kab/kota: Jabodetabek

  • Natal 2024: MRT Jakarta Terapkan Jadwal Khusus, Tarif LRT Jabodebek Maksimal Rp10 Ribu – Halaman all

    Natal 2024: MRT Jakarta Terapkan Jadwal Khusus, Tarif LRT Jabodebek Maksimal Rp10 Ribu – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Selama Hari Raya Natal dan Cuti Bersama 2024, pada 25-26 Desember, jam operasi MRT Jakarta akan dimulai pada 05.00 WIB hingga 24.00 WIB dengan headway sepanjang 10 menit.

    Pola operasi untuk hari selanjutnya, yaitu pada 27 Desember 2024, akan kembali menggunakan jadwal operasional normal.

    Jadwal operasional normal pada Senin—Jumat mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta setiap lima menit pada waktu sibuk (07.00—09.00 dan 17.00—19.00).

    Pada Sabtu—Minggu mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta 10 menit.

    Sementara itu, untuk LRT Jabodebek, tarif pada 25 dan 26 Desember 2024 mulai dari Rp 5.000 hingga maksimal hanya Rp 10.000.

    LRT Jabodebek akan mengoperasikan 270 perjalanan pada kedua tanggal tersebut.

    Jadwal keberangkatan LRT Jabodebek pada 25 dan 26 Desember 2024 adalah sebagai berikut:

    1. Dukuh Atas BNI – Harjamukti: pukul 06.28 WIB
    2. Dukuh Atas BNI – Jatimulya: pukul 06.21 WIB
    3. Harjamukti – Dukuh Atas BNI: pukul 05.35 WIB
    4. Jatimulya – Dukuh Atas BNI: pukul 05.25 WIB

    Jadwal keberangkatan terakhir pada 25 dan 26 Desember 2024 adalah:

    1. Dukuh Atas BNI – Harjamukti: pukul 22.39 WIB
    2. Dukuh Atas BNI – Jatimulya: pukul 22.31 WIB
    3. Harjamukti – Dukuh Atas BNI: pukul 21.46 WIB
    4. Jatimulya – Dukuh Atas BNI: pukul 22.13 WIB

    Bagaimana dengan commuter line?

    Selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 ini, KAI Commuter mengoperasikan perjalanan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.048 perjalanan tiap harinya.

    Lalu, Commuter Line Merak sebanyak 14 perjalanan per hari dan layanan perjalanan Commuter Line Soetta sebanyak 64 perjalanan tiap harinya.

    KAI Grup menetapkan periode Angkutan Nataru selama 18 hari, yakni dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. 

  •  Pesan Pendeta Stephen Tong dalam Perayaan Natal Akbar 2024 Jabodetabek di Indonesia Arena – Halaman all

     Pesan Pendeta Stephen Tong dalam Perayaan Natal Akbar 2024 Jabodetabek di Indonesia Arena – Halaman all

    Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Perayaan Natal 2024 di Indonesia dilakukan di berbagai tempat. 

    Di Jakarta, umat Kristiani berkumpul di sejumlah lokasi.

    Mulai dari gereja hingga tempat lainnya, termasuk di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

    Di lokasi tersebut, perayaan Natal 2024 digelar secara akbar bertajuk Natal Akbar Jabodetabek 2024 dengan menghadirkan Pendeta Stephen Tong sebagai pengkhotbah injil senior bertaraf internasional sekaligus pendiri Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI).

    Pantauan Tribunnews.com di lokasi, para jemaat sudah mendatangi Indonesia Arena lewat sejumlah pintu masuk.

    Gerimis yang turun di Jakarta dalam beberapa waktu terakhir tidak menyurutkan antusiasme mereka menghadiri perayaan Natal Akbar Jabodetabek 2024.

    Ketua Panitia Natal Akbar Jabodetabek 2024, Timothy Sidik mengaku bahagia perayaan natal akbar di Indonesia Arena berlangsung lancar. 

    Timothy mengatakan tema yang diambil dalam Natal Akbar 2024 yakni Immanuel dalam Sejarah yang berarti Immanuel artinya Allah beserta semua. 

    “Nah tema di dalam sejarah, jadi yang ingin Pak Pendeta Stephen Tong sampaikan itu bahwa di dalam sepanjang sejarah manusia, Allah itu tidak pernah meninggalkan manusia sama sekali. Allah bahkan begitu mengasihi manusia, dia menjelma menjadi manusia, kami-kami yang berdosa, dia menjelma manusia, menyelamatkan manusia yang sebenarnya,” kata Timothy dalam konferensi pers, Selasa (24/12/2024).

    Timothy mengatakan Pendeta Stephen Tong juga ingin menyampaikan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan ciptaannya, termasuk manusia.

    Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu merasakan kehadiran Tuhan.

    “Yang ingin sampaikan malam ini adalah bahwa tidak, Allah itu selalu menyertai kita, hanya kadang-kadang kebebalan hati kita saja kita merasakan demikian, tetapi sesungguhnya tidak. Ini yang ingin kita sampaikan, ini Pak Stephen Tong yang ingin sampaikan kepada umat kristiani di Jabodetabek,” kata Timothy.

    “Sehingga malam Natal ini kita semua kembali merasakan kehadiran Tuhan di dalam suka-duka kita, di dalam hidup kita, di dalam pada saat kita mengalami kesedihan, di dalam pada saat kita mengalami segala pergumulan apapun, kita ingat Tuhan itu ada dan Tuhan itu menyertai,” kata dia lagi.

    Timothy menambahkan jemaat yang hadir dalam Natal Akbar 2024 Jabodetabek ini sesuai dengan target mereka, yakni 15 ribu sampai 16 ribu orang.

    Dengan kapasitas Indonesia Arena yang luas, Timothy menyebut jemaat yang hadir bisa mendengarkan khotbah pendeta Stephen Tong dengan nyaman serta ikut menyanyikan lagu-lagu rohani.

    “Indonesia Arena adalah satu tempat yang begitu baru dan kami melihat indah tempatnya dan bisa membuat belasan ribu manusia bisa berjemaat yang bersama-sama, jadi oleh karena itu kita memilih disini. Boleh dikatakan hampir tidak ada tempat lagi ibadah, tempat ibadah yang nyaman yang bisa menampung 16.000 orang di Jakarta, belum ada. Maka kita memilih di sini,” pungkasnya.

     

     

  • Bunda, Punya Minyak Goreng Bekas Jangan Dibuang ke Selokan yaa

    Bunda, Punya Minyak Goreng Bekas Jangan Dibuang ke Selokan yaa

    Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia diperhitungkan memiliki potensi minyak jelantah atau Used Cooking Oil (UCO) hingga 3 juta ton yang berasal dari konsumsi minyak goreng hingga 9 juta ton per tahun.

    Meski bekas minyak goreng, namun ternyata minyak jelantah ini masih bisa memiliki nilai ekonomi. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak membuang minyak jelantah ini ke selokan atau saluran air.

    Ternyata, minyak jelantah bisa “disulap” menjadi bahan bakar ramah lingkungan, yakni bioavtur atau Sustainable Aviation Fuel (SAF). Inovasi ini lah yang tengah dikerjakan oleh PT Pertamina (Persero).

    SVP Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk membentuk ekosistem pengumpulan minyak jelantah untuk bisa dikelola oleh pihaknya menjadi SAF. Dia juga mendorong masyarakat untuk tidak membuang minyak jelantah di selokan.

    “Yang pertama tentu kita perlu mengedukasi masyarakat, jadi minyak goreng bekas atau minyak jelantah atau used cooking oil ini adalah limbah yang kalau kita buang ke selokan akan membuat tersumbat dan seterusnya, dan juga mencemari sumber air. Ini harapannya dengan semangat menjaga lingkungan kita bisa mengedukasi masyarakat memulai mengumpulkan minyak goreng bekas,” ungkapnya kepada CNBC Indonesia dalam program Energy Corner, Selasa (24/12/2024).

    Oki menjelaskan, olahan minyak jelantah menjadi bioavtur tersebut juga berpotensi untuk diekspor. Walau memang, dia menekankan, pihaknya akan mengutamakan kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan untuk ekspor.

    “Kita memiliki aspirasi bahwa sebagian dari minyak goreng bekas itu kita alokasikan untuk kebutuhan di dalam negeri,” jelasnya.

    Tak hanya mendorong pembangunan ekosistem olahan minyak jelantah ini, perseroan juga berencana menggaet maskapai Pelita Air – yang juga dimiliki Pertamina – untuk bisa menyerap bioavtur tersebut.

    “Harapannya kita bisa memiliki kapasitas nasional untuk Sustainable Aviation Fuel ini,” imbuhnya.

    Dia mengungkapkan bahwa kebutuhan Indonesia akan SAF sendiri sebesar 6 juta kilo liter (kl). Tapi, lanjutnya, ini juga tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa mengekspor SAF ke negara-negara tetangga.

    “Once kita punya kapasitas nasional, kita bisa menjadi hub, jadi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Indonesia yang maksimum mungkin di 6 juta kilo liter itu, tapi kita bisa juga ekspor ke negara-negara tetangga,” tandasnya.

    Dikumpulkan dari Masyarakat

    PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga telah meluncurkan program Green Movement UCO yaitu program pengumpulan Used Cooking Oil (UCO) atau minyak jelantah di sejumlah SPBU dan Rumah Sakit IHC Pertamina di Jabodetabek dan Bandung pada Sabtu (21/12/2024).

    Bertempat di Istora Senayan Jakarta, peluncuran program yang dilaksanakan dalam rangkaian acara MyPertamina Fair Show 2024 ini dibuka oleh Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan. Program inovatif ini untuk mendukung pengembangan energi terbarukan dan mendukung upaya pengurangan emisi karbon.

    “Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mendaur ulang minyak jelantah, yang biasa dikenal dengan UCO, agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi biofuel,” kata Riva, dikutip Sabtu (21/12/2024).

    Dengan menggandeng UCOllect, yang merupakan perusahaan green technology yang berfokus dalam pengelolaan minyak jelantah dan memanfaatkan super apps MyPertamina, Pertamina akan membeli minyak jelantah yang dikumpulkan di UCOllect Box yang tersebar di beberapa SPBU, mitra CSR, dan RS IHC Pertamina di Jabodetabek dan Bandung.

    Program Green Movement UCO ini merupakan program pilot project yang akan berlangsung selama setahun kedepan dengan evaluasi berkelanjutan untuk ekspansi ke lokasi lainnya di Indonesia.

    Pengunjung yang menyetorkan UCO (minyak jelantah) akan memperoleh rewards berupa saldo e-wallet sebesar mulai dari Rp6.000/liter dan berkesempatan mendapat tambahan e-voucher MyPertamina Rp25.000 untuk 50 peserta beruntung setiap bulan. Khusus pada event MyPertamina Fair Show 2024 berlangsung (21-22 Desember), pengunjung yang menyetorkan UCO di booth UCollect Box akan memperoleh tambahan poin MyPertamina sebanyak 5 poin/liter.

    Lebih Lanjut Riva menjelaskan bahwa program ini diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat dan mempermudah masyarakat dalam mendaur ulang UCO, sekaligus berkontribusi pada upaya global untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

    “Pertamina Patra Niaga sendiri telah menggunakan UCO menjadi bauran bahan baku sustainable pada produk avtur untuk menjadi produk Sustainable Aviation Fuel (SAF) yang dapat membantu industri penerbangan mengurangi emisi hingga 84% dibandingkan dengan bahan bakar jet konvensional,” ungkap Riva.

    (wia)

  • Sarinah Obral Diskon, Targetkan 350 Ribu Pengunjung saat Libur Nataru – Page 3

    Sarinah Obral Diskon, Targetkan 350 Ribu Pengunjung saat Libur Nataru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Sarinah an InJourney Retail, anak usaha dari Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, siap menyambut Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) dengan tema “Pesta di Sarinah – Christmas and New Year Starts with You.”

    Sarinah mengundang masyarakat untuk merayakan liburan akhir tahun dengan berbagai kegiatan seru, promosi menarik, dan pengalaman tak terlupakan sambil mendukung produk lokal berkualitas.

    Target Pengunjung Meningkat hingga 14%

    Sarinah menargetkan lebih dari 350.000 pengunjung selama periode 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, atau meningkat 14% dibandingkan tahun lalu.

    Rangkaian acara menarik, terutama pada malam pergantian tahun di Sarinah Thamrin, menjadi daya tarik utama yang diprediksi akan memikat banyak pengunjung.

    Yoesman Sugianto, Commercial Group Head InJourney, menyampaikan bahwa InJourney menghadirkan program-program menarik selama libur Natal dan Tahun Baru dengan melibatkan seniman nasional, UMKM, dan komunitas seni.

    “Berdasarkan data Dishub DKI Jakarta, sekitar 18 juta orang diperkirakan bepergian keluar Jakarta, sementara 16–20 juta masyarakat Jabodetabek akan menghabiskan liburannya di Jakarta. InJourney memanfaatkan aset seperti Sarinah, TMII, dan bandara untuk berbagai inisiatif strategis,” jelas Yoesman, Selasa (24/12/2024).

    Program Promosi dan Diskon Menarik

    Sebagai destinasi belanja lokal unggulan, Sarinah menghadirkan 18 program promosi atau diskon di seluruh gerainya, termasuk di Malang, Braga, TMII, dan bandara. Beberapa program unggulan:

    BINA DISKON di Sarinah (20–29 Desember 2024)
    Boxing Day (26–27 Desember 2024)
    Clearance Sale (28 Desember 2024–15 Januari 2025)
    Diskon hingga 50% untuk produk lokal memberikan kesempatan bagi pengunjung menikmati pengalaman belanja sekaligus mendukung UMKM Indonesia.

     

  • Ganjil Genap di Jalur Puncak Mulai Berlaku Sore Ini

    Ganjil Genap di Jalur Puncak Mulai Berlaku Sore Ini

    Jakarta

    Momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap digunakan masyarakat untuk berwisata. Puncak, Bogor, masih menjadi salah satu kawasan favorit masyarakat di daerah Jabodetabek untuk tempat berwisata. Mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, polisi pun memberlakukan ganjil genap di jalur Puncak.

    Satlantas Polres Bogor di akun Instagram resminya, mengumumkan pemberlakuan ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, selama periode libur Nataru. Kebijakan itu dimulai pada hari Selasa, Rabu, Kamis, atau tanggal 24, 25, dan 26 Desember 2024.

    Maka itu, pengendara yang hendak menuju Puncak diimbau memperhatikan plat nomor kendaraannya, agar sesuai dengan tanggal. Jangan sampai memaksa kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai tanggal, menuju ke jalur Puncak. Sebab petugas polisi akan menyuruh putar balik.

    “Bagi kendaraan yang Ber-TNKB/Ber-Plat Nomor Polisi Tidak Sesuai dengan Tanggal Diberlakukannya Ganjil Genap, akan Diputar Balik oleh Petugas,” bilang Satlantas Polres Bogor, dikutip Selasa (24/12/2024).

    Pihak Satlantas Polres Bogor tidak menjelaskan lebih detail jam pelaksanaan ganjil genap di jalur Puncak. Namun menjawab pertanyaan warganet dalam komentar, Satlantas Polres Bogor mengatakan kebijakan ganjil genap untuk hari ini mulai diberlakukan pada pukul 16.00 WIB.

    Sebelumnya Satlantas Polres Bogor juga memberlakukan ganjil genap pada akhir pekan kemarin, tepatnya pada tanggal 20, 21, dan 22 Desember 2024. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan parah yang kerap terjadi di jalur Puncak menjelang libur panjang.

    Sekadar pengingat, pada September 2024 lalu terjadi macet horor di kawasan Puncak. Macet terjadi pada momen long weekend 14-16 September 2024. Para pengendara pun terkena macet hingga 14 jam di jalur Puncak yang saat itu mengalami stuck.

    [Gambas:Instagram]

    (lua/dry)

  • Tahun Baru Motor Baru! detikOto Kasih Motor Listrik Gratis..tis…tis…tis!

    Tahun Baru Motor Baru! detikOto Kasih Motor Listrik Gratis..tis…tis…tis!

    Jakarta

    Siapa mau rejeki akhir tahun? Enggak tanggung-tanggung, nih, detikOto mau bagi-bagi motor listrik gratis plus 10 helm keren. Gratis…tis…tis…!

    Indonesia merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia. Sejalan dengan hal itu, jumlah pengendara motor pun sangat banyak. Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2022, jumlah pengendara motor di Indonesia mencapai 148.212.865. Alias 148 juta lebih.

    Seiring era elektrifikasi yang merambah Indonesia, motor yang wara-wiri di jalanan tidak lagi sekadar yang berbahan bakar bensin. Dalam beberapa tahun terakhir makin banyak motor listrik jadi pilihan pengendara di Indonesia. Ragam dan pilihan jenis serta harganya beragam.

    Salah satu motor listrik yang punya wujud dan kemampuan mumpuni adalah Alva. Body yang sporty dan modern serta kemampuan yang teruji, membuat Alva jadi salah satu motor listrik paling menarik yang ada di pasaran saat ini.

    Buat detikers yang ngidam banget motor listrik, penghujung tahun 2024 dan awal 2025 ini bisa jadi momen yang kalian tunggu-tunggu. Soalnya detikoto bakal kasih motor listrik Alva buat satu pembaca yang beruntung.

    Motor listrik Alva (Foto: Alvaauto.com)

    Mau dong tahun baru punya motor listrik keren hasil kolaborasi detikoto dan Alva?

    Cara dan Syarat dapat Motor Listrik Gratis

    Nah, simak cara dan syaratnya di bawah ini:

    1. Periode event detikoto bagi-bagi motor listrik Alva adalah tanggal 24 Desember 2024 sampai 2 Januari 2025.

    2. Untuk bisa mengikuti event ini wajib memiliki akun detikconnect/MPC. Pastikan seluruh data yang kamu daftarkan benar, termasuk nomor telepon dan alamat email.

    3. Pemenang akan dihubungi melalui data-data yang terdapat pada detikconnect/MPC.

    4. WAJIB mem-follow/subscribe akun media sosial detikOto, yakni: Youtube detikOto, Instagram detikOto, dan Tiktok detikoto.

    5. Pemenang yang tidak mem-follow akun media sosial tersebut dinyatakan tidak sah. Hadiah akan hangus dan dipilih pemenang lainnya.

    5. Jawab pertanyaan di bawah ini:
    a. Tipe motor yang akan menjadi hadiah program ini terpampang pada foto artikel. Jenis motor Alva apakah itu?
    b. Beri alasan kenapa kamu harus jadi pemenang bagi-bagi motor gratis dari detikOto?

    6. Jawaban bisa ditulis pada kolom komentar berita ini. Jawaban benar dan paling seru, juga menarik, berpeluang besar menjadi pemenang

    7. Tulis MAU dan tag tiga orang teman kamu pada postingan Instagram atau Tiktok detikOto terkait program bagi-bagi motor ini. Ini link tiktok dan Instagram-nya.

    8. Pengumuman pemenang pada 6 Januari 2025 dan HANYA akan dimuat di detikOto/detikcom. Pemenang akan dihubungi oleh detikcom.

    9. Keputusan pemenang dari detikOto/detikcom bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

    10. Berlaku di wilayah Indonesia

    11. Hadiah tidak bisa diuangkan

    12. Pajak undian dan biaya pengiriman di luar wilayah Jabodetabek ditanggung pemenang.

    13. Batas waktu pengisian jawaban 2 Januari 2025 pukul 23.59 WIB.

    14. Selain satu pemenang utama motor listrik Alva, akan dipilih 10 pemenang lain yang akan mendapatkan masing-masing satu buah helm RSV.

    Helm RSV Foto: Agung Pambudhy/detikOto

    Jangan sampai ketinggalan. Dapatkan motor listrik Alva gratis dari detikOto.

    (din/din)

  • Menko Polkam Budi Gunawan Pastikan Situasi Nasional Jelang Malam Natal Aman dan Kondusif – Halaman all

    Menko Polkam Budi Gunawan Pastikan Situasi Nasional Jelang Malam Natal Aman dan Kondusif – Halaman all

    Lakukan pengecekan di sejumlah titik strategis Jabodetabek dan lainnya, Menkopolkam Budi Gunawan pastikan situasi nasional kondusif jelang malam Natal

    Tayang: Selasa, 24 Desember 2024 12:20 WIB

    Tribunnews.com/Gita Irawan

    Menko Polkam Budi Gunawan (kemeja putih). Lakukan pengecekan di sejumlah titik strategis Jabodetabek dan lainnya, Menkopolkam Budi Gunawan pastikan situasi nasional kondusif jelang malam Natal 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolkam) Budi Gunawan melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan pengamanan malam natal di berbagai titik di seluruh Indonesia pada Selasa (24/12/2024).

    Selain itu, ia juga melakukan pengecekan di sejumlah titik strategis di Jabodetabek.

    Langkah itu dilakukan guna memastikan umat Kristiani dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan aman.

    Ia bersyukur dari hasil pengecekan lapangan secara umum situasi nasional terpantau kondusif.

    “Pemerintah akan terus memastikan posko-posko gabungan yang sudah tersebar di berbagai lokasi tetap bekerja maksimal, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah dan beraktivitas dengan nyaman,” kata Budi Gunawan di sela-sela kunjungan ke Gambir dan beberapa titik strategis di Jabodetabek dalam keterangan tertulis pada Selasa (24/12/2024).

    Ia mengatakan posko-posko gabungan tersebut merupakan wujud sinergi antara TNI, Polri, serta berbagai instansi terkait lainnya. 

    Budi Gunawan melanjutkan, upaya pengamanan dilakukan secara menyeluruh, mencakup gereja, pusat keramaian, serta jalur transportasi.

    Pemerintah, tegas Budi, berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga negara selama momen Natal dan Tahun Baru.

    Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati, baik saat berada di perjalanan maupun di tempat keramaian.

    “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban dan segera melaporkan ke posko terdekat jika membutuhkan bantuan,” lanjut dia.

     

     

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Penyesuaian tarif PAM Jaya memang perlu dilakukan

    Penyesuaian tarif PAM Jaya memang perlu dilakukan

    Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Teguh Setyabudi didampingi sejumlah pimpinan Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam acara Jakarta Update di Balai Kota Jakarta, Senin malam (23/12/2024). ANTARA/Lifia Mawaddah Putri.

    Teguh Setyabudi: Penyesuaian tarif PAM Jaya memang perlu dilakukan
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Selasa, 24 Desember 2024 – 08:55 WIB

    Elshinta.com – Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Teguh Setyabudi mengatakan kenaikan tarif PAM Jaya memang perlu dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang sudah diperhitungkan. 

    “Terkait masalah penyesuaian tarif PAM Jaya, terkait dengan masalah penyesuaian tarif, permasalahannya sudah cukup panjang,” kata Teguh dalam acara “Jakarta Update” yang digelar di Balai Kota Jakarta, Senin (23/12) malam.

    Banyak sekali pertimbangan dan tarifnya tidak semata-mata naik. “Tarif PAM Jaya sejak 2007-2024, artinya 17 tahun tak pernah naik,” katanya.

    Teguh menekankan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan layanan air perpipaan hingga cakupan 100 persen pada 2030. Penyesuaian ini juga dilakukan berdasarkan kajian mendalam selama dua tahun.

    Meskipun akan menaikkan tarif, Teguh memastikan bahwa tarif air minum PAM JAYA masih menjadi yang termurah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

    “Kemudian juga dibandingkan inflasi yang sekarang, nanti kenaikannya dibandingkan inflasinya jauh lebih ringan. Kalau menyumbang tingkat inflasi, mungkin hanya 0,015 persen,” katanya.

    Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin menjelaskan alasan mengapa pihaknya melakukan penyesuaian tarif per tanggal 1 Januari 2025.

    “Secara UU (undang-undang) dan berbagai aspek, saat ini aspek lingkungan, kesehatan, bahkan ekonomi, akan berdampak ketika nanti kami bisa mempercepat penyambungan jaringan baru,” katanya.

     

    Karena di barat dan utara Jakarta itu warga sangat membutuhkan air perpipaan. “Inshaa Allah kalau pipanya semua baru, airnya siap minum,” kata Arief.

    Tak hanya berupaya pengembangan layanan air perpipaan hingga cakupan 100 persen pada 2030, PAM Jaya juga berusaha menghambar penurunan muka air tanah.

    “Bahkan kalau bisa nanti dalam waktu tertentu, mengembalikan membran air tanah itu untuk bisa menguatkan tanah di Jakarta. Itu yang menjadi salah satu penting kenapa ini harus kami lakukan,” ujar Arief.

    Selain itu, Arief juga mengatakan penyesuaian tarif dilakukan tidak semata-mata naik tetapi justru ada yang turun. Untuk kelas masyarakat yang memang perlu mendapatkan bantuan, akan tetap menggunakan tarif yang terjangkau.

    Sumber : Antara

  • Libur Natal dan Tahun Baru 2025, Sarinah Targetkan 350 Ribu Pengunjung – Halaman all

    Libur Natal dan Tahun Baru 2025, Sarinah Targetkan 350 Ribu Pengunjung – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Sarinah InJourney Retail, menargetkan lebih dari 350 ribu pengunjung pada periode 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, yang menunjukkan peningkatan 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, menyampaikan, tahun ini, Sarinah memusatkan daya tarik utama di Sarinah Thamrin, menjadikannya pilihan utama bagi pengunjung yang ingin berbelanja sekaligus menikmati berbagai pengalaman seru selama musim liburan.

    “Kami ingin menjadikan Sarinah sebagai destinasi utama untuk berbelanja produk lokal berkualitas selama liburan akhir tahun,” ujar Fetty dalam keterangannya, Selasa (24/12/2024).

    Sebagai bagian dari perayaan liburan akhir tahun, kata Fetty, Sarinah menyiapkan 18 program promosi di seluruh gerainya, termasuk di Malang, Braga, TMII, dan bandara. Seperti, BINA DISKON di Sarinah (20–29 Desember 2024), Boxing Day (26–27 Desember 2024), dan lainnya.

    Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung, Sarinah telah mempersiapkan berbagai langkah operasional. Sebanyak 177 tenaga tambahan untuk keamanan dan kebersihan akan ditempatkan pada malam tahun baru.

    “Sarinah juga berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat, termasuk Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Pemadam Kebakaran, untuk menjaga keamanan di sekitar area,” paparnya.

    Commercial Group Head InJourney, Yoesman Sugianto, mengatakan, berdasarkan informasi dari Dishub DKI Jakarta, terdapat 18 juta orang  bepergian keluar Jakarta, artinya diperkirakan masih ada 16-20 juta masyarakat Jabodetabek yang akan menghabiskan liburan natarunya di Jakarta.

    “Untuk itu, kami di InJourney memiliki aset destinasi di wilayah Jakarta seperti Sarinah, TMII, dan bandara melakukan berbagai inisiatif strategis dalam menyambut periode nataru ini,” jelasnya.

  • Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 21:10 WIB

    Elshinta.com – PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), perusahaan yang telah beroperasi lebih dari tiga dekade di Indonesia, membuktikan komitmen dalam menjalankan  transformasi besar bisnisnya dari MLM (Multi Level Marketing) menjadi MMC (Mixed Marketing Concept).

    Tanggal 1 Oktober 2023 menjadi titik penting bagi CNI, di mana perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan model Multi-Level Marketing (MLM) memutuskan untuk meninggalkan skema tersebut dan mulai menerapkan Mixed Marketing Concept (MMC) yang efektif beroperasi pada tanggal 1 Januari 2024. MMC adalah sebuah konsep pemasaran inovatif yang mengintegrasikan berbagai keunggulan model pemasaran yang ada, termasuk pemasaran secara offline maupun online.

    Seiring dengan transformasi tersebut, CNI juga telah memperkenalkan logo, brand, dan persona baru yang lebih segar dan relevan dengan perkembangan zaman.

    Langkah ini semakin memperkuat posisi CNI dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan tren digital saat ini, serta memungkinkan konsumen untuk membeli produk CNI tidak hanya secara offline, tetapi juga melalui e-commerce dan marketplace yang selama ini dilarang untuk perusahaan dengan model MLM.

    “CNI selalu berusaha untuk tetap inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perkembangan zaman. Melalui transformasi ini, kami ingin menciptakan brand yang lebih segar dan relevan, terutama di kalangan generasi millennial dan Gen Z yang kini menjadi bagian besar dari pasar kami. Dengan model MMC, kami optimis dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan untuk para CNI-Partner di seluruh Indonesia,” kata Abrian Natan, CEO CNI Indonesia dalam keterangan yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (23/12). 

    Sebagai bagian dari transformasi, CNI juga memperkenalkan konsep CNI-Store yang menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran MMC. CNI-Store tidak hanya berfungsi sebagai titik promosi dan distribusi produk, tetapi juga sebagai pusat informasi bagi para konsumen dan CNI-Partner. Sejak diluncurkan pada 2 Juli 2024, CNI Store telah hadir di 27 kota di Indonesia, dan lebih banyak lagi yang akan dibuka sepanjang 2025 nanti.

    CNI Store telah hadir di kota-kota seperti Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Solo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, NTB, dan Makassar.

    “Selain model pemasaran yang lebih fleksibel, CNI-Store juga menerapkan konsep tanpa biaya lisensi (zero license fee) untuk para CNI-Partner yang ingin menggunakan brand CNI di toko offline maupun online mereka,” tambah Abrian.

    CNI juga terus memperluas jangkauan pasar dengan program Go-Digital yang memungkinkan produk CNI dijual melalui e-store di berbagai marketplace ternama. Program ini memberi peluang yang lebih besar bagi para konsumen untuk membeli produk CNI dengan cara yang lebih praktis dan modern. Bagi CNI-Partner yang menjual produk CNI di marketplace juga, tidak perlu khawatir dengan CNI-Store Official sendiri. Karena harga di CNI-Store Official dipatok lebih tinggi 5 persen, sehingga dapat meminimalisasi persaingan harga.

    Tidak hanya itu, keuntungan penjualan CNI-Store Official secara berkala juga akan dibagikan ke CNI-Partner yang sudah memiliki dan tergabung dalam CNI Online Seller Community.

    Bagi para konten kreator yang gemar mempromosikan produk, CNI juga meluncurkan program CNI Affiliate, sebuah kesempatan bagi individu untuk bergabung menjadi affiliator dan mempromosikan produk CNI di platform digital dengan imbalan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual.

    Tentunya, produk sebagai salah satu jurus andalan juga tak ketinggalan untuk tampil. Dalam upaya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda, sepanjang 2024 CNI juga meluncurkan berbagai produk baru, seperti CNI-Ginseng Coffee Signature, CNI-Nutrimoist Face Sunscreen, dan SC88 Liquid Detergent, yang dirancang khusus untuk pasar millennial dan Gen Z yang semakin peduli dengan gaya hidup sehat dan praktis.

    Sebagai jurus terakhir dan tak kalah penting, serta sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung para generasi muda berjiwa entrepreneur, CNI juga menggelar X-ion Club, sebuah komunitas bisnis untuk para Gen Z yang menyelenggarakan workshop dan menghadirkan praktisi muda bisnis ternama sebagai pembicara. Sejak diluncurkan, lebih dari 100 peserta anak muda telah bergabung dalam workshop ini untuk belajar dan mengembangkan potensi bisnis mereka.

    “Transformasi yang kami lakukan ini bukan hanya soal perubahan model bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kami bisa lebih dekat dengan konsumen muda, memberi mereka peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan, serta menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka,” tutup Abrian.

    Sumber : Elshinta.Com