada hasil studi ITDP dan UK PACT, pihaknya biss merancang sistem transportasi yang inklusif dan tangguh di seluruh Indonesia dan salah satu pencapaian penting adalah pengembangan kerangka evaluasi untuk elektrifikasi TransJakarta.

    Rencana penggunaan armada listrik di 2030 disahkan melalui Keputusan Gubernur No. 1053/2022 dan akan menurunkan emisi karbon tahunan sebesar 204.340 ton CO₂, 58 ton PM2.5, dan 2.893 ton NOx.

    “Program ini menyusun strategi konkret untuk menciptakan kota-kota yang lebih ramah dan inklusif,” ujar Gonggomtua Sitanggang, Direktur ITDP Asia Tenggara.

    Program ini juga berkontribusi dalam pembenahan infrastruktur yang inklusif.

    Di kawasan Dukuh Atas, integrasi fisik yang disarankan oleh ITDP seperti reaktivasi Halte BRT Galunggung dan peningkatan akses ke LRT berhasil meningkatkan arus pejalan kaki di Terowongan Kendal hingga 30 persen.

    Upaya ini juga memperbaiki Tingkat Layanan Jalan (LOS) dari kategori C ke B.

    Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) kini melayani 100.000 pengguna setiap bulan sebagai penghubung utama antara LRT dan KRL.

    Di Halte TransJakarta Lebak Bulus, ITDP memfasilitasi uji coba halte inklusif bersama organisasi disabilitas (PERTUNI, GAUN), peneliti Universitas Indonesia, dan Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ).

    Di halte ini dipasang peta braille di 55 halte BRT, serta pemasangan peta braille di 144 halte lainnya. Standar inklusi ini kini diformalkan dalam Peraturan Gubernur No. 2/2024 yang memperbarui Standar Pelayanan Minimal (SPM) TransJakarta.

    “Transportasi umum yang inklusif adalah fondasi kota yang berkeadilan,” tutur Amanda McLoughlin, Direktur Pembangunan Internasional Inggris untuk Indonesia.

    Dirinya merasa bangga UK PACT dapat membantu Jakarta mempercepat transisi menuju mobilitas bersih yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

    Langkah selanjutnya adalah pengembangan Kawasan Emisi Kendaraan Rendah (Low Emission Zone) di Jakarta Pusat, yang diperkirakan mengurangi 37,6 ton PM2.5 dan 1.716 ton NOx per tahun, dengan dampak ekonomi senilai Rp37,9 miliar.

    Reformasi pengelolaan parkir berpotensi mengalihkan fungsi lahan menjadi 56.000 unit rumah baru serta menurunkan emisi 18 ton PM2.5 dan 150 ton NOx.

    Sementara itu, skema Electronic Road Pricing (ERP) diproyeksikan menghasilkan Rp250 miliar per tahun, mengurangi waktu tempuh hingga 30 persen, dan meningkatkan jumlah penumpang angkutan umum sebesar 20 persen.