kab/kota: Cikarang

  • Oreo Berbagi Kebaikan dengan Dukungan Pendidikan untuk anak Yatim

    Oreo Berbagi Kebaikan dengan Dukungan Pendidikan untuk anak Yatim

    JABAR EKSPRES – Melalui program “Oreo Berbagi Serunya Berilmu”, PT Mondelez Indonesia Manufacturing memberikan donasi sebesar 2,5 persen keuntungan penjualan untuk mendukung pendidikan.

    Donasi diberikan dengan target total penerima manfaat 1500 anak yatim piatu dan membantu mereka mewujudkan mimpi masa depan melalui penyerahan alat bantu belajar.

    BACA JUGA: Abadikan Momen Ramadhan, Produk Xiaomi Diskon Gede-gedean, Ini Dia Daftarnya!

    Zaenal Abidin selaku Direktur PT Mondelez Indonesia Manufacturing menjelaskan, program ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Mondelez Indonesia, melalui brand Oreo untuk menyebarkan semangat kebaikan dengan menciptakan lebih banyak momen kebahagiaan bagi masyarakat Indonesia.

    “Sebagai produk yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di Cikarang, dan menjadi pusat produksi yang memenuhi kebutuhan 40 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru,’’ujar Zaenal dalam keterangan rilisnya.

    BACA JUGA: PPPK dan CASN tidak Terima Gaji Selama 3 Bulan, Gara-Gara Pengangkatan Tertunda!

    Menurutnya, Oreo senantiasa tumbuh berkembang bersama keluarga Indonesia selama 30 tahun. Pihaknya berkomitmen memberikan berbagai keseruan yang dihadirkan dalam cemilan untuk menciptakan momen kebersamaan keluarga Indonesia.

    Dengan bekal pendidikan, peluang untuk meraih kehidupan yang layak di masa depan akan menjadi lebih besar dan menjadi kekuatan untuk memajukan bangsa di masa depan.

    BACA JUGA: Mobil Listrik Murah Asal Vietnam VinFast Dibandrol Rp 200 Jutaan!

    Dengan rasa bangga dan terharu bahwa kami juga mengantarkan program Oreo Berbagi Serunya Berilmu kepada anak-anak panti asuhan. Oreo ingin mengambil peran dengan memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak yatim piatu.

    ‘’Hal ini sesuai dengan tujuan brand Oreo yaitu Menciptakan Momen Seru Kebersamaan, khususnya di momen belajar layaknya seorang anak yang tumbuh di keluarga utuh,” jelas Zaenal.

    BACA JUGA: Bareskrim Polri Bongkar Sindikat Pemalsuan Minyakita!

    Sementara itu, Apresiasi dan dukungan pun diberikan oleh Vivi Andriani, S.T., M.Sc. selaku Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia atas dibukanya rangkaian program “Oreo Berbagi Serunya Berilmu” yang ditujukan untuk mendukung pendidikan anak yatim piatu di berbagai wilayah Indonesia.

  • Sambut Idulfitri, Serambi MyPertamina Siap Layani Pemudik ketika Istirahat di Jalur Mudik

    Sambut Idulfitri, Serambi MyPertamina Siap Layani Pemudik ketika Istirahat di Jalur Mudik

    Karawang: PT Pertamina Patra Niaga terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Terutama pada bulan suci Ramadan ini. Sejumlah program diselenggarakan demi memastikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Salah satunya yaitu keberadaan Serambi MyPertamina di berbagai titik rest area, lokasi pelabuhan, hingga di bandara, mulai 22 Maret hingga 9 April 2025.
     
    Serambi MyPertamina merupakan layanan tempat singgah sementara yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pemudik. Serambi MyPertamina hadir di berbagai jalur mudik dengan fasilitas, mini klinik, barbershop, area santai, kursi pijat, wifi spot, musala, nursery room, arena bermain anak, game console, dan snack. Dengan sederet layanan tersebut, pelanggan bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.
     
    Serambi MyPertamina ini salah satunya dapat ditemui di Rest Area SPBU KM 57, Karawang, Jawa Barat. Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel, yang ditemui di lokasi, menjelaskan Serambi MyPertamina khusus disediakan untuk pelanggan setia Pertamina, khususnya Patraniaga, yang sedang dalam perjalanan mudik agar bisa beristirahat sejenak.
     

    “Di sini  kita memberikan pelayanan pada berbagai segmen, terutama pada keluarga yang mudik. Misalnya satu keluarga itu mulai dari bapak dan remaja putra, kita sediakan Bright Barbershop. Jadi bisa pangkas rambut gratis, sehingga nanti sampai di kampung haraman dengan tampilan baru yang lebih fresh,” kata Daniel.

    Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel (Foto:Dok)

    “Untuk ibu-ibu dan remaja putri, kita sediakan bebagai merchandise spesial edisi Lebaran dengan menukar poin MyPertamina. Mulai dari hijab, pouch Barbie, lunchbox, dan lainnya. Selain itu untuk anak-anak banyak permainan, bisa main PlayStation di sini, atau untuk anak yang lebih kecil main kiddie rides. Dan spesial tahun ini kita tambahkan bingkisan Lebaran, THR khusus buat anak-anak. Kita bedakan juga untuk bingkisan anak perempuan ada gantungan boneka dengan berbagai macam snack dan minuman. Sementara untuk anak laki laki ada mobil-mobilan Hot-Wheels, tentunya juga dengan berbagai snacks dan minuman,” ucapnya menambahkan.
     
    Tak hanya fasilitas hiburan bagi anak, setiap pengunjung Serambi MyPertamina juga bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis.

    “Keluarga bisa cek medical gratis di sini. Misalnya cek tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Kemudian misalnya kelelahan di perjalanan, kita sediakan kursi pijat gratis juga,” katanya.
     
    Serambi MyPertamina juga menyediakan fasilitas pembayaran zakat.
     
    “Mungkin barangkali pada saat perjalanan mudik ada yang kelupaan atau belum sempat bayar zakat fitrah atau  zakat mal, bekerja sama dengan Baznas, kita sediakan juga Pojok Zakat, Infak, dan Sedekah di Serambi Mypertamina ini,” ucapnya.

    Terdapat 27 titik Serambi dan Mini Serambi MyPertamina. Lima di antaranya adalah Serambi MyPertamina yang tersedia di Rest Area Tol Japek-Karawang KM 57A, Rest Area Tol Jakarta-Merak KM 43A, Rest Area Tol Pemalang-Batang KM 379A, Rest Area Tol Pemalang-Pejagan KM 260B, dan Rest Area Tol Malang-Pandaan KM 66A. Kemudian, 22 titik lainnya merupakan Mini Serambi berupa Area Santai dan Mini Klinik yang tersedia di bandara, pelabuhan, kawasan wisata dan beberapa rest area lainnya.
    Komitmen Pelayanan Terbaik
    PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam hal penyediaan BBM berkualitas. Daniel menyebutkan Pertamina selalu mengecek kualitas BBM di setiap SPBU.
     
    “Terkait dengan kualitas dan kuantitas BBM, kita selalu melakukan pengecekan rutin. Takarannya juga dicek di semua SPBU kita. Jadi, masyarakat tidak usah khawatir.
     
    Kami juga mengundang masyarakat yang mudik dan kebetulan melewati rest area yang terdapat Serambi MyPertamina, silakan mampir untuk menikmati berbagai fasilitas dan layanan gratis yang kita berikan untuk masyarakat,” tuturnya.

    Dengan berbagai persiapan, layanan siaga, dan fasilitas tambahan yang telah disediakan, Pertamina Patra Niaga siap menghadapi Ramadan dan Idulfitri dengan memastikan ketersediaan energi yang memadai serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 
    Gratis Cukur Rambut di Serambi MyPertamina “Bright Barber”
    Serambi MyPertamina di Rest Area SPBU KM 57 tampak ramai dikunjungi pelanggan Pertamina pada Jumat, 21 Maret 2025. Salah satu di antaranya ialah Roby. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini mengaku sedang dalam perjalanan pulang ke Bandung setelah kunjungan kerja di sebuah perusahaan di Cikarang. Di tengah perjalanannya, Roby memilih istirahat sejenak di Serambi MyPertamina.

    “Selamat pagi, perkenalkan saya Robby, asal dari Bandung. Kebetulan hari ini saya ada kunjungan ke PT perusahaan di Cikarang. Ini mau kembali pulang ke arah Bandung.
    Ya kebetulan pas malam saya istirahat di sini. Saya lihat ada Serambi MyPertamina. Alhamdulillah, di sini ada kegiatan untuk rehat, service gitu ya. Di sini saya juga menikmati fasilitas. Saya pijat. Ada kursi pijat dan pijat gratisnya. Terus juga ada cukur rambut. Kebetulan saya juga dipotong rambutnya. Terus dapat free snack,” kata Roby dengan raut wajah senang.
     
    Merasa mendapatkan pelayanan yang baik, Roby menyampaikan apresiasi atas upaya PT Pertamina Patra Niaga menyediakan Serambi MyPertamina.
     
    “Untuk pelayanannya bagus sih, ramah. Alhamdulillah, baik-baik semua. Jadi kita relaks lah. Komunikasi stafnya juga baik semua. Di sini kita cukup registrasi di MyPertamina,” katanya.

    Roby pun berharap ke depan nanti Pertamina semakin maju, semakin baik pula pelayanan dan kualitasnya.
     
    “Kalau harapannya, Pertamina makin maju, makin baik. Terutama kan Pertamina itu langsung berhubungan dengan masyarakat ya, ada kontribusi untuk masyarakat.
    Semoga ke depannya Pertamina lebih mengedepankan kualitas dan pelayanan untuk masyarakat, terutama di SPBU,” ucapnya. 
    Gratis THR Lebaran dari MyPertamina untuk Anak-anak 
    Pengunjung lainnya yang ditemui di lokasi, Ade Lindiyana, menuturkan pengalaman serupa. Wanita yang sedang dalam perjalanan mudik dari Jakarta ke Cirebon ini mengaku sengaja datang ke Serambi MyPertamina untuk beristirahat.

    “Kebetulan tadi pas berhenti di sini ada posko Pertamina. Jadi mau coba dulu. Kalau tahun kemarin, sudah pernah coba juga. Jadi ingin tahu fasilitas yang sekarang seperti apa. Cukup membantu ya Serambi MyPertamina ini. Jadi biar pemudik rasa capeknya terkurangi. Anak-anak juga bisa main,” tutur Ade.
     
    Sebelum menikmati seluruh fasilitas di Serambi MyPertamina, Ade menjelaskan harus melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina.
     
    “KIta cuma perlu download MyPertamina saja. Scan di aplikasi MyPertamina. Isi absensi. Cukup itu saja. Pokoknya semoga ke depan Pertamina lebih bagus lagi. Tapi ya, segini sih sudah cukup banget. Terima kasih MyPertamina,” ujarnya.

    Selain pengunjung dewasa, anak-anak pun merasakan kenyamanan saat menikmati fasilitas di Serambi MyPertamina. Pengunjung anak-anak yang ditemui di lokasi di antaranya adalah Kayla. Dia senang karena selain terhibur dengan mainan di Serambi MyPertamina, juga membawa pulang THR dari Pertamina.
     
    “Nama aku Kayla. Aku dari Jakarta mau ke Bandung. Tadi datang ke sini main game sama minum cokelat panas. Stafnya semua baik. Ramah. Pokoknya seru banget. Aku juga senang banget dapat THR. Senang banget, ini baru pertama kali. Aku juga dapat jepitan rambut dan gantungan boneka lucu, juga dapat snack pizza, cokelat, dan marshmallow. Terima kasih, MyPertamina,” ucap Kayla.

    Karawang: PT Pertamina Patra Niaga terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Terutama pada bulan suci Ramadan ini. Sejumlah program diselenggarakan demi memastikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Salah satunya yaitu keberadaan Serambi MyPertamina di berbagai titik rest area, lokasi pelabuhan, hingga di bandara, mulai 22 Maret hingga 9 April 2025.
     
    Serambi MyPertamina merupakan layanan tempat singgah sementara yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pemudik. Serambi MyPertamina hadir di berbagai jalur mudik dengan fasilitas, mini klinik, barbershop, area santai, kursi pijat, wifi spot, musala, nursery room, arena bermain anak, game console, dan snack. Dengan sederet layanan tersebut, pelanggan bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.
     
    Serambi MyPertamina ini salah satunya dapat ditemui di Rest Area SPBU KM 57, Karawang, Jawa Barat. Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel, yang ditemui di lokasi, menjelaskan Serambi MyPertamina khusus disediakan untuk pelanggan setia Pertamina, khususnya Patraniaga, yang sedang dalam perjalanan mudik agar bisa beristirahat sejenak.
     

    “Di sini  kita memberikan pelayanan pada berbagai segmen, terutama pada keluarga yang mudik. Misalnya satu keluarga itu mulai dari bapak dan remaja putra, kita sediakan Bright Barbershop. Jadi bisa pangkas rambut gratis, sehingga nanti sampai di kampung haraman dengan tampilan baru yang lebih fresh,” kata Daniel.
     

    Manager B2C Marketing and Loyalty Program PT Pertamina Patra Niaga Daniel (Foto:Dok)
     
    “Untuk ibu-ibu dan remaja putri, kita sediakan bebagai merchandise spesial edisi Lebaran dengan menukar poin MyPertamina. Mulai dari hijab, pouch Barbie, lunchbox, dan lainnya. Selain itu untuk anak-anak banyak permainan, bisa main PlayStation di sini, atau untuk anak yang lebih kecil main kiddie rides. Dan spesial tahun ini kita tambahkan bingkisan Lebaran, THR khusus buat anak-anak. Kita bedakan juga untuk bingkisan anak perempuan ada gantungan boneka dengan berbagai macam snack dan minuman. Sementara untuk anak laki laki ada mobil-mobilan Hot-Wheels, tentunya juga dengan berbagai snacks dan minuman,” ucapnya menambahkan.
     
    Tak hanya fasilitas hiburan bagi anak, setiap pengunjung Serambi MyPertamina juga bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis.

     
    “Keluarga bisa cek medical gratis di sini. Misalnya cek tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Kemudian misalnya kelelahan di perjalanan, kita sediakan kursi pijat gratis juga,” katanya.
     
    Serambi MyPertamina juga menyediakan fasilitas pembayaran zakat.
     
    “Mungkin barangkali pada saat perjalanan mudik ada yang kelupaan atau belum sempat bayar zakat fitrah atau  zakat mal, bekerja sama dengan Baznas, kita sediakan juga Pojok Zakat, Infak, dan Sedekah di Serambi Mypertamina ini,” ucapnya.
     

     
    Terdapat 27 titik Serambi dan Mini Serambi MyPertamina. Lima di antaranya adalah Serambi MyPertamina yang tersedia di Rest Area Tol Japek-Karawang KM 57A, Rest Area Tol Jakarta-Merak KM 43A, Rest Area Tol Pemalang-Batang KM 379A, Rest Area Tol Pemalang-Pejagan KM 260B, dan Rest Area Tol Malang-Pandaan KM 66A. Kemudian, 22 titik lainnya merupakan Mini Serambi berupa Area Santai dan Mini Klinik yang tersedia di bandara, pelabuhan, kawasan wisata dan beberapa rest area lainnya.

    Komitmen Pelayanan Terbaik

    PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam hal penyediaan BBM berkualitas. Daniel menyebutkan Pertamina selalu mengecek kualitas BBM di setiap SPBU.
     
    “Terkait dengan kualitas dan kuantitas BBM, kita selalu melakukan pengecekan rutin. Takarannya juga dicek di semua SPBU kita. Jadi, masyarakat tidak usah khawatir.
     
    Kami juga mengundang masyarakat yang mudik dan kebetulan melewati rest area yang terdapat Serambi MyPertamina, silakan mampir untuk menikmati berbagai fasilitas dan layanan gratis yang kita berikan untuk masyarakat,” tuturnya.
     

     
    Dengan berbagai persiapan, layanan siaga, dan fasilitas tambahan yang telah disediakan, Pertamina Patra Niaga siap menghadapi Ramadan dan Idulfitri dengan memastikan ketersediaan energi yang memadai serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

    Gratis Cukur Rambut di Serambi MyPertamina “Bright Barber”

    Serambi MyPertamina di Rest Area SPBU KM 57 tampak ramai dikunjungi pelanggan Pertamina pada Jumat, 21 Maret 2025. Salah satu di antaranya ialah Roby. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini mengaku sedang dalam perjalanan pulang ke Bandung setelah kunjungan kerja di sebuah perusahaan di Cikarang. Di tengah perjalanannya, Roby memilih istirahat sejenak di Serambi MyPertamina.
     

     
    “Selamat pagi, perkenalkan saya Robby, asal dari Bandung. Kebetulan hari ini saya ada kunjungan ke PT perusahaan di Cikarang. Ini mau kembali pulang ke arah Bandung.
    Ya kebetulan pas malam saya istirahat di sini. Saya lihat ada Serambi MyPertamina. Alhamdulillah, di sini ada kegiatan untuk rehat, service gitu ya. Di sini saya juga menikmati fasilitas. Saya pijat. Ada kursi pijat dan pijat gratisnya. Terus juga ada cukur rambut. Kebetulan saya juga dipotong rambutnya. Terus dapat free snack,” kata Roby dengan raut wajah senang.
     
    Merasa mendapatkan pelayanan yang baik, Roby menyampaikan apresiasi atas upaya PT Pertamina Patra Niaga menyediakan Serambi MyPertamina.
     
    “Untuk pelayanannya bagus sih, ramah. Alhamdulillah, baik-baik semua. Jadi kita relaks lah. Komunikasi stafnya juga baik semua. Di sini kita cukup registrasi di MyPertamina,” katanya.
     

     
    Roby pun berharap ke depan nanti Pertamina semakin maju, semakin baik pula pelayanan dan kualitasnya.
     
    “Kalau harapannya, Pertamina makin maju, makin baik. Terutama kan Pertamina itu langsung berhubungan dengan masyarakat ya, ada kontribusi untuk masyarakat.
    Semoga ke depannya Pertamina lebih mengedepankan kualitas dan pelayanan untuk masyarakat, terutama di SPBU,” ucapnya. 

    Gratis THR Lebaran dari MyPertamina untuk Anak-anak 

    Pengunjung lainnya yang ditemui di lokasi, Ade Lindiyana, menuturkan pengalaman serupa. Wanita yang sedang dalam perjalanan mudik dari Jakarta ke Cirebon ini mengaku sengaja datang ke Serambi MyPertamina untuk beristirahat.
     

     
    “Kebetulan tadi pas berhenti di sini ada posko Pertamina. Jadi mau coba dulu. Kalau tahun kemarin, sudah pernah coba juga. Jadi ingin tahu fasilitas yang sekarang seperti apa. Cukup membantu ya Serambi MyPertamina ini. Jadi biar pemudik rasa capeknya terkurangi. Anak-anak juga bisa main,” tutur Ade.
     
    Sebelum menikmati seluruh fasilitas di Serambi MyPertamina, Ade menjelaskan harus melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina.
     
    “KIta cuma perlu download MyPertamina saja. Scan di aplikasi MyPertamina. Isi absensi. Cukup itu saja. Pokoknya semoga ke depan Pertamina lebih bagus lagi. Tapi ya, segini sih sudah cukup banget. Terima kasih MyPertamina,” ujarnya.
     

     
    Selain pengunjung dewasa, anak-anak pun merasakan kenyamanan saat menikmati fasilitas di Serambi MyPertamina. Pengunjung anak-anak yang ditemui di lokasi di antaranya adalah Kayla. Dia senang karena selain terhibur dengan mainan di Serambi MyPertamina, juga membawa pulang THR dari Pertamina.
     
    “Nama aku Kayla. Aku dari Jakarta mau ke Bandung. Tadi datang ke sini main game sama minum cokelat panas. Stafnya semua baik. Ramah. Pokoknya seru banget. Aku juga senang banget dapat THR. Senang banget, ini baru pertama kali. Aku juga dapat jepitan rambut dan gantungan boneka lucu, juga dapat snack pizza, cokelat, dan marshmallow. Terima kasih, MyPertamina,” ucap Kayla.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Kecelakaan Minibus dengan Bus di Tol Cikarang, Lalin Arah Jakarta Padat

    Kecelakaan Minibus dengan Bus di Tol Cikarang, Lalin Arah Jakarta Padat

    Jakarta

    Kecelakaan yang melibatkan minibus dengan bus di Tol Jakarta-Cikampek, KM 41 Cikarang Pusat arah Jakarta. Lalu lintas padat imbas kecelakaan ini.

    “Iya betul, saat ini masih dalam penanganan di lokasi kejadian,” kata petugas call center Jasa Marga, Arif, saat dihubungi pukul 22.33 WIB.

    Belum diketahui penyebab dari kecelakaan ini. Belum ada informasi pula mengenai ada-tidaknya korban.

    “Untuk titiknya di KM 41, yang ke arah Jakarta. Kejadian sekitar pukul 20.36 WIB,” jelasnya.

    Kecelakaan ini juga diinformasikan oleh Jasa Marga di akun X. Imbas kecelakaan ini, lalu lintas padat di KM 48 hingga KM 41.

    “22.20 WIB #Tol_Japek Karawang Barat KM 48 – Cikarang Pusat KM 41 PADAT, ada penanganan kecelakaan kendaraan Daihatsu Sigra dan Bus di lajur 4/kanan. Bekasi Barat KM 13 – KM 11+527 arah Jakarta PADAT, ada pekerjaan perbaikan jalan di lajur 2/tengah,” tulis Jasa Marga di X.

    “22.20 WIB #Tol_Japek Cikarang Pusat KM 38 – KM 39 arah Cikampek PADAT, kepadatan volume lalin di lajur masuk keluar Rest Area,” jelasnya.

    (lir/lir)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Pertagas memastikan keandalan operasi penyaluran energi jelang Lebaran

    Pertagas memastikan keandalan operasi penyaluran energi jelang Lebaran

    Kami memastikan bahwa penyaluran pasokan energi tidak terhambat, untuk mendukung kelancaran berbagai aktivitas masyarakat dan konsumen industri domestik jelang Idul Fitri.

    Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina, melaksanakan Management Walkthrough (MWT) yang melibatkan jajaran direksi dan komisaris perusahaan untuk memastikan keandalan fasilitas operasi dalam rangka memastikan terpenuhinya kebutuhan energi, terutama menjelang Lebaran 2025.

    Agenda MWT yang berbarengan dengan kegiatan Safari Ramadhan 1446 H ini dilaksanakan di sejumlah kota, antara lain Pekanbaru, Pangkalan Brandan, Dumai, Palembang, Cikarang, Surabaya, Semarang, dan Balikpapan. Direksi Pertagas mengunjungi fasilitas operasi untuk memastikan penyaluran energi ke konsumen berjalan dengan lancar serta keandalan sistem tetap terjaga.

    Direktur Utama PT Pertamina Gas Gamal Imam Santoso mengatakan jajaran direksi ingin memastikan bahwa seluruh prosedur keselamatan dan keamanan di fasilitas operasi dilaksanakan dengan baik.

    “Hal ini penting guna menjaga kelancaran penyaluran energi serta menghindari potensi gangguan yang bisa berdampak pada keberlanjutan operasional,” kata Gamal dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

    Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan terhadap aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), MWT yang dilaksanakan 6-14 Maret 2025 di 8 Wilayah Operasi Pertagas ini juga berfokus pada pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan di area operasi.

    Gamal menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran perusahaan atas kinerja optimal yang telah ditunjukkan dalam mengelola seluruh wilayah operasional Pertagas.

    “Kami memastikan bahwa penyaluran pasokan energi tidak terhambat, untuk mendukung kelancaran berbagai aktivitas masyarakat dan konsumen industri domestik jelang Idul Fitri,” ujar Gamal.

    Pertagas juga menyiagakan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri 1446 H (Tim Satgas RAFI) yang akan selalu berjaga memantau dan memastikan kelancaran penyaluran energi di seluruh wilayah operasinya.

    Satgas RAFI akan siap sedia menjaga kestabilan penyaluran energi bagi masyarakat dan industri yang mengedepankan prinsip HSSE dalam meminimalkan potensi risiko serta kewaspadaan di seluruh lini operasional.

    Pertagas dalam hal ini, memiliki peran penting dalam mendukung kelangsungan operasional berbagai industri strategis di Indonesia, seperti industri pupuk, energi, dan kelistrikan. Sektor-sektor ini memainkan peran vital dalam memastikan kegiatan ekonomi tetap berjalan lancar selama momen Idulfitri, yang juga melibatkan kebutuhan energi yang stabil dan efisien.

    “Sebagai perusahaan yang mengelola lebih dari 2.930 km pipa transmisi gas dan 605 km pipa minyak, Pertagas memegang peran strategis dalam mendukung swasembada energi di Indonesia. Dengan memastikan penyaluran pasokan energi yang stabil, kami mendukung aktivitas produksi yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Gamal.

    Kegiatan MWT ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memastikan kebutuhan energi tercukupi melalui infrastruktur penyaluran yang andal (Operational Excellence).

    “Dengan keandalan dan kesiapan infrastruktur yang dimiliki, Pertagas siap untuk mendukung kelangsungan momen Idulfitri dan berbagai kegiatan vital lainnya yang membutuhkan pasokan energi yang stabil,” kata Gamal.

    Pewarta: Faisal Yunianto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Sosok Suhada, Jagoan Cikiwul Ditangkap Polisi, ‘Palak’ Perusahaan di Bekasi Berdalih THR Lebaran – Halaman all

    Sosok Suhada, Jagoan Cikiwul Ditangkap Polisi, ‘Palak’ Perusahaan di Bekasi Berdalih THR Lebaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.com – Suhada, pria asal Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, diamankan polisi di Sukabumi, Kamis (20/3/2025).

    Suhada ditangkap setelah aksi meminta tunjangan hari raya (THR) kepada perusahaan, viral di media sosial.

    “Sudah kami amankan semalam (Kamis) pukul 18.30 WIB di daerah Sukabumi, sementara sedang proses penyidikan,” ungkap Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Binsar Hatorangan Sianturi, Jumat (21/3/2025), dilansir TribunBekasi.com.

    Lantas, siapakah sosok Suhada?

    Suhada bersama tiga rekannya mendatangi perusahaan plastik di Jalan Tali Kolot, Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Senin (17/3/2025), untuk menagih proposal uang THR yang telah diserahkan sebelumnya.

    Dalam kesempatan itu, Suhada diduga mencatut nama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Bekasi.

    Sebab, saat mendatangi perusahaan plastik, ia mengenakan romi hitam berlogo LSM GMBI.

    Terkait hal itu, Sekretaris LSM GMBI Distrik Kota Bekasi, Asep Sukarya, memberikan bantahan.

    Ia memastikan Suhada bukan salah satu anggotanya.

    Asep juga mengungkapkan pihaknya tidak pernah merilis atribut rompi seperti yang dikenakan Suhada, untuk anggotanya.

    Karena itu, Asep merasa aksi Suhada telah mencoreng nama LSM GMBI demi kepentingan pribadi.

    “Secara tegas, kami nyatakan yang bersangkutan atau oknum tersebut bukanlah anggota LSM GMBI,” kata Asep dalam video yang diterima Kompas.com, Jumat.

    “Artinya, oknum tersebut diduga telah mencoreng nama lembaga untuk kepentingan pribadi dan kami akan mengusut tuntas oknum tersebut,” imbuh dia.

    Saat menjalankan aksinya memalak berdalih THR lebaran, Suhada sempat diberi uang sebesar Rp20 ribu oleh sekuriti perusahaan plastik.

    Atas hal itu, Suhada memaksa bertemu pimpinan perusahaan dan mengklaim dirinya adalah Jagoan Cikiwul.

    Ia juga mengancam akan menutup akses jalan depan perusahaan jika tidak dipertemukan dengan pimpinan.

    “Gue enggak mau itu duit lu, gue mau pimpinan lu, sini,” kata Suhada kepada sekuriti perusahaan seperti yang terekam dalam video viral.

    “Kalau lu pengin tahu, gue jagoan yang megang Cikiwul. Massa gue banyak di sini.”

    “Kalau gue tutup jalan depan, bisa bergerak?” lanjut dia.

    Setelah videonya viral, Suhada diketahui kabur ke kawasan Gunung Putri, Sukabumi, namun berhasil ditangkap pada Kamis.

    Kini, Suhada sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 335 KUHP mengenai pengancaman dengan ancaman paling lama sembilan tahun penjara.

    Massa Ngaku LSM Rusuh

    Insiden serupa juga terjadi di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Selasa (18/3/2025).

    Sejumlah orang yang mengatasnamakan LSM Laskar Merah Putih (LMP) mengamuk hingga mengotori kantor Dinkes karena tidak bisa bertemu Kepala Dinas.

    “Mereka marah, lalu mengotori lantai dengan alas kaki nya yang sudah kotor dengan tanah merah, lalu membuang sampah yang dikeluarkan dari tong sampah serta membuang air pembuangan AC yang di galon ke lantai depan pintu lobi Dinkes,” jelas Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Elia Umboh saat dikonfirmasi, Jumat.

    Buntut aksi rusuh itu, pihak Dinkes Kabupaten Bekasi melapor ke Polsek Cikarang.

    Tetapi, kata Elia, perkara itu berakhir dengan musyawarah antara dua belah pihak.

    “Hasil permusyawarahan antara kedua belah pihak yakni permintaan maaf dari perwakilan LSM LMP kepada pihak Dinkes.”

    “LSM LMP berjanji tidak akan mengulangi kembali. Kedua belah pihak sudah saling memaafkan, dan kedua pihak tidak saling menuntut,” pungkasnya.

    Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul Jagoan Cikiwul Bantargebang Bekasi Tak Sendirian Minta Uang THR ke Pabrik, Datang Bersama 3 Rekannya

    (Tribunnews.com/Pravitri Retno W, TribunTangerang.com/Rendy Rutama, Kompas.com/Achmad Nasrudin)

  • Pertamina Gas Pastikan Penyaluran Energi Aman Selama Lebaran

    Pertamina Gas Pastikan Penyaluran Energi Aman Selama Lebaran

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina memastikan penyaluran energi ke konsumen berjalan lancar serta keandalan sistem tetap terjaga, terutama selama Hari Raya Idulfitri 1446 H. 

    Direktur Utama Pertagas Gamal Imam Santoso mengatakan, untuk memastikan keamanan penyaluran energi menjelang dan selama Lebaran, Pertagas melakukan kegiatan Management Walkthrough (MWT) yang melibatkan jajaran direksi dan komisaris perusahaan.

    Kegiatan MWT tersebut, imbuhnya, penting dilakukan guna menjaga kelancaran penyaluran energi serta menghindari potensi gangguan yang bisa berdampak pada keberlanjutan operasional.

    Sejalan dengan itu, Pertagas dapat memastikan bahwa seluruh prosedur keselamatan dan keamanan di fasilitas operasi dilaksanakan dengan baik.

    “Kami memastikan bahwa penyaluran pasokan energi tidak terhambat, untuk mendukung kelancaran berbagai aktivitas masyarakat dan konsumen industri domestik jelang Idulfitri,” kata Gamal, Jumat (21/3/2025). 

    Adapun, kegiatan MWT tersebut dilaksanakan pada 6—14 Maret 2025 di delapan wilayah operasi Pertagas. Agenda MWT yang juga berbarengan dengan kegiatan Safari Ramadan 1446 H dilaksanakan di sejumlah kota, antara lain Pekanbaru, Pangkalan Brandan, Dumai, Palembang, Cikarang, Surabaya, Semarang, dan Balikpapan.

    Kegiatan MWT Direksi Pertagas tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memastikan kebutuhan energi tercukupi melalui infrastruktur penyaluran yang handal (operational excellence). 

    Gamal menegaskan bahwa dengan keandalan dan kesiapan infrastruktur yang dimiliki, Pertagas siap untuk mendukung kelangsungan momen Idulfitri dan berbagai kegiatan vital lainnya yang membutuhkan pasokan energi yang stabil.

    Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan terhadap aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), MWT kali ini juga berfokus pada pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan di area operasi. 

    Sebagai gambaran, Pertagas juga menyiagakan Tim Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri 1446 H (Tim Satgas RAFI) yang akan selalu berjaga memantau dan memastikan kelancaran penyaluran energi di seluruh wilayah operasinya.

    Tim Satgas RAFI tersebut siap sedia menjaga kestabilan penyaluran energi bagi masyarakat dan industri yang mengedepankan prinsip HSSE dalam meminimalkan potensi risiko serta kewaspadaan di seluruh lini operasional.

    Pertagas dalam hal ini, memiliki peran penting dalam mendukung kelangsungan operasional berbagai industri strategis di Indonesia, seperti industri pupuk, energi, dan kelistrikan. Sektor-sektor ini memainkan peran vital dalam memastikan kegiatan ekonomi tetap berjalan lancar selama momen Idulfitri, yang juga melibatkan kebutuhan energi yang stabil dan efisien.

    “Sebagai perusahaan yang mengelola lebih dari 2.930 km pipa transmisi gas dan 605 km pipa minyak, Pertagas memegang peran strategis dalam mendukung swasembada energi di Indonesia. Dengan memastikan penyaluran pasokan energi yang stabil, kami mendukung aktivitas produksi yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Gamal.

    Untuk diketahui, Satgas Rafi 2025 Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi dibuka mulai 17 Maret 2025 sampai dengan 11 April 2025, demi mengamankan pasokan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM), liquefied petroleum gas (LPG), hingga listrik selama periode Lebaran.

    Peluncuran lebih dini ini terbilang penting, sebab sejalan dengan proyeksi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, di mana pergerakan arus mudik masyarakat Ibu Kota ke beberapa daerah di Pulau Jawa, serta Lampung, dan Bali akan dimulai lebih dini, yakni akhir pekan nanti alias Minggu (23/5/2025).

    Satgas Rafi sebelumnya memproyeksi bahwa konsumsi setiap jenis BBM akan meningkat kompak dobel digit pada Idulfitri kali ini. Tepatnya, untuk jenis Pertalite meningkat sekitar 11,7%, Pertamax sekitar 11,2%, dan Biosolar diprediksi naik 16,2%.

    Hal tersebut seiring dengan perkiraan dari Kementerian Perhubungan, di mana dari 193 juta orang pemudik, sekitar 35,4 juta orang di antaranya akan menggunakan mobil pribadi, sedangkan 31,12 juta orang lainnya akan menggunakan sepeda motor pribadi.

  • Jababeka rilis Swatantra S-01 dukung penggunaan transportasi publik

    Jababeka rilis Swatantra S-01 dukung penggunaan transportasi publik

    selaras dengan komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penghuni dengan menyediakan berbagai pilihan transportasi

    Jakarta (ANTARA) – PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) melalui Kota Jababeka Cikarang bekerja sama dengan PT Commuter Anak Bangsa meluncurkan Swatantra S-01Jababeka, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik.

    President Director PT Graha Buana Cikarang selaku anak usaha KIJA, Ivonne Anggraini menyampaikan armada itu telah resmi beroperasi di kawasan Kota Jababeka sejak 17 Maret 2025.

    “Kami mengapresiasi kehadiran Swatantra S-01 yang telah beroperasi saat ini, yang selaras dengan komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penghuni dengan menyediakan berbagai pilihan transportasi yang akan memudahkan aksesibilitas dan konektivitas dari dan menuju Jababeka” ujar Ivonne sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

    Ia menjelaskan transportasi ini merupakan feeder integrasi atau angkutan kota modern yang dapat menghubungkan masyarakat dengan transportasi lainnya seperti Biskita dan KRL Cikarang, yang dapat diandalkan di sekitar Kabupaten Bekasi.

    Ia melanjutkan transportasi publik ini melayani rute dari Stasiun Cikarang – President University Jababeka dengan beberapa perhentian, di antaranya Stasiun Cikarang, Jl. Hos Cokroaminoto, Jl. Asrama Brigif, Jl. Jababeka XVII B, Jl. Jababeka VI, Jl. Jababeka IV, Jl. Jababeka Raya, Jl. Niaga Raya, Jl. Kasuari Raya, Jl. Usmar Ismail, Hollywood Junction, Jl. Ki Hajar Dewantara (PU), serta ke depan akan menambah rute baru.

    Ia menjelaskan transportasi sudah didukung aplikasi yang dapat membantu para calon penumpang melihat lokasi armada secara real time dan estimasi tiba, sehingga dapat meminimalkan ketidakpastian waktu.

    “Masyarakat cukup mengunduh aplikasi e-commuter di Playstore ataupun Appstore. Demi menjaga keamanan penumpang, setiap unitnya telah dilengkapi dengan CCTV dan GPS,” ujar Ivonne.

    Lebih lanjut, transportasi ini memastikan kenyamanan penumpang dengan menyediakan fasilitas Full AC dan penumpang tidak perlu mempersiapkan uang cash karena metode pembayaran dilakukan secara cashless

    “Dapat menggunakan flazz, E-Money, Brizzi, Tapcash, KMT PT KAI Brizzi dan Qris tentunya akan membuat perjalanan lebih praktis,” ujar Ivonne.

    Transportasi ini menawarkan tarif bagi para penumpang sebesar Rp5.000 pada saat masa uji coba yang berlangsung pada 17-23 Maret 2025, dengan jam beroperasi pada pukul 06.00 -21.00 WIB

    “Ketersediaan transportasi publik merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan kawasan. Beroperasinya Swatantra S-01 dapat memperlengkap pilihan moda transportasi publik untuk para penghuni sehingga akan berdampak positif pada perkembangan kawasan dan meningkatkan nilai investasi sekitar,” ujar Ivonne.

    Direktur Operasional PT Commuter Anak Bangsa Muhammad Hasyim menjelaskan Swatantra S-01 merupakan transportasi modern dirancang dengan berbagai keunggulan yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

    Sebelumnya, telah terdapat berbagai pilihan transportasi masal yang menghubungkan kota Jababeka Cikarang dengan kota besar lainnya, seperti Damri dengan rute Bandara Soekarno-Hatta, Primajasa dengan rute Kota Bandung, serta AO Shuttle dengan rute Jakarta.

    Selain itu, lokasi strategis ini juga didukung dengan empat akses pintu toll, dan saat ini tengah berjalan pembangunan infrastruktur modern seperti MRT fase III Cikarang-Balaraja dan LRT Jakarta-Cikarang yang nantinya akan berhenti di tengah kota.

    “Kota Jababeka juga sudah dilengkapi EV Charging station yang menjadi standar baru di kota-kota,” ujar Hasyim.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • LSM Acak-acak Kantor Dinkes Kabupaten Bekasi Karena Tidak Bisa Ketemu Kepala Dinas, Begini Akhirnya – Halaman all

    LSM Acak-acak Kantor Dinkes Kabupaten Bekasi Karena Tidak Bisa Ketemu Kepala Dinas, Begini Akhirnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, CIKARANG  – Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diacak-acak sejumlah orang yang mengatasnamakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Merah Putih (LMP).

    Anggota LSM tersebut marah karena tidak bisa bertemu dengan kepala dinas kesehatan. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (18/3/2025).

    Awalnya, petugas telah memberitahu kepada massa LSM itu jika kepala dinas kesehatan tidak ada di kantor karena sedang rapat.

    Setelah itu mereka justru tidak terima dan mulai marah hingga meluapkannya dengan mengotori kantor Dinkes Kabupaten Bekasi.

    “Mereka marah lalu mengotori lantai dengan alas kakinya yang sudah kotor dengan tanah merah, lalu membuang sampah yang dikeluarkan dari tong sampah serta membuang air pembuangan AC yang di galon ke lantai depan pintu lobi Dinkes,” kata Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Elia Umboh, saat dikonfirmasi Jumat (21/3/2025).

    Elia menjelaskan akibat peristiwa itu, petugas di Kantor Dinkes Kabupaten Bekasi menjadi tidak nyaman.

    Aksi tidak terpuji itu dilaporkan ke Polsek Cikarang Pusat agar ditindaklanjuti.

    “Peristiwa itu menyebabkan pegawai Dinas kesehatan merasa takut dan tidak aman dalam bekerja, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cikarang Pusat guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

    Namun Elia menuturkan perkara laporan tersebut berakhir dengan musyawarah antara dua belah pihak, yakni Dinkes Kabupaten Bekasi dan LSM LMP.

    “Hasil permusyawarahan antara kedua belah pihak yakni permintaan maaf dari perwakilan LSM LMP kepada pihak Dinkes, LSM LMP berjanji tidak akan mengulangi kembali. Kedua belah pihak sudah saling memaafkan, dan kedua pihak tidak saling menuntut,” pungkasnya. 

    Pria ngaku Ormas halangi relawan

    Viral di media sosial video yang menampilkan seorang pria, mengaku berasal dari organisasi masyarakat (ormas) dan melarang pendirian tenda posko mudik 2025.

    Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @wargavilla dan telah menarik perhatian banyak netizen.

    Dalam rekaman yang diunggah pada Kamis (20/3/2025), terlihat pria berkopiah tersebut melarang tim relawan kemanusiaan dan tim Jurpala @jurpalaindonesia serta KOSMI Indonesia @kosmi_indonesia untuk mendirikan tenda di area Citarik Puteran, Cikarang Timur.

    Insiden tersebut terjadi pada Rabu malam (19/3/2025).

    Penuh emosi dan bicara dengan nada tinggi, pria itu meminta agar pendirian tenda dihentikan dan menuntut agar izin diberikan kepadanya.

    “Iya ga boleh, ga boleh diriin tenda di sini, harus ijin gua, mau apa lu,” ucap pria itu dengan nada keras.

    Kemudian seorang relawan bernama Farhan,yang berada di lokasi, mengaku merasa ketakutan atas tindakan pria tersebut dan segera menghubungi Polsek Cikarang Timur.

    Didatangi sejumlah petugas polisi dari Polsek Cikarang Timur oknum yang mengaku anggota ormas itu pun segera melarikan diri.

    “Iya ada ormas yang datang larang kami dirikan tenda, saya ngeri lalu menelpon Polsek Cikarang Timur @polsekcikarang_timur. Alhamdulillah mereka lari ketika Kanit Reskrim Cikarang Timur datang,” ujar Farhan.

    Insiden ini memicu diskusi di kalangan netizen mengenai hak dan prosedur dalam mendirikan posko kemanusiaan di area publik.

    Banyak yang mengapresiasi tindakan cepat dari pihak kepolisian pada peristiwa tak beretika tersebut.

     

     

    Penulis: Rendy Rutama

    dan

    Sok Jago! Pria yang Mengaku Ormas Halangi Relawan Dirikan Tenda Posko Mudik 2025 di Cikarang Timur

     

  • Dishub Kabupaten Bekasi cek angkutan mudik pastikan laik jalan

    Dishub Kabupaten Bekasi cek angkutan mudik pastikan laik jalan

    Kegiatan ini sebagai langkah antisipatif untuk memastikan kelancaran serta keamanan perjalanan para pemudik

    Kabupaten Bekasi (ANTARA) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengecek angkutan umum mudik untuk memastikan kelaikan jalan melalui kegiatan inspeksi keselamatan atau ram check yang dipusatkan di Terminal Bus Cikarang.

    “Kegiatan ini sebagai langkah antisipatif untuk memastikan kelancaran serta keamanan perjalanan para pemudik,” kata Kadishub Kabupaten Bekasi Yana Suyatna di Cikarang, Jumat.

    Dia menyatakan, kegiatan inspeksi keselamatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh kendaraan angkutan umum yang akan membawa pemudik dalam kondisi layak jalan.

    Pemeriksaan dimaksud mencakup berbagai aspek teknis seperti sistem penerangan, perlengkapan kendaraan, fasilitas tanggap darurat, sistem kemudi, rem, suspensi hingga komponen pendukung lain seperti ban, kaca dan spion.

    “Jika ditemukan kekurangan, pemilik kendaraan akan diberikan teguran dan diminta segera melakukan perbaikan agar kendaraan layak digunakan sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang,” ucapnya.

    Kepala Bidang Angkutan Umum pada Dishub Kabupaten Bekasi Firman Arief Sembada mengatakan, pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan daftar ceklis yang mencakup tiga aspek utama yaitu pemeriksaan fisik kendaraan, fungsi peralatan serta verifikasi kelengkapan administrasi.

    “Bagian utama yang diperiksa meliputi lampu sorot, lampu sein, rem, serta kelayakan mesin. Semua ini sangat penting untuk memastikan kendaraan benar-benar aman digunakan dalam perjalanan mudik,” katanya.

    Pihaknya melalui kegiatan ini berupaya memastikan seluruh kendaraan angkutan umum telah memenuhi standar keselamatan sebelum digunakan untuk perjalanan mudik.

    Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi keselamatan penumpang, melainkan juga sebagai upaya preventif dalam mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

    Firman pun turut mengimbau kepada segenap pemilik dan pengelola angkutan umum agar selalu menjaga kondisi armada mereka sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    “Dengan pemeriksaan yang ketat dan kepatuhan dari seluruh pihak terkait, diharapkan arus mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman,” kata dia.

    Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Ormas Larang Pendirian Posko Mudik, Menhub Minta Pemda-Polri Turun Tangan

    Ormas Larang Pendirian Posko Mudik, Menhub Minta Pemda-Polri Turun Tangan

    Jakarta

    Beredar video di media sosial X yang menunjukkan oknum organisasi masyarakat (ormas) melarang pendirian posko mudik Lebaran 2025 di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dalam keterangan tersebut, posko Lebaran yang hendak dibangun berada di atas tanah negara.

    Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) Bekasi dan Polri untuk langkah-langkah penanganan kasus tersebut.

    “Nanti kami akan minta kepada pemerintah, Cikarang ya, berarti Bekasi ya, nanti kami akan coba koordinasikan melalui Polri maupun Pemda Bekasi, bagaimana penanganannya terhadap ormas-ormas yang melarang pendirian posko, apalagi posko yang memang didirikan oleh pemerintah,” kata Dudy di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (21/3/2025).

    Dudy menegaskan, pendirian posko mudik tidak lain untuk masyarakat. Posko ini berguna untuk memastikan kelancaran dan keselamatan mudik Lebaran.

    “Kami menyerahkan kepada pihak Polri maupun Pemda, pemerintah daerah setempat, karena posko tersebut kan untuk kepentingan masyarakat juga, untuk melayani masyarakat dalam melalukan mudik,” tutupnya.

    Sebagai informasi, berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, tercatat sebanyak 52% dari total jumlah penduduk Indonesia atau setara dengan 146,48 juta jiwa akan melakukan pergerakan pada periode libur Lebaran.

    Di Pulau Jawa sendiri, pergerakan diprediksi sebanyak 51,3% atau sebanyak 81,5 juta orang dengan mayoritas penduduk berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Survei BKT mencatat peningkatan volume kendaraan yang keluar dari Jakarta akan meningkat hingga 60% pada puncak arus mudik.

    (ara/ara)