kab/kota: Cilegon

  • Tiket Mudik Lebaran 2025 Pelabuhan Merak Sudah Bisa Dibeli

    Tiket Mudik Lebaran 2025 Pelabuhan Merak Sudah Bisa Dibeli

    Liputan6.com, Cilegon – Tiket mudik Idul Fitri 2025 melewati Pelabuhan Merak sudah bisa dibeli masyarakat. Pemesanan melalui website dan aplikasi resmi Ferizy, milik PT ASDP Indonesia Ferry. Agar terhindar dari penipuan dan harga getok, pemudik diminta tidak membeli tiket ke calo.

    Masyarakat yang akan mudik melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, sudah bisa membeli tiket penyeberangan sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

    “Tiket kapal sudah bisa dibeli sejak H-60 keberangkatan. Karena itu, segera beli tiket anda secara mandiri,” ujar Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, dalam keterangan resminya, Senin, (10/2/2025).

    Ada tiga lintasan yang mendapat perhatian khusus saat arus mudik Idul Fitri 2025, yakni Pelabuhan Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Ajibata – Ambarita.

    Rencana saat ini, ada 67 kapal yang siap dioperasikan dengan kapasitas angkut 25.067 kendaraan per harinya. Kemudian, mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan milik Pelindo II di Kota Cilegon dan Pelabuhan Bojonegara yang dikelola Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Kabupaten Serang, Banten.

    Khusus di lintasan Ketapang-Gilimanuk, puncak arus mudik akan bertepatan dengan hari Raya Nyepi, sehingga akan mendapat perlakukan khusus. ASDP Indonesia Ferry akan menyiapkan buffer zone di jalur arteri, rekayasa lalu lintas bersama kepolisian dan menggunakan kapal besar untuk daya angkut lebih banyak.

    “Kami telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif, berkoordinasi aktif dengan regulator terkait penambahan armada kapal, peningkatan kapasitas pelabuhan, serta sosialisasi masif mengenai pentingnya membeli tiket lebih awal melalui Ferizy,” terangnya.

  • Ini peran tiga terdakwa oknum TNI AL dalam kasus penembakan bos rental

    Ini peran tiga terdakwa oknum TNI AL dalam kasus penembakan bos rental

    Jakarta (ANTARA) – Oditur Militer dari Oditurat Militer II-07 Jakarta Mayor corps hukum (Chk) Gori Rambe mengungkapkan peran tiga terdakwa oknum anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL) dalam kasus penembakan bos rental mobil di rest area KM45, Tol Tangerang-Merak, Kamis (2/1).

    Ketiga terdakwa itu, yakni terdakwa 1 atas nama Kelasi Kepala (KLK) Bambang Apri Atmojo, terdakwa 2 Sersan Satu Akbar Adli, dan terdakwa 3 Sersan Satu Rafsin Hermawan.

    “Perkara bermula pada 26 Desember 2024, saat terdakwa 3 (Rafsin) mengirim pesan kepada terdakwa 2 (Akbar) untuk dicarikan mobil dengan kondisi setengah atau hanya ada STNK saja, tanpa BPKB,” kata Gori di Pengadilan Militer II-08 Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Senin.

    Saat itu, Rafsin hanya punya uang Rp50-60 juta. Akbar lalu meminta bantuan kepada terdakwa 1, yakni Bambang dalam mencarikan mobil untuk Rafsin.

    Bambang langsung menghubungi tetangganya di Lampung Utara bernama Hendri untuk mencarikan mobil Honda Brio. Hendri punya kenalan yang bernama Isra (saksi 17) dan Ajat Supriatna (saksi 18).

    Lalu, Ajat kemudian menyewa sebuah mobil Honda Brio dari CV Makmur Jaya Rental Mobil milik korban yang meninggal, yakni Ilyas. Mobil itu kemudian ditawarkan kepada Bambang melalui Hendri.

    Oknum anggota TNI AL itu pun sepakat untuk membeli mobil tersebut dengan harga Rp55 juta. Mobil itu kemudian diambil oleh oknum anggota TNI AL tersebut.

    Di lain lokasi, pihak rental mobil mendeteksi GPS mobil yang disewa oleh Ajat karena tak kunjung dikembalikan. Korban bersama anaknya dan beberapa temannya kemudian menelusuri jejak mobil tersebut.

    “Pada tanggal 1 Januari 2025 sekira pukul 22.30 WIB saudara Agam Muhammad Nasrudin (saksi 2 sekaligus anak Ilyas Abdurrahman) mengecek GPS. Dua GPS keadaan mati di daerah Pandeglang, sehingga tersisa satu GPS yang masih aktif dan posisi saat itu di daerah Malimping Pandeglang. Saksi 2 lapor ke Ilyas dan Riski Agam Saputra (saksi 3/adik saksi 2). Namun, Ajat (saksi 18) saat dihubungi melalui WhatsApp sudah tidak aktif,” jelas Gori.

    Kemudian, pada 2 Januari 2025 sekitar pukul 02.00 WIB mereka menemukan mobil itu dibawa oleh Akbar dan Rafsin di daerah Pandeglang. Ilyas dan rombongan pun mencoba menghentikan mobil tersebut.

    “Almarhum saudara Ilyas Abdurahman dan tim dengan berkata ‘minggir dulu.. minggir dulu’, saat itu mobil Akbar dan Rafsin masih tetap berjalan pelan,” ucap Gori.

    Ilyas dan rombongannya pun memotong laju mobil Brio itu lalu turun mendatangi Akbar dan Rafsin. Ilyas langsung menanyakan asal usul mobil yang dibawa oleh Akbar dan Rafsin.

    Karena keributan terjadi, Akbar mencoba menenangkan situasi dan menjelaskan bahwa dirinya merupakan anggota TNI. Sementara Rafsin mengambil senjata api yang dibawa Akbar lalu menodongkannya kepada korban dan rombongan.

    Tiba-tiba datang mobil yang dikendarai Bambang dan menabrak Ilyas dan rombongan. Kemudian, ketiga terdakwa langsung kabur sambil membawa mobil Brio itu.

    Ilyas bersama rombongan kemudian sempat melapor ke Polsek Cinangka untuk meminta pengawalan, namun tak direspons dan mereka lanjut untuk melakukan pengejaran sendiri.

    Di simpang Cilegon, Akbar, Bambang, dan Rafsin bertukar mobil. Akbar membawa mobil Brio, sementara Rafsin menaiki mobil lainnya bersama Bambang.

    “Karena adanya kejadian para terdakwa dihadang oleh beberapa orang di daerah Saketi, sehingga terdakwa 2 (Akbar) mengambil senjatanya dari tas dan mengokang senjata dan menguncinya dengan posisi siap tembak. Setelah itu terdakwa 2 (Akbar) meletakan senjata tersebut di pinggang belakang,” jelasnya.

    Dalam perjalanan, bensin mobil Honda Brio yang dibawa oleh Akbar hampir habis. Akbar lalu menghubungi Bambang untuk mengajaknya berhenti di Rest Area KM 45.

    Melihat posisi GPS mobil yang berhenti, korban bersama rombongan kemudian mencoba kembali mendatangi tiga oknum anggota TNI AL tersebut.

    Setelah mengisi bensin, Akbar menyempatkan diri untuk pergi ke toilet. Sebelum ke toilet, Akbar sempat menitipkan senjatanya ke Bambang.

    “Sambil mengeluarkan senjata jenis pistol yang berada di pinggang belakang, terdakwa 2 (Akbar) menitipkan kepada terdakwa 1 (Bambang) sambil berkata ‘Tut, senjata taruh sana, hati-hati senjata sudah posisi terisi peluru dan terkunci’, akan tetapi sebelum pergi terdakwa-2 berkata ‘apabila terjadi sesuatu. tembak saja’,” ujar Gori.

    Lalu, datanglah korban bersama rombongannya dimana posisinya Bambang terlihat tengah memegang senjata api. Rombongan para korban memvideokan Bambang.

    Di saat bersamaan, keluar Akbar dari toilet, para rombongan korban pun mencoba mengamankan Akbar dengan cara dipiting. Melihat kondisi tersebut, Bambang akhirnya melepas tembakan peringatan sebanyak 2 kali, namun tetap tak dihiraukan oleh rombongan korban.

    “Kemudian terdakwa 2 (Akbar) memerintahkan terdakwa Bambang dengan berkata ‘tembak tut, tembak tut’. Saat di samping kanan mobil Brio terdakwa Bambang dengan jarak 2 meter menembak saudara Ramli yang saat itu masih memegangi terdakwa 2 (Akbar), setelah itu Sdr Ramli, saksi 10 dan saksi 11 melepas terdakwa 2 (Akbar) dan menyelamatkan diri,” kata Gori.

    Kemudian, almarhum Ilyas Abdurahman mendekati terdakwa Bambang dari belakang dan ingin merebut senjata yang dipegang Bambang. Selanjutnya, dengan berjarak satu meter terdakwa Bambang berbalik badan secara refleks dan menembak Ilyas Abdurahman dan terkena di dada sebelah kanan.

    Setelah melepas tembakan tersebut, Bambang bersama Akbar dan Rafsin kemudian pergi meninggalkan lokasi.

    Setelah berjalan beberapa saat, Akbar kemudian langsung menghubungi Rafsin dan Bambang sembari berteriak untuk meninggalkan mobil Brio lantaran khawatir diikuti karena adanya GPS.

    Selanjutnya, Bambang menepikan kendaraan di bahu jalan setelah berjalan kurang lebih lima kilometer dari rest area tempat penembakan. Ketika menepi, Akbar kemudian mengunci mobil Brio dan membuang kuncinya agar tidak ditemukan.

    Setelahnya mereka kembali ke kantornya dan melaporkan kejadian tersebut kepada Kasi Intelpam Satkopaska Koarmada I, Mayor Laut (S) Muliya Abadi.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Sukseskan Program Prabowo, Krakatau Steel Salurkan Makanan Bergizi Gratis – Page 3

    Sukseskan Program Prabowo, Krakatau Steel Salurkan Makanan Bergizi Gratis – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Grup (KS Group) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kali ini, Krakatau Steel Peduli menggelar kegiatan “Jumat Berkah” dengan membagikan paket makan bergizi gratis kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ Ulhuda, Cilegon, pada Jumat (7/2).

    Kegiatan ini menjadi langkah awal dari sinergi program TJSL KS Group yang bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gizi dasar bagi anak-anak Indonesia.

    Direktur Utama Krakatau Steel, Akbar Djohan, turut hadir langsung dalam kegiatan ini, berinteraksi dengan para siswa sekaligus menyerahkan paket makanan bergizi.

    Menurut Akbar, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Krakatau Steel dalam mendukung program prioritas nasional yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

    “Kami ingin memastikan bahwa anak-anak, khususnya di lingkungan Cilegon, mendapatkan asupan gizi yang baik. Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan untuk menciptakan generasi muda yang lebih sehat dan produktif,” ujarnya, ditulis Minggu (9/2/2025).

    Bagi ke 1.450 Siswa

    Sebanyak 1.450 siswa dari enam Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Ciwandan dan Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, menerima manfaat dari program ini. Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ Ulhuda, Ali Imron, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas program Krakatau Steel Peduli.

    “Bantuan ini sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan gizi anak-anak kami. Kami berharap ke depan, dukungan ini dapat meluas ke bidang lain, seperti bantuan fasilitas pendidikan,” ungkapnya.

    Salah satu siswa penerima manfaat, Rara, mengungkapkan kebahagiaannya atas makanan yang diberikan. “Makanannya enak, ada sayurnya, ada ayam kesukaanku,” katanya dengan penuh semangat.

    Sementara itu, Tores, siswa lainnya, juga berterima kasih kepada Krakatau Steel atas makan bergizi yang mereka terima.

     

  • Video: Dana TKD Dipangkas, Walikota Cilegon Terpilih Bilang Ini

    Video: Dana TKD Dipangkas, Walikota Cilegon Terpilih Bilang Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah pusat memutuskan untuk memangkas anggaran transfer ke daerah (TKD). Walikota Cilegon Terpilih Robinsar pun mengaku siap mengikuti aturan terkait transfer pemotongan daerah.

    Selengkapnya saksikan dialog Safrina Nasution bersama Walikota Cilegon Terpilih Robinsar di Program Nation Hub CNBC Indonesia, Jumat (07/02/2025).

  • Stok BBM SPBU Shell Mulai Pulih, Simak Lokasinya di Sini! – Page 3

    Stok BBM SPBU Shell Mulai Pulih, Simak Lokasinya di Sini! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Shell Indonesia menginformasikan bahwak stok Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijualnya kembali pulih. Pemulihan stok BBM di SPBU Shell dilakukan bertahap di beberapa daerah.

    Sebagai informasi, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Shell yang sempat tak melayani pembelian produk BBM. SPBU hanya melayani bengkel dan produk ritel.

    “Shell Indonesia menginformasikan bahwa produk BBM mulai tersedia kembali secara bertahap di SPBU Shell,” tulis laman resmi Shell Indonesia, Jumat (7/2/2025).

    Adapun, beberapa jenis BBM yang kembali dijual Shell yakni, Shell Super, Shell V-Power, Shell V-Power Nitro+.

    Pelanggan bisa mengakses laman resmi shell.co.id/Ketersediaan-BBM untuk melihat rincian SPBU Shell yang kembali menjuak produknya. Perlu diketahui, pemulihan stok BBM dilakukan bertahap dan data SPBU akan diperbarui secara berkala.

    “Informasi per tanggal 6 Februari 2025. Laman akan diperbarui secara berkala. Informasi dapat berubah sewaktu-waktu,” tulis keterangan tersebut.

    Setelah mengaksea laman tersebut, pelanggan bisa melihat daftar 117 SPBU Shell yang stoknya sudah mulai pulih. Adapun jumlahnya berbeda di tiap kota.

    Rincian Jumlah SPBU Shell

    Misalnya, ada 11 SPBU Shell di Jakarta Barat yang stoknya kembali pulih. Lalu, 7 di Jakarta Pusat, 18 di Jakarta Selatan, 6 di Jakarta Timur, dan 7 di Jakarta Utara

    Kemudian, ada 1 di Cilegon, 5 di Kota Tangerang, 1 di Serang Barat, 12 di Tangerang, 1 di Tangerang Kabupaten, 3 di Tangerang Selatan. Berikutnya, 8 di Bandung, 9 di Bekasi, 4 di Bogor, 2 di Cirebon, 3 di Depok, dan 1 Karawang.

    Selanjutnya, ada 1 di Blitar, 1 di Jombang, 1 di Kediri, 1 di Lamongan, 3 di Malang, 1 di Mojokerto, 2 di Pasuruan, 7 di Surabaya, dan 1 di Tuban.

    Perlu dicatat, rincian SPBU Shell yang stoknya kembali pulih bisa dilihat pada laman resmi Shell Indonesia.

    Harga BBM Shell Indonesia

    Berikut daftar lengkap harga BBM Shell Indonesia Indonesia per 1 Februari 2025:
    Shell Super: Rp 13.350 per liter (Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur)
    Shell V-Power: Rp 13.940 per liter (Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur)
    Shell V-Power Diesel: Rp 15.030 per liter (Jakarta, Banten, Jawa Barat)
    Shell V-Power Nitro+: Rp 14.110 per liter (Jakarta, Banten, Jawa Barat)

  • Menhub siapkan rencana operasi semua matra perhubungan hadapi Lebaran

    Menhub siapkan rencana operasi semua matra perhubungan hadapi Lebaran

    Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2025, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan rencana operasi di semua matra perhubungan, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwaghandi menyatakan bahwa rencana operasi semua matra perhubungan disiapkan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2025, guna memastikan kelancaran transportasi selama periode tersebut.

    “Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2025, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan rencana operasi di semua matra perhubungan, baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian,” kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

    Menhub menyampaikan bahwa langkah itu bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan lancar kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat periode Lebaran.

    “Rencana operasi Kementerian Perhubungan ini untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2025,” ujarnya.

    Menhub menjelaskan, di sektor perhubungan darat, ada beberapa hal yang menjadi fokus perhatian Kemenhub, antara lain kesiapan prasarana jalan dan angkutan umum, manajemen rekayasa lalu lintas, hingga berbagai hal lain terkait aspek keamanan.

    Di sektor perhubungan laut, khususnya untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di sekitar pelabuhan, Kemenhub akan menerapkan delaying system menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara.

    Di sektor perhubungan udara, telah disusun rencana integrasi aksesibilitas bandar udara serta pengaturan kapasitas slot bandara. Adapun di sektor perkeretaapian, Kemenhub berencana akan melanjutkan direct train rute Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta, sehingga bisa menambah opsi bagi masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api.

    Menhub menyebutkan bahwa hasil evaluasi dan rekomendasi perbaikan dari angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yang relevan untuk diterapkan pada angkutan Lebaran 2025.

    Beberapa di antaranya terkait implementasi buffer zone yang terbukti efektif mengurai kemacetan pada akses menuju pelabuhan penyeberangan, khususnya Merak dan Bakauheni, optimalisasi underutilized terminal untuk maskapai LCC dalam mendukung penurunan harga tiket pesawat yang berkelanjutan.

    Langkah selanjutnya yaitu pengoperasian Stasiun Karawang untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan tetap mempertimbangkan aspek keselamatan, digitalisasi pembelian tiket secara online untuk semua moda transportasi, serta optimalisasi Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta guna mencegah penumpukan antrean penumpang pesawat di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

    Pada saat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta Kemenhub untuk memperkuat satgas dan posko mudik Lebaran berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait.

    Selanjutnya, bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengoordinasikan Pemerintah Daerah yang menjadi tujuan utama mudik agar aktif mendukung kelancaran arus lalu lintas selama periode Lebaran.

    Berikutnya, Kementerian Perhubungan perlu menyusun kajian penerapan WFA (work from anywhere) terhadap pengurangan kepadatan di puncak arus mudik, menyederhanakan proses bisnis di Pelabuhan Merak, membangun dermaga baru di Cilegon dan Merak.

    “Serta melakukan aktivasi Pelabuhan Jangkar Situbondo sesuai dengan ketersediaan anggaran,” kata Menko AHY.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Sudah Tersedia, Ini Daftar SPBU Shell yang Mulai Jualan Bensin Super

    Sudah Tersedia, Ini Daftar SPBU Shell yang Mulai Jualan Bensin Super

    Jakarta

    Bahan bakar minyak (BBM) Shell sempat mengalami kelangkaan. Kini, BBM Shell mulai tersedia di beberapa SPBU. Shell mulai menyediakan kembali BBM secara bertahap di SPBU-nya.

    Dikutip dari situs resmi Shell Indonesia, Shell sudah mulai mendistribusikan kembali BBM-nya secara bertahap. Bahan bakar jenis Shell Super, V-Power, V-Power Diesel sampai V-Power Nitro+ sudah mulai tersedia di beberapa SPBU.

    Berikut SPBU Shell yang sudah tersedia BBM Shell, khususnya jenis Super, seperti dikutip dari situs resmi Shell Indonesia. Sebagai catatan, ketersediaan BBM ini diupdate terakhir pada 5 Februari 2025.

    Daftar SPBU Shell yang Mulai Jualan Shell Super

    Jakarta Barat:

    Shell KYAI TAPA-1 WEST JKT

    SHELL MERUYA UTARA-1 JKT DO

    SHELL PETA SELATAN-1 JKT DO

    Jakarta Pusat:

    Shell RP SOEROSO-1CENTRAL JKT

    Jakarta Selatan:

    Shell SATRIO-1 SOUTH JKT.

    SHELL TJ BARAT-SOUTH JAKARTA NTS DO

    Jakarta Timur:

    SHELL BEKASI RAYA-1 BKS DO

    Jakarta Utara:

    SHELL KELAPA GADING-1 NORTH JKT DO

    SHELL SEMPER-1 JKT DO

    SHELL YOS SUDARSO-1 NORTH JKT DO

    Tangerang:

    SHELL ALAM SUTERA-1 TGR DO

    SHELL BINTARO-1 TGR DO

    SHELL KARANG TENGAH-1 TGR DO

    SHELL SOEWARNA SOETTA-1 DO

    SHELL SUVARNA SUTERA-1 TGR DO

    SHELL PIK-2 TGR DO

    Tangerang Selatan:

    SHELL PAMULANG-1 TGR DO

    Bekasi:

    SHELL MANGUNJAYA-1 BKS DO

    Depok:

    Shell CIBUBUR-1 DEPOK

    Shell MARGONDA RAYA-2 DEPOK

    Bogor:

    SHELL PASIR ANGIN – BGR DO

    Serang Barat:

    SHELL SERANG BARAT – 1 BANTEN DO

    Cilegon:

    SHELL AHMAD YANI CILEGON DO

    Bandung:

    Shell PASTEUR-1 BDG

    Karawang:

    SHELL SYEH QURO-1 KWG DO

    Cirebon:

    SHELL CITRALAND CRB DO

    Surabaya:

    Shell Banyu Urip-1 SBY

    Shell DIPONEGORO 2 SIDOARJO

    Shell Diponegoro-1 SBY

    SHELL KALIJUDAN SBY DO

    Shell KENJERAN-1 SBY

    Shell MERR RUNGKUT-1 SBY

    Shell PEMUDA-1 SURABAYA

    Shell RAYA TENGGILIS-1 SBY

    Shell WADUNGASRI-1 SDJ

    Shell YONOSUWOYO

    Malang:

    SHELL KAWI-1 MLG DO

    SHELL LAWANG-1 MLG DO

    SHELL SOEKARNO HATTA-1 MLG

    Pasuruan:

    SHELL DR SUTOMO-1 PDA – PASURUAN DO

    SHELL GEMPOL-1 PASURUAN DO

    Blitar:

    SHELL M HATTA-1 BLT DO

    Jombang:

    SHELL TENDEAN JOMBANG-1 DO

    Kediri:

    SHELL PARE KDR-1 DO

    Lamongan:

    SHELL LAMONGAN – 1 EAST JAVA DO

    Mojokerto:

    SHELL GAJAHMADA-1 MJK DO

    Tuban:

    SHELL H WURUK-1 TBN EJ DO.

    Penjelasan Shell Indonesia soal Kelangkaan BBM

    Ingrid Siburian, President Director dan Managing Director Mobility, Shell Indonesia membenarkan sedang mengalami masalah distribusi BBM.

    “Shell Indonesia ingin menginformasikan bahwa saat ini terdapat kendala dalam pengadaan dan penyaluran produk bahan bakar minyak (BBM) dan Shell Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan ketersediaan produk BBM di SPBU Shell secepatnya,” ujar Ingrid kepada detikOto, Kamis (30/1/2025).

    (rgr/dry)

  • Liga 4 Banten Musim 2024/2025 Resmi Bergulir, Ajang Pembinaan Talenta Muda Sepak Bola

    Liga 4 Banten Musim 2024/2025 Resmi Bergulir, Ajang Pembinaan Talenta Muda Sepak Bola

    Serang: Asosiasi PSSI Provinsi (Asprov) Banten kembali menggelar kompetisi tahunan, Liga 4 Banten Musim 2024/2025, yang berlangsung mulai 2 hingga 19 Februari 2025.

    Ketua Asprov Banten, Pilar Saga Ichsan, secara resmi membuka acara pembukaan Liga 4 Banten 2024/2025 di Stadion Heroik Grup 1 Kopassus, Kota Serang.

    Dalam kesempatan tersebut, Pilar menyampaikan apresiasi kepada Dan Grup 1 Kopassus yang telah memfasilitasi panitia dalam penyelenggaraan kompetisi di Stadion Heroik Kopassus.

    Selain itu, ia juga memberikan ucapan selamat kepada Klub Duta FC atas pencapaiannya sebagai Juara 1 putaran Nasional U-17 musim 2023/2024 di Jawa Tengah serta Klub Raga Negeri yang berhasil meraih posisi Runner-Up U-17 dan Senior Piala Pertiwi Putaran Nasional di Jakarta.

    Pilar turut mengajak seluruh klub anggota Asprov untuk terus meningkatkan pembinaan dan prestasi sepak bola di Banten, mulai dari level usia dini hingga senior.

    “Hal ini menjadi penting sebagai langkah strategis dalam mendukung Program PSSI dan Asprov Banten bagaimana sepak bola menjadi cabang olah raga yang dapat menjadi kebanggan bangsa Indonesia di kancah nasional dan internasional,” ujarnya. 
     
    Baca: Lot Butter Bunka Buka Cabang di Tangsel, Pilar Saga Ichsan Harap Berdampak terhadap Pendapatan Daerah
     
    Pilar juga berharap seluruh peserta Liga 4 Banten dapat menjunjung tinggi sportivitas dan bermain secara fair play sesuai regulasi yang telah ditetapkan.

    “Babak penyisihan Kompetisi Liga 4 Banten akan berlangsung pada 2 – 12 Februari 2025 di Stadion Heroik Kopassus, sementara babak 8 besar hingga final akan digelar di Stadion Geger Cilegon,” tambahnya.

    Liga 4 Banten Musim 2024/2025 diikuti oleh 15 klub. Juara Grup Kompetisi Regional nantinya akan mewakili Asprov Banten dalam putaran Nasional Liga 4 yang dijadwalkan berlangsung pada 15 April – 30 Mei 2025.

    Kompetisi ini terselenggara berkat kolaborasi antara Asprov Banten dan sejumlah sponsor, termasuk Bank BJB dan Sinar Mas, serta mendapat dukungan dari Pemkot Cilegon, Grup 1 Kopassus, dan apparel lokal asal Kota Serang.

    Hadir dalam acara pembukaan, Dandenma Grup 1 Kopassus Kapten Andi Khoirul Anam, Exco Asprov Banten Amirul Mukminin, Ketua Askot Serang Edi, Sekum Asprov Banten Edi M. Abduh, Ketua Panpel Liga 4 Banten 2024/2025 Rizal Kulle, serta jajaran panitia dan pengurus Asprov Banten.

  • Cerita Sukses Kota Cilegon Tekan Angka Kemiskinan, 2 Sektor ini Jadi Fokus Utama

    Cerita Sukses Kota Cilegon Tekan Angka Kemiskinan, 2 Sektor ini Jadi Fokus Utama

    TRIBUNJATIM.COM, CILEGON – Kondisi kemiskinan di Kota Cilegon menunjukkan tren penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, persentase penduduk miskin di Kota Cilegon menurun dari 3,98 persen pada tahun 2023 menjadi 3,75 % pada 2024. 

    Jika dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Banten, persentase penduduk miskin di Kota Cilegon termasuk salah satu yang terendah, di urutan kedua setelah Tangerang Selatan yang 2,30 % pada 2024.

    Sementara, di Provinsi Banten persentase penduduk miskin sebesar 5.84 % pada 2024.

    Secara nasional, tingkat kemiskinan Indonesia pada 2023 berada di angka 9,57 % .

    Dengan demikian, Cilegon memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah dibandingkan rata-rata nasional, menempatkannya sebagai salah satu kota dengan kinerja penanggulangan kemiskinan yang baik.

    Keberhasilan ini tidak lepas dari serangkaian kebijakan strategis, seperti penguatan program bantuan sosial, peningkatan akses pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

    Keberhasilan ini juga berkat dukungan Pemerintah Kota Cilegon untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program pinjaman modal usaha dengan bunga 0 % serta perizinan legalitas untuk mendukung bisnis UMKM.

    Pemkot Cilegon juga menggratiskan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), pengurusan sertifikasi halal, dan pengurusan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI). 

    “Kami ingin memastikan bahwa setiap warga Cilegon memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan menciptakan usaha mandiri. Dengan mendorong UMKM dan pelatihan kerja yang inovatif, kami yakin dapat menciptakan masyarakat yang lebih mandiri dan sejahtera,” ujar Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/2/2025).

    Memang, terdapat indikasi bahwa kelompok masyarakat tertentu, terutama yang kurang terjangkau oleh perkembangan industri, masih rentan terhadap kemiskinan.

    Namun Pemerintah Kota Cilegon selalu membuat kebijakan-kebijakan yang signifikan untuk menaikkan taraf hidup mereka.

    Selain menekan angka kemiskinan, Pemerintah Kota Cilegon juga terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program pendidikan dan kesehatan.

    Program beasiswa pendidikan telah menjangkau ribuan anak dari keluarga kurang mampu, sementara layanan kesehatan berbasis komunitas semakin diperluas. 

    Tidak hanya itu, untuk mengurangi angka pengangguran, Disnaker Kota Cilegon juga terus membuka akses pekerjaan di industri dalam negeri dan luar negeri. 

    Akses dalam negeri yakni dengan melakukan pemagangan para siswa dan masyarakat di industri yang ada di Kota Cilegon. Sebagian besar ada yang kemudian menjadi pekerja di pabrik atau industri tempat mereka magang.

    Dengan berbagai program yang terus berjalan, Pemerintah Kota Cilegon optimis dapat menurunkan angka kemiskinan lebih ke bawah lagi. Salah satu langkah strategis yang tengah diambil adalah peningkatan akses pelatihan kerja bagi masyarakat usia produktif dan penguatan program kewirausahaan berbasis digital.

    Dukungan dari Masyarakat dan Sektor Swasta

    Peran aktif masyarakat dan kontribusi sektor swasta telah menjadi faktor kunci keberhasilan program pembangunan di Kota Cilegon.

    Salah satu contoh nyata adalah kolaborasi dengan perusahaan lokal dalam menciptakan lapangan kerja baru dan menggelar berbagai program pelatihan keterampilan yang berdampak positif bagi masyarakat.

    Menurut Dr. Adiwarman, S.Sos., S.H., M.H., pengajar pada Departemen Ilmu Administrasi Fiskal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, tata kelola (governance) yang baik menempatkan pemerintah sebagai pusat penggerak, berkolaborasi erat dengan masyarakat dan sektor swasta untuk menciptakan hasil optimal yang menguntungkan semua pihak. 

    “Keterjaminan ekonomi, fisik, dan psikologis adalah isu penting yang harus diprioritaskan, dan pemerintah harus menggandeng berbagai pemangku kepentingan untuk menjawab tantangan ini,” jelasnya.

    Dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di masyarakat Cilegon, pemerintah telah membangun kemitraan strategis dengan pihak swasta dan komunitas lokal. Inisiatif ini membuahkan hasil nyata, didukung oleh pengakuan dari Bank Dunia terhadap keberhasilan Indonesia dalam menurunkan tingkat kemiskinan melalui kolaborasi lintas sektor.

    “Kolaborasi yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon bersama masyarakat dan sektor swasta menjadi contoh nyata tata kelola kolaboratif yang efektif. Dengan tetap menjadikan negara sebagai pusat, pemerintah mampu merangkul semua pihak untuk merealisasikan program pengentasan kemiskinan,” tambahnya.

    Komitmen Berkelanjutan untuk Kesejahteraan

    Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen untuk terus melanjutkan program-program yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup masyarakat.

    Dengan visi yang jelas dan langkah strategis yang matang, fokus pembangunan tidak hanya pada penurunan angka kemiskinan, tetapi juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

    “Sejak era 1960-an hingga pasca reformasi, tata kelola kebijakan telah berevolusi menjadi pendekatan yang lebih teknokratis dan berbasis pada pemanfaatan seluruh potensi masyarakat dan sektor swasta,” ungkap Dr. Adiwarman, merujuk pada model kebijakan rasional yang terus menjadi panduan.

    Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menegaskan bahwa keberhasilan ini adalah hasil kerja keras semua elemen masyarakat.

    “Dengan kolaborasi yang terus terjaga, kami optimis menciptakan masa depan Cilegon yang lebih sejahtera dan inklusif untuk semua warga,” ujarnya penuh semangat.

    Kolaborasi lintas sektor yang terus diperkuat menunjukkan bahwa Kota Cilegon bukan hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pada pembangunan yang berkelanjutan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh warganya.

  • Demam Konten Bus Telolet Membahayakan, Peringatan untuk Sopir: Modifikasi Klakson Bisa Dipenjara! – Halaman all

    Demam Konten Bus Telolet Membahayakan, Peringatan untuk Sopir: Modifikasi Klakson Bisa Dipenjara! – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Demam konten bus klakson telolet sudah dalam taraf membahayakan, seiring jatuhnya korban jiwa.

    Teranyar, insiden nahas tersebut terjadi di Kabupaten Serang, Banten.

    MS, bocah berusia 6 tahun, mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya, saat mengejar bus berklakson telolet di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Baros, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (1/2/2025) sore, sekitar pukul 16.40 WIB.

    Saat kejadian, AM (16) mengendarai motor dengan membonceng korban MS (6).

    Setibanya di lokasi kejadian, AM diduga kehilangan konsentrasi dan menabrak tiang telekomunikasi yang berada di pinggir jalan.

    Seketika, MS terpental ke badan jalan dan terlindas oleh bus telolet yang melaju di belakangnya.

    Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Polresta Serang Kota, Ipda Dedi Yuanto mengatakan, diduga kecelakaan itu dipicu kurang konsentrasinya korban saat berkendara.

    “Tiba di tempat kejadian menabrak tiang telkom yang berada di luar badan jalan sebelah kiri. Korban terpental ke badan jalan lalu terlindas oleh bus,” kata Dedi, Minggu (2/2/2025).

    Akibat kejadian tersebut, MS (6) tewas di lokasi kejadian dengan luka berat.

    Sementara, pengemudi motor AM mengalami luka-luka dan kemudian dibawa ke RS Ar Rahman Baros untuk mendapatkan perawatan medis.

    Sedangkan awak bus bersama warga kemudian membawa korban ke RSUD Dr Drajat Prawiranegara Serang, Banten.

    “Sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas diamankan menuju kantor Unit Gakkum Laka Lantas,” kata Dedi.

    Kasus kecelakaan di Serang, Banten ini menambah panjang deret perkara anak kecil tewas karena mengejar bus berklakson telolet di jalan raya.

    Berdasarkan catatan Tribun pada tanggal 19 Maret 2024 lalu seorang bocah berusia lima tahun juga tewas terlindas bus di Cilegon, Banten. Sopir bus mengaku tak melihat ada bocah yang mengejar busnya.

    Setelah itu, terjadi lagi di daerah Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten pada 13 Juni 2024.

    Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @memomedsos, memperlihatkan bus yang sedang berjalan sambil membunyikan klakson telolet.

    Tampak sejumlah anak kecil menggunakan sepeda turut mengiringi bus tersebut, ada juga yang sambil merekam momen menggunakan ponsel.

    Tak berselang lama, terlihat bocah mengenakan kaos berwarna hitam hilang keseimbangan saat mengendarai sepeda.

    Bocah itu pun terjatuh tepat di depan bus hingga kemudian terlindas. Namun, dijelaskan dalam narasi tersebut, korban selamat dan hanya mengalami luka ringan.

    Peristiwa serupa terjadi lagi pada 3 Oktober 2024 di wilayah Ragunan, Jakarta Selatan. Seorang bocah meninggal dunia usai tertabrak taksi saat mengejar bus telolet.

    Kecelakaan-kecelakaan ini semakin menyoroti pentingnya kesadaran berkendara dan bahaya yang ditimbulkan oleh tindakan iseng mengejar bus yang sedang membunyikan klakson telolet.

    Modifikasi klakson telolet melanggar hukum

    Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum mengatakan, bunyi klakson mobil sebetulnya sudah diatur oleh Undang-Undang.

    Memodifikasi klakson yang tidak sesuai spesifikasi maka dianggap melanggar hukum.

    “Aturan sudah jelas dengan demikian kendaraan bermotor yang memasang atau menggunakan klakson tolilet, apakah kendaraan pribadi atau bus dapat dikenakan sanksi,” ujar Budiyanto, seperti diberitakakn Kompas.com (2/2/2025).

    Regulasi mengenai klakson tertuang dalam dua aturan, pertama yaitu Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ, dan kedua Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan bermotor.

    Aturan klakson pada UU 22 Tahun 2009 tentang LLAJ:

    1. Pasal 106 Ayat 3 menyebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan tentang persyaratan teknis dan layak jalan.

    2. Pasal 48 Ayat 3 huruf b menyebut kan persyaratan layak jalan sebagaimana dimaksud pada Ayat 1 ditentukan oleh kinerja minimal kendaraan bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas huruf b tentang kebisingan suara.

    Adapun untuk tingkat kebisingan suara klakson diatur dalam PP Nomor 55 tahun 2012. Pada pasal 69 disebutkan bahwa suara klakson paling rendah 83 dB dan paling tinggi 118 dB.

    Berdasarkan regulasi tersebut, Budiyanto mengatakan, sanksi pemilik sepeda motor yang melanggar diancam dengan pidana kurungan satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

    Sedangkan untuk mobil dan selebihnya diancam pidana kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

    Sementara itu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, klakson telolet dapat membahayakan pengguna jalan lain karena menganggu konsenstrasi dan pejalan kaki.

    “Bunyi klakson ini juga sudah mulai mirip pada sirine non operasional polisi. Kemudian bunyi seperti ini sebetulnya di Eropa mulai digunakan ambulans,” ujar Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

    Sebelum mewabah, Jusri meminta polisi untuk bertindak tegas melarang klakson telolet pada mobil pribadi.

     

    (Abdul Qodir/TribunTangerang.com/Kompas.com)