kab/kota: Cikarang

  • Pengumuman! One Way Nasional Disetop Mulai Jam 09.00 Hari ini

    Pengumuman! One Way Nasional Disetop Mulai Jam 09.00 Hari ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia Inspektur Jenderal Agus Suryonugroho mengatakan, kebijakan satu arah atau one way nasional pada arus mudik Lebaran akan dicabut hari ini. Kebijakan tersebut resmi dihentikan pukul 09.00 WIB pagi nanti.

    Agus menyampaikan hal tersebut setelah melakukan rapat evaluasi arus mudik Lebaran bersama Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi dan pemangku kepentingan lainnya di Pos Pengamanan Terpadu Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 29, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/3/2025) malam. Menurutnya, pencabutan one way nasional berdasarkan evaluasi arus lalu lintas selama arus mudik.

    “Kami sampaikan kepada rekan-rekan media, pencabutan one way nasional itu besok (hari ini) akan kami lakukan di Kilometer 70. Kebetulan Pak Menteri juga hadir. Untuk arus lalu lintas hari ini cukup lancar. Jadi puncak mudiknya sudah kita lewati,” kata Agus.

    “Sekali lagi, besok (hari ini) kami jam 09.00 WIB dengan Pak Menteri, dari Jasa Marga dan Jasa Raharja, penutupan one way mudik nasional dilakukan di Kilometer 70,” lanjut dia seperti dilansir detik.com.

    Dia menyampaikan pencabutan one way nasional berdasarkan masukan dari Dirlantas Polda Jawa Barat dan Dirlantas Polda Jawa Tengah yang melakukan evaluasi arus mudik.

    “Kita lihat hari ini (kemarin) masih cukup lumayan, tapi sudah lancar ya. Maka dari itu, pertimbangan dari Dirlantas Jabar, pertimbangan dari Dirlantas Jateng, menyarankan untuk bisa memberi peluang hari ini (kemarin) untuk ke arah Trans Jawa,” ujarnya.

    Dudy berharap para pemudik mengatur waktu keberangkatan dan menyesuaikan dengan kebijakan pencabutan one way nasional. Dia berpesan agar masyarakat tetap berhati-hati saat berkendara.

    “Kami ingin mengimbau kepada masyarakat, khususnya nanti pada saat balik arus balik, masyarakat mempertimbangkan merencanakan perencanaan arus balik secara matang, dengan me-refer atau merujuk pada perjalanan mudiknya. Jadi arus balik dihitung dengan cermat, direncanakan dengan baik, sehingga bisa berjalan dengan aman, lancar, dan selamat,” katanya.

    (miq/miq)

  • Kakorlantas Setop One Way Nasional Pukul 9 Pagi Ini

    Kakorlantas Setop One Way Nasional Pukul 9 Pagi Ini

    Jakarta

    Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho mengatakan kebijakan satu arah atau one way nasional pada arus mudik lebaran akan dicabut hari ini. Kebijakan tersebut resmi dihentikan pukul 09.00 WIB pagi ini.

    Irjen Agus menyampaikan itu setelah melakukan rapat evaluasi arus mudik Lebaran bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi di Pos Pengamanan Terpadu Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 29, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/3) malam. Menurutnya, pencabutan one way nasional berdasarkan evaluasi arus lalu lintas selama arus mudik.

    “Kami sampaikan kepada rekan-rekan media, pencabutan one way nasional itu besok (hari ini) akan kami lakukan di Kilometer 70. Kebetulan Pak Menteri juga hadir. Untuk arus lalu lintas hari ini cukup lancar. Jadi puncak mudiknya sudah kita lewati,” kata Agus Suryonugroho usai rapat bersama Menhub dan stakeholder lainnya.

    “Sekali lagi, besok (hari ini) kami jam 09.00 WIB dengan Pak Menteri, dari Jasa Marga dan Jasa Raharja, penutupan one way mudik nasional dilakukan di Kilometer 70,” lanjut dia.

    Dia menyampaikan pencabutan one way nasional berdasarkan masukan dari Dirlantas Polda Jawa Barat dan Dirlantas Polda Jawa Tengah berdasarkan evaluasi arus mudik.

    “Kita lihat hari ini (kemarin) masih cukup lumayan, tapi sudah lancar ya. Maka dari itu, pertimbangan dari Dirlantas Jabar, pertimbangan dari Dirlantas Jateng, menyarankan untuk bisa memberi peluang hari ini (kemarin) untuk ke arah Trans Jawa,” ucapnya.

    “Kami ingin mengimbau kepada masyarakat, khususnya nanti pada saat balik arus balik, masyarakat mempertimbangkan merencanakan perencanaan arus balik secara matang, dengan me-refer atau merujuk pada perjalanan mudiknya. Jadi arus balik dihitung dengan cermat, direncanakan dengan baik, sehingga bisa berjalan dengan aman, lancar, dan selamat,” ucapnya.

    (maa/maa)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Menhub Apresiasi Langkah Kakorlantas Terapkan One Way Lokal Bertahap

    Menhub Apresiasi Langkah Kakorlantas Terapkan One Way Lokal Bertahap

    Jakarta

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi mengapresiasi langkah Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho dalam menerapkan One Way Lokal bertahap di saat arus mudik Lebaran. Menurut Dudy langkah itu efektif mengurai kepadatan lalu lintas menuju tol Trans Jawa.

    Hal itu disampaikan Menhub Dudy saat menghadiri rapat koordinasi terkait penutupan cara bertindak skema rekayasa One Way Nasional di Pos Pengamanan Terpadu Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 29, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/3/2025).

    Dalam rapat itu turut dihadiri Dirops PT Jasa Marga Fitri Wiyanti, dan Dirops Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana.

    Dalam rapat koordinasi itu, Menhub sempat menyampaikan apresiasi dari Kapolri kepada Korlantas Polri atas penerapan one way lokal sebelum melaksanakan one way nasional yang dilakukan pada momen mudik lebaran tahun ini.

    One Way Berakhir Pagi Ini

    Sebelumnya, Irjen Agus Suryonugroho mengatakan kebijakan one way nasional pada saat arus mudik akan dicabut pada Minggu besok. Dia mengatakan pencabutan one way nasional akan diberlakukan mulai pukul 09.00 WIB.

    Hal itu disampaikan Irjen Agus setelah melakukan rapat evaluasi arus mudik Lebaran bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi di Pos Pengamanan Terpadu Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 29, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/3). Menurutnya, pencabutan one way nasional berdasarkan evaluasi arus lalu lintas selama arus mudik.

    “Sekali lagi, besok (hari ini) kami jam 09.00 WIB dengan Pak Menteri, dari Jasa Marga dan Jasa Raharja, penutupan one way mudik nasional dilakukan di Kilometer 70,” jelasnya.

    (maa/maa)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • KAI akan perluas Stasiun Pasar Senen antisipasi peningkatan penumpang

    KAI akan perluas Stasiun Pasar Senen antisipasi peningkatan penumpang

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memperluas Stasiun Pasar Senen, Jakarta untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, utamanya masa-masa puncak, seperti arus mudik, arus balik, Natal dan tahun baru, atau libur sekolah.

    “Nanti akan diperpanjang ke utara Stasiun Pasar Senen, ada skybridge (jembatan penghubung) juga,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu malam.

    Ia menyebutkan ke depan juga ada kemungkinan integrasi dengan transportasi-transportasi umum di Jakarta untuk memudahkan para penumpang yang berasal dari daerah Jabodetabek maupun kota-kota penyangga lain di Jakarta. Namun untuk saat ini, PT KAI sedang fokus memperbaiki layanan untuk penumpang.

    “Saat ini kita lebih fokus ke pelayanan penumpang kita. Nanti pengembangannya akan berkembang dengan periode berikutnya,” ujar dia.

    Ia juga menginformasikan bahwa puncak arus mudik Lebaran 1446 H diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 hingga 30 Maret 2025 atau H-3 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri. KAI Daop 1 Jakarta siap melayani masyarakat yang akan menggunakan jasa kereta api sebagai moda transportasi utama untuk mudik ke kampung halaman.

    Untuk meningkatkan pelayanan selama masa arus mudik dan balik Lebaran 1446 H, PT KAI menyediakan berbagai fasilitas mulai dari posko mudik di stasiun-stasiun utama, seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Stasiun Cikampek untuk memudahkan koordinasi, informasi dan pelayanan kepada penumpang.

    “KAI juga menyediakan layanan kesehatan di stasiun dan kereta api untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan, sedangkan untuk meningkatkan penjagaan dan kenyamanan pemudik, KAI juga bekerja sama dengan aparat kepolisian dan petugas keamanan untuk menjaga situasi tetap kondusif selama puncak arus mudik,” ujar dia.

    KAI juga terus berkomitmen meningkatkan fasilitas pelayanan baik itu di stasiun maupun di atas kereta api, mulai dari ruang tunggu ber-AC, tempat bermain anak, eskalator, boarding dengan pengenalan wajah atau face recognition, toilet, musala, penyediaan tempat pengisian air minum hingga pernak-pernik bernuansa lebaran.

    “Untuk di atas kereta api, dengan melakukan berbagai inovasi pengurangan kapasitas tempat duduk dari 80 menjadi 70 sehingga menjadikan ruang gerak penumpang lebih luas,” tuturnya.

    Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Daop 1 Jakarta juga telah menambah jumlah perjalanan kereta api tambahan 380 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ), baik untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir maupun Pasar Senen, dengan rata-rata 17 perjalanan KA per hari.

    Total perjalanan KAJJ yang disediakan selama masa angkutan Lebaran 1446 H sebanyak 1.876 perjalanan atau 85 perjalanan per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 1.047.341 tempat duduk.

    Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
    Editor: M. Hari Atmoko
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Daop 1 prediksi puncak mudik terjadi mulai Jumat sampai Minggu

    KAI Daop 1 prediksi puncak mudik terjadi mulai Jumat sampai Minggu

    KAI Daop 1 Jakarta menambah jumlah perjalanan kereta api tambahan sebanyak 380 perjalanan KAJJ

    Jakarta (ANTARA) – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) memprediksi puncak arus mudik mulai 28 hingga 30 Maret 2025 atau H-3 hingga H-1 menjelang Lebaran.

    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyebutkan volume penumpang rata-rata lebih dari 50.000 per hari yang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan beberapa stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta.

    Ixfan di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana, baik di stasiun maupun di kereta api, untuk menghadapi puncak arus mudik Lebaran 2025.

    Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, KAI Daop 1 Jakarta menambah jumlah perjalanan kereta api tambahan sebanyak 380 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ), baik untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir maupun Pasar Senen, dengan rata-rata 17 perjalanan KA per hari.

    Ia menyebutkan total perjalanan KAJJ selama masa angkutan Lebaran 2025 sebanyak 1.876 perjalanan atau 85 perjalanan per hari dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 1.047.341 seat.

    Di samping itu, pihaknya juga telah membuka posko mudik di stasiun-stasiun utama seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Stasiun Cikampek untuk memudahkan koordinasi, informasi, dan pelayanan kepada penumpang.

    Selain itu, juga layanan kesehatan di stasiun dan kereta api untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2025

  • Sepenggal Kisah Starling yang Bertahan di Tengah Tren Kopi Kekinian

    Sepenggal Kisah Starling yang Bertahan di Tengah Tren Kopi Kekinian

    Jakarta

    Hari Minggu tidak membuat Andik Eko Prasetyo berhenti bekerja. Penjual kopi keliling, atau yang sering disebut ‘starbak keliling’ (starling), ini tetap mangkal di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tepatnya di belakang Mal Kelapa Gading (MKG).

    Hujan baru turun rintik-rintik Minggu (23/2) pagi itu ketika Andik mulai berjualan di depan kantor BRI Unit Gading Mandiri. Sehari-hari, lokasi itu ditempati oleh mertuanya yang juga berjualan starling.

    “Yang jualan di sini biasanya mertua, saya keliling. Kalau mertua libur, baru saya di sini. Kelilingnya daerah sini-sini saja,” kata Andik ketika berbincang dengan detikcom.

    Andik dulunya merupakan teknisi di sebuah pabrik lampu terkemuka yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Sudah 11 tahun dia bekerja di sana hingga akhirnya terimbas pemangkasan karyawan karena Covid-19. Tahun 2020 itu, Andik pun pulang ke tempat asal istrinya di Jakarta Utara.

    Awalnya Andik mencoba melamar pekerjaan serupa di daerah Cikarang, Jawa Barat. Sambil menunggu peruntungannya, Andik mengisi waktu dengan ikut berjualan starling.

    “Lihat mertua jualan starling, akhirnya ngikut daripada jadi pengangguran. Tadinya buat samlingen aja, eh malah keenakan,” tuturnya, lantas tertawa.

    Berhubung sudah punya motor Supra, waktu itu Andik tinggal membuat gerobak dan membeli stok kopi sachet. Dia juga perlu alat-alat seperti sendok, gelas, termos, dan sebagainya. Dihitung-hitung, Andik mengeluarkan modal kurang lebih Rp 3 juta.

    Bapak dua anak itu mengaku lumayan takjub dengan penghasilan sebagai starling di awal-awal. Dalam sehari, dia mengaku bisa mengantongi penghasilan kotor sampai Rp 500-600 ribu. Jika dihitung dengan modal hariannya, yang paling besar Rp 300 ribu, Andik sudah untung 80-100 persen.

    “Kalau ramai bisa sampai Rp 1 juta – Rp 1,5 juta dulu. Momen-momen seperti tahun baru dan Idulfitri ramai juga, bisa buka sampai H+2,” ceritanya.

    Karena kerap berjualan di depan kantor unit BRI, Andik pun ditawari untuk mengajukan pinjaman. Akhirnya dia mendapat pinjaman KUR Mikro pada tahun 2024, sebesar Rp 15 juta. Modal itu digunakannya bukan cuma untuk bisnis kopi starling, tapi juga membantu usaha istrinya.

    “Sebenarnya itu masih di-push sampai Rp 30 juta, tapi kebanyakan. Buat starling segitu (Rp 15 juta) sudah cukup,” paparnya.

    Bertahan di Tengah Gempuran Kopi Kekinian

    Selain starling, di sekitar tempat Andik berjualan juga sudah mulai banyak kopi kekinian keliling. Andik mengaku kehadiran kopi-kopi bersepeda listrik itu cukup berpengaruh ke omzetnya. Seperti yang diceritakannya, pendapatan dulu bisa mencapai Rp 1 juta. Saat ini, bisa data Rp 500 ribu saja sudah syukur.

    “Ada sekitar 300 sepeda listrik (kopi keliling) di daerah ini. Belum ada setahunan, tapi pengaruh banget sih ke starling. Pendapatan bisa turun 50 persen,” tutur Andik.

    Namun, dia mengaku tidak ambil pusing dengan kehadiran kopi kekinian keliling itu. Selama bisa memenuhi kebutuhan hariannya, Andik sudah merasa cukup.

    Untuk menambah daya tarik starlingnya, Andik pernah mencoba menjual cireng istrinya juga di gerobak starling. Setidaknya cireng tersebut bisa menjadi pembeda.

    “Tapi bawa-bawa gitu ternyata cepat dingin, takutnya konsumen nggak tertarik lagi. Harus menambah kompor, sih,” katanya.

    Meski persaingan semakin ketat, Andik mengaku masih berniat meneruskan usaha starlingnya. Dia bahkan mengaku lebih nyaman berjualan kopi sachet keliling, karena pendapatannya kurang lebih sama seperti ketika bekerja di pabrik. Bedanya, kini Andik bisa tinggal bersama keluarga kecilnya, tidak seperti waktu di Batam.

    “Ini juga lebih banyak dibandingkan kerja yang dulu (di Batam). Dulu sebulan termasuk lembur, kalau dihitung per harınya, lebih banyak dari starling. Tergantung kita nabungnya. Kalau gaji datang sebulan sekali, sedangkan kebutuhan setiap hari ada. Starling perputaran uangnya lebih kelihatan,” paparnya.

    Andik juga merasa bersyukur karena dirangkul pihak BRI. Selain mendapat pinjaman, dia juga merasakan beberapa bantuan lain. Seperti mendapat fasilitas payung untuk gerobaknya dan QRIS.

    “Boleh jualan di sini, dikasih payung, dikasih QRIS. Tadinya nggak pakai QRIS. Sampai sekarang kebanyakan pembeli masih bayar pakai tunai. Kecuali kalau habis gajian, baru mereka pakai QRIS,” lanjutnya.

    Manajer Bisnis Mikro (MBM) BRI KC Tanjung Priok Sukma Julianto mengatakan starling merupakan salah satu klaster yang masuk ke dalam Klusterku Hidupku. Starling di sekitar kantor unit memang menjadi salah satu jenis usaha yang potensial untuk dibina.

    “Kalau starling itu memang kita cari yang ada di sekitaran kantor kita dulu. Sudah bisa kita salurkan, belum? Nggak usah jauh-jauh, ada yang di depan mata kita garap,” jelas Sukma ditemui di kantornya, Selasa (25/3/2025).

    Dari situ, pihak BRI umumnya mendalami lagi ekosistem usaha yang melibatkan UMKM tersebut. Misalnya untuk klaster starling, ada kaitannya dengan agen penyedia produk minuman sachet.

    “Kita pelajari ekosistemnya, karena biasanya tiap wilayah itu ada produk unggulannya,” lanjut Sukma

    (des/hns)

  • Cerita Sandi Mudik Gunakan Sepeda dari Cikarang ke Gunungkidul, Tempuh Perjalanan 4 Hari
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        29 Maret 2025

    Cerita Sandi Mudik Gunakan Sepeda dari Cikarang ke Gunungkidul, Tempuh Perjalanan 4 Hari Yogyakarta 29 Maret 2025

    Cerita Sandi Mudik Gunakan Sepeda dari Cikarang ke Gunungkidul, Tempuh Perjalanan 4 Hari
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com
    – Kayuhan sepeda
    Sandi Setyawan
    agak sedikit tersendat saat naik di Bundelan Hills, Ngawen,
    Gunungkidul
    , DI Yogyakarta, Sabtu (29/3/2025) siang.
    Sandi sudah bersepeda dari
    Cikarang
    menuju rumah mertuanya di Jurang Jero, Ngawen, selama 4 hari, 4 malam.
    Setelah melewati tanjakan, ia langsung turun ke kanan melewati jalan kecil di kanan kiri lahan persawahan padi.
    Sepeda dengan tulisan “mudik santai ke-6
    Cikarang

    Gunungkidul
    ” di depan dan belakang akhirnya sampai ke rumah sederhana dengan pemandangan yang indah.
    Di sana, mertua, istrinya, dan anak sudah menunggu.
    Setelah melepas lelah sejenak, Sandi bercerita kepada awak media.
    “Saya berangkat Selasa (25/3/2025) selepas maghrib, dan sampai hari ini, jam 14.30 WIB,” kata Sandi saat ditemui di Ngawen, Sabtu.
    Sandi mengatakan, dirinya berangkat melalui jalur Pantai Utara Jawa melewati Cirebon, Pemalang, Semarang, Boyolali, Cawas, menuju Ngawen.
    Pria yang memiliki hobi bersepeda ini memilih bersepeda untuk mudik, sementara anak dan istrinya menggunakan mobil.
    Selama perjalanan, ia memilih untuk bersepeda di malam hari.
    Siangnya digunakan untuk mencuci pakaian, istirahat, dan mengisi ulang aki yang digunakan untuk penerangan dan alat pemutar lagu di sepedanya.
    Sepeda berwarna hitam itu dipenuhi lampu, baik di frame hingga di helmnya yang juga diberikan lampu.
    Untuk isi tas, ia membawa pakaian, alat pembenahan sepeda, dan peralatan mandi.
    “Jadi bajunya itu dicuci kering lalu disimpan, dan besok digunakan lagi. Jadi cuci kering pakai,” kata Sandi.
    Dalam perjalanan, ia mengaku bahwa yang paling berat adalah di wilayah Semarang, Jawa Tengah, karena di sana banyak tanjakan ekstrem.
    Selama perjalanan empat hari empat malam, dirinya hanya menghabiskan uang kurang dari Rp 400.000.
    “Kalau makan hanya 2 kali sehari, paling banyak untuk minum,” kata dia.
    Sandi mengatakan, dirinya mudik bersepeda sejak 2016 lalu, sempat berhenti selama 3 tahun. Total sudah 6 kali dirinya mudik menggunakan sepeda dengan jarak tempuh sekitar 600 kilometer.
    “Kalau siang atau hujan, istirahat. Karena kalau pakai jas hujan, di luar basah, di dalam kering, itu bahaya untuk kesehatan,” kata dia.
    “Nanti pulangnya pada 5 April 2025, sepedanya dipaketin, pulang naik mobil,” kata Sandi.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI Logistik Tetap Beroperasi dan Angkut Barang Selama Lebaran 2025

    KAI Logistik Tetap Beroperasi dan Angkut Barang Selama Lebaran 2025

    Jakarta

    PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) memastikan seluruh layanan logistik milik perusahaan tetap berjalan optimal selama periode libur Lebaran 2025. Sebab anak usaha dari PT KAI (Persero) ini akan terus mengoperasikan layanan angkutan barang untuk berbagai sektor strategis, termasuk Fast Moving Consumer Goods (FMCG), ritel, dan energi.

    Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto, mengatakan kebutuhan energi nasional menjadi sangat prioritas untuk memastikan kebutuhan masyarakat khususnya selama periode Idul Fitri tetap terpenuhi.

    Untuk itu pihaknya melakukan pengelolaan batu bara dan keterminalan dalam mengantisipasi volume angkutan batu bara yang diproyeksikan mencapai 824.463 MT periode 24 Maret-8 April 2025.

    “Dikarenakan hal tersebut, KAI Logistik memastikan kesiapan operasional selama 24 jam,” tegas Heri dalam keterangan resminya, Sabtu (29/3/2025).

    Selain angkutan batu bara, KAI Logistik juga memastikan kelancaran distribusi industri melalui KA kontainer. Menurutnya Layanan ini menjadi solusi efektif menghadapi pembatasan operasional truk selama masa mudik Lebaran yang diberlakukan pada 24 Maret-8 April 2025 di ruas jalan tol dan non-tol.

    “Dengan menggunakan moda kereta api, distribusi logistik tetap berjalan lancar tanpa terhambat kemacetan, serta memprioritaskan akses jalan untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan selamat,” paparnya.

    Kemudian selama periode Lebaran, ia mengatakan permintaan angkutan logistik mengalami peningkatan. Terutama pada sektor FMCG, ritel, dan farmasi yang membutuhkan stok tambahan menjelang libur panjang.

    “Tercatat, pada sektor FMCG terjadi kenaikan 30-41% dalam penggunaan angkutan kontainer dibandingkan pada hari-hari biasanya. Permintaan terhadap layanan KA kontainer station to station juga meningkat karena menjadi solusi alternatif bagi pelaku industri logistik,” lanjut Heri.

    Volume angkutan ekspor-impor selama masa libur Lebaran tahun ini juga diproyeksikan mengalami tren positif. Salah satu indikatornya adalah peningkatan angkutan ekspor-impor yang dilayani melalui KA Kontainer rute JICT-Cikarang Dry Port sehingga distribusi pada layanan ini hanya akan libur beroperasi pada Hari Idulfitri.

    Sehingga sebagai upaya antisipasi lonjakan permintaan logistik selama libur Lebaran, KAI Logistik telah menerapkan berbagai strategi operasional.

    “Sebelumnya, kami telah menambah jadwal perjalanan dan frekuensi angkutan KA, termasuk mengoperasikan KA KALOG 3 rute Sungai Lagoa-Klari-Kalimas PP dengan kapasitas 30 gerbong datar (60 TEUs) atau 1.080 ton per perjalanan yang menjadi langkah strategis kami di tahun 2025. Selain itu, kami juga mengoptimalkan rotasi armada kontainer, operasional terminal bongkar muat, serta berkoordinasi dengan pelanggan agar pengiriman berjalan lancar sesuai kebijakan pembatasan jalan dari pemerintah guna kelancaran proses distribusi,” jelasnya.

    Dengan berbagai strategi yang telah disiapkan, KAI Logistik berkomitmen untuk terus memberikan layanan logistik yang andal guna mendukung kelancaran distribusi barang selama periode Lebaran 2025.

    “Sistem transportasi yang aman, efisien, dan bebas hambatan lalu lintas menjadikan kereta api sebagai solusi utama dalam memastikan distribusi logistik tetap lancar selama periode Lebaran. Selain menjaga ketepatan waktu pengiriman, moda ini juga mendukung kebijakan pemerintah dalam menjamin keselamatan, keamanan, serta kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2025,” tutup Heri.

    (igo/eds)

  • Tol MBZ dan Sejumlah Titik Tol Cikampek Padat di Malam Puncak Arus Mudik

    Tol MBZ dan Sejumlah Titik Tol Cikampek Padat di Malam Puncak Arus Mudik

    Jakarta

    Puncak arus mudik Lebaran 2025 diprediksi masih terjadi pada tengah malam ini. Sejumlah titik di Tol Cikampek dan Jalan Layang Tol Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ) menuju arah timur mengalami kepadatan lalu lintas (lalin).

    Berdasarkan keterangan Jasa Marga di media sosial X, Sabtu (29/3/20205), sekitar pukul 00.23 WIB Cibitung Km 22-Cikarang Barat Km 28 kepadatan volume lalin. Cikarang Barat Km 31-Cikarang Pusat Km 39 kepadatan volume lalin, lalu Cikarang Pusat Km 41-Karawang Barat Km 48 kepadatan volume lalin.

    “00.23 WIB #Tol_Japek Karawang Timur Km 53-Km 54 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin. Karawang Timur Km 56-Km 57 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin. Dawuan Km 63-Km 64 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin,” tulis Jasa Marga.

    Sementara itu, Karawang Barat Km 47+200-Cikampek Utama Km 70 diberlakukan contraflow. Rest area Karawang Timur Km 57 arah Cikampek diberlakukan buka tutup secara situasional.

    Tol Layang MBZ Cikunir Km 10-Km 11 arah Cikampek kepadatan volume lalin. Bekasi Timur Km 15-Km 16 arah Cikampek Kembali padat, kepadatan volume lalin.

    “00.27 WIB #Jalan_Layang_MBZ Tambun Km 22-Km 24 padat, kepadatan volume lalin. Karawang Barat Km 47-Km 48 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin,” imbuhnya.

    “Untuk jalur tol dan jalur arteri kemungkinan puncak arus mudik pagi hari ini, mulai dari malam sampai dengan nanti subuh dan mungkin khusus untuk di Jawa karena menjadi tujuan mudik, mungkin antara jam 09.00, jam 10.00, itu akan mencapai puncaknya,” ucap Kapolri usai meninjau mudik Stasiun Tugu, Yogyakarta, Jumat (28/3).

    “Oleh karena itu tadi kita sudah cek bagaimana melakukan upaya rekayasa mulai dari membuat one way local, kemudian mengatur buka tutup untuk jalur-jalur yang mengarah ke wilayah yang memang padat,” imbuhnya.

    detikcom mengundang para pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idulfitri 2025 ini.

    Cerita dan foto dapat dikirimkan ke email redaksi detikcom di alamat redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon yang dapat dihubungi ya.

    Salam sehat, semoga mudiknya lancar sampai tujuan.

    (rfs/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Tahun Kelima Program Sosial Roda-Roda Ramadan, 1.000 Paket Sembako Disebar di Jabar dan DKI – Halaman all

    Tahun Kelima Program Sosial Roda-Roda Ramadan, 1.000 Paket Sembako Disebar di Jabar dan DKI – Halaman all

    Tahun Kelima Program Roda-Roda Ramadan, Lebih dari 1.000 Paket Sembako Disebar di 3 Lokasi

    Eko Sutriyanto/Tribunnews.com

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Program sosial swadaya masyarat dan sektor swasta, Roda-Roda Ramadan, kembali digulirkan pada bulan puasa tahun ini.

    Kali ini, sebanyak lebih dari 1000 paket sembako disalurkan ke tiga lokasi utama, yaitu Muara Angke, Jakarta Utara, satu wilayah di Jakarta Selatan, dan Desa Pasirranji, Cikarang Pusat, Jawa Barat.

    Sebagai informasi, program sosial yang diinisiasi produsen penyejuk ruangan, PT Daikin Airconditioning Indonesia (DID) berkolaborasi dengan induk bisnisnya, PT Daikin Industries Indonesia (DIID), ini telah memasuki tahun kelima sejak pertama kali diadakan.

    Budi Mulia, Direktur DID dan DIID menjelaskan, proram ini menjadi bagian dari kampanye corporate social responsibility (CSR) pihaknya dengan menyasar wilayah dan komunitas yang membutuhkan dukungan.

    “Seturut dengan namanya, program ini memang didesain untuk terus bergulir tiap bulan Ramadan,” ujar Budi, dikutip Jumat (28/3/2025).

    “Penyampaian donasi kepada masyarakat yang membutuhkan ini menjadi bagian dari wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar,” tambahnya.

    PAKET SEMBAKO –  Pembagian paket sembako ke warga melalui program Roda-Roda Ramadan. Program sosial ini merupakan salah satu inisiatif sosial tahunan yang diadakan bertepatan dengan bulan Ramadan,dengan menyalurkan lebih dari 1000 paket sembako. (HO/IST)

    Pilih Desa Pasirranji Sebagai Lokasi Distribusi

    Alasan itu pula yang membuat pihaknya memilih Desa Pasirranji sebagai salah satu lokasi distribusi.

    Hal ini, kata dia, didasarkan pada kedekatan lokasi tersebut dengan pabrik terbaru pihaknya di Cikarang Pusat.

    “Kami ingin keberadaan pabrik benar-benar berdampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Budi Mulia.

    Dalam penyaluran bantuan ini, kata Budi, pihaknya berkolaborasi dengan paltform BenihBaik.com, yang dikenal memiliki reputasi baik dalam program pengembangan masyarakat.

    Lebih lanjut, Budi Mulia menyatakan, seiring perkembangan perusahaan di Indonesia, pihaknya akan terus mengembangkan berbagai inisiatif sosial.

    “Kami berharap dapat berkolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk menciptakan gerakan yang lebih besar dalam kepedulian terhadap masyarakat Indonesia,” katanya.