kab/kota: Cikarang

  • Tambahan 2 Kereta, Kini Ada 5 KRL Baru di Jalur Bogor dan Cikarang
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Juni 2025

    Tambahan 2 Kereta, Kini Ada 5 KRL Baru di Jalur Bogor dan Cikarang Megapolitan 14 Juni 2025

    Tambahan 2 Kereta, Kini Ada 5 KRL Baru di Jalur Bogor dan Cikarang
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT KAI Commuter kembali menambah dua rangkaian kereta rel listrik (KRL)
    commuter line
    untuk Bogor dan Cikarang Line.
    Kedua KRL ini dioperasikan mulai hari ini, Sabtu (14/6/2025), setelah melalui proses sertifikasi keselamatan dan kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.
    Dengan adanya penambahan dua
    trainset,

    KRL baru
    CLI-125 yang beroperasi di Jabodetabek kini ada lima rangkaian.
    “Hingga saat ini, KAI Commuter telah mengoperasikan sebanyak lima
    trainset
    CLI-125 yang terdiri dari tiga
    trainset
    di Lintas Bogor dan dua trainset Lintas Cikarang dengan seluruhnya SF12,” ujar Manager Public Relations KAI Commuter Leza Arlan dalam keterangan tertulis, Sabtu.
    SF12 artinya adalah satu
    trainset
    terdiri dari 12 gerbong. Sebelumnya, tiga KRL baru telah lebih dulu diluncurkan pada 1 juni 2025.
    Leza menegaskan, pengoperasian KRL baru ini untuk menggantikan dua
    trainset
    yang beroperasi di lintas tersebut, bukan menambah perjalanan kereta.
    Sebagai informasi, sepanjang Juni 2025 ini rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari kerja hampir 1 juta orang.
    Rata-rata pengguna pada lintas Bogor sebanyak 406.347 orang per harinya dan pada lintas Cikarang sebanyak 221.468 orang per harinya.
    Sedangkan untuk pengguna pada saat
    weekend
    di lintas Bogor pada bulan Juni di angka 311.533 orang.
    Sementara itu, di lintas Cikarang jumlah pengguna pada akhir pekan mencapai 179.046 orang.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 2 KRL Baru Beroperasi di Jalur Bogor dan Cikarang Mulai Hari Ini
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Juni 2025

    2 KRL Baru Beroperasi di Jalur Bogor dan Cikarang Mulai Hari Ini Megapolitan 14 Juni 2025

    2 KRL Baru Beroperasi di Jalur Bogor dan Cikarang Mulai Hari Ini
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT KAI Commuter menambah dua rangkaian
    KRL baru
    CLI-125 di lintas Bogor dan Cikarang pada akhir pekan ini, Sabtu (14/6/2025).
    Penambahan sarana baru ini dilakukan setelah dua rangkaian tersebut dinyatakan lulus sertifikasi keselamatan dan kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.
    Manager Public Relations KAI Commuter Leza Arlan menjelaskan, kedua rangkaian baru tersebut masing-masing terdiri dari 12 kereta atau satuan formasi SF12.
    “Untuk dua
    trainset
    beroperasi hari ini, masing-masing dijalankan di Lintas Bogor dan Lintas Cikarang,” ujar Leza dalam keterangannya, Sabtu.
    Dengan demikian, ada lima rangkaian CLI-125 yang telah beroperasi di Jabodetabek. Sebanyak tiga di antaranya melayani lintas Bogor dan dua lainnya beroperasi di lintas Cikarang.
    Namun, pengoperasian sarana baru ini bukan untuk menambah jumlah perjalanan, melainkan menggantikan rangkaian lama yang sebelumnya digunakan di lintas tersebut.
    “Pengoperasian trainset baru CLI-125 ini untuk menggantikan dua
    trainset
    yang beroperasi di lintas tersebut dan belum untuk tambahan perjalanan,” jelas dia.
    Rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari kerja selama Juni 2025 tercatat hampir mencapai 1 juta orang.
    Dari jumlah tersebut, pengguna di lintas Bogor tercatat sebanyak 406.347 orang per hari, sementara di lintas Cikarang sebanyak 221.468 orang.
    Sedangkan pada akhir pekan, volume pengguna di lintas Bogor tercatat mencapai 311.533 orang, dan lintas Cikarang sebanyak 179.046 orang.
    Melihat jumlah pengguna KRL yang banyak, Leza mengimbau kepada seluruh penumpang untuk menjaga fasilitas kereta.
    “Bagi pengguna Commuter Line yang akan menggunakan sarana KRL baru ini diimbau untuk menjaga fasilitas layanan yang tersedia di dalam kereta dengan tidak melakukan aksi vandalisme,” ucap dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Bio Farma Resmi Distribusikan Radiofarmaka ke 3 Rumah Sakit

    Bio Farma Resmi Distribusikan Radiofarmaka ke 3 Rumah Sakit

    Jakarta

    BUMN farmas PT Bio Farma (Persero) resmi mendistribusikan produk radiofarmaka pertama hasil produksi dalam negeri, Fludeoxyglucose – 18F atau FloDeg, ke tiga rumah sakit mitra yaitu RS Tzu Chi PIK Jakarta, RS Mitra Plumbon Cirebon, dan RS Mandaya Royal Puri Tangerang.

    Distribusi ini menandai babak baru penguatan ketahanan kesehatan nasional sejalan dengan visi Pemerintah di bawah Presiden Prabowo Subianto yang fokus membangun industri farmasi strategis dan berteknologi tinggi.

    “Ini adalah momen bersejarah karena Indonesia untuk pertama kalinya memproduksi dan mendistribusikan radiofarmaka secara mandiri. Ke depan, kami akan terus kembangkan portofolio produk theranostic lainnya demi mendukung pelayanan kesehatan berbasis teknologi kedokteran nuklir,” ujar Direktur Pengembangan Usaha PT Bio Farma (Persero), Yuliana Indriati, dalam keterangannya, Jumat (13/6/2025).

    FloDeg diproduksi di fasilitas Cyclotron milik Bio Farma di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat, yang diresmikan pada September 2024 oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Fasilitas ini adalah yang pertama di Indonesia dan telah memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari BPOM serta protokol keselamatan radiasi dari BAPETEN. Bio Farma pun mengklaim fasilitas ini sebagai salah satu pusat produksi radiofarmaka paling maju di Asia Tenggara.

    Direktur Medis RS Tzu Chi, dr. Suriyanto, mengapresiasi kecepatan respons dan kualitas produk FloDeg. “Kami bersyukur atas kualitas FloDeg yang sangat baik, ini menjadi awal kerja sama strategis yang kami harap terus berlanjut,” ujarnya.

    Senada, Spesialis Kedokteran Nuklir RS Tzu Chi, dr. Aulia Huda, menyatakan, “FloDeg menunjukkan kualitas tinggi dan aktivitas yang sesuai bahkan melampaui harapan kami. Kami harap Bio Farma terus mengembangkan produk theranostic lainnya.”

    Sementara itu, Direktur Pemasaran Bio Farma, Kamelia Faisal, menegaskan bahwa FloDeg bukan hanya produk baru, tetapi simbol transformasi Bio Farma sebagai pelopor teknologi radiofarmaka nasional. “Ini wujud kesiapan Indonesia untuk mandiri dalam ekosistem kedokteran nuklir,” katanya saat distribusi perdana di RS Mitra Plumbon Cirebon.

    Direktur RS Mitra Plumbon, dr. Herry Septijanto, mengungkapkan distribusi FloDeg sangat membantu layanan PET Scan yang sudah berjalan sejak April 2025. “Ini dukungan nyata untuk pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus kemandirian industri farmasi nasional,” katanya.

    (rrd/rir)

  • Subsidi Motor Listrik, Agus Gumiwang: Masih Dibahas di Lapangan Banteng

    Subsidi Motor Listrik, Agus Gumiwang: Masih Dibahas di Lapangan Banteng

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA —  Program subsidi motor listrik tampaknya masih akan dilanjutkan pemerintah pada 2025. itu artinya masyarakat bisa menikmati potongan harga jika ingin membeli motor listrik.

    Terkait program subsidi tersebut, pemerintah kini tengah mematangkan kelanjutan program insentif pembelian sepeda motor listrik senilai Rp 7 juta per unit.

    Kabar baik ini menjadi angin segar bagi masyarakat yang tengah mempertimbangkan beralih ke kendaraan ramah lingkungan, di tengah tren elektrifikasi transportasi yang kian menguat di Indonesia.

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa pembahasan insentif masih berlangsung intensif di internal pemerintah. “Masih dibahas di kantor, di Lapangan Banteng (Kemenko Perekonomian),” ujarnya usai meresmikan pabrik DVCI di Cikarang, Selasa (10/6).

    Saat ditanya apakah skema baru insentif ini akan direalisasikan pada kuartal kedua tahun ini, Agus hanya menjawab singkat, “Dibahas di Lapangan Banteng,” tanpa merinci lebih lanjut.

    Sementara itu, sinyal positif datang dari Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza yang memastikan bahwa program insentif tetap akan berlanjut pada tahun 2025. 

    “Insentif motor listrik lanjut,” kata Faisol beberapa waktu lalu. Ia juga menyebut bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menyetujui kelanjutan program ini.

    “Bu Menkeu sudah setuju,” tegasnya, menambahkan bahwa besaran kuota insentif kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

  • Pabrik Daimler Resmi Beroperasi di Cikarang, Produksi Sasis Truk dan Bus Mercy

    Pabrik Daimler Resmi Beroperasi di Cikarang, Produksi Sasis Truk dan Bus Mercy

    Jakarta

    Pabrik baru Daimler resmi beroperasi di Cikarang. Pabrik seluas 15 hektare bakal memproduksi sasis truk dan bus Mercedes-Benz dengan kapasitas tahunan mencapai 5.000 unit.

    “Fasilitas ini bukan sekadar infrastruktur fisik-melainkan simbol kolaborasi strategis, serta bukti nyata, dari komitmen kami terhadap masa depan industri otomotif Indonesia. Kami berinvestasi pada infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, dan kemitraan jangka panjang untuk meningkatkan kandungan lokal, memperkuat rantai pasok domestik, serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi strategis Daimler Truck di Asia Tenggara. Bersama, kita bangun ekosistem industri yang lebih kuat, kompetitif, dan berkelanjutan,” ungkap Managing Director & CEO Daimler India Commercial Vehicles (DICV) Satyakam Arya dalam keterangan resminya.

    Pabrik Cikarang yang dioperasikan oleh Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) ini akan terus memproduksi model-model andalan seperti Mercedes-Benz Axor Trucks: 2528 CH, 4928 T, 4028 T, 4023 T, 2528 RMC, 2528 CX, dan 2528 C, serta sasis bus Mercedes-Benz: OH 1626 L dan OH 1626 S yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

    “Pabrik ini bukan sekadar penambahan infrastruktur-melainkan perwujudan visi kami untuk memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia, memberdayakan masyarakat lokal, dan membangun ekosistem industri yang lebih kokoh. Setiap unit yang diproduksi di sini mencerminkan keunggulan rekayasa dan semangat kolaborasi, serta keyakinan kami akan masa depan Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan lapangan kerja, berinovasi, dan berkontribusi pada pertumbuhan Indonesia,” bilang Presiden Direktur DCVMI Sankaranarayanan Ramamurthi.

    Pabrik baru Daimler resmi beroperasi di Cikarang Foto: Dok. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI)

    Pabrik terbaru Daimler ini dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 500 miliar. Fasilitas ini tak sekadar memperluas kapasitas pabrik sebelumnya di Wanaherang, tapi juga membawa peningkatan dalam kelincahan operasional, efisiensi alur kerja, dan ketahanan solusi untuk pelanggan di Indonesia. Inisiatif ini menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan kendaraan niaga yang menjawab kebutuhan pasar lokal, baik dari sisi efisiensi produksi, keandalan layanan, hingga adopsi inovasi secara berkelanjutan. Perpaduan antara teknologi global Daimler dan keunggulan tim lokal Indonesia menjadi fondasi kuat dalam memastikan setiap produk mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan di seluruh Tanah Air.

    Pabrik baru ini mengusung sistem manufaktur terintegrasi dalam satu atap yang memungkinkan proses produksi berjalan lebih efisien dan terkonsolidasi. Dilengkapi dengan lintasan uji (test track) untuk mensimulasikan berbagai kondisi jalan serta ruang pengecatan canggih untuk meningkatkan kualitas cat, seluruh fasilitas ini mengikuti standar global Mercedes-Benz.

    Selain itu, DCVMI juga telah menerapkan berbagai inisiatif ramah lingkungan, termasuk sistem penghematan energi, pengelolaan limbah modern, serta pengembangan ruang hijau dengan metode Miyawaki. Pabrik ini juga menjadi bentuk penghargaan atas dedikasi para karyawan. Seluruh staf dari pabrik sebelumnya di Wanaherang menunjukkan komitmen penuh dalam mendukung relokasi dan pengembangan fasilitas baru ini.

    “Pemerintah menyampaikan apresiasi atas pembangunan pabrik baru PT DCVMI di Cikarang sebagai langkah strategis yang menunjukkan kepercayaan Daimler Truck AG terhadap prospek positif industri otomotif nasional Indonesia. Komitmen untuk memperkuat pasar ekspor, membangun rantai pasok lokal, dan menciptakan lapangan kerja sangat kami hargai. Kami juga menilai bahwa penguatan nilai TKDN, khususnya untuk industri kendaraan niaga, merupakan langkah penting dalam menjawab tantangan masih tingginya impor kendaraan komersial. Selain itu, kami sangat berbahagia karena orientasi pembangunan pabrik ini sangat relevan dalam merespons tantangan defisit perdagangan kendaraan niaga nasional. Seiring dengan transformasi menuju green mobility, pemerintah mendukung penuh penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam industri otomotif melalui kolaborasi erat antara pemerintah, industri, dan akademisi,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir dalam acara peresmian pabrik DCVMI tersebut.

    (lua/din)

  • KAI Commuter Layani 381.910 Penumpang Selama Libur Iduladha 2025

    KAI Commuter Layani 381.910 Penumpang Selama Libur Iduladha 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — KAI Commuter melayani sebanyak 381.910 pengguna selama masa angkutan libur panjang Iduladha 1446 Hijriah/2025 Masehi, termasuk saat cuti bersama, melalui layanan Commuter Line.

    Manager Public Relations KAI Commuter, Leza Arlan menyampaikan bahwa selama libur Iduladha dan cuti bersama, kondisi pengguna Commuter Line Jabodetabek di seluruh stasiun terpantau lancar dan kondusif.

    “Selain pengguna harian, masih banyak juga pengguna musiman yang memanfaatkan waktu libur bersama keluarga. Tercatat pengguna Commuter Line Jabodetabek di seluruh stasiun mencapai 381.910 orang,” kata Leza, dikutip dari Antara, Selasa (10/6/2025).

    Ia menambahkan bahwa peningkatan jumlah pengguna terutama terlihat di stasiun yang berada di kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, serta dekat dengan destinasi wisata.

    Stasiun Bogor tercatat sebagai stasiun keberangkatan dengan jumlah pengguna terbanyak, yakni 28.254 orang, disusul Stasiun Citayam sebanyak 19.849 orang, dan Stasiun Bekasi 18.145 orang.

    “Sedangkan stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak adalah Stasiun Tanah Abang dengan 32.480 orang, disusul Stasiun Sudirman dengan 20.658 orang, dan Stasiun Bogor sebanyak 17.404 orang,” ujar Leza.

    Di stasiun-stasiun transit, pergerakan pengguna juga terpantau cukup ramai namun tetap lancar. Stasiun Manggarai mencatat 69.438 pengguna transit yang berpindah arah menuju Jakarta Kota, Bogor, Bekasi, atau Tanah Abang.

    Sementara itu, Stasiun Tanah Abang mencatat 62.665 pengguna transit, Stasiun Duri sebanyak 33.999 pengguna, dan Stasiun Kampung Bandan sebanyak 7.809 pengguna.

    Di stasiun integrasi seperti Stasiun Rangkasbitung, yang terhubung dengan Commuter Line Merak, tercatat 11.645 pengguna naik dan 4.990 pengguna turun dari KRL. Sementara itu, di Stasiun Cikarang yang terintegrasi dengan Commuter Line Walahar, jumlah pengguna yang naik sebanyak 11.592 orang dan yang turun sebanyak 8.639 orang.

    KAI Commuter juga mengingatkan bahwa anak-anak minimal usia 3 tahun atau dengan tinggi badan minimal 90 cm wajib membeli tiket. Pengguna diimbau untuk selalu mengawasi anak-anak selama perjalanan.

    Selain itu, pengguna yang menunggu di area peron diminta untuk mendahulukan penumpang yang akan keluar dan tetap berada di belakang garis aman, tanpa menghalangi akses keluar penumpang dari dalam kereta.

    Selama masa cuti bersama, layanan Commuter Line Jabodetabek dioperasikan dengan 1.063 perjalanan harian, dimulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB. Puncak kepadatan penumpang tercatat terjadi antara pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

    Untuk layanan Commuter Line Basoetta selama libur Hari Raya Iduladha, tercatat rata-rata pengguna harian sebanyak 3.963 orang. Layanan ini mengoperasikan 64 perjalanan, mulai pukul 05.00 hingga 22.42 WIB.

    Stasiun yang melayani naik-turun pengguna Commuter Line Basoetta antara lain Stasiun Batu Ceper, Rawa Buaya, Duri, dan BNI City. Layanan ini diharapkan menjadi alternatif transportasi dari Jakarta menuju Tangerang.

    Selain itu, integrasi transportasi turut didorong melalui stasiun-stasiun seperti BNI City dan Sudirman, yang terhubung dengan LRT Jabodebek, MRT, TransJakarta, dan moda transportasi lainnya.

  • Manusia, kekayaan dan investasi terbesar bangsa

    Manusia, kekayaan dan investasi terbesar bangsa

    Jakarta (ANTARA) – Indonesia adalah negara dan bangsa yang besar, semua orang sepertinya mengetahui fakta tersebut. Besar dari kekayaan alamnya, besar di berbagai potensi di banyak sektor ekonomi, dan besar dari jumlah penduduk yang juga begitu majemuk.

    Penting untuk kembali disoroti, bahwa sumber daya manusia (SDM), sejatinya adalah bentuk kekayaan sebuah bangsa yang paling tinggi nilainya.

    Berdasarkan estimasi proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2025 adalah sekitar 284,4 juta jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk diperkirakan sekira 1,11 persen per tahun.

    Angka yang begitu besar ini pun turut dibarengi dengan puncak bonus demografi yang terjadi di Indonesia pada rentang tahun 2020-2030.

    Bonus demografi terjadi ketika jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) menjadi dominan dalam struktur populasi negara.

    Bukan rahasia lagi bahwa bonus ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh negara demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui tenaga kerja yang dapat mendongkrak produktivitas.

    Namun, apakah peluang itu bisa direngkuh jika berkaca dengan fenomena ketenagakerjaan saat ini di Indonesia?

    Tantangan

    Masih segar di ingatan tentang puluhan ribu orang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Mulai dari PHK massal di PT Sritex, hingga perusahaan-perusahaan di sektor padat karya, teknologi, hingga ancaman PHK di industri perhotelan.

    Ancaman dan PHK yang sudah terjadi ini, tentu berdampak besar pada puluhan ribu jiwa dan keluarga yang mereka hidupi.

    Dengan meningkatnya jumlah PHK, maka jumlah pengangguran pun juga bakal naik, dan pada akhirnya berdampak pada daya beli atau konsumsi masyarakat yang menurun.

    Dana Moneter Internasional (IMF), sebagaimana dikutip dari World Economic Outlook Edisi April 2025, memprediksi tingkat pengangguran (unemployment rate) di Indonesia bakal mencapai 5 persen pada 2025, atau naik dari angka tahun lalu sebesar 4,9 persen.

    Tingkat pengangguran versi IMF tersebut merupakan persentase angkatan kerja yang menganggur ataupun masih mencari pekerjaan.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli pun tidak menampik hal tersebut. Ia melihat prediksi IMF sebagai masukan atau “alarm” bagi pemerintah untuk terus proaktif mencari solusi yang relevan dan berkelanjutan.

    “Yang jelas, yang kita lakukan sekarang adalah kita harus proaktif untuk mengorkestrasi setiap kementerian teknis, kemudian (melihat) peluang-peluang lowongan pekerjaan itu di mana. Dan ini terus kita bahas dalam lingkup rapat koordinasi lintas kementerian,” ujar Yassierli.

    Kesempatan yang inklusif

    Baru-baru ini pula, ramai pemberitaan tentang bursa kerja (job fair) yang berakhir ricuh, seperti yang terjadi di Cikarang, Bekasi.

    Job fair yang digelar pada akhir Mei itu menarik sekitar 25 ribu pekerja, sementara lowongan yang tersedia hanya sekira 2.000-3.000 saja.

    Apa yang terjadi di Cikarang, bisa jadi merupakan potret yang sama di daerah-daerah lainnya. Tak hanya pada tahun ini, tapi juga di tahun-tahun sebelumnya.

    Tentu ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah, untuk menciptakan lapangan kerja di sektor formal yang laik. Terlebih, Indonesia memiliki potensi angkatan kerja baru yang sangat tinggi pada periode ini.

    Untuk itu, pemerintah juga perlu adaptif dalam proses penciptaan lapangan kerja, agar lebih relevan seiring dengan perkembangan zaman.

    Hal ini pun sudah mulai dilakukan melalui beberapa upaya, mulai dari Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2023 yang mewajibkan pelaporan lowongan kerja secara terbuka dan transparan melalui platform SIAPkerja, hingga menerbitkan surat edaran terkait larangan diskriminasi dalam proses rekrutmen lowongan kerja.

    Investasi SDM

    Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berbagai kapasitas harus menjadi perhatian oleh negara. Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menilai, investasi sumber daya manusia adalah salah satu hal yang paling krusial.

    Hal ini mengingat persaingan kerja di era sekarang, utamanya di sektor formal, bukan hanya dengan sesama manusia, tapi juga dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang begitu cepat.

    Guru Besar Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan, otomasi hingga penggunaan kecerdasan buatan (AI) bisa saja menggantikan peran manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Bukan hanya karena lebih cepat, tapi juga lebih efisien secara biaya.

    Oleh karenanya, penting bagi negara untuk hadir dan meninjau kembali strategi yang tepat dalam menciptakan lapangan pekerjaan seiring dengan akselerasi teknologi digital.

    “Sementara, dari sisi manusianya, keterampilan kerja berubah dengan sangat cepat, sehingga dibutuhkan kemampuan adaptasi dengan pekerjaan baru,” kata Rhenald.

    Di dunia yang kini berjalan dan berubah dengan sangat dinamis, menuntut manusia di dalamnya untuk terus belajar (life-long learning). Terlebih, generasi muda saat ini juga lebih mencari pekerjaan yang bukan hanya sekadar memberikan sumber nafkah, melainkan memiliki makna (purpose-driven).

    Untuk itu, investasi pada keterampilan dan pengetahuan menjadi begitu penting. Diperlukan transformasi besar di berbagai sektor utamanya pendidikan, demi membuat para pencari dan pelaku kerja kita tetap berdaya saing.

    Karena pada hakikatnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki manusia yang kompeten dan teredukasi, bukan hanya bergantung dengan mengeruk dalam sumber daya alam yang dimiliki.

    Sumber daya alam, pada akhirnya bisa habis. Sementara manusia, terus berjalan, hidup, dan berperan untuk melanjutkan peradaban.

    Copyright © ANTARA 2025

  • Belum Ada Kasus, Dinkes Bekasi Harap Warga Tetap Waspadai Penyebaran COVID-19

    Belum Ada Kasus, Dinkes Bekasi Harap Warga Tetap Waspadai Penyebaran COVID-19

    BEKASI – Seiring kembali naiknya angka kasus COVID-19 di beberapa negara tetangga, pemerintah Indonesia mulai waspada. Dinas Kesehatan Bekasi merespons surat edaran pemerintah dengan meminta warga tetap berjaga.

    Sesuai imbauan pemerintah, Dinkes Bekasi berharap warga berhati-hati dan tetap tenang, lantaran sejauh ini belum ada kasus yang ditemukan di wilayah tersebut.

    “Kasus belum ada di wilayah kita, tapi setiap penyakit harus diwaspadai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, mengutip ANTARA pada Minggu, 8 Juni.

    Alamsyah memastikan hingga saat ini belum ditemukan kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Bekasi. Meski begitu, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap berbagai potensi penyakit, termasuk virus corona dimaksud.

    Dinkes Kabupaten Bekasi berinisiatif mengambil langkah antisipatif dengan mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

    Edukasi juga terus dilakukan melalui seluruh fasilitas pelayanan kesehatan sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif. Edukasi ini diberikan secara persuasif agar tidak menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat.

    “Kita persuasif saja, jangan sampai juga membuat masyarakat menjadi panik,” ucapnya.

    Dia mengakui berkaitan dengan kesiapan layanan, saat ini belum ada rumah sakit rujukan khusus untuk penanganan COVID-19 di wilayah Kabupaten Bekasi. Begitu pula dengan layanan tes PCR yang masih belum kembali tersedia secara aktif.

    “Belum, belum ada, fasilitas tes PCR juga belum ada. Semua fasilitas kesehatan bisa dijangkau masyarakat untuk berobat,” katanya.

    Pihaknya meminta warga yang merasa mengalami gejala mirip COVID-19 untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Meskipun belum tersedia layanan gratis seperti saat pandemi, semua layanan kesehatan tetap terbuka untuk masyarakat umum.

    Alamsyah juga mengingatkan agar masyarakat tidak panik menanggapi surat edaran Kemenkes RI. Menurut dia, kewaspadaan terhadap semua jenis penyakit harus tetap menjadi prioritas, namun tidak sampai menimbulkan kekhawatiran berlebihan.

    “Berharap kita semua tidak terlalu panik dengan edaran Kemenkes RI tadi namun harus tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat,” kata dia.

  • Idul Adha datangkan rezeki pengepul kulit hewan kurban di Bekasi

    Idul Adha datangkan rezeki pengepul kulit hewan kurban di Bekasi

    Kulit hewan kurban ditabur garam di lapak pengepul Jalan KH Fudholi Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.ANTARA/Pradita Kurniawan Syah.

    Idul Adha datangkan rezeki pengepul kulit hewan kurban di Bekasi
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 08 Juni 2025 – 08:21 WIB

    Elshinta.com – Momentum Hari Raya Idul Adha tidak hanya membawa berkah bagi penjual hewan kurban namun turut mendatangkan rezeki berlimpah bagi para pengepul kulit hewan kurban di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Desa Karang Asih di Kecamatan Cikarang Utara menjadi salah satu wilayah pusat pengepulan kulit hewan kurban selama bertahun-tahun dengan aktivitas yang meningkat signifikan dibandingkan hari-hari biasa pada setiap momentum Hari Raya Idul Adha.

    “Kemarin kita mendapatkan 5 ton kulit sapi dan 1.000 lembar kulit kambing. Hari ini kemungkinan bertambah karena masih banyak warga yang melaksanakan penyembelihan kurban,” kata seorang pengepul Yogi di Cikarang, Sabtu.

    Dia mengatakan aktivitas pengumpulan kulit kurban dari pengurus masjid maupun masyarakat diprediksi masih akan berlangsung hingga hari ketiga Idul Adha 1446 Hijriah, bertepatan Minggu (8/6/2025). Yogi mengaku membeli kulit hewan kurban dengan harga bervariasi tergantung jenis dan kualitas. Kulit sapi dibeli seharga Rp4.000-Rp5.000 per kilogram sedangkan kulit kambing dengan kualitas terbaik dihargai Rp25.000-Rp35.000 per lembar.

    “Kalau untuk pasaran kulit domba biasanya kami membeli dengan harga berkisar Rp15.000 per lembar,” katanya.

    Pengepul setempat lain Ade mengatakan kulit-kulit hewan kurban yang dibelinya akan dijual kembali ke wilayah Garut dan Bandung untuk diolah menjadi berbagai kerajinan. Dia menyatakan selama proses penerimaan hingga dijual nanti, kulit-kulit tersebut dilumuri dengan garam kasar demi menjaga kualitas kulit agar tidak rusak serta berbau.

    “Biasanya kulit-kulit ini kita jual ke perajin sepatu atau tas untuk dijadikan bahan kerajinan,” katanya.

    Aktivitas pengepulan kulit hewan kurban ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi pengepul melainkan juga mendukung industri kerajinan lokal khususnya di wilayah Jawa Barat yang memanfaatkan bahan baku dari kulit hewan kurban.

    Sumber : Antara

  • Prediksi Puncak Arus Balik Kereta Api Libur Panjang Idul Adha Terjadi Senin
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        8 Juni 2025

    Prediksi Puncak Arus Balik Kereta Api Libur Panjang Idul Adha Terjadi Senin Megapolitan 8 Juni 2025

    Prediksi Puncak Arus Balik Kereta Api Libur Panjang Idul Adha Terjadi Senin
    Penulis
    KOMPAS.com – 
    PT
    Kereta Api
    Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memprediksi puncak
    arus balik
    libur panjang
    Idul Adha
    1446 H/2025 akan terjadi pada Senin, (9/6/2025).
    Menurut data sementara, sebanyak 41.146 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk tanggal tersebut telah dipesan hingga Sabtu (7/6/2025).
    “Data ini menunjukkan bahwa Senin menjadi hari dengan prediksi arus balik tertinggi usai libur panjang Idul Adha,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, dilansir dari
    Antara
    .
    Sementara itu, volume keberangkatan penumpang dari berbagai stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta pada Sabtu tercatat sebanyak 18.923 orang, angka yang disebut Ixfan mulai menunjukkan tren melandai dibandingkan dengan puncak arus mudik sebelumnya.
    “Jumlah ini mencerminkan kondisi arus balik yang mulai melandai dan menunjukkan tren normal dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya,” ucap Ixfan.
    Adapun jumlah penumpang yang tiba di Jakarta pada Sabtu mencapai 20.734 orang, dengan sebaran 4.378 penumpang turun di Stasiun Gambir, 8.396 penumpang di Stasiun Pasar Senen.
    Serta, sisanya sekitar 7.960 penumpang tiba di stasiun lainnya, seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek
    Data Volume Penumpang
    Selama periode 4 hingga 9 Juni 2025, KAI Daop 1 mencatat sebanyak 175.093 pelanggan telah memesan tiket dan menggunakan layanan KAJJ dari wilayah Jakarta.
    Volume penumpang tertinggi terjadi pada:
    Untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, KAI mengoperasikan 77 perjalanan KAJJ, terdiri dari 41 perjalanan dari Stasiun Gambir, dan 36 perjalanan dari Stasiun Pasar Senen.
    KAI juga mengimbau para pelanggan untuk datang lebih awal ke stasiun dan tetap mematuhi aturan keselamatan saat dalam perjalanan.
    “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI. Kenyamanan dan keselamatan pelanggan tetap menjadi prioritas kami,” ujar Ixfan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.