Debat Pilgub Jabar, Acep Adang Soroti Kasus Teror Bom Unpar Bandung
Tim Redaksi
BANDUNG, KOMPAS.com
– Calon gubernur Jawa Barat (Jabar) nomor urut 1,
Acep Adang
Ruhiat menyoroti kasus
teror bom
yang terjadi di Univeritas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung pada acara wisuda 15-16 November 2024.
Hal tersebut diungkapnnya dalam acara debat kedua publik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2024 di Hotel Patra, Kabupaten Cirebon, Sabtu (16/11/2024) malam.
Menurut Acep Adang, ancaman teror bom yang ditujukan kepada lembaga pendidikan
Unpar Bandung
mengancam stabilitas dan kondusivitas Jabar. Apalagi tinggal beberapa hari akan dilangsungkan Pilkada Serentak pada 27 November 2024.
Dia pun berharap, agar ancaman teror serupa tidak terjadi kembali. Hal tersebut bisa membuat resah masyarakat Jabar dan mengganggu ketentraman yang sudah baik selama ini.
“Saya ingin sampaikan yang mendalam atas tejadinya peristiwa ancaman bom di acara wisuda Univeritas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung. Tentu ini akan sangat mengganggu stabilitas Jabar,” ujar dia sebelum menyampaikan visi dan program kerjanya.
Sebelumnya, Unpar Bandung mendapatkan teror bom pada kegiatan wisuda yang akan dilangsungkan pada 15 November 2024.
Dalam surat kaleng yang beredar di media sosial, peneror meminta agar pihak rektorat Unpar membatalkan kegiatan wisuda yang berlangsung di ruang auditorium lantai 2 pusat pembelajaran Arntz-Geise.
Pasalnya, si peneror telah menyembunyikan beberapa bom panci yang di ruang tersebut. Apabila wisuda tetap berlangsung, maka bom akan diledakkan.
“Jika kegiatan ini dilanjutkan, kami tidak segan untuk bertindak,” tulis ancaman dalam surat kaleng tersebut.
Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
kab/kota: Cirebon
-
/data/photo/2024/11/11/673201f1dfc55.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Debat Pilgub Jabar, Acep Adang Soroti Kasus Teror Bom Unpar Bandung Bandung 16 November 2024
-

Tiket Kereta Wisata Dijual Mulai Rp 79.000, Layani Tujuan Bandung hingga Malang
Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia menyediakan tiket Kereta Wisata dengan paling murah Rp 79.000 dan melayani tujuan ke beberapa kota dari Bandung hingga Malang. Harga promosi ini disediakan bagi pengunjung di KAI Expo 2024, yang diselenggarakan pada 16-17 November, di Jakarta Convention Center.
Selama KAI Expo 2024, Kereta Wisata menawarkan promo untuk kelas ekonomi Rp 79.000, kelas eksekutif Rp 129.000, kelas bisnis Rp 249.000, dan kelas luxury Rp 449.000.
Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy mengatakan tarif ini berlaku untuk seluruh rute tujuan mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan kota lainnya. Ia juga menyebut saat ini tujuan yang paling diminati pengunjung adalah Yogyakarta dan Malang.
“Tiket yang kita siapkan pada tahun ini sebanyak 39.000 tiket untuk seluruh lintas dan seluruh kelas, termasuk Kereta Cepat Bandung. Target transaksi kita tahun ini untuk yang Jakarta sendiri 25.000-an tiket yang bisa terjual,” ujar Hendy Helmy kepada awak media di JCC, pada Sabtu (16/11/2024).
Menurut Hendy, yang membedakan tahun ini dengan sebelumnya adalah dengan diadakannya penjualan tiket halal.
“Nah, tahun ini kita tambahkan satu lagi, yaitu adanya penjualan tiket halal. Ini juga menjadi salah satu bagian dari kebutuhan masyarakat untuk bisa memberikan atau menginginkan adanya travel-travel yang lebih banyak. Seperti ibadah-ibadah umrah, haji, dan lain sebagainya,” ungkap Hendy.
Selain itu, bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman bersejarah, KAI Wisata juga menawarkan. diskon khusus untuk sewa KA Wisata Ambarawa dengan Lokomotif Uap, yang tersedia dengan harga Rp 25 juta untuk weekend (dari harga awal Rp 28 juta) dan Rp 16,5 juta untuk weekday (dari harga awal Rp 20 juta), khusus untuk reservasi minimal tiga minggu sebelum keberangkatan.
Selain itu, KAI Wisata juga mengadakan diskon bagi masyarakat yang ingin menyewa area pada Historic Building Lawang sewu dengan harga mulai dari Rp 24 Juta hingga Rp 30 juta khusus pemesanan maksimal H-14 acara dilakukan dan promo berlaku hingga 20 Desember 2024. KAI Wisata juga menyediakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin merasakan pengalaman unik menaiki Kereta Wisata Ambarawa, perjalanan ini menawarkan. sensasi berbeda dengan menggunakan lokomotif uap, serta pemandangan indah sepanjang rute Ambarawa – Tuntang.
“KAI Wisata tidak hanya menghadirkan promo Kereta Wisata saja namun lini bisnis lainnya seperti Wisata Historic Building Lawang Sewu & Museum Kereta Api Ambarawa, Luxury Lounge and hotel transit,” tambah Hendy.
KAI Expo 2024 digelar di dua kota, yakni Surabaya yang digelar pada 2-3 November 2024, di Dyandra Convention Center Surabaya. Kemudian baru digelar di Jakarta.
“Kami berharap melalui KAI Expo di Jakarta ini, Kereta Wisata semakin dikenal oleh masyarakat, baik di dalam negeri maupun internasional. Dengan adanya diskon spesial untuk pola pemesanan FIT dan carter Kereta Wisata, kami berharap lebih banyak masyarakat dapat menikmati pengalaman berkesan dengan Kereta Panoramic, Kereta Wisata, Kereta Istimewa, serta layanan eksklusif KAI Wisata lainnya,” pungkasnya.
Berikut 51 KA yang tersedia pada promo diskon KAI Expo 2024 di Jakarta
1. KA Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pp (Luxury Sleeper, Eksekutif)
2. KA Argo Cheribon Relasi Tegal-Cirebon-Gambir pp (Eksekutif, Ekonomi)
3. KA Argo Dwipangga Relasi Gambir-Solo Balapan pp (Luxury, Eksekutif)
4. KA Argo Lawu Relasi Gambir-Solo Balapan pp (Luxury, Eksekutif)
5. KA Tawang Jaya Premium Relasi Pasarsenen-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif, Ekonomi)
6. KA Argo Muria Relasi Gambir-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif)
7. KA Argo Semeru Relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif)
8. KA Argo Parahyangan Relasi Bandung-Gambir pp (Eksekutif, Ekonomi)
9. KA Argo Wilis Relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif)
10. KA Argo Sindoro Relasi Gambir-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif)
11. KA Fajar Utama Solo Relasi Pasarsenen-Solo Balapan (Eksekutif, Ekonomi)
12. KA Fajar Utama YK Relasi Pasarsenen-Yogyakarta (Eksekutif, Ekonomi)
13. KA Senja Utama YK Relasi Yogyakarta-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)
14. KA Gaya Baru Malam Selatan Relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif, Ekonomi)
15. KA Argo Merbabu Relasi Gambir-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif)
16. KA Mutiara Selatan Relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif, Ekonomi)
17. KA Wijaya Kusuma Relasi Cilacap-Ketapang pp (Eksekutif, Ekonomi)
18. KA Senja Utama Solo Relasi Solo Balapan-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)
19. KA Bima Relasi Surabaya Gubeng-Gambir pp (Eksekutif)
20. KA Gajahwong Relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp (Eksekutif, Ekonomi)
21. KA Harina Relasi Bandung-Surabaya Pasar Turi pp (Eksekutif, Ekonomi)
22. KA Brawijaya Relasi Malang-Gambir pp (Eksekutif)
23. KA Singasari Relasi Pasarsenen-Blitar pp (Eksekutif, Ekonomi)
24. KA Gajayana Relasi Gambir-Malang pp (Luxury, Eksekutif)
25. KA Sembrani Relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pp (Luxury, Eksekutif)
26. KA Tegal Bahari Relasi Pasarsenen-Tegal pp (Bisnis, Eksekutif)
27. KA Sancaka Relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta pp (Eksekutif, Ekonomi)
28. KA Gumilang Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi (Bisnis, Eksekutif)
29. KA Purwojaya Relasi Cilacap-Gambir (Eksekutif)
30. KA Ranggajati Relasi Cirebon-Jember (Eksekutif, Ekonomi)
31. KA Brantas Relasi Blitar-Pasar Senen (Eksekutif, Ekonomi)
32. KA Bogowonto Relasi Lempuyangan-Pasar Senen (Eksekutif, Ekonomi)
33. KA Ciremai Relasi Bandung-Semarang Tawang (Eksekutif)
34. KA Taksaka Relasi Gambir-Yogyakarta pp (Luxury, Eksekutif)
35. KA Lodaya Relasi Bandung-Solo Balapan pp (Eksekutif, Ekonomi)
36. KA Turangga Relasi Surabaya Gubeng-Bandung pp (Eksekutif)
37. KA Malabar Relasi Bandung-Malang pp (Eksekutif, Ekonomi)
38. KA Mataram Relasi Pasarsenen-Solo Balapan pp (Eksekutif, Ekonomi)
39. KA Logawa Relasi Jember-Purwokerto pp (Ekonomi)
40. KA Jaka Tingkir Relasi Pasarsenen-Purwosari pp (Ekonomi)
41. KA Jayakarta Relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng pp (Ekonomi)
42. KA Kertajaya Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi pp (Ekonomi)
43. KA Pasundan Relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp (Ekonomi)
44. KA Majapahit Relasi Pasarsenen-Malang pp (Ekonomi)
45. KA Progo Relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp (Ekonomi)
46. KA Menoreh Relasi Pasar Senen-SMT Bank Jateng (Ekonomi)
47. KA Matarmaja Relasi Pasarsenen-Malang pp (Ekonomi)
48. KA Tawang Jaya Relasi Pasarsenen-Semarang Poncol pp (Ekonomi)
49. KA Dharmawangsa Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi pp (Eksekutif, Ekonomi)
50. KA Kertanegara Relasi Purwokerto-Malang pp (Eksekutif, Ekonomi)
51. KA Sawunggalih Relasi Kutoarjo-Pasar Senen pp (Eksekutif, Ekonomi)
-

Kecelakaan Hari Ini di Cirebon, Pengendara Motor Meninggal Usai Bertabrakan, Korban Anak Luka-Luka
TRIBUNJAKARTA.COM – Kecelakaan maut terjadi di jalan umum Desa Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, tepatnya arah Cirebon menuju Kuningan, Sabtu (16/11/2024).
Dua sepeda motor bertabrakan hingga seorang pengendara meninggal dunia di lokasi kejadian.
Peristiwa kecelakaan maut itu terjadi pukul 11.30 WIB.
Kanit Gakkum Satlantas Polresta Cirebon, AKP Endang Kusnandar menjelaskan peristiwa bermula saat pengendara sepeda motor Yamaha bernomor polisi E-5874-BK diduga alami oleng ke kanan.
Pengendara motor itupun kemudian terjatuh sendiri hingga ditabrak oleh kendaraan lainnya.
“Sepeda motor tersebut tertabrak oleh kendaraan lain yang melaju dari arah berlawanan,” ujar Endang, Sabtu (16/11/2024).
Usai bertabrakan, pengendara sepeda motor Yamaha inisial DI (45), langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.
Sementara anak DI, inisial MHH (7) mengalami luka-luka.
DI dilarikan ke RSD Gunungjati Kota Cirebon untuk proses lebih lanjut.
Sementara MHH, sudah mendapatkan perawatan intensif di RS Mitra Plumbon.
Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya.
-

Pasangan ASIH Pastikan Siap Hadapi Debat Kedua Pilgub Jabar 2024
JABAR EKSPRES – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu memastikan, dirinya sudah sangat siap mengikuti jalannya debat publik kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024.
Berdasarkan jadwal, debat publik kedua Pilgub Jabar 2024 ini akan berlangsung di Hotel Patra Cirebon, Jalan Tuparev No.11, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, pada Sabtu (16/11/2024).
“Alhamdulillah semuanya sudah kita persiapkan dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan proses debat berjalan lancar,” ucap Syaikhu saat ditemui di Cirebon, Sabtu (16/11/2024).
Adapun tema debat kedua ini yakni Budaya Inovatif untuk Jawa Barat yang Gemah Ripah Repeh Rapih. Sedangkan sub temanya Industri Budaya, Pariwisata, Peningkatan PAD Berbasis Sumber Daya Alam, Mitigasi Bencana, Kualitas Lingkungan Hidup dan Toleransi Beragama.
Ahmad Syaikhu yang berpasangan dengan Ilham Habibie (ASIH) ini mengaku, tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat kedua Pilgub Jabar 2024 ini.
BACA JUGA: Ahmad Syaikhu Ingatkan Peran Penting Ayah di Keluarga
“Ya kita mengalir aja apa yang ada perkembangan-perkembangan ini karena insya Allah semua juga dalam proses membangun ke depan demokrasi yang lebih baik,” ungkapnya.
Di sisi lain, Ahmad Syaikhu juga memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar yang telah memberikan tambahan waktu atau durasi untuk menyampaikan jawaban dari setiap pasangan calon.
“Tentu kita sangat bersyukur dan berterima kasih, sehingga pada saat memberikan jawaban, tanggapan bisa lebih leluasa. Mudah-mudahan apa yang disampaikan nanti bisa ditangkap dengan jelas oleh para masyarakat Jawa Barat,” katanya.
Syaikhu pun berharap, jalannya debat kedua Pilgub Jabar 2024 ini dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala teknis.
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5006188/original/090624100_1731638217-IMG-20241114-WA0253.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Mudik Saat Pilkada? KAI Daop 9 Jember Beri Diskon 10 Persen Tiket KA
Liputan6.com, Jember – Pesta demokrasi akan kembali dilaksanakan di Indonesia, pada 27 November 2024 akan diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota secara serentak. Sebagai wujud dukungan kepada masyarakat yang ingin memberikan hak suaranya di kampung halaman untuk mensukseskan Pilkada 2024, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember menghadirkan promo tiket untuk periode keberangkatan kereta api tanggal 26-28 November.
“KAI menghadirkan program tiket promo sebesar 10 persen untuk kereta api kelas komersial keberangkatan KA tanggal 26-28 November. Tiket Promo tersebut dapat dibeli mulai tanggal 15 – 25 November,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, Jumat (15/11/2024)
Lebih lanjut Cahyo mengatakan, pembelian tiket dengan potongan harga tersebut hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI. Kereta api yang terdapat promo diskon tiket tersebut diantaranya KA Pandalungan relasi Jember – Gambir Jakarta, KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang – Pasar Senen Jakarta, KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Cilacap, KA Ranggajati relasi Jember – Cirebon, KA Mutiara Timur relasi Ketapang – Surabaya Pasar Turi dan KA Logawa relasi Jember – Purwokerto. “Tidak ada kuota khusus, diskon berlaku selama alokasi tiket masih tersedia. Para pelanggan dapat mengecek ketersediaan tiketnya dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI,” terangnya.
Beberapa ketentuan tentang diskon tiket ini diantaranya tidak dapat digabungkan dengan tarif reduksi (kecuali reduksi infant), tarif khusus, atau diskon lainnya. Tarif diskon tidak berlaku untuk kereta compartement, luxury, priority, imperial, panoramic, dan/atau kereta wisata lainnya. Tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan atau diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku. “KAI Daop 9 Jember mengimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan promo ini sebaik-baiknya karena jumlahnya terbatas tetapi peminatnya cukup tinggi,” terang Cahyo.
“KAI Daop 9 Jember berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari menggunakan kereta api, untuk memberikan suaranya sebagai dukungan ikut mensukseskan Pilkada 2024. KAI Daop 9 Jember berkomitmen untuk terus menghadirkan angkutan kereta api yang nyaman, aman dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya.
-

Berkat Shopee 11.11 Big Sale, Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak 7,5 Kali Lipat
JABAR EKSPRES – Demi mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menunjukan kembali komitemnya melalui kampanye 11.11 Big Sale yang berlangsung pada 14 Oktober hingga 11 November 2024.
Kampanye ini mencatatkan peningkatan signifikan dalam penjualan, terutama melalui platform Shopee Live, dengan hasil lebih dari 7,5 kali lipat peningkatan penjualan produk dari brand lokal dan UMKM dibandingkan hari biasa pada puncak kampanye.
Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan cerminan meningkatnya minat konsumen terhadap produk lokal.
BACA JUGA: Antusias Warga Sindangbarang Bogor Sambut Meriah Kehadiran Rayendra – Eka hingga Suguhkan Liwetan
“Tahun ini kami melihat semakin tingginya minat konsumen untuk berbelanja brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Hal ini menjadi sumber semangat bagi kami untuk selalu berkolaborasi dan berinovasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal, serta memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” tutur Monica.
Ekspor dan Dukungan ke Kancah Internasional
Shopee juga memperkuat keberhasilan kampanye 11.11 kali ini melalui langkah strategis lewat Program Ekspor Shopee.
Program ini telah menjangkau brand lokal dan UMKM di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto yang turut mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi di puncak kampanye 11.11 Big Sale tahun ini.
BACA JUGA: Kualitas Udara di Kota Bandung Masuk Kategori Tidak Sehat? Ini Penjelasannya!
Langkah ini merupakan upaya strategis Shopee untuk membawa pelaku usaha lokal menembus pasar global.
Shopee Live: Andalan Interaktif untuk Penjualan
Shopee Live kembali menjadi salah satu fitur unggulan dalam kampanye 11.11 Big Sale. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk berinteraksi langsung dengan penjual, menanyakan detail produk, dan mendapatkan ulasan real-time sebelum membeli.
Efektivitas Shopee Live terbukti dengan peningkatan penjualan yang signifikan:
– Tenue de Attire, brand pakaian pria, mencatatkan peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat selama kampanye untuk berbagai produk kemeja dan atasan.
BACA JUGA: Kades Pasirnanjung Sumedang Akui Sebagian Lahan SDN Pasirhuni Digugat Ahli Waris
– Tulus Skin, brand kecantikan lokal, menikmati peningkatan transaksi hingga 11 kali lipat berkat sesi belanja interaktif ini.
-

Diskon Tiket Kereta Hingga 70% di KAI Expo 2024, Cek Daftar KA dan Rutenya!
Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan diskon hingga 70 persen dalam KAI Expo 2024 tahap kedua di Jakarta Convention Centre, besok 16-17 November 2024.
Promo ini terdiri dari berbagai kelas perjalanan kereta api dengan harga mulai dari Rp79.000. Tiket untuk pelayanan Kereta Luxury dijual seharga Rp499.000 dengan semua tujuan.
Sementara untuk layanan kelas Eksekutif mulai dari Rp129.000, Kelas Bisnis mulai dari Rp99.000, dan Kelas Ekonomi mulai dari Rp79.000 untuk periode keberangkatan perjalanan KA hingga 18 Desember 2024.
Berbagai rute pilihan akan tersedia pada event ini, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan kota-kota lainnya.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba menyampaikan acara tahunan ini menjadi ajang istimewa bagi masyarakat yang ingin menikmati perjalanan kereta api dengan tarif spesial, termasuk diskon tiket hingga 70%.
“Pada event KAI Expo 2024 di Jakarta, KAI ikut serta dengan menghadirkan diskon besar-besaran untuk pembelian tiket kereta api hingga 70%,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (15/11/2024).
Berikut beberapa rute dan harga tiket kereta diskon di KAI Expo 2024
1. KA Argo Bromo Anggrek – Relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pp (Luxury Sleeper, Eksekutif)
2. KA Argo Cheribon – Relasi Tegal-Cirebon-Gambir pp (Eksekutif, Ekonomi)
3. KA Argo Dwipangga – Relasi Gambir-Solo Balapan pp (Luxury, Eksekutif)
4. KA Argo Lawu – Relasi Gambir-Solo Balapan pp (Luxury, Eksekutif)
5. KA Tawang Jaya Premium – Relasi Pasarsenen-Semarang Tawang pp (Eksekutif, Ekonomi)
6. KA Argo Muria – Relasi Gambir-Semarang Tawang pp (Eksekutif)
7. KA Argo Semeru – Relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif)
8. KA Argo Parahyangan – Relasi Bandung-Gambir pp (Eksekutif, Ekonomi)
9. KA Argo Wilis – Relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif)
10. KA Argo Sindoro – Relasi Gambir-Semarang Tawang pp (Eksekutif)
11. KA Fajar Utama Solo – Relasi Pasarsenen-Solo Balapan (Eksekutif, Ekonomi)
12. KA Fajar Utama YK – Relasi Pasarsenen-Yogyakarta (Eksekutif, Ekonomi)
13. KA Senja Utama YK – Relasi Yogyakarta-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)
14. KA Gaya Baru Malam Selatan – Relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif, Ekonomi)
15. KA Argo Merbabu – Relasi Gambir-Semarang Tawang pp (Eksekutif)
16. KA Mutiara Selatan – Relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif, Ekonomi)
17. KA Wijaya Kusuma – Relasi Cilacap-Ketapang pp (Eksekutif, Ekonomi)
18. KA Senja Utama Solo – Relasi Solo Balapan-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)
19. KA Bima – Relasi Surabaya Gubeng-Gambir pp (Eksekutif)
20. KA Gajahwong – Relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp (Eksekutif, Ekonomi)
21. KA Harina – Relasi Bandung-Surabaya Pasar Turi pp (Eksekutif, Ekonomi)
22. KA Brawijaya – Relasi Malang-Gambir pp (Eksekutif)
23. KA Singasari – Relasi Pasarsenen-Blitar pp (Eksekutif, Ekonomi)
24. KA Gajayana – Relasi Gambir-Malang pp (Luxury, Eksekutif)
25. KA Sembrani – Relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pp (Luxury, Eksekutif)
26. KA Tegal Bahari – Relasi Pasarsenen-Tegal pp (Bisnis, Eksekutif)
27. KA Sancaka – Relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta pp (Eksekutif, Ekonomi)
28. KA Gumilang – Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi (Bisnis, Eksekutif)
29. KA Purwojaya – Relasi Cilacap-Gambir (Eksekutif)
30. KA Ranggajati – Relasi Cirebon-Jember (Eksekutif, Ekonomi)
31. KA Brantas – Relasi Blitar-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)
32. KA Bogowonto – Relasi Lempuyangan-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)
33. KA Ciremai – Relasi Bandung-Semarang Tawang (Eksekutif)
34. KA Taksaka – Relasi Gambir-Yogyakarta pp (Luxury, Eksekutif)
35. KA Lodaya – Relasi Bandung-Solo Balapan pp (Eksekutif, Ekonomi)
36. KA Turangga – Relasi Surabaya Gubeng-Bandung pp (Eksekutif)
37. KA Malabar – Relasi Bandung-Malang pp (Eksekutif, Ekonomi)
38. KA Mataram – Relasi Pasarsenen-Solo Balapan pp (Eksekutif, Ekonomi)
39. KA Logawa – Relasi Jember-Purwokerto pp (Ekonomi)
40. KA Jaka Tingkir – Relasi Pasarsenen-Purwosari pp (Ekonomi)
41. KA Jayakarta – Relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng pp (Ekonomi)
42. KA Kertajaya – Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi pp (Ekonomi)
43. KA Pasundan – Relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp (Ekonomi)
44. KA Majapahit – Relasi Pasarsenen-Malang pp (Ekonomi)
45. KA Progo – Relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp (Ekonomi)
46. KA Menoreh – Relasi Pasarsenen-Semarang Tawang (Ekonomi)
47. KA Matarmaja – Relasi Pasarsenen-Malang pp (Ekonomi)
48. KA Tawang Jaya – Relasi Pasarsenen-Semarang Poncol pp (Ekonomi)
49. KA Dharmawangsa – Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi pp (Eksekutif, Ekonomi)
50. KA Kertanegara – Relasi Purwokerto-Malang pp (Eksekutif, Ekonomi)
51. KA Sawunggalih – Relasi Kutoarjo-Pasarsenen pp (Eksekutif, Ekonomi)
-

Perkuat Strategi Brand Lokal dan UMKM, 11.11 Big Sale Dorong Peningkatan Penjualan hingga 7,5 Kali Lipat di Shopee Live
Jakarta: Shopee kembali menghadirkan kampanye 11.11 Big Sale sebagai bentuk komitmen dalam memberikan ruang untuk berkembang bagi para penjual. Kampanye 11.11 Big Sale telah berlangsung pada 14 Oktober – 11 November 2024.
Dampak kampanye tahun ini terasa nyata, dengan antusiasme pengguna yang luar biasa dan memberikan peningkatan signifikan dalam penjualan produk dari brand lokal dan UMKM. Sebagai hasilnya, Shopee melaporkan penjualan produk dari brand lokal dan UMKM meningkat lebih dari 7,5 kali lipat di Shopee Live pada puncak kampanye 11.11 dibandingkan hari biasa, mencerminkan semakin tingginya minat pengguna untuk terlibat dan mempelajari produk lokal secara lebih interaktif.
“Tahun ini kami melihat semakin tingginya minat konsumen untuk berbelanja brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Hal ini menjadi sumber semangat bagi kami untuk selalu berkolaborasi dan berinovasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen. Dengan pendekatan yang inklusif melalui fitur interaktif hingga program khusus, ke depannya kami berharap dapat terus menjadi rekan brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh bahkan menembus pasar internasional,” kata Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna.
Salah satu aspek yang memperkuat keberhasilan kampanye 11.11 Big Sale juga dibuktikan Shopee lewat langkah strategisnya melalui Program Ekspor Shopee. Program ini juga menjangkau brand lokal dan UMKM di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto yang turut mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi di puncak kampanye 11.11 Big Sale tahun ini. Dukungan ekspansi ke kancah internasional ini merupakan wujud nyata dari visi Shopee untuk memperkuat seluruh pelaku usaha di Indonesia, tanpa terkecuali.
Shopee Live optimalkan peningkatan bisnis brand lokal & UMKM di 11.11 Big Sale
Shopee 11.11 Big Sale tahun ini tidak hanya menghadirkan penawaran terbaik dan diskon besar yang membantu para penjual menggaet lebih banyak pembeli, tetapi juga memperlihatkan keberhasilan fitur interaktif Shopee Live untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM. Selama kampanye 11.11 berlangsung, Shopee Live terus menjadi salah satu cara belanja interaktif pilihan pembeli.
Kelebihan dan keuntungan ini membuat Shopee Live terus menjadi andalan para brand lokal dan UMKM dalam mendorong peningkatan bisnis mereka. Kemudahan akses terhadap produk serta menciptakan keterlibatan dan interaksi bersama pengguna, membuat lebih banyak brand lokal dan UMKM yang memanfaatkan fitur ini. Gaya berjualan live stream yang memberikan kebebasan bertanya dan ulasan produk secara real-time sebelum melakukan pembelian, turut memberikan dampak positif yang dirasakan langsung oleh mitra brand lokal dari berbagai kategori di puncak kampanye 11.11 kali ini.
Pemanfaatan fitur interaktif ini di kampanye 11.11 membuat mitra brand lokal di kategori Pakaian Pria, yakni Tenue de Attire merasakan antusiasme luar biasa dari pengguna Shopee. Sepanjang kampanye berlangsung, mereka menikmati peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat di kampanye 11.11 dibandingkan dengan hari biasa untuk beragam jenis kemeja dan atasan yang menjadi produk favorit.
Tidak hanya itu, keunggulan belanja lewat sesi interaktif Shopee Live yang dirasakan oleh pengguna di 11.11 tahun ini, juga dinikmati oleh brand lokal Tulus Skin. Brand lokal dari kategori Kecantikan yang dikenal dengan lini produk perawatan kulit dari bahan alami ini, berhasil mencatatkan peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 11 kali lipat dibandingkan hari biasa.
“Melalui dukungan teknologi, pilihan logistik yang lengkap, serta fitur-fitur yang mempermudah interaksi dengan konsumen dimanapun mereka berada, Shopee akan terus berinovasi untuk menciptakan ekosistem bisnis yang inklusif dan berkelanjutan bagi brand lokal dan UMKM. Kami ucapkan terima kasih bagi penjual, pembeli, serta mitra brand atas kepercayaannya pada Shopee,” kata Monica.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id(ROS)
-

Akademisi IAIN: Penegak Hukum Harus Konsisten Berantas Organisasi Terlarang
Jakarta, Beritasatu.om – Guru besar sejarah peradaban Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon Didin Nurul Rosidin mengatakan, aparat penegak hukum di Indonesia harus konsisten dalam memberantas pergerakan organisasi terlarang, seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Front Pembela Islam (FPI).
Lebih jauh Didin Rosidin menyebut, penegak hukum harus tegas melaksanakan keputusan pemerintah yang telah menyatakan dua organisasi itu dilarang. Oleh sebab itu, tidak boleh ada bendera, logo, atau hal lainnya yang mengatasnamakan organisasi tersebut karena sudah tidak diakui secara hukum.
“Apa pun yang sifatnya memang secara aturan dilarang maka konsistensi dan komitmen dari aparat penegak hukum untuk menegakkan aturan itu menjadi tantangan tersendiri. Hal ini sekaligus juga menjadi tuntutan,” kata Didin, Rabu (13/11/2024).
Pernyataan tersebut disampaikan Didin karena, menurut dia, penyebaran radikalisme di kalangan remaja masih dimotori oleh pihak yang sama, yakni HTI dan FPI.
“Pemerintah sekitar 2017 dan 2019 sudah menyatakan dan membuat keputusan untuk melarang keberadaan dari kedua organisasi ini. Artinya, sudah dianggap ilegal. Tentu ketika organisasi ini dianggap ilegal, maka segala hal terkait dengan kegiatan mereka menjadi dilarang,” ucapnya.
Didin mengatakan, masyarakat dan pemerintah perlu menyadari bahwa kejahatan yang bersifat ideologis, termasuk radikalisme dan terorisme, lebih sulit untuk ditindak.
Hal ini karena kejahatan tersebut sukar dikenali dibanding jenis kejahatan lainnya yang tampak, seperti kriminalitas.
Menurut Didin, pemerintah dan penegak hukum harus melakukan kontra narasi radikalisme dan terorisme melalui edukasi.
Didin Rosidin menyarankan, ketika dekonstruksi ideologi radikal telah dilakukan maka dilanjutkan dengan rekonstruksi pemikiran agar kembali moderat.
“Misalnya tentang ideologi Pancasila, apa kebaikan dari ideologi Pancasila? Mengapa Indonesia menjadikan ideologi Pancasila sebagai dasar? Mengapa Indonesia menjadikan undang undang dasar sebagai konstitusi? Ini yang saya rasa penting disampaikan pada masyarakat luas,” kata Didin.
-

Dapat dana bergulir LPDB, rotan sintetis Cirebon tembus pasar ekspor
Dana bergulir yang saya peroleh sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha, terutama untuk membeli mesin produksiJakarta (ANTARA) – Muhammad Sadi, anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Al-Bahjah di Kabupaten Cirebon, berhasil mengembangkan usaha rotan sintetis miliknya hingga ke pasar internasional berkat pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).
Berawal dari seorang perajin lokal, Sadi kini mampu mengubah limbah plastik menjadi produk rotan sintetis berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, yang diminati pasar domestik maupun ekspor. Produk-produknya, seperti kursi dan perabotan lainnya, telah menembus pasar Turki dan Jerman.
“Dana bergulir yang saya peroleh sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha, terutama untuk membeli mesin produksi,” ujar Sadi dalam siaran pers LPDB di Jakarta, Rabu.
“Awalnya, saya hanya membuat bangku dari rotan alami. Namun, seiring berjalannya waktu, saya tertantang untuk menciptakan produk yang lebih inovatif dan berkelanjutan. Akhirnya, saya menemukan ide untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan baku rotan sintetis,” kata dia menambahkan.
Menurut Sadi, usahanya kian bertumbuh seiring dengan perkuatan modal yang dia dapatkan dari KSP BMT Al-Bahjah.
Akses permodalan menjadi salah satu yang terus didorong pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daya saing para wirausaha.
Kementerian Koperasi terus mendorong pelaku-pelaku usaha untuk bergabung dengan koperasi agar bisa mendapatkan akses permodalan lebih mudah sehingga bisa mengembangkan usahanya.
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan dana bergulir yang disalurkan LPDB-KUMKM bisa menjadi instrumen yang efektif dalam memperkuat permodalan koperasi dan mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.
“Dengan tarif layanan yang kompetitif dan persyaratan yang mudah, dana bergulir memberikan akses permodalan yang lebih luas bagi wirausahawan yang selama ini sulit mendapatkan pembiayaan dari perbankan,” ucap Supomo.
Supomo menambahkan bahwa LPDB-KUMKM berkomitmen dalam menyalurkan dana bergulir kepada koperasi-koperasi di seluruh Indonesia, khususnya untuk sektor-sektor produktif.
Ia meyakini koperasi akan menjadi pilar utama perekonomian nasional. Melalui penyaluran dana bergulir, LPDB ingin mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru dari kalangan koperasi, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas masyarakat.
Baca juga: DPR Dorong Penguatan LPDB-KUMKM untuk Tingkatkan Daya Jangkau Pembiayaan Koperasi
Baca juga: LPDB-KUMKM Akselerasi Pertumbuhan Koperasi melalui Program Inkubator
Baca juga: LPDB-KUMKM siap dukung kembangkan koperasi produktifPewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024