kab/kota: Gambir

  • KAI Berikan Promo Diskon 25 Persen Tiket Direct Train untuk Rute Jakarta-Yogyakarta PP – Halaman all

    KAI Berikan Promo Diskon 25 Persen Tiket Direct Train untuk Rute Jakarta-Yogyakarta PP – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM –  KAI menghadirkan inovasi layanan Direct Train untuk menyambut periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Adapun perjalanan KA langsung tanpa transit ini kini menghubungkan Gambir-Yogyakarta (PP).

    Layanan Direct Train ini hanya tersedia secara eksklusif pada tanggal 16 dan 17 Desember 2024.

    “Kami menghadirkan kembali layanan Direct Train setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat pada layanan serupa sebelumnya untuk rute Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng yang berlangsung pada 9-10 Desember 2024 lalu.”

    “Layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang praktis, nyaman, dan lebih efisien bagi para pelanggan,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba, dikutip dari siaran pers KAI, Minggu (15/12/2024).

    Nantinya, KAI juga menawarkan promo diskon 25 persen khusus untuk layanan Direct Train ini.

    Dengan promo ini, pelanggan dapat menikmati perjalanan Kelas Eksekutif dari Jakarta ke Yogyakarta hanya dengan Rp475.000, dari harga normal Rp630.000.

    “Kesempatan ini sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya belum sempat mencoba layanan ini. Promo ini memberikan pengalaman perjalanan langsung tanpa transit yang nyaman, di mana pelanggan bisa beristirahat sepenuhnya selama perjalanan malam dan tiba di tujuan keesokan paginya dalam kondisi segar,” tambah Anne.

    Layanan ini, menjadi langkah awal KAI dalam menghadirkan inovasi yang memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan.

    Tiket Direct Train kini sudah tersedia di aplikasi Access by KAI dan pastikan Anda segera memesan sebelum kehabisan.

    Jadwal Keberangkatan Direct Train Rute Jakarta-Yogyakarta PP

    Rute Gambir-Yogyakarta: 16 Desember 2024

    Berangkat dari Stasiun Gambir pukul 23.25 WIB
    Tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 05.28 WIB

    Rute Yogyakarta-Gambir: 17 Desember 2024

    Berangkat dari Stasiun Yogyakarta pukul 12.20 WIB
    Tiba di Stasiun Gambir pukul 18.22 WIB

    KAI Berikan Promo Diskon 25 Persen Tiket Kereta Direct Train untuk Rute Jakarta-Yogyakarta PP

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • Kereta Nonstop Rute Jakarta-Yogyakarta, Catat Tanggalnya

    Kereta Nonstop Rute Jakarta-Yogyakarta, Catat Tanggalnya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan direct train dalam momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Perjalanan langsung tanpa transit ini menghubungkan Gambir-Yogyakarta (pp) dengan diskon tiket sebesar 25%.

    Layanan direct train ini hanya tersedia pada 16 dan 17 Desember 2024, dengan jadwal rute Gambir-Yogyakarta pada 16 Desember 2024, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 23.25 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 05.28 WIB. Selanjutnya pada tanggal 17 Desember 2024 dengan rute Yogyakarta-Gambir, berangkat dari Stasiun Yogyakarta pukul 12.20 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 18.22 WIB.

    “Kami menghadirkan kembali layanan direct train setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat pada layanan serupa sebelumnya untuk rute Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng yang berlangsung pada 9-10 Desember 2024 lalu. Layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang praktis, nyaman, dan lebih efisien bagi para pelanggan,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis pada Sabtu (14/12/2024).

    KAI juga memberikan promo diskon 25% khusus untuk layanan ini. Dengan promo ini, penumpang dapat menggunakan kelas eksekutif dari Jakarta ke Yogyakarta yang dibanderol jadi seharga Rp 475.000, dari harga normal Rp 630.000.

    “Kesempatan ini sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi masyarakat yang sebelumnya belum sempat mencoba layanan ini. Promo ini memberikan pengalaman perjalanan langsung tanpa transit yang nyaman, di mana pelanggan bisa beristirahat sepenuhnya selama perjalanan malam dan tiba di tujuan keesokan paginya dalam kondisi segar,” tutup Anne.

    (fdl/fdl)

  • 1 Juta Tiket KA Libur Nataru Terjual, Simak Rute yang Sudah Ludes – Page 3

    1 Juta Tiket KA Libur Nataru Terjual, Simak Rute yang Sudah Ludes – Page 3

    12. KA 265 Probowangi (Surabaya Gubeng – Ketapang) dengan kapasitas 11.448 tempat duduk, sudah dipesan 13.882 penumpang (Okupansi 121,26%)

    13. KA 17CS Argo Semeru Compartment (Surabaya Gubeng – Gambir) dengan kapasitas 208 tempat duduk, sudah dipesan 246 penumpang (Okupansi 118,27%)

    14. KA 251 Serayu (Purwokerto-Pasarsenen) dengan kapasitas 11.448 tempat duduk, sudah dipesan 13.522 penumpang (Okupansi 118,12%)

    15. KA 246A Bengawan (Pasarsenen – Purwosari) dengan kapasitas 17.171 tempat duduk, sudah dipesan 20.042 penumpang (Okupansi 116,72%)

    16. KA 186B Blambangan Ekspres (Pasarsenen – Ketapang) dengan kapasitas 7.395 tempat duduk, telah dipesan 8.636 penumpang (Okupansi 116,45%)

    17. KA 245 Bengawan (Purwosari-Pasarsenen) dengan kapasitas 17.172 tempat duduk, telah dipesan 19.968 penumpang (Okupansi 116,28%)

    18. KA 18CS Argo Semeru Compartment (Gambir-Surabaya Gubeng) dengan kapasitas 208 tempat duduk, telah dipesan 236 penumpang (Okupansi 113,46%)

    19. KA S9 Bukit Serelo (Lubuk Linggau – Kertapati) dengan kapasitas 9.540 tempat duduk, telah dipesan 10.741 penumpang (Okupansi 112,59%)

    20. KA S10 Bukit Serelo (Kertapati – Lubuk Linggau) dengan kapasitas 9.540 tempat duduk, telah dipesan 10.732 penumpang (Okupansi 112,49%)

    21. KA 255 Serayu (Purwokerto-Pasarsenen) dengan kapasitas 11.448 tempat duduk, telah dipesan 12.722 penumpang (Okupansi 111,13%)

    22. KA 256A Serayu (Pasarsenen – Purwokerto) dengan kapasitas 11.448 tempat duduk, telah dipesan 11.601 penumpang (Okupansi 101,34%)

  • Jelang Libur Nataru 2024/2025, Kemenhub Luncurkan Kereta Api tanpa Transit Rute Jakarta-Semarang – Halaman all

    Jelang Libur Nataru 2024/2025, Kemenhub Luncurkan Kereta Api tanpa Transit Rute Jakarta-Semarang – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji coba direct train atau kereta api tanpa transit pada Senin (9/12/2024) lalu.

    Ini merupakan upaya Kemenhub dalam melakukan terobosan pada sektor transportasi untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi mengatakan layanan direct train diuji coba sekaligus tersedia secara eksklusif untuk masyarakat pada 9 dan 10 Desember 2024.

    Untuk ke depannya, evaluasi pada pelaksanaan layanan dan animo masyarakat akan terus dilakukan.

    “Menyambut Natal dan tahun baru, PT KAI meluncurkan inovasi layanan direct train yang menghubungkan Stasiun Gambir Jakarta dengan Stasiun Semarang Tawang,” ujar Menhub dalam keterangan resminya.

    “Perjalanan tanpa transit ini menjadi alternatif moda transportasi dengan tujuan Jakarta-Semarang dan sebaliknya,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Menteri BUMN Erick Tohir yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, terobosan direct train dilakukan untuk meningkatkan layanan seperti yang dibutuhkan masyarakat.

    “Terima kasih kerja keras Pak Menhub Untuk terus memberikan arahan kepada kami Kementerian BUMN, dan juga semua unsur transportasi darat, laut, udara dan kereta api,” kata Erick Tohir.

    Sementara itu, Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan, direct train dapat terwujud berkat diskresi Menhub terkait jam kerja masinis, yang nantinya akan dievaluasi dari hasil uji coba yang telah dilakukan.

    “Terobosan ini ide awalnya dari Pak Menhub. Jadi kami berinovasi ini atas dukungan Pak Menhub dan semuanya sudah memenuhi tata kelola dan fisik yang baik, baik itu dari aspek keselamatan, kemudian krunya juga demikian,” papar Didiek.

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • Kemenhub Klaim Direct Train Jakarta-Semarang Pangkas Waktu Tempuh hingga di Bawah 5 Jam – Halaman all

    Kemenhub Klaim Direct Train Jakarta-Semarang Pangkas Waktu Tempuh hingga di Bawah 5 Jam – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim layanan direct train atau perjalanan kereta api tanpa transit akan mampu memangkas waktu tempuh Jakarta ke Semarang hingga di bawah 5 jam.

    Sebagaimana diketahui, menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, PT KAI meluncurkan inovasi layanan direct train yang menghubungkan Stasiun Gambir Jakarta dengan Stasiun Semarang Tawang.

    Perjalanan tanpa transit ini menjadi alternatif moda transportasi dengan tujuan Jakarta-Semarang dan sebaliknya.

    Layanan direct train ini telah diuji coba pada 9 dan 10 Desember 2024.

    Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan bahwa direct train Jakarta-Semarang mampu memangkas waktu 15-20 menit dengan tidak ada pemberhentian.

    Dengan demikian, total durasi perjalanan akan lebih singkat dan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 jam.

    “Biasanya itu kita berhenti di Cirebon, tapi ini kita pangkas, sehingga waktunya bisa di bawah 5 jam,” katanya saat konferensi pers Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Nataru 2024/2025 di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2024).

    Meski demikian, pada uji coba 9-10 Desember lalu, waktu tempuh direct train Jakarta-Semarang belum mencapai di bawah 5 jam.

    Hal itu disebabkan adanya pembatasan kecepatan (taspat) di 17 titik sepanjang jalur.

    Namun, Risal optimis bahwa pada 18 Desember 2024 pembatasan tersebut akan selesai dan kecepatan kereta bisa seperti yang diharapkan.

    “Insyaallah tanggal 18 sudah selesai semuanya hingga kecepatan bisa kembali normal dan waktu tempuh akan semakin singkat. Itu untuk yang Jakarta-Semarang,” ujar Risal.

    Sementara itu, untuk direct train rute Jakarta-Yogyakarta baru akan diuji coba pada Senin pekan depan.

    Direct train Jakarta-Yogyakarta diharapkan bisa memangkas waktu perjalanan dari 7 jam menjadi 6 jam 1 menit.

    Sebagai informasi, Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menyatakan, layanan direct train atau perjalanan kereta api tanpa transit menjadi terobosan baru yang dicetuskan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menyambut periode libur Nataru 2024/2025.

    “Perjalanan tanpa transit ini menjadi alternatif moda transportasi dengan tujuan Jakarta-Semarang dan sebaliknya,” kata Dudy dalam keterangannya, Selasa (10/12/2024).

    Layanan direct train diuji coba sekaligus tersedia secara eksklusif untuk masyarakat pada 9 dan 10 Desember 2024.

    Di satu sisi, terobosan ini untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.

    “Ke depan, evaluasi pada pelaksanaan layanan dan animo masyarakat terus dilakukan,” terangnya.

    Di sisi lain, Menteri BUMN Erick Tohir yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, terobosan direct train dilakukan untuk meningkatkan layanan seperti yang dibutuhkan masyarakat.

    “Terima kasih kerja keras Pak Menhub Untuk terus memberikan arahan kepada kami Kementerian BUMN, dan juga semua unsur transportasi darat, laut, udara dan kereta api,” kata Menteri Erick.

    Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, direct train dapat terwujud berkat diskresi Menhub terkait jam kerja masinis, yang nantinya akan dievaluasi dari hasil uji coba yang telah dilakukan.

    “Terobosan ini ide awalnya dari Pak Menhub. Jadi kami berinovasi ini atas dukungan Pak Menhub dan semuanya sudah memenuhi tata kelola dan fisik yang baik, baik itu dari aspek keselamatan, kemudian krunya juga demikian,” ujar Didiek.

  • BREAKING NEWS Tak Datangi MK, Ridwan Kamil-Suswono Batal Ajukan Gugatan Sengketa Pilkada Jakarta

    BREAKING NEWS Tak Datangi MK, Ridwan Kamil-Suswono Batal Ajukan Gugatan Sengketa Pilkada Jakarta

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) batal mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

    Hingga waktu yang ditentukan, perwakilan dari pasangan nomor urut 01 itu tak kunjung mendatangi gedung MK untuk mendaftarkan gugatan Pilkada Jakarta 2024.

    Pasangan yang disokong belasan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus ini juga tak melakukan gugatan secara online hingga batas waktu berakhir pada Rabu (11/12/2024) pukul 23.59 WIB.

    Dengan demikian maka bisa dipastikan pasangan Ridwan Kamil-Suswono tak mengajukan gugatan sengketa pilkada.

    Artinya, pasangan Pramono Anung-Rano Karno kini tinggal menunggu ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Jakarta 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

    Hingga berita ini ditulis, belum ada satupun perwakilan dari Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono yang buka suara.

    Harap Legowo

    Sedangkan Juru bicara Pramono-Rano, Iwan Tarigan, menegaskan bahwa pihaknya masih menunggu langkah yang akan diambil tim Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) terkait hasil Pilkada Jakarta 2024.

    “Sampai saat ini kami dari pihak 03 masih status menunggu apakah ada pendaftaran gugatan dari pihak 01,” kata Iwan, Rabu (11/12/2024) malam. 

    Iwan berkeyakinan Pilkada Jakarta 2024 sudah berjalan dengan Jujur dan adil.

    “Sehingga kalau pun ada gugatan maka pihak 01 akan kesulitan memenuhi syarat-syarat gugatan. Karena kami dari 03 sudah menjalankan Pilkada dengan baik dan jauh dari tindakan-tindakan curang,” jelas Iwan. 

    Iwan menegaskan kemenangan Pram-Doel sebesar 50.07 persen merupakan suara warga Jakarta.

    KLIK SELENGKAPNYA: Kubu Ridwan Kamil-Suswono Membeberkan Kecurangan di Pilkada Jakarta 2024. Tim Pramono Anung-Rano Karno Percaya Diri Menang di MK.

    “Oleh karena itu kami berharap pihak 01 dan 02 menerima kekalahan dengan legowo dan kesatria. Mari kita bersama sama membangun Jakarta dan bergotong royong,  memakmurkan  dan membahagiakan warga Jakarta,” ujarnya.

    Sebagai informasi, KPU DKI Jakarta telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilkada 2024 pada Minggu (8/12/2024) kemarin.

    Pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendapat 2.183.239 suara atau setara 50,07 persen.

    Kemudian, pasangan RIDO hanya mendapat 1.718.160 suara (39,4 persen) dan duet Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapat 459.230 suara (10,53 persen).

    Sebagai informasi, KPU DKI Jakarta telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilkada 2024 pada Minggu (8/12/2024) kemarin.

    Pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendapat 2.183.239 suara atau setara 50,07 persen.

    Kemudian, pasangan RIDO hanya mendapat 1.718.160 suara (39,4 persen) dan duet Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapat 459.230 suara (10,53 persen). (TribunJakarta/Tribunnews.com)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

     

  • Catat! 5 Sektor Ini Bakal Terima Gaji Lebih Tinggi dari UMP Jakarta 2025

    Catat! 5 Sektor Ini Bakal Terima Gaji Lebih Tinggi dari UMP Jakarta 2025

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho memastikan ada lima sektor pekerjaan yang akan menerima upah lebih tinggi dari upah minimum provinsi (UMP) DKI 2025 sebesar Rp 5.396.761.

    Upah lima sektor ini nantinya bakal diatur dalam Upah Minimum Sektoral Pekerja (UMSP) 2025 yang saat ini tengah digodok oleh Dewan Pengupahan Daerah.

    “Kalau upah sektoral berarti harus lebih tinggi dari UMP. Contoh UMP sudah diketok Rp 5.396.761, berarti harus di atas itu upah sektoralnya untuk yang bekerja lebih dari satu tahun,” ucapnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/12/2024).

    Adapun kelima sektor itu ialah otomotif dan kimia; informasi dan komunikasi; perdagangan besar dan eceran; jasa keuangan; konstruksi dan real estate.

    Kelima sektor ini disebut Hari sudah disepakati oleh para pengusaha dan pekerja dalam rapat Dewan Pengupahan Daerah yang digelar siang hingga sore tadi.

    Hanya saja, besaran UMSP DKI Jakarta tahun 2025 belum ditetapkan.

    Ini berarti, pembahasan UMSP DKI 2025 melewati batas akhirnyang diatur Kementerian Ketenagakerjaan, yaitu pada 11 Desember ini.

    “Nah, ini tentunya menjadi PR buat kita dan kami berharap untuk sidang pengupahan berikutnya itu bisa sepakat untuk angkanya,” kata dia.

    Hari berdalih, pengumuman UMSP 2025 ini molor lantaran ada perdebatan sengit antara pengusaha dan pekerja dalam rapat Dewan Pengupahan Daerah.

    Ia pun berharap, besaran UMSP DKI 2025 dapat segera diumumkan dalam waktu dekat sebelum 1 Januari.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Pengusaha-Pekerja Alot, Disnaker DKI Jakarta Batal Umumkan Upah Minimum Sektoral 2025

    Pengusaha-Pekerja Alot, Disnaker DKI Jakarta Batal Umumkan Upah Minimum Sektoral 2025

     

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) batal mengumumkan besaran Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) 2025.

    Sebagai informasi, sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2024 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2025, pemerintah daerah seharusnya menetapkan UMP dan UMSP paling telat pada 11 Desember ini.

    Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Hari Nugroho bilang, besaran UMSP gagal diumumkan hari ini lantaran ada perdebatan sengit antara pekerja dan pengusaha saat rapat Dewan Pengupahan Daerah.

    Kedua pihak disebut Hari, saling berdebat menentukan sektor-sektor yang akan diadur dalam UMSP 2025.

    “Pekerja minta ya dari 13 sektor harus dimasukkan. Kemudian, kalau dari sisi pengusaha ada lima sektor,” ucapnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/12/2024).

    Anak buah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi ini bilang, Dewan Pengupahan sampai sore tadi masih rapat dengan pengusaha dan pekerja untuk menetapkan sektor-sektor yang akan diatur dalam UMSP 2025.

    Akhirnya disepakati ada lima sektor yang akan diatur dalam UMSP 2025, yaitu otomotif dan kimia; informasi dan komunikasi; perdagangan besar dan eceran; jasa keuangan; konstruksi dan real estate.

    Hari menyebut, kelima sektor ini nantinya akan dibagi lagi menjadi beberapa subsektor untuk mengakomodasi belasan sektor usulan dari pekerja.

    “Alhamdulillah tadi sudah punya gambaran yang mengerucut, yang sama, artinya dalam menentukan subsektor atau sektormya,” ujarnya.

    Kelima sektor ini pun disebut Hari sudah disepakati oleh pengusaha dan pekerja, namun belum ada pembahasan terkait besaran UMSP masing-masing sektor.

    Ia pun menargetkan pembahasan terkait besaran UMSP masing-masing sektor bisa diumumkan dalam waktu dekat.

    “Mudah-mudahan secepatnya (diumumkan), supaya di Januari tanggal 1 itu sudah bisa diterapkan,” tuturnya.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

     

  • KAI Hadirkan Layanan Direct Train Sambut Nataru 2025

    KAI Hadirkan Layanan Direct Train Sambut Nataru 2025

    Semarang, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkenalkan layanan direct train, yakni perjalanan langsung tanpa transit dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang. Layanan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Saat ini, uji coba layanan telah dilakukan dengan waktu tempuh hanya 5 jam 5 menit.

    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, kereta eksekutif ini beroperasi tanpa pemberhentian di stasiun antara. Dalam kunjungannya ke Stasiun Tawang Semarang, ia menyampaikan bahwa perjalanan uji coba turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, serta Utusan Khusus Presiden Raffi Ahmad.

    “Kereta ini berangkat pukul 23.30 WIB dari Jakarta dan tiba di Semarang pukul 04.25 WIB dengan waktu tempuh hanya 5 jam 5 menit tanpa henti,” kata Didiek, Rabu (11/12/2024).

    Layanan direct train ini sementara akan beroperasi khusus pada masa Nataru, yakni 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Apabila minat masyarakat tinggi, KAI berencana untuk memperpanjang operasionalnya, meskipun evaluasi lebih lanjut diperlukan sebelum menjadikannya layanan permanen.

    Layanan ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas angkutan antara Jakarta dan Semarang, sekaligus memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan efisien bagi penumpang.

    Kereta direct train menggunakan kereta eksekutif stainless steel new generation dengan kapasitas 450 kursi. Karena tidak berhenti di stasiun antara, waktu tempuh lebih singkat dibandingkan kereta reguler.

    Untuk menarik minat masyarakat, selama periode promosi, tarif perjalanan ditetapkan sebesar Rp 200.000, lebih murah dari harga normal Rp 400.000.

    “Ini kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan perjalanan eksklusif dengan tarif spesial,” tambah Didiek.

    Menurut Didiek, layanan kereta direct train Nataru ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat selama liburan. Jika respons masyarakat positif, operasional kereta ini akan dilanjutkan secara permanen. Sebagai tambahan, KAI akan mengadakan sayembara untuk menentukan nama layanan direct train ini.

    Layanan direct train ini diharapkan mampu memberikan alternatif transportasi publik yang lebih efisien, nyaman, dan terjangkau, terutama di tengah tingginya permintaan selama Nataru dan liburan akhir tahun.

  • Hari Terakhir Pendaftaran Sengketa, Tim Hukum RIDO Pastikan Gugat Hasil Pilkada Jakarta 2024 ke MK – Page 3

    Hari Terakhir Pendaftaran Sengketa, Tim Hukum RIDO Pastikan Gugat Hasil Pilkada Jakarta 2024 ke MK – Page 3

    Sebelumnya, Tim Pemenangan Cagub-Cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menilai, KPU Jakarta tak profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pelaksana Pilkada 2024. Hal ini imbas temuan rendahnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Jakarta 2024.

    Sekretaris Tim Pemenangan RIDO, Basri Baco mengatakan, rendahnya partisipasi pemilih dalam Pilkada Jakarta disebabkan oleh berbagai faktor. Dia menyoroti, masih ada warga yang telah meninggal namun masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

    Tak hanya itu, Baco menyebut banyaknya warga yang tidak menerima surat undangan untuk memilih di tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November 2024.

    “Ketiga, ini karena minimnya sosialisasi terkait hak-hak warga untuk bisa memilih calon pemimpinnya menggunakan e-KTP. Jadi, ini merupakan kegagalan KPU DKI Jakarta dalam melaksanakan Pilkada Jakarta,” kata Baco dalam keterangan tertulis, Rabu 4 Desember 2024.

    Dia mengatakan, rendahnya partisipasi masyarakat membuat legitimasi Pilkada Jakarta 2024 cenderung kecil. Baco merinci, tingkat partisipasi pemilih di beberapa TPS bahkan berada di bawah 25 persen.

    “Seperti di TPS 023 Petojo Selatan, Gambir tingkat partisipasi pemilih hanya 15,7 persen, kemudian TPS 016 Semper Barat dan TPS 138 Penjaringan tingkat partisipasinya masing-masing 21,33 persen,” ujar Baco.