kab/kota: Denpasar

  • Truk Lari Mundur Alami Rem Blong di Kuta Bali, Tindih Pejalan Kaki hingga Tewas di Tempat

    Truk Lari Mundur Alami Rem Blong di Kuta Bali, Tindih Pejalan Kaki hingga Tewas di Tempat

    Sukadi menjelaskan, sopir truk sempat mencoba melakukan pengereman. Namun, diduga rem kaki dan rem tangan struk tersebut tidak kuat, akhirnya mobil dump truk Isuzu KB 8247 EG bergerak mundur.

    “Pengemudi mobil dump truk Isuzu KB 8247 EG banting setir ke kiri dan naik ke trotoar kemudian menabrak pejalan kaki sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas,” kata Sukadi.

    Korban meninggal dunia ditempat kejadian Perkara (TKP) diduga ditindih badan truk. Rekaman video kecelakaan maut itu telah beredar luas di media sosial.

    Selain menyebabkan korban jiwa, sebuah warung makan pun rusak akibat terkena badan truk.

    Sukadi belum memberikan keterangan lebih jauh terkait hasil pemeriksaan terhadap sopir truk. Begitu pula terkait penyebab pasti kecelakaan itu belum diungkapkan pihak kepolisian.

    Namun demikian, Unit Gakkum Satlantas Polresta Denpasar telah melakukan olah tempat kejadian perkara usia insiden tersebut terjadi.

  • MPR dorong layanan pendidikan berkualitas bagi perempuan pedalaman

    MPR dorong layanan pendidikan berkualitas bagi perempuan pedalaman

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong layanan pendidikan berkualitas yang mampu menjawab kebutuhan perempuan pedalaman, baik dalam bentuk kebijakan, kurikulum dan infrastruktur yang adaptif, maupun dukungan sosial.

    Dalam sambutannya pada diskusi daring terkait ekosistem pemberdayaan perempuan pedalaman, Lestari mengatakan pemenuhan layanan pendidikan yang berkualitas dan tepat dapat memperkuat peran perempuan pedalaman.

    “Dalam konteks tertentu, perempuan pedalaman ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, budaya, dan juga mampu berperan sebagai penggerak ekonomi keluarga dan dapat memengaruhi keputusan adat,” kata Mbak Rerie, sapaan akrabnya, seperti keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

    Menurut dia, faktor geografis, sosial-budaya, dan ekonomi masih membatasi perempuan pedalaman dalam memperoleh kesempatan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan potensi lokal mereka.

    Oleh sebab itu, berbagai upaya untuk mengatasi sejumlah kendala tersebut harus segera dilakukan.

    Menurut Rerie, kurikulum yang adaptif menjadi elemen penting dalam meramu kebijakan pendidikan bagi perempuan pedalaman.

    “Selain itu, penguatan akses dan infrastruktur pendidikan menjadi poin pertimbangan yang penting,” imbuh Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI membidangi urusan pendidikan.

    Di samping itu, dia berharap Rancangan Undang-Undang Masyarakat Hukum Adat dapat segera disahkan sehingga harapan terpenuhinya pemberdayaan perempuan pedalaman semakin besar dengan didasari payung hukum yang secara definitif melindungi mereka.

    Diskusi bertajuk “Membangun Ekosistem Pemberdayaan Perempuan Berkelanjutan melalui Kebijakan Pendidikan Berbasis Kebutuhan Perempuan Pedalaman” itu digelar Forum Diskusi Denpasar 12 dan Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

    Dalam sambutannya, Ketua Umum Kowani Nannie Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa mewujudkan kemudahan akses pendidikan bagi perempuan pedalaman merupakan upaya meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia.

    Menurut dia, sebagai “ibu bangsa”, perempuan harus terus bertumbuh dengan segala kemampuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, segala bentuk kendala yang dihadapi perempuan pedalaman untuk meningkatkan perempuan harus segera diatasi.

    Sementara itu, anggota DPR RI yang juga Presidium Kaukus Parlemen Perempuan RI Amelia Anggraini berpendapat layanan pendidikan bagi perempuan pedalaman harus menerapkan pendekatan yang memerdekakan perempuan.

    Amelia yang hadir sebagai narasumber dalam diskusi itu menyebut selain teknis pembelajaran yang bermutu, sisi sosial dan ekonomi perempuan juga harus ditingkatkan.

    “Kolaborasi semua pihak terkait dapat mewujudkan hal itu harus segera dibangun. Muatan lokal harus menjadi jantung pada pembelajaran perempuan pedalaman,” tuturnya pula.

    Pewarta: Fath Putra Mulya
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Tangani Banjir, Bupati Badung Akan Tambah Pompa Air-Normalisasi Sungai

    Tangani Banjir, Bupati Badung Akan Tambah Pompa Air-Normalisasi Sungai

    Jakarta

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung serius menangani banjir di kawasan Seminyak, Legian, dan Kuta (Semigita) dengan merencanakan penambahan pompa air berkapasitas besar dan normalisasi alur sungai Tukad Mati. Rencana ini sudah memasuki tahap pembahasan untuk program tahun 2026.

    Bupati Badung, I Wayan Adi Arnawa mengungkapkan penambahan pompa air dilakukan untuk mempercepat debit air yang mengalir ke hilir saat curah hujan tinggi. Pemikiran itu berkaca hasil evaluasi banjir yang pernah melanda Bali, khususnya Badung dan Denpasar beberapa waktu lalu.

    “Kami mengatasi banjir dan kita berangkat dari evaluasi kemarin, kejadian banjir ini ya kan. Di hilir itu, kayak di Tukad Pancing, di Jalan Dewi Sri, termasuk di Sentral Parkir ini kan ya sebenarnya sudah ada pompa,” ujar Adi Arnawa, dalam keterangan tertulis, Rabu (12/11/2025).

    Adi memperkirakan pompa yang akan ditambahkan memiliki kekuatan 30.000 liter per detik dengan total unit mencapai delapan hingga sembilan pompa. Proyek penambahan pompa dan pelebaran alur sungai ini diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 220-260 miliar.

    “Makanya sekarang kami akan menambah pompa kalau enggak salah, itu dengan kekuatan 30.000 liter per detik. Kalau enggak salah itu ada delapan atau sembilan pompa,” jelas Adi Arnawa.

    Dalam rapat paripurna penyampaian jawaban pemerintah saat pembahasan Rancangan APBD Badung 2026, Jumat (7/11), Adi Arnawa menyampaikan penanganan banjir terus diupayakan secara bertahap.

    Sedangkan pada Rancangan APBD Tahun Anggaran 2026, Pemkab Badung merencanakan pembangunan mesin pompa permanen di muara Tukad Mati dan penataan alur Tukad Mati. Langkah ini juga termasuk optimalisasi sistem drainase dan pembangunan drainase di kawasan Kuta dan sekitarnya.

    (akd/ega)

  • BPD Bali salurkan Rp12,6 triliun kredit UMKM

    BPD Bali salurkan Rp12,6 triliun kredit UMKM

    Denpasar (ANTARA) –

    BUMD Bank BPD Bali menyalurkan Rp12,6 triliun kredit untuk debitur usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau 50,85 persen dari total kredit yang disalurkan sebesar Rp24,76 triliun per Oktober 2025.

    “Kredit UMKM itu secara fokus didedikasikan untuk pemberdayaan masyarakat,” kata Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma di Denpasar, Bali, Rabu.

    Ia menargetkan proporsi pembiayaan bagi UMKM akan terus dijaga di atas 50 persen dari total kredit yang disalurkan.

    Kredit UMKM itu di antaranya melalui kredit usaha rakyat (KUR), Kredit Usaha untuk peralatan dan mesin pertanian (Alsintan), kredit subsidi bekerja sama Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, yakni Sidi Kumbara dan produk-produk kredit UMKM lainnya.

    “Kami mendapat insentif Giro Wajib Minimum (GWM) dari BI khusus untuk ekonomi hijau, yang memungkinkan kami memanfaatkannya kembali untuk pembiayaan kepada UMKM dengan suku bunga yang lebih rendah,” imbuhnya.

    Kementerian UMKM sebelumnya mencatat bank milik pemerintah daerah di Bali itu memiliki porsi 61 persen untuk penyaluran kredit sektor produktif dan termasuk salah satu dari empat lembaga penyalur KUR yang tumbuh melebihi target 60 persen produktif di regional Jawa II, Bali dan Nusa Tenggara.

    Sementara itu, realisasi kredit keseluruhan tumbuh 9,33 persen dibandingkan periode sama 2024.

    Sedangkan aset mencapai Rp42,4 triliun atau secara tahunan tumbuh 6,60 persen dibandingkan periode sama 2024 mencapai Rp39,76 triliun.

    Di sisi lain, dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp35,42 triliun, tumbuh 4,80 persen dibandingkan periode yang sama Oktober 2024 sebesar Rp33,79 triliun, yang didominasi tabungan mencapai 65,05 persen.

    Dengan proporsi penyaluran kredit dan DPK itu, ia mencatat rasio kredit terhadap simpanan (LDR) berada dalam rentang positif yakni 69,88 persen.

    Sedangkan dari sisi kualitas kredit, pihaknya mencatat kredit bermasalah (NPL) mencapai 0,83 persen.

    Sudharma menambahkan per Oktober 2025 membukukan capaian laba menembus Rp998,7 miliar atau tumbuh sebesar 23,35 persen dibandingkan periode sama 2024.

    Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KMP Cemerlang Kandas di Perairan Gilimanuk, Seluruh Penumpang Berhasil Dievakuasi

    KMP Cemerlang Kandas di Perairan Gilimanuk, Seluruh Penumpang Berhasil Dievakuasi

    Liputan6.com, Jakarta – KMP Cemerlang 55 rute Ketapang-Gilimanuk mengalami kandas pada jarak 1.81 Nm dari dermaga Pelabuhan Gilimanuk, yakni koordinat LKP 8° 7’50.04″S – 114°26’19.62″E.

    “Info yang kami dapatkan bahwa Kapal dengan membawa 69 orang tersebut bertolak dari Pelabuhan Ketapang pukul 14.30 Wita Selasa Sore 11 November 2025,” terang I Nyoman Sidakarya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Rabu (12/11/2025)

    Kata dia, dari keseluruhan jumlah Penumpang, terdata 13 orang ABK, 3 orang pengikut, dan 53 orang penumpang.

    “Menindaklanjuti laporan, diberangkatkan 9 personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana menuju Pelabuhan Gilimanuk,” paparnya

    Setelah setengah jam waktu tempuh, mereka pun tiba di Pelabuhan Gilimanuk dan segera menggerakkan Rigid Inflatable Boat (RIB) 01 Gilimanuk.

    “Sudah ada beberapa Alut yang dikerahkan diantaranya 1 Unit KP Tanjung Rening (Polair Polres Jembrana); 1 Unit RIB Brimob Kompi C Gilimanuk dan KP V 49 Syahbandar Pelabuhan Gilimanuk,” tambahnya.

     

  • Soal Pembongkaran Lift Kaca Pantai Klingking, Koster: Tunggu Waktunya
                
                    
                        
                            Denpasar
                        
                        11 November 2025

    Soal Pembongkaran Lift Kaca Pantai Klingking, Koster: Tunggu Waktunya Denpasar 11 November 2025

    Soal Pembongkaran Lift Kaca Pantai Klingking, Koster: Tunggu Waktunya
    Tim Redaksi
    DENPASAR, KOMPAS.com
    – Gubernur Bali, I Wayan Koster menerima rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali terkait proyek lift kaca di Pantai Klingking, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pada Selasa (11/11/2025).
    Dia akan mempelajari dan mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan.
    Namun,
    Koster
    tidak mengungkap isi rekomendasi itu. Dia hanya menyampaikan bahwa pada saat yang tepat akan diumumkan ke publik.
    “Kan ada waktunya,” ucap Koster.
    Saat ditanya apakah Pemerintah Provinsi Bali akan melakukan pembongkaran dan sampai kapan proyek itu ditutup sementara, Koster meminta publik untuk menunggu.
    “Tunggu waktunya. Supaya mengejutkan sedikit,” katanya. 
    Sementara itu, Ketua Pansus TRAP DPRD Provinsi Bali, I Made Supartha mengatakan bahwa rekomendasi itu diserahkan secara tertutup kepada Gubernur Bali.
    Dia belum bisa menjawab secara gamblang apakah proyek itu tetap hanya akan ditutup sementara saja atau bakal dibongkar total.
    “Kesepakatan Pansus, serahkan dulu secara tertutup kepada Gubernur Bali dan tadi sudah didengarkan (Gubernur) akan memberikan kejutan. Nanti akan ada waktunya ketika sudah harus disampaikan. Saya rasa tidak terlalu lama,” ujar Supartha.
    Ia mengatakan bahwa menjadi kewenangan eksekutif untuk melakukan kegiatan berikutnya dari rekomendasi itu.
    “Temuan di lapangan sudah bisa dilihat sendiri. Tempat lift itu ada di dekat pantai, dekat jurang. Semua mengacu kepada pertimbangan regulasi,” ucap dia.
    “Secara regulasi, sudah kelihatan seperti itu, melanggar dan di mana-mana orang sudah pada tahu,” kata Supartha.
    Pembangunan
    lift kaca
    di
    Pantai Klingking
    ,
    Nusa Penida
    , Kabupaten Klungkung, ternyata tidak hanya melanggar sejumlah aturan.
    Berdasarkan hasil pengecekan tim Pansus TRAP, terungkap ada dugaan manipulasi data.
    Saat mengajukan permohonan perizinan, ternyata pihak pengelola menyebutkan bahwa proyek lift kaca ini berisiko rendah.
    Informasi itu disampaikan Supartha saat ditemui di kantornya di Denpasar, pada Selasa (4/11/2025) sore.
    “Saat kami datang ke sana, melihat di lapangan, itu berisiko tinggi. Sama dengan di sebelahnya ada kegiatan
    bungee jumping.
    Itu izinnya harusnya berisiko tinggi, tapi mengapa berisiko rendah? Ini kan ada manipulasi data. Ini di sini pidananya. Memberikan keterangan yang tidak benar,” ujar Supartha.
    “Permohonan izin dia (pihak pengelola), dibilang berisiko rendah. Yang dibilang sudah benar oleh mereka (pengelola) itu, dalam konteks Kabupaten Klungkung. Jadi izin yang dimaksud itu izin dari aspek kabupaten, itu pun masih bolong-bolong. Belum ada terkait K3, soal keselamatan dan perlindungan tenaga kerja,” kata dia. 
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • JAS Airport Services Denpasar Raih Penghargaan “Stasiun Terbaik di Dunia” pada Internasional Pride of Ground Handling Awards 2025

    JAS Airport Services Denpasar Raih Penghargaan “Stasiun Terbaik di Dunia” pada Internasional Pride of Ground Handling Awards 2025

    Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services) meraih penghargaan “Best Station” pada ajang Pride of Ground Handling Awards 2025 yang digelar bersamaan dengan 26th Annual Ground Handling International (GHI) Conference di RAI Amsterdam, Belanda.

    Penghargaan bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun oleh GHI ini diberikan kepada stasiun ground handling yang dinilai berkinerja terbaik di dunia. Tahun ini, JAS Station Denpasar (DPS) berhasil meraih posisi puncak mengungguli kandidat lainnya. Nominasi dilakukan terhadap sejumlah kandidat seperti AGI Cargo JFK (Amerika Serikat), Air India SATS Bangalore (India), QAS Cargo (Qatar), dan Swissport Miami (AS).

    Penghargaan ini menjadi pencapaian penting bagi Indonesia, menempatkan layanan ground handling nasional sejajar dengan operator kelas dunia. Hal ini sekaligus meyakinkan bahwa kualitas sumber daya manusia, sistem operasional, dan budaya keselamatan di bandara Indonesia telah memenuhi standar global, yang tentu tidak dapat dilepaskan dari peran dan dukungan ekosistem bandara serta pengelolaannya oleh Injourney Airports.

    Dikutip dari situs resmi Pride of Ground Handling Awards 2025, dalam menentukan pemenang kategori Best Station dewan juri menilai berdasarkan empat kriteria utama yang mencerminkan keunggulan dan profesionalisme di industri ground handling global:

    Quality (Kualitas) – Sejauh mana kandidat mampu melampaui ekspektasi pelanggan melalui ketelitian, komitmen, dan inovasi dalam penyampaian layanan.
    Teamwork & Leadership (Kerja Sama dan Kepemimpinan) – Kemampuan untuk menginspirasi, berkolaborasi lintas tim, dan menciptakan hasil operasional yang unggul melalui koordinasi efektif.
    Safety (Keselamatan) – Upaya proaktif dalam menumbuhkan budaya keselamatan yang tinggi, mencegah risiko operasional, serta menghasilkan manfaat nyata bagi keselamatan kerja.
    Passion (Dedikasi dan Semangat) – Antusiasme dan komitmen terhadap profesi ground handling yang tercermin dalam semangat melayani dan komitmen menjaga standar terbaik setiap waktu.

    Dalam acara penganugerahan tersebut, JAS Airport Services diwakili oleh Vice President Director and COO Kevin Chin, yang menerima langsung penghargaan tersebut di Amsterdam. “Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim JAS Denpasar yang setiap hari berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Kami bangga dapat membawa nama Indonesia ke panggung global melalui profesionalisme dan semangat melayani yang tulus,” ujar Kevin.

  • BI inisiasi “travel pack” ekosistem pembayaran di Bali

    BI inisiasi “travel pack” ekosistem pembayaran di Bali

    Denpasar (ANTARA) –

    Bank Indonesia (BI) menginisiasi “Indonesia Tourist Travel Pack” atau layanan yang menyediakan ekosistem pembayaran nontunai kepada wisatawan asing di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

    “Kemudahan transaksi menjadi bagian penting dari pengalaman wisatawan di Bali ,” kata Deputi Gubernur BI Fillianingsih Hendarta di sela-sela Baligivation 2025, Denpasar, Bali, Selasa.

    Menurut dia, sebagai tujuan wisata kelas dunia, Bali dapat menjadi teladan digitalisasi di Indonesia, termasuk dari segi sistem pembayaran.

    Untuk itu, bank sentral tersebut menggandeng mitra terkait, mendirikan layanan tersebut yang langsung bisa diakses turis asing begitu keluar dari terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai.

    Melalui layanan itu, wisatawan asing dapat mengakses kartu nomor telepon seluler Indonesia, uang elektronik berbasis cip dan panduan registrasi dompet elektronik (e-wallet).

    Selain sistem pembayaran, pihaknya juga menginisiasi buku pedoman sistem pembayaran digital berbasis kode batang atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Wisata Nusantara yang berisi rekomendasi destinasi wisata unggulan, aktivitas budaya, kuliner, dan pengalaman lokal autentik di berbagai wilayah Indonesia.

    Ada juga pusat informasi pariwisata sebagai layanan satu pintu yang menyediakan layanan informasi, dan bantuan perjalanan.

    “Ketiga inisiatif itu ditujukan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang ramah wisatawan dan semakin siap menuju ekosistem pariwisata yang cashless dan digital,” kata Filianingsih.

    Fillianingsih menambahkan transformasi sistem pembayaran Indonesia dalam lima tahun terakhir mengalami lompatan signifikan yakni QRIS digunakan oleh lebih dari 58 juta pengguna dan 41 juta gerai hingga triwulan III-2025, dengan nilai transaksi menembus Rp1.900 triliun (Rp1,9 kuadriliun).

    BI mencatat pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 5,88 persen pada triwulan III-2025, menduduki peringkat keempat secara nasional.

    Sektor pariwisata masih menjadi penggerak utama ekonomi Bali, dengan kontribusi pemasukan devisa pariwisata kepada negara dari Pulau Dewata mencapai 64,29 persen.

    Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
    Editor: Virna P Setyorini
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Mengenal Zainal Abidin Syah, Tokoh Penjaga Keutuhan Indonesia Timur yang Dapat Gelar Pahlawan Nasional

    Mengenal Zainal Abidin Syah, Tokoh Penjaga Keutuhan Indonesia Timur yang Dapat Gelar Pahlawan Nasional

    Zainal Abidin Syah tercatat pernah bertugas di Sorong dan Manokwari antara tahun 1937 hingga 1940. Meski berada dalam struktur pemerintahan kolonial Belanda, kehadirannya di Papua justru mempererat hubungan antara rakyat Papua dan Kesultanan Tidore.

    Baginya, Papua bukan sekadar wilayah pinggiran, melainkan bagian tak terpisahkan dari identitas dan kehormatan bangsa. Ia meyakini bahwa penguatan hubungan historis dan budaya antara Tidore dan Papua adalah kunci untuk menjaga keutuhan wilayah Indonesia Timur.

    Peran penting Zainal Abidin Syah muncul pada masa pasca-Perang Dunia II, ketika Belanda mencoba membentuk Negara Indonesia Timur (NIT) melalui Konferensi Denpasar tahun 1946.

    Dalam forum tersebut, Zainal dengan tegas menolak upaya pemisahan Papua dari wilayah Republik Indonesia. Ia menegaskan bahwa Papua merupakan bagian dari Kesultanan Tidore dan secara historis berada dalam lingkup kedaulatan Nusantara.

    Sikap politiknya yang tegas menjadi rujukan penting dalam diplomasi Indonesia di kemudian hari, khususnya saat mempertahankan Papua di forum internasional. Keteguhan Zainal Abidin Syah menjadikannya tokoh penting dalam sejarah integrasi nasional Indonesia bagian timur.

    Sebagai Gubernur pertama Papua, Zainal Abidin Syah dikenal sebagai tokoh yang memadukan kepemimpinan adat, diplomasi politik, dan semangat kebangsaan. Perjuangannya melampaui batas geografis dan memperkuat fondasi kebangsaan yang inklusif.

    Dengan penetapan gelar Pahlawan Nasional, pemerintah menegaskan bahwa perjuangan Zainal Abidin Syah bukan hanya milik Maluku Utara, tetapi juga bagian dari sejarah besar Indonesia dalam menjaga keutuhan wilayah dan persatuan bangsa.

  • Palembang, Bandar Lampung, Palu-Makassar Berpotensi Dilanda Hujan Disertai Petir

    Palembang, Bandar Lampung, Palu-Makassar Berpotensi Dilanda Hujan Disertai Petir

    JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah Indonesia mengalami hujan ringan hingga hujan disertai petir pada Minggu, 9 November.

    Prakirawati BMKG, Adelia Febby menyampaikan, wilayah Pulau Sumatera umumnya akan diliputi cuaca berawan hingga hujan ringan.

    “Diprakirakan berawan tebal di wilayah Banda Aceh, sementara hujan ringan berpotensi terjadi di Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Padang,” katanya dilansir ANTARA.

    Adelia menyebut potensi hujan ringan juga diprakirakan terjadi di Bengkulu, sedangkan masyarakat di Jambi, Palembang, Pangkalpinang, dan Bandar Lampung diimbau mewaspadai potensi hujan disertai petir.

    Untuk Pulau Jawa, BMKG memprakirakan cuaca berawan tebal di Bandung, serta hujan ringan di Serang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

    “Sementara itu, di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan berpotensi terjadi di Kupang dan Denpasar. Adapun Mataram diprediksi hujan disertai petir,” ujarnya.

    Di Pulau Kalimantan, Adelia menyebut hujan ringan diprakirakan terjadi di Pontianak, Tanjung Selor, Samarinda, dan Palangka Raya, sementara wilayah Banjarmasin berpotensi mengalami hujan disertai petir.

    Adapun di Pulau Sulawesi, udara kabur berpotensi terjadi di Kendari. Selain itu, hujan ringan diprediksi turun di Manado, Gorontalo, Palu, dan Makassar, sedangkan potensi hujan disertai petir perlu diwaspadai di Mamuju.

    Untuk wilayah Indonesia bagian timur, udara kabur diprakirakan terjadi di Sorong, hujan ringan di Ternate, Ambon, Manokwari, Nabire, Jayawijaya, dan Merauke, serta hujan sedang di Jayapura.

    Adelia mengatakan prakiraan tersebut merupakan gambaran umum cuaca hari ini di masing-masing daerah. Adapun untuk informasi yang diperbarui setiap jam sekali, masyarakat dapat mengakses di laman web resmi bmkg.go.id atau aplikasi Info BMKG.