kab/kota: Jabodetabek

  • Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP 1 Oktober 2025, Banyak yang Naik

    Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP 1 Oktober 2025, Banyak yang Naik

    Jakarta

    Harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP banyak yang naik. Berikut ini daftar harga BBM per 1 Oktober 2025.

    Harga BBM per 1 Oktober 2025 mengalami penyesuaian. Terpantau BBM nonsubsidi yang dijual Pertamina, Shell, Vivo, dan BP banyak yang naik. Di SPBU Pertamina misalnya, harga BBM jenis Pertamina Dex dan Dexlite mengalami kenaikan. Pertamina Dexlite naik menjadi Rp 13.700 per liter dari sebelumnya Rp 13.600 per liter. Selanjutnya harga Pertamina Dex dari sebelumnya Rp 13.850 per liter menjadi Rp 14.000 per liter.

    Namun demikian harga Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamax Green tak berubah. Banderol Pertamax per liter masih Rp 12.200, Pertamax Turbo Rp 13.100, dan Pertamax Green Rp 13.000.

    Sedangkan di SPBU Shell, harga seluruh jenis BBM-nya naik. Shell Super, bila pada bulan sebelumnya dijual Rp 12.580 per liter, maka pada 1 Oktober dibanderol Rp 12.890 per liter. Kenaikan harga juga dialami BBM jenis V-Power, V-Power Diesel, dan V-Power Nitro+.

    Shell V-Power kini dijual Rp 13.420 per liter naik dari sebelumnya Rp 13.140 per liter. Sementara V-Power Diesel naik tipis dari Rp 14.130 per liter menjadi Rp 14.270 per liter. Terakhir V-Power Nitro+ kalau pada September harga per liternya Rp 13.300, kini Rp 13.590 per liter. Sayangnya, stok BBM di SPBU Shell kian menipis. Bahkan untuk Shell Super, di kawasan Jabodetabek sudah tak ada lagi stok yang tersisa.

    BBM di SPBU Vivo juga kompak naik. Revvo 92 misalnya dari Rp 12.610 per liter kini menjadi Rp 12.890 per liter. Revvo 90 juga naik harga dari Rp 12.530 per liter menjadi Rp 12.810 per liter. SPBU BP juga demikian, harga seluruh BBM yang dijual kompak naik. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini daftar harga BBM di awal bulan Oktober 2025.

    Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP 1 Oktober 2025

    Harga BBM Pertamina

    Pertalite (RON 90): Rp 10.000 per literSolar subsidi (CN 48): Rp 6.800 per literPertamax (RON 92): Rp 12.200 per literPertamax Green (RON 95): Rp 13.000 per literPertamax Turbo (RON 98): Rp 13.100 per literDexlite (CN 51): Rp 13.700 per literPertamina Dex (CN 53): Rp 14.000 per liter

    Harga BBM Shell

    Shell Super (RON 92): Rp 12.890 per literShell V-Power (RON 95): Rp 13.420 per literShell V-Power Diesel (CN 51): Rp 14.270 per literShell V-Power Nitro+ (RON 98): Rp 13.590 per liter

    Harga BBM BP

    BP 92 (RON 92): Rp 12.890 per literBP Ultimate (RON 95): Rp 13.420 per literBP Ultimate Diesel (CN 53): Rp 14.270 per liter

    Harga BBM Vivo

    Revvo 90 (RON 90): Rp 12.810 per literRevvo 92 (RON 92): Rp 12.890 per literRevvo 95 (RON 95): Rp 13.420 per literDiesel Primus Plus (CN 51): Rp 14.270 per liter

    (dry/din)

  • Menhub: Pengembangan TOD Dukuh Atas Bakal Pindahkan Patung Jenderal Sudirman

    Menhub: Pengembangan TOD Dukuh Atas Bakal Pindahkan Patung Jenderal Sudirman

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi membuka peluang untuk memindahkan patung Jenderal Sudirman dalam pengembangan kawasan berorientasi transit atau transit-oriented development (TOD) di Dukuh Atas.

    Pemindahan patung maupun pengembangan kawasan TOD Dukuh Atas ini diharapkan dapat rampung pada 2027 mendatang. 

    “Kemarin Pak Gub [Pramono Anung] menyampaikan ada kemungkinan memindahkan patung Jendral Sudirman yang semula ada di sisi Selatan, itu akan dipindahkan didekatkan ke daerah Thamrin,” jelasnya dalam Media Briefing, Selasa (30/9/2025). 

    Dudy menjelaskan proyek yang bakal dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut nantinya akan memiliki desain melingkar—serupa halte Cakra Selaras Wahana (CSW). 

    Kawasan berorientasi atau TOD Dukuh Atas nantinya akan menghubungkan empat moda transportasi berbasis kereta secara terpadu sehingga meningkatkan kenyaman masyarakat. Keempat moda tersebut adalah Moda Raya Terpadu / Mass Rapid Transit (MRT), Lintas Raya Terpadu / Light Rail Transit (LRT), Kereta Rel Listrik (KRL), dan kereta bandara. 

    “Jadi sudah didesain sedemikian rupa sehingga masyarakat dalam melakukan mobilitasnya itu bisa dengan mudah berpindah dari satu moda ke moda yang lain. Sudah ada desainnya kemarin dari Pak Gub [Pramono Anung]” ujarnya. 

    Sementara terkait pembiayaan, termasuk pemindahan patung Jenderal Sudirman, akan sepenuhnya dilaksanakan oleh Pemprov DKI dengan bantuan dari pihak swasta. 

    Di mana pemerintah Jepang melalui Ministry of Land, Infrastructure, Transport, and Tourism (MLIT) memberikan dana hibah Grant Studi kepada Urban Renaissance (UR) Agency untuk studi kelayakan teknis pedestrian deck Dukuh Atas. 

    Penampakan desain kawasan berbasis transit atau transit-oriented development (TOD) Dukuh Atas yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi dalam Media Briefing, Selasa (30/9/2025)/Annasa Rizki Kamalina.

    Studi tersebut mencakup analisis alur pejalan kaki, aspek struktural, dan arsitektural. Kemudian ruang lingkup kerja sama ini juga dengan menggabungkan analisis dari program Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration Phase 3 (JUTPI-3) terkait skema pendanaan dan pengaturan kelembagaan pelaksanaan kawasan integrasi transportasi publik. 

    JUTPI-3 merupakan hasil kerja sama Kementerian Koordinator bidang Ekonomi bersama Japan International Cooperation Agency (JICA) yang berfokus pada peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan yang terkait dengan pengembangan kawasan TOD. 

    Dudy pun menuturkan dari sisi pemerintah pusat siap mendukung rencana Pemprov DKI dalam mewujudkan kawasan TOD di Dukuh Atas. 

    Pasalnya dibutuhkan arahan dan koordinasi lintas sektor perihal pengembangan pedestrian deck Dukuh Atas yang melintasi jalur kereta api Manggarai—Tanah Abang. Selain itu, butuhnya koordinasi perihal integrasi moda transportasi umum melalui pedestrian deck. 

    Sebelumnya pun Dudy menjelaskan bahwa kawasan terintegrasi ini akan memberikan sejumlah manfaat besar. 

    Di antaranya, terjadinya peningkatan signifikan dalam kualitas layanan transportasi massal, mulai dari frekuensi, keandalan, keselamatan, hingga kenyamanan, serta meningkatnya konektivitas transportasi di kawasan Jakarta. 

    Dengan konektivitas transportasi yang lebih baik, akan berefek lanjut terhadap peningkatan nilai properti di kawasan strategis. Kawasan Integrasi Transportasi Publik Dukuh Atas ini pada akhirnya akan mendorong investasi swasta dan menciptakan nilai ekonomi seperti lapangan kerja dan penghematan waktu, sekaligus mencapai keberlanjutan finansial.

  • Eks Direktur Keuangan TaniHub Jadi Tersangka TPPU Dana Investasi
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        30 September 2025

    Eks Direktur Keuangan TaniHub Jadi Tersangka TPPU Dana Investasi Megapolitan 30 September 2025

    Eks Direktur Keuangan TaniHub Jadi Tersangka TPPU Dana Investasi
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Mantan Direktur Keuangan Tanihub Group berinisial ETPLT ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang pengelolaan dana investasi oleh PT Metra Digital Investama (MDI Ventures) pada PT Tani Group Indonesia (TaniHub) beserta afiliasinya periode 2019–2023.
    “Penyidik kembali menetapkan tersangka TPPU atas nama saudara ETPLT,” kata Kepala Kejari Jakarta Selatan, Iwan Catur Karyawan, dalam keterangannya, Selasa (30/9/2025).
    Iwan mengatakan penyidik menemukan bukti bahwa ETPLT menyamarkan hasil tindak pidana korupsi dengan cara melakukan penarikan tunai dan penerimaan fee secara tunai serta rekanan PT TGI. 
    Selain itu, empat perusahaan juga ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi tersebut.
    Empat perusahaan rekanan PT TGI, yaitu PT THI, PT TSI, dan PT TFMI.
    “Peran korporasi yaitu korupsi a quo dikendalikan oleh personel korporasi, dan keempat korporasi memperoleh manfaat dari tindak pidana korupsi yang terjadi,” kata Iwan.
    Saat ini jumlah tersangka korupsi baik perseorangan maupun korporasi sebanyak 10 orang. Sedangkan total tersangka TPPU sebanyak dua orang
    Dalam perkara ini, penyidik juga menyita sejumlah barang bukti elektronik berupa handphone, buku rekening, atm dan tiga bidang tanah yang tersebar di Jabodetabek.
    Total aset yang disita mencapai Rp.80.000.000.000 miliar yang berupa tanah, kendaraan bermotor, surat berharga dan lain sebagainya.
    “Penyidik juga sudah memeriksa lebih dari 60 saksi serta memeriksa ahli dan dilakukan beberapa kegiatan untuk mencari dan menemukan bukti-bukti tambahan atas perkara tersebut,” ucap dia.
    Sebelumnya, Kejari Jaksel menetapkan IAS selaku mantan Direktur Utama PT Tani Group Indonesia (TaniHub) sebagai tersangka bersama Direktur PT MDI berinisial DW dan mantan Direktur PT TaniHub lainnya berinisial ET pada 28 Juli 2025 lalu.
    Lalu tiga tersangka lain yakni CEO BRI Venture, berinisial NW, Vice President of Investment BRI Ventures, berinisial WG, dan Vice President of Investment MDI Ventures 2021, berinisial AAH.
    Dalam perkara ini, peran DW selaku Direktur PT MDI menyetujui investasi. Sedangkan peran IAS dan ET adalah memanipulasi data perusahaan dalam rangka mendapatkan dana investasi untuk kepentingan pribadi.  
    Ketiganya diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi dan TPPU dalam mencairkan dana investasi PT MDI Venture sebesar 25 juta Dolar Amerika Serikat. Dana investasi ini sudah dikelola sejak 2019 hingga 2023.
    Sementara NW berperan sebagai pihak yang memutuskan investasi secara melawan hukum dari BRI Venture kepada Tahihub sebesar USD 5.000.000. 
    Sedangkan WG berperan sebagai Tim Investasi yang melakukan analisis atas proposal investasi dari BRI Venture.  
    Peran AAH selaku VP Of Investment MDI Venture 2021 melakukan anasisis atas rencana investasi PT MDI kepada Tanihub Group.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • BMKG: Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek Waspada Hujan Sedang hingga Lebat 30 September-2 Oktober 2025 – Page 3

    BMKG: Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek Waspada Hujan Sedang hingga Lebat 30 September-2 Oktober 2025 – Page 3

    Masih pada hari ini, Selasa (30/9/2025), peringatan Siaga (hujan lebat-sangat lebat) ada di wilyah Kabupaten Bogor. Sisanya Nihil.

    Lalu pada Rabu 1 Oktober 2025, peringatan Waspada (hujan sedang-lebat) di wilayah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi.

    Kemudian peringatan Siaga (hujan lebat-sangat lebat) ada di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok sedangkan sisanya nihil.

    Untuk hari Kamis 2 Oktober 2025, peringatan Waspada (hujan sedang-lebat) di wilayah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Bogor. Sisanya nihil.

    BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca ini menunjukkan nilai akumulasi nilai akumulasi harian paling tinggiCuaca Ini Menunjukkan Nilai Akumulasi Harian Paling Tinggi dalam Suatu Kota/Kabupaten di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi/Jabodetabek dalam suatu kota/kabupaten di Jabodetabek.

    “Wilayah-wilayah tersebut berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang akibat cuaca ekstrem,” jelas BMKG.

     

  • Maxim Kerja Sama dengan Dewa Motor, Ojol Dapat Diskon Servis Motor

    Maxim Kerja Sama dengan Dewa Motor, Ojol Dapat Diskon Servis Motor

    Jakarta

    Perusahaan e-hailing, Maxim, mengumumkan kerja sama dengan Dewa Motor untuk menawarkan diskon khusus perawatan kendaraan bagi mitra pengemudi Maxim Bike.

    Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen Maxim untuk mendukung kesejahteraan mitra pengemudi sekaligus meningkatkan kualitas layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi pelanggan melalui layanan perawatan kendaraan yang terjangkau, profesional dan mudah diakses.

    Inisiatif ini berlaku selama setahun penuh di lebih dari 100 outlet Dewa Motor yang tersebar di Jawa, Bali, dan Batam. Dalam program ini, para mitra driver akan mendapat beberapa voucher potongan yang dapat digunakan terpisah maupun bersamaan untuk mendapatkan hasil maksimal.

    Voucher ini akan memudahkan mitra driver menikmati berbagai layanan termasuk servis hemat, diskon ganti ban dan sparepart original, hingga program member prioritas dewa motor. Selain itu, program ini juga menawarkan pelatihan pemeliharaan kendaraan yang diharapkan dapat meningkatkan literasi pentingnya service rutin.

    “Maxim senantiasa berupaya memberikan dukungan terbaik bagi para mitra pengemudi. Kerja sama dengan Dewa Motor merupakan bentuk nyata perhatian kami terhadap kebutuhan mitra, khususnya dalam merawat kendaraan yang menjadi sumber penghidupan mereka,” ujar Development Director Maxim Indonesia, Dirhamsyah, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/9/2025).

    Terkait mekanisme program, pengemudi Maxim Bike dapat memanfaatkan program ini dengan menunjukkan voucher yang tersedia di aplikasi Taxsee Driver kepada mekanik atau kasir di outlet Dewa Motor. Program ini tersedia di 109 outlet Dewa Motor yang tersebar di berbagai wilayah, antara lain Jabodetabek, Bandung, Serang, Karawang, Tangerang Selatan, Cikarang, Semarang, Sidoarjo, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Bali, dan Batam.

    “Kolaborasi ini ditujukan agar pengemudi Maxim selalu berkendara dengan aman, nyaman, dengan kendaraan yang terawat. Dengan adanya kolaborasi ini, Dewa Motor dan Maxim berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi para mitra pengemudi,” ungkap Business to Business (B2B) Development Dewa Motor, Sunan Dani.

    (prf/ega)

  • Survei Terbaru: Ojol Lebih Suka Potongan 20% untuk Promo & Insentif

    Survei Terbaru: Ojol Lebih Suka Potongan 20% untuk Promo & Insentif

    Jakarta, CNBC Indonesia – Survei yang digelar Paramadina Public Policy Institute (PPPI) menunjukkan mayoritas pengemudi ojek online selaku responden atau sebesar 60,8%, lebih memilih potongan komisi 20% dengan adanya promo, insentif, atau manfaat tambahan bagi mitra pengemudi. Sementara itu hanya 39,2% yang menyatakan lebih memilih potongan 10% tanpa fasilitas-fasilitas tersebut.

    Survei dengan purposive sampling ini digelar pada 23-26 September dengan melibatkan 1.623 mitra pengemudi Gojek aktif di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar, serta memiliki jam online minimal 4 jam per hari. Adapun teknik pengumpulan data survei dilakukan secara daring melalui jaringan internal Gojek, dengan pengawasan ketat dari tim peneliti PPPI.

    Selain itu, hasil survei juga mengungkap sejumlah temuan penting. Sebanyak 81% pengemudi menilai bahwa stabilitas pendapatan bersih harian lebih penting dibandingkan pendapatan bersih per order.

    Di sisi lain, sebanyak 77,8% mitra pengemudi, yang didominasi oleh pengemudi yang lama bergabung menjadi mitra di atas 5 tahun dan memiliki waktu jam online diatas 8 jam/hari, juga mengaku mengetahui alasan aplikator menetapkan potongan komisi 20%, yaitu untuk untuk promo pelanggan, insentif bagi mitra, biaya pemeliharaan aplikasi Gojek, dan manfaat tambahan lainnya seperti diskon perawatan kendaraan, sembako, paket data, dan lain-lain.

    Survei ini juga menyoroti pemahaman mitra pengemudi terkait pentingnya promo pelanggan bagi keberlanjutan pendapatan mereka.

    Sebanyak 72,9% pengemudi menyatakan bahwa promo sangat penting untuk menunjang penghasilan, terutama di kalangan pengemudi yang memiliki jam online aplikasi di atas 8 jam/hari.

    “Dengan pemahaman tersebut, mayoritas responden, sebesar 60,8%, lebih memilih potongan komisi 20% daripada potongan komisi 10% tanpa adanya promo, insentif, atau manfaat tambahan bagi mitra pengemudi. Praktis, hanya 39,2% yang menyatakan lebih memilih potongan 10% tanpa fasilitas tersebut,” tulis riset yang dipublikasikan, Senin (29/9/2025).

    Managing Director PPPI, Ahmad Khoirul Umam menyatakan, bahwa temuan survei ini memberikan perspektif baru dalam perdebatan publik. Menurut dia, kontroversi terkait potongan komisi 20% dan 10% bisa lebih mudah diurai, setelah dipahami bagaimana arah aspirasi mitra pengemudi.

    Secara umum, pengemudi ternyata tidak semata-mata menolak potongan komisi 20%. Justru mayoritas mereka memahami bahwa komisi itu akan kembali lagi kepada mereka dalam bentuk promo pelanggan, insentif, maupun manfaat tambahan lainnya.

    “Yang pada akhirnya penurunan komisi 20% akan berpengaruh pada naik turunnya pendapatan harian mitra pengemudi, dan mereka memahami hal itu,” ujar dia.

    Peneliti PPPI, Annisa Rizkiayu Leofianti juga menekankan, industri transportasi online kini telah menjadi katalisator penting bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Karena itu, ekosistemnya harus dikelola dengan cara yang memastikan keberlanjutan bisnis sekaligus keadilan bagi para pengemudi.

    “Memang mayoritas mitra pengemudi, sebesar 77,8%, terutama yang sudah lama bergabung dan memiliki jam online per harinya tinggi, sudah memahami fungsi dan peruntukan potongan komisi tersebut. Tapi masih ada sekitar 22,2% yang mengaku tidak tahu,” ujar Annisa.

    Menurut tim PPPI, perdebatan mengenai skema potongan komisi yang diterapkan aplikator terhadap mitra pengemudi masih menjadi isu yang ramai diperbincangkan, kendati sudah diatur lewat Keputusan Menteri Perhubungan (KP) Nomor 1001 Tahun 2022.

    Sebab itu, bagi tim peneliti PPPI, hasil survei ini bukan sekadar data statistik, tetapi juga refleksi dari kebutuhan dan harapan para mitra pengemudi. Stabilitas pendapatan, efektivitas promo, dan skema komisi yang transparan akan menjadi aspek penting untuk dipertimbangkan dalam perumusan kebijakan publik.

    Survei ini dilakukan oleh tim PPPI yang dipimpin oleh Head Advisor Wijayanto Samirin, MPP, bersama Ahmad Khoirul Umam, serta peneliti Annisa Rizkiayu Leofianti, Fathie Hamadi, dan Alia Rahmatulummah.

    Tim peneliti PPPI juga menekankan pentingnya arah kebijakan industri transportasi online yang seimbang, agar tetap bisa tumbuh pesat dan memberi kontribusi besar pada PDB. Namun di saat yang sama, industri transportasi online juga harus mampu memerankan fungsi sebagai instrumen kesejahteraan yang adil bagi mitra pengemudi, aplikator, dan konsumen. 

    (bul/bul)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Anggota DPRD DKI dari PDIP Desak Pasal Larangan Jual Rokok Dicabut dari Raperda Kawasan Tanpa Rokok – Page 3

    Anggota DPRD DKI dari PDIP Desak Pasal Larangan Jual Rokok Dicabut dari Raperda Kawasan Tanpa Rokok – Page 3

    Selain itu, Ketua APKLI, Ali Mahsun juga menilai bahwa pasal-pasal larangan penjualan rokok bertentangan dengan semangat awal KTR. Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung juga telah menegaskan aturan tersebut tidak boleh menekan UMKM dan pedagang kecil.

    “KTR ini tidak boleh membunuh ekonomi rakyat kecil. Oleh karena itu, kami minta pasal-pasal larangan jual rokok itu dicabut sebelum disahkan,” ujar dia.

    Hal senada disampaikan Ketua Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni yang menyebut kondisi ekonomi saat ini masih berat, apalagi setelah pandemi. Dia bilang, merujuk data Kowantara, ada hampir 50 ribu warteg di Jabodetabek dengan separuhnya berada di Jakarta.

    “Kalau daya beli menurun ditambah aturan ini, bisa dipastikan banyak warteg bangkrut,” kata dia.

  • Modal VinFast VF 3 Bersaing di Segmen Mobil Listrik Mungil

    Modal VinFast VF 3 Bersaing di Segmen Mobil Listrik Mungil

    Hanoi

    VinFast makin percaya diri menantang pasar mobil listrik di Asia Tenggara lewat model terbaru, VF 3. VinFast VF 3 bersaing di segmen mobil listrik mungil yang cukup banyak pemainnya di Tanah Air seperti Wuling Air ev, Seres E1, hingga BYD Atto 1. VF 3 juga jadi tulang punggung penjualan VinFast di Indonesia. Lantas apa yang ditawarkan VF 3?

    “Untuk saat ini model VF3 masih menjadi tulang punggung (penjualan kami di Indonesia),” jelas CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto kepada wartawan di Hanoi (24/9/2025).

    Secara dimensi, VF 3 punya panjang 3.190 mm, lebar 1.679 mm, dan tinggi 1.652 mm. Posturnya ringkas, tapi tetap tangguh dengan velg alloy 16 inci dan ground clearance 175 mm. Ukuran ini pas untuk melibas jalan sempit kota besar sekaligus mudah parkir di ruang terbatas.

    Mesin listrik VF 3 mampu menempuh jarak 215 km sekali pengisian penuh. Dengan fast charging, baterai dapat terisi dari 10% ke 70% hanya dalam 36 menit. Akselerasinya dari 0-50 km/jam dicapai dalam 5,3 detik dengan kecepatan puncak 100 km/jam. Cukup untuk mobilitas harian di jalanan padat.

    Masuk ke kabin, nuansa minimalis terasa dominan. Layar sentuh 10 inci jadi pusat kendali, dipadukan tuas transmisi di balik kemudi ala mobil Eropa. Kabin depan terasa lega, sementara kursi belakang tetap nyaman untuk perjalanan singkat.

    Untuk urusan gaya, VF 3 tersedia dalam empat warna standar serta empat opsi two-tone premium, termasuk kuning, hijau, biru, hingga pink pastel dengan atap putih. Pilihan warna ini menyasar anak muda yang ingin menjadikan mobil sebagai bagian dari gaya hidup.

    Soal harga, VinFast VF 3 juga kompetitif. Ini lantaran merek asal Vietnam tersebut punya opsi sewa baterai, sehingga harga VF 3 dijual mulai Rp 156 juta (OTR Jabodetabek) dengan skema berlangganan baterai Rp 253 ribu per bulan. Harga ini lebih hemat Rp74 jutaan dibanding pembelian beserta baterai.

    VinFast juga menyiapkan garansi panjang, seperti garansi kendaraan 7 tahun atau 160.000 km, kemudian garansi baterai 8 tahun tanpa batasan jarak tempuh. VinFast juga memiliki program pembelian kembali, sehingga konsumen tak perlu khawatir soal nilai jual kembali.

    (lua/din)

  • Stok BBM Shell di Jabodetabek Masih Langka, Ini Cara Cek Ketersediaannya
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        29 September 2025

    Stok BBM Shell di Jabodetabek Masih Langka, Ini Cara Cek Ketersediaannya Megapolitan 29 September 2025

    Stok BBM Shell di Jabodetabek Masih Langka, Ini Cara Cek Ketersediaannya
    Penulis

    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell wilayah Jabodetabek masih terbatas hingga akhir September 2025.
    Berdasarkan pantauan Kompas.com melalui situs resmi Shell, per Minggu (28/9/2025) jenis Shell Super hanya tercatat tersedia di dua lokasi, yakni SPBU Shell Semper-1, Jakarta Utara, dan SPBU Shell Mangun Jaya-1.
    Sementara itu, jenis Shell V-Power dan Shell V-Power Nitro+ masih belum tersedia di wilayah Jabodetabek.
    Kondisi ini menambah kesulitan bagi pengendara yang terbiasa menggunakan BBM non-subsidi tersebut.
    Shell Indonesia menyediakan link resmi untuk memantau stok BBM di SPBU mereka.
    Pengendara dapat mengakses informasi terkini melalui link
    www.shell.co.id/Ketersediaan-BBM
     atau aplikasi Shell Asia.
    Dengan fitur ini, konsumen dapat mengecek langsung ketersediaan produk sebelum mengisi bahan bakar, sehingga meminimalkan risiko antrean maupun perjalanan sia-sia ke SPBU.
    Mengacu pada laman resmi SPBU Shell, berikut harga BBM per liter yang berlaku di akhir September 2025:
    Shell Indonesia belum merilis pernyataan resmi terkait kapan ketersediaan BBM di SPBU kembali normal.
    Masyarakat dapat memantau informasi lebih lanjut melalui kanal resmi Shell di
    www.shell.co.id/Ketersediaan-BBM
     atau Instagram resmi @
    shell_indonesia
    .
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tol RI Tambah Panjang Lagi 308,7 Km Tahun Depan, Tembus Yogya & Kediri

    Tol RI Tambah Panjang Lagi 308,7 Km Tahun Depan, Tembus Yogya & Kediri

    Jakarta, CNBC Indonesia – Panjang tol di Indonesia akan bertambah lagi tahun depan. Sejumlah proyek tol akan rampung pengerjaannya dan siap dioperasikan pada 2026 mendatang.

    Menurut data Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), sejumlah ruas tol yang akan beres pengerjaannya seperti Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo dengan panjang 14,73 Km. Jalan tol ini menghubungkan pusat kota Solo dan Yogyakarta hingga ke bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA). Selain itu, jalan tol ini juga terkoneksi dengan Tol Trans Jawa.

    Kemudian ada juga Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 6,82 Km. Proyek yang digarap lini bisnis PT Gudang Garam Tbk ini akan mempermudah akses menuju Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur.

    Kemudian ada juga tol di ujung timur Jawa yaitu Tol Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi. Tol Probowongi sudah menembus Gending Besuki sepanjang 38,48 Km. Lalu di ujung barat Jawa ada Tol Serang-Panimbang sepanjang 41,63 Km.

    Foto: Tol Yogya-Solo dibuka lagi secara gratis saat momen arus balik Lebaran 2024. (Dok. Jasa Marga)
    Tol Yogya-Solo dibuka lagi secara gratis saat momen arus balik Lebaran 2024. (Dok. Jasa Marga)

    Berikut daftar lengkapnya tol baru yang beroperasi pada 2026:

    Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo 14,73 Km
    Tol Kediri-Tulungagung 6,82 Km
    Tol Probolinggo-Banyuwangi seksi Gending-Suko dan Banyuglugur-Besuki 38,48 Km
    Tol Ciawi-Sukabumi 13,7 Km
    Tol Kayu Agung-Palembang-Betung 69,19 Km
    Tol Jakarta-Cikampek II Selatan 54,75 Km
    Tol Serang-Panimbang 41,63 Km
    Tol Yogyakarta-Bawen 15,10 Km
    Tol Betung-Tempino-Jambi 54,30 Km

    Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU, sampai dengan Agustus 2025, tercatat Indonesia sudah memiliki jaringan tol sepanjang 3.092,7 Km.

    Rinciannya yakni sepanjang 1.838,06 km di Pulau Jawa, 1.085,93 km atau 16 ruas di Pulau Sumatera, 97,27 km atau satu ruas di Pulau Kalimantan, 61,45 km atau tiga ruas di Pulau Sulawesi, dan 10,07 km atau satu ruas di Pulau Bali.

    Untuk di Pulau Jawa sendiri, rincian tol yang sudah beroperasi yakni sepanjang 379,84 km atau 22 ruas di Jabodetabek, 1.065,49 km atau 20 ruas yang termasuk dalam Tol Trans Jawa, dan 392,73 km atau 12 ruas pada tol non-Trans Jawa dan non-Jabodetabek.

    (wur/wur)

    [Gambas:Video CNBC]