kab/kota: Cirebon

  • Kereta Api RI Makin Ngebut di 2025, Kecepatan Digeber 120 Km/Jam

    Kereta Api RI Makin Ngebut di 2025, Kecepatan Digeber 120 Km/Jam

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan resmi menetapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025. Grafik perjalanan ini akan mulai diberlakukan pada 1 Februari 2025, mencakup jaringan jalur kereta api nasional di Jawa dan Sumatera, dengan berbagai penyesuaian dan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

    “Dalam Gapeka 2025, waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat karena peningkatan kecepatan pada 1.076 perjalanan kereta, dengan peningkatan kecepatan mencapai 5-30 km/jam. Selain itu, rute baru juga dibuka untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Langkah ini merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah melalui KAI dalam menyediakan layanan transportasi yang lebih efisien dan kompetitif,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip Selasa (28/1/2025).

    Anne menambahkan, salah satu perubahan signifikan adalah perluasan layanan kereta api perintis di lintas Rantauprapat Baru-Pondok S5 dan Kreunggeukeuh-Kutablang-Muara Satu. Optimalisasi layanan kereta api perkotaan, seperti KRL Jabodetabek, juga menjadi fokus utama. Selain itu, pola operasi beberapa kereta api, seperti KRL Yogyakarta, KA Bandara YIA, KA Bandara Adi Soemarmo, dan KA Bandara Kualanamu, telah disesuaikan untuk memenuhi permintaan pasar. Jadwal kereta feeder pun telah diatur ulang untuk meningkatkan integrasi dengan layanan Whoosh di Stasiun Padalarang.

    “DJKA dan KAI juga telah melakukan berbagai peningkatan prasarana perkeretaapian sebagai bentuk pengembangan kualitas layanan diantaranya meliputi perubahan jalur tunggal menjadi jalur ganda pada segmen Sepanjang-Mojokerto dan Kiaracondong – Cicalengka serta pembangunan jalur baru pada lintas Kutablang-Muara Satu dan Rantauprapat Baru-Pondok S5. Selain itu, terdapat penambahan stasiun pemberhentian baru, yakni Stasiun Pondok Rajeg (Revitalisasi BPTJ), Stasiun Kedinding dan Stasiun Boharan sebagai stasiun naik turun penumpang. Optimalisasi lainnya dalam Gapeka 2025 ini dilakukan seperti penambahan intermediate Blok pada jalur KA Prabumulih – Simpang yang diharapkan dapat meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api, khususnya pada kereta api angkutan barang,” tuturnya.

    Inovasi ini memungkinkan peningkatan kecepatan maksimum hingga 120 km/jam di beberapa segmen jalur, seperti:

    Foto: Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Dok. KAI)
    Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Dok. KAI)

    • Cikarang – Cikampek
    • Cikampek – Haurgeulis
    • Cirebon – Cirebon Prujakan
    • Cirebon Prujakan – Tegal
    • Cirebon Prujakan – Prupuk
    • Tegal – Comal
    • Kalibodri – Semarang Poncol
    • Semarang Tawang – Ngrombo
    • Ngrombo – Kradenan
    • Kebasen – Kutoarjo
    • Banjar – Kawunganten
    • Jeruklegi – Kroya
    • Kutoarjo – Yogyakarta
    • Lempuyangan – Solobalapan
    • Solojebres – Walikukun
    • Gundih – Solobalapan
    • Walikukun – Mojokerto
    • Kertosono – Blitar
    • Cepu – Lamongan
    • Mojokerto – Wonokromo
    • Wonokromo – Surabaya Gubeng
    • Leces – Probolinggo
    • Probolinggo – Pasuruan

    Perubahan ini berdampak pada waktu perjalanan yang lebih singkat. Berikut beberapa layanan kereta api dengan waktu tempuh yang dipangkas:

    1. KA Majapahit, lintas pelayanan Pasarsenen – Malang dengan pemangkasan waktu tempuh 119 menit;

    2. KA Pandalungan, lintas pelayanan Gambir – Jember dengan pemangkasan waktu tempuh 95 menit;

    3. KA Progo, lintas pelayanan Lempuyangan – Pasarsenen dengan pemangkasan waktu tempuh 85 menit;

    4. KA Tawang Jaya, lintas pelayanan Pasarsenen – Semarang Poncol dengan pemangkasan waktu tempuh 76 menit;

    5. KA Ciremai, lintas pelayanan Bandung – Semarang Tawang dengan pemangkasan waktu tempuh 74 menit;

    6. Serta KA-KA lainnya.

    “Perubahan dalam Gapeka 2025 ini kami harapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat secara optimal. Inovasi ini juga diharapkan dapat memperkuat peran kereta api sebagai moda transportasi yang aman, cepat, dan efisien,” tutup Anne.

    (wur/wur)

  • Menanti Keseriusan KPK Bongkar Kasus Korupsi CSR BI dan Borok Jokowi

    Menanti Keseriusan KPK Bongkar Kasus Korupsi CSR BI dan Borok Jokowi

    GELORA.CO -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seharusnya bisa mengungkap dugaan keterlibatan anggota Komisi DPR periode 2019-2024 dalam kasus dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia (BI). 

    Terlebih, apabila lembaga antirasuah itu benar-benar serius dalam menyelidiki kasus tersebut.

    Demikian ditegaskan Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL sesaat lalu, Senin, 27 Januari 2025. 

    “Saya kira kalau KPK mau serius, mereka bisa saja membongkar kasus ini hingga menyeret semua anggota Komisi XI periode lalu (2019-2024),” kata Lucius. 

    Lucius menyebutkan, jika KPK memutuskan untuk menyelidiki dengan sungguh-sungguh, mereka tidak hanya bisa mengungkap keterlibatan anggota Komisi XI, tetapi juga mungkin bisa memperluas penyelidikan ke komisi-komisi DPR lain yang diduga terlibat dalam praktik serupa dengan mitra kerja mereka. 

    “Seperti Komisi II dengan KPU atau Bawaslu,” ujarnya.

    Menurut Lucius, selama periode DPR 2019-2024, banyak modus penggunaan anggaran sosialisasi dari kementerian dan lembaga negara yang melibatkan anggota DPR. 

    Ia menilai bahwa jika KPK berkomitmen untuk mengungkap kasus ini, penyelidikan bisa menjangkau komisi-komisi lainnya yang juga terlibat dalam pengelolaan anggaran tersebut.

    “Dengan budaya korupsi yang sistemik, ini memang ujian bagi KPK untuk menunjukkan diri mereka terbebas dari lingkaran setan korupsi sistemik itu,” jelasnya. 

    Lucius juga menambahkan bahwa kesaksian yang mengindikasikan bahwa seluruh anggota Komisi XI menerima dana CSR BI bisa menjadi bukti yang cukup untuk memanggil semua anggota Komisi XI periode lalu dan meminta pertanggungjawaban mereka. 

    Namun, ia menyesalkan lambannya tindakan KPK dalam memanggil anggota Komisi XI dan terkesan memberi celah bagi upaya “permainan” yang dapat menutupi keterlibatan sejumlah anggota DPR.

    “Dan itu artinya korupsi sistemik warisan era Jokowi masih dilanjutkan hingga sekarang. Lembaga-lembaga saling melindungi karena semuanya punya persoalan dengan permainan anggaran atau korupsi,” tegas dia.

    Lebih jauh, Lucius mengungkapkan kekhawatirannya bahwa meskipun KPK berperan sebagai lembaga yang seharusnya mengatasi korupsi, praktik korupsi sistemik yang sudah ada sejak era Presiden Jokowi masih terus berlanjut.

    “Posisi DPR yang seharusnya menjadi pengawas penggunaan anggaran negara pun tak lagi bisa diharapkan ketika mereka justru menjadi bagian dari jaringan pelaku korupsi sistemik tersebut,” pungkasnya. 

    Sebelumnya, KPK saat ini tengah mengusut dugaan penyimpangan dana CSR BI yang mencapai triliunan. Dana CSR BI itu diduga mengalir ke seluruh anggota Komisi XI DPR.

    “Nah, yang sedang penyidik dalami adalah penyimpangan, karena kita dapat informasi, juga kita dapat dari data-data yang ada, CSR yang diberikan kepada para penyelenggara negara ini melalui yayasan yang disampaikan, direkomendasikan kepada mereka tidak sesuai peruntukannya,” kata Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu, Selasa, 21 Januari 2025.

    Bahkan, Asep mengungkapkan bahwa penyidik menemukan dugaan penyimpangan yang dilakukan anggota DPR Fraksi Partai Nasdem, Satori dalam penggunaan dana CSR BI di Cirebon. Wilayah Cirebon merupakan daerah pemilihan Satori saat maju sebagai caleg DPR Pemilu 2024.

    “Sementara yang kita peroleh saat ini sudah ada penyimpangannya, itu yang di Cirebon. Jadi, setelah semuanya terima tapi ada yang amanah, ada juga yang tidak sesuai peruntukannya,” ungkap Asep.

    Sebelumnya pada Jumat, 27 Desember 2024, tim penyidik memeriksa 2 orang saksi, yakni Heri Gunawan selaku anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, dan Satori selaku anggota DPR Fraksi Partai Nasdem.

    Pada Senin, 16 Desember 2024, tim penyidik telah melakukan penggeledahan di kantor BI, salah satunya ruang kerja Gubernur BI, Perry Warjiyo. Selanjutnya pada Kamis, 19 Desember 2024, tim penyidik melanjutkan upaya paksa penggeledahan di salah satu ruangan di direktorat OJK.

    Dari kedua tempat itu, tim penyidik mengamankan dan menyita barang bukti elektronik (BBE) dan beberapa dokumen.

    Dalam perkara ini, KPK belum menetapkan tersangka karena menggunakan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Umum. KPK saat ini masih terus mencari pihak-pihak yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

  • Viral Jalan Tol Berlubang, Pihak Cipali Janji Ganti Rugi Kerusakan Kendaraan

    Viral Jalan Tol Berlubang, Pihak Cipali Janji Ganti Rugi Kerusakan Kendaraan

    Subang, Beritasatu.com – Kerusakan jalan Tol Cipali menyebabkan sejumlah pengendara mengalami masalah pada kendaraan mereka, seperti ban pecah, pelek rusak, hingga kecelakaan menjadi viral di media sosial. Hal ini membuat pengelola tol Cipali meminta maaf dan siap mengganti biaya kerusakan kendaraan yang terkena imbas.

    Pihak pengelola tol, Astra Infra Toll Road Cipali, menyampaikan, permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna jalan. Mereka berkomitmen untuk bertanggung jawab atas kerusakan kendaraan akibat jalan yang berlubang dan bergelombang.

    Sebagai langkah penanganan, pihak pengelola telah melakukan perbaikan jalan dengan sistem tambal sulam. Perbaikan dilakukan pada lubang-lubang dengan berbagai ukuran, mulai dari diameter 10 cm hingga satu meter. Menggunakan alat pemadat jalan atau stoom berukuran kecil, para pekerja menutup lubang di lajur satu maupun dua, baik dari arah Jakarta menuju Cirebon maupun sebaliknya.

    Menurut pengelola, perbaikan jalan akan terus dilakukan selama masih ditemukan kerusakan. Mereka juga berkoordinasi untuk merencanakan perbaikan jangka panjang.

    Sebagai bentuk tanggung jawab, pihak tol kembali meminta maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi dan menegaskan akan mengganti kerusakan kendaraan akibat jalan yang rusak.

    “Menanggapi perbincangan terkait lubang jalan di tol Cipali, kami dari astra infra road Cipali menyampaikan permohonan maaf kami atas gangguan tersebut, sekaligus mengkonfirmasi bahwa benar terdapat beberapa lubang di sebagian ruas tol Cipali,” kata Sustanability Management & Corporate Communications Dept Head Astra Tol Cipali, Ardam Rafif Trisilo, kepada awak media, Senin (27/1/2025).

    Menurutnya, kejadian tersebut terjadi karena faktor curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan.

    “Kami terus koordinasi secara internal dan terus melajukan penanganan yang dikeluhkan oleh pengguna jalan, tim operasi kami telah melakukan beberapa perbaikan dimana tingginya arus lalu lintas di mana curah hujan menjadi pertimbangan bagi kami menentukan cara terbaik untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” ungkapnya lagi.

    Ardam menambahkan bagi pengguna jalan mengalami kerusakan kendaraan akibat kerusakan jalan di tol Cipali dapat melakukan proses klaim melalui nomor 085316292905 dan Astra Toll Road Cipali akan penggantian terhadap pengguna jalan,” pungkasnya.

    Untuk klaim penggantian kerusakan, pengendara diminta melengkapi persyaratan, seperti:

    1. Mengisi formulir klaim perbaikan,
    2. Melampirkan KTP, SIM, STNK, e-Toll yang digunakan di Tol Cipali,
    3. Bukti foto kejadian, bukti kerusakan, dan estimasi biaya perbaikan.

    Proses klaim akan diselesaikan dalam waktu 14 hari kerja.

  • Jalan Tol Cipali Berlubang Jadi Viral, Pengendara Terancam Bahaya di Musim Hujan

    Jalan Tol Cipali Berlubang Jadi Viral, Pengendara Terancam Bahaya di Musim Hujan

    Subang, Beritasatu.com – Kondisi jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dilaporkan mengalami kerusakan berupa lubang dan gelombang di dua lajur, baik arah Jakarta menuju Cirebon maupun sebaliknya. Diameter dan kedalaman lubang yang bervariasi, menyebabkan keluhan dari pengguna jalan karena berpotensi membahayakan, seperti pecah ban hingga kecelakaan. Bahkan, lubang yang ada di jalan tol Cikopo-Palimanan itu sempat viral di media sosial.

    Kerusakan jalan ini ditemukan di sejumlah titik, termasuk di jalur A (Jakarta menuju Cirebon) dan jalur B (Cirebon menuju Jakarta). Salah satu lokasi kerusakan yang mencolok berada di perbatasan wilayah Subang dan Indramayu. Lubang ditemukan baik di jalur cepat maupun lambat, dengan diameter mulai dari 10 sentimeter (cm) hingga satu meter, serta kedalaman mencapai 10 cm.

    Pengguna jalan harus ekstra hati-hati untuk menghindari kerusakan ini. Beberapa pengendara mengeluhkan bahaya yang ditimbulkan, terutama di musim hujan ketika lubang semakin besar dan sulit terlihat.

    Bahkan, sebuah video viral memperlihatkan sejumlah kendaraan mengalami pecah ban setelah melintasi jalan berlubang, yang dapat berujung pada kecelakaan.

    Para pengendara berharap pihak berwenang segera melakukan perbaikan, mengingat kondisi ini sangat berbahaya, terutama saat musim hujan.

    “Saat ini jalan tol cipali banyak yang berlubang dan bergelombang untuk mobil yang lagi kecepatan penuh itu bisa membahayakan bagi pengendara, pengendara harus lebih hati-hati agar terhindar kecelakaan, dengan cara di aspal ulang jalan itu tambalan jalan rusak itu, iya di tengah jalan,” kata pengguna jalan Tol Cipali, Ikhsan kepada awak media, Senin (27/1/2025).

    “Alhamdulillah untuk kecepatan di bawah 100 jadi hindarinya masih bisa, dari kuningan ke Depok, liburan,” ujarnya lagi.

    Sementara itu, pengendara lainnya, Indra, mengatakan adanya sejumlah lubang di jalan tol bisa membahayakan kendaraan yang melintas.

    “Untuk kondisi jalan tol Cipali dari arah timur atau selatan itu sampai ke rest area ini ternyata masih banyak jalan berlubang dan itu sangat membahayakan, diharapkan ke depannya segera dilakukan perbaikan untuk keselamatan pengguna jalan ini,” tuturnya.

    “Mengingat musim penghujan takutnya lubang itu semakin parah, dari Majalengka ke Cikarang, liburan, jadi terpaksa harus pelan kedua harus konsen menghadiri lubang tersebut,” ungkapnya.

    Selain itu, momen libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2025 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau berwisata. Hal ini menyebabkan peningkatan arus lalu lintas di kedua arah. Pengendara diimbau untuk lebih berhati-hati saat melintas di jalur Tol Cipali.

  • Perhatikan Jadwal Perjalanan Kereta! Ada Perubahan Mulai 1 Februari 2025

    Perhatikan Jadwal Perjalanan Kereta! Ada Perubahan Mulai 1 Februari 2025

    Jakarta: Masyarakat diminta memperhatikan kembali jadwal perjalan kereta. Sebab, mulai 1 Februari 2025, jadwal perjalanan kereta api di Indonesia akan berubah seiring penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 yang ditetapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA). 
     
    Perubahan ini berlaku untuk seluruh jaringan kereta api di Jawa dan Sumatera, dengan tujuan meningkatkan pelayanan bagi pengguna kereta.
    Apa yang Berubah?
    Gapeka 2025 membawa beberapa perubahan penting, seperti:
     
    Waktu perjalanan lebih singkat: Peningkatan kecepatan di 1.076 perjalanan kereta, dengan kenaikan 5–30 km/jam.
    Pembukaan rute baru: KAI melakukan perluasan layanan kereta api perintis yaitu di lintas Rantauprapat Baru–Pondok S5 dan Kreunggeukeuh–Kutablang–Muara Satu.
    Optimasi jadwal kereta: Penyesuaian pola operasi KRL Yogyakarta, KA Bandara YIA, dan lainnya agar lebih sesuai kebutuhan pasar.
    Peningkatan prasarana kereta: Pengembangan kualitas layanan diantaranya meliputi perubahan jalur tunggal menjadi jalur ganda pada segmen Sepanjang-Mojokerto dan Kiaracondong – Cicalengka serta pembangunan jalur baru pada lintas Kutablang-Muara Satu dan Rantauprapat Baru-Pondok S5. 

    Gapeka 2025 buat kereta lebih cepat
    Disamping itu, perubahan Gapeka 2025 akan sangat terasa pada peningkatan kecepatan. Inovasi ini memungkinkan peningkatan kecepatan maksimul maksimum hingga 120 km/jam, seperti:
     
    • Cikarang – Cikampek
    • Cikampek – Haurgeulis
    • Cirebon – Cirebon Prujakan
    • Cirebon Prujakan – Tegal
    • Cirebon Prujakan – Prupuk
    • Tegal – Comal
    • Kalibodri – Semarang Poncol
    • Semarang Tawang – Ngrombo
    • Ngrombo – Kradenan
    • Kebasen – Kutoarjo
    • Banjar – Kawunganten
    • Jeruklegi – Kroya
    • Kutoarjo – Yogyakarta
    • Lempuyangan – Solobalapan
    • Solojebres – Walikukun
    • Gundih – Solobalapan
    • Walikukun – Mojokerto
    • Kertosono – Blitar
    • Cepu – Lamongan
    • Mojokerto – Wonokromo
    • Wonokromo – Surabaya Gubeng
    • Leces – Probolinggo
    • Probolinggo – Pasuruan
     
    Perubahan ini berdampak pada waktu perjalanan yang lebih singkat. Berikut beberapa layanan kereta api dengan waktu tempuh yang dipangkas:
     
    – KA Majapahit (Pasarsenen-Malang): lebih cepat 119 menit.
    – KA Pandalungan (Gambir-Jember): lebih cepat 95 menit.
    – KA Progo (Lempuyangan-Pasarsenen): lebih cepat 85 menit.
    – KA Tawang Jaya (Pasarsenen-Semarang Poncol): lebih cepat 76 menit.
    – KA Ciremai (Bandung-Semarang Tawang): lebih cepat 74 menit.
     
    “Perubahan dalam Gapeka 2025 ini kami harapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat secara optimal. Inovasi ini juga diharapkan dapat memperkuat peran kereta api sebagai moda transportasi yang aman, cepat, dan efisien,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin, 27 Januari 2025.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Legislator: Optimalkan lumbung sosial di Cirebon guna tangani banjir

    Legislator: Optimalkan lumbung sosial di Cirebon guna tangani banjir

    Pemerintah desa juga perlu memiliki anggaran darurat untuk memastikan proses evakuasi dan distribusi bantuan berjalan tanpa hambatan.

    Cirebon (ANTARA) – Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina meminta Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengoptimalkan fungsi lumbung sosial di daerah itu untuk mengantisipasi serta menangani dampak bencana banjir yang kerap terjadi pada musim hujan.

    Menurut dia, ketersediaan buffer stock (stok penyangga) di lumbung sosial harus menjadi prioritas pemerintah daerah untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat terdampak banjir dapat terpenuhi dalam waktu yang cepat.

    “Lumbung sosial ini sangat penting. Pemkab Cirebon harus mendukungnya dengan alokasi anggaran dari APBD. Selain itu, pemerintah desa juga perlu memiliki anggaran darurat untuk memastikan proses evakuasi dan distribusi bantuan berjalan tanpa hambatan,” katanya di Cirebon, Senin.

    Dikatakan pula bahwa keberadaan lumbung sosial di lokasi rawan banjir harus diperkuat dengan koordinasi yang intensif antara pemerintah daerah dan Kementerian Sosial (Kemensos).

    Selly menilai sinergisitas yang lebih kuat antara pemerintah kabupaten dan Kemensos dapat memastikan lumbung sosial berfungsi maksimal, terutama di wilayah Cirebon dekat pesisir yang kerap terdampak banjir.

    “Langkah antisipasi yang komprehensif harus segera agar masyarakat tidak terus menjadi korban dari bencana yang berulang,” ujarnya.

    Selain itu, kata dia, sosialisasi sistem peringatan dini (early warning system) juga harus lebih masif agar masyarakat lebih siap menghadapi bencana.

    “Penting bagi BPBD dan pemerintah daerah untuk menyosialisasikan instrumen peringatan dini kepada masyarakat. Selama ini, sosialisasinya masih sporadis, padahal ini bisa diakses dengan mudah melalui media digital,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon Indra Fitriani menyebutkan empat lumbung sosial yang berada di wilayah rawan banjir saat ini dalam kondisi kosong. Keempat lumbung tersebut berada di Gegesik, Suranenggala, Ciledug, dan Mundu.

    Indra menuturkan bahwa lumbung sosial difungsikan untuk menyediakan kebutuhan dasar masyarakat terdampak seperti makanan darurat saat terjadi bencana.

    Namun, Fitriani mengakui anggaran yang dimiliki dinsos saat ini hanya mencakup kebutuhan permakanan selama pengungsian sehingga keberlanjutan lumbung sosial masih bergantung pada bantuan Kemensos.

    Dukungan anggaran tambahan dari pemerintah daerah, kata dia, sangat diperlukan agar lumbung sosial tetap optimal.

    “Kami terus berkoordinasi dengan Kemensos untuk memastikan masyarakat terdampak bencana mendapatkan bantuan dengan cepat,” ucap dia.

    Pewarta: Fathnur Rohman
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2025

  • Nelayan di Lampung Timur Tewas Akibat Bom Ikan yang Meledak Saat Dirakit

    Nelayan di Lampung Timur Tewas Akibat Bom Ikan yang Meledak Saat Dirakit

    Lampung Timur, Beritasatu.com – Seorang nelayan di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung tewas terkena bom ikan yang meledak saat dirakit. Nelayan itu mengalami luka parah di sekujur tubuh akibat terkena ledakan bom ikan yang ia racik sendiri.

    Korban sempat mendapatkan tindakan medis, tetapi nyawanya tidak tertolong akibat mengalami luka berat. Nelayan malang itu berinisial M.

    Peristiwa yang menggegerkan warga tersebut terjadi di sebuah rumah yang berada di Dusun 4 Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Minggu (26/1/2025).

    Ledakan bom ikan tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat kejadian, korban diduga sedang merakit bom ikan di teras rumah kontrakannya tersebut.

    Akibat ledakan tersebut, nelayan berusia 21 tahun tersebut tewas akibat luka parah di sekujur tubuhnya. Korban tewas dalam perjalanan ke rumah sakit akibat mengalami luka cukup parah di bagian tangan, tubuh, dada, dan wajahnya.

    Tidak hanya menewaskan korban, akibat ledakan itu, atap dan dinding rumah kontrakan korban yang terbuat dari asbes jebol. Suara ledakan terdengar hingga berjarak satu kilometer oleh warga sekitar.

    Beruntung saat kejadian, korban hanya seorang diri di rumah kontrakannya, sedangkan tetangga kontrakan sedang berada bekerja. Berdasarkan informasi, korban M merupakan warga Cirebon, Jawa Barat yang bekerja sebagai nelayan bagan tancap.

    Setelah kejadian, polisi langsung melakukan pemeriksaan intensif di rumah kontrakan korban yang yang menjadi tempat kejadian perkara. Untuk kepentingan penyelidikan, polisi memasang garis polisi di TKP dan tim Inafis dari Polres Lampung Timur melakukan olah TKP.

    Dari TKP polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Dari pantauan di TKP, tim Inafis terlihat mengamankan sejumlah botol bekas minuman yang diduga sebagai tempat wadah untuk membuat bom ikan rakitan.

    Kapolsek Labuhan Maringgai, Kompol Suprianto mengatakan, peristiwa ledakan bom ikan yang menewaskan nelayan itu masih dalam penyelidikan.

    Hingga Senin (27/1/2025) siang, rumah kontrakan nelayan tewas akibat ledakan bom ikan tersebut masih terpasang garis polisi. Rencananya, Senin petang jenazah korban akan dibawa pihak ke keluarga untuk dimakamkan di daerah asalnya di Cirebon, Jawa Barat.
     

  • Jalan Berlubang di Tol Cipali, Banyak Mobil Pecah Ban

    Jalan Berlubang di Tol Cipali, Banyak Mobil Pecah Ban

    Bisnis.com, CIREBON — Sejumlah penguna jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengeluhkan insiden pecah ban akibat jalan berlubang di ruas tersebut. 

    Kejadian ini memicu keresahan di kalangan pengguna jalan, terutama di tengah meningkatnya intensitas lalu lintas akibat musim liburan.

    Video amatir yang beredar di media sosial memperlihatkan pengendara terpaksa menghentikan kendaraan mereka di bahu jalan untuk mengganti ban yang pecah.

    Beberapa kendaraan bahkan terlihat mengalami kerusakan parah, membuat perjalanan mereka terhenti total. Lokasi yang paling banyak disorot adalah di sekitar KM 117 dan KM 123, di mana lubang-lubang besar tampak menjadi penyebab utama insiden ini.

    Banyak warganet mengecam kondisi tersebut, menyebut jalan berlubang di tol berbayar sebagai ironi besar. “Bayar mahal buat tol, tapi malah bikin mobil rusak. Ini bahaya banget!” ujar salah satu pengguna media sosial dalam komentarnya. 

    Gelombang kritik ini terus menguat, menuntut perbaikan segera untuk menghindari korban yang lebih banyak.

    Di sisi lain, sebagian besar pengguna tol yang mengalami kerusakan kendaraan memilih untuk mengurus perbaikan sendiri. Namun, tidak sedikit yang berharap adanya tanggung jawab dari pihak pengelola tol atas insiden ini.

    Mengingat tingginya risiko kecelakaan, pengguna jalan diimbau untuk tetap waspada, mengurangi kecepatan, dan lebih memperhatikan kondisi jalan, terutama di area yang dilaporkan rawan. 

    Direktur Operasional Astra Infra Toll Road Cipali Rinaldi mengakui keberadaan lubang di sejumlah ruas tol. Menurutnya, kerusakan jalan ini disebabkan oleh curah hujan tinggi yang berlangsung dalam beberapa waktu terakhir, ditambah dengan tingginya volume kendaraan yang melintas.

    “Kami terus berkoordinasi dan melakukan upaya penanganan terhadap keluhan yang disampaikan. Tim operasional sudah melakukan perbaikan secara bertahap dengan mempertimbangkan keamanan pengguna jalan,” ujarnya, Senin (27/1/2025).

    Sebagai bentuk tanggung jawab, pihak pengelola juga menyediakan layanan klaim ganti rugi bagi pengguna tol yang mengalami kerusakan kendaraan akibat insiden ini. Pengendara dapat menghubungi nomor layanan klaim di 0853-1629-2905 untuk mendapatkan penggantian.

    Meski demikian, pengguna tol diimbau untuk tetap waspada, terutama di lokasi-lokasi yang dilaporkan rawan, seperti sekitar KM 117 dan KM 123. Langkah-langkah penanganan akan terus dilakukan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan pengguna tol.

  • KAI Daop 1 Jakarta operasikan 7 KA tambahan di libur Isra Mikraj-Imlek

    KAI Daop 1 Jakarta operasikan 7 KA tambahan di libur Isra Mikraj-Imlek

    KAI Daop 1 Jakarta mencatat lonjakan jumlah penumpang yang berangkat mulai Jumat (24/1) hingga Minggu (27/1) mencapai sekitar 111.992 penumpang.

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengoperasikan tujuh kereta api (KA) tambahan yang melayani berbagai tujuan di Pulau Jawa guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang di masa libur Isra Mikraj-Imlek 2025.

    “Penambahan kereta ini bertujuan untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat selama periode libur panjang,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

    Adapun KA tambahan yang dimaksud yakni KA Tambahan Pasar Senen – Lempuyangan (KA 10908) rute Pasar Senen – Lempuyangan yang beroperasi 23 – 30 Januari 2025.

    Lalu, KA Sembrani Tambahan (KA 7010A) rute Gambir – Surabaya Pasar Turi yang beroperasi: 24 – 31 Januari 2025.

    Selanjutnya, KA Tambahan Gambir – Yogyakarta (KA 7004B) rute Gambir – Yogyakarta yang beroperasi 24 – 30 Januari 2025.

    Kemudian, KA Tambahan Gambir – Yogyakarta (KA 7002B) rute Gambir – Yogyakarta yang beroperasi: 24 – 30 Januari 2025.

    Selain itu, terdapat KA Tambahan Gambir – Solo (KA 7016B) rute Gambir – Solo Balapan yang beroperasi 24 – 30 Januari 2025.

    Lalu, KA Argo Cheribon (KA 30F) rute Gambir – Cirebon yang beroperasi 28 – 29 Januari 2025.

    Terakhir, KA Argo Parahyangan (KA 40A) rute Gambir – Bandung yang beroperasi 28 – 29 Januari 2025.

    KAI Daop 1 Jakarta mencatat lonjakan jumlah penumpang yang berangkat mulai Jumat (24/1) hingga Minggu (27/1) mencapai sekitar 111.992 penumpang.

    Jumlah tersebut terdiri atas 41.809 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, 47.779 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, dan sisanya dari stasiun-stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta.

    Ixfan menuturkan sejak 24 Januari hingga 29 Januari 2025, KAI Daop 1 Jakarta menyediakan sebanyak 226.086 kursi dengan 411 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) atau rata-rata 69 KAJJ per hari.

    Dari 69 KAJJ ini, sebanyak 36 KA berangkat dari Stasiun Gambir, dan 33 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    “Total tiket telah dipesan sampai hari Minggu ini sebanyak 168.750 kursi atau 75 persen dari kursi tersedia,” ujar Ixfan.

    Dia merinci, dari jumlah tersebut sebanyak 57.697 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 73.946 dari Stasiun Pasar Senen dan sisanya dari stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • DBMPR Jabar Pastikan Tak Bangun Ulang Jembatan Sumber Cirebon

    DBMPR Jabar Pastikan Tak Bangun Ulang Jembatan Sumber Cirebon

    JABAR EKSPRES – Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan, belum ada rencana pembangunan ulang untuk Jembatan Cipager Kabupaten Cirebon. Perbaikan jembatan yang dikenal dengan Jembatan Sumber itu cukup dengan penanganan darurat.

    Bambang menuturkan, penyebab utama rusaknya jembatan itu sudah jelas. “Karena tergerus debit air yang cukup deras beberapa waktu lalu,” jelasnya.

    Setalah kejadian itu, pihaknya juga bergerak cepat. Mulai dari menganalisis tingkat keparahan kerusakan hingga mengambil solusi perbaikan.

    BACA JUGA: Cairkan Saldo E-Wallet Hingga Rp230.000-an Lewat Aplikasi Penghasil Uang Termudah 2025

    “Untuk penanganan juga sudah dikerjakan,” jelasnya.

    Penanganan itu di antaranya adalah dengan memasang bronjong di sepanjang abutment jembatan. Fungsinya untuk memperkuat dan menstabilkan struktur fondasi di jembatan itu.

    Dinas juga bakal memasang batu di area yang rusak. Termasuk mengecor ulang fondasi dari jembatan itu.

    Bambang menegaskan, penanganan daruat itu dinilai sudah cukup. Artinya tidak sampai jembatan itu dibongkar dan dibangun ulang.

    BACA JUGA: Tren Kasus DBD Meningkat di Awal Tahun 2025, Dinkes KBB Minta Masyarakat Waspada

    “Belum ada (bongkar dan bangun ulang.red), cukup dengan diperkuat saja,” tegasnya.

    Bambang juga menuturkan, kerusakan itu juga hanya terjadi pada jembatan samping atau yang diperuntukkan roda dua. Sementara jembatan utama masih kokoh. “Jembatan utamanya aman,” tuturnya.

    Dalam penanganan sementara, dinas juga telah berkolaborasi dengan stakeholder lain. Yakni dalam upaya rekayasa lalu lintas. Untuk sementara kendaraan berat dialihkan untuk tidak melewati jembatan itu.(son)