kab/kota: Cikarang

  • Ini Jenis Baterai Kendraan Listrik yang Diproduksi UABS Indonesia

    Ini Jenis Baterai Kendraan Listrik yang Diproduksi UABS Indonesia

    Jakarta

    PT Unified Advanced Battery System (UABS) resmi mengoperasikan pabrik battery pack pertama mereka di Indonesia. Pabrik ini masih satu kompleks dengan fasilitas pabrik milik SAIC International Industrial Park. Lantas seperti apa spesifikasi baterai yang diproduksi pabrik seluas 5.000 meter persegi ini?

    Sekadar informasi, UABS Indonesia merupakan perusahaan yang didirikan oleh SAIC-CATL dengan Kentjana Group (PT Agung Kentjana Abadi). Shareholding SAIC-CATL 67% (SAIC 51%-CATL 49%), sementara 33% sisanya dimiliki Kentjana Group.

    Pabrik yang didirikan UABS Indonesia memiliki nilai investasi sekitar 45 juta yuan atau setara Rp 100 miliar. Pada tahap awal, pabrik ini akan mendatangkan komponen, serta modul CKD dari China yang nantinya akan dikemas menjadi sebuah baterai utuh. Pabrik ini mampu memproduksi battery pack sebanyak 20 ribu unit per tahun.

    Adapun jenis baterai yang diproduksi dalam fasilitas manufaktur PT UABS Indonesia adalah baterai lithium iron phosphate (LFP) dan nikel mangan kobalt (NMC) yang memiliki nama E1 dan E2. Saat ini, PT UABS Indonesia sudah memproduksi tiga produk baterai, E1-51 kWh, E2-51 kWh, dan E2-64 kWh. Seluruh baterai ini telah melewati berbagai pengujian terpadu untuk memastikan kualitas dan keamanannya.

    “CATL adalah merek baterai nomor satu di dunia, tidak hanya di China. Mereka punya pangsa pasar sekitar setengah dari seluruh dunia. Sementara itu SAIC Group, jadi merek kendaraan nomor satu. SAIC sangat besar di China, memiliki lini produk mobil, bus, dan truk, di mana MG menjadi salah satu mereknya,” kata Presiden Direktur PT UABS Indonesia Wang Wei.

    MG Motor Indonesia menjadi pengguna pertama baterai buatan PT UABS di Indonesia pada tahun 2024. Baterai buatan PT UABS Indonesia siap disematkan di kendaraan listrik MG seperti MG 4 EV dan MG ZS EV yang saat ini sudah dirakit di fasilitas pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

    Sejak didirikan pada 2017 di China, UABS telah dikenal sebagai pemasok power battery kualitas tinggi dan andal untuk SAIC Group, dengan lebih dari 500.000 sistem baterai yang mengutamakan kualitas dan aspek keamanan.

    “Dengan semangat baru ‘We Care’ yang kami pegang di MG Indonesia, kami percaya bahwa langkah strategis ini dapat berdampak positif bagi lingkungan hidup di Indonesia melalui kendaraan listrik berkualitas yang kompetitif serta bagi masyarakat melalui lapangan pekerjaan baru. MG pun melihat kemitraan ini menjadi langkah baru untuk mobilitas hijau di Tanah Air,” bilang Chief Executive Officer MG Motor Indonesia, He Guowei, dalam keterangan resminya.

    (lua/dry)

  • Sepi Peminat, Hyundai Tak Berencana Suntik Mati Ioniq 6 di Indonesia

    Sepi Peminat, Hyundai Tak Berencana Suntik Mati Ioniq 6 di Indonesia

    Jakarta

    Hyundai Ioniq 6 tidak begitu laris di segmen mobil listrik Tanah Air. Pasar mobil sedan di Indonesia memang tak sebesar model lain. Apalagi Ioniq 6 menyasar kalangan atas dengan banderolan di atas Rp 1 miliar.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales September 2024, Ioniq 6 hanya laku 8 unit. Secara total dari Januari-September, mobil itu terdistribusi sebanyak 39 unit.

    Di segmen yang sama, BYD justru unggul. BYD Seal menempati urutan empat dalam daftar mobil listrik terlaris selama September 2024. Mobil ini sama-sama mengisi segmen sedan listrik.

    “Ioniq 6 belum ada rencana untuk menghentikan,” kata Chief Marketing Officer Hyundai Motors Indonesia, Budi Nur Mukmin di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11).

    “Kita berbicara pasar sedan di level premium, memang tidak sebesar kategori Ioniq 5 di pasar SUV yang sekarang ini mungkin sekitar 30 persenan segmen otomotif di Indonesia dikuasai SUV,” tambahnya lagi.

    Meski sama-sama sedan listrik, namun harga Ioniq 6 dan BYD Seal sangat berbeda. Jika BYD Seal hanya Rp 600-700 jutaan, sementara Hyundai Ioniq 6 tembus Rp 1,2 miliar.

    Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan Ioniq 6 menyasar segmen menengah atas. Di sisi lain menjual mobil listrik di atas Rp 1 miliar punya pendekatan berbeda dibandingkan mobil listrik ‘murah’. Sebab, target market-nya sangat terbatas dan hanya menyentuh kalangan tertentu saja.

    “Ioniq 6 karena styling, dia enggak begitu besar penjualannya. Intinya, dia memenuhi segmen pasar tertentu yang ingin punya mobil EV dengan high performance, baik itu interior, eksterior ataupun teknologinya. Itu yang kita dapatkan di situ. Sehingga kita memperkenalkan namanya Ioniq 6,” jelas Frans.

    (riar/dry)

  • Begini Aturan Lengkap TKDN yang Bikin iPhone 16 Dilarang di RI

    Begini Aturan Lengkap TKDN yang Bikin iPhone 16 Dilarang di RI

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) belakangan ramai dibahas, menyusul larangan penjualan seri iPhone 16 buatan Apple di Indonesia. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan sertifikasi TKDN yang dimiliki Apple sudah habis masa berlakunya dan belum diperpanjang.

    Sertifikasi TKDN wajib dimiliki vendor perangkat seluler berjaringan Long Term Evolution (LTE) 4G dan 5G untuk menjual produknya di Tanah Air.

    Kewajiban pemenuhan TKDN ini bertujuan menumbuhkan industri manufaktur dalam negeri, sehingga Indonesia tak melulu menjadi negara pasar.

    Aturan TKDN untuk perangkat 4G mula-mula dipatok minimal 30% melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) no. 27/2015, yang berlaku sejak 1 Januari 2017.

    Selanjutnya, kewajiban TKDN ponsel ditingkatkan menjadi 35% untuk perangkat 4G dan 5G melalui Permenkominfo no. 13/2021 yang berlaku sejak 12 Oktober 2021 hingga saat ini.

    Ada wacana pemerintah untuk menaikkan TKDN menjadi 40%, tetapi hingga kini belum ada aturan resmi yang dikeluarkan untuk menggantikan Permenkominfo no. 13/2021.

    Larangan iPhone 16 di Indonesia

    Selama ini, Apple menjadi satu-satunya pabrikan ponsel yang menggunakan skema pengembangan inovasi untuk memenuhi kewajiban TKDN. Sementara pabrikan lain seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dkk, memenuhi TKDN dengan membangun manufaktur di Indonesia yang mampu menyerap ribuan pekerja lokal.

    Dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) no. 29/2017, skema penghitungan berbasis inovasi memang tertera sebagai alternatif dari pemenuhan TKDN dari aspek manufaktur, pengembangan, dan aplikasi.

    Adapun skema inovasi yang dipilih Apple direalisasikan melalui pembangunan fasilitas pendidikan ‘Apple Developer Academy’ di tiga lokasi. Masing-masing di BSD Tangerang, Sidoarjo Jawa Timur dan Nongsa Batam.

    Saat kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia beberapa saat lalu, ia mengumbar komitmen untuk menambah satu lagi Apple Developer Academy di Bali. Namun, komitmen investasi itu belum direalisasikan sepenuhnya.

    Foto: CEO Apple Tim Cook menemui Menhan Prabowo Subianto selama sekitar satu jam di Kantor Kemenhan hari ini, Rabu (17/04/2024). (Dok. Kemhan)
    CEO Apple Tim Cook menemui Menhan Prabowo Subianto selama sekitar satu jam di Kantor Kemenhan hari ini, Rabu (17/04/2024). (Dok. Kemhan)

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan dari komitmen investasi Apple Rp 1,71 triliun, baru Rp 1,48 triliun yang dijalankan. Artinya, masih ada ketimpangan investasi senilai Rp 240 miliar yang belum dipenuhi.

    Berdasarkan Permenperin no. 29/2017, pemenuhan TKDN dengan skema inovasi memiliki masa berlaku selama 3 tahun dan harus diperpanjang sesuai aturan yang berlaku.

    Adapun penghitungan TKDN 30% untuk skema inovasi senilai dengan investasi di atas Rp 550 miliar hingga Rp 700 miliar.

    Lalu penghitungan TKDN 35% untuk skema inovasi senilai dengan investasi di atas Rp 700 miliar hingga Rp 1 triliun. Untuk investasi di atas Rp 1 triliun dihitung setara dengan nilai TKDN 40%.

    Komitmen investasi Apple Rp 1,71 triliun yang disampaikan ke pemerintah tersebut merupakan total dari skema pemenuhan TKDN 30% pada 2017 dan TKDN 35% pada 2021.

    Apple belum menuntaskan kewajiban TKDN 35% untuk kemudian bisa memperpanjang sertifikasi yang dibutuhkan untuk menjual model iPhone 16 teranyar di Indonesia.

    Isu Apple Bangun Pabrik Rp 157 Miliar di Indonesia

    Di tengah polemik pemenuhan TKDN Apple, Bloomberg melaporkan Apple berencana membangun pabrik aksesori di Bandung, Jawa Barat, dengan nilai investasi US$ 10 juta atau setara Rp 157 miliar.

    Menurut Bloomberg, pembangunan pabrik itu untuk mencabut larangan penjualan seri iPhone 16, sehingga para fanboy Apple bisa membeli produk tersebut di Indonesia.

    Belum jelas apakah pembangunan pabrik aksesori ini masih dalam skema inovasi atau masuk ke pemenuhan TKDN manufaktur, pengembangan, dan aplikasi.

    CNBC Indonesia telah menghubungi pihak Apple Indonesia untuk meminta konfirmasi dan kejelasan, tetapi dikatakan belum bisa memberikan keterangan.

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza mengatakan sudah mendengar dan menghubungi Apple terkait isu pembangunan pabrik di Bandung. Ia mengatakan pihaknya sedang mengkaji hal tersebut dan perincian soal nasib iPhone 16 akan diumumkan Menperin Agus dalam waktu dekat.

    “Saya berharap bahwa komitmen yang disampaikan sekarang bisa dijalankan sesegera mungkin,” ujarnya.

    Sejalan dengan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan melihat TKDN yang diajukan Apple sebelum menentukan nasib iPhone 16 di Indonesia.

    “TKDN tentu juga akan kita dorong dan juga timnya juga nanti akan disempurnakan dengan adanya perubahan,” kata dia.

    HP Samsung dan Xiaomi Sudah Capai Nilai TKDN 40%

    Foto: Seorang pekerja memegang smartphone OPPO F1S di pabrik smartphone OPPO di Tangerang, Indonesia, 20 September 2016. REUTERS / Beawiharta / File Foto
    FILE PHOTO – A worker holds an OPPO F1S smartphone at an OPPO smartphone factory in Tangerang, Indonesia, September 20, 2016. REUTERS/Beawiharta/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

    Sebelum ditetapkan aturan TKDN ponsel 30% pada 2017 dan ditingkatkan menjadi 35% pada 2021, pemerintah sudah mendiskusikan kemungkinan TKDN 40% sejak 2015.

    Kala itu, para vendor ponsel seperti Samsung, Oppo, dan Xiaomi, dalam beberapa kesempatan menegaskan kesiapan mereka untuk mendukung aturan pemerintah.

    Pada 2015, Samsung mendirikan pabrik di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, untuk persiapan mematuhi wacana aturan TKDN 40% dari pemerintah.

    Di tahun yang sama, Oppo juga meresmikan pabrik di Tangerang. Selanjutnya pada 2022, Oppo kembali menambah fasilitas produksinya di Periuk, Kota Tangerang di atas lahan seluas 10 hektar.

    Sementara itu, Xiaomi dan beberapa vendor lain memilih menggandeng PT Sat Nusapersada di Batam untuk memproduksi perangkat-perangat 4G dan 5G yang dijual di Indonesia.

    Meski kewajiban TKDN untuk perangkat 4G dan 5G saat ini dipatok 35%, namun beberapa ponsel yang beredar di Indonesia sudah ada yang mencapai TKDN 40%.

    Sejumlah produk Samsung seperti Galaxy A25 5G, Galaxy A35 5G, Galaxy A55 5G, dan Galaxy Tab A9 LTE dikatakan sudah mencapai nilai TKDN 40,3%, dikutip dari laman resmi Samsung Indonesia.

    Selain lini produk Samsung, Xiaomi Redmi A1 yang dirilis pada 2022 lalu juga sudah mengantongi TKDN 40,3%, menurut pantauan CNBC Indonesia di laman resmi Kemenperin. Beberapa lini Xiaomi lainnya juga mayoritas meraih nilai TKDN lebih dari 35%, yakni di kisaran 36-38%.

    Adapun untuk produk Oppo, nilai TKDN rata-rata juga sudah melampaui 35%. Misalnya flagship Oppo Find N3 5G keluaran 2023 lalu yang meraup nilai TKDN 37%.

    Vivo juga sudah melampaui nilai TKDN 35%, meski belum ada yang tembus 40%. Misalnya Vivo V30 Lite keluaran awal tahun ini yang menurut laman Kemenperin sudah meraih nilai TKDN 36,93%.

    (fab/fab)

  • Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Lantas, untuk konsumen yang melakukan pemesanan sekarang, kapan mereka menerima unitnya?

    Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengatakan, Honda Scoopy baru akan diproduksi dalam waktu dekat. Dia memastikan, pengiriman unitnya akan dimulai sebelum pergantian bulan.

    “Mulai diproduksinya bulan November ini, mulai delivery ke konsumen juga November,” ujar Thomas Wijaya kepada awak media di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (5/11).

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Meski demikian, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan unit di dealer-dealer sehari setelah peluncuran. Dia memastikan, sejauh ini tak ada inden kendaraan.

    “Jadi konsumen sudah bisa memesan unitnya di dealer-dealer, ke showroom kami lah, ke jaringan kami,” kata dia.

    Ketika ditanya mengenai target penjualan, tak biasanya, Thomas tak mengungkapnya secara detail. Dia hanya menegaskan, angkanya tergantung minat konsumen dan kondisi pasar di Indonesia.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru merupakan generasi keenam yang banyak berubah dibandingkan model sebelumnya. Perubahan yang paling kentara dari kendaraan tersebut berada di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain cristal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Cikarang Dry Port jadi Tempat Favorit Industri Otomotif Ekspor Perdana – Page 3

    Cikarang Dry Port jadi Tempat Favorit Industri Otomotif Ekspor Perdana – Page 3

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) mulai ekspor perdana Omoda 5 setir kiri buatan Pondok Ungu, Bekasi, ke Vietnam. Dalam pengiriman pertamanya, sebanyak 120 unit mobil dari jenama asal China ini mulai diberangkatkan dari Dry Port, di kawasan Cikarang, Jawa Barat, Jumat (1/11/2024).

    Executive Vice Presiden Chery International, Chen Chunqing mengatakan, ekspor ini menjadi tonggak sejarah baru dalam perjalanan perusahaan di Tanah Air.

    “Kami di sini untuk menyaksikan dimulainya ekspor perdana produk kami Omoda 5 ke Vietnam,” buka Chen, saat pelepasan perdana ekspor Chery Omoda 5.

    Chen melanjutkan, ekspor Chery Omoda 5 secara perdana ke Vietnam ini, menunjukan bahwa Chery tidak hanya sangat mendukung ekspektasi volume ekspor mobil pemerintah, tapi juga menunjukan komitmen Chery dalam pengembangan dan ekspansi jangka panjang di Indonesia.

    “Dengan memiliki Indonesia sebagai titik awal untuk ekspor 120 unit ke Vietnam, terbukti kualitas manufaktur yang baik, yang dapat memperoleh kepercayaan dari pasar global,” tegasnya.

    Sementara itu, berbicara target ekspor Chery Omoda 5 ke Vietnam ini, adalah sebanyak 5.000 unit pada tahun pertama.

     

  • Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Honda Scoopy Baru Pakai Mesin Honda BeAT, tapi Ada Bedanya

    Jakarta

    Honda Scoopy baru menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT. Namun, pabrikan memberikan ‘sentuhan tambahan’ agar sesuai dengan karakter pengendara skuter matik tersebut.

    Kepastian itu disampaikan Nattawat Akrasukphaisan selaku Product Engineering Division Honda R&D Southeast Asia. Menurutnya, ‘sentuhan tambahan’ tersebut merupakan optimasi di bagian injeksi.

    “Honda Scoopy baru dan BeAT pakai mesin yang sama, eSP 110cc. Perbedaannya ada di FI (fuel injection) tunning yang disesuaikan dengan karakter motor,” ujar Nattawat di sela-sela peluncuran produk di Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Hal yang sama juga disampaikan Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT AHM Sarwono Edhi. Sehingga, Honda Scoopy baru menawarkan sensasi berkendara yang sedikit berbeda dibandingkan Honda BeAT.

    “Mesin motornya sama kayak Honda BeAT baru. Perbedaannya hanya FI tuning saja. Itu disesuaikan dengan karakter pengguna yang lebih slow dan fashion,” kata Sarwono Edhi.

    Sebagai catatan, Honda Scoopy baru menggendong mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    Namun, perlu dicatat, angka itu merupakan klaim internal AHM. Sedangkan untuk mengetahui hasil pastinya, kami perlu melakukan pengetesan pribadi secara fuel to fuel.

    (sfn/rgr)

  • Pabrik Hyundai di Cikarang Sudah Pakai Robot, Tetap Butuh Pekerja Wanita

    Pabrik Hyundai di Cikarang Sudah Pakai Robot, Tetap Butuh Pekerja Wanita

    Jakarta

    Secanggih-canggihnya, pabrik Hyundai di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, masih membutuhkan tangan terampil dan pengamatan cermat dari wanita.

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak awak media mengunjungi fasilitas Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11/2024).

    HMMI memiliki area press shop, body shop, paint shop, engine shop, hingga assembly shop.

    Selama awak media berkeliling di fasilitas pabrik HMMI, pihak Hyundai melarang untuk mengambil gambar, baik dalam bentuk foto mqupun video, sehingga kami tidak bisa menyajikan dalam bentuk visualnya kepada para pembaca.

    Mulanya kami diajak ke fasilitas press shop. Proses pembuatan ini juga disebut sebagai stamping, di mana berbagai macam panel dibuat menggunakan alat cetak yang dinamakan dies yang mengubah lembaran besi menjadi bentuk jadi.

    Kemudian kami diajak ke fasilitas body shop. Lembaran besi pada tahap awal akan dipotong ke berbagai bentuk, proses ini disebut blanking.

    Lembaran yang telah jadi kemudian akan dibawa ke tahap selanjutnya, yaitu stamping. Di proses ini, lembaran yang telah melewati tahap blanking akan melewati beberapa alat cetak atau Dies:

    Drawing: membentuk lembaran blank sehingga terbentuk profil yang spesifik.Trimming: memotong material yang berlebih dari proses drawing.Piercing: melubangi panel yang akan digunakan untuk merakit beberapa bagian.Flanging: penekukan dan pembentukan akhir pada panel untuk membuat titik welding saat perakitan.

    Di area ini, bodi mobil dibuat dengan ukuran yang presisi serta identik, untuk kemudian disatukan menjadi bodi mobil utuh yang terdiri dari sub-assembly seperti floor atau lantai mobil, bodi side atau struktur kiri dan kanan, serta roof atau atap mobil. Berikut adalah tahap penyatuan panel yang diterapkan di area body shop:

    Merakit Sub-Floor (bagian depan, tengah, dan belakang), Sub-Side (quarter inner atau area seperempat bagian belakang mobil, dan struktur penguat bodi samping).Floor bagian depan, tengah, dan belakang dirakit di line ini, komponen ini penting untuk nantinya dapat dipasangkan mesin, transmisi, suspensi, dan tempat duduk.Side Panel, yaitu di mana struktur samping bagian dalam dan panel luar dirakit di line ini. Struktur samping ini nantinya akan dipasangkan pintu depan, pintu belakang, hingga interior trim.Main Body, pada line ini, dilakukan proses perakitan floor, side, cowl, dan roof, sehingga terbentuklah struktur bodi yang lengkap.Moving Line, yaitu tahap untuk merakit pintu depan/belakang, hood (kap mesin), dan tailgate (pintu bagasi).Body Complete & Inspection Line, tahap di mana struktur bodi yang telah terbentuk diperiksa secara menyeluruh sebelum dapat dikirim ke area selanjutnya, yaitu paint shop.

    Di fasilitas body shop ini teknologi yang digunakan sudah sangat canggih karena melibatkan sekitar 409 robot untuk membantu proses perakitan mobil dari lempengan-lempengan besi, hingga menjadi satu bentuk utuh.

    Menariknya fasilitas itu sudah dilengkapi dengan air conditioner sehingga menunjang kenyamanan para pekerja.

    Diketahui, pabrik Hyundai itu baru beroperasi awal tahun 2022. Sementara kapasitas produksinya diklaim mencapai 150 ribu unit per tahun dan bisa ditingkatkan hingga 250.000 unit.

    Selanjutnya mampir ke area assembly shop serta komponen yang dipasang. Terdiri atas beberapa bagian:

    Trim Line, yaitu pemasangan area cockpit dan headlining. Tenaga ahli di tahap ini diberi perlengkapan kursi wearable yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada tenaga ahli untuk bekerja pada posisi duduk tanpa menggunakan kursi.Chassis Line, yaitu area pemasangan mesin, transmisi, dan suspensi. Area ini berdekatan atau terhubung dengan area perakitan mesin atau Engine Shop. Lini ini akan difungsikan menjadi area perakitan modul baterai saat jadwal produksi kendaraan listrik.Final Line, yaitu lini pemasangan bumper depan, kaca, kursi, serta kabel & selang yang terhubung dengan ruang mesin. Tenaga ahli yang bekerja di lini ini juga dilengkapi dengan setelan wearable untuk efisiensi, efektivitas, dan kenyamanan dalam proses perakitan.Ok Line, yaitu lini untuk pengisian bahan bakar & oli; penyesuaian gap atau celah antar komponen & flush atau ketidakrataan; pengkodean kunci mobil; serta inspeksi kualitas.Ok Line pabrik Hyundai di Delta Mas, Cikarang Foto: Ridwan Arifin

    Selanjutnya, kendaraan yang telah selesai dirakit akan melalui proses pengujian atau quality control untuk mendiagnosa kelistrikan, kemudi, hingga tes kebocoran.

    Terhitung sejak 1 Januari 2023, HMMI telah 100 persen menggunakan listrik dari energi terbarukan yang sudah tersertifikasi oleh Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN, sehingga setiap kendaraan diproduksi dengan energi listrik ramah lingkungan.

    Selain itu, melalui integrasi green technology dan konsep intelligent manufacturing, HMMI juga memastikan setiap kendaraan yang diproduksi telah memenuhi standar global Hyundai dalam kualitas dan keamanan untuk diekspor ke berbagai negara.

    (Halaman selanjutnya: tenaga kerja wanita masih dibutuhkan)

  • Alasan Setang Honda Scoopy Baru Pakai Cover, Tak Lagi Telanjang

    Alasan Setang Honda Scoopy Baru Pakai Cover, Tak Lagi Telanjang

    Jakarta

    Honda Scoopy baru mendapat banyak pembaruan dibandingkan generasi sebelumnya. Skuter matik bertampang retro tersebut kini menggunakan setang model tertutup, bukan telanjang seperti model-model terdahulu!

    Nattawat Akrasukphaisan selaku Product Engineering Division Honda R&D Southeast Asia menjelaskan, Honda Scoopy baru hadir dengan konsep ‘Totally Unique’ yang mendefinisikan kebaruan total. Dia ingin, kendaraan tersebut tampil benar-benar berbeda dibandingkan model sebelumnya.

    Selain itu, kata dia, dengan keberadaan cover pelindung di area setang, pengendara jadi punya pandangan baru ketika berkendara.

    “Jadi kami ingin memberikan kesan premium di Honda Scoopy baru. Kami menambahkan itu (cover di area setang), agar ketika user mengendarai motor, dia bisa melihat sesuatu yang baru dan berbeda dari motor ini,” ujar Nattawat saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    “Memang kita ingin menjaga tampilan Scoopy sendiri yang sudah diminati konsumen di Indonesia. Makanya kita berikan kesan premium, termasuk di bagian lampu utamanya,” tambahnya.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Keputusan AHM menambahkan cover di area setang memang membuat sejumlah pihak bertanya-tanya. Sebab, sejak dulu, Scoopy selalu identik dengan setang telanjang. Namun, perubahan tersebut membuat kendaraan terlihat lebih ‘kalcer’ dan kekinian.

    Spesifikasi Honda Scoopy Baru

    Selain setang, banyak detail lain di Honda Scoopy baru yang mengalami perubahan. Kendaraan tersebut kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Apple Bangun Pabrik di Bandung, Kemenperin Segera Umumkan Nasib iPhone 16

    Apple Bangun Pabrik di Bandung, Kemenperin Segera Umumkan Nasib iPhone 16

    Jakarta

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menyebut Kemenperin akan mengumumkan nasib iPhone 16 di Indonesia dalam waktu dekat. Info ini keluar setelah rencana Apple membangun pabrik di Bandung yang dilaporkan Bloomberg dengan nilai investasi menyentuh USD 10 juta (Rp 157 miliar).

    Bloomberg menyebut Apple akan membangun fasilitas manufaktur di Bandung dengan menggandeng beberapa penyuplai komponen lokal. Pabrik itu akan fokus memproduksi aksesoris untuk produk-produk Apple.

    “Kami sudah mendengar dan sudah menghubungi (Apple) Tapi ini kita akan bicarakan lebih detil nanti,” kata Faisol, Rabu (6/11/2024), dikutip detikINET dari CNCB Indonesia.

    Faisol menegaskan bahwa tak lama lagi nasib iPhone 16 bakal diumumkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Sebelumnya, Apple sudah menyatakan beberapa komitmennya tapi dirasa masih kurang.’

    “Saya berharap bahwa komitmen yang disampaikan sekarang bisa dijalankan sesegera mungkin,” ujarnya.

    Hingga saat ini, seri iPhone 16 belum dijual resmi di Indonesia. Alasannya karena Apple belum memperpanjang sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diwajibkan oleh pemerintah.

    Disebutkan bahwa realisasi komitmen Apple harusnya Rp 1,71 triliun. Tapi, masih ada kekurangan Rp 240 miliar karena yang baru masuk Rp 1,48 triliun.

    Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Kemenperin juga meminta e-commerce dan marketplace untuk menghilangkan produk iPhone 16 di layanannya agar tidak bisa dibeli masyarakat.

    “Kami sudah melakukan kontak pada ecommerce untuk segera tidak menayangkan atau mencabut produk iPhone 16 pada market sehingga tidak bisa dibeli,” kata Menteri Agus, saat ditemui detikcom di Cikarang Dry Port, Bekasi, Jumat (1/11).

    “Karena kasihan masyarakat yang beli karena mereka pasti tidak akan diberi IMEI dari kita,” lanjutnya.

    (ask/ask)

  • Makin Banyak Motor Matic Jepang ‘Bergaya’ Vespa, Begini Kata Piaggio

    Makin Banyak Motor Matic Jepang ‘Bergaya’ Vespa, Begini Kata Piaggio

    Jakarta

    Makin banyak pabrikan Jepang yang melahirkan motor matic dengan cita rasa khas Eropa. Tak ayal mereka pun kerap dibenturkan dengan matic ikonik produksi Italia, Vespa. Bagaimana tanggapan Piaggio Indonesia dalam menghadapi persaingan ini?

    Dijelaskan PR Communications & Brand Activation Manager at PT Piaggio Indonesia (PTPI) Ayu Hapsari, Vespa merasa tidak tersaingi dengan kehadiran skutik-skutik bergaya klasik bikinan pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha.

    Yamaha Grand Filano Foto: Ridwan Arifin

    “Karena kami tahu bahwa calon konsumen Vespa itu mau yang original, yang the real one, bukan motor yang look a like (terlihat mirip),” kata Ayu kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/11).

    Ayu menjelaskan, produk-produk motor matic buatan Vespa memiliki ciri khas tersendiri dan tidak akan bisa disaingi oleh merek mana pun. Selain itu, Vespa ibarat kendaraan impian bagi setiap pengguna motor, sehingga tidak bisa digantikan posisinya oleh model-model skutik klasik lainnya.

    “Pasar kami baik-baik saja. Dan makin banyaknya pilihan, berarti kan motor kami menginspirasi banyak orang (banyak brand). Tapi kalau once seseorang punya uang, rezeki, pasti penginnya beli Vespa,” tambah Ayu.

    Vespa LX 2024 Foto: Dok. Piaggio Indonesia

    Diketahui, saat ini motor matic klasik menjadi target pasar yang diincar pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha. Honda memiliki dua model klasik, yakni Scoopy dan Stylo, sementara Yamaha mempunyai Fazzio dan Grand Filano. Keempat model tersebut terbukti laris di pasaran dan sering ditemui di jalanan Jabodetabek.

    Vespa sendiri memiliki banyak lini model motor matic, dari model basic seperti LX, Primavera, Sprint, hingga model-model yang lebih premium lagi seperti seri GTS, GTS Super Tech, GTV, hingga 946 Dragon. Vespa juga telah membangun fasilitas pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat, yang memproduksi seri LX.

    (lua/rgr)