kab/kota: Gunung

  • Pipa Air Bersih Pecah, Warga Dusun Sulek Timur Bondowoso Cuci Tangan Pakai Sisa Air Banjir

    Pipa Air Bersih Pecah, Warga Dusun Sulek Timur Bondowoso Cuci Tangan Pakai Sisa Air Banjir

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sinca Ari Pangistu 

    TRIBUNJATIM.COM, BONDOWOSO – Banjir bandang yang terjadi di Dusun Sulek Timur, Desa Sulek, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, membuat warga tak bisa menggunakan air bersih, pada Senin (23/12/2024). 

    Pasalnya, sumber air bersih yang selama ini digunakan untuk minum, mandi, dan aktivitas lainnya ambrol akibat banjir.

    “Air bersih disini kan dari Gunung, dialirkan pakai paralon ke rumah-rumah warga,” ungkap Maria, salah seorang warga yang rumahnya terdampak tanah longsor.

    Maria menyebut bahwa sejak semalam dirinya mencuci tangan dan kaki menggunakan sisa-sisa air banjir yang masih semata kaki.

    “Ya tidak mandi. Kita cuci pakai air sisa banjir,” ungkapnya pada TribunJatim.com

    Sementara itu, Sekretaris Desa Sulek, Zen mengatakan, banjir terjadi sejak pukul 24.00 WIB semula bahkan tingginya sepinggang manusia dewasa.

    Warga semalam langsung bergotong royong membersihkan material yang dibawa banjir, seperti ranting-ranting pohon dari atas gunung.

    “Gotong royong sejak semalam. Sekarang sudah surut, namun air masih semata kaki,” urainya.

    Di desanya sendiri bukan hanya dilanda banjir. Namun juga tanah longsor yang mengakibatkan tiga rumah di desanya rusak parah.

    “Airnya mati, paralonnya pecah,” pungkasnya.

    Pantauan di lapangan, warga bergotong royong membersihkan lumpur sisa banjir yang masuk ke rumah warga.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Banjir bandang dan tanah longsor melanda sejumlah desa di Bondowoso pada Senin (23/12/2024) pukul 02.18 WIB dini hari.

    Data sementara diterima BPBD, desa-desa yang mengalami banjir dan tanah longsor, yakni, Desa Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari; Desa Tlogosari, Sulek, Trotosari, dan Pakisan, Jebung Lor, Jebung Kidul di Kecamatan Tlogosari

  • Trump Mau Ubah Lagi Nama Gunung di Alaska yang Diganti Saat Era Obama

    Trump Mau Ubah Lagi Nama Gunung di Alaska yang Diganti Saat Era Obama

    Washington DC

    Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump, ingin mengganti nama gunung tertinggi Amerika Utara, Denali, dengan nama Presiden AS ke-25 William McKinley yang dibunuh pada 1901. Nama gunung yang terletak di Alaska itu diganti oleh mantan Presiden AS Barack Obama dari McKinley ke Denali pada tahun 2015.

    Dilansir Reuters, Senin (23/12/2024), Denali merupakan nama gunung itu dari penduduk asli Alaska. Obama secara resmi mengganti nama gunung tersebut menjadi Denali untuk menunjukkan keberpihakannya kepada negara bagian Alaska.

    Kebijakan Obama itu mengakhiri pertikaian penamaan selama puluhan tahun. Puncak tersebut secara resmi disebut Gunung McKinley sejak tahun 1917.

    “Mereka mencopot namanya dari Gunung McKinley,” kata Trump dalam pidatonya kepada para pendukungnya di Phoenix.

    Trump mengatakan McKinley adalah presiden hebat. Dia ingin mengembalikan nama gunung itu menjadi McKinley.

    “Ia adalah presiden yang hebat,” kata Trump, seraya menambahkan bahwa pemerintahannya akan ‘mengembalikan nama Gunung McKinley karena menurut saya ia pantas mendapatkannya’.

    Gunung tersebut memiliki ketinggian lebih dari 20.000 kaki atau 6.100 meter. Gunung tersebut diberi nama Gunung McKinley pada tahun 1896 setelah seorang penambang emas yang menjelajahi wilayah tersebut mendengar McKinley, seorang pejuang standar emas, telah memenangkan nominasi presiden dari Partai Republik.

    Donald Trump (Foto: DW News)

    Denali, nama lokal Athabascan, yang berarti ‘Yang Tinggi’, secara resmi ditetapkan sebagai nama puncak tersebut pada tahun 1975 oleh negara bagian Alaska. Pemerintah Alaska terus mendesak pemerintah federal untuk mengadopsi nama tersebut.

    Sejak saat itu, anggota parlemen Alaska telah mengajukan petisi kepada Dewan Nama Geografis AS untuk mengubah nama tersebut menjadi Denali secara resmi, tetapi telah diblokir selama beberapa dekade. Senator Alaska Lisa Murkowski, seorang Republikan, menolak janji Trump untuk mengganti nama gunung tersebut.

    “Hanya ada satu nama yang pantas untuk gunung tertinggi di Amerika Utara: Denali – yang Agung,” tulis Murkowski dalam sebuah posting di X.

    Situs web Gedung Putih menyebut McKinley, yang menjabat dua periode sebagai gubernur Ohio sebelum menjadi presiden pada tahun 1897, memimpin negara tersebut menuju kemenangan dalam Perang Spanyol-Amerika dan menaikkan tarif protektif untuk mempromosikan industri AS.

    (haf/imk)

  • Mau Liburan ke Gunung Bromo? Cek Harga Tiket Terbarunya

    Mau Liburan ke Gunung Bromo? Cek Harga Tiket Terbarunya

    Jakarta: Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur saat liburan sekolah. Bagi Sobat Medcom yang berwisata ke Gunung Bromo perlu mengetahui harga tiket masuk.

    Gunung Bromo, terletak di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisata di Gunung Bromo menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata.
    Harga Tiket Gunung Bromo
    Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) baru saja melakukan penyesuaian harga tiket masuk Gunung Bromo. Penyesuaian ini berlaku untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

    Wisatawan Lokal

    Hari kerja: Rp54.000 per orang per hari
    Hari libur: Rp79.000 per orang per hari

    Wisatawan asing/mancanegara: Rp255.000 per orang per hari (arif ini berlaku pada hari kerja dan hari libur).
     
    Sedangkan, harga tiket masuk kendaraan darat ke kawasan wisata Gunung Bromo dan sekitarnya dipatok sebesar Rp5 ribu (roda dua), Rp10 ribu (roda empat), Rp2 ribu (sepeda), dan Rp1.500 (kuda). Tarif ini berlaku per unit per hari.
     

     

    Cara Beli Tiket Gunung Bromo
    Tiket masuk Gunung Bromo ini dapat dibeli secara online melalui bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Berikut langkah-langkah membeli tiket Gunung Bromo:

    Buka browser dengan alamat url https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org
    Lengkapi dan centang data sesuai daftar check list sampai muncul menu Daftar
    Pilih pintu masuk dan jenis kendaraan
    Lengkapi form booking dengan mengisi data ketua serta jumlah anggota
    Lengkapi form booking dengan mengisi data ketua serta jumlah anggota
    Pengisian data anggota
    Klik menu Kirim
    Cek nomor Virtual Account. untuk pengecekan bisa melalui halaman website booking online (masukkan kode booking pada halaman pencarian di website booking online bromo https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org) atau melalui email calon ketua, selanjutnya lakukan pembayaran dengan Virtual Account. Apabila tidak dilakukan pembayaran selama 2 jam dari waktu pendaftaran/booking maka akan tertolak atau hangus.
    Setelah melakukan pembayaran, ketua kelompok akan menerima sms dan email bukti pembayaran, simpan sms pembayaran karena akan digunakan sebagai bukti pembayaran pada saat di lapangan
    Cek status booking. untuk pengecekan bisa melalui halaman website booking online (masukkan kode booking pada halaman pencarian di website booking online bromo https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org)
    Cek status booking. Petugas akan melakukan pengecekan dengan scan qrcode sehingga status menjadi ‘naik’

    Jakarta: Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur saat liburan sekolah. Bagi Sobat Medcom yang berwisata ke Gunung Bromo perlu mengetahui harga tiket masuk.
     
    Gunung Bromo, terletak di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisata di Gunung Bromo menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata.
    Harga Tiket Gunung Bromo
    Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) baru saja melakukan penyesuaian harga tiket masuk Gunung Bromo. Penyesuaian ini berlaku untuk wisatawan lokal dan mancanegara.
     
    Wisatawan Lokal
    Hari kerja: Rp54.000 per orang per hari
    Hari libur: Rp79.000 per orang per hari
     
    Wisatawan asing/mancanegara: Rp255.000 per orang per hari (arif ini berlaku pada hari kerja dan hari libur).
     
    Sedangkan, harga tiket masuk kendaraan darat ke kawasan wisata Gunung Bromo dan sekitarnya dipatok sebesar Rp5 ribu (roda dua), Rp10 ribu (roda empat), Rp2 ribu (sepeda), dan Rp1.500 (kuda). Tarif ini berlaku per unit per hari.
     

     

    Cara Beli Tiket Gunung Bromo
    Tiket masuk Gunung Bromo ini dapat dibeli secara online melalui bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Berikut langkah-langkah membeli tiket Gunung Bromo:

    Buka browser dengan alamat url https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org
    Lengkapi dan centang data sesuai daftar check list sampai muncul menu Daftar
    Pilih pintu masuk dan jenis kendaraan
    Lengkapi form booking dengan mengisi data ketua serta jumlah anggota
    Lengkapi form booking dengan mengisi data ketua serta jumlah anggota
    Pengisian data anggota
    Klik menu Kirim
    Cek nomor Virtual Account. untuk pengecekan bisa melalui halaman website booking online (masukkan kode booking pada halaman pencarian di website booking online bromo https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org) atau melalui email calon ketua, selanjutnya lakukan pembayaran dengan Virtual Account. Apabila tidak dilakukan pembayaran selama 2 jam dari waktu pendaftaran/booking maka akan tertolak atau hangus.
    Setelah melakukan pembayaran, ketua kelompok akan menerima sms dan email bukti pembayaran, simpan sms pembayaran karena akan digunakan sebagai bukti pembayaran pada saat di lapangan
    Cek status booking. untuk pengecekan bisa melalui halaman website booking online (masukkan kode booking pada halaman pencarian di website booking online bromo https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org)
    Cek status booking. Petugas akan melakukan pengecekan dengan scan qrcode sehingga status menjadi ‘naik’

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • Detik-detik Hilangnya Iptu Tomi Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni di Papua Barat – Halaman all

    Detik-detik Hilangnya Iptu Tomi Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni di Papua Barat – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Seorang anggota polisi bernama AKP Tomi S Marbun hilang saat operasi bersama tim gabungan di Kampung Meyah Lama, Distrik Moskona Barat, Teluk Bintuni, Rabu (18/12/2024).

    AKP Tomi merupakan Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni yang saat itu, sedang operasi bersama tim gabungan TNI-Polri untuk mencari DPO Marten Aikinggin, komandan batalyon kelompok kriminal bersenjata (KKB) Miskona di Teluk Bintuni, Papua Barat.

    Nahas, saat perjalanan, Iptu Tomi tergelincir di sungai dan dinyatakan hilang.

    Detik-detik hilangnya AKP Tomi pun diceritakan Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Ongky Isgunawan.

    Ongky menuturkan, hilangnya Tomi bermula ketika tim gabungan TNI Polri sedang patroli untuk mencari Marten Aikinggin, DPO pelaku pembunuhan 4 warga sipil pekerja Trans Bintuni – Maybrat.

    “Pergeseran pasukan TNI-Polri untuk mengejar dan menangkap buron KKB dimulai 15 Desember dengan titik awal di Kampung Argosigemerai SP 5 ,Teluk Bintuni,” ujarnya, dikutip dari TribunPapuaBarat.com.

    Lalu, pada 16 Desember 2024, pasukan tiba di Kali Meyerga dan selanjutnya berjalan kaki menuju Kali Biru melewati Gunung Meyerga.

    “Pada 17 Desember 2024, perjalanan dilanjutkan menuju kali Cempedak, sebagian tim stand by dan sebagian tim bergerak ke Kampung Meyah Lama, lokasi pos KKB pimpinan Marten Aikinggin,” kata Ongky Isgunawan. 

    Lalu pada Rabu (18/12/2024), tim gabungan memantau wilayah di sekitar kebun milik Marten.

    Saat keberadaannya terdeteksi, personil gabungan bergerak menuju kebun di Seberang Kali Rawara.

    “Dalam perjalanan menuju target lokasi, Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni Iptu Tomi S Marbun tergelincir kemudian hanyut terbawa derasnya arus kali Rawara,” ucap Ongky Isgunawan.

    Tim yang sudah berhasil menyeberang melanjutkan perjalanan.

    Sementara tim yang belum menyeberang melakukan pencarian Tomi.

    “Sekira pukul 08.00 WIT Rabu (18/12) terjadi kontak tembak yang mengakibatkan Marthen Aikinggin tewas,” ujarnya. 

    Kini, personil gabungan TNI-Polri dan tim SAR dibantu Baharkam Polri melakukan pencarian Tomi.

    “Kami akan terus berusaha secara maksimal. Mohon doa dari seluruh masyarakat agar Iptu Tomi Marbun, seorang pejuang Merah Putih NKRI dapat ditemukan dalam keadaan selamat,” katanya.

    TNI Bantu Cari Tomi

    Terpisah, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Syawaludin Abuhasan menuturkan, dua batalyon dikerahkan ke lokasi untuk membantu mencari keberadaan Tomi.

    “TNI sudah kerahkan pasukan organik dari Yonif 763 Teluk Bintuni dipertebal Satgas Yonif 642/Kps untuk melaksanakan patroli bersama di lokasi kejadian,” ujarnya, dikutip dari TribunPapuaBarat.com.

    Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, menuturkan bahwa prajurit TNI akan membantu pencarian AKP Tomi.

    Oh iya pasti, nanti kita akan… Nanti mereka pasti ketemu bagaimana nanti (Kodam) membagi turut mencari,” ujar Maruli, dikutip dari Kompas.com.

    Ia juga menuturkan bahwa perlu memeriksa rincian kejadian yang menyebabkan hilangnya Tomi.

    “Itu kan nanti ada di Kodam, ada di Korem. Kita kan belum tahu juga apakah ada kejadiannya bagaimana kan kita cek lagi,”

    “Pasti. Kita enggak mungkin enggak ada kolaborasi. Pasti kita,” imbuh Maruli.

    Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunpapuabarat.com dengan judul Satu Anggota KKB Moskona Tewas dan Kronologi Hilangnya Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni

    (Tribunnews.com, Muhammad Renald Shiftanto)(TribunPapuaBarat.com, Hans Arnold Kapisa)(Kompas.com, Adhyasta Dirgantara)

  • Mendagri dukung sukseskan perayaan Natal Nasional 2024

    Mendagri dukung sukseskan perayaan Natal Nasional 2024

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan perayaan Natal Nasional 2024 yang akan berlangsung pada 28 Desember 2024 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

    Dukungan itu disampaikan Tito saat menerima audiensi Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2024 Thomas AM Djiwandono di Ruang Rapat Mendagri Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Jumat (20/12).

    Dalam audiensi tersebut, Ketua Umum Panitia didampingi beberapa anggota, yakni Irjen Pol (Purn) Heribertus Dahana sebagai Koordinator Bidang Pengerahan Massa, Brigjen Pol Aldrin Hutabarat sebagai Wakil Koordinator Bidang Keamanan, dan Yustinus Prastowo sebagai Wakil Sekretaris Umum.

    Adapun Mendagri didampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir dan Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga yang juga anggota Bidang Sekretariat Panitia Natal Nasional 2024.

    Thomas melaporkan rencana perayaan Natal Nasional 2024. Selain menggelar puncak perayaan Natal di Indonesia Arena GBK, Panitia juga telah menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

    Hal ini seperti kegiatan bakti sosial yang berlangsung di berbagai daerah. Ini termasuk bakti sosial terhadap korban letusan Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur.

    Rencananya perayaan Natal juga akan digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara, bersamaan dengan puncak perayaan Natal di GBK, Jakarta.

    Selain itu, Thomas meminta arahan dan dukungan Tito untuk menyukseskan gelaran tersebut.

    Menanggapi itu, Tito menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum dan Panitia Natal Nasional 2024. Dirinya juga akan mengarahkan penjabat (Pj.) kepala daerah di wilayah Jabodetabek agar memberikan dukungan bilamana diperlukan.

    Tito juga mengarahkan Plt. Sekjen Kemendagri dan Stafsus Mendagri Kastorius untuk berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

    “Untuk memberikan dukungan penuh kepada panitia sesuai kebutuhan,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

    Di lain sisi, berdasarkan pengalamannya menggelar kegiatan masif serupa, Tito menyarankan agar panitia benar-benar mengecek secara detail persiapan perayaan tersebut.

    Dia juga mengimbau pentingnya mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat kegiatan, termasuk kondisi cuaca.

    Kemudian, Tito juga mengusulkan agar perayaan Natal di GBK terhubung secara daring dengan beberapa daerah, seperti Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Daerah lain yang perlu dilibatkan secara daring, yakni ke enam provinsi di wilayah Papua, yaitu Prop Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Induk, Papua Barat, Papua Barat Daya dan Papua Selatan.

    Gelaran keikutsertaan masing-masing provinsi ini dapat dilakukan secara daring terkoneksi secara live ke GKB di masing-masing ibu kota provinsi tersebut.

    “Perayaan natal akan dapat membawa kesejukan dan merajut persatuan dan perdamaian pasca kontestasi Pilkada di Papua” ujar Tito yang juga pernah bertugas sebagai Kapolda Papua itu.

    Sebagai informasi, Natal tahun ini mengusung tema “Marilah Kita Bersama Pergi ke Betlehem”.

    Adapun puncak perayaan Natal Nasional Tahun 2024 akan berlangsung pada 28 Desember 2024, pukul 17.00-21.00 WIB di Indonesia Arena GBK.

    Perayaan ini akan dihadiri langsung oleh umat Kristiani se-Jabodetabek dan perwakilan dari daerah lain seluruh Indonesia.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: Budi Suyanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Banjir Terjang Sejumlah Desa di Kediri, Rumah Warga Tenggelam

    Banjir Terjang Sejumlah Desa di Kediri, Rumah Warga Tenggelam

    Jakarta, CNN Indonesia

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan banjir melanda sejumlah desa di dua kecamatan.

    Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Kediri, Bayu Adi Santoso menjelaskan air mulai tinggi sekitar jam 15.30 WIB. Dua kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Banyakan dan Grogol.

    “Banjir ini terjadi karena terjadi hujan deras di puncak Gunung Wilis (2.563 meter di atas permukaan laut). Hujan di puncak mulai sekitar jam 14.00 WIB dan akhirnya ke bawah sekitar 15.30 WIB,” katanya saat dihubungi Minggu (22/12) malam, dikutip dari Antara.

    Bayu menyebut debit air terus tinggi hingga merendam sejumlah desa di dua kecamatan, antara lain di Desa Tiron, Banyakan, Maron dan Jatirejo di Kecamatan Banyakan.

    Sedangkan di Kecamatan Grogol, banjir melanda di Desa Cerme, Bakalan, Sonorejo, Sumberjo, Gambyok hingga Datengan.

    Ketinggian air, kata Bayu, juga bervariasi dengan rata-rata sekitar 50 cm. Beberapa rumah warga bahkan terendam air luapan sehingga pemilik rumah harus mengungsi.

    “Yang di Tiron itu, karena rumahnya dekat dengan bantaran sungai. Sedangkan di Cerme itu luapan air masuk ke rumah warga,” katanya.

    Bayu mengatakan banjir terjadi karena tingginya curah hujan. Selain itu, sejumlah pintu air tersumbat sisa sampah seperti bambu kering yang tersangkut.

    Selain itu, sungai yang berada di sekitar desa tersebut tidak mampu menampung banyaknya debit air, sehingga air meluber dan merendam rumah warga.

    “Beberapa pintu dam banyak tersumbat sampah misal bambu kering. Untuk pembersihan manual, dan besok skala besar koordinasi dengan dinas PUPR (Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Kediri) untuk alat beratnya,” ujarnya.

    Pihaknya masih melakukan pendataan terkait dengan rumah warga yang terdampak serta berapa keluarga. Untuk saat ini, BPBD juga masih melakukan pendataan sehingga data pasti berapa yang terdampak belum diketahui.

    “Pendataan kami lanjutkan besok, karena sudah terlalu malam. Kendala teman-teman juga untuk pembersihan menunggu surutnya air, jadi pendataan kami lanjutkan besok. Sore tadi air sudah mulai surut, ” katanya.

    Banjir yang terjadi di Kabupaten Kediri itu juga viral di media sosial termasuk banjir yang melanda rumah warga di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan. Beberapa rumah yang berada di dekat bantaran sungai hanya terlihat bagian genteng saja.

    Begitu juga di sepanjang jalan dekat yang dengan Pasar Banyakan, Kabupaten Kediri, beberapa kendaraan warga mogok karena kemasukan air.

    (Antara/fra)

    [Gambas:Video CNN]

  • Perjalanan 60 tahun Shinkansen yang mengubah Jepang – Halaman all

    Perjalanan 60 tahun Shinkansen yang mengubah Jepang – Halaman all

    Saya berdiri di peron 19 Stasiun Tokyo, pusat transportasi yang sibuk sekaligus megah di Jepang. Di tempat ini, tepatnya 60 tahun lalu, kereta Shinkansen pertama berangkat menuju kota pelabuhan, Osaka.

    Dengan bentuk serupa hidung miring yang khas dan lekukan aerodinamis yang memukau, kereta berkecepatan tinggi pertama di dunia ini dikenal dengan cepat ke seantero bumi.

    Kereta ikonik itu mendapat julukan kereta peluru, atau bullet train dalam bahasa Inggris.

    Kereta ini memiliki rute yang disebut pelancong sebagai “Rute Emas”, yang terbentang antara Tokyo dan Osaka. Nama lainnya jalur Tokaido Shinkansen.

    Para penumpang yang menggunakan jalur ini bisa menyaksikan kemegahan Gunung Fuji dan ibu kota kuno Kyoto dalam waktu kurang dari dua setengah jam.

    Di tengah keramaian orang yang naik dan turun kereta Shinkansen (yang terkenal dengan ketepatan waktunya), saya bertemu dengan Naoyuki Ueno.

    Dia adalah mantan masinis Shinkansen yang sekarang menjadi eksekutif senior di Central Japan Railway Company.

    Ueno bilang sejak Shinkansen diperkenalkan, kereta ini sudah mengangkut 6,8 miliar penumpang di seluruh Jepang.

    “Saya bangga dengan Shinkansen,” katanya.

    “Sebagai warga Jepang, saya bangga.”

    Sejak rute pertama dibuka pada 1964, jaringan Shinkansen telah berkembang pesat.

    BBC News Indonesia

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    Transportasi ini membuat para pelancong bisa menjelajahi lanskap dramatis dan kota-kota terpencil di Jepang dengan lebih mudah dan lebih cepat.

    Sekarang ada sembilan jalur Shinkansen di seluruh negeri, yang mencakup pulau Hokkaido, Honshu, dan Kyushu.

    Pada Maret 2024, perpanjangan terbaru jalur Hokuriku Shinkansen dibuka. Jalur ini menghubungkan Tokyo dengan Tsuruga.

    Jalur Hokuriku dijuluki “Rute Emas Baru”, dan menjadi dasar perjalanan saya dari Tokyo ke Osaka sebagai bagian dari serial BBC “The World’s Greatest Train Journeys”.

    Saya mengandalkan Shinkansen dalam perjalanan saya, tetapi juga terhubung dengan layanan dan jalur lokal lainnya.

    Salah satu keunggulan kereta peluru adalah kemampuannya membawa Anda keluar dari kota dalam waktu yang sangat singkat, memberi Anda kebebasan untuk menjelajahi sudut-sudut Jepang yang terpencil.

    Saya memilih Toyama sebagai titik perhentian. Jaraknya hanya dua jam dari Tokyo.

    Kemudian saya naik kereta jalur tunggal ke kota resor Unazuki Onsen yang menakjubkan.

    Kota ini terkenal dengan pemandian air panas tradisional Jepang (onsen) dan terletak di lingkungan Ngarai Kurobe yang menakjubkan.

    Suasananya sangat jauh berbeda dari Tokyo yang identik dengan dari hiruk pikuk kota metropolitan.

    Pemandian air panas begitu identik dengan kota ini. Tak heran jika ada spa air panas untuk kaki di ujung peron stasiun kereta api.

    Pemandu saya, Hashimoto Yukinori, atau “Yuki”, mengajak saya ke salah satu onsen favoritnya di kota, dengan pemandangan lembah yang luas.

    Dia menjelaskan kepada saya bahwa, secara tradisional, onsen biasanya dilakukan telanjang dan bersama-sama.

    (Untungnya, demi pemirsa televisi global, kami diberi izin khusus untuk mengenakan pakaian renang, sesuatu yang biasanya tidak diizinkan.)

    Senyaman apa pun onsen, tempat ini ternyata tidak cocok untuk orang yang lemah jantung.

    Sebab, suhu airnya bisa mencapai sekitar 40 derajat Celcius, dan Yuki mengatakan terkadang bisa lebih panas.

    “Di Jepang, kami memiliki banyak gunung berapi aktif, jadi ada banyak sumber air panas. Menenangkan,” katanya.

    “Alam sangat penting bagi Jepang karena kami memiliki pulau-pulau pegunungan. Kami memiliki banyak gunung berapi dan banyak bencana.”

    “Jadi, kami memiliki ketakutan tersendiri terhadap alam, tapi di sisi lain kami juga memiliki rasa hormat terhadap alam.”

    Objek wisata yang paling menonjol di Unazuki Onsen—setidaknya bagi pecinta kereta api seperti saya—adalah jalur kereta Ngarai Kurobe.

    Ini adalah jalur sempit yang awalnya dibangun untuk melayani pembangunan Bendungan Kurobe yang besar.

    Jalur ini melintasi jurang berhutan. Sepanjang 20 kilometer, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang benar-benar indah. Ini adalah kesempatan sempurna untuk terhubung dengan alam.

    Kembali naik Shinkansen, saya kemudian menuju ke kota yang secara historis dikenal dengan samurai dan emasnya: Kanazawa.

    Kota ini terkenal karena menghasilkan 99% lembaran emas Jepang,

    Kanazawa adalah kota tempat hal-hal yang berbau lampau berdampingan dengan hal-hal baru.

    Entah bagaimana, hal itu membawa rasa semangat yang menggebu sekaligus ketenangan dalam satu waktu.

    Setelah mencicipi es krim berlapis lembaran emas yang mewah, saatnya untuk kembali naik kereta.

    Perhentian saya berikutnya setelah Kanazawa adalah kota Wajima di semenanjung Noto, daerah yang baru-baru ini terkena bencana.

    Pada Tahun Baru 2024, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menghancurkan kota dan sebagian besar wilayah sekitarnya.

    Kerusakan yang dialami kota ini membuat kereta api tidak memungkinkan untuk mencapainya.

    Sebaliknya, perjalanan melibatkan kereta lokal kecil ke kota Anamizu dan kemudian berkendara singkat ke Wajima.

    Ternyata kereta yang tiba di stasiun bukanlah kereta biasa.

    Kereta itu memiliki gerbong bertema Pokemon yang dihiasi karakter berwarna cerah dari kartun populer Jepang, termasuk Pikachu dan Bulbasaur.

    Saya kemudian menyadari bahwa dekorasi kereta ini dibuat untuk membawa kegembiraan bagi anak-anak setempat yang menderita akibat gempa.

    Melihat Wajima adalah pengalaman yang membuka mata saya. Banyak bangunan yang masih berada di tempatnya, ada juga yang kondisinya runtuh sebagian.

    Rasanya seperti berjalan di lokasi syuting film bencana, meskipun ini semua terlalu nyata, dengan orang-orang yang juga nyata, yang membangun kembali dan memperbaiki.

    Saya datang untuk melihat salah satu kerajinan tertua dan paling tradisional di daerah itu—Wajima-nuri (barang pernis tradisional Wajima).

    Orang-orang di sini melihat pembangunan kembali industri barang pernis sebagai bagian dari pemulihan budaya dan cara hidup mereka yang lebih luas.

    Takahiro Taya, produsen barang pernis generasi kesepuluh di Wajima mengatakan, “Jika gempa menghancurkan industri kami, banyak orang akan kehilangan pekerjaan.”

    “Jadi, saya harus membangun kembali industri ini untuk para pengrajin dan untuk pelanggan mereka.”

    “Dan saya punya seorang putra. Dia berumur dua tahun delapan bulan. Saya ingin mewariskan pekerjaan ini kepada putra saya,” katanya.

    Saya masih punya satu perjalanan terakhir menggunakan Shinkansen untuk menyelesaikan rangkaian perjalanan saya ke Osaka, kota terbesar kedua di Jepang.

    Saat saya meninggalkan pedesaan Jepang dan kembali ke wilayah perkotaan negara itu, saya memikirkan betapa banyak Jepang telah berubah dalam 60 tahun terakhir.

    Saat ini, Jepang adalah negara yang dipenuhi dengan kota-kota ultramodern dan inovasi mutakhir.

    Di sisi lain, rakyatnya sangat bangga dengan tradisi kuno dan akar pedesaan mereka.

    Shinkansen, yang menghubungkan kota-kota metropolitan padat dan sudut-sudut terpencilnya, melambangkan Jepang secara keseluruhan: negara yang meraih masa depannya sekaligus tetap berpegang pada masa lalunya.

    Jepang memiliki banyak hal untuk dijelajahi, dengan perbedaan dan kontras yang luar biasa.

    Shinkansen telah mengubah negara dengan memungkinkan untuk mencapai sudut-sudut terpencilnya dalam waktu yang sangat singkat.

    Namun, Shinkansen juga menawarkan lebih dari itu.

    Anda bisa turun di satu kota, menikmati lingkungan sekitar, dan benar-benar keluar dari jalur yang biasa.

  • AirNav Proyeksi Lalu Lintas Penerbangan Capai 76.340 Pergerakan Sepanjang Nataru

    AirNav Proyeksi Lalu Lintas Penerbangan Capai 76.340 Pergerakan Sepanjang Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia memproyeksikan lalu lintas penerbangan mencapai 76.340 pergerakan sepanjang periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025. 

    Direktur Keselamatan, Keamanan, dan Standardisasi AirNav Indonesia Ahmad Nurdin Aulia mengatakan lonjakan traffic penerbangan mencapai total 76.340 pergerakan atau rata-rata 4.018 penerbangan per hari, meningkat 2,56% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Hingga kini, maskapai telah mengajukan 2.136 tambahan slot penerbangan untuk melayani delapan bandara tersibuk, termasuk Soekarno-Hatta (Tangerang), Ngurah Rai (Denpasar), Juanda (Surabaya), dan Kualanamu (Medan).  

    “Puncak arus libur Natal diperkirakan terjadi pada 21 Desember 2024, dengan 4.612 pergerakan per hari, sementara puncak arus Tahun Baru pada 28 Desember 2024, dengan 3.942 pergerakan per hari,” kata Aulia kepada wartawan, belum lama ini.  

    Rute penerbangan domestik terpadat adalah Soekarno-Hatta ke Denpasar dan Surabaya, sedangkan internasional adalah Soekarno-Hatta ke Singapura dan Kuala Lumpur. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 5 Januari 2025 dengan 4.116 pergerakan per hari.  

    Adapun, sampai November 2024, AirNav telah melayani 1.751.764 penerbangan domestik, internasional, dan lintas negara (overflying). Dengan adanya peningkatan traffic di Desember, pihaknya telah menyusun strategi operasional untuk menjaga kelancaran dan keselamatan navigasi penerbangan di seluruh wilayah Indonesia. 

    Selain itu, AirNav Indonesia telah membuka posko monitoring dari 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 di 56 bandara serta satu posko utama di Kementerian Perhubungan. Bersama para pemangku kepentingan seperti Otoritas Bandara, Angkasa Pura, dan BMKG, AirNav telah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi keadaan darurat seperti cuaca ekstrem, letusan gunung berapi, hingga gangguan operasional bandara dan maskapai.  

    Aulia mengeklaim AirNav Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan navigasi penerbangan. 

    “Dengan proyeksi peningkatan jumlah penumpang dan penerbangan selama liburan ini, kami telah menyusun berbagai strategi untuk memastikan kelancaran, keselamatan, dan efisiensi operasional penerbangan di seluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya. 

    Beberapa strategi yang disiapkan AirNav selama periode Nataru yaitu kesiapan personil, penyesuaian jam operasional sesuai kebutuhan bandara, fleksibilitas slot penerbangan untuk memenuhi kebutuhan penerbangan ekstra, hingga penerapan inovasi teknologi.

  • Personel TNI-Polri Tembak Mati 1 DPO KKB di Bintuni

    Personel TNI-Polri Tembak Mati 1 DPO KKB di Bintuni

    Manokwari, Beritasatu.com – Personel gabungan TNI dan Polri berhasil menembak mati satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Moskona Barat, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

    Personel gabungan tersebut terdiri atas personel Kompi C Satuan Brimob Teluk Bintuni, Resmob Polres Teluk Bintuni, Yonif 763/Sanetia Buerama Amor, dan Satgas Yonif 642/Kapuas.

    “Satu DPO KKB Papua yang ditembak mati di Kampung Meyah Lama, Distrik Moskona Barat, bernama Marthen Aikinggin,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Komisaris Besar Ongky Isgunawan di Manokwari, Minggu (22/12/2024) dilansir Antara.

    Ia menjelaskan, pergeseran pasukan TNI-Polri untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap DPO KKB Papua dimulai sejak 15 Desember 2024 dengan titik awal Kampung Argosigemerai SP 5, Teluk Bintuni.

    Pasukan kemudian bergerak menuju Kali Biru pada 16 Desember 2024 dengan berjalan kaki melewati Gunung Meyerga, dan pada 17 Desember 2024 tim gabungan TNI-Polri melakukan penyisiran hingga ke Kali Cempedak.

    “Pada 18 Desember 2024 pukul 06.30 WIT, tim melakukan pemantauan di Kampung Meyah Lama tepatnya di sekitar pos KKB Papua pimpinan Marthen Aikinggin,” ucap Ongky.

    Setelah itu, kata dia, tim gabungan bergerak mendekati lokasi persembunyian Marthen Aikinggin. “Dalam perjalanan, Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni Iptu Tomi Samuel Marbun tergelincir dan hanyut terbawa arus Kali Rawara,” kata dia.

    Tim gabungan sempat berhenti untuk melakukan pencarian terhadap Iptu Tomi. Sebagian tim terus melanjutkan perjalanan melewati Kali Rawa menuju Dusu Sagu, Kampung Meyah Lama.

    “Pukul 08.00 WIT terjadi kontak tembak yang mengakibatkan Marthen Aikinggin tewas. Jasadnya dievakuasi, dan pukul 20.00 WIT tim gabung kembali menyeberangi Kali Rawara,” ujar Ongky.

    Ia menyebut Marthen Aikinggin merupakan komandan KKB Papua Batalyon Moskona sekaligus pelaku pembunuhan empat warga sipil pekerja jalan Trans Bintuni-Maybrat tepatnya di Wilayah Kampung Majnic, Distrik Moskona Barat, pada 29 September 2022.

    Barang bukti yang diamankan dari lokasi kontak senjata antara tim Gabungan TNI-Polri dengan KKB Papua pimpinan Marthen Aikinggin, antara lain, satu laptop, satu handphone, dan sejumlah senjata tajam.

  • Yakin Selaris Xpander, Mitsubishi Rilis Mobil Baru Khusus Indonesia Tahun Depan

    Yakin Selaris Xpander, Mitsubishi Rilis Mobil Baru Khusus Indonesia Tahun Depan

    Jakarta

    Atsushi Kurita, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memberi kisi-kisi soal mobil baru Mitsubishi tahun depan untuk pasar Tanah Air. Menariknya mobil itu digadang-gadang bakal mengikuti kesuksesan Xpander!

    Kurita menyebut calon mobil terbarunya itu dipelajari khusus untuk pasar Indonesia. Berbekal pengalaman sukses dari Xpander, dia begitu yakin mobil teranyar itu bakal membetot perhatian masyarakat Indonesia.

    “Saya senang sekali karena ikut langsung dari persiapan production-nya sampai penjualan Xpander,” kata Kurita saat di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    “Tahun depan kami juga bakal perkenalkan satu produk baru yang eksklusif untuk pasar Indonesia, kita sudah studi, memasang banyak fitur yang cocok untuk masyarakat Indonesia,” tambah dia.

    Pada Maret 2023, Mitsubishi Motors Corporation sudah mengumumkan rencana bisnis jangka menengah tiga tahun (tahun fiskal 2023 sampai 2025). Rencana bisnis Mitsubishi adalah menghadirkan mobil internal combustion engine (ICE), hybrid sampai mobil listrik.

    Secara global, Mitsubishi akan meluncurkan 16 model baru dalam lima tahun ke depan. Sembilan di antaranya adalah mobil elektrifikasi. Salah satunya Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV).

    Mitsubishi menilai, minat terhadap kendaraan elektrifikasi meningkat di kalangan konsumen di negara-negara ASEAN. Makanya, Mitsubishi akan ‘menyetrum’ lini produk yang dijual di Asia Tenggara.

    Mitsubishi Akan Luncurkan Xpander Hybrid Foto: Dok. Mitsubishi

    Selain Xpander Hybrid, mobil elektrifikasi Mitsubishi lainnya yang akan diluncurkan sampai 2025 adalah pikap listrik, SUV dua baris bertenaga listrik, SUV dua baris hybrid, MPV hybrid selain Xpander HEV, Mitsubishi ASX, hingga mobil listrik hasil kolaborasi dengan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Jadi mobil mana yang akan meluncur di Indonesia tahun depan?

    Kurita meyakini mobil baru ini bakal menjadi tulang punggung seperti Xpander. Pada 2022 Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terjual lebih dari 270.000 unit dalam 5 tahun, sejak dipasarkan 2017. Yang berarti rata-rata terjual 50.000 unit per tahun dengan pangsa pasar 25-30%.

    “Saya percaya produk baru ini akan populer dan juga bakal sukses besar seperti Xpander,” jelas dia.

    Kurita punya memori dalam membangun kesuksesan Xpander. Bos Mitsubishi itu sampai ikut ‘turun gunung’ melakukan survei kepada konsumen Indonesia.

    “Untuk mencari lokasi pabrik saya juga terlibat, saya sangat bangga dengan pengalaman tersebut. Termasuk juga persiapan produk survei ke rumah-rumah warga Indonesia, dan juga untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat Indonesia,” kata dia.

    (riar/rgr)