kab/kota: Jabodetabek

  • Menteri LH Kukuhkan Satgas Langit Biru Pertama di Jabodetabek – Page 3

    Menteri LH Kukuhkan Satgas Langit Biru Pertama di Jabodetabek – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol mengukuhkan Satgas Langit Biru yang dibentuk di Kota Tangerang, Sabtu (9/8/2025). Kota Tangerang pun menjadi wilayah pertama di Jabodetabek yang memiliki satuan tugas untuk penanggulangan polusi udara.

    Pengukuhan tersebut berlangsung di Tugu Adipura, Jalan Veteran, Kota Tangerang. Dimana, di wilayah tersebut juga tengah berlangsung Car Free Day (CFD).

    “Kota Tangerang saat ini menjadi satu-satunya di wilayah Jabodetabek yang mendeklarasikan dirinya untuk menciptakan langit biru,” ungkap Menteri Hanif.

    Menurutnya, langkah ini dinilai cukup berani. Terlebih di dalam satgas juga ada Wali Kota Tangerang, Sekda, dinas terkait hingga lintas sektoral yang juga melibatkan pihak swasta, untuk bersama-sama memerangi penyebab polusi udara.

    “Kehadiran wali kota ini cukup berani, saya bangga soal itu. Ditambah langkah berani didukung oleh Forkominda, mudah-mudahan petugas, aparat terkait juga, sama-sama kita bisa mengembalikan lagi langit biru di Kota Tangerang,”ujarnya.

    Menteri LH pun memberi jaminan, bila pimpinan daerahnya saja sudah di depan, untuk memerangi polusi udara di wilayah, maka dirinya bersama kementerian LH pun berada di belakang untuk memberikan dukungan.

    Sebab, berdasarkan data, di Kota Tangerang itu dalam 30 hari, sebanyak 10 harinya atau 30 persen kualitas udaranya buruk. Dia pun berpesan untuk segera memperbaikinya.

    “Tercatat pula, ada 480 cerobong asap di 7 kawasan industri di wilayah ini. Juga ada 2 juta unit kendaraan, jadi ini catatan penyumbang polusi. Maka harus diawasi, lakukan uji emisi,” ujarnya.

     

  • UMKM Perempuan Naik Kelas Lewat AI, Ini Daftar Pemenang SisBerdaya dan DisBerdaya 2025 – Page 3

    UMKM Perempuan Naik Kelas Lewat AI, Ini Daftar Pemenang SisBerdaya dan DisBerdaya 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Lebih dari 5.000 perempuan pelaku usaha, termasuk 100 perempuan penyandang disabilitas, kini dapat merasakan dampak nyata teknologi digital dalam pengembangan bisnis mereka.

    Hal ini berkat program SisBerdaya dan DisBerdaya 2025 yang digagas DANA bersama Ant International.

    Memasuki tahun ketiga, ajang yang mengusung tema “Memajukan Bisnis dengan Teknologi” ini mengumumkan 35 pemenang yang berhasil memanfaatkan inovasi, termasuk kecerdasan buatan (AI), untuk meningkatkan produktivitas.

    “Sebelum ikut SisBerdaya, saya hanya menjual produk ke tetangga,” ungkap Iis Sadiyah, pemilik Alfazza Farm dan Pemenang SisBerdaya 2025 Area 3 (Jabodetabek), sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (9/8/2025).

    Dia menambahkan, “Sekarang saya bisa memasarkan lewat media sosial dan marketplace, dan pesanan pun semakin meningkat.”

    Peserta Membludak, Dampak Meluas

    Tahun ini, ajang SisBerdaya mampu menarik lebih dari 5.000 peserta dari tiga wilayah utama (Barat, Timur, dan Jabodetabek) meningkat 176 persen dibanding tahun sebelumnya.

     

  • Mau Punya Alfamart Sendiri? Ini Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan

    Mau Punya Alfamart Sendiri? Ini Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan

    Jakarta

    Alfamart merupakan salah satu jaringan waralaba minimarket terbesar di Indonesia. Jaringan minimarket ini setidaknya sudah memiliki ribuan gerai yang tersebar luas di Tanah Air. Lantas bagaimana syarat dan biaya buka gerai Alfamart sendiri pada 2025 ini?

    Melansir dari situs resmi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (alfamart.co.id), berikut biaya, syarat, hingga cara buka gerai Alfamart sendiri:

    Biaya Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    Pada dasarnya terdapat tiga jenis kerja sama franchise Alfamart yang bisa dipilih pelanggan, yakni Franchise Gerai Baru, Franchise Gerai Baru – Konversi, dan Franchise Gerai Take Over.

    Setiap jenis kerja sama ini memerlukan biaya modal yang berbeda-beda. Namun untuk Franchise Gerai Baru, setidaknya pihak alfamart sudah menyiapkan estimasi modal berdasarkan luas toko dan tipe gerai, seperti:

    – Tipe gerai 9 rak (30 m2): Rp 300 jt
    – Tipe gerai 18 rak (60 m2): Rp 350 jt
    – Tipe gerai 36 rak (80 m2): Rp 450 jt
    – Tipe gerai 45 rak (100 m2): Rp 500 jt

    Modal investasi tersebut sudah mencakup:

    – Biaya franchise fee sebesar Rp 45 juta untuk 5 tahun
    – Instalasi listrik
    – Peralatan gerai dan air conditioner
    – Cash register dan sistem informasi ritel
    – Shop sign dan pole sign
    – Perizinan gerai
    – Promosi dan persiapan pembukaan gerai

    Sebagai catatan, nilai estimasi investasi tersebut di luar investasi properti dan dapat berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai.

    Sedangkan untuk biaya buka Alfamart pada 2025 melalui skema Gerai Take Over bervariasi mulai dari Rp 800 Juta. Besarnya niaya investasi untuk Take Over atau ambil alih gerai Alfamart ini bergantung kepada harga sewa lokasi dan sales perharinya

    Biaya Royalti Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    Bagi mitra yang membuka gerai Alfamart akan dikenakan royalti. Nah, royalti tersebut dihitung secara progresif dan dibayarkan kepada Alfamart tergantung dari jumlah penjualan bersih bulanan gerai yang bersangkutan dan belum termasuk pajak.

    Berikut biaya royalti gerai reguler untuk wilayah Jabodetabek, Karawang, dan Serang:

    – 0% untuk penjualan bersih Rp 0 sampai Rp 200.000.000
    – 2% untuk penjualan bersih Rp 200.000.001 sampai Rp 225.000.000
    – 3% untuk penjualan bersih Rp 225.000.001 sampai Rp 275.000.000
    – 4% untuk penjualan bersih Rp 275.000.001 hingga seterusnya.

    Syarat Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    1. Memiliki minat di industri minimarket
    2. Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan)
    3. Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 100 m2 (diluar gudang dan ruang administrasi). Total keseluruhan lahan ± 150 m2 s.d. 250 m2
    4. Memenuhi persyaratan perizinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, SIUP, TDP/NIB, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM (berbeda-beda setiap daerah).
    5. Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

    Langkah Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    1. Usulan Lokasi

    Pendaftaran buka Alfamart sendiri 2025 dimulai dengan usulan lokasi dilakukan melaluiwww.alfamartku.com. Pastikan mengisi lengkap formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan denah serta foto tampak depan.

    2. Proposal & Persetujuan

    Proposal yang disajikan akan mencakup kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB dan proyeksi keuangan. Jika semua disetujui maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

    3. Perjanjian Waralaba

    Perjanjian Waralaba mencakup berbagai aspek hak dan kewajiban Para Pihak yang harus sudah di setujui kedua belah pihak sebelum tahapan pembukaan gerai dimulai.

    4. Grand Opening

    Setelah tahapan persetujuan proposal, penandatangan Perjanjian Waralaba, renovasi, pengurusan perizinan, dan setup maka gerai siap beroperasi.

    Demikian informasi seputar cara, syarat dan biaya buka Alfamart sendiri di 2025. Semoga informasi ini bermanfaat ya detikers!

    (fdl/fdl)

  • Mau Punya Alfamart Sendiri? Ini Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan

    Mau Punya Alfamart Sendiri? Ini Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan

    Jakarta

    Alfamart merupakan salah satu jaringan waralaba minimarket terbesar di Indonesia. Jaringan minimarket ini setidaknya sudah memiliki ribuan gerai yang tersebar luas di Tanah Air. Lantas bagaimana syarat dan biaya buka gerai Alfamart sendiri pada 2025 ini?

    Melansir dari situs resmi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (alfamart.co.id), berikut biaya, syarat, hingga cara buka gerai Alfamart sendiri:

    Biaya Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    Pada dasarnya terdapat tiga jenis kerja sama franchise Alfamart yang bisa dipilih pelanggan, yakni Franchise Gerai Baru, Franchise Gerai Baru – Konversi, dan Franchise Gerai Take Over.

    Setiap jenis kerja sama ini memerlukan biaya modal yang berbeda-beda. Namun untuk Franchise Gerai Baru, setidaknya pihak alfamart sudah menyiapkan estimasi modal berdasarkan luas toko dan tipe gerai, seperti:

    – Tipe gerai 9 rak (30 m2): Rp 300 jt
    – Tipe gerai 18 rak (60 m2): Rp 350 jt
    – Tipe gerai 36 rak (80 m2): Rp 450 jt
    – Tipe gerai 45 rak (100 m2): Rp 500 jt

    Modal investasi tersebut sudah mencakup:

    – Biaya franchise fee sebesar Rp 45 juta untuk 5 tahun
    – Instalasi listrik
    – Peralatan gerai dan air conditioner
    – Cash register dan sistem informasi ritel
    – Shop sign dan pole sign
    – Perizinan gerai
    – Promosi dan persiapan pembukaan gerai

    Sebagai catatan, nilai estimasi investasi tersebut di luar investasi properti dan dapat berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai.

    Sedangkan untuk biaya buka Alfamart pada 2025 melalui skema Gerai Take Over bervariasi mulai dari Rp 800 Juta. Besarnya niaya investasi untuk Take Over atau ambil alih gerai Alfamart ini bergantung kepada harga sewa lokasi dan sales perharinya

    Biaya Royalti Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    Bagi mitra yang membuka gerai Alfamart akan dikenakan royalti. Nah, royalti tersebut dihitung secara progresif dan dibayarkan kepada Alfamart tergantung dari jumlah penjualan bersih bulanan gerai yang bersangkutan dan belum termasuk pajak.

    Berikut biaya royalti gerai reguler untuk wilayah Jabodetabek, Karawang, dan Serang:

    – 0% untuk penjualan bersih Rp 0 sampai Rp 200.000.000
    – 2% untuk penjualan bersih Rp 200.000.001 sampai Rp 225.000.000
    – 3% untuk penjualan bersih Rp 225.000.001 sampai Rp 275.000.000
    – 4% untuk penjualan bersih Rp 275.000.001 hingga seterusnya.

    Syarat Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    1. Memiliki minat di industri minimarket
    2. Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan)
    3. Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 100 m2 (diluar gudang dan ruang administrasi). Total keseluruhan lahan ± 150 m2 s.d. 250 m2
    4. Memenuhi persyaratan perizinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, SIUP, TDP/NIB, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM (berbeda-beda setiap daerah).
    5. Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

    Langkah Buka Gerai Alfamart Sendiri di 2025

    1. Usulan Lokasi

    Pendaftaran buka Alfamart sendiri 2025 dimulai dengan usulan lokasi dilakukan melaluiwww.alfamartku.com. Pastikan mengisi lengkap formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan denah serta foto tampak depan.

    2. Proposal & Persetujuan

    Proposal yang disajikan akan mencakup kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB dan proyeksi keuangan. Jika semua disetujui maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

    3. Perjanjian Waralaba

    Perjanjian Waralaba mencakup berbagai aspek hak dan kewajiban Para Pihak yang harus sudah di setujui kedua belah pihak sebelum tahapan pembukaan gerai dimulai.

    4. Grand Opening

    Setelah tahapan persetujuan proposal, penandatangan Perjanjian Waralaba, renovasi, pengurusan perizinan, dan setup maka gerai siap beroperasi.

    Demikian informasi seputar cara, syarat dan biaya buka Alfamart sendiri di 2025. Semoga informasi ini bermanfaat ya detikers!

    (fdl/fdl)

  • Lion Parcel Catat Pertumbuhan 40%, Pacu Hub Baru

    Lion Parcel Catat Pertumbuhan 40%, Pacu Hub Baru

    Bisnis.com, JAKARTA—Lion Group berencana menambah sejumlah hub atau pusat distribusi dan infrastruktur logistik seiring dengan pertumbuhan volume pengiriman pada 2025.

    CEO Lion Parcel Farian Kirana menyampaikan pada semester I/2025 volume pengiriman Lion Parcel meningkat sekitar 40% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik, harapannya peningkatan kinerja perseroan terus berlanjut hingga akhir tahun.

    “Pertumbuhan 40% pada semester I/2025 itu dari sisi tonase. Tentunya [pertumbuhan] omzet berbanding lurus, meski angkanya tidak bisa kami bagikan. Kami harap bisa menjaga pertumbuhan itu hingga akhir tahun,” ujarnya kepada Bisnis usai peresmian Lion Hub Halim, Jumat (8/8/2025).

    Menurutnya, bisnis Lion Parcel didukung segmen yang bervariasi mulai dari individu, korporasi, e-commerce, hingga social commerce. Perusahaan juga menjalin kerja sama dengan pemain logistik lainnya, seperti Pos Indonesia, untuk memperluas jangkauan pasar.

    Farian menyampaikan ke depan Lion Group berencana menambah hub atau pusat distribusi dan infrastruktur logistik. Setelah melakukan peresmian Lion Hub Halim, perusahaan akan mengembangkan hub di Medan, Surabaya, dan Ujung Pandang.

    Dalam mengembangkan hub baru, perusahaan terafiliasi Rusdi Kirana tersebut terbuka dengan skema kerja sama, ataupun menggunakan cadangan lahan (land bank) milik sendiri. Ekspansi hub diharapkan menunjang operasional Lion Parcel yang telah mencapai ketepatan waktu hingga 97%.

    “Harapannya tahun ini tercapai semua pengembangan hub baru tersebut. Kami melihat pertumbuhan pengiriman bukan hanya di kota-kota besar, bahkan di luar Jawa pertumbuhannya lebih tinggi,” imbuhnya.

    Di Jabodetabek, Lion Group sudah memiliki 6 hub, dan mencapai sekitar 200 hub di seluruh Indonesia. Kapasitas pengiriman paket masing-masing hub berbeda, bergantung kepada kebutuhan pelanggan di wilayah tersebut.

    Lion Hub Halim

    Lion Group meresmikan Lion Hub Halim di kawasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Jumat (8/8/2025). Fasilitas seluas 6.000 m2 ini mengintegrasikan Tempat Penimbunan Sementara (TPS), cross docking, dan Regulated Agent (RA) dalam satu kawasan.

    Farian menyampaikan Lion Hub Halim mengambil peran penting dalam peningkatan proses operasional lini bisnis logistik Lion Group secara menyeluruh, mulai dari first mile, middle mile, hingga last mile. Fasilitas ini mampu menangani hingga 150 ton paket per hari

    “Peresmian Lion Hub Halim merupakan langkah strategis Lion Group dalam merespons kebutuhan logistik yang terus meningkat. Didukung kapasitas besar dan fasilitas multi gate loading dock, fasilitas ini mampu menangani hingga 150 ton paket per hari, ” ujar Farian.

    Dari sisi first dan last mile, Lion Hub Halim akan menjadi pusat distribusi penting bagi pengiriman dari dan ke wilayah timur Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, lokasinya yang strategis, 5 menit menuju akses ke jaringan Tol Trans Jawa dan 3 menit menuju infrastruktur bandara memungkinkan pergerakan middle mile yang lebih efisien.

    Lion Hub Halim juga memfasilitasi arus pergerakan barang yang akan dikirim melalui armada laut sehingga memperkuat konektivitas pengiriman multimoda dan memperluas jangkauan distribusi ke berbagai wilayah kepulauan di Indonesia. Kombinasi fungsi ini menjadikan Lion Hub Halim sebagai titik operasional kunci dalam mempercepat dan mengoptimalkan proses pengiriman Lion Group baik melalui moda darat, laut, dan udara.

    Lion Hub Halim juga dilengkapi dengan fasilitas X-ray yang terintegrasi dengan sistem Regulated Agent (RA) untuk mendukung proses pemeriksaan barang yang akan dikirimkan melalui jalur udara. Kehadiran X-ray memungkinkan proses pemindaian dilakukan lebih awal sebelum tiba di bandara, sehingga mempercepat alur pengiriman dan meminimalkan potensi antrean pemeriksaan.

    Ke depan, fasilitas X-ray akan terus dikembangkan di berbagai gudang di kota-kota lain sebagai bagian dari standar keamanan dan kecepatan pengiriman.

    Sebagai bagian dari perluasan layanan dan optimalisasi pemanfaatan fasilitas logistik, Lion Hub Halim juga dilengkapi dengan Tempat Penimbunan Sementara (TPS). Area ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan sementara bagi barang-barang yang akan dikirim.

    Keberadaan TPS ini memungkinkan perusahaan seperti agen kargo, industri manufaktur, farmasi, marketplace, serta yang paling penting para UMKM untuk menyimpan dan mengelola barang mereka secara lebih fleksibel sebelum dikirim, sekaligus mempercepat proses konsolidasi dan distribusi barang. Fasilitas ini turut memperluas potensi kolaborasi dengan berbagai pelaku usaha dalam mendukung proses operasional mereka.

    Sebagai bagian dari standar operasional Lion Group yang telah go digital, Lion Hub Halim telah terintegrasi dengan sistem berbasis teknologi yang memungkinkan pembaruan status pengiriman dilakukan secara otomatis.

    Dengan sistem ini, pelanggan dapat memantau pergerakan barang secara real time, mulai dari proses sortir hingga pengiriman, sehingga memberikan transparansi dan kepastian dalam setiap tahap pengiriman.

  • Jabodetabek Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini

    Jabodetabek Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini

    Jakarta

    BMKG menyampaikan prediksi cuaca di Jakarta dan sekitarnya hari ini. Wilayah Jabodetabek diprediksi mengalami hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

    Prakiraan cuaca BMKG ini disampaikan melalui akun Instagram resminya @infobmkg dilihat detikcom, Jumat (8/8/2025). Prakiraan cuaca itu berlaku untuk Jumat 8 Agustus 2025 pukul 07.00 WIB hingga Sabtu 9 Agustus 2025 pukul 07.00 WIB.

    “Produk prakiraan ini mengacu pada keluaran model digital,” tulis BMKG.

    Berikut prakiraan cuaca BMKG di Jabodetabek:

    Hujan dengan Intensitas Ringan
    – Jakarta Pusat
    – Jakarta Barat
    – Jakarta Selatan
    – Jakarta Timur
    – Jakarta Utara
    – Kepulauan Seribu
    – Kabupaten Bekasi
    – Kota Bekasi
    – Kota Depok
    – Kota Tangerang
    – Kota Tangerang Selatan

    Hujan dengan Intensitas Lebat
    – Nihil

    Hujan dengan Intensitas Sangat Lebat
    – Nihil

    (dek/haf)

  • KAI Tambah 14 Perjalanan Selama Libur Nasional 18 Agustus 2025, Ini Daftarnya

    KAI Tambah 14 Perjalanan Selama Libur Nasional 18 Agustus 2025, Ini Daftarnya

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah enam KA tambahan dengan total 14 perjalanan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 RI dan libur nasional pada 18 Agustus 2025. 

    Melalui akun media sosial resmi KAI di platform Instagram @kai121_, menyampaikan bahwa kereta api tambahan ini disediakan dalam rangka libur panjang atau long weekend Kemerdekaan RI pada Minggu (17/8/2025) yang dilanjutkan libur nasional keesokan harinya. 

    “Yang mau pulkam [pulang kampung] atau travelling tapi takut kehabisan tiket, jangan khawatir, ada kereta api tambahan yang siap menemani libur Kemerdekaan,” tulis KAI, dikutip pada Kamis (7/8/2025). 

    Bukan hanya armada tambahan, tetapi KAI turut memberikan sarana tambahan pada kereta api yang akan berangkat pada 18 Agustus tersebut, berupa tempat duduk baru. 

    Seluruh kereta tidak lagi menggunakan kursi tegak tanpa pembatas. Kini, kursi telah dimodifikasi dan ruang kaki penumpang lebih lega dan nyaman. 

    Terlebih, dengan adanya pembaruan kursi, jumlah penumpang dalam satu gerbong pun juga berkurang. Di mana kereta ekonomi dengan Premium Seat dan New Image berkapasitas 80 tempat duduk. 

    Sementara kereta ekonomi dengan Stainless Steel New Generation dan New Generation Modifikasi berkapasitas 72 seat pada setiap gerbongnya.

    Sebagian besar KA tambahan ini memiliki jam keberangkatan pada malam hari. Hanya KA Purwajaya 50F dan 53F relasi Gambir-Cilacap dan Cilacap-Gambir dengan keberangkatan masing-masing pada pukul 07.00 WIB dan 06.55 WIB. 

    Adapun, moda transportasi kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan, khususnya di Pulau Jawa. Hal tersebut tercermin dari jumlah penumpang angkutan kereta Jawa non-Jabodetabek yang mengalami peningkatan 9,57% (year on year/YoY) pada semester I/2025. 

    Di mana pada periode Januari—Juni 2025 tercatat sebanyak 48,15 juta penumpang yang menggunakan kereta Jawa non-Jabodetabek. Sementara pada periode Juni 2025 saja, terdapat 9 juta penumpang atau tumbuh 9,88% (month to month/MtM). 

    Sementara secara kumulatif, jumlah penumpang kereta selama Januari–Juni 2025 mencapai 261,8 juta orang atau naik 9,27% dibanding periode yang sama tahun 2024. Artinya, jumlah penumpang kereta Jawa non-Jabodetabek menjelaskan 18,39% dari total penumpang kumulatif. 

    Berikut Daftar Kereta Tambahan per 18 Agustus 2025: 

    KA Purwojaya Gambir-Cilacap (50F)

    KA Purwojaya CP-GMR (53F)

    KA Purwojaya GMR-CP (58F)

    KA Purwojaya CP-GMR (57F)

    KA Sancaka Surabaya Gubeng-Yogyakarta (87F)

    KA Sancaka YK-SGU (88F)

    KA Cirebon Fakultatif Cirebon-Gambir (125F)

    KA Cirebon Fakultatif GMR-CN (126F) 

    KA Parahyangan Fakultatif Bandung-Gambir (141F)

    KA Parahyangan Fakultatif GMR-BD (142F)

    KA Kaligung Semarang Poncol-Tegal (221F)

    KA Kaligung TG-SMC (222F)

    KA Batavia Solo Balapan-Gambir (7005)

    KA Batavia GMR-SLO (7006)

  • Dari Teras Rumah ke Panggung Nusantara: Kisah Kak Awam dan Kampung Dongeng
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        7 Agustus 2025

    Dari Teras Rumah ke Panggung Nusantara: Kisah Kak Awam dan Kampung Dongeng Megapolitan 7 Agustus 2025

    Dari Teras Rumah ke Panggung Nusantara: Kisah Kak Awam dan Kampung Dongeng
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com
    – Di ujung Jalan Musyawarah, Kelurahan Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, berdiri sebuah rumah sederhana bercat putih.
    Meski tampak biasa dari luar, rumah ini menyimpan keajaiban yang tidak banyak orang tahu, tempat di mana imajinasi anak-anak tumbuh dan hidup.
    Saat melewati pagar rumah, suasana teduh langsung menyambut siapa pun yang datang.
    Sepoi angin membelai pepohonan, menciptakan suasana sejuk dan asri di halaman seluas sekitar 140 meter persegi itu.
    Di halaman itu pula, terpampang papan kayu bertuliskan “Kampung Dongeng”.
    Inilah rumah yang menjadi panggung bagi cerita-cerita ajaib. Rumah yang menjadi pusat pergerakan literasi berbasis komunitas bagi para pendongeng.
    Tepat di teras rumah, berdiri empat rak tingkat yang dipenuhi aneka buku, mulai dari cerita rakyat, dongeng nusantara, hingga buku pengetahuan.
    Warna-warni sampul buku yang tersusun rapi seolah-olah memanggil para tamu, baik anak-anak maupun dewasa, untuk membaca dan larut dalam dunia cerita.
    Di panggung itulah, sang pemilik rumah kerap berbagi cerita yang menyenangkan untuk anak-anak lewat suara dan ekspresi.
    Siapa pun yang mendengar sang pemilik rumah bercerita bakal larut dalam dunia dongeng yang seru dan mendidik.
    Pemilik rumah itu adalah Muhammad Awam Prakoso atau akrab dipanggil Kak Awam. Ia lahir di Blora, Jawa Tengah, 18 Mei 1973.
    “Saya bikin panggung kecil di rumah. Jadi sebelum mulai ke luar itu, saya mulai melakukan ke istri dan anak saya. Saya pokoknya setiap hari Senin dulu ya, maksudnya Senin malam itu saya suka mendongeng bersama anak-anak di rumah,” kenang Awam saat ditemui
    Kompas.com,
    Kamis (7/8/2025).
    Cerita-cerita itu awalnya hanya untuk buah hati Awam. Namun, perlahan, suara Awam menarik perhatian anak-anak tetangga.
    Lingkaran ini kemudian membesar, menjangkau anak-anak di RW, kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten/kota dan provinsi. Awam menyebut gerakan ini seperti obat nyamuk bakar.
    “Saya melakukan analogi obat nyamuk bakar. Obat nyamuk yang mau dibakar itu biasanya dibakar dari pinggir, ini saya bakar dari tengah. Jadi semangat literasi itu dimulai dari keluarga saya,” kata dia.
    Meski kini dikenal sebagai pendongeng nasional, jalan hidup Awam tidak bermula dari dunia literasi. Ia justru menempuh pendidikan di jurusan Keuangan dan Perbankan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ahmad Dahlan Jakarta.
    Namun, ketertarikan pada seni peran sudah muncul sejak masa SMP dan SMA. Awam aktif di panggung-panggung teater hingga perguruan tinggi.
    Perjumpaannya dengan tokoh-tokoh seperti Pak Raden dan Kak Seto memperkuat panggilan hatinya untuk terjun ke dunia anak.
    Sejak itu, ia giat mendalami teknik bercerita, mencari referensi dari dalam dan luar negeri.
    Tidak hanya itu, ia juga mengembangkan gaya mendongengnya sendiri dengan menggunakan tiga lapis suara, yaitu narasi, tokoh, dan ilustrasi efek suara.
    Kemudian, suara alam, binatang, hingga suara lucu seperti sapi kejepit, semua menjadi bagian dari pertunjukan yang hidup dan mendidik.
    Namun, seiring waktu, undangan mendongeng dari berbagai daerah semakin banyak. Dari sekolah hingga instansi pemerintahan Awam terima sehingga tak jarang membuatnya kewalahan.
    “Masa iya semuanya saya yang tangani? Capek juga,” kata dia.
    Lalu, muncul ide untuk membuka kelas pelatihan bagi pendongeng pemula. Awam memulainya dari Jabodetabek, lalu meluas.
    Dari sinilah lahir gerakan Kemah Dongeng, tempat para calon pendongeng digembleng. Sebagian besar dari mereka kemudian ikut bergabung dalam komunitas yang dibentuk Awam pada 2009 bernama Kampung Dongeng.
    Kini, Kampung Dongeng punya lebih dari 300 titik di seluruh Indonesia, tersebar dari Pulau Jawa hingga Maluku dan Papua.
    Bagi Awam, dongeng bukan sekadar hiburan. Menurutnya, dongeng adalah media literasi yang bisa menyampaikan pesan-pesan penting secara halus dan menyenangkan.
    Contohnya, kata dia, melalui dongeng, anak-anak bisa belajar nilai gizi, mencintai rupiah, bahkan memahami konsep hak cipta.
    “Ternyata dongeng ini sebuah kendaraan, dongeng itu sebuah kendaraan apa pun bidangnya. Setelah saya pelajari betul itu semuanya bisa disampaikan melalui dongeng,” kata dia.
    Ia pun tak segan menyuarakan kritik terkait literasi yang dianggap belum sepenuhnya merdeka.
    Alasannya, masih banyak anak-anak yang terpaku dengan ponsel dibandingkan buku atau aktivitas apa pun yang ramah anak.
    “Apabila kita kaitkan dengan merdeka literasi ya sebetulnya mereka harus mendapatkan berbagai layanan akses. Makanya terkait dengan buku, apakah buku itu mudah ditemukan? dan pada kenyataannya tidak,” tegas dia.
    Awam menekankan pentingnya akses dan aktivasi relawan literasi di seluruh negeri. Bukan sekadar menyalurkan buku, tapi juga membangun hubungan antara anak dan cerita.
    Kini, dua dekade lebih sejak Awam mendongeng untuk anaknya sendiri, semangatnya tak padam.
    Awam terus memberikan dari satu panggung ke panggung lain. Bagi Awam, rumah menjadi panggung pertama yang paling penting.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ekonomi Melambat Permintaan Modal UMKM Justru Meroket, Apa Rahasianya? – Page 3

    Ekonomi Melambat Permintaan Modal UMKM Justru Meroket, Apa Rahasianya? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Meskipun kondisi ekonomi sedang melambat, minat pelaku UMKM untuk mengajukan permodalan, baik untuk memulai maupun mengembangkan usaha, justru meningkat.

    Permintaan pembiayaan ini tidak hanya tinggi di perbankan, tetapi juga di lembaga non-bank.

    “Tantangan ekonomi tahun ini memang cukup menantang. Tapi saya rasa, kemajuan UMKM masih menggeliat. Saya rasa cukup bagus (pengajuan permodalan) di tiap tahunnya,” ujar GM BFI Finance Regional Jabodetabek, Susinto Tenggono, saat ditemui di Pekan Raya BFI Finance, Tangcity Mall, Kota Tangerang, Kamis (7/8/2025).

    Berdasarkan data BFI Finance wilayah Jabodetabek secara keseluruhan, perusahaan ini mengelola lebih dari 50 ribu kontrak piutang yang telah dikucurkan kepada UMKM, dengan nilai setara sekitar Rp4 triliun.

    “Mengapa kami sebut kontrak, bukan nasabah? Sebab, satu nasabah itu bisa memiliki lebih dari satu kontrak. Itu semua digunakan UMKM untuk mengembangkan usahanya,” tutur Susinto.

    Selain menyediakan pembiayaan, Susinto juga menjelaskan bahwa BFI Finance berperan dalam pendampingan dan membuka akses pasar bagi UMKM mitranya.

    Contohnya melalui acara Pekan Raya BFI Finance. Acara ini bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk mengembangkan bisnis dan menjalin kemitraan, sebagai bagian dari pengembangan jangka panjang.

    “Kami menggelar acara ini hingga 10 Agustus mendatang. Selain ada bazar yang diikuti 20 UMKM mitra kami, juga ada sesi berbagi ilmu dan pelatihan yang diisi oleh praktisi, serta ajang konsultasi langsung antar pelaku usaha,” jelasnya.

  • Harga Setara Mobil LCGC, Motor Matic Sultan Ini Laris Manis Dipesan Orang RI

    Harga Setara Mobil LCGC, Motor Matic Sultan Ini Laris Manis Dipesan Orang RI

    Jakarta

    Skutik buatan Italia, Italjet Dragster 250, laris manis di Indonesia. Padahal harga skutik nyentrik ini tak murah, mulai Rp 149 jutaan, atau setara harga mobil Low Cost Green Car (LCGC).

    Italjet Dragster 250 kali pertama diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 pada Februari lalu oleh PT Cuprum Performance Indonesia selaku APM (Agen Pemegang Merek) Italjet di Indonesia. Sejak Februari hingga awal Agustus, motor ini tercatat sudah dipesan sebanyak 50 unit.

    PT Cuprum Performance Indonesia pun melakukan serah terima unit perdana Italjet Dragster 250 kepada tiga konsumen pertama mereka yang berasal dari Kota Jakarta dan Balikpapan dalam sebuah seremoni eksklusif di Wong Bistro, Senopati, Jakarta pada Rabu (6/8/2025).

    Motor matic Italjet Dragster 250 laris manis dipesan konsumen Indonesia Foto: Dok. Italjet

    Unit-unit yang diserahkan termasuk Dragster 250 Reguler, Dragster 250 Malossi Edition, dan Dragster 250 Gresini Edition-varian yang diklaim mendapat sambutan luar biasa dari para pecinta otomotif Tanah Air, khususnya di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Kalimantan.

    “Momentum ini adalah bukti konkret dari dedikasi kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen Italjet yang telah menaruh kepercayaannya sejak awal tahun ini. Batch pertama yang kami distribusikan terdiri dari 50 unit yang mayoritas dipesan adalah edisi Malossi, dengan tampilan livery cerah yang begitu ikonik,” ujar Irwansyah Said, General Manager Italjet Indonesia, dalam keterangan resminya.

    Sebagai bentuk apresiasi, para konsumen awal Italjet akan menikmati berbagai keuntungan eksklusif seperti layanan after-sales gratis untuk servis pertama (termasuk oli dan jasa), serta garansi resmi selama satu tahun.

    Sebagai informasi, Dragster 250 hadir dengan pembaruan signifikan pada sektor jantung pacu yang kini memenuhi standar Euro5, namun tetap mempertahankan DNA khas Italjet berupa rangka steel-tube trellis yang terintegrasi dengan plat aluminium cetak, serta sistem kemudi revolusioner Independent Steering System (I.S.S.).

    Dengan mesin 250cc, DOHC satu silinder, empat katup dan pendingin cairan, Dragster 250 mampu menghasilkan tenaga maksimum 22,3 dk pada 8.250 rpm dan torsi 21 Nm pada 6.250 rpm.

    Harga Italjet Dragster 250 OTR Jakarta:

    1. Dragster 250 Reguler: Rp 149.500.000
    2. Dragster 250 Malossi Edition: Rp 155.000.000
    3. Dragster 250 Gresini Edition: Rp 162.000.000

    Saat ini, unit Italjet tersedia di Flagship Store Italjet Indonesia yang berlokasi Jakarta Selatan. Pengembangan jaringan dealer akan dilanjutkan secara bertahap di Yogyakarta, Surabaya, dan Bali, guna memperluas penetrasi pasar dan memperkuat layanan purnajual.

    Selain itu, Italjet akan hadir di berbagai ajang besar seperti IMOS 2025 dan jadi bagian dari MotoGP Mandalika 2025 sebagai pendukung tim balap Gresini Italjet. Komunitas Italjet pun mulai tumbuh, dan akan didukung oleh program aktivasi seperti city ride, long ride, hingga gathering komunitas.

    (lua/dry)