kab/kota: Cikarang

  • Puncak Arus Balik Libur Panjang, 37 Ribu Orang Tiba di Jakarta Via Kereta

    Puncak Arus Balik Libur Panjang, 37 Ribu Orang Tiba di Jakarta Via Kereta

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat lebih dari 37 ribu penumpang tiba di Jakarta hari ini usai libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2025. Adapun hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik libur panjang yang berlangsung sejak 24 hingga 29 Januari 2025.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwinto mengatakan sebanyak 37.579 penumpang tiba di Jakarta pada hari ini. Rinciannya, di Stasiun Gambir sebanyak 13.003 penumpang, di Stasiun Pasar Senen: 14.165 penumpang, total Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang serta Stasiun Cikampek sebesar 10.411 penumpang.

    “Secara total, selama periode libur panjang ini, volume penumpang yang tiba di stasiun-stasiun Daop 1 Jakarta mencapai 185.948 penumpang,” kata Ixfan dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1/2025).

    Dengan begitu, rata-rata 30.825 penumpang per hari. Dengan rincian, di Stasiun Gambir sebesar 59.394 penumpang, di Stasiun Pasar Senen sebesar 67.508 penumpang, di Stasiun Jatinegara sebesar 21.745 penumpang, serta stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebesar 37.301 penumpang.

    Sementara itu, volume keberangkatan penumpang dari Jakarta pada hari ini, Rabu, 29 Januari 2025, juga tergolong tinggi dibanding hari biasa. Ixfan menyebut sebanyak 26.798 penumpang berangkat.

    Ixfan menjelaskan di Stasiun Gambir sebanyak 8.136 penumpang berangkat dengan 36 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ). Di Stasiun Pasar Senen sebanyak 10.950 penumpang berangkat dengan 33 perjalanan KAJJ dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 7.712 penumpang.

    Lebih lanjut, selama periode libur panjang 24-29 Januari 2025, jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang dioperasikan sebanyak 411 perjalanan, atau rata-rata 69 perjalanan per hari. Kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 222.873 tempat duduk dengan rata-rata 37.146 per hari dan tingkat okupansi 87,8%.

    “Total tiket terjual sebesar 195.735 tempat duduk. Sisa tempat duduk tersedia pada 29 Januari 2025: 10.947 tempat duduk di mana 23% dari total 37.382 tempat duduk,” imbuh Ixfan.

    (hns/hns)

  • KAI Daop 1 Jakarta: 37 ribu penumpang tiba di Jakarta di hari Imlek

    KAI Daop 1 Jakarta: 37 ribu penumpang tiba di Jakarta di hari Imlek

    sebanyak 13.003 penumpang tiba di Stasiun Gambir dan 14.165 penumpang di Stasiun Pasar Senen

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 37.579 penumpang kereta api (KA) tiba di Jakarta dan beberapa stasiun lain di Daop 1 Jakarta pada hari Imlek ini atau puncak arus balik liburan.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwinto dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu merinci, dari jumlah tersebut sebanyak 13.003 penumpang tiba di Stasiun Gambir dan 14.165 penumpang di Stasiun Pasar Senen.

    Lalu, 10.411 penumpang tiba di Stasiun Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

    Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat tercatat dari stasiun di Jakarta dan lainnya di wilayah Daop1 Jakarta sebanyak 26.798 penumpang berangkat.

    Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.136 orang (dengan 36 perjalanan kereta api jarak jauh/KAJJ) berangkat dari Stasiun Gambir 10.950 orang (dengan 33 perjalanan KAJJ) dari Stasiun Pasar Senen.

    Sementara dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 7.712 penumpang.

    Adapun secara total, selama periode libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 24-29 Januari 2025, volume penumpang yang tiba di stasiun-stasiun Daop 1 Jakarta mencapai 185.948 penumpang, atau rata-rata 30.825 penumpang per hari.

    “Stasiun Gambir 59.394 penumpang, Stasiun Pasar Senen 67.508 penumpang, Stasiun Jatinegara 21.745 penumpang, dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta 37.301 penumpang,” sebut Ixfan.

    Dia menambahkan jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang dioperasikan selama periode libur panjang 24–29 Januari 2025 yakni sebanyak 411 perjalanan, atau rata-rata 69 perjalanan per hari.

    “Kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 222.873 tempat duduk (rata-rata 37.146 per hari), dengan tingkat okupansi 87,8 persen,” kata Ixfan.

    Lalu, sisa tempat duduk tersedia hari ini yakni 10.947 tempat duduk atau 23 persen dari total 37.382 tempat duduk.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Didukung Kampus, Begini Kiprah Perantau Paguyuban Eromoko di Pelosok Wonogiri Jateng – Halaman all

    Didukung Kampus, Begini Kiprah Perantau Paguyuban Eromoko di Pelosok Wonogiri Jateng – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, WONOGIRI – Paguyuban Eromoko, komunitas warga perantau asal Desa Eromoko, Kabupaten Wonogiri, yang tersebar di berbagai kota, sukses menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi dan Bhakti Sosial di kampung halaman mereka, Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

    Acara yang berlangsung pada 28 Desember 2024 ini melibatkan berbagai pihak, termasuk RS Indriati Solo Baru, Minori Cikarang, PT Jakarana Tama, serta Tri Bhakti Business School.

    Kegiatan tersebut bertujuan mempererat tali silaturahmi antarwarga sekaligus memberikan manfaat nyata bagi warga lokal.

    Kegiatan tersebut diisi dengan pembagian 100 paket sembako kepada keluarga kurang mampu, layanan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis yang difasilitasi oleh tenaga medis RS Indriati Solo Baru.

    Kehadiran sekitar 250 peserta mencerminkan antusiasme tinggi masyarakat terhadap kegiatan ini.

    Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari perguruan tinggi Tri Bhakti Business School dengan pemberian beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi generasi muda Desa Eromoko khususnya mereka yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. 

    Ketua Tri Bhakti Business School Widayatmoko mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan peluang kepada anak-anak muda agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    “Kegiatan ini juga mencakup upaya pengembangan infrastruktur desa, seperti pengerasan lahan parkir di Pemakaman Kramat Gede, yang menjadi salah satu kebutuhan mendesak warga setempat,” ungkapnya dikutip Selasa, 28 Januari 2025.

    Dukungan dari berbagai pihak membantu mendorong pelaksanaan program ini dengan baik.

    Dia menambahkan, ke depan Paguyuban Eromoko menyiapkan berbagai inisiatif untuk membangun desa, seperti pendirian Balai Latihan Kerja (BLK) dan pendirian Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah tersebut. 

    Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan daya saing generasi muda di dunia kerja sekaligus memberikan mereka kesempatan lebih besar untuk melanjutkan pendidikan.

    Di bidang kesehatan, Paguyuban Eromoko juga berkomitmen untuk menangani masalah stunting di desa. Dengan melibatkan mitra kesehatan seperti RS Indriati Solo Baru, langkah ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

    Widayatmoko menambahkan, kerja sama antara Paguyuban Eromoko dan para mitra, termasuk Tri Bhakti Business School, membuktikan bahwa semangat gotong royong mampu membawa perubahan besar bagi masyarakat.

    Selain memenuhi kebutuhan dasar, tetapi juga menciptakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

    “Semangat kebersamaan dan sinergi yang terjalin dalam kegiatan ini diharapkan dapat terus berlangsung di masa mendatang. Dengan kolaborasi yang kuat, Desa Eromoko memiliki peluang besar untuk menjadi desa yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing,” imbuhnya.(tribunnews/fin)

  • Global Shinsei Indonesia dapat Pinjaman 15 Juta Dolar AS dari Dua Bank Jepang – Halaman all

    Global Shinsei Indonesia dapat Pinjaman 15 Juta Dolar AS dari Dua Bank Jepang – Halaman all

    Pinjaman dari bank-bank Jepang itu akan diberikan induk perusahaannya kepada GSI segera guna pengembangan usaha di Indonesia

    Tayang: Selasa, 28 Januari 2025 15:07 WIB

    Istimewa .

    Pabrik PT Global Shinsei Indonesia di Sukaresmi Cikarang Selatan Bekasi 

    TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – PT Global Shinsei Indonesia (GSI) dapat pinjaman dana 15 juta dolar AS atau Rp243 miliar lebih dari bank kerjasama internasonal Jepang (JBIC) , Senin (27/1/2025) kemarin.
     
    “Pinjaman melalui penantanganan pinjaman perjanjian JBIC (10,5 juta USD) bersama  The Bank of Shiga, Ltd. (4,5 juta USD) yang  mengumumkan bahwa Shinsei Chemical Industry Co., Ltd. (Kantor pusat: Prefektur Shiga, dengan Presiden Yoichi Miyata,  mendapat dana tersebut untuk  anak perusahaannya di  Republik Indonesia yaitu GSI mendapatkan pinjaman total 15 juta USD,” ungkap sumber Tribunnews.com Selasa (28/1/2025).

    Pinjaman dari bank-bank Jepang itu akan diberikan induk perusahaannya kepada GSI segera guna pengembangan usaha di Indonesia.

    Perjanjian pinjaman ini adalah jalur kredit investasi yang dibuat dengan Shiga Bank untuk penyebaran bisnis luar negeri dari perusahaan menengah dan UKM Jepang dan untuk mendukung M&A luar negeri dan kegiatan lain dari perusahaan Jepang.
     
    Pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai pembuatan dan penjualan produk cetakan injeksi plastik GSI di Jawa Barat  dan akan mendukung pinjaman lintas batas Shiga Bank kepada GSI di Indonesia.

    Diskusi perbankan tersebut juga dilakukan kelompok Pencinta Jepang bisa gabung gratis lewat email: tkyjepang@gmail.com. (Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Kereta Api RI Makin Ngebut di 2025, Kecepatan Digeber 120 Km/Jam

    Kereta Api RI Makin Ngebut di 2025, Kecepatan Digeber 120 Km/Jam

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan resmi menetapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025. Grafik perjalanan ini akan mulai diberlakukan pada 1 Februari 2025, mencakup jaringan jalur kereta api nasional di Jawa dan Sumatera, dengan berbagai penyesuaian dan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

    “Dalam Gapeka 2025, waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat karena peningkatan kecepatan pada 1.076 perjalanan kereta, dengan peningkatan kecepatan mencapai 5-30 km/jam. Selain itu, rute baru juga dibuka untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Langkah ini merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah melalui KAI dalam menyediakan layanan transportasi yang lebih efisien dan kompetitif,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip Selasa (28/1/2025).

    Anne menambahkan, salah satu perubahan signifikan adalah perluasan layanan kereta api perintis di lintas Rantauprapat Baru-Pondok S5 dan Kreunggeukeuh-Kutablang-Muara Satu. Optimalisasi layanan kereta api perkotaan, seperti KRL Jabodetabek, juga menjadi fokus utama. Selain itu, pola operasi beberapa kereta api, seperti KRL Yogyakarta, KA Bandara YIA, KA Bandara Adi Soemarmo, dan KA Bandara Kualanamu, telah disesuaikan untuk memenuhi permintaan pasar. Jadwal kereta feeder pun telah diatur ulang untuk meningkatkan integrasi dengan layanan Whoosh di Stasiun Padalarang.

    “DJKA dan KAI juga telah melakukan berbagai peningkatan prasarana perkeretaapian sebagai bentuk pengembangan kualitas layanan diantaranya meliputi perubahan jalur tunggal menjadi jalur ganda pada segmen Sepanjang-Mojokerto dan Kiaracondong – Cicalengka serta pembangunan jalur baru pada lintas Kutablang-Muara Satu dan Rantauprapat Baru-Pondok S5. Selain itu, terdapat penambahan stasiun pemberhentian baru, yakni Stasiun Pondok Rajeg (Revitalisasi BPTJ), Stasiun Kedinding dan Stasiun Boharan sebagai stasiun naik turun penumpang. Optimalisasi lainnya dalam Gapeka 2025 ini dilakukan seperti penambahan intermediate Blok pada jalur KA Prabumulih – Simpang yang diharapkan dapat meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api, khususnya pada kereta api angkutan barang,” tuturnya.

    Inovasi ini memungkinkan peningkatan kecepatan maksimum hingga 120 km/jam di beberapa segmen jalur, seperti:

    Foto: Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Dok. KAI)
    Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Dok. KAI)

    • Cikarang – Cikampek
    • Cikampek – Haurgeulis
    • Cirebon – Cirebon Prujakan
    • Cirebon Prujakan – Tegal
    • Cirebon Prujakan – Prupuk
    • Tegal – Comal
    • Kalibodri – Semarang Poncol
    • Semarang Tawang – Ngrombo
    • Ngrombo – Kradenan
    • Kebasen – Kutoarjo
    • Banjar – Kawunganten
    • Jeruklegi – Kroya
    • Kutoarjo – Yogyakarta
    • Lempuyangan – Solobalapan
    • Solojebres – Walikukun
    • Gundih – Solobalapan
    • Walikukun – Mojokerto
    • Kertosono – Blitar
    • Cepu – Lamongan
    • Mojokerto – Wonokromo
    • Wonokromo – Surabaya Gubeng
    • Leces – Probolinggo
    • Probolinggo – Pasuruan

    Perubahan ini berdampak pada waktu perjalanan yang lebih singkat. Berikut beberapa layanan kereta api dengan waktu tempuh yang dipangkas:

    1. KA Majapahit, lintas pelayanan Pasarsenen – Malang dengan pemangkasan waktu tempuh 119 menit;

    2. KA Pandalungan, lintas pelayanan Gambir – Jember dengan pemangkasan waktu tempuh 95 menit;

    3. KA Progo, lintas pelayanan Lempuyangan – Pasarsenen dengan pemangkasan waktu tempuh 85 menit;

    4. KA Tawang Jaya, lintas pelayanan Pasarsenen – Semarang Poncol dengan pemangkasan waktu tempuh 76 menit;

    5. KA Ciremai, lintas pelayanan Bandung – Semarang Tawang dengan pemangkasan waktu tempuh 74 menit;

    6. Serta KA-KA lainnya.

    “Perubahan dalam Gapeka 2025 ini kami harapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat secara optimal. Inovasi ini juga diharapkan dapat memperkuat peran kereta api sebagai moda transportasi yang aman, cepat, dan efisien,” tutup Anne.

    (wur/wur)

  • Sosok Profesor Raco, Guru Besar Pertama Unika De La Salle Manado Setelah 25 Tahun Berdiri

    Sosok Profesor Raco, Guru Besar Pertama Unika De La Salle Manado Setelah 25 Tahun Berdiri

    Usai dikukuhkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI Munawir S Razak SIP MA, dan Rektor Unika De La Salle Manado Prof Dr Yohanis Ohoitimur MSC, Prof Jozef Richard Raco menyampaikan pidato pengukuhan guru besar dengan judul Pemaknaan Manajemen Strategi dengan Spiritualitas.

    “Manajemen strategi adalah bidang studi yang berkembang sangat cepat, selalu dibahas dalam ilmu manajemen, bisnis, organisasi dan ilmu-ilmu sosial lain,” papar guru besar kelahiran Manado 23 Januari 1962 ini.

    Manajemen strategi menggabungkan tiga unsur penting yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Kedudukan para pimpinan puncak atau top manajer adalah sangat penting karena menentukan proses perencanaan, perumusan strategi, pelaksanaan dan juga evaluasi atas program yang telah dilaksanakan.

    “Manajemen strategi bertujuan menjamin terpenuhinya harapan pemegang saham dan tercapainya sasaran yang sudah ditetapkan oleh manajemen,” ujar penyandang gelar doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta tahun 2010 ini.

    Pria yang memperoleh gelar Magister of Economics dari Asian Social Institute Manila tahun 1999 ini memaparkan, manajemen strategi terus bertumbuh baikd ari segi teori, tools, dan metodologi. Aliran itu antara lain, aliran klasik yang sering dikenal dengan analisa SWOT (strength, weaknesses, opportunities and threats. Selanjutnya ada aliran lingkungan, aliran persaingan, dan aliran kontemporer.

    “Bagaimana hubungan antara manajemen strategi dan spiritualitas? Spiritualitas, dalam penelitian empiris mendapat arti meaning making, purpose, vocation,” tutur peraih gelar Master of Business dari University of East Anglia, Inggris tahun 2002.

    Manajemen strategi harus membantu koorporasi, organisasi dan institusi memberikan dan membangkitkan makna bagi lingkungan dan para pelaku di dalamnya. Manajemen strategi meningkatkan nilai positif institusi, koorporasi, dan organisasi bagi dunia sekitarnya. Hal ini bukan kewajiban, tetapi lebih sebagai panggilan.

    “Penekanan pada pentingnya spiritualitas dalam organisasi, koorporasi dan institusi menunjukan terjadinya suatu transisi dari paradigma modern ke paradigma spiritual,” tutur akademisi yang pernah mengajar di sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Presiden Cikarang, Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta, dan Gandhi Graduate School Jakarta ini.

    Paradigma spiritual mengutamakan prinsip spiritual serta pemaknaan, sedangkan paradigma modern menekankan pada nilai-nilai logis mekanistik dan penilaian ilmiah. Paradigm spiritualitas memperhatikan pemenuhan kehidupan batiniah karyawan dan memperkaya pemaknaan dalam setiap karya di lingkungan kerjanya.

    “Nilai-nilai spiritualitas karyawan yang diterapkan dalam dunia kerjanya antara lain integritas, kejujuran, akuntabilitas, kualitas kerja, kerja sama, pelayanan, loyalitas, adil. Manajemen strategi harus mulai memperhatikan hal-hal ini,” papar Jozef Richard Raco yang menyelesaikan studi Strata 1 di Sekolah Tinggi Filsafat, Seminari Pileneng, Kabupaten Minahasa, Sulut ini.

    Dia mengatakan, spiritualitas membantu koorporasi, organisasi, dan institusi meningkatkan keuntungan, mengurangi absensi karyawan, meningkatkan moral kerja, mengurangi stress. Faktor penting lain dari spiritualitas adalah kontrol diri.

    “Spiritualitas membantu koorporasi, organiasi, dan institusi untuk tidak mencari dan memenuhi keinginan diri tanpa batas. Selalu harus ada nilai yang dikedepankan,” tutur Prof Raco.

    Menurutnya, spiritualitas memberikan jiwa dan roh kepada manajemen strategi. Jiwa dan roh memungkinkan strategi manajemen dijalankan secara manusiawi dan suistainabel.

    Spiritualitas dalam manajemen strategi belum banyak dikaji secara ilmiah. Spiritualitas, untuk sebagian ilmuwan, dianggap wilayah personal. Banyak peneliti masih melihat spiritualitas sebagai ranah pribadi, personal dan individual. Spiritualitas dikurung dan dibatasi ruang lingkupnya di lingkaran teologi, dan dikunci sebagai ranah privasi.

    “Spiritualitas dalam manajemen strategi sangat menarik untuk terus dibahas, dan membuka peluang bagi ilmuwan untuk mendalaminya,” tuturnya mengakhiri orasi ilmiah.

    Proses pengukuhan guru besar ini dihadiri Uskup Manado yang diwakili Vikjen Pastor Wil Tome Pr, pihak Yayasan De La Salle Manado, civitas akademika Unika De La Salle Manado, keluarga Prof Recky, serta tamu undangan lainnya.

  • Jalan Tol Cipali Berlubang Jadi Viral, Pengendara Terancam Bahaya di Musim Hujan

    Jalan Tol Cipali Berlubang Jadi Viral, Pengendara Terancam Bahaya di Musim Hujan

    Subang, Beritasatu.com – Kondisi jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dilaporkan mengalami kerusakan berupa lubang dan gelombang di dua lajur, baik arah Jakarta menuju Cirebon maupun sebaliknya. Diameter dan kedalaman lubang yang bervariasi, menyebabkan keluhan dari pengguna jalan karena berpotensi membahayakan, seperti pecah ban hingga kecelakaan. Bahkan, lubang yang ada di jalan tol Cikopo-Palimanan itu sempat viral di media sosial.

    Kerusakan jalan ini ditemukan di sejumlah titik, termasuk di jalur A (Jakarta menuju Cirebon) dan jalur B (Cirebon menuju Jakarta). Salah satu lokasi kerusakan yang mencolok berada di perbatasan wilayah Subang dan Indramayu. Lubang ditemukan baik di jalur cepat maupun lambat, dengan diameter mulai dari 10 sentimeter (cm) hingga satu meter, serta kedalaman mencapai 10 cm.

    Pengguna jalan harus ekstra hati-hati untuk menghindari kerusakan ini. Beberapa pengendara mengeluhkan bahaya yang ditimbulkan, terutama di musim hujan ketika lubang semakin besar dan sulit terlihat.

    Bahkan, sebuah video viral memperlihatkan sejumlah kendaraan mengalami pecah ban setelah melintasi jalan berlubang, yang dapat berujung pada kecelakaan.

    Para pengendara berharap pihak berwenang segera melakukan perbaikan, mengingat kondisi ini sangat berbahaya, terutama saat musim hujan.

    “Saat ini jalan tol cipali banyak yang berlubang dan bergelombang untuk mobil yang lagi kecepatan penuh itu bisa membahayakan bagi pengendara, pengendara harus lebih hati-hati agar terhindar kecelakaan, dengan cara di aspal ulang jalan itu tambalan jalan rusak itu, iya di tengah jalan,” kata pengguna jalan Tol Cipali, Ikhsan kepada awak media, Senin (27/1/2025).

    “Alhamdulillah untuk kecepatan di bawah 100 jadi hindarinya masih bisa, dari kuningan ke Depok, liburan,” ujarnya lagi.

    Sementara itu, pengendara lainnya, Indra, mengatakan adanya sejumlah lubang di jalan tol bisa membahayakan kendaraan yang melintas.

    “Untuk kondisi jalan tol Cipali dari arah timur atau selatan itu sampai ke rest area ini ternyata masih banyak jalan berlubang dan itu sangat membahayakan, diharapkan ke depannya segera dilakukan perbaikan untuk keselamatan pengguna jalan ini,” tuturnya.

    “Mengingat musim penghujan takutnya lubang itu semakin parah, dari Majalengka ke Cikarang, liburan, jadi terpaksa harus pelan kedua harus konsen menghadiri lubang tersebut,” ungkapnya.

    Selain itu, momen libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2025 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau berwisata. Hal ini menyebabkan peningkatan arus lalu lintas di kedua arah. Pengendara diimbau untuk lebih berhati-hati saat melintas di jalur Tol Cipali.

  • Tak Hanya Berlibur, Warga Luar Jakarta Jadikan Ragunan sebagai Tempat Edukasi Anak-anak
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        27 Januari 2025

    Tak Hanya Berlibur, Warga Luar Jakarta Jadikan Ragunan sebagai Tempat Edukasi Anak-anak Megapolitan 27 Januari 2025

    Tak Hanya Berlibur, Warga Luar Jakarta Jadikan Ragunan sebagai Tempat Edukasi Anak-anak
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Selain liburan, sejumlah warga dari luar Jakarta sengaja mengunjungi
    Taman Margasatwa Ragunan
    , Jakarta Selatan, untuk memberikan edukasi kepada anak-anaknya.
    Zikra (37), warga asal Serang, Banten, berangkat dari rumahnya menuju
    Ragunan
    sekitar pukul 06.30 WIB bersama tiga anaknya. Alasannya sederhana, selain murah, dia ingin memberikan edukasi kepada anak-anaknya yang masih belia.
    “Iya pengin edukasi, sekalian belajar kan. Sekalian liburan nambah wawasan anak-anak tentang hewan apa aja yang ada di Indonesia,” kata Zikra saat ditemui di Ragunan, Senin (27/1/2025).
    Zikra mengaku bahwa tujuannya ke Jakarta hanyalah untuk mendatangi Ragunan. Setelah itu, dia akan kembali ke Serang sore nanti.
    Hal serupa dengan Zikra juga dilakukan Adahairun (35), warga Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Ia rela datang ke Ragunan demi edukasi sang anak.
    Walaupun sang anak baru berusia satu tahun dan harus didorong menggunakan
    stroller
    , itu tidak membuat niat Adahairun terputus untuk mengajak anaknya berwisata.
    Mereka bahkan menaiki KRL dari Cikarang menuju Jakarta pagi tadi.
    “Alasannya yang pertama kebih efisien secara ekonomi, lebih bagus lah, lebih murah. Pengin mengenalkan hewan-hewan ke anak. Jadi ada unsur edukasinya,” kata Adahairudin.
    Adahairun mengaku, anaknya cukup semangat untuk melihat sekaligus mengenal berbagai hewan di Ragunan.
    Edukasi semacam itu, kata Adahairun, sulit ditemukan di Bekasi.
    “Alamnya juga enak, jadi enggak melulu lihatin mal. Lebih murah tapi lebih enak pemandangannya, sambil lihat hewan. Kan jarang di Bekasi bisa lihat hewan gitu,” katanya sambil tertawa.
    Diberitakan sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan menargetkan kehadiran 100.000 pengunjung saat libur panjang sejak tanggal 25 Januari 2025 hingga 29 Januari 2025.
    Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengatakan, jumlah kunjungan ke Ragunan kemarin mencapai angka 43.000.
    “(Target pengunjung) 100.000 selama lima hari,” kata dia saat dihubungi, Senin (27/1/2025).
    Wahyudi mengatakan, puncak kehadiran pengunjung bakal terjadi pada Rabu (29/1/2025) mendatang dengan target lebih dari 40.000 pengunjung.
    “Puncaknya diperkirakan hari Rabu, (sebanyak) 40.000 pengunjung,” tambah dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Penampakan HP Buatan Indonesia yang Sudah Ekspor ke Luar Negeri

    Penampakan HP Buatan Indonesia yang Sudah Ekspor ke Luar Negeri

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pabrikan Samsung yang berada di Indonesia baru-baru ini melakukan ekspor produk ponsel ke luar negeri. Ponsel dengan model A336 ini dikirim ke Filipina dan menjadi ponsel pertama yang diekspor dari pabrikan Samsung di Indonesia.

    “Ke Filipina. Ini pertama kali. [Modelnya] A336,” kata presiden SEIN-S Yoo Jung Young ditemui di PT Samsung Electronics Indonesia, Cikarang Utara, Bekasi, dikutip Minggu (26/1/2025).

    Sebagaimana diketahui, A366 adalah nomor model untuk HP yang dipasarkan sebagai Samsung A33 5G di Indonesia. Samsung pun menjadi salah satu vendor yang telah memiliki pabriknya sendiri di Tanah Air. Pabrikan ini berupaya memproduksi perangkat telekomunikasi, baik untuk dijual di dalam negeri maupun ke pasar ekspor.

    Sejauh ini, ponsel yang dihasilkan dari pabrik Samsung masih didominasi untuk pasar Indonesia. Adapun sekitar 20% dari produksi ponsel Samsung Indonesia ditujukan ke pasar ekspor.

    “2024 ini Samsung 77% [untuk pasar] lokal. Sisanya ekspor produksinya kita lihat dari data tadi,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Setia Diarta dalam kesempatan yang sama.

    Kala itu, Setia Darta turut berkunjung ke pabrik Samsung Indonesia dan melakukan pertemuan untuk membahas aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Dalam pertemuan dengan merek raksasa asal Korea Selatan itu, Setia menjelaskan persiapan perusahaan untuk memenuhi syarat TKDN.

    Pemerintah diketahui tengah menyiapkan regulasi peningkatan TKDN untuk produk handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT) pada masa depan. Saat ini TKDN untuk produk-produk ini ditetapkan minimal sebesar 35%, kemudian akan ditingkatkan menjadi 40%.

    “Lebih pada bagaimana kita melihat kesiapan Samsung untuk TKDN, karena berencana untuk HKT TKDN dinaikkan ke 40%,” jelasnya.

    Setia memastikan bahwa beberapa produk Samsung telah memenuhi syarat baru tersebut. Begitu juga dengan vendor lain yang menyanggupi nilai TKDN baru.

    “Pertemuan terakhir dengan asosiasi mereka menyanggupi. Karena memang ada beberapa part yang bisa dioptimalkan untuk TKDN,” pungkas Setia.

    (hsy/hsy)

  • Mau jadi Juragan Kost Cukup Modal Rp 10 Juta, Begini Caranya – Page 3

    Mau jadi Juragan Kost Cukup Modal Rp 10 Juta, Begini Caranya – Page 3

    Tak hanya peluang dari segi rumah kos yang dapat dimanfaatkan di produk terbaru andalan Jababeka ini, namun New Palm Town House juga dapat disulap peruntukannya sebagai bangunan multiguna lainnya , seperti rumah praktek dokter gigi, klinik kecantikan, E-commerce business, pusat distribusi barang, cafetaria, dan lain-lain.

    Dirancang khusus sebagai pilihan untuk investasi, hunian ini menawarkan lokasi yang strategis dan akses yang mudah para penghuni hanya membutuhkan waktu 5 menit menuju 4 pintu akses toll, 16 menit menuju stasiun KRL Cikarang, 10 menit menuju shuttle bus, dan 10 menit menuju TOD Jababeka.

    Hunian ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendidikan yang beragam mulai dari jenjang awal hingga perguruan tinggi serta fasilitas kesehatan yang lengkap. Para penghuni juga sudah dimanjakan dengan pusat hiburan, area komersial hingga fasilitas olahraga seperti lapangan tenis, kolam renang, pusat kebugaran, hingga lapangan golf seluas 70 ha.

    Sebagai kota yang terintegrasi para penghuni dapat melakukan seluruh aktivitas seperti bekerja, belajar, bermain, dan bertempat tinggal dalam satu wilayah.

    Selain fasilitas yang lengkap dan terintegrasi, Akses dari dan ke Kota Jababeka cikarang semakin mudah dan hanya memerlukan waktu 40 menit saja ke Jakarta.  Teranyar, Tol Cimanggis-Cibitung, Dengan adanya tol baru ini mampu mempercepat akses transportasi antara Kota Jababeka Cikarang dan wilayah lainnya.

    Selain itu terdapat beragam akses pilihan mulai dari tiga gerbang tol yakni KM 29, KM 31, KM 34.7, dan saat ini tengah berjalan pembangunan infrastruktur modern seperti MRT fase III Cikarang-Balaraja dan LRT Jakarta-Cikarang yang nantinya akan berhenti di tengah kota. Kota jababeka juga sudah dilengkapi EV Charging station yang menjadi standar baru di kota-kota.

    “Dengan lokasi strategis serta captive market yang besar tentunya New Palm Town house ini memiliki potensi sewa yang tinggi sehingga masyarakat tak perlu ragu dan khawatir untuk memilih tempat tinggal dan berinvestasi di Kota Jababeka Cikarang” tutup Ivonne