kab/kota: Jabodetabek

  • Disebut tolak laporan, Polres Bekasi Kota periksa anggotanya

    Disebut tolak laporan, Polres Bekasi Kota periksa anggotanya

    saya sudah coba lapor polisi tapi dilempar-lempar bahkan diminta buat surat laporan saja belum

    Jakarta (ANTARA) – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Metro Bekasi Kota memeriksa sejumlah anggota dari Polsek Pondok Gede yang diduga menolak laporan warga terkait penguntitan yang dilakukan oleh oknum tidak dikenal di Pondok Melati, Kota Bekasi, Minggu (29/12/2024)

    “Kami sudah melakukan pedalaman terhadap anggota yang piket pada hari itu ya, apabila memang ditemukan adanya dugaan pelanggaran disiplin, pelanggaran SOP yang dilakukan oleh anggota, pasti kami akan lakukan penindakan,” kata Kapolsek Pondok Gede Komisaris Polisi Bambang Sugiharto saat dikonfirmasi dari Jakarta, Jumat.

    Bambang juga menyebut anggota tersebut sudah dilaksanakan pemeriksaan secara internal di Propam, Polres Metro, Bekasi Kota.

    “Untuk personel yang dilakukan pemeriksaan, kurang lebih sekitar enam orang, ” katanya.

    Sementara itu untuk keenam anggota tersebut, Bambang menjelaskan dari Unit Pelayanan Post Pengamanan Natal dan Tahun Baru, kemudian piket Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), piket Reskrim, maupun piket lalulintas.

    Saat dikonfirmasi jika dalam pemeriksaan ditemukan adanya dugaan tindakan pelanggaran Standar Operasi Prosedur (SOP), Bambang menyebutkan akan memberikan sanksi.

    “Pasti ya, sesuai dengan PP nomor 2 tahun 2003 tentang peraturan disiplin anggota Polri, di situ jelas mengatur apabila anggota Polri melakukan pelanggaran disiplin, sudah dikenakan sanksi, bisa dijatuhkan sanksi pelanggaran disiplin tersebut, dan harus mempertanggungjawabkan secara hukum, ” ucapnya.

    Sementara itu Bambang menyebut pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut meski korban belum membuat laporan.

    “Kami dari pihak Kepolisian sudah berupaya menghubungi yang mengunggah konten tersebut di IG (Instagram). DM (direct message) kemudian kami mendapatkan nomor handphone tersebut,” ungkap Bambang.

    Saat ini Kepolisian juga telah mengimbau kepada korban untuk segera membuat laporan resmi.

    “Kemudian kami menghubungi korban dan berupaya meminta supaya korban membuat laporan resmi ataupun kami akan jemput bola di mana korban ini tinggal, untuk membuat laporan resminya. Sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah penegakan hukum selanjutnya,” terangnya.

    Sebelumnya beredar sebuah video viral di media sosial Instagram yang diunggah akun @info_jabodetabek, dalam video tersebut terlihat tiga orang pelaku menyerang kaca mobil.

    “Mobil saya habis diserang preman di daerah Jatiwarna, saya sudah coba lapor polisi tapi dilempar-lempar bahkan diminta buat surat laporan saja belum,” kutip akun tersebut.

    Akun tulis tersebut menjelaskan kronologinya mereka bertiga naik motor di depan mobil korban zig-zag jalannya, kemudian di salip mobil korban, mereka lanjut mengejar lagi di depan mobil korban akhirnya mobil korban ngebut dan terjadi pemukulan kaca mobil oleh pelaku.

    Pewarta: Ilham Kausar
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Kemenhub Masih Kaji Rencana Penutupan Stasiun Karet – Page 3

    Kemenhub Masih Kaji Rencana Penutupan Stasiun Karet – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan menutup operasional Stasiun Karet, Jakarta. Selama ini Stasiun Karet yang berlokasi di Jakarta Pusat ini dipergunakan untuk mobilitas penumpang KRL Jabodetabek.

    Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal mengatakan, Kemenhub masih melakukan pengkajian mengenai rencana penutupan Stasiun Karet ini.

    “Masih kami kaji (rencana penutupan Stasiun Karet),” kata Risal dikutip dari Antara, Jumat (3/1/2025).

    Meski begitu, Risal tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai rencana penutupan stasiun tersebut.

    Dirinya hanya hanya menyebutkan bahwa keterangan lebih lanjut akan disampaikan melalui Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub. “Nanti dikabari humas” (informasi lanjutan),” kata Risal pula.

    Sebelumnya, VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan penutupan Stasiun Karet dilandasi oleh pertimbangan keselamatan penumpang dan kerentanan akses menuju Stasiun Karet yang memicu kemacetan.

    “Faktor keselamatan menjadi pertimbangan utama (penutupan Stasiun Karet) karena dengan rangkaian sebanyak 12 gerbong KRL tidak preipal di perlintasan (rangkaian KRL akan menutup perlintasan),” ujar Joni ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat.

    Joni menjelaskan bahwa dalam satu jam, pengguna commuter line yang masuk ke Stasiun Karet mencapai hampir 2 ribu penumpang, dengan waktu tunggu pemberangkatan selama 10 menit.

    Hal itu, ujar dia pula, membutuhkan kapasitas ruang tunggu sebanyak 330 orang. Padahal, saat ini, Hall Stasiun Karet hanya dapat menampung sekitar 150 orang, yang dinilai menimbulkan risiko terhadap keselamatan pengguna.

    “Belum lagi akses menuju pintu masuk Stasiun Karet rentan memicu kemacetan lantaran berada dekat perlintasan sebidang,” kata dia.

     

  • Hari Ini Berlaku Lagi Diskon Tarif Tol

    Hari Ini Berlaku Lagi Diskon Tarif Tol

    Jakarta

    Jasa Marga kembali memberlakukan diskon tarif tol, khususnya Tol Trans Jawa arah Jakarta. Perjalanan menerus dari Semarang sampai Jakarta dikenakan potongan tarif tol sebesar 10 persen.

    Diskon tarif tol ini diberlakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Diharapkan pengendara memanfaatkan diskon tarif tol sehingga tidak semuanya balik ke wilayah Jabodetabek setelah libur Nataru di waktu puncaknya.

    Potongan tarif ini hanya akan berlaku jika melakukan transaksi menggunakan e-toll dengan saldo harus mencukupi. Potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar yaitu di GT Cikampek Utama pada periode arus balik. Potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan melebihi pukul 05.00 WIB.

    Untuk arus balik, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai Gerbang Tol Cikampek mulai hari ini, Jumat (3/1/2025) pukul 05.00 sampai dengan Sabtu (4/1/2025) pukul 05.00 WIB. Pemberian potongan tarif berlaku saat pengguna jalan melakukan tapping e-toll di Gerbang Tol Cikampek.

    “Untuk jam pemberlakuan potongan tarif yaitu mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, atau berlaku 24 jam, serta diberlakukan untuk semua golongan kendaraan. Dengan ini kami harap dapat memaksimalkan distribusi lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” ungkap Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan tertulisnya.

    Untuk kendaraan golongan I, tarif tol dari GT Kalikangkung sampai GT Cikampek yang normalnya sebesar Rp 434.500 diberikan diskon menjadi Rp 391.050. Sedangkan untuk kendaraan golongan II dan III dari Rp 671.000 menjadi Rp 603.900. Sementara kendaraan golongan IV dan V semula Rp 883.500 menjadi Rp 795.150.

    “Jasa Marga mengimbau pengguna kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur Nataru 2024/2025 dengan baik. Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, memastikan kecukupan BBM, dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan,” katanya.

    (rgr/din)

  • DPRD Klaim Sudah Anggarkan Rp 10 Miliar untuk Operasional Biskita Trans Pakuan Bogor
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 Januari 2025

    DPRD Klaim Sudah Anggarkan Rp 10 Miliar untuk Operasional Biskita Trans Pakuan Bogor Megapolitan 3 Januari 2025

    DPRD Klaim Sudah Anggarkan Rp 10 Miliar untuk Operasional Biskita Trans Pakuan Bogor
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com
    – Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor, Abdul Kadir Hasbi Alatas mengatakan, sudah menganggarkan Rp 10 miliar untuk mendukung keberlanjutan layanan Biskita Trans Pakuan.
    “Padahal kami kemarin sudah menganggarkan Rp10 miliar, dan anggaran itu sebagai upaya kami agar pelayanan tetap terlaksana. Kami sudah berupaya sedemikian rupa,” ujar Hasbi saat ditemui di Balai Kota Bogor, Kamis (2/1/2025).
    Hasbi juga menyesalkan langkah Pemkot yang tidak berkoordinasi dengan DPRD sebelum
    Biskita Trans Pakuan Bogor
    berhenti beroperasi.
    “Kami menyayangkan sikap Pemkot yang sebelum ada penghentian ini tidak menginformasikanny ke DPRD,” tambah Hasbi.
    Dalam pembahasan RAPBD 2025, DPRD Kota Bogor mengalokasikan Rp10 miliar untuk memastikan operasional Biskita Trans Pakuan tidak terganggu.
    Sebelumnya, DPRD juga menganggarkan tambahan Rp11 miliar dalam APBD Perubahan 2024 untuk mengantisipasi penghentian subsidi dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).
    “Sudah dianggarkan kemarin Rp 10 miliar dan dalamn catatan Rp 11 miliar dianggarkan di APBD perhbahan karena info kemarin ada pemberhentian subsidi dari BPTJ.,” kata Hasbi.
    Dia mendesak Pemkot untuk segera memberikan solusi agar masyarakat tetap memiliki akses transportasi selama penghentian sementara ini.
    Salah satu opsi yang sempat dibahas adalah pemanfaatan mobil dinas atau kendaraan alternatif lainnya.
    “Itu upaya DPRD supaya pelayanan masyarakat tetap terakomodir,” ungkap dia.
    Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menjelaskan, penghentian sementara ini dilakukan untuk evaluasi pelaksanaan Biskita setelah tiga tahun beroperasi sejak November 2021.
    Selain itu, penghentian juga terkait dengan proses transformasi kelembagaan di Kementerian Perhubungan, di mana pengelolaan BPTJ akan beralih ke Direktorat Jenderal Integrasi Transportasi dan Multimoda.
    “Transformasi atau transisi kelembagaan di Kemenhub yang dulunya pengelolaan oleh BPTJ, tapi kedepannya BPTJ berubah Ditjen Integrasi Transportasi Multimoda perlu adanya penyesuaian,” kata Marse.
    Adapun penghentian sementara layanan Biskita Trans Pakuan berlaku untuk empat koridor yakni sebagai berikut:
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pengelolaan Biskita Trans Pakuan Batal Dialihkan ke Pemkot Bogor pada 2025
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 Januari 2025

    Pengelolaan Biskita Trans Pakuan Batal Dialihkan ke Pemkot Bogor pada 2025 Megapolitan 3 Januari 2025

    Pengelolaan Biskita Trans Pakuan Batal Dialihkan ke Pemkot Bogor pada 2025
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com
    – Rencana pengelolaan
    Biskita Trans Pakuan Bogor
    yang semula akan dialihkan dari pemerintah pusat ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2025 batal dilakukan.
    Hingga akhir 2025, pengelolaan transportasi ini akan tetap berada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)
    Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menjelaskan, keputusan itu diambil lantaran sejumlah persiapan teknis yang diperlukan untuk mendukung peralihan pengelolaan belum sepenuhnya rampung.
    “Rencananya awal 2025 akan dialihkan ke Pemkot. Namun, karena ada beberapa hal teknis yang harus dipenuhi, sehingga sampai 2025 masih dilanjutkan, masih dibiayai oleh pemerintah pusat atau Kemenhub,” kata Marse saat ditemui di Kantor Dishub Kota Bogor, Kamis (2/1/2025).
    Dengan begitu selama tahun 2025, pemerintah pusat akan tetap menanggung seluruh biaya operasional semua koridor Biskita Trans Pakuan Bogor.
    “Sambil kita evaluasi apakah ada koridor direloting atau ditambah jalurnya. Kita punya waktu selama 2025 sambil mempersiapkan proses peralihan kepada pemkot sehingga di 2026 bisa langsung ditake over,” ujar dia.
    Saat ini, layanan operasional Biskita Trans Pakuan di semua koridor, yaitu koridor 1, 2, 5, dan 6, dihentikan sementara selama maksimal 30 hari terhitung sejak 1 Januari 2025.
    “Pemberhentian sementara ini dilakukan untuk evaluasi pelaksanaan program Biskita serta penyesuaian kelembagaan di Kemenhub yang dulunya pengelolaan oleh BPTJ, ke depannya BPTJ berubah menjadi Direktorat Jenderal Integrasi Transportasi Multimoda,” jelas Marse.
    Sebelumnya, rencana pengalihan pengelolaan Biskita Trans Pakuan dari pemerintah pusat ke Pemkot Bogor telah dibahas sejak 2024.
    Sekretaris Daerah Kota Bogor, yang dulunya dijabat oleh Syarifah Sofiah, menyebutkan keputusan tersebut merupakan permintaan dari BPTJ agar pengelolaan tidak lagi menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tetapi melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2025.
    “Dari BPTJ minta pelaksanaan Biskita sudah tidak dikelola oleh pemerintah pusat melalui APBN. Diminta kita mandiri dialihkan ke pemkot semua koridor. Untuk subsidi dari pusat abisnha 2025 per Januari,” ucap Syarifah kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2024).
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rencana Penutupan Stasiun Karet, Pengamat: Alasannya Tidak Tepat
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 Januari 2025

    Rencana Penutupan Stasiun Karet, Pengamat: Alasannya Tidak Tepat Megapolitan 3 Januari 2025

    Rencana Penutupan Stasiun Karet, Pengamat: Alasannya Tidak Tepat
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN)
    Deddy Herlambang
    menilai alasan
    Menteri BUMN
    Erick Tohir untuk menutup
    Stasiun Karet
    demi memaksimalkan Stasiun BNI City tidak tepat.
    “Sebenarnya, alasan menteri itu tidak tepat kalau untuk memaksimalkan Stasiun BNI City,” ujar Deddy saat diwawancarai
    Kompas.com
    , Kamis malam (2/1/2024).
    Deddy menyatakan bahwa jika Stasiun Karet ditutup, maka alasan yang lebih tepat adalah untuk merealisasikan
    Transit Oriented Development
    (TOD) di Dukuh Atas.
    Ia menjelaskan bahwa perencanaan Dukuh Atas sudah sesuai dengan Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).
    “Di Dukuh Atas itu harusnya hanya ada satu titik simpul. Jadi, yang jelas hanya ada Stasiun Sudirman,” ungkap Deddy.
    Ia menambahkan bahwa jarak antara Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tidak terlalu jauh.
    Dengan adanya Stasiun BNI City, jarak antar stasiun menjadi semakin dekat.
    Oleh karena itu, jika menerapkan TOD, penutupan Stasiun Karet seharusnya bisa dilakukan.
    “Kalau untuk RITJ, konsep maksimal jalan kakinya 500 meter. Sebenarnya, antara Stasiun Sudirman lama dengan Stasiun Karet sudah 500 meter, sudah masuk kawasan TOD,” kata Deddy.
    Deddy menjelaskan bahwa penerapan konsep TOD bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan angkutan umum serta meningkatkan transportasi non-motoris seperti berjalan kaki dan bersepeda.
    Jika TOD di kawasan itu direalisasikan, titik simpulnya akan berada di Stasiun Sudirman.
    “Titik simpulnya ada di Stasiun Sudirman. Mengapa Stasiun Sudirman? Karena di sana akan terjadi HUB, yang merupakan proses transit besar,” terang Deddy.
    Namun, untuk mencegah terjadinya overload penumpang, penghentian KRL sebaiknya dilakukan di Stasiun BNI City.
    “Mengapa penghentian KRL itu di BNI City? Untuk mencegah overload. Sejak 2023, LRT Jabodebek beroperasi sehingga ada peningkatan volume penumpang. Karena sudah overload, makanya dipindah ke BNI City,” ucap Deddy.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • BPS: Jumlah Penumpang Kereta Turun Jadi 42,6 Juta Orang per November 2024

    BPS: Jumlah Penumpang Kereta Turun Jadi 42,6 Juta Orang per November 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan penurunan jumlah penumpang kereta di Jawa dan Sumatera menjadi 42,6 juta pada November 2024. 

    Secara lebih rinci, jumlah penumpang kereta di Jawa dan Sumatera, termasuk kereta bandara, MRT, LRT, dan kereta cepat Whoosh, tercatat sebanyak 42,6 juta orang pada bulan November 2024. Angka ini mengalami penurunan 6,39% dibandingkan bulan sebelumnya (MoM). 

    Dari total penumpang tersebut, 27,5 juta orang atau sebanyak 64,62% merupakan penumpang di wilayah Jabodetabek yang sebagian besar adalah commuter. Penurunan jumlah penumpang terjadi di beberapa wilayah, di antaranya Jabodetabek, kereta bandara, MRT, dan LRT dengan penurunan masing-masing sebesar 8,05%, 3,64%, 8,98%, dan 6,85%. 

    Sementara itu, wilayah Jawa non-Jabodetabek dan kereta cepat Whoosh justru mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0,37% dan 5,97%. Sementara jumlah penumpang di Sumatera relatif stabil.

    Secara kumulatif, jumlah penumpang kereta dari Januari hingga November 2024 mencapai 458,8 juta orang. Angka ini mengalami peningkatan 18,62% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 (year to date). 

    Peningkatan ini terutama terjadi di wilayah Jabodetabek sebesar 13,37%, Jawa non-Jabodetabek 11,80%, kereta bandara 44,21%, MRT 19,28%, LRT 193,97%, dan kereta cepat Whoosh 752,15%. Namun, di wilayah Sumatera tercatat penurunan jumlah penumpang sebesar 7,80%.

    Sementara itu, jumlah barang yang diangkut kereta pada November 2024 tercatat sebanyak 6,1 juta ton, turun 7,24% dibandingkan bulan sebelumnya. Sebagian besar barang yang diangkut tersebut tercatat di wilayah Sumatera, dengan total 5 juta ton atau 81,91% dari total barang yang diangkut. 

    Adapun, penurunan jumlah barang terjadi di wilayah Jawa non-Jabodetabek dan Sumatera masing-masing sebesar 7,38% dan 7,20%.

    Pada periode Januari-November 2024, jumlah barang yang diangkut kereta mencapai 67,1 juta ton, meningkat 10,17% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023. Peningkatan ini terjadi di wilayah Jawa non-Jabodetabek 11,46% dan Sumatera 9,89%.

  • Puluhan Ribu Warga Jakarta Pindah ke Bogor, Begini Penjelasan Disdukcapil!

    Puluhan Ribu Warga Jakarta Pindah ke Bogor, Begini Penjelasan Disdukcapil!

    JABAR EKSPRES – Warga Jakarta secara besar-besaran melakukan perpindahan penduduk ke Kabupaten Bogor.

    Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor sebanyak 45 ribu penduduk pindah dari Jakarta ke Kabupaten Bogor.

    “Data terakhir kemarin dapat informasi untuk Kabupaten Bogor itu kurang lebih di 45 ribuan penduduk ya, kurang lebih yang sudah wajib KTP-nya di 30 ribuan,” kata Kadisdukcapil Kabupaten Bogor, Hadijana kepada media, Kamis (2/1).

    BACA JUGA: Viral Aksi Perundungan di Sukamakmur Bogor, Polisi Langsung Tangani

    Terkait perpindahan tersebut, Hadijana mengungkapkan karena adanya penonaktifan data Nomor Induk Keluarga (NIK) di daerah Jakarta.

    Ia menyebut, Kabupaten Bogor menjadi wilayah tertinggi dalam perpindahan kependudukan warga Jakarta secara besar besaran.

    “Mereka itu sebetulnya, awalnya mereka bertempat tinggal di Jakarta sehingga ber-KTP Jakarta,”ucapnya.

    BACA JUGA: Daftarkan NIK dan KK Kamu untuk Dapat Saldo Dana Rp1,2 Juta, Begini Caranya

    Menurutnya, perpindahan warga Jakarta tersebut se-jabodetabek namun Bogor yang paling banyak.
    Selain itu, Hadijana melanjutkan, pihak dari Provinsi DKI Jakarta melakukan  penonaktifan secara selektif kepada warganya yang sama sekali tidak memiliki aset.

    Dirinya  memberikan contoh, jika ada seseorang yang tinggal di Jakarta dan memiliki aset, masih diperkenankan menggunakan NIK Jakarta.

    BACA JUGA: Angka Kecelakaan Capai 98 Persen di 2024, Perhatian Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Sopir Masih Minim

    “Tapi DKI juga selektif tidak semua seperti itu, misalkan ada seseorang si fulan bergeser tapi dia masih memiliki aset di DKI itu masih diperkenankan menggunakan. Ini yang sama sekali tidak memiliki aset,”pungkasnya. (Regi)

  • Erupsi Lewotobi Bikin Penumpang Pesawat di Indonesia Merosot

    Erupsi Lewotobi Bikin Penumpang Pesawat di Indonesia Merosot

    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara domestik pada November 2024 sebanyak 4,9 juta orang atau turun 7,45 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
     
    Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menyebutkan, penurunan jumlah penumpang ini dikarenakan pada November 2024 masuk masa permintaan rendah atau low season.
     
    “Faktor lain adalah penurunan jumlah angkutan udara di mana pada November 2024 ini karena terjadi bencana alam berupa erupsi Gunung Lewotobi (Flores, NTT) yang menyebabkan beberapa bandara berhenti beroperasi selama beberapa hari,” ujar Pudji di Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis, 2 Januari 2025.
    Selama Januari-November 2024, jumlah penumpang angkutan udara domestik sebanyak 57,7 juta orang atau naik 1,25 persen dibanding kondisi pada periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 57,0 juta orang.
     
    Pada angkutan udara ke luar negeri (internasional), jumlah penumpang mencapai 1,6 juta orang atau turun 6,35 persen dibandingkan dengan Oktober 2024.
     
    Secara kumulatif pada Januari-November 2024, jumlah penumpang angkutan udara ke luar negeri, baik menggunakan penerbangan nasional maupun asing, sebanyak 17,3 juta orang atau naik 21,86 persen dibanding jumlah penumpang pada periode yang sama tahun sebelumnya.
     

     

    Penumpang kereta juga menurun

    Dari sisi angkutan kereta api, jumlah penumpang kereta di Jawa dan Sumatra termasuk kereta bandara, MRT, LRT, dan kereta cepat Whoosh, yang berangkat pada November 2024 sebanyak 42,6 juta orang atau turun 6,39 persen dibanding bulan sebelumnya.
     
    Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah penumpang Jabodetabek yang merupakan penumpang pelaju (commuter), yaitu sebanyak 27,5 juta orang atau 64,62 persen dari total penumpang angkutan kereta.
     
    “Penurunan kereta api November 2024 karena memiliki hari kerja yang sedikit dan cuti serentak Pilkada yang menyebabkan berkurangnya aktivitas pekerja komuter, yang merupakan pengguna terbesar KRL, MRT dan LRT,” kata Pudji.
     
    Selama Januari-November 2024, jumlah penumpang mencapai 458,8 juta orang atau naik 18,62 persen dibanding periode yang sama di 2023. Hal yang sama untuk jumlah barang yang diangkut kereta naik 10,17 persen menjadi 67,1 juta.
     
    Sementara itu, jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri yang berangkat pada November 2024 tercatat 2,0 juta orang atau turun 6,34 persen dibanding Oktober 2024.
     
    Selama Januari-November 2024, jumlah penumpang mencapai 23,5 juta orang atau naik 27,56 persen dibanding dengan periode yang sama 2023, sementara jumlah barang yang diangkut naik 1,27 persen atau mencapai 343,0 juta ton.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Tol Semarang- Jakarta Kembali Berlakukan Tarif Diskon 10 Persen Mulai 3 Januari, Ini Syaratnya – Halaman all

    Tol Semarang- Jakarta Kembali Berlakukan Tarif Diskon 10 Persen Mulai 3 Januari, Ini Syaratnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM –  PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberikan diskon tarif sebesar 10 persen untuk pengguna ruas tol Trans Jawa rute Semarang- Jakarta.

    Tarif diskon ini diberlakukan dalam rangka menghindari penumpukan kendaraan pada arus balik Tahun Baru 2025.

    Terlebih saat ini telah ada peningkatan arus kendaraan menuju arah Jabodetabek sebanyak 21,5 persen atau 31.463 kendaraan.

    “Potongan tarif tol sebesar 10 persen untuk perjalanan terus menerus Semarang- Jakarta akan berlaku mulai besok!,” jelas postingan Instagram @resmi.jasamarga.

    Diskon itu berlaku untuk perjalanan dari Semarang GT Kalikangkung menuju Jakarta GT Cikampek Utama.

    Untuk jam pemberlakuan potongan tarif, yakni mulai Rabu 3 Januari 2025 pukul 05.00 WIB.

    Diskon berlajut hingga Kamis, 4 Januari 2025 pukul 05.00 WIB.

    Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, menjelaskan pemberian potongan tarif tol sebesar 10 persen ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan tol.

    Dengan adanya diskon tarif ini, diharapkan perjalanan pengguna jalan menjadi lebih ekonomis dan nyaman.

    Berikut adalah tarif tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama selama periode arus balik Nataru:

    Golongan I: Rp 391.050, semula Rp 434.500
    Golongan II dan III: Rp 603.900, semula Rp 671.000
    Golongan IV dan V: Rp 795.150, semula Rp 883.500.

    Syarat Klaim Diskon Tarif Tol Semarang-Jakarta

    Perlu diingat potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan melebihi pukul 05.00 WIB.

    Oleh karena itu pastikan Anda melakukan tap out sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

    Yakni mulai Rabu 3 Januari 2025  pukul 05.00 WIB hingga Kamis, 4 Januari 2025 pukul 05.00 WIB.

    Pengguna jalan harus memastikan kartu e-toll yang digunakan sama saat tap in dan tap out, karena sistem transaksi di Jalan Tol Trans Jawa adalah tertutup.

    Lebih lanjut, mengantisipasi lonjakan kemacetan di pintu masuk tol, sebelum memasuki jalan tol Jasa Marga menghimbau masyarakat untuk memastikan kecukupan BBM dan saldo kartu uang elektronik.

    Selain itu pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan pengemudi siap untuk perjalanan yang aman.

    Cara Isi Saldo e-Toll Online

    1. BNI Mobile Banking

    Log in BNI Mobile Banking
    Pilih menu E-Wallet, lalu klik Tapcash
    Pilih menu Top Up Saldo TapCash
    Tempel dan tahan kartu di belakang ponsel, tunggu hingga kartu terbaca
    Masukkan nominal saldo yang ingin ditambahkan
    Masukkan password transaksi
    Transaksi berhasil dan kartu siap digunakan kembali

    2. Livin by Mandiri

    Log in di aplikasi Livin by Mandiri
    Pilih menu e-Money
    Tempel dan tahan kartu di belakang ponsel, tunggu hingga kartu terbaca
    Pilih Top Up
    Masukkan nominal saldo yang ingin ditambahkan
    Masukkan password transaksi
    Transaksi berhasil dan kartu siap digunakan kembali

    3. BRIZZI Bank BRI

    Log in di aplikasi BRIMO
    Pilih menu Top Up
    Pilih “BRIZZI”
    Scan kartu e-Toll atau masukkan nomor kartu
    Masukkan nominal saldo dan pilih sumber dana
    Masukkan password
    Transaksi berhasil dan kartu siap digunakan kembali

    4. FLAZZ Bank BCA

    Log in di Aplikasi myBCA
    Pilih menu “FLAZZ”
    Tempelkan dan tahan kartu di belakang ponsel
    Informasi saldo akan muncul dan klik “Top Up”
    Pilih rekening sumber dana dan klik nominal top up
    Masukkan password
    Transaksi berhasil dan kartu siap digunakan kembali

    5. Isi Ulang Melalui Shopee

    Masuk ke aplikasi Shopee
    Pilih menu “Pulsa, Tagihan, & Tiket”
    Klik “Uang Elektronik”
    Masukkan nomor kartu dan pilih jenis kartu atau tempel dan tahan kartu di belakang ponsel
    Masukkan nominal saldo
    Klik lanjut
    Pilih metode pembayaran kemudian klik bayar sekarang
    Pengisian saldo berhasil dan kartu siap digunakan kembali

    (Tribunnews.com / Namira Yunia)