kab/kota: Cikarang

  • PDN Cikarang Masih dalam Pengujian BSSN hingga Juli 2025

    PDN Cikarang Masih dalam Pengujian BSSN hingga Juli 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyampaikan Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang, Jawa Barat, masih dalam penilaian Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

    Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menegaskan proses serah terima proyek secara profesional telah selesai dilakukan. Namun, operasionalisasi layanan masih menunggu hasil pengujian keamanan dari BSSN. 

    “Pada prinsipnya secara profesional handover PDN sudah dilakukan, jadi sekarang sudah siap,” kata Meutya usai Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Senin (7/7/2025). 

    Dia menyebut proses pelayanan publik melalui PDN Cikarang masih memerlukan tahap uji keamanan yang komprehensif untuk menjamin perlindungan data secara menyeluruh.

    “Namun demikian, untuk melakukan pelayanan tentu harus ada security test yang kami lakukan bersama dengan BSSN. Jadi kami masih dalam tahap penyiapan pembuatan security dan keamanannya. Keamanannya benar-benar sampai aman,” ujarnya.

    Meutya tidak menyebutkan secara pasti kapan PDN akan mulai beroperasi, meski sebelumnya Kementerian telah menyampaikan bahwa uji coba dijadwalkan berlangsung pada Juni 2025.

    Pada awal Juni, Inspektur Jenderal Komdigi, Arief Tri Hardiyanto mengatakan penundaan operasional PDN Cikarang terjadi karena adanya sejumlah temuan dalam proses assessment keamanan oleh BSSN yang masih perlu ditindaklanjuti. 

    “Intinya kami memastikan bahwa PDN Cikarang itu akan beroperasi dalam kondisi yang memang benar-benar sudah siap,” kata Arief dalam acara Ngopi Bareng bersama media di Kantor Komdigi, padw Kamis (5/6/2025).

    Dia menambahkan aspek keamanan menjadi perhatian utama Komdigi, mengingat fungsi PDN sebagai tulang punggung sistem digital nasional. Karena itu, proses pengawasan dilakukan secara menyeluruh, dari mulai pengadaan, pengujian mesin, hingga pengecekan sistem secara fisik dan administratif.

    Arief memastikan peluncuran akan dilakukan dalam kondisi matang, baik dari sisi teknis maupun tata kelola. Saat ditanya mengenai kepastian jadwal baru, Arief menjawab, “Nanti kami pastikan kembali, kami tanyakan.”

    Komdigi juga memastikan bahwa mesin-mesin yang akan digunakan di PDN Cikarang telah sesuai spesifikasi teknis sebelum diimpor ke Indonesia.

    “Bagaimana SOP-SOP yang ditanggung ya, antara untuk menjalankan proses data center ya, itu kami sudah mengindikasi yang selalu dan sepertinya teman-teman di manajemen juga sudah mulai bangun pertama kita SOP,” pungkas Arief.

  • Whoosh! Kereta Bandara Ngebut, Manggarai-Soekarno Hatta Jadi Sejengkal

    Whoosh! Kereta Bandara Ngebut, Manggarai-Soekarno Hatta Jadi Sejengkal

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bagi anda pengguna KRL Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta), ada kabar baik di mana waktu tempuhnya kini lebih cepat dari sebelumnya. Direktur Utama KAI Commuter Asdo Atriviyanto mengatakan percepatan waktu tempuh KRL Basoetta dilakukan untuk meningkatkan efisiensi perjalanan dari Jakarta menuju Basoetta serta memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman bagi pengguna jasa Commuter Line.

    “Awalnya, perjalanan KRL Basoetta dari Manggarai menuju ke Basoetta ditempuh dengan waktu 56 menit, dengan adanya percepatan ini, maka waktu tempuhnya dapat dipercepat menjadi 46 menit, atau dipangkas 10 menit,” ungkap Asdo dalam keterangannya dikutip Minggu (6/7/2025).

    Asdo menambahkan percepatan ini sudah diberlakukan mulai 1 Juli 2025, setelah perbaikan dan penyesuaian prasarana terutama yang dilintasi oleh KRL Basoetta. Peningkatan kecepatan ini meningkat menjadi 90 km/jam pada lintas Duri-Batu Ceper, dari sebelumnya hanya 75 km/jam. Selain itu penambahan kecepatan pada lintas Tanah Abang-Duri dari 50 Km/jam menjadi 80 Km/jam dan lintas BNI City – Tanah Abang jadi 70 Km/jam.

    Foto: Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Dok. KAI)
    Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Dok. KAI)

    “Dengan berbagai perbaikan, penyesuaian, dan peningkatan prasarana, mulai 1 Juli 2025, KRL Basoetta bisa ditempuh dalam waktu 46 menit saja,” tambah Asdo.

    Percepatan waktu tempuh tidak hanya berdampak pada perjalanan KRL Basoetta saja, tetapi juga berdampak pada perjalanan KRL Commuter Line lintas Tangerang-Duri dan Cikarang Line.

    “Dengan adanya peningkatan prasarana ini untuk Cikarang line, kemudian commuter line yang melewati Duri, Angke, ini juga berdampak. Tangerang line juga berdampak. Ini lebih cepat 2 menit, rata-rata lebih cepat 2 menit,” ujarnya.

    (chd/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pemerintah Atur Pelabuhan Khusus Impor Tekstil, Untungkan Pengusaha?

    Pemerintah Atur Pelabuhan Khusus Impor Tekstil, Untungkan Pengusaha?

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menilai kebijakan pelabuhan impor khusus untuk masuknya produk impor tekstil dan produk tekstil (TPT) dapat berdampak baik dan buruh bagi pelaku usaha industri nasional. 

    Wakil Ketua API David Leonardi mengatakan pemerintah akan mengatur tempat pemasukan barang impor TPT. Adapun, kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 17/2025 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor TPT. 

    “Aturan ini dapat memusatkan pengawasan di pelabuhan tertentu sehingga lebih mudah diawasi Bea Cukai,” kata David kepada Bisnis, Minggu (6/7/2025). 

    Adapun, aturan yang dimaksud tercantum pada Bab IV tentang Tempat Pemasukan Barang Impor ayat (1-3). 

    Pada ayat pertama disebutkan bahwa impor atas TPT untuk pos tarif/harmonized system dan uraian Barang tertentu, Menteri dapat menentukan tempat pemasukan Barang Impor. Tempat pemasukan Barang Impor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa pelabuhan tujuan.

    Dalam lampiran Permendag 17/2025, impor produk tekstil sudah jadi yang diimpor oleh produsen ataupun importir umum hanya dapat dilakukan melalui pelabuhan tujuan Belawan di Medan, Tanjung Priok di Jakarta, New Priok di Jakarta, Tanjung Emas di Semarang, Tanjung Perak di Surabaya, Soekarno Hatta di Makassar, Bitung di Bitung, Krueng Geukuh di Aceh Utara, dan Merak Mas di Cilegon. 

    Kemudian, produk pakaian jadi hanya dapat diimpor lewat pelabuhan darat seperti Cikarang Dry Port (Jababeka) di Bekasi, serta pelabuhan udara yaitu Kualanamu di Deli Serdang, Soekarno Hatta di Tangerang, Ahmad Yani di Semarang, Juanda di Surabaya, dan Sultan Hasanuddin di Makassar.

    Meskipun pengawasan disebut dapat lebih ketat, pengusaha melihat ada potensi kelemahan dari aturan ini, lantaran pilihan pelabuhan terbatas.

    “Artinya importir di daerah tanpa pelabuhan yang ditunjuk harus trans-shipment sehingga ongkos logistik naik,” tuturnya. 

    Kendati demikian, pihaknya tetap mengapresiasi upaya pemerintah dalam mengevaluasi aturan pengaturan impor terbaru ini sebagai revisi dari aturan relaksasi impor sebelumnya dalam Permendag 8/2024 yang kini resmi dicabut. 

    Sebagaimana diketahui, peraturan impor terbaru ini menambah persyaratan importasi TPT dengan mewajibkan penggunaan Pertimbangan Teknis (Pertek) dari Kementerian Perindustrian. 

  • KMT Commuter Line Kini Bisa Dipakai Naik Angkot di Depok dan Cikarang

    KMT Commuter Line Kini Bisa Dipakai Naik Angkot di Depok dan Cikarang

    Jakarta

    Kartu Multi Trip (KMT) yang dikeluarkan PT KAI Commuter Indonesia (KCI) kini makin luas penggunaannya. Kartu pembayaran KMT kini dapat digunakan untuk alat transaksi pembayaran tiket Mikro Trans atau mobil angkutan perkotaan di wilayah Depok dan Cikarang.

    Sejauh ini KMT sudah bisa digunakan untuk transaksi pembayaran tiket KRL Commuter Line, LRT Jabodebek, MRT Jakarta, Bus TransJakarta, Bus TransYogyakarta, Bus TransJateng, Bus TransJatim, dan Bus Metro Jabar Trans.

    VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menyampaikan pihaknya akan ferus melakukan peningkatan layanan dalam sektor integrasi pembayaran antar moda.

    “Ini adalah salah satu peningkatan layanan KAI Commuter dalam sistem integrasi pembayaran antar moda. Jadi, KMT ini juga mempermudah pengguna Commuter Line yang akan melanjutkan perjalanannya menggunakan transportasi lainnya di stasiun tujuan,” jelas Joni dalam keterangannya, Sabtu (5/7/2025).

    Sejak 9 Mei 2025, KMT sudah bisa menjadi alat pembayaran tiket Mikro Trans Depok (D-01A) untuk tujuan Terminal Jatijajar dari Stasiun Depok Baru. Selain itu, KMT juga bisa digunakan untuk transportasi Swatantra S-01 dari Stasiun Cikarang menuju Halte President University Cikarang.

    Dengan penggunaan KMT ini, pengguna Commuter Line akan dimudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran tiket transportasi umum. Dengan satu kartu, masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran tiket seluruh moda transportasi.

    KMT selama ini juga kerap dijadikan barang koleksi oleh pengguna karena memiliki desain yang unik dan menarik karena motifnya yang beragam. KMT sendiri merupakan uang elektronik dengan sistem saldo yang diterbitkan oleh KAI Commuter, awalnya hanya untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi pembayaran tiket Commuter Line.

    Kini, KMT sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran antarmoda transportasi di seluruh Pulau Jawa dan juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran parkir, Loko Cafe, shower locker di area stasiun serta di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter.

    Joni mengingatkan kembali, bagi masyarakat yang belum memiliki KMT dan ingin menikmati fasilitas sistem pembayaran ini, dapat membeli kartu perdananya dengan harga Rp 40.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000. Sedangkan untuk layanan isi ulang saldo KMT, dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi C-Access pada perangkat seluler yang memiliki fitur NFC.

    (hal/eds)

  • PTPP perkuat posisi di industri pusat data di DCD Connect AsiaPacific

    PTPP perkuat posisi di industri pusat data di DCD Connect AsiaPacific

    Jakarta (ANTARA) – BUMN di bidang konstruksi dan investasi, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) memperkuat posisinya di industri pusat data (data center) dalam ajang DCD Connect Asia Pacific 2025.

    Corporate Secretary PTPP Joko Raharjo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan mereka merupakan satu-satunya perusahaan konstruksi dan sebagai bagian dari Danantara Indonesia dalam ajang tersebut.

    “Partisipasi kami di DCD Connect Asia Pacific 2025 menegaskan komitmen PTPP untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur digital yang krusial,” kata Joko.

    Kehadiran PTPP dalam pameran pusat data terbesar di Asia Pasifik yang diselenggarakan pada 16-18 Juni 2025 di Nusa Dua, Bali, itu merupakan langkah strategis untuk memperkuat posisi perusahaan di tengah pesatnya pertumbuhan industri pusat data, kata Joko.

    DCD Connect Asia Pacific 2025 menjadi platform utama bagi PTPP untuk berinteraksi dengan lebih dari 1.500 pemangku kepentingan industri, termasuk pemilik proyek pusat data, konsultan dan vendor, yang sebagian besar merupakan pemain global.

    Joko mengatakan sebagai satu-satunya Perusahaan konstruksi yang hadir, pihaknya melihat ini sebagai kesempatan emas untuk menjalin kolaborasi, memahami tren pasar terbaru, dan menunjukkan kapabilitas PTPP dalam proyek proyek pusat data berskala besar.

    Pada pameran itu, PTPP menampilkan portofolio proyek pusat data unggulan yang telah sukses dikerjakan, meliputi Data Center Batam, Data Center Cikarang dan Data Center Jakarta.

    Lebih lanjut, ia mengatakan selain memamerkan rekam jejak yang solid, PTPP juga menyoroti keunggulan penerapan Building Information Modeling (BIM) dalam proyek pusat data.

    Joko mengatakan penggunaan BIM sangat vital untuk proyek-proyek pusat data yang memiliki tingkat kompleksitas dan kebutuhan koordinasi lapangan yang tinggi, memastikan efisiensi, akurasi, dan kualitas konstruksi yang optimal.

    “Ajang DCD Connect Asia Pacific 2025 tidak hanya menjadi kesempatan untuk memperluas jaringan, tetapi juga untuk memperkenalkan PTPP lebih jauh kepada pemain-pemain kunci di industri ‘data center’ global,” kata Joko.

    PTPP hadir bersama dengan kontraktor umum terkemuka lainnya seperti PT JGC Indonesia, serta berbagai konsultan dan vendor peralatan utama pusat data.

    Melalui partisipasi tersebut, Joko berharap PTPP dapat terus berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan Asia Pasifik dengan menyediakan infrastruktur pusat data yang andal dan berstandar internasional.

    Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
    Editor: Virna P Setyorini
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KAI Jakarta sebut jumlah penumpang kereta naik pada Juni 2025

    KAI Jakarta sebut jumlah penumpang kereta naik pada Juni 2025

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta mencatat volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari stasiun-stasiun wilayah operasional Daop 1 selama Juni 2025 mengalami kenaikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

    “Total pelanggan KAJJ pada bulan Juni 2025 mencapai 944.776 pelanggan. Ini meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya sepanjang tahun 2025,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Rabu.

    Dia menyampaikan peningkatan volume penumpang pada Juni ini tak lepas dari momentum liburan sekolah.

    Adapun volume penumpang KAJJ yang diberangkatkan dari Daop 1 Jakarta sepanjang tahun 2025 yakni Januari sebanyak 779.999 penumpang, Februari sebanyak 688.603 orang lalu Maret 844.735 penumpang, April 845.369 penumpang, dan Mei 759.499 penumpang.

    Stasiun-stasiun keberangkatan yang termasuk dalam wilayah Daop 1 Jakarta antara lain Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

    “Sampai dengan hari ini, Rabu (3/7), total pelanggan KAJJ yang telah dilayani di wilayah Daop 1 Jakarta sepanjang tahun 2025 tercatat sebanyak 4.861.981 pelanggan,” ujar Ixfan.

    Dia menambahkan, KAI Daop 1 Jakarta secara berkelanjutan terus melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan kepada penumpang.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • MGM Bosco Logistics – SIF kembangkan cold storage terintegrasi

    MGM Bosco Logistics – SIF kembangkan cold storage terintegrasi

    Jakarta (ANTARA) – MGM Bosco Logistics bermitra dengan PT Sanjaya Internasional Fishery (SIF) guna mengembangkan cold storage atau gudang pendingin terintegrasi guna memperkuat infrastruktur logistik dan memastikan kualitas produk perikanan.

    Direktur Komersial dan Operasional MGM Bosco Logistics, M Shah Durani menyatakan dalam kemitraan ini pihaknya menjalankan peran dalam merancang dan mengelola sistem yang andal dan terintegrasi pada fasilitas cold storage terbaru SIF dengan menerapkan standar HSE (Health, Safety, dan Environment).

    “Melalui penyediaan tenaga ahli serta sistem manajemen operasional yang berstandar tinggi, kami menghadirkan efisiensi dan keandalan dalam pengelolaan cold storage,” ujar dia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

    Pendekatan ini, tambahnya, mampu menjaga kualitas produk perikanan secara optimal selama proses penyimpanan dan distribusi, selain itu meningkatkan kelancaran rantai pasok dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

    Direktur Keuangan MGM Bosco Logistics Arif Qasimi Al Bone menambahkan kerjasama dua perusahaan tersebut mampu memberikan manfaat besar bagi ekosistem industri cold chain terutama industri perikanan.

    Sementara itu Presiden Direktur PT Sanjaya Internasional Fishery (SIF), Hong Peng menyatakan kolaborasi ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam memperkuat infrastruktur logistik dan memastikan kualitas produk perikanan tetap terjaga hingga ke tangan konsumen.

    “Kerjasama ini merupakan momentum penting bagi kami untuk terus bertumbuh dengan memberikan produk-produk perikanan dengan kualitas terbaik kepada konsumen,” ujarnya.

    Dia menjelaskan fasilitas cold storage yang diluncurkan di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/7) tersebut merupakan hasil pembangunan yang berlangsung sejak 2023 dan memakan waktu sekitar 1,5 tahun.

    Fasilitas tersebut dilengkapi dengan layanan packing production yang terintegrasi, mendukung efisiensi operasional serta menjaga standar higienis dan mutu produk. Selain itu siap beroperasi untuk memenuhi kebutuhan logistik suhu terkendali di sektor perikanan dan makanan beku di Indonesia.

    Fasilitas ini juga bisa menjadi pusat distribusi utama untuk produk-produk perikanan milik SIF, termasuk hasil tangkapan laut dan produk olahan beku, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

    Dengan dukungan sistem pendingin bersuhu terkendali antara -25°C hingga +5°C, kualitas dan kesegaran produk tetap terjaga selama proses penyimpanan dan distribusi.

    Pewarta: Subagyo
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • 100 Persen Diproduksi di RI, Daikin Luncurkan AC Seri Nusantara Prestige

    100 Persen Diproduksi di RI, Daikin Luncurkan AC Seri Nusantara Prestige

     

    JAKARTA – PT Daikin Airconditioning Indonesia (Daikin) meluncurkan produk AC seri Nusantara Prestige.

    Seri ini membawa tiga model dengan pilihan luas pada kapasitas pendinginan.

    “Tak sekadar buatan dalam negeri, keberadaannya menjadi jawaban kami bagi tantangan penyediaan AC hunian berkualitas di tengah permintaan yang terus meningkat seiring perkembangan kebutuhan masyarakat,” ucap Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Shinji Miyata dalam konferensi pers Peluncuran Perdana Nusantara Prestige di Jakarta, Senin, 30 Juni.

    Shinji menyampaikan, AC Nusantara Prestige diproduksi sepenuhnya di pabrik Daikin seluas 20 hektare. Pabrik AC hunian skala produksi penuh pertama di Indonesia ini memiliki nilai investasi mencapai Rp3,3 triliun.

    Diketahui pabrik yang memulai operasional penuhnya pada Mei 2025 lalu ini berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

    “Dengan membawa teknologi termutakhir pada proses produksi di bawah supervisi langsung Daikin Jepang, pabrik ini memiliki standar kualitas setara dengan pabrik Daikin di berbagai negara dunia,” kata dia.

    Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Budi Mulia menuturkan, Nusantara Prestige membawa inisiatif keberlanjutan dalam menghadirkan produk AC hunian.

    Dia bilang, kepedulian pada kehidupan berkelanjutan dapat terlihat pada komposisi tiga model Seri Nusantara Prestige.

    Untuk AC inverter yakni, ALPHA Inverter dan BETA Inverter. Sementara satu model merupakan AC standar dengan nama Super Mini Split (SMS).

    “Komposisi ini menjadi dukungan Daikin untuk lebih memperluas penggunaan AC inverter yang terbukti lebih hemat energi dan ramah lingkungan,” tuturnya.

    Sementara itu, Assistant General Manager National Sales PT Daikin Airconditioning Indonesia Alexander Eko Wibowo menjelaskan, saat ini produksi AC seri Nusantara Prestige sebanyak 1 juta unit per tahun baru akan memenuhi kebutuhan domestik saja.

    “Kami sementara (untuk) domestik dulu, nanti kalau ada kesempatan mungkin ekspor,” jelasnya.

    Sekadar diketahui, AC Nusantara Prestige memiliki fitur ketahanan unit saat berhadapan dengan pengaruh lingkungan pemasangan.

    Perlindungan ini hadir melalui penerapan dua lapisan khusus pada evaporator dan kondensor AC, yaitu Hairpin Coating dan Blue Fin Coating.

    Hairpin Coating merupakan pelapisan khusus yang diterapkan pada bagian hairpin (u-bend) evaporator.

    Sementara itu, Blue Fin Coating digunakan pada permukaan evaporator dan kondensor mencegah dari berbagai pengaruh lingkungan, termasuk debu, garam, endapan asam atau penumpukan air berlebih.

    Seri ini juga memiliki ketahanan saat berhadapan dengan tegangan listrik tak stabil. Untuk ALPHA Inverter dan BETA Inverter, dilakukan dengan Super PCB.

    Keberadaannya membuat AC tetap dapat bekerja baik saat menghadapi tegangan kejut berupa lonjakan listrik naik maupun turun dengan cepat.

    Sementara model Super Mini Split (SMS) akan otomatis mati ketika daya listrik turun dibawah level tertentu.

    Sedangkan fitur khas dari masing-masing model di bawah seri Nusantara Prestige, ALPHA Inverter tampil menjadi pilihan bagi calon pengguna yang memiliki perhatian lebih pada penjagaan kesehatan. 

    Untuk ketersediaannya, AC Nusantara Prestige akan berjalan simultan di berbagai toko elektronik dan platform penjualan daring mulai Juli mendatang.

  • Daikin Rilis Produk AC Terbaru Buatan Lokal, Bidik Pangsa Pasar 30%

    Daikin Rilis Produk AC Terbaru Buatan Lokal, Bidik Pangsa Pasar 30%

    Bisnis.com, JAKARTA — Daikin Indonesia menargetkan penguasaan pangsa pasar air conditioner (AC) di pasar domestik mencapai 25%—30% pada tahun ini setelah meluncurkan produk terbaru 100% buatan lokal di pabrikan Indonesia. 

    Setelah mengoperasikan pabrik AC skala penuh pertama di Indonesia dengan nilai investasi Rp3,3 triliun, Daikin merilis seri perdana AC hunian yakni Nusantara Prestige yang membawa tiga model. 

    Asisten General Manager PT Daikin Airconditioning Indonesia Alexander Eko Wibowo mengatakan, pihaknya akan fokus penjualan untuk domestik pada produk baru tersebut mengingat potensi pasar yang cukup besar di Tanah Air. 

    “Market share Daikin sekitar 24%–25%, itu harapannya bisa naik. Kan sekarang yang impor sudah kita setop jadi yang baru ini kita menggantikan yang impor, mungkin bisa naik 25%–30%,” kata Alex saat ditemui di Jakarta, Senin (30/6/2025). 

    Hingga saat ini, Daikin telah memperluas jaringan distribusi ke seluruh wilayah seperti Jawa, Sumatra, Sulawesi secara keseluruhan, dan sebagian di wilayah Papua. 

    Adapun, produk Nusantara Prestige ini menggantikan produk AC yang selama ini diimpor dari Malaysia dan Thailand. Dua dari tiga model AC yang ada di series ini telah mengantongi sertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN) lebih dari 40%.

    “Sebelumnya produk kita banyak dari Thailand waktu itu ke Indonesia, kemarin dari Thailand mungkin sekitar 70% sisanya dari Malaysia,” tuturnya. 

    Produk ini diproduksi di pabrik yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang. Adapun, kapasitas produksi saat ini mencapai 1 juta unit set per tahun. 

    Tiga model AC seri Nusantara Prestige di antaranya merupakan AC inverter yaitu ALPHA Inverter dan BETA Inverter, sementara satu model merupakan AC standar dinamai SMS (Super Mini Split). 

    Terkait ketersediaan AC Nusantara Prestige, Daikin menyatakan, ketersediaannya akan berjalan simultan di berbagai toko elektronik maupun platform penjualan daring mulai Juli 2025. Mengenai tingkat harga yang ditetapkan, akan diumumkan seturut dengan ketersediaannya nanti.

  • Lippo Cikarang Gaet Universitas Paramadina, Siapkan Generasi Muda Bangun Kota Mandiri – Page 3

    Lippo Cikarang Gaet Universitas Paramadina, Siapkan Generasi Muda Bangun Kota Mandiri – Page 3

    Melalui diskusi interaktif, mahasiswa diajak memahami secara lebih mendalam konsep dan penerapan pembangunan kota mandiri modern. Lippo Cikarang memperkenalkan pendekatan berbasis lima pilar utama:

    Hunian
    Infrastruktur dan transportasi
    Ekonomi dan bisnis
    Fasilitas sosial
    Lingkungan hidup

    Para pembicara juga membagikan pengalaman nyata di lapangan mulai dari proses perencanaan kawasan, manajemen operasional, hingga solusi inovatif dalam menghadapi urbanisasi yang semakin kompleks.

    Bagian dari Komitmen ESG Lippo Group

    Kegiatan ini merupakan bagian dari program keberlanjutan “Lippo untuk Indonesia PASTI”, inisiatif Environmental, Social & Governance (ESG) dari Lippo Group. Dalam program ini, edukasi diposisikan sebagai salah satu fondasi penting dalam mendorong pembangunan berkelanjutan sekaligus memberdayakan generasi muda.

    Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk., Marlo Budiman, menegaskan pentingnya sinergi dunia industri dan pendidikan tinggi.

    “Melalui program ini, kami ingin berbagi wawasan dan praktik industri nyata kepada mahasiswa agar mereka memahami proses di balik pembangunan kota mandiri. Kami percaya generasi muda memiliki peran penting dalam merancang masa depan Indonesia,” katanya.