Perempuan di Bojonggede Jadi Korban Pencurian Modus Ganjal ATM, Rugi Rp 55 Juta
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com
– Seorang perempuan berinisial SUH (40) menjadi korban pencurian dengan modus ganjal anjungan tunai mandiri (ATM) di Rumah Sakit (RS) Citama Pabuaran, Pabuaran, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jumat (30/8/2024) pukul 08.00 WIB.
Peristiwa bermula saat SUH datang ke ATM itu untuk mengambil sejumlah uang. Kemudian, korban memasukkan kartu debit ATM berikut dengan pin.
“Namun, tidak dapat masuk. Tidak lama berselang, kartu tersebut masuk dan tidak dapat keluar,” ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Ressa Fiardi Marasabessy dalam keterangannya, Kamis (13/2/2025).
Pelaku bernama Andri Baswan (55) yang sudah merencanakan tindak pidana itu tiba-tiba menghampiri korban untuk membantu mengeluarkan ATM.
“Kemudian korban kembali transaksi dan memasukan pin. Namun pin tersebut salah,” kata dia.
Oleh karena itu, SUH meninggalkan lokasi kejadian. Tak lama, korban mengecek mobile banking dan mendapati adanya penarikan uang sebesar Rp 55 juta.
Atas kejadian tersebut, korban melaporkan peristiwa ini ke Polsek Bojong Gede pada 30 Agustus 2024.
Laporan polisi (LP) tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/345/K/VIII/2024/POLSEK BOJONGGEDE/POLRES METRO DEPOK/POLDA METRO JAYA.
Berdasarkan laporan itu, polisi melakukan serangkaian penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut.
Selain itu, polisi juga menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) serta menelusuri rekaman CCTV guna melacak jalur pelarian pelaku setelah melancarkan aksinya.
Polisi pun melakukan pengejaran dan menangkap pelaku di halaman parkir minimarket Ruko Grande Karawaci, Jalan Raya Binong Karawaci, Suka Bakti, Curug, Kabupaten Tangerang, Jumat (7/2/2025) malam.
“Selanjutnya tersangka dibawa ke Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk proses penyidikan lebih lanjut,” pungkas Ressa.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
kab/kota: Depok
-

Dugaan Korupsi Bojonegoro, Ir Tadjuddin Nur Kadir Dibawa ke Rutan Cipinang
Bojonegoro (beritajatim.com) – Terpidana kasus korupsi Ir Tadjuddin Nur Kadir akhirnya dieksekusi berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) RI No. 1075 K/Pid.Sus/2018 tertanggal 31 Juli 2018. Kasus ini terkait penyimpangan dana penguatan modal lembaga usaha ekonomi pedesaan tahun 2007 di Kantor Bimas Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro dan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.
Proses eksekusi dimulai pada Rabu, 12 Februari 2025, sekitar pukul 18.00 WIB, di Rumah Sakit Umum Adhyaksa, Jalan Raya Mabes Hankam No 60 Ceger. Terpidana, yang sebelumnya menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri Bojonegoro selama 7 tahun, diserahkan oleh Tim Adhyaksa Monitoring Center (AMC) Kejaksaan Agung kepada Tim Jaksa Eksekutor dan Intelijen Kejaksaan Negeri Bojonegoro.
Sebelumnya, Tadjuddin diamankan oleh Satgas Intelijen Reformasi dan Inovasi (SIRI) Kejaksaan Agung RI pada Rabu dini hari, 12 Februari 2025, pukul 01.00 WIB, di kediamannya di Jalan Ibnu Armah 2, Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok. Karena mengaku sakit, terpidana dibawa ke RSU Adhyaksa untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.
Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro Reza Aditya Wardhana yang melakukan penjemputan menerangkan, kasus tersebut bermula dari penyimpangan dana penguatan modal lembaga usaha ekonomi pedesaan (DPMLUEP) tahun 2007 senilai Rp4 miliar. Dana tersebut disalurkan kepada sejumlah pengusaha pertanian di Bojonegoro tanpa melalui proses verifikasi.
“Akibatnya, dana bergulir ini macet, dengan kerugian negara mencapai Rp1,1 miliar,” ujarnya, Kamis (13/2/2025).
Sesuai proses hukum, Mahkamah Agung RI menolak permohonan kasasi dari penuntut umum dan terdakwa. Terpidana dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Amar putusan menjatuhkan hukuman penjara selama 4 tahun dan denda Rp200 juta. Jika denda tidak dibayar, terpidana akan menjalani kurungan pengganti selama 6 bulan.
Setelah adanya putusan MA, terpidana kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan, pada Kamis, 13 Februari 2025, pukul 09.40 WIB, terpidana dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang menggunakan mobil tahanan khusus Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Nopol B 1189 SQP). “Proses eksekusi berjalan lancar dan aman,” pungkasnya. [lus/but]
-

Kerasnya Perjuangan War Tiket Kereta Mudik Lebaran, Calo Marak Tawarkan Jastip, Ini Kata PT KAI – Halaman all
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri 1446 H masih lebih dari sebulan lagi, namun tiket mudik lebaran sudah diburu. Calon pemudik pun berjuang berkompetisi mendapatkan tiket.
War tiket mudik lebaran 2025 pun langsung trending.
Pencarian tiket mudik lebaran yang saat ini ramai ialah dengan moda transportasi kereta api.
Diketahui, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket kereta api untuk Lebaran 2025 pada Selasa (4/2/2025).
Pemesanan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2025 sudah bisa dilakukan mulai H-45 sebelum tanggal keberangkatan tepatnya sejak 4 Februari 2025 lalu.
Keberangkatan kereta api yang sudah dibuka ialah pada Jumat, 21 Maret 2025 atau H-10.
Sontak, calon pemudik beramai-ramai mengunjungi situs pemesanan tiket kereta api secara online di aplikasi Access by KAI atau booking.kai.id juga e-comerce penyedia jasa penjualan tiket resmi lain.
Keras! Perjuangan war tiket mudik lebaran, rela begadang
War tiket mudik lebaran 2025 pun seolah penuh perjuangan yang tak mudah.
Kerasnya perjuangan war tiket mudik lebaran ini karena tak mudah mendapatkan tiket.
Tiket mudik lebaran dengan kereta api bak barang berharga yang perjuangannya keras.
TIKET KERETA LEBARAN – Tangkap layar jadwal pemesanan tiket Kereta Api Lebaran 2025 diambil pada (10/2/2025). Penjualan tiket telah periode Lebaran 2025 telah di buka sejak 4 Februari 2025. (Tangkap Layar Instagram KAI)
Calon pemudik harus begadang, merelakan jam istirahat mereka mendapatkan tiket mudik lebaran.
Itupun tak langsung mendapatkan tiket yang diinginkan. Calon pemudik harus berebut dengan ribuan pemuru tiket mudik lebaran lainnya.
Dafin, warga Ciputat Tangsel mengaku sudah 3 hari berburu tiket mudik lebaran, namun hingga Kamis (13/2/2025) belum mendapatkannya.
Bahkan, dalam hitungan menit, tiket mudik lebaran yang diinginkan sudah habis.
Para pemburu tiket mudik lebaran biasanya sudah berburu sejak pergantian hari, pada pukul 00.00.
“Saya belum dapat ini. Habis semua, dalam hitungan menit,” keluhnya.
Ia menginginkan tiket mudik lebaran dengan rute Jakarta-Madiun.
Lain lagi yang dialami Parji, warga Depok. Ia berhasil mendapatkan tiket mudik lebaran dengan perjuangan keras.
“Dapat sih, hasil melek malam, begadang. Dari jam 00.00. Terus mantau sampai akhirnya alhamdulillah dpat jelang subuh,” ucapnya.
Kelegaan juga diungkapkan Rasno (40) setelah berhasil mendapatkan tiket mudik untuk dirinya, istri, dan kedua anaknya.
Tahun ini, Rasno dan keluarganya akan pulang ke Kebumen, Jawa Tengah, setelah dua tahun berturut-turut gagal mendapatkan tiket kereta api karena kehabisan.
Rasno bergadang memantau aplikasi KAI untuk berburu tiket mudik sejak pukul 00.00 hingga 03.30 WIB pada Senin (11/2/2025).
“Saya harus mantengin dari jam 00.00 sampai 03.30 WIB, untuk tahun ini kami jadwalkan mudik 28 Maret, bertepatan dengan puncak arus mudik,” kata Rasno saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (12/2/2025).
Marak akun calo tawarkan jastip tiket mudik lebaran
Saat kerasnya perjuangan war tiket mudik lebaran, media sosial diramaikan dengan maraknya penawaran
jastip (jasa titip) dari akun-akun yang diduga calo kereta api.Dikutip dari Kompas.com, keluhan warganet terkait dugaan calo tiket kereta api yang marak terjadi pada masa penjualan tiket untuk perjalanan mudik Lebaran 2025.
Akun media sosial X, @oku***fans bahkan membagikan informasi dugaan calo tiket KA Bengawan, KA Airlangga, KA Serayu, KA Kutojaya Selatan, dan KA Kahuripan dengan jadwal keberangkatan saat mudik.
Calo tiket kereta api itu menaikkan harga tiket yang dijualnya. Sebagai contoh, tiket KA Kutojaya Selatan dijual seharga Rp 220.000 dari harga normal Rp 62.000.
Akun lain, @Sai***ils22 ikut bercerita, dia sengaja berniat membeli tiket kereta api untuk mudik sejak jam 23.30. Namun, tiket yang diincar habis terjual pukul 00.01.
Sementara, akun @Tata****or menyebutkan, maraknya dugaan calo tiket kereta api ini karena adanya fitur ganti data penumpang di KAI Access.
“Bisnis baru karena di kai acces emang ada fasilitas ganti data penumpang atau apa itu namanya pokoknya pindah kepemilikan,” tulisnya.
Respon KAI soal calo tiket kereta
Tiket kereta api pada libur Natal dan Tahun Baru sudah dapat dipesan – Tiket kereta api pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025 sudah dapat dipesan melalui laman resminya, simak jadwal keberangkatannya. (Kolase Tribunnews.com/Instragram @kai121_)
Vice President Public Relations KAI Anne Purba memastikan, pihaknya telah menerapkan sistem yang memastikan setiap tiket kereta api dibeli satu penumpang.
“Secara system, kita sudah menjaga karena 1 KTP untuk 1 penumpang dan pembatasan jumlah pemesanan 1 nomor booking,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (12/2/2025).
Namun, ia tidak menjelaskan soal sistem penjualan tiket KAI yang diklaim membolehkan pergantian data penumpang, sehingga berpotensi adanya praktik calo.
Dia hanya menekankan agar masyarakat tidak membeli tiket kereta api di luar layanan penjualan resminya.
Pemesanan tiket kereta bisa dilakukan secara daring lewat aplikasi Access by KAI, laman resmi www.kai.id, contact center 121, dan mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.
Sementara tiket kereta bisa dibeli langsung di loket stasiun yang melayani penjualan tiket Go Show pada waktu tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.
“Gunakan channel resmi untuk pembelian tiket,” tegas Anne.
Terkait tiket kereta api angkutan lebaran yang diklaim telah habis, Anne memastikan KAI saat ini baru menjual tiket perjalanan reguler.
Pihaknya tengah menyiapkan sarana dan kebutuhan untuk menyediakan kereta-kereta tambahan angkutan lebaran yang tiketnya akan dijual bertahap.
Kendati demikian, Anne belum bisa memastikan jumlah tiket yang disiapkan untuk Lebaran 2025 karena kebutuhannya masih dihitung.
Berkaca dari periode mudik lebaran tahun lalu, KAI menyediakan jumlah tiket kereta jarak jauh sebanyak 3,2 juta kursi.
Lapor calo tiket kereta api
Bagi calon penumpang kereta yang menemukan indikasi percaloan, Anne mengimbau untuk segera melapor ke KAI.
“Kami 24 jam siap melayani melalui (nomor) 021-121 untuk layanan tiket juga pengaduan akan kami follow up jika ada praktek calo,” lanjutnya.
Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba (Bambang Ismoyo/Tribunnews.com)
Pengguna kereta api bisa melaporkan calo tiket kereta ke Contact Center KAI melalui telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.
Anne berjanji akan menindak pelaku pencaloan tiket kereta api. Namun, dia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait sanksi yang akan diterapkan KAI.
Kehabisan tiket mudik? Ini trik dari PT KAI hingga penumpang kereta
Pemesanan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2025 telah dibuka.
Tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi ini membuat persaingan mendapatkan tiket semakin ketat.
Karena tak mau kehabisan tiket, mereka rela ‘berperang’ untuk membelinya melalui website atau aplikasi resmi Kereta Api Indonesia (KAI).
Belajar dari pengalaman sebelumnya, Rasno menggunakan beberapa trik agar bisa mendapatkan tiket kereta api untuk mudik Lebaran.
Trik diberikan Rasno calon pemudik memastikan semua nama anggota keluarganya terdaftar di aplikasi Access KAI sebelum jadwal pemesanan dibuka.
“Saya juga isi saldo KAI PAY sesuai kebutuhan jumlah penumpang, jadi biar tidak input data penumpang lagi,” kata dia.
Tidak hanya mengandalkan aplikasi Access KAI, Rasno juga membuka website KAI dari laptopnya.
Hal ini jadi cara dia mengantisipasi kendala pada aplikasi yang kerap mengalami gangguan akibat tingginya jumlah pengguna yang mengakses secara bersamaan.
“Trik ketiga, saya sudah mengantre (diberi waktu) baik di aplikasi maupun di webnya KAI, usahakan jangan me-refresh karena akan berpengaruh pada penjadwalan ulang (antre lagi),” ujar Rasno.
Sistem pemesanan tiket KAI saat ini memberikan waktu antrean tertentu bagi pengguna.
Jika akses sedang penuh, pengguna akan diinformasikan kapan bisa kembali untuk melakukan pembelian tiket.
Waktu antrean ini bisa berkisar antara tiga hingga 30 menit, tergantung pada kepadatan sistem.
“Biasanya diberi waktu atau masa antrean, meskipun lama, tapi lebih teratur,” kata dia.
Sementara dalam akun media sosialnya, PT KAI juga memberikan trik agak mendapatkan tiket mudik lebaran.
@Belum dapat tiket kereta buat mudik Lebaran? Jangan patah semangat dulu, Railmin punya tips yang mungkin berguna buat berburu di arus balik nanti!”demikian ditulis di akun media sosial PT KAI.
Pertama, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan ketersediaan tiket secara berkala. Kedua, atur perjalanan mudik dan balik di luar tanggal-tanggal favorit atau cari rute alternatif dengan sifat persambungan.
Railmin juga mengimbau kepada para pelanggan, untuk tidak membeli tiket melalui pihak-pihak yang membebankan bea tambahan yang tidak wajar.
(Tribunnews.com/Kompas.com)
-
/data/photo/2025/02/13/67ad21db7d985.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
8 Melihat dari Dekat KRL Impor Baru dari China: Interior Modern, Lebih Luas, dan Nyaman Megapolitan
Melihat dari Dekat KRL Impor Baru dari China: Interior Modern, Lebih Luas, dan Nyaman
Tim Redaksi
DEPOK, KOMPAS.com –Uji coba dinamis
KRL Commuter Line
yang diimpor dari CCRC Qingdao Sifang telah dimulai dengan satu trainset yang terdiri dari 12 rangkaian kereta.
Uji coba ini berlangsung pada Rabu (12/2/2025).
Kompas.com
berkesempatan menyaksikan langsung momen ini dari dekat di
Stasiun Depok
pada Rabu malam.
Bunyi klakson kereta yang keras, jernih, dan nyaring menggema sesaat sebelum kereta itu berhenti di stasiun.
Dari luar, bodi kereta yang didominasi warna merah, abu-abu, dan hitam menciptakan kesan minimalis sekaligus klasik.
Warna metal pada bagian bodi atas menambah aura elegan dari kereta tersebut.
Pada bagian belakang rangkaian, terdapat penanda gerbong khusus untuk wanita, dengan rambu yang menegaskan larangan bagi pria untuk memasuki area tersebut.
Menariknya, jarak antara kereta dan peron Stasiun Depok hanya terpaut lima sentimeter.
Dari sudut pandang sekilas, jarak ini hampir tidak terlihat, sehingga membuat penumpang merasa aman dari kemungkinan terperosok ke dalam celah.
Melihat ke dalam, kursi penumpang serta pegangan tangan (
hand grip
) terlihat masih terbungkus rapi oleh plastik.
Tata ruang interior kereta juga memiliki perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan rangkaian KRL lama.
Sisi pojok rangkaian yang biasanya difungsikan sebagai kursi prioritas kini digantikan oleh kursi panjang berwarna merah dan abu-abu.
Warna abu-abu pada setiap ujung jok menandakan kursi prioritas, sedangkan warna merah ditujukan untuk penumpang biasa.
Dengan kapasitas enam jok kursi panjang di setiap kereta, total kursi prioritas yang disediakan mencapai 12 orang, jumlah yang sama dengan model sebelumnya meski dengan desain yang berbeda.
Namun, penampilan
hand grip
yang berwarna hijau membuat keseluruhan desain interior kereta tampak kurang serasi.
Desain rak bagasi yang berada di atas kursi penumpang juga berbeda dengan KRL
Commuter Line
pada umumnya.
Jika sebelumnya rak hanya terdiri dari tiang-tiang yang bercelah untuk mencegah barang jatuh, kini rak baru dilengkapi alas.
Dengan begitu, desain ini bisa memberikan manfaat bagi penumpang untuk meletakkan barang-barang berukuran kecil atau sedang.
Setiap pojok rak juga dilengkapi dengan penyangga atau gagang pembatas untuk menjaga barang tetap aman saat kereta berhenti.
Lantai kereta kali ini dirancang bernuansa kayu dengan warna krem muda kekuningan, memberikan kesan ramah dan familiar.
Sementara itu, penghubung antar gerbong diisi dengan nuansa kayu berwarna cokelat tua.
Pintu antar gerbong yang biasanya ada pada kereta lama tidak terlihat pada kereta baru ini, sehingga kesan luas dapat terasa di area perpindahan gerbong.
Di setiap gerbong, terpasang panel informasi LED yang tampaknya akan digunakan untuk memberi tahu nama pemberhentian berikutnya.
Diperkirakan, kereta baru ini akan mulai beroperasi untuk umum setelah uji dinamis yang ditargetkan mencapai 4.000 kilometer selesai dilakukan.
Dengan berbagai inovasi yang ditawarkan, KRL
Commuter Line
baru ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman perjalanan bagi para penumpang.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
/data/photo/2023/02/18/63efb3f3dd2e7.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5132039/original/099786000_1739436385-20250213_110056.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
/data/photo/2025/02/12/67ac2a347fcec.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)



