kab/kota: Jabodetabek

  • Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

    Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas


    PIKIRAN RAKYAT – Bagi yang akrab dengan dunia investasi, tentu sudah tidak asing dengan Tabungan Emas. Salah satu produk investasi dari Pegadaian ini sudah lama menjadi pilihan cerdas masyarakat untuk berinvestasi emas secara praktis dan mudah dipantau melalui aplikasi digital. Tidak berhenti berinovasi, Pegadaian kembali membuat terobosan baru, dengan menghadirkan fitur Setor Fisik Emas.

    Fitur ini memungkinkan masyarakat yang selama ini menyimpan emas batangan fisik untuk mengubahnya menjadi saldo Tabungan Emas. Tentu cara ini jauh lebih praktis, mudah diakses, aman dan nyaman tanpa harus khawatir menyimpan emas di rumah.

    Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran fitur baru yang semakin menyempurnakan ekosistem Layanan Bank Emas Pegadaian, saat terjun langsung menguji coba fitur tersebut di Pegadaian Cabang Salemba, Jakarta, pada Rabu (25/06).

    “Dengan hadirnya layanan Setor Fisik Emas, saya pribadi merasa sangat bersyukur, sekaligus bangga. Ini bukan lagi sekadar mimpi. Ini adalah langkah nyata bagi Pegadaian, dan hari ini kita membuktikan bahwa Pegadaian kembali menjadi pionir, menjadi pemilik sistem yang kuat dan terintegrasi untuk ekosistem Bank Emas di Indonesia. Harapannya, dengan kehadiran fitur ini kami bisa memfasilitasi masyarakat untuk menyimpan emas secara aman, rapi, dan terdata melalui sistem keuangan digital, serta turut memperkuat sistem ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” ujar Damar.

    Masyarakat dapat mencoba fitur ini dengan mudah, hanya dengan membawa emas batangan dan KTP ke outlet Pegadaian yang melayani Setor Fisik Emas. Emas batangan tersebut akan melalui proses verifikasi, dan gramasinya akan langsung menjadi bentuk saldo Tabungan Emas. Namun masyarakat perlu memastikan bahwa emas yang dibawa adalah emas batangan bermerek Galeri 24, Antam, UBS, atau Lotus Archi, dengan berat minimal 0,5 gram dan maksimal 1 kilogram, serta tentunya harus sudah memiliki rekening Tabungan Emas aktif.

    Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian, Elvi Rofiqotul Hidayah menyampaikan bahwa terobosan Pegadaian ini merupakan opsi cerdas bagi masyarakat agar investasi emas yang dimiliki lebih mudah dipantau, aman, bahkan dapat menghasilkan keuntungan tambahan.

    “Jadi, jika menyetor 5 gram emas, saldo Tabungan Emasnya akan bertambah 5 gram. Semua bisa dipantau real-time melalui aplikasi Pegadaian Digital, sehingga ini menjadi cara mudah untuk mengamankan investasi emas. Jika sedang butuh uang tunai, bisa memanfaatkan fitur Gadai Tabungan Emas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa harus membawa emas fisik ke outlet, dan uang pinjaman gadainya bisa langsung ditransfer ke nomor rekening, kemudian saat ditebus, saldo emasnya akan kembali lagi. Bahkan ini juga dapat menjadi investasi yang produktif, dimana masyarakat dapat memanfaatkan saldo Tabungan Emas yang dimiliki menjadi Deposito Emas, sehingga masyarakat tidak hanya mendapatkan keuntungan berinvestasi dari gain harga emas yang terus meningkat, namun juga dari imbal hasil yang didapatkan dari deposito,” ungkap Elvi.

    Setor Fisik Emas saat ini dapat dilayani secara terbatas di 13 outlet Pegadaian yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Balikpapan, diantaranya Kantor Cabang Salemba, Pasar Senen, Bekasi Utama, Karawang, Kota Wisata, Tangerang, Serang, Mall Ambassador, Cilandak, Kebayoran Baru, Tanjung Priok, Cengkareng, serta Kantor Cabang Balikpapan.

    Sebagai perusahaan jasa keuangan yang dekat dengan masyarakat, Pegadaian berkomitmen memberikan beragam solusi finansial yang bermanfaat. Pegadaian akan terus berupaya aktif mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan sejak dini, serta menjaga tata kelola yang rapi dan transparan sesuai arahan Danantara, demi masa depan yang lebih baik dan mewujudkan visi Indonesia Emas. ***

     

  • Terobosan Baru Pegadaian, Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

    Terobosan Baru Pegadaian, Emas Fisik Kini Bisa Langsung Jadi Tabungan Emas

    Jakarta

    Pegadaian menghadirkan inovasi baru untuk layanan Tabungan Emas. Adapun pembaruan tersebut terlihat dari hadirnya fitur Setor Fisik Emas.

    Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan mengatakan fitur ini memungkinkan masyarakat yang selama ini menyimpan emas batangan fisik untuk mengubahnya menjadi saldo Tabungan Emas. Lewat layanan itu, menyimpan emas menjadi lebih praktis, mudah diakses, aman, dan nyaman.

    Hal tersebut diungkapkan olehnya saat terjun langsung menguji coba fitur tersebut di Pegadaian Cabang Salemba, Jakarta, hari ini.

    “Dengan hadirnya layanan Setor Fisik Emas, saya pribadi merasa sangat bersyukur, sekaligus bangga. Ini bukan lagi sekadar mimpi. Ini adalah langkah nyata bagi Pegadaian, dan hari ini kita membuktikan bahwa Pegadaian kembali menjadi pionir, menjadi pemilik sistem yang kuat dan terintegrasi untuk ekosistem Bank Emas di Indonesia,” kata Damar dalam keterangan tertulis, Rabu (25/6/2025).

    “Harapannya, dengan kehadiran fitur ini kami bisa memfasilitasi masyarakat untuk menyimpan emas secara aman, rapi, dan terdata melalui sistem keuangan digital, serta turut memperkuat sistem ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” sambung Damar.

    Dia mengatakan masyarakat dapat mencoba fitur ini dengan mudah. Mereka hanya perlu membawa emas batangan dan KTP ke outlet Pegadaian yang melayani Setor Fisik Emas.

    “Emas batangan tersebut akan melalui proses verifikasi, dan gramasinya akan langsung menjadi bentuk saldo Tabungan Emas. Namun masyarakat perlu memastikan bahwa emas yang dibawa adalah emas batangan bermerek Galeri 24, Antam, UBS, atau Lotus Archi, dengan berat minimal 0,5 gram dan maksimal 1 kilogram, serta tentunya harus sudah memiliki rekening Tabungan Emas aktif,” ungkapnya.

    Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah menyampaikan bahwa terobosan Pegadaian ini merupakan opsi cerdas bagi masyarakat agar investasi emas yang dimiliki lebih mudah dipantau, aman, bahkan dapat menghasilkan keuntungan tambahan.

    “Jadi, jika menyetor 5 gram emas, saldo Tabungan Emasnya akan bertambah 5 gram. Semua bisa dipantau real-time melalui aplikasi Pegadaian Digital, sehingga ini menjadi cara mudah untuk mengamankan investasi emas. Jika sedang butuh uang tunai, bisa memanfaatkan fitur Gadai Tabungan Emas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa harus membawa emas fisik ke outlet, dan uang pinjaman gadainya bisa langsung ditransfer ke nomor rekening, kemudian saat ditebus, saldo emasnya akan kembali lagi,” kata Elvi.

    “Bahkan ini juga dapat menjadi investasi yang produktif, dimana masyarakat dapat memanfaatkan saldo Tabungan Emas yang dimiliki menjadi Deposito Emas, sehingga masyarakat tidak hanya mendapatkan keuntungan berinvestasi dari gain harga emas yang terus meningkat, namun juga dari imbal hasil yang didapatkan dari deposito,” tambahnya.

    Dia menjelaskan Setor Fisik Emas sudah dapat dilayani secara terbatas di 13 outlet Pegadaian yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Balikpapan, diantaranya Kantor Cabang Salemba, Pasar Senen, Bekasi Utama, Karawang, Kota Wisata, Tangerang, Serang, Mall Ambassador, Cilandak, Kebayoran Baru, Tanjung Priok, Cengkareng, serta Kantor Cabang Balikpapan.

    “Sebagai perusahaan jasa keuangan yang dekat dengan masyarakat, Pegadaian berkomitmen memberikan beragam solusi finansial yang bermanfaat. Pegadaian akan terus berupaya aktif mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan sejak dini, serta menjaga tata kelola yang rapi dan transparan sesuai arahan Danantara, demi masa depan yang lebih baik dan mewujudkan visi Indonesia Emas,” tutupnya.

    (akd/akd)

  • RI & Jepang Matangkan Pengembangan Kawasan TOD Depok-Blok M-Bekasi

    RI & Jepang Matangkan Pengembangan Kawasan TOD Depok-Blok M-Bekasi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia dan Jepang kembali membahas program Jakarta Urban Transportation Policy Integration Phase 3 (JUTPI-3) yang merupakan kerja sama teknis antara kedua pihak.

    Deputi Bidang Koordinasi Industri, Ketenagakerjaan dan Pariwisata Mohammad Rudy Salahuddin menuturkan program ini diinisiasi melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) yang telah berlangsung sejak tahun 2022 dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas para pemangku kepentingan dalam pengembangan kawasan berorientasi transit/Transit Oriented Development (TOD) di Jabodetabek.

    Terdapat 3 output utama yang dihasilkan yakni perumusan kebijakan pengembangan kawasan TOD, penguatan mekanisme koordinasi antar instansi dalam pengembangan kawasan TOD, serta perumusan rencana pengembangan kawasan TOD di lokasi pilot yaitu Blok M, Depok Baru, dan Bekasi Barat.

    “Untuk memperkuat tata kelola dan keberlanjutan implementasi TOD di wilayah Jabodetabek, kami telah membentuk Transit-based Urban Planning Coordination (TUPC) Team melalui Surat Keputusan Deputi Nomor 3 Tahun 2025 tentang Tim Koordinasi Perencanaan Pengembangan Kawasan Perkotaan Berorientasi Transit,” ungkap Rudy.

    Lebih lanjut, juga dibahas langkah yang perlu diupayakan agar keberlanjutan program ini terjaga yaitu pertama, tindak lanjut capaian dari hasil JUTPI-3 dilaksanakan oleh Kementerian Koordinasi Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Kemenko IPK).

    Lalu kedua, Kemenko IPK dapat mendorong inisiasi proses integrasi perencanaan lintas wilayah dan sektor dalam pengembangan regulasi TOD secara nasional. Lalu yang terakhir, pemanfaatan operasional Dasbor Jaringan Angkutan Umum Masa Depan yang telah dikembangkan dalam JUTPI-3.

    “Kami berharap keberlanjutan program ini tidak hanya bersifat kelembagaan, tetapi juga substantif, yakni menjamin bahwa semangat TOD tetap hidup dalam setiap proses pembangunan perkotaan yang kita jalankan bersama,” pungkas Rudy.

    Program JUTPI-3 selanjutnya diharapkan mampu untuk mewujudkan kota yang layak huni, ringkas, dan terhubung dengan baik. Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan sesi penandatanganan hasil rapat/Minutes of Meeting (MoM) oleh Rudy dan Chief Representative of the JICA Indonesia Office Sachiko Takeda.

    (haa/haa)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Belum Sebulan Meluncur, Peminat Suzuki Fronx Tembus Segini

    Belum Sebulan Meluncur, Peminat Suzuki Fronx Tembus Segini

    Jakarta

    Suzuki Fronx baru saja meluncur di akhir bulan Mei 2025. Namun, belum genap sebulan peluncurannya, Suzuki Fronx sudah mendapat sambutan luar biasa.

    Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan ribuan unit Suzuki Fronx sudah terpesan. Bahkan, Suzuki sudah menjaring 30 ribu calon pelanggan yang menunjukkan minatnya.

    “Update sampai dengan sore hari ini kurang lebih ada 30 ribu inquiry atau 30 ribu leads (calon pelanggan yang telah menunjukkan minat) yang sudah menunjukkan ketertarikannya untuk membeli kendaraan Suzuki Fronx. Dari kurang lebih dari 30 ribu inquiry tersebut, lebih dari 1.500 unitnya itu sudah bisa dikonversi menjadi SPK (pemesanan kendaraan),” kata Harold di sela-sela media test drive Suzuki Fronx di Bandung, Minggu (22/6/2025).

    Harold mengatakan, pihaknya menargetkan penjualan Suzuki Fronx sebanyak 2.000 unit per bulan. Dia berharap, sampai akhir Juni ini target tersebut tercapai. Nantinya, konsumen yang sudah memesan Suzuki Fronx akan mendapatkan unit pesanannya pada awal Juli 2025.

    “Dari kurang lebih1.500 SPK tersebut, 66 persennya adalah tipe SGX. Lalu kurang lebih di 23 persennya ada di tipe GX dan sisanya tipe GL. Dari konfigurasi penjualan seperti itu ,mayoritasnya masih adadi wilayah Jabodetabek,” sebut Harold.

    “Kota-kota besar lainnya ini juga menyumbang seperti di Bandung, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan lain sebagainya.Namun, memang angka-angka ini masih akan sangat dinamis seiring dengan berjalannya waktu,” katanya.

    Suzuki Fronx Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Adapun karakter konsumen Suzuki Fronx rata-rata adalah mereka yang berumur 30 sampai 40 tahun. Pembeli pria menyumbang 55 persen, sedangkan wanita 45 persen.

    “Dari pembelian-pembelian tersebut, ini rata-rata sudah memiliki kendaraan sebelumnya. Namun, ya sekali lagi, data ini masih sangat dinamis dan masih bisa bergerak seiring dengan berjalan waktu,” ujar Harold.

    Spesifikasi Suzuki Fronx

    Secara umum, Suzuki Fronx hadir dalam tiga varian berbeda, yakni GL, GX, dan yang termahal, SGX. Sementara pilihan transmisinya manual dan matik.

    Mesin Suzuki Fronx tersedia dalam dua opsi. Khusus untuk tipe terendah GL, Suzuki Fronx menggunakan mesin berkode K15B 1.500 cc dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk tipe GX dan SGX hadir dengan mesin K15C 1.500 cc mild hybrid bertransmisi otomatis 6 percepatan, tipe GX juga mendapat pilihan transmisi manual.

    Mesin K15B pada Fronx tipe GL memiliki tenaga maksimal hingga 104,7 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm / 4.400 rpm. Sedangkan mesin K15C mild hybrid pada tipe GX dan SGX memiliki tenaga maksimal 100,6 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 135 Nm / 4.400 rpm.

    Berikut Daftar Harga Suzuki FronxGL MT – Rp 259 jutaGL AT – Rp 271 jutaGX MT – Rp 276 jutaGX AT – Rp 293,9 jutaSGX AT – Rp 319,9 juta.

    Sebagai catatan, harga tersebut berstatus on the road Jakarta. Sementara khusus untuk pilihan warna dual tune, konsumen hanya perlu menambah Rp 2 juta. Menariknya, khusus untuk pembelian sebelum September 2025, harga semua model mendapat potongan Rp 10 juta.

    (rgr/dry)

  • 3 Pernyataan Gubernur Pramono Anung Saat Hadiri Upacara HUT ke-498 Jakarta – Page 3

    3 Pernyataan Gubernur Pramono Anung Saat Hadiri Upacara HUT ke-498 Jakarta – Page 3

    Gubernur Jakarta Pramono Anung mengulas pencapaian keberhasilan kinerja 100 hari pertamanya bersama Wakil Gubernur Rano Karno alias Si Doel saat memimpin upacara HUT ke-498 Jakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

    “Alhamdulillah, dalam seratus hari pertama kami bergerak cepat dan berhasil mewujudkan berbagai program yang bermanfaat langsung dan telah dirasakan oleh warga Jakarta,” tutur Pramono Anung.

    Pramono merinci keberhasilan mulai dari penyaluran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus Tahap Pertama 2025 yang diberikan kepada 707.622 peserta didik, dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul 2025 untuk 16.979 mahasiswa. Kemudian, Pemutihan Ijazah Tahap 1, 2, dan 3 Tahun 2025 dilakukan bagi 1.315 peserta didik.

    “Akses gratis ke berbagai destinasi wisata seperti Ancol dan Museum Jakarta, khususnya bagi pemegang KJP Plus. Penyerahan kunci Kampung Susun Bayam kepada keluarga kelompok tani. Perluasan akses air bersih melalui distribusi Rp300 ribu Kartu Air Sehat sebagai subsidi biaya bagi masyarakat,” jelas dia.

    Selanjutnya, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan klub sepak bola Persija, serta penyegaran JIS sebagai home base.

    Tidak ketinggalan, penyediaan rute Trans Jabodetabek yang aktif melayani wilayah Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, dan sekitarnya.

    “Penyediaan layanan transportasi MRT, LRT TransJakarta gratis bagi 15 golongan masyarakat. Penguatan program home care bagi lansia, pengembangan daycare untuk keluarga produktif, pembukaan lebih banyak lapangan kerja melalui pelaksanaan job fair dan pelatihan keterampilan bagi warga di kelurahan,” ungkap Pramono.

    Di tengah dinamika global dan tantangan ekonomi nasional, sambung dia, Pemprov Jakarta juga bersyukur dapat menjaga kestabilan harga dan mengendalikan laju inflasi daerah.

    “Upaya ini tidak lepas dari kerja kolaboratif dan solid antara rangka daerah, BUMD Pangan, dan berbagai mitra strategis. Melalui kegiatan pasar murah rutin, penguatan cadangan pangan, hingga kerjasama antar daerah dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan komoditas pangan di Jakarta. Keberhasilan ini turut memperkuat daya beli warga dan ketahanan pangan kota,” terang dia.

     

  • Pengusaha Logistik Keluhkan Mahalnya Tarif Tol Cibitung-Cilincing

    Pengusaha Logistik Keluhkan Mahalnya Tarif Tol Cibitung-Cilincing

    Bisnis.com, JAKARTA — Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) semakin dirasakan manfaatnya sebagai penghubung vital antara kawasan industri di timur Jakarta dengan Pelabuhan Tanjung Priok. 

    Kendati demikian, tingginya tarif tol dinilai menjadi kendala utama bagi kalangan pelaku usaha logistik dalam melintasi akses JTCC tersebut.

    Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) Jakarta Adil Karim menilai JTCC sebagai infrastruktur strategis dalam upaya integrasi koridor logistik nasional. 

    “Tol ini memang dirancang untuk memperlancar pergerakan logistik dari kawasan industri di timur Jakarta, seperti Cibitung dan sekitarnya, langsung ke pelabuhan, tanpa harus melalui jalur padat seperti Tol Jakarta–Cikampek,” ujar Adil melalui keterangannya, dikutip Minggu (22/6/2025).

    Namun, Adil menyebut, pemanfaatan JTCC oleh pelaku usaha logistik masih tergolong rendah. Menurutnya, tingginya tarif tol menjadi penyebab utama enggannya para pengusaha dan sopir truk untuk melintas di ruas tersebut. 

    “Untuk jarak sekitar 34 kilometer, tarifnya bisa lebih dari Rp100.000. Ini memberatkan pengusaha, apalagi sopir truk yang akhirnya enggan lewat tol,” jelasnya.

    Adapun, integrasi koridor wilayah logistik bertujuan menghubungkan kawasan industri dengan simpul distribusi utama seperti pelabuhan dan bandara, melalui infrastruktur transportasi seperti jalan tol. Dengan sistem yang terintegrasi, proses pengiriman barang diharapkan menjadi lebih cepat, efisien, dan terjangkau.

    Efektivitas sistem ini juga dinilai dapat menjadi landasan untuk penyesuaian tarif tol secara menyeluruh. Jika diterapkan dengan tepat, kebijakan ini akan mendorong penggunaan jalan tol yang sudah dibangun, sekaligus menurunkan biaya logistik nasional yang selama ini menjadi salah satu faktor penghambat daya saing industri.

    Di tengah kemacetan yang masih melanda jalur distribusi menuju Pelabuhan Tanjung Priok dan belum optimalnya fungsi tol existing, integrasi infrastruktur logistik menjadi kebutuhan mendesak untuk mendorong efisiensi sistem distribusi barang di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya.

    Strategi Pelindo

    Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo telah mengungkapkan sejumlah strategi perseroan dalam rangka mendukung kelancaran distribusi logistik di Tanah Air.

    Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo Solusi Logistik Retno Soelistianti mengatakan, terdapat tiga aspek penting dalam strategi penguatan rantai logistik nasional di sektor pelabuhan.

    Ketiga aspek tersebut yakni jaringan pelabuhan yang terintegrasi, penyediaan solusi layanan end-to-end, serta digitalisasi, sistemisasi dan integrasi sistem.

    Retno pun mengamini bahwa perlu adanya integrasi dari Tol Jabodetabek sebagai akses kendaraan logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok yang sempat mengalami kemacetan horor pasca-Lebaran 2025. 

    Selain itu, Pelindo juga akan mengevaluasi tarif Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) yang dinilai masih terlalu tinggi oleh para pelaku usaha logistik. 

    “Apakah perlu adanya integrasi Tol Jabodetabek? Jawabannya perlu. Tetapi memang untuk yang JTCC ini kemarin tarifnya mahal. Jadi, kami sekarang sedang berupaya untuk melakukan integrasi tarif di jalan tol ini dengan salah satu opsinya adalah Japek dan itu masih dalam proses ya,” ujar Retno dalam acara Bisnis Indonesia BUMN Forum 2025, Kamis (22/5/2025).

    Adapun, untuk tarif normal Tol Cibitung-Cilincing untuk kendaraan golongan I sebesar Rp68.500, golongan II & III sebesar Rp102.500, dan golongan IV & V Rp136.500.

    “Jadi kalau misalnya nanti tarifnya bisa kompetitif dengan jalan tol yang lain, saya yakin JTCC itu akan menjadi salah satu alternatif para sopir truk untuk bisa berkendara dari kawasan industri ke pelabuhan,” jelasnya.

  • Akhir Pekan, Ayo Borong Buah Segar di Transmart Full Day Sale!

    Akhir Pekan, Ayo Borong Buah Segar di Transmart Full Day Sale!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kualitas hidup seseorang berpotensi mengalami peningkatan apabila mengonsumsi buah secara rutin dan seimbang. Oleh sebab itu, penting untuk memasukkan jenis makanan ini ke dalam menu.

    Seperti diketahui, buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

    Untuk membeli kebutuhan buah-buahan segar, Transmart kembali menggelar diskon besar-besaran di Transmart Full Day Sale, Minggu 22 Juni 2025. Bukan hanya di Jakarta, Transmart Full Day Sale juga digelar di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

    Promo ini bisa dinikmati bagi pengguna kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank, mulai dari toko buka hingga tutup pukul 22.00. Dalam program ini, para pengunjung bisa mendapatkan diskon besar-besaran untuk sejumlah produk, termasuk anggur.

    Berikut harga anggur muschat setiap wilayah:

    -Balikpapan Rp 56.000

    -Denpasar Rp 57.600

    -Jabodetabek Rp 10.600

    -Jawa Barat Rp 51.600

    -Jawa Tengah Rp 5.112

    -Medan Rp 45.520

    -Jawa Timur Rp 5.272

    Berikut harga anggur red globe AUS:

    -Lampung Rp 6.000

    -Makassar Rp 6.872

    -Pangkal Pinang Rp 6.872

    (rah/rah)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ayam Broiler Murah Cuma di Transmart Full Day Sale

    Ayam Broiler Murah Cuma di Transmart Full Day Sale

    Jakarta, CNBC Indonesia – Protein terbukti menjadi salah satu nutrisi yang paling penting bagi kesehatan tubuh manusia. Mengingat, protein yang terkandung di setiap sel dalam tubuh memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang, otot, serta jaringan dalam tubuh.

    Ada beberapa sumber protein yang bisa dioptimalkan, salah satunya dengan mengkonsumsi daging ayam broiler. Untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ayam broiler, Transmart kembali menggelar diskon besar-besaran di Transmart Full Day Sale, Minggu 22 Juni 2025.

    Bukan hanya di Jakarta, Transmart Full Day Sale juga bakal digelar di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Promo ini bisa dinikmati bagi pengguna kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank, mulai dari toko buka hingga tutup pukul 22.00.

    Melalui program ini, para pengunjung Transmart berpeluang mendapatkan diskon besar-besaran untuk sejumlah produk, salah satunya adalah daging ayam.

    Berikut ini harga ayam broiler per ekor di Transmart Full Day Sale untuk setiap wilayah:

    Jawa Barat harga sale Rp 27.120

    Jawa Timur harga sale Rp 27.600

    Jawa Tengah harga sale Rp 26.320

    Balikpapan harga sale Rp 35.600

    Denpasar harga sale Rp 42.400

    Jabodetabek harga sale Rp 29.520

    Lampung & Pangkal Pinang harga sale Rp 28.720

    Makassar harga sale Rp 28.900

    Medan harga sale Rp 30.000

    Padang harga sale Rp 29.520

    Palembang harga sale Rp 27.120

    Tunggu apa lagi? Segera datangi Transmart Full Day Sale di seluruh gerai Transmart se-Indonesia pada Minggu, 22 Juni 2025. Jangan sampai ketinggalan!

    (rah/rah)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Polisi Jaga Tol Jagorawi-Cikampek Buru Pemilik Mobil Calya yang Terobos Dua Gerbang Tol Tanpa Bayar
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 Juni 2025

    Polisi Jaga Tol Jagorawi-Cikampek Buru Pemilik Mobil Calya yang Terobos Dua Gerbang Tol Tanpa Bayar Megapolitan 21 Juni 2025

    Polisi Jaga Tol Jagorawi-Cikampek Buru Pemilik Mobil Calya yang Terobos Dua Gerbang Tol Tanpa Bayar
    Tim Redaksi

    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Polisi tengah memburu pemilik baru mobil Toyota
    Calya
    putih bernomor polisi B 2829 UIL yang terekam menerobos dua gerbang tol tanpa melakukan pembayaran, yakni Gerbang Tol (GT) Cisalak 1 dan GT Cimanggis 2.
    Penyelidikan dilakukan setelah diketahui bahwa kendaraan tersebut telah berpindah tangan dari pemilik awal berinisial VT, warga Cilincing,
    Jakarta
    Utara.
    “Anggota juga standby, dari mulai
    Tol Jagorawi
    ,
    Tol Cijago
    , terus CCT, Cibitung, Cikampek, semuanya sudah saya kasih tahu semua. Apabila ada menemukan kendaraan nopol tersebut untuk diamankan,” ujar Kainduk PJR Tol Jagorawi Kompol Akhmad Jajuli saat dihubungi, Jumat (20/6/2025).
    Akhmad menjelaskan, VT telah menjual mobilnya melalui leasing kepada sebuah perusahaan, dan kemudian memblokir seluruh data kepemilikan kendaraan tersebut.
    “Pemilik yang sekarang belum diketahui, karena si yang bersangkutan juga dia tidak tahu nomor teleponnya. Pokoknya sudah dijual, sudah jual putus, tapi sudah diblokir setahun yang lalu. Memang datanya diblokir,” jelas Akhmad.
    Ia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk melacak keberadaan mobil tersebut dan meminta jajaran kepolisian di wilayah Jabodetabek untuk mengamankan kendaraan bila ditemukan.
    “Kalau seandainya di jalur (tol), saya sudah informasikan ke seluruh Jabodetabek, apabila menemukan kendaraan ini agar diamankan dulu. Perbuatannya itu yang tidak membayar tol itu,” lanjutnya.
    Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengantongi identitas awal pemilik mobil tersebut, berinisial VT.
    Namun, penelusuran lebih lanjut menunjukkan mobil sudah tidak lagi berada dalam penguasaannya.
    Insiden bermula dari rekaman dashcam milik pengendara lain yang memperlihatkan aksi mobil Calya putih melaju cepat ke GT Cisalak 1.
    Mobil itu terlihat memepet kendaraan bak terbuka di depannya dan menyelinap masuk gerbang tol saat palang terbuka, tanpa melakukan transaksi pembayaran.
    Setelah berhasil masuk, mobil langsung tancap gas dan meninggalkan lokasi.
    Aksi serupa juga terjadi saat mobil keluar di Gerbang
    Tol Cimanggis
    2, Depok, dengan cara memanfaatkan momen kendaraan lain untuk ikut melintas tanpa membayar.
    Video kejadian ini diunggah oleh akun Instagram @otohubdotco, dan telah menyita perhatian publik karena memperlihatkan jelas modus pelanggaran tol yang membahayakan serta merugikan sistem pembayaran jalan tol.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Akankah Jadi Jawaban Kesulitan Kelas Menengah?

    Akankah Jadi Jawaban Kesulitan Kelas Menengah?

    JAKARTA – Kelas menengah disebut kesulitan membeli rumah karena harganya yang semakin tak terjangkau. Rumah subsidi seluas 18 meter persegi yang sedang digodok pemerintah sejauh ini tidak menarik minat masyarakat.

    Rumah subsidi berukuran 18 meter persegi menjadi perbincangan khalayak setelah Menteri Perumahan dan Kawasan Pemukiman Maruarar Sirait mengeluarkan wacana tersebut.

    Kata pria yang karib disapa Ara ini, wacana tersebut disampaikan sebagai solusi perumahan di perkotaan. Menurutnya, generasi muda menginginkan rumah yang dekat dengan tempat kerja atau di tengah kota.

    Wacana pengurangan luas rumah subsidi tertuang dalam draf Keputusan Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Nomoe/KPTS/M/2025. Di draf tersebut dijelaskan bahwa luas tanah dikurangi menjadi 25 meter persegi, sedangkan luas bangunan minimal 18 meter persegi.

    Padahal dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 689/KPTS/M/2023, ditentukan bahwa luas rumah tapak subsidi adalah minimal 60 meter persegi dan maksimal 200 meter persegi. Sementara luas bangunan ditetapkan minimal 21 meter persegi sampai 36 meter persegi.

    Mirip Rumah Barbie

    Rancangan aturan baru terkait luas rumah subsidi memang masih dalam proses pembahasan dan uji publik. Namun, masyarakat kadung menolak gagasan tersebut.

    Apalagi, di tengah proses Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman menggodok aturan baru tersebut, Lippo Group mengeluarkan contoh rumah subsidi 14 meter persegi.

    Representasi visual atau mock-up konsepnya bahkan sudah dipamerkan di lobi Nobu Bank, Plaza Semanggi, Jakarta. James Riady selaku CEO Lippo Group bilang, rumah tipe satu kamar tidur itu dibanderol mulai Rp100 juta, bisa disetujui masuk skema subsidi. Konsumen disebut bisa mencicil Rp600 ribu per bulan dengan bunga flat.

    Pameran rumah subsidi ini memang berhasil menarik perhatian banyak orang. Tapi berdasarkan reaksi di media sosial, banyak yang mengeluhkannya. Dengan luas bangunan hanya 14 meter persegi, interior rumah dibuat minimalis.

    Terdapat dua ruangan utama yang terpisah dinding, yaitu kamar tidur dan ruangan serbaguna. Di pameran tersebut, ruangan serbaguna ini berisi sofa dan meja, kompor listrik, mesin cuci, kulkas, hingga tempat cuci piring. Saking kecilnya rumah tersebut, warganet menyebut rumah subsidi seperti rumah Barbie.

    Direktur Jenderal Perumahan Perkotaan Kementerian PKP Sri Haryati menyampaikan keterangan kepada awak media, di Jakarta, Senin (16/6/2025). (ANTARA/Aji Cakti)

    Rumah contoh dengan lebar 2,6 meter ini mendapat reaksi negatif dari warganet. Terlebih lokasi rumah mungil itu kecil kemungkinan berada di dalam Kota Jakarta. Padahal, generasi Z dan generasi milenial mengharapkan rumah harga terjangkau ini dibangun di Jakarta. Salah satu alasannya adalah supaya tak kehabisan energi karena harus jauh-jauh menempuh perjalanan dari rumah ke kantor, yang biasanya di Kota Jakarta.

    Sejauh ini memang belum ada informasi pasti di mana rumah mungil ini akan dibangun. Tapi Dirjen Perumahan Perkotaan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman Sri Haryati berujar, kecil kemungkinan hunian tersebut berlokasi di Jakarta.

    “Mungkin yang dekat dengan pinggiran Jakarta, supaya harganya masih masuk,” ucap Sri.

    Selama ini, rumah subsidi memang banyak dibangun di luar Jakarta, seperti Tangerang dan Bekasi, karena harga tanahnya masih terbilang terjangkau.

    “Dengan harga yang kemarin kita sampaikan itu, ada di koridor timur, Cikampek, Purwakarta. Kalau di Bogor mungkin di daerah kabupatennya. Di area-area Tangerang,” kata Head of Project Management PT Lippo Karawaci Fritz Atmodjo, mengutip Antara.

    Tak Dinikmati Kelas Menengah

     Cikal bakal program rumah subsidi dimulai pada 1974, saat pemerintahan Presiden Soeharto memasukkan penyediaan rumah sederhana dalam rencana pembangunan lima tahun (Repelita) II.

    Program rumah subsidi terus berjalan hingga era Presiden Joko Widodo pada 2015 dengan tajuk Program Sejuta Rumah. Artinya, pemerintah memiliki target pembangunan satu juta hunian subsidi setiap tahun.

    Sampai Oktober 2024, program ini diklaim telah berhasil membangun 9.872.741 unit rumah. Presiden Prabowo Subianto pun melanjutkan program ini setelah. Targetnya adalah membangun tiga juta rumah.

    Meski berganti pemerintahan, sejak dulu fokus utama program ini adalah menyediakan hunian yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR.

    Namun batas penghasilan MBR yang berhak membeli rumah subsidi ini kemudian juga menjadi polemik. Menurut Peraturan Menteri PKP Nomor 5 Tahun 2025, batas maksimal penghasilan MBR berbeda tergantung zona wilayah di seluruh Indonesia.

    Sejumlah warga berjalan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (30/8/2024). (ANTARA/Fauzan/nym)

    Daerah Jabodetabek misalnya, batas maksimal penghasilan untuk warga yang tidak kawin sebesar Rp12 juta per bulan, dan kawin dengan satu orang peserta Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat) sebesar Rp14 juta per bulan.

    Namun menurut ekonom Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira batas maksimal penghasilan ini hanya membantu masyarakat berpenghasilan rendah. Mereka yang kelas menengah justru tidak masuk syarat membeli rumah subsidi. Hal ini, kata Bhma, menunjukkan pemerintah memang melupakan kelas atas.

    “Dianggap selama mereka bekerja, tidak menganggur, buat apa dibantu pemerintah?” kata Bhima.

    “Jadi memang kebijakannya ‘bolong di tengah’. Meski ada pertumbuhan ekonomi, kelas menengah tidak menikmati itu,” kata dia menambahkan.