kab/kota: Jabodetabek

  • Telkomsel Bidik Kota Medan hingga Padang setelah Hadirkan 5G Tanpa Putus di Batam

    Telkomsel Bidik Kota Medan hingga Padang setelah Hadirkan 5G Tanpa Putus di Batam

    Bisnis.com, JAKARTA  – Jaringan 5G milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) resmi menyala di sejumlah kawasan Kota Batam seperti Harbour Bay, Nagoya, dan sekitarnya; Batam Center dan Engkuputri; hingga area Nongsa dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

    Data perusahaan menyebutkan penetrasi device 5G di Batam sudah mencapai hingga 23% dari total perangkat seluler di lokasi 5G di daerah tersebut. Dengan tingkat konsumsi internet rata-rata 24 GB per pengguna per bulan.

    Berdasarkan network drive test internal, kecepatan unduh Hyper 5G di lokasi tertentu tercatat mencapai lebih dari 610 Mbps – hingga 4x lebih cepat dibanding 4G, kecepatan unggah lebih dari 100 Mbps, serta latensi hingga serendah 10 ms.

    Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan sejak menyalakan BTS seluler pertama Indonesia di Batam 30 tahun lalu, perusahaan terus menjadikan kota tersebut barometer kesiapan teknologi jaringan milik perusahaan. 

    “Kami berupaya memastikan agar manfaat jaringan 5G Telkomsel bisa dinikmati semua orang sehingga secara strategis bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi dan transformasi digital,” kata Indra dalam keterangan resmi, Senin (16/6/2025).

    Ke depan, tambahnya, perusahaan bakal memperluas jaringan 5G-nya di Pulau Sumatra. Beberapa kawasan yang disasar di antaranya Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, hingga kota/kabupaten utama lain.

    Secara keseluruhan, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 3.000 BTS 5G di 56 kota/kabupaten se-Indonesia. 

    Sebelum Batam, jaringan tersebut masuk di Denpasar-Badung, Jabodetabek, Surabaya, dan Makassar.

    Ke depan, perusahaan bakal memperluas jaringan 5G ke daerah lain di Pulau Sumatra. Beberapa kawasan yang disasar di antaranya Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, hingga kota/kabupaten utama lain di Sumatra.

  • Cakung DC Bisa Berubah Total, Ini Bukti Manusia Bisa Digantikan

    Cakung DC Bisa Berubah Total, Ini Bukti Manusia Bisa Digantikan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Transaksi ecommerce yang kian tinggi membuat paket makin menggunung di gudang logistik tempat sortir di kota-kota besar di RI. Sebuah perusahaan kini memiliki robot menyerupai manusia yang bisa mempermudah proses pengiriman karena mampu melakukan sortir dengan kecepatan tinggi.

    Warga RI, khususnya di area Jabodetabek, yang pernah membeli barang lewat ecommerce pasti akrab dengan nama-nama hub logistik seperti Cakung DC. Nama-nama gudang logistik tersebut kerap muncul di aplikasi ecommerce saat pembeli mengecek lokasi paket yang tak kunjung tiba.

    Gudang-gudang logistik modern kini makin banyak menggunakan mesin otomatis untuk mempercepat proses sortir. Namun, mesin dan robot-robot berbentuk lengan yang digunakan oleh gudang logistik punya keterbatasan. Tiap mesin dan robot hanya bisa digunakan untuk satu jenis pekerjaan.

    Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat bernama Figure kini mengembangkan robot yang menyerupai manusia (humanoid) untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan di gudang logistik. Tujuan mereka adalah menyediakan robot yang bisa diprogram untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan sekaligus.

    Dalam unggahan di media sosial, Figure memamerkan robot yang diberi nama Figure 2 melakukan pekerjaan sortir di gudang logistik. Robot-robot tersebut mampu mengenali barcode dan memilah paket dengan ukuran dan bentuk yang berbeda, kemudian mengelompokkannya. Bahkan, teknologi yang diberi nama Helix itu membuat robot bisa bekerja dengan paket yang biasanya harus dipilah oleh manusia seperti amplop tipis atau kantung gelembung plastik.

    Figure mengikuti jejak perusahaan-perusahaan lain seperti Tesla dan Agility Robotics yang giat mencari cara untuk mengembangkan robot yang bisa mengerjakan tugas berulang yang biasanya dikerjakan oleh manusia.

    Robot buatan Figure diklaim mampu mengenali dan memilah paket dalam empat detik dengan akurat. Dalam uji coba terkini, tingkat kesalahan sortir hanya sekitar 5 persen.

    [Gambas:Twitter]

    Figure juga menyatakan robot buatan mereka bisa menyesuaikan diri dengan beragam bentuk paket, misalnya “menyentil” paket untuk membalik paket berbentuk kantung kemudian menggunakan jarinya untuk memutar amplop. Bahkan, robot Figure 2 mampu belajar sendiri untuk “meratakan” bungkus plastik agar bisa memindai barcode dengan lebih akurat.

    “Aksi ‘meratakan’ ini diajari lewat demonstrasi, memastikan barcode terlihat dengan jelas. Perilaku adaptif ini menggarisbawahi keunggulan dari pembelajaran end-to-end. Robot bisa belajar dari demonstrasi, bukan dari pemrograman langsung, untuk mengatasi permasalahan seperti paket yang ‘tak sempurna,’” kata Figure lewat siaran pers.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Hantam Wilayah RI, Cek Lokasinya

    BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Hantam Wilayah RI, Cek Lokasinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Saat ini, baru 15% Zona Musim (ZOM) di Indonesia yang sudah benar-benar memasuki musim kemarau. Hal ini menjelaskan fenomena hujan yang masih dialami sebagian wilayah Indonesia, termasuk area Jabodetabek.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan secara umum potensi hujan memang berkurang. Salah satunya disebabkan keberadaan Siklon Tropis Wutip di Laut China Selatan timur Vietnam yang cenderung menarik massa udara dan mengurangi potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia bagian barat.

    Kendati demikian, beberapa wilayah masih menunjukkan aktivitas hujan yang cukup signifikan akibat pengaruh sejumlah dinamika atmosfer yang masih aktif.

    “Melihat kondisi atmosfer yang masih relatif dinamis, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi yang masih ada meskipun beberapa wilayah telah memasuki musim kemarau,” dikutip dari laman resmi BMKG, Senin (16/6/2025).

    BMKG terus menekankan pentingnya memantau informasi cuaca dari sumber resmi secara berkala dan mengambil langkah mitigasi yang diperlukan guna mengantisipasi serta mengurangi dampak risiko bencana hidrometeorologi di wilayah masing-masing.

    Dinamika Atmosfer 16-19 Juni 2025

    BMKG memprediksi Indeks Monsun Australia menguat. Kondisi ini mengindikasikan peningkatan aliran massa udara kering dari Australia menuju wilayah Indonesia bagian selatan.

    Hal ini berpotensi menyebabkan berkurangnya curah hujan dan mendorong perluasan wilayah yang memasuki musim kemarau, khususnya di wilayah Jawa bagian selatan, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagian Kalimantan bagian selatan.

    Siklon Tropis Wutip yang berada di Laut China Selatan timur laut Vietnam dengan kecepatan angin maksimum 50 knot, tekanan udara minimum 985 mb, dan pergerakan ke arah utara-timur laut juga berkontribusi terhadap dinamika atmosfer di wilayah Indonesia.

    Sistem ini menyebabkan pertemuan angin (konfluensi) di wilayah Laut China Selatan tenggara Vietnam dan menarik massa udara di wilayah Indonesia bagian barat, sehingga mengurangi potensi hujan.

    Namun demikian, prediksi curah hujan dasarian untuk periode Juni I hingga Juni III 2025 menunjukkan bahwa sejumlah wilayah masih berpotensi mengalami curah hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi (>150 mm/dasarian), terutama di sebagian wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat Daya, dan Papua Tengah.

    Aktivitas dinamika atmosfer juga masih cukup signifikan. Kombinasi gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin, Rossby Ekuator, dan Low Frequency diprakirakan aktif secara bersamaan di beberapa wilayah.

    Hal ini berkontribusi terhadap peningkatan potensi pembentukan awan konvektif dan hujan intensitas sedang hingga lebat, terutama pada siang hingga sore hari.

    Sementara itu, sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi yang memanjang dari Sumatra hingga Papua serta konfluensi angin di sejumlah perairan Indonesia masih berkontribusi pada pertumbuhan awan hujan.

    Labilitas lokal kuat juga mendukung proses konvektif di banyak wilayah, mulai dari Sumatra, sebagian besar Kalimantan dan Sulawesi, hingga kawasan timur Indonesia, sehingga masih perlu diwaspadai potensi cuaca signifikan di sebagian wilayah indonesia.

    Peningkatan kecepatan angin permukaan diprakirakan terjadi di beberapa wilayah perairan, di antaranya Laut Andaman, Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Jawa, dan Laut Arafuru. Kondisi ini turut meningkatkan potensi gelombang tinggi, dengan ketinggian berkisar antara 2.5 hingga 4 meter.

    Prospek Cuaca 16 – 19 Juni 2025

    Cuaca di Indonesia umumnya didominasi cerah berawan hingga hujan ringan. Perlu diwaspadai adanya peningkatan hujan dengan intensitas sedang yang terjadi di Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua dan Papua Selatan.

    Selain itu, hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi, dengan kategori tingkat peringatan dini dan wilayah potensi kejadian sebagai berikut:

    Siaga (Hujan lebat): Papua Pegunungan.
    Angin Kencang: NTB, NTT, Maluku dan Papua Selatan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Umur Baru Setahun, Segini Banyak BYD M6 yang Dibeli Orang Indonesia

    Umur Baru Setahun, Segini Banyak BYD M6 yang Dibeli Orang Indonesia

    Jakarta

    BYD M6 menjadi primadona di pasar mobil listrik dalam negeri. Meski baru berumur setahun, penjualannya terbilang impresif.

    BYD M6 sudah setahun mengaspal di Indonesia. Meski baru seumur jagung, nyatanya M6 menorehkan prestasi tersendiri bagi BYD di industri otomotif dalam negeri, khususnya soal penjualan.

    Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao mengungkap sudah lebih dari 10.000 unit M6 dipinang konsumen di Indonesia dalam kurun waktu setahun setelah peluncuran.

    “BYD M6 telah mencapai performa penjualan yang luar biasa di tahun pertamanya. Jangan lupa, ini masih tahun pertama, lebih dari 10.100 unit telah terjual setelah peluncuran,” kata Eagle disela-sela EVentureland: BYD M6 First Anniversary di Lido Adventure Park, Sukabumi, Minggu (15/6/2025).

    Eagle menyebut sejak perdana muncul di hadapan publik dalam negeri, pesona M6 memang cukup menggoda. Sebab, mobil didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Eagle menyebut saat ini M6 merupakan salah satu tulang punggung BYD di Tanah Air. Adapun capaian ini, menjadi tonggak sejarah sendiri bagi BYD.

    Dari sisi spesifikasi, BYD M6 ini menawarkan opsi konfigurasi tempat duduk 6-seater dan 7-seater yang bisa mengakomodir keluarga di Indonesia. BYD M6 memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak sumbu roda 2.800 mm. Tinggi ground clearancenya 170 mm. BYD M6 menggunakan Blade Battery milik BYD. Ada dua opsi baterai yang ditawarkan BYD M6. Untuk versi standard menggendong baterai berkapasitas 55,4 kWh. Berkat baterai itu, mobil bisa menempuh jarak sejauh 420 km. Versi standar ini memiliki kapasitas 7-seater. Khusus versi ini, baterai bisa dicas dengan DC 89 kW dan AC 7 kW. Akselerasi 0-100 km/jam menggunakan baterai ini dapat ditempuh dalam waktu 10,1 detik.

    Selanjutnya ada baterai berkapasitas 71,8 kWh yang tersemat pada varian Superior Captain dan Superior. Varian Superior Captain mengusung konfigurasi 6 tempat duduk sedangkan Superior 7-seater. Baterai yang diusung Superior Captain dan Superior ini bisa menempuh jarak sejauh 530 km. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh lebih cepat yaitu 8,6 detik. Soal pengecasan, baterai 71,8 kWh ini bisa menggunakan DC 115 kW dan AC 7 kW.

    Perayaan ulang tahun pertama BYD M6. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

    Adapun bertepatan dengan perayaan ulang tahun pertama itu, BYD Indonesia mengundang para pemilik mobil BYD untuk mengikuti kegiatan camping di kawasan Lido. Pada kegiatan tersebut, pemilik BYD juga memanfaatkan fitur mobil untuk menyuplai aliran listrik. Total ada 100 pengguna BYD di kawasan Jabodetabek dan Bandung yang mengikuti kegiatan tersebut.

    “Tapi ini bukan camping biasa, yang hampir sekitar 75 persen aliran listriknya disuplai dari V2L karena kita juga mau mengexperience. Menurut rekan-rekan (pemilik BYD) kemarin tadi malam M6 klaim mereka, mensuplai kebutuhan listrik yang basic dalam camping, mereka hanya memakan sekitar 1 persen baterai untuk satu jam,” ungkap Head of Marketing PR & Government BYD Indonesia Luther Panjaitan di lokasi yang sama.

    (dry/din)

  • ERP di Jakarta Sudah Layak Jalan, Tapi Terhalang Politik dan Sosial

    ERP di Jakarta Sudah Layak Jalan, Tapi Terhalang Politik dan Sosial

    JAKARTA – Sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di Jakarta masih menjadi wacana yang belum pasti. Wacana ini sempat kembali dikemukakan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung. Hanya saja, Pramono mengaku belum tahu kapan akan diterapkan.

    Pemerhati transportasi, Muhammad Akbar menilai Jakarta sejatinya telah siap menjalankan sistem ERP, bila melihat kondisi infrastruktur transportasi atau angkutan umum massal saat ini.

    “Banyak yang ragu, apakah Jakarta benar-benar siap menerapkan ERP? Padahal, jika dilihat dari berbagai aspek, Ibu Kota sebenarnya terlalu siap untuk sistem ini,” kata Akbar dalam keterangannya, Minggu, 15 Juni.

    Akbar menyebut, dasar hukum untuk menjalankan ERP sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Bahkan, Pemprov DKI sudah sempat menyusun regulasi turunan dalam bentuk peraturan daerah (perda) meski belum dituntaskan.

    “Secara regulasi, tidak ada lagi alasan untuk menunda (ERP),” ucap Akbar.

    Jakarta, lanjut Akbar, telah memiliki jaringan transportasi yang terus berkembang, mulai dari MRT, LRT, TransJakarta, hingga JakLingko. Seluruh moda ini terintegrasi, baik secara fisik melalui titik-titik simpul perpindahan, maupun secara tarif melalui sistem pembayaran yang lebih praktis dan menyatu.

    Kemudian, kesiapan Jakarta menerapkan pembatasan kendaraan berbasis teknologi ini juga bisa dibilang mumpuni. Warga Jakarta juga sudah terbiasa dengan pembayaran nontunai, baik untuk transportasi umum maupun transaksi harian lainnya.

    “Kamera pengawas dan perangkat berbasis sensor juga sudah mulai digunakan untuk memantau lalu lintas secara real time. Teknologi ini bisa dengan mudah diadaptasi untuk mendukung sistem ERP, mulai dari deteksi kendaraan hingga pencatatan transaksi secara otomatis,” tutur Akbar.

    “Jika semua prasyarat tersebut sudah terpenuhi, maka hambatan terbesar dalam penerapan ERP saat ini bukan lagi soal teknis. Tantangan utama kini adalah faktor politik dan sosial, yakni keberanian pengambil kebijakan untuk bertindak, serta kesiapan masyarakat untuk menerima perubahan,” lanjutnya.

    Di satu sisi, Akbar menilai kebijakan pembatasan kendaraan pribadi yang selama ini diterapkan di Jakarta memiliki hasil yang tak begitu efektif. Mulai dari sistem 3-in-1, yang malah melahirkan praktik joki pengisi kursi kosong, hingga ganjil genap, yang meskipun sempat efektif di awal, ternyata bisa diakali masyarakat dengan beli mobil kedua, pinjam plat nomor, atau bahkan memalsukan pelat.

    “Masalahnya, kedua kebijakan tersebut juga punya kelemahan yang cukup mendasar. Sistemnya kaku, tidak fleksibel terhadap situasi darurat, tidak adaftif terhadap variasi waktu dan rute perjalanan, serta tidak menghasilkan pendapatan yang bisa digunakan untuk membenahi sistem transportasi secara menyeluruh,” imbuh dia.

    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung memproyeksikan kelak Jakarta akan menerapkan sistem jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP). Sehingga, pengguna kendaraan pribadi diperkenankan melintasi jalan-jalan tertentu di Jakarta asal bersedia membayar.

    “Suatu hari, bukan sekarang ya, ERP-nya saya mau pasang. Kenapa ERP-nya dipasang? Ya kalau kamu punya duit, mau naik mobil, bawa semua ke Jakarta enggak apa-apa, bayar semua ERP,” kata Pramono di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 27 Mei.

    Menurut Pramono, pendapatan daerah yang dihasilkan dari setoran jalan berbayar bisa membantu Pemprov DKI membiayai subsidi transportasi umum seperti Transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta secara gratis untuk 15 golongan.

    Adapun 15 golongan masyarakat penerima manfaat tersebut terdiri atas PNS Pemprov DKI Jakarta, pensiunan PNS, tenaga kontrak Pemprov DKI Jakarta, siswa penerima KJP Plus, penghuni rusunawa, Tim Penggerak PKK, dan karyawan bergaji setara UMP.

    Kemudian, penduduk ber-KTP Kepulauan Seribu, penerima raskin domisili Jabodetabek, anggota TNI/Polri, veteran Republik Indonesia, penyandang disabilitas, lansia di atas 60 tahun, pengurus rumah ibadah, pendidik PAUD, serta golongan jumantik, pengurus karang taruna, dasawisma, dan posyandu.

    “Bagi warga yang tidak mampu sepenuhnya menjadi tanggung jawab negara, dan hasil dari ERP sepenuhnya akan saya gunakan untuk memberikan subsidi kepada 15 golongan, termasuk warga di luar Jakarta,” urai Pramono.

    Di kesempatan berbeda, Pramono mengungkap alasan yang menyebabkan sistem jalan berbayar belum bisa dilaksanakan hingga saat ini. Padahal, menurut dia, wacana penerapan ERP sudah mencuat sejak kepemimpinan beberapa Gubernur DKI Jakarta terdahulu. Menurut dia, ERP belum bisa dijalankan karena sistem pendukung pelaksanaan jalan berbayar belum siap.

    “Semangat untuk ERP ini sudah ada sejak zaman Bang Foke, Pak Jokowi, Pak Ahok, Pak Djarot, Mas Anies, Pj, dan sebagainya. Tetapi kenapa sampai hari ini belum bisa diterapkan? Memang supporting systemnya belum selesai,” urai Pramono.

  • NASA Ungkap Jakarta & 9 Kota Besar Dunia Terancam Tenggelam

    NASA Ungkap Jakarta & 9 Kota Besar Dunia Terancam Tenggelam

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Naiknya permukaan air laut akibat perubahan iklim bukan lagi ancaman masa depan, di mana tanda-tandanya sudah nyata. Dari banjir yang makin sering hingga erosi garis pantai, kota-kota besar dunia kini berada di ambang bencana, salah satunya Jakarta, yang disebut sebagai salah satu yang tercepat tenggelam di dunia.

    NASA memperkirakan permukaan laut akan naik setinggi 3 hingga 6 kaki (sekitar 0,9-1,8 meter) pada tahun 2100. Penyebab utamanya adalah pencairan es di kutub akibat pemanasan global. Jika tren ini terus berlanjut, ratusan juta orang di seluruh dunia terancam kehilangan tempat tinggal, terutama di wilayah pesisir yang padat penduduk.

    Salah satu laporan dari Sciencing menyebut ada 10 kota besar yang diprediksi bakal tenggelam dan Jakarta masuk dalam daftar tersebut.

    Fenomena banjir yang semakin sering terjadi jadi pertanda awal bencana. Di awal Maret 2025, banjir besar sudah melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek dan Jawa, dengan Bekasi mencatat kondisi terparah dalam satu dekade terakhir.

    “Jakarta merupakan salah satu kota yang paling cepat tenggelam di dunia. Masalah ini kian ekstrem, hingga pemerintah Indonesia memilih memindahkan ibu kota ke IKN,” tulis Sciencing.

    Menurut laporan itu, Jakarta tenggelam sekitar 17 cm per tahun. Kota ini secara geografis terletak di dataran rendah bekas rawa, dilintasi 13 sungai, dan langsung berbatasan dengan Laut Jawa. Ini merupakan faktor-faktor yang membuatnya sangat rentan terhadap naiknya air laut.

    Banjir besar pernah melanda pada 2007, menewaskan 80 orang dan menyebabkan kerugian ratusan juta dolar. Akumulasi krisis ini mendorong pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota ke IKN pada 2022. Proyek ibu kota baru ini ditargetkan selesai pada 2045, dengan harapan dapat menjadi “pelarian” dari Jakarta yang terancam tenggelam.

    Selain Jakarta, berikut sembilan kota besar lain yang dilaporkan juga terancam tenggelam:

    1. Alexandria, Mesir

    Populasi: 5,7 juta

    Kota pelabuhan utama Mesir ini berisiko terendam hingga 30% pada 2050, berdampak pada 1,5 juta pengungsi dan mengancam Delta Nil, salah satu pusat peradaban tertua dunia.

    2. Miami, AS

    Populasi: 460.000 (metro: 6 juta+)

    Sebanyak 60% wilayah Miami terancam tenggelam pada 2060. Proyek properti pesisir memperparah situasi, membuat Miami bisa jadi pusat bencana ekonomi terbesar akibat iklim.

    3. Lagos, Nigeria

    Populasi: 16,5 juta

    Kota terbesar di Afrika ini mengalami penurunan tanah lebih dari 3 inci per tahun. Banjir musiman menimbulkan kerugian miliaran dolar tiap tahun.

    4. Dhaka, Bangladesh

    Populasi: 23,9 juta

    Dhaka ‘tenggelam’ setengah inci per tahun. Bangladesh juga termasuk salah satu negara paling terdampak bencana iklim versi PBB.

    5. Yangon, Myanmar

    Populasi: 5,7 juta

    Berada dekat sesar aktif dan sering diterpa banjir, kota ini berisiko tenggelam jika terjadi gempa besar yang merusak sumur air tanahnya.

    6. Bangkok, Thailand

    Populasi: 11,2 juta

    Bangkok kehilangan daratan setiap tahun akibat naiknya air laut. Garis pantainya diprediksi mundur lebih dari 1 kilometer per tahun.

    7. Kolkata, India

    Populasi: 15,6 juta

    Ancaman datang dari kombinasi kenaikan permukaan laut dan ekstraksi air tanah berlebih. Banjir besar pada 2024 berdampak pada 250.000 orang.

    8. Manila, Filipina

    Populasi: 14,9 juta

    Manila tenggelam hingga 4 inci per tahun. Aktivitas vulkanik dan rusaknya hutan mangrove memperparah kerentanannya.

    9. Guangdong-Hong Kong-Makau (China)

    Populasi: 86,9 juta

    Kawasan urban terbesar dunia ini diperkirakan akan mengalami kenaikan permukaan laut hingga 5 kaki dalam satu abad ke depan. Pearl River Delta jadi titik rawan.

    (fsd/fsd)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Jakarta Beri Subsidi Transjabodetabek, Netizen Sindir Dedi Mulyadi

    Jakarta Beri Subsidi Transjabodetabek, Netizen Sindir Dedi Mulyadi

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Pramono Anung kembali menarik perhatian publik dengan kebijakan subsidi transportasi. Subsidi sebesar Rp 11.500 per penumpang diberikan untuk layanan Transjabodetabek demi menekan tarif dari semestinya Rp 15.000 menjadi lebih terjangkau.

    Dengan adanya subsidi dari Jakarta, maka setiap penumpang Transjabodetabek hanya membayar Rp 3.500, sisanya ditanggung oleh APBD Jakarta.

    Kebijakan ini pun menuai banyak pujian dari warga Jakarta. Namun, tak sedikit pula warganet yang mempertanyakan beban anggaran yang harus ditanggung Jakarta, terutama ketika layanan tersebut menjangkau wilayah luar, seperti Bogor.

    Komentar pun bermunculan di media sosial, terutama di kolom unggahan akun Instagram @jktinfo, yang membandingkan Pramono dengan Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, atau akrab disapa KDM (Kang Dedi Mulyadi).

    Sejumlah netizen menyayangkan minimnya peran pemerintah daerah lain dalam pembiayaan layanan yang juga dirasakan manfaatnya oleh warga luar Jakarta.

    “Awas ada warga Jawa Barat yang enggak tahu diri, menghina-hina Jakarta, KDM terbaik tetapi masih numpang subsidi dari Jakarta,” tulis akun @jakxxx dengan nada sindiran tajam.

    Tak hanya itu, sebagian mempertanyakan mengapa Pemprov Jakarta harus menanggung seluruh operasional layanan lintas daerah, sementara wilayah, seperti Bogor dan Depok juga menikmati layanannya.

    “Kota sebelah ikut bantu subsidinya enggak ya? Kalau enggak, dibikin skema patungan bisa atau tidak? Misal rute Jakarta-Bogor, ya Jakarta bayarin di wilayah Jakarta, Bogor bayarin pas bus masuk wilayahnya,” tulis akun @agoxxx.

    “Beban banget buat Jakarta. Gimana sih gubernur atau wali kota sebelah? Masa Jakarta terus yang nanggung,” timpal akun @delxxx.

    Komentar-komentar ini menunjukkan meningkatnya kesadaran publik akan keadilan fiskal antarwilayah, terutama dalam skema layanan publik, seperti transportasi massal.

    Sebelumnya, Pemprov Jakarta telah meresmikan rute Transjakarta P11 Blok M–Bogor pada Kamis (5/6/2025).

    Rute ini menjadi bagian dari ekspansi koridor ke-14 Transjakarta dan merupakan bagian dari integrasi layanan antarwilayah di Jabodetabek.

    Bus rute Blok M–Bogor ini melayani 20 halte, terdiri dari 11 halte di wilayah Bogor dan sembilan halte di Jakarta.

    Dengan waktu tempuh rata-rata 90 menit di kondisi normal dan hingga 110 menit saat macet, rute ini diprediksi menjadi salah satu andalan pekerja komuter.

    Rute ini bukan hanya digunakan warga Jakarta. Banyak warga Bogor dan sekitarnya bergantung pada layanan ini untuk menuju pusat aktivitas di ibu kota. Hal ini memunculkan diskusi soal perlunya kolaborasi fiskal antar daerah di wilayah Jabodetabek.

  • Daging Ayam di Transmart Full Day Sale Banting Harga, Mulai Rp 27 Ribuan

    Daging Ayam di Transmart Full Day Sale Banting Harga, Mulai Rp 27 Ribuan

    Jakarta

    Transmart Full Day Sale masih berlangsung seharian penuh. Khusus hari ini, berbagai kebutuhan sehari-hari mendapatkan harga spesial serta diskon melimpah. Salah satunya, daging ayam broiler.

    Di Transmart Full Day Sale Palembang dan Jawa Barat ayam broiler diobral cuma Rp 27.120/ekor dari harga normal Rp 33.900/ekor. Harga itu bisa didapatkan jika melakukan pembayaran menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

    Ayam broiler bahkan ada yang ditawarkan Rp 29.520/ekor, dari harga normal Rp 36.900/ekor jika pembayaran menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah. Harga itu berlaku di Jabodetabek dan Padang.

    Di Denpasar, ayam broiler ditawarkan dengan harga promo Rp 42.400/ekor dari harga normal Rp 53.000/ekor. Sementara di Lampung dan Pangkal Pinang harganya Rp 28.720/ekor dari harga normal Rp 35.900/ekor, dan di Jawa Timur dan Jawa Tengah harganya jadi Rp 27.600/ekor dari harga Rp 34.500/per ekor.

    Di Medan, ayam broiler berlaku harga promo Rp 30.000/ekor dari harga normal Rp 37.500/ekor. Kemudian di Balikpapan, ayam broiler diobral menjadi Rp 35.600/ekor dari harga normal Rp 44.500/ekor. Kalau di Makassar, harganya jadi Rp 28.900/ekor tapi tidak tidak berlaku promo Allo Prime dan Bank Mega.

    Perlu diingat bahwa ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkan diskon produk tersebut. Pembelian tidak berlaku untuk pembelian partai besar, minimal transaksi Rp 300.000 dan diskon ini hanya bisa didapatkan dengan transaksi menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

    Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega, tidak perlu khawatir karena ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park. Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup klik ini dan upgrade ke Allo Prime.

    Jadi tunggu apa lagi? Segera merapat ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale.

    Tonton juga “Yuk ke Transmart, Diskon Full Day Sale Sampai 50%+20%” di sini:

    (kil/kil)

  • Gelar Bangga Fest, Unika Atma Jaya Angkat Budaya Nusantara

    Gelar Bangga Fest, Unika Atma Jaya Angkat Budaya Nusantara

    Jakarta, Beritasatu.com – Dalam rangka melestarikan budaya nusantara, Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya menggelar Bangga Fest, sebuah acara seni budaya yang menampilkan berbagai pertunjukan khas Indonesia, mulai dari tarian tradisional, paduan suara, hingga drama musikal. Acara ini berlangsung pada Sabtu (14/6/2025) malam di kampus Atma Jaya, Jakarta.

    Ketua Bangga Fest Yohana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan generasi muda agar mencintai seni, budaya, dan juga peduli terhadap lingkungan hidup.

    “Tidak hanya mengajak mahasiswa Atma Jaya, kami juga melibatkan anak-anak muda dari berbagai komunitas budaya dan lingkungan hidup di Jakarta dan Jabodetabek,” kata Yohana kepada Beritasatu.com.

    Ia mengungkapkan, kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian tiga acara sebelumnya, yakni Arung Edukasi (24 Mei dan 8 Juni), Karyamu! Ngonten! (1–10 Juni), dan Pasaria (12–14 Juni).

    “Puncak acaranya adalah Panggung Indonesia malam ini,” ujar Yohana.

    Menurutnya, Atma Jaya ingin menciptakan ruang yang inklusif, merakyat, dan menjadi wadah bagi anak muda untuk berekspresi serta terlibat aktif dalam pelestarian budaya dan lingkungan.

    Meski baru digelar untuk pertama kalinya, Bangga Fest mendapat sambutan positif dari banyak pihak. “Banyak yang antusias dan berharap acara ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya,” tambah Yohana.

    Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Enggang dari Kalimantan.

    Penampilan paduan suara Gita Swara Jaya membawakan Medley Nusantara, dengan para penyanyi mengenakan kain ulos dan ikat kepala khas daerah.

    Tarian Indang dari Sumatera Barat juga memukau penonton, sebelum acara ditutup dengan pertunjukan Tari Betawi dan drama musikal lenong dari para mahasiswa serta komunitas seni.
    “Ini menjadi ruang bagi anak muda untuk berkarya dan bergerak dalam seni budaya serta lingkungan hidup,” tutup Yohana.
     

  • Serbu! Aneka Anggur di Transmart Full Day Sale Dijamin Murah

    Serbu! Aneka Anggur di Transmart Full Day Sale Dijamin Murah

    Jakarta

    Transmart Full Day Sale masih berlangsung dengan diskon besar-besaran hingga 50% + 20%. Promo untuk berbagai produk berlaku hanya khusus hari ini.

    Mulai dari buka toko hingga pukul 22.00 setempat, Transmart menawarkan beragam diskon untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk buah-buahan. Buah segar yang promo kali ini adalah anggur red globe dan anggur muscat.

    Di Transmart daerah Jabodetabek, anggur Muscat didiskon menjadi Rp 10.600 per 100 gram dari harga normalnya Rp 13.250 per 100 gram. Di daerah lain pun, produk ini juga diskon. Seperti di Jawa Barat harganya dibanderol jadi Rp 62.320 per pack dari harga normal Rp 77.900 per pack. Kemudian di Jawa Timur produk ini dibanderol jadi Rp 5.832 per 100 gram dari harga normal Rp 7.290 per 100 gram.

    Untuk di Denpasar, harganya jadi cuma Rp 57.600 per pack dari harga awal Rp 72.000 per pack. Sementara di Jawa Tengah, anggur Muscat harganya dibanderol Rp 5.272 per 100 gram dari harga normal Rp 6.590 per 100 gram.

    Para pelanggan tidak perlu khawatir, sebab produk anggur red globe ini juga diskon di Transmart daerah lainnya seperti Balikpapan yang jadi seharga Rp 59.600 per pack dari harga normal Rp 74.500 per pack.

    Anggur Red Globe Aus juga diskon di Lampung jadi seharga Rp 6.000 per 100 gram dari sebelumnya Rp 7.500 per 100 gram. Lalu, di Padang juga promo jadi seharga Rp 6.392 per 100 gram dari harga normal Rp 7.990 per 100 gram.

    Sementara itu, anggur Red Globe Aus di Pangkal Pinang dan Medan harganya dibanderol jadi cuma Rp 6.872 per 100 gram dari harga normal Rp 8.590 per 100 gram. Kalau di Palembang harganya cuma jadi Rp 7.992 per 100 gram dari harga normal Rp 9.990 per 100 gram.

    Perlu dicatat bahwa syarat dan ketentuan berlaku untuk menikmati diskon ini. Kemudian, promo ini tidak berlaku untuk pembelian partai besar, dan minimal transaksinya Rp 300.000.

    Selama gelaran Transmar Full Day Sale hari ini, ada diskon hingga 50+20% untuk berbagai produk seperti produk rumah tangga, furniture, elektronik, hingga sepeda listrik. Tambahan 20% bisa didapatkan jika melakukan pembayaran menggunakan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

    Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, nggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park. Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore. Tinggal klik ini, download, dan upgrade ke Allo Prime.

    Jadi tunggu apa lagi? Segera merapat ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale.

    Tonton juga “Transmart Full Day Sale Hadir Lagi, TV Banting Harga!” di sini:

    (kil/kil)