kab/kota: Jabodetabek

  • Stasiun Jatake Bakal Beroperasi pada 2025 – Page 3

    Stasiun Jatake Bakal Beroperasi pada 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter bakal segera mengoperasikan Stasiun Jatake. Stasiun baru KRL Commuter Line Jabodetabek ini berada di lintas Tanah Abang-Rangkasbitung, yang berlokasi di antara Stasiun Cicayur dan Stasiun Parungpanjang. 

    Manager Public Relations KAI Commuter Leza Arlan mengatakan, Jatake akan menjadi stasiun baru pertama yang akan beroperasi dalam waktu dekat. Namun, pembukaannya untuk lalu lintas KRL Jabodetabek masih menunggu arahan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

    “Mungkin yang paling dekat kan nanti Jatake. Itu kan nanti tinggal nunggu dari DJKA-nya kapan (dibuka). Kan udah mau selesai Jatake,” ujar dia saat ditemui di Kantor pusat KAI Commuter, Jakarta, Jumat (12/9/2025).

    Menurut estimasinya, Stasiun Jatake bisa segera diresmikan dan beroperasi pada 2025 ini. “Kayaknya tahun ini. Sudah jadi, tinggal peresmian dan operasional. Pokoknya yang paling dekat Jatake,” kata Leza. 

    Berdasarkan informasi per akhir Juli 2025, pembangunan Stasiun Jatake yang dimulai sejak Januari 2024 telah mencapai sekitar 92,78 persen untuk konstruksi fisik. 

     

     

  • Laris Manis! Sudah Segini AION UT Dipesan Orang Indonesia

    Laris Manis! Sudah Segini AION UT Dipesan Orang Indonesia

    Jakarta

    AION UT resmi diperkenalkan di pameran GIIAS 2025 lalu. Mobil listrik asal China ini menjadi pendatang baru di segmen EV hatchback kapasitas lima penumpang. Seberapa banyak mobil ini terjual di Indonesia?

    “AION UT sendiri saat ini collecting order-nya sudah lebih dari 2.500 SPK (surat pemesanan kendaraan) ya. Penyebarannya terbesar tentunya masih di kawasan Jabodetabek. Kemudian Pulau Jawa (secara keseluruhan) dan Pulau Sumatra dan sekitarnya,” bilang CEO of GAC Indonesia, Andry Ciu, di Jakarta, Rabu (10/9/2025).

    Sebagai informasi, AION UT mengusung konsep mobil listrik urban yang dinamis. Model ini tersedia dalam dua varian, Standard dan Premium. AION UT resmi dijual dengan harga Rp 325 juta buat varian Standard dan Rp 363 juta untuk varian Premium. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

    Dari sisi desain, AION UT menghadirkan tampilan luar yang memperlihatkan desain streamline body, atap melayang (floating roof), dan lampu utama yang terinspirasi bentuk mata burung hantu. Matrix cube light pada lampu sein dan lampu belakang menguatkan aura mobil khas Milan.

    Secara dimensi, AION UT memiliki panjang 4.270 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.575 dengan wheelbase 2.750 mm. Soal performa, varian Standard AION UT bisa tempuh jarak 400 km (NEDC) dan versi Premium AION UT sanggup menempuh jarak hingga 500 km (NEDC).

    Proses pengisian daya mobil ini juga super cepat, ngecas dari 30 persen hingga 80 persen hanya butuh 24 menit dengan DC fast charging type CCS2.

    AION UT akan dikirim ke konsumen mulai bulan Oktober 2025. Untuk menjamin kepuasan konsumen, GAC Indonesia memberi garansi seumur hidup buat komponen battery, motor, dan electronic control system. Selain itu juga ada garansi kendaraan selama 8 tahun atau 160 ribu km dan gratis biaya perawatan selama tiga tahun atau 40 ribu km.

    (lua/dry)

  • KPK Tetapkan Rudy Tanoe jadi Tersangka Korupsi Pengangkutan Bansos

    KPK Tetapkan Rudy Tanoe jadi Tersangka Korupsi Pengangkutan Bansos

    Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo alias Rudy Tanoe (BRT), Komisaris Utama PT Dosni Roha Logistik (DNR Logistics) sekaligus Direktur Utama PT Dosni Roha Indonesia, sebagai salah satu tersangka kasus dugaan korupsi pengangkutan penyaluran bantuan sosial di Kementerian Sosial.

    Hal tersebut diketahui saat Juru Bicara KPK Budi Prasetyo merespons pengajuan praperadilan Rudy Tanoe mengenai penetapan status tersangka. 

    “KPK menghormati hak hukum saudara BRT dalam pengajuan praperadilan,” ujar Budi dilansir dari Antara, Kamis (11/9/2025). 

    Sebelumnya, KPK mengusut kasus terkait bansos di Kemensos, dimulai dari perkara dugaan suap dalam pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek pada lingkungan Kemensos tahun 2020, yakni pada 6 Desember 2020.

    Salah satu tersangka dalam kasus itu adalah mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, yang kini sudah menerima vonis dan tengah mendekam di penjara.  

    Pada 15 Maret 2023, KPK mengumumkan penyidikan dugaan korupsi dalam penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kemensos tahun 2020–2021.

    Pada 26 Juni 2024, KPK mengumumkan memulai penyidikan dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial presiden terkait penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek pada Kemensos tahun 2020.

    Sementara itu, pada 19 Agustus 2025, KPK mencegah empat orang untuk bepergian ke luar negeri terkait kasus pengangkutan penyaluran bansos Kemensos, yakni berinisial ES, BRT, KJT, dan HER. 

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, keempat orang tersebut adalah Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Edi Suharto (ES), dan Komisaris Utama PT Dosni Roha Logistik (DNR Logistics) sekaligus Direktur Utama PT Dosni Roha Indonesia Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo (BRT).

    Kemudian Dirut DNR Logistics tahun 2018–2022 Kanisius Jerry Tengker (KJT), dan Direktur Operasional DNR Logistics tahun 2021-2024 Herry Tho (HER).

    Pada tanggal yang sama, KPK mengumumkan telah menetapkan tiga orang dan dua korporasi sebagai tersangka kasus yang merupakan pengembangan perkara penyaluran bansos beras untuk KPM dan PKH tahun 2020–2021, dengan kerugian negara Rp200 miliar.

    Pada 25 Agustus 2025, Rudy Tanoe mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan memohon agar penetapan tersangka tersebut dinyatakan tidak sah serta tidak mempunyai kekuatan hukum.

  • Daftar Harga Motor QJMotor di Bekasi, Termurah Segini

    Daftar Harga Motor QJMotor di Bekasi, Termurah Segini

    Jakarta

    Pendatang baru asal China, QJMotor memperluas ekspansinya ke Bekasi, Jawa Barat. Kini, konsumen setempat bisa memesan produk-produk mereka tanpa harus ke Jakarta. Nah, bagi kalian yang berminat, berikut kami rangkum daftar harga motor QJMotor di kawasan tersebut!

    Disitat melalui rilis resminya, pilihan produk QJMotor yang dipasarkan di dealer Bekasi cukup beragam, ada skuter matic, motor petualang, cruiser, sport, hingga motor gede (moge). Kendaraan-kendaraan tersebut punya tampang unik yang berbeda dibandingkan produk-produk Jepang.

    Produk termurah mereka merupakan motor mungil bernama Cito 150 yang dibanderol mulai dari Rp 31 jutaan. Meski tampangnya sporty, tunggangan itu punya dimensi mikro. Sementara motor-motor lainnya dibanderol cukup beragam.

    Dealer QJMotor di Bekasi. Foto: Doc. QJMotorBerikut Daftar Harga QJMotor di BekasiFort 250: Rp 51.000.000Fort 250 Adventure ABS: Rp 53.290.000SRV 250 AMT: Rp 61.000.000SRV 250 Libero: Rp 71.990.000SRV 600 V: Rp 181.000.000SRK 800 RR: Rp 251.000.000Viento 180 ABS: Rp 34.990.000Tourino 700 SX: Rp 201.000.000Cito 150: Rp 31.990.000.

    Setiap pembelian di dealer resmi QJMotor, konsumen berhak mendapat garansi rangka 5 tahun atau 50 ribu km, garansi mesin 3 tahun atau 36 ribu km, dan garansi kelistrikan 2 tahun atau 24 ribu km.

    QJMotor saat ini memiliki dealer baru di kawasan Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas tersebut dibangun dengan standar layanan 3S (Sales, Service, Spare Parts).

    “Bekasi menjadi lokasi penting karena posisinya yang strategis di Jabodetabek, dengan potensi konsumen yang besar dan beragam. Kehadiran dealer di Bekasi diharapkan dapat memperkuat eksistensi QJMotor sekaligus mendekatkan produk kami ke konsumen,” kata Head of Sales and Marketing QJMotor Indonesia, Budi Kurniawan.

    (sfn/dry)

  • BMKG Kasih Peringatan Cuaca Ekstrem Hantam Jabodetabek, Waspada!

    BMKG Kasih Peringatan Cuaca Ekstrem Hantam Jabodetabek, Waspada!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek mulai 11 hingga 13 September 2025.

    BMKG meminta masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat hingga sangat lebat yang dapat disertai kilat, angin kencang, dan berdampak pada bencana hidrometeorologi.

    Pada 11 September 2025, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

    Sementara itu, hujan lebat hingga sangat lebat berpotensi melanda Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kepulauan Seribu, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, serta Kota Depok.

    Selanjutnya, 12 September 2025, potensi hujan sedang hingga lebat diprakirakan terjadi di Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kota Bekasi, dan Kota Depok.

    Adapun intensitas hujan lebat hingga sangat lebat diperkirakan terjadi di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

    Sedangkan pada 13 September 2025, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi melanda Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok.

    BMKG mengingatkan wilayah tersebut berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi, termasuk banjir, banjir bandang, tanah longsor, hingga pohon tumbang akibat cuaca ekstrem.

    “Kesiapsiagaan adalah kunci dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi dan cuaca ekstrem,” tulis BMKG dalam unggahan di Instagram, dikutip Kamis (11/9/2025).

    Informasi detail mengenai cuaca dengan resolusi lebih tinggi hingga level kelurahan/desa dapat diakses melalui website www.bmkg.go.id dan cuaca.bmkg.go.id, atau melalui aplikasi Info BMKG.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Apple Luncurkan iPhone 17, Harga Generasi Sebelumnya Alami Penurunan

    Apple Luncurkan iPhone 17, Harga Generasi Sebelumnya Alami Penurunan

    Bisnis.com, JAKARTA — Apple memperkenalkan iPhone 17 Pro and iPhone 17 Pro Max dengan desain baru yang menawan dan menghadirkan lompatan performa yang luar biasa. Kedua model dilengkapi A19 Pro, chip paling andal dan efisien yang pernah ada di iPhone, mendukung sistem kamera canggih, pengalaman bermain game tingkat lanjut, dan Apple Intelligence.

    Senior Vice President Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menuturkan dilengkapi dengan ruang uap rancangan Apple yang dilas dengan laser ke unibody aluminium penghantar panas yang kuat dan ringan, iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max menghadirkan performa Apple terbaik yang pernah ada dan lompatan besar dalam kekuatan baterai. Tiga kamera Fusion 48 MP berada utama, ultra wide, dan telefoto yang sepenuhnya baru setara dengan delapan lensa termasuk zoom kualitas optik 8x, yang merupakan zoom terpanjang yang pernah ada di iPhone, dan kamera depan 18MP Center Stage yang inovatif dan semakin menyempurnakan hasil selfie.

    Dengan fitur video baru pertama di industri yang dibuat untuk pembuat film dan kreator konten profesional termasuk ProRes RAW, Apple Log 2, dan genlock, iPhone makin terintegrasi lancar dengan produksi berskala kecil maupun besar. Kedua model dilengkapi pelindung depan Ceramic Shield 2 yang 3x lipat lebih tahan gores, dan untuk pertama kalinya, Ceramic Shield melindungi bagian belakang iPhone.

    “iPhone 17 Pro adalah iPhone paling andal yang pernah kami buat, dengan desain baru yang memukau dan dirancang ulang sepenuhnya untuk memaksimalkan performa dan menghadirkan lompatan besar dalam kekuatan baterai. Dengan tiga kamera Fusion 48 MP, pengalaman kamera depan Center Stage baru, dan berbagai fitur video level pro, peluang kreativitas menjadi tanpa batas. iPhone 17 Pro menetapkan standar baru untuk industri ponsel pintar dan merupakan peningkatan besar bagi pengguna kami dengan kebutuhan paling intensif,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (11/9/2025). 

    Dilansir laman resmi Blibli, iPhone 17 baru dirilis berdampak pada harga iPhone 16 series di Indonesia terpantau mengalami penyesuaian. Harga iPhone 16 series per September 2025 secara umum mengalami penurunan yang bervariasi hingga Rp3 jutaan. Adapun harga iPhone 16 reguler 128 GB pada periode April 2025 dibanderol Rp17 juta. Kini, harga iPhone 16 128 GB turun sekitar Rp3 jutaan menjadi Rp13,8 jutaan. Kemudian, harga iPhone 16 Pro 1 TB pada April kemarin dipatok Rp30,5 juta, sedangkan sekarang turun sekitar Rp1,5 juta menjadi Rp29 juta. Selain itu, iPhone 16e 128 GB pada April kemarin dipatok Rp12,5 juta dan harga iPhone 16e kini turun Rp1 jutaan menjadi Rp 11 jutaan.

    Konsumen di Indonesia biasanya baru bisa menikmati perangkat terbaru Apple beberapa bulan setelah peluncuran internasional, sebagaimana terjadi pada sejumlah rilisan sebelumnya. Namun peluncuran iPhone 17 diprediksi tetap akan menjadi pemicu antusiasme di Indonesia. Meski demikian, masa tunggu ini justru memberi ruang bagi distributor resmi untuk menyiapkan strategi. iBox dan Digimap, misalnya, mengandalkan jaringan ritel fisik yang luas di berbagai kota besar, dengan kepastian produk resmi bergaransi sebagai daya tarik utama bagi konsumen.

    Blibli menawarkan nilai tambah bagi para penggemar Apple mulai dari gratis perlindungan sampai dengan 24 bulan, jaminan orisinil 100%, layanan pembayaran
    cicilan 0% Baik Kartu Kredit maupun Paylater, hingga kemudahan layanan purna jual. Blibli memperkuat jaringan toko offline, Blibli Store dan Hello Apple Authorized Reseller yang kini sudah hadir sebanyak 22 gerai di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya. Bagi distributor resmi seperti Blibli, iBox, Digimap, dan Erafone, momen peluncuran iPhone 17 ini menjadi peluang untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi penggemar Apple di Tanah Air.

  • Yamaha Indonesia Mulai Studi Sistem Tukar Baterai Motor Listrik, Belum Dijual

    Yamaha Indonesia Mulai Studi Sistem Tukar Baterai Motor Listrik, Belum Dijual

    Jakarta

    Yamaha belum memulai penjualan motor listrik di Indonesia. Di sisi lain, pabrikan berlambang garpu tala itu masih melakukan proses studi. Terbaru, Yamaha memasuki fase studi kedua dengan model motor listrik yang menggunakan sistem tukar baterai alias swap battery.

    Satoshi Takagi, Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., mengatakan bahwa proyek ini adalah kelanjutan dari visi perusahaan untuk menghadirkan solusi mobilitas terbaik.

    “Setelah sukses melakukan uji kendara dengan EV model E01 yang memiliki mekanisme fix battery beberapa waktu lalu, saat ini Yamaha memasuki fase kedua pengujian EV dengan menggunakan model swap battery,” ujar Satoshi dalam keterangan resminya dikutip Kamis (11/9/2025).

    Yamaha sudah merampungkan uji kendara dengan model E01 dengan fix battery yang dilakukan di 4 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Bali dan juga Medan.

    Satoshi melanjutkan, Yamaha saat ini bekerja sama dengan salah satu penyedia jasa layanan ride sharing untuk pengujian sistem tukar baterai.

    “Melalui proyek ini kami akan melihat bagaimana efektivitas kendaraan EV Yamaha dalam mendukung mobilitas masyarakat perkotaan dan juga potensi bisnisnya,” kata dia.

    “Harapan kami ke depan, dengan berbagai studi komprehensif yang kami lakukan, Yamaha akan benar-benar bisa menghadirkan kendaraan ramah lingkungan terbaik untuk menjawab kebutuhan mobilitas dan gaya hidup konsumen Indonesia,” ungkap Satoshi.

    Sebagai pendukung utama proyek ini, Yamaha telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan stasiun tukar baterai mandiri yang tersebar di berbagai lokasi strategis di wilayah Jabodetabek. Melalui stasiun-stasiun ini, Yamaha juga akan mempelajari secara mendalam ekosistem penanganan baterai, mulai dari sisi hulu hingga hilir.

    Dari foto yang dibagikan Yamaha Indonesia, desainnya mirip dengan Yamaha Neo. Meski begitu, tidak ada spesifikasi motor listrik yang disampaikan Yamaha.

    Jika melirik Yamaha Neo yang sudah dijual di Vietnam. Motor listrik itu dibekali penggerak motor listrik yang memiliki kapasitas 2,3 kW dan torsi maksimum 138,3 Nm pada 40 rpm. Sementara baterainya menggunakan kapasitas baterai 51,1 V, 23,2 Ah berjenis Lithium-ion/BFM1. Baterai tersebut bisa diisi penuh dalam waktu 8 jam. Menariknya, baterai ini bisa dilepas-pasang dengan mudah.

    Soal performa, baterai ini bisa menempuh jarak hingga 72 km, dengan catatan kecepatannya konstan 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg. Jarak tempuh tersebut nantinya bisa diperpanjang lagi karena skutik ini bisa dibekali opsi dua baterai tambahan yang dipasang secara portabel di bawah jok.

    Yamaha serius mendukung program Carbon Neutral, bahkan telah diakui oleh pemerintah Indonesia. Yamaha menyebut menjadi produsen motor yang meraih GREEN PROPER Award 2025 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

    (riar/rgr)

  • Harga BBM Shell Super Hari Ini, Tersedia di SPBU Mana Saja?

    Harga BBM Shell Super Hari Ini, Tersedia di SPBU Mana Saja?

    Jakarta

    Harga BBM Shell Super hari ini masih Rp 12.580 per liter. Berikut ini daftar SPBU yang menyediakan Shell Super di kawasan Jabodetabek.

    Harga BBM Shell Super belum berubah. Per September 2025, harga BBM Shell Super per liternya Rp 12.580. Namun, ketersediaan bensin Super itu tak tersedia di seluruh SPBU Shell. Nah buat kamu pengguna BBM Shell Super, berikut ini daftar SPBU yang menyediakan BBM RON 92 tersebut di Jabodetabek per tanggal 10 September 2025 pagi.

    SPBU Shell yang Menyediakan Bensin Super

    Jakarta Barat:

    Shell Arjuna Utara-1Shell Daan Mogot-2Shell JORR-1Shell Kedoya-1Shell Kyai Tapa-1Shell Latumenten-2Shell Meruya Utara-1Shell Peta Selatan-1Shell Puri-1Shell West JORR-2

    Jakarta Utara:

    Shell Artha Gading-1Shell Kelapa Gading-1Shell PIK-1Shell Pluit Selatan-1Shell Semper-1Shell Sunter Utara-1Shell Yos Sudarso-1

    Jakarta Selatan

    Shell Antasari-1Shell Antasari-2Shell Ciputat Raya-1Shell Fatmawati-1Shell Gatot Subroto-1Shell Lapangan Ros-1Shell Mampang-1Shell M Kahfi-1Shell Petukangan-1Shell Radio Dalam-1Shell Satrio-1Shell Soepomo-1Shell TB Simatupang-1Shell Tj BaratShell Warung Jati Barat

    Jakarta Pusat

    Shell Ayani-1Shell Gn Sahari-1Shell Hasyim Ashari-1Shell Menteng-1Shell RP Soeroso-1Shell Salemba-1

    Jakarta Timur

    Shell Bekasi Raya-1Shell Cipinang-1Shell MT Haryono-1Shell Pemuda-1Shell Raden Inten

    Tangerang

    Shell Alam Sutera-1Shell Bintaro-1Shell BSD2Shell BSD3Shell BSD4Shell Cipondoh-1Shell CO Citra Raya-1Shell Graha Raya-1Shell JombangShell Karang Tengah-1Shell Lippo Karawaci-1Shell Metland PuriShell Otista-1Shell Pamulang-1Shell PIK-2Shell Serang Cikupa-1Shell Serpong-1 KM8Shell Soewarna Soetta-1Shell Suvarna Sutera-1

    Depok

    Shell Cibubur-1Shell Cinere Raya-1Shell Raya Muchtar-1Shell Sawangan-1Shell Siliwangi

    Bogor

    Shell Ciawi-1Shell Cibinong-1Shell DR Semeru-1Shell Jagorawi Tol KM 21Shell Kota Wisata-1Shell Pasir AnginShell Sentul City-1

    Bekasi

    Shell Agus SalimShell Ahmad Yani-1Shell Cibarusah-1Shell Cut Meutia-1Shell Cut Meutia-2Shell Deltamas 1Shell Diponegoro TambunShell Grand Wisata-1Shell I Gusti Ngurah Rai-1Shell Jatibening-1Shell JatimekarShell Lingkar Utara-1Shell Lippo Cikarang-1Shell Mangunjaya-1Shell Noer Ali-2Shell Pondok Gede-1Shell Raya Perjuangan-1Shell Wibawa Mukti-1

    Itu tadi deretan SPBU Shell yang menyediakan BBM Super. Untuk mengetahui pastinya, kamu bisa mengakses laman Shell Indonesia. Shell mengungkap belum mengetahui sampai kapan kekosongan stok BBM Super di sejumlah SPBU-nya.

    “Shell Indonesia ingin menginformasikan bahwa produk bahan bakar minyak (BBM) Shell Super, Shell V-Power, dan Shell V-Power Nitro+ tidak tersedia di beberapa jaringan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Shell hingga waktu yang belum dapat dipastikan,” ungkap President Director & Managing Director Mobility Shell Indonesia, Ingrid Siburian belum lama ini.

    (dry/rgr)

  • BTN target kredit tumbuh capai 9 persen seiring tambahan KPR Subsidi

    BTN target kredit tumbuh capai 9 persen seiring tambahan KPR Subsidi

    Realisasi KPR Subsidi nasional masih di angka 121.000 unit rumah, sedangkan BTN sudah menyalurkan hampir 100.000 atau 78 persen dari total nasional.

    Jakarta (ANTARA) – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menargetkan kredit dapat tumbuh mencapai kisaran 7-9 persen year on year (yoy) pada tahun 2025, atau meningkat dari target sebelumnya sekitar 7-8 persen (yoy).

    Kenaikan target itu seiring adanya penambahan kuota Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), serta dukungan kebijakan pemerintah di sektor perumahan.

    “Pertumbuhan kredit pada 2025 kami harapkan berada di kisaran 7-9 persen (yoy), sejalan dengan adanya tambahan kuota KPR FLPP menjadi 350.000 unit pada akhir Juni yang lalu,” ujar Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu dalam Public Expose Live, di Jakarta, Rabu.

    Nixon meyakini penambahan kuota KPR FLPP akan memberikan ruang tambahan bagi perseroan untuk menyalurkan KPR Subsidi, tercatat kuota KPR FLPP ditambah menjadi 350.000 unit pada tahun 2025, dari sebelumnya sebanyak 220.000 unit.

    “Realisasi KPR Subsidi nasional masih di angka 121.000 unit rumah, sedangkan BTN sudah menyalurkan hampir 100.000 atau 78 persen dari total nasional. Kami berharap ada dorongan positif dari kuota yang lebih banyak tahun ini,” ujar Nixon.

    Selain itu, BTN berharap dukungan kebijakan pemerintah berupa aturan baru terkait maksimal penghasilan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) penerima program FLPP dapat membantu mendongkrak permintaan KPR Subsidi, sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan kredit BTN secara keseluruhan.

    “Di aturan yang baru, maksimal penghasilan MBR terbagi dalam beberapa zona. Untuk Jabodetabek ditetapkan Rp12 juta untuk single income dan Rp14 juta untuk joint income bersama pasangan. Mudah-mudahan kebijakan ini dapat memperbaiki kemampuan bayar para pembeli rumah,” ujar Nixon.

    Hingga semester I-2025, BTN membukukan penyaluran kredit dan pembiayaan sebesar Rp376,11 triliun, atau tumbuh 6,8 persen (yoy) dari sebesar Rp352,06 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

    Pertumbuhan kredit ditopang oleh penyaluran kredit dan pembiayaan ke sektor perumahan yang naik 6,2 persen (yoy) menjadi Rp317,77 triliun, dan sektor non-perumahan (non-housing loan) yang naik 10,5 persen (yoy) menjadi Rp58,34 triliun pada semester I-2025.

    Di sektor perumahan, KPR subsidi naik 6,5 persen (yoy) menjadi Rp182,17 triliun, sedangkan KPR non-subsidi secara keseluruhan bertumbuh 8,8 persen (yoy) menjadi Rp110,72 triliun pada semester I-2025.

    Hingga semester I-2025, pertumbuhan kredit BTN menghasilkan pendapatan bunga kredit (interest income) yang naik 23,5 persen (yoy) menjadi Rp18,50 triliun, atau melampaui pertumbuhan biaya bunga yang sebesar 2,3 persen (yoy) berkat upaya BTN mengatur ulang struktur pendanaannya.

    Seiring dengan itu, perseroan mampu membukukan pendapatan bunga bersih sebesar Rp9,34 triliun atau naik 55,1 persen (yoy) pada semester I-2025. Sedangkan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) tercatat naik 139 basis poin (bps) menjadi 4,4 persen per akhir Juni 2025.

    “Atas pencapaian tersebut, BTN berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp1,7 triliun pada akhir semester I-2025, bertumbuh double digit sebesar 13,6 persen (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,5 triliun,” ujar Nixon.

    Di sisi perolehan dana pihak ketiga (DPK), BTN mencatat pertumbuhan DPK sebesar 11,2 persen (yoy) menjadi Rp406,38 triliun pada semester I-2025, dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp365,38 triliun.

    Nixon menjelaskan, pertumbuhan DPK sejalan dengan upaya perseroan untuk terus memperkuat mesin pendanaan, terutama dana murah atau Current Accout Saving Account (CASA) yang berasal dari segmen ritel dan institusi.

    Pertumbuhan dana murah tidak terlepas dari upaya perseroan menggencarkan akuisisi pengguna baru dan transaksi aplikasi Bale by BTN, yang mencatat peningkatan jumlah user mencapai 2,7 juta pada akhir semester I-2025, atau naik 68,8 persen (yoy) dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 1,6 juta user.

    Sedangkan jumlah transaksi Bale by BTN telah menembus 931,5 juta dengan nilai transaksi sebesar Rp43,1 triliun selama paruh pertama tahun 2025.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Pemkab Bekasi sambut baik BRT Trans Jabodetabek rute Jakarta-Cikarang

    Pemkab Bekasi sambut baik BRT Trans Jabodetabek rute Jakarta-Cikarang

    Kehadiran Trans Jabodetabek rute Jakarta-Cikarang menjadi bentuk keberpihakan negara kepada warga

    Kabupaten Bekasi (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyambut baik rencana pengembangan sarana transportasi publik Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jabodetabek dengan rute Jakarta-Cikarang untuk menunjang mobilitas masyarakat termasuk pekerja kawasan industri di daerah itu.

    “Kebutuhan BRT Trans Jabodatabek sangat mendesak untuk segera direalisasikan, mengingat Kabupaten Bekasi memiliki kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara dengan jumlah pekerja yang banyak,” kata Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Ida Farida di Cikarang, Rabu.

    Ia mengatakan keberadaan transportasi publik yang nyaman, aman dan terkoneksi dengan wilayah sekitar dinilai penting untuk menunjang mobilitas masyarakat, terlebih Kabupaten Bekasi baru memiliki satu rute layanan Trans Wibawa Mukti yakni Stasiun LRT Jatimulya-Stasiun Cikarang.

    Kehadiran BRT Trans Jabodetabek rute Jakarta-Cikarang juga dinilai mampu mengurangi tingkat ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat yang masih tinggi.

    Pola mobilitas tersebut tidak hanya menambah beban lalu lintas di jalan tol dan arteri tetapi juga berkontribusi terhadap tingkat kemacetan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

    “Oleh karena itu, BRT Trans Jabodetabek dianggap sebagai salah satu solusi strategis dalam mendukung pergerakan masyarakat secara lebih efisien. Kemacetan bisa berkurang jika transportasi umum yang dihadirkan telah nyaman untuk digunakan masyarakat,” katanya.

    Pemkab Bekasi siap berkolaborasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah lain di wilayah aglomerasi Jabodetabek serta secara konsisten memberikan dukungan penuh, baik dari sisi perencanaan, sinkronisasi program maupun fasilitasi teknis, hingga usulan BRT Jakarta-Cikarang Raya dapat benar-benar terealisasi.

    “Pemerintah Kabupaten Bekasi, provinsi, pusat, bersama pihak Jababeka Infrastruktur akan terus berkolaborasi agar pelaksanaan BRT Trans Jabodetabek bisa segera terlaksana,” katanya.

    Ida mengaku usulan ini telah disampaikan saat rapat koordinasi beberapa waktu lalu bersama jajaran Ditjen Integrasi Transportasi dan Multimoda Kemenhub RI, Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD, unsur akademisi serta PT Jababeka Infrastruktur.

    Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur Didik Purbadi mengapresiasi kolaborasi Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi untuk menghadirkan layanan transportasi publik BRT Trans Jabodetabek rute Jakarta-Cikarang termasuk melintasi Kota Jababeka.

    Menurut dia, layanan ini dibutuhkan oleh pekerja dan masyarakat untuk menunjang aksesibilitas dan mobilitas secara lebih nyaman, aman serta terjangkau sekaligus mengubah pola pemakaian kendaraan pribadi, menekan efek gas rumah kaca, menghemat bahan bakar hingga mengurangi kemacetan.

    “Kehadiran Trans Jabodetabek rute Jakarta-Cikarang menjadi bentuk keberpihakan negara kepada warga melalui penyediaan layanan yang semakin nyaman dengan tujuan akhir meningkatkan produktivitas maupun kualitas hidup masyarakat,” kata dia.

    Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.