kab/kota: Cikarang

  • Ini Sebabnya Motor Listrik Kurang Laku di Indonesia

    Ini Sebabnya Motor Listrik Kurang Laku di Indonesia

    Jakarta

    Motor listrik masih kurang diminati di Indonesia. Jika dibandingkan dengan penjualan motor konvensional, perbedaannya bak bumi dan langit. Motor konvensional bisa terjual di atas 6 juta unit per tahunnya, sementara motor listrik hanya terjual belasan ribu hingga puluhan ribu unit per tahunnya. Lantas kenapa motor listrik belum banyak diminati konsumen Indonesia?

    Dijelaskan Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Hari Budianto, tahun ini penjualan motor listrik di Indonesia diproyeksikan tembus 70 ribu unit. Angka tersebut tergolong kecil jika dibandingkan penjualan motor konvensional yang sepanjang Januari-Oktober 2024 terjual 5,4 juta unit.

    “Tahun ini kemungkinan akan mencapai angka 70 ribuan. Memang jauh perbandingannya (dengan motor konvensional). Motor listrik terjual 6.000-an per bulannya,” ungkap Hari kepada wartawan di Cikarang, belum lama ini.

    Capaian itu memang jauh dari kata ideal, apalagi sebelumnya pemerintah menargetkan industri roda dua untuk memproduksi motor listrik sebanyak dua juta unit pada tahun 2025.

    Kata Hari, motor listrik belum bisa diterima masyarakat umum di Indonesia lantaran merupakan teknologi baru, sehingga butuh waktu bagi masyarakat untuk bisa menerima keberadaan motor listrik.

    “Masih banyak faktor. Salah satunya harga. Oke dikasih insentif, tapi kan orang Indonesia itu naik motor supaya bisa dipakai kapan saja dan ke mana saja. Mereka melakukan kegiatan ekonomi, yang paling murah untuk sarana mobilitas itu sepeda motor,” jelas Hari.

    Menurut Hari, motor banyak diandalkan oleh pekerja di sektor non-formal maupun formal. Dengan mengendarai motor, mereka lebih bisa mengatur waktu. Nah, kalau mereka menggunakan motor listrik, mereka bisa direpotkan dengan urusan mengisi ulang daya baterai.

    “Oke motor sekarang sudah punya teknologi baterai swap. Tapi fokusnya di mana? Paling di Jakarta kan? Misalnya orang mau bepergian ke Cikarang mungkin masih berani ya, beberapa motor pakai dua baterai dengan jarak tempuh kurang lebih 60 km. Tapi kan tahu sendiri harga baterai itu masih mahal, 40% dari harga motor,” jelas Hari lagi.

    “Maka itu, hal seperti inilah yang harus diselesaikan oleh kita semua, supaya bagaimana motor listrik itu bisa dipakai ke mana saja dan kapan saja,” terang Hari.

    (lua/rgr)

  • Honda Scoopy Terbaru Kenapa Tidak Diluncurkan di IMOS 2024? Begini Jawaban AHM

    Honda Scoopy Terbaru Kenapa Tidak Diluncurkan di IMOS 2024? Begini Jawaban AHM

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Menariknya, momen peluncurannya digelar di Cikarang, Jawa Barat, dua hari setelah pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024.

    Keputusan AHM meluncurkan Honda Scoopy baru di luar IMOS 2024 tentu membuat sebagian pihak terheran-heran. Sebab, produsen umumnya memilih pameran otomotif sebagai momen peluncuran produk baru.

    Lebih lagi, IMOS 2024 merupakan hajat Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang salah satu membernya merupakan Honda. Lantas, apa alasan mereka mengambil langkah unik tersebut?

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Octavianus Dwi selaku Direktur Pemasaran PT AHM mengatakan, pihaknya ingin memberikan banyak ruang untuk motor-motor listriknya di IMOS 2024. Itulah mengapa, AHM lebih mengutamakan customer experience ketimbang meluncurkan produk baru.

    “Di IMOS 2024 kemarin kita memang mau fokus memberikan experience ke konsumen terutama motor listrik yang baru meluncur. Ya meskipun selain motor listrik, motor ICE kita juga mendapat perhatian juga,” ujar Octa di Cikarang, Jawa Barat.

    “Event is one thing, tapi kami ingin menghadirkan experience lebih saja untuk pengunjung di pameran itu,” tambahnya.

    Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda Scoopy generasi keenam. Motor tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, terutama di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/sfn)

  • Senin, Samsat Keliling kembali tersedia di Jadetabek

    Senin, Samsat Keliling kembali tersedia di Jadetabek

    Jakarta (ANTARA) – Polda Metro Jaya kembali membuka layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) untuk membantu warga dalam memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan kewajiban lainnya, Senin. 

    Berdasarkan informasi dari akun ‘X’ atau Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, Senin, layanan ini tersedia di 14 wilayah, yakni:

    1. Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB;
    2. Jakarta Utara di halaman parkir Samsat Jakarta Utara dan Masjid Al-Musyawarah Kelapa Gading pukul 08.00-14.00 WIB;
    3. Jakarta Barat di Mall Citraland pukul 08.00-14.00 WIB;
    4. Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat Jakarta Selatan pukul 08.00-14.00 WIB dan TMP Kalibata pukul 09.00-14.00 WIB;
    5. Jakarta Timur di halaman parkir Samsat Jakarta Timur pukul 08.00-15.00 WIB dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB;
    6. Kota Tangerang di Perumnas 2 Cibodas dan Pangkalan Busway Foodmospher pukul 08.00-14.00 WIB;
    7. Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-14.00 WIB dan ITC BSD Serpong pukul 16.00-19.00 WIB;
    8. Ciledug di kantor Kecamatan Pinang dan Rukan Fresh Market Green Lake City Ketapang Cipondoh pukul 09.00-12.00 WIB;
    9. Ciputat di kantor Kelurahan Pondok Betung Ciputat dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-12.00 WIB;
    10. Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan Hal. GTown House Square Gading Serpong pukul 08.00-14.00 WIB;
    11. Kota Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 08.00-12.00 WIB;
    12. Kabupaten Bekasi di Pasar Bersih Jababeka Cikarang pukul 08.00-12.00 WIB;
    13. Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00-14.00 WIB dan lapangan bola Cipayung pukul 08.00-12.00 WIB;
    14. Cinere di halaman kantor Samsat Cinere pukul 08.00-12.00 WIB.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan wajib pajak sebelum menyambangi gerai untuk membayar pajak kendaraan, antara lain memastikan kendaraan yang akan dibayar pajaknya tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari satu tahun.

    Kemudian, pastikan untuk membawa beberapa dokumen yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan, seperti KTP, BPKB, dan STNK asli masing-masing disertai lampiran fotokopi.

    Gerai Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan, sedangkan untuk perpanjangan STNK dan ganti pelat nomor kendaraan harus datang langsung ke kantor Samsat.

    Baca juga: Sabtu, tersedia layanan Samsat Keliling di sembilan wilayah Detabek
     

    Pewarta: Mentari Dwi Gayati
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • Honda Scoopy Terjual 1 Juta Unit per Tahun di Indonesia

    Honda Scoopy Terjual 1 Juta Unit per Tahun di Indonesia

    Jakarta

    Sejak pertama muncul 14 tahun lalu, Honda Scoopy langsung menjadi buruan konsumen di Indonesia. Itulah mengapa, pabrikan terus melakukan pembaruan hingga memasuki generasi keenam.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim, Honda Scoopy kerap menyumbang 20-23 persen penjualan mereka di Indonesia. Itu tandanya, skuter matik retro tersebut terjual 1 juta unit per tahun!

    “Penjualannya bagus, kontribusinya di atas 20 persen. Jadi kurang lebih 1 juta unit lah ya atau 20-23 persen dari total penjualan kita,” ujar Thomas Wijaya saat ditemui awak media di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Thomas menegaskan, Honda Scoopy masuk dalam tiga besar penjualan AHM di Indonesia. Kendaraan tersebut bersanding dengan skuter matik tenar lainnya.

    “Pokoknya (Honda Scoopy) masuk tiga besar (penjualan tertinggi). Jadi ada BeAT, ada Vario dan Scoopy,” ungkapnya.

    Honda Scoopy hanya dipasarkan di dua negara, yakni Thailand dan Indonesia. Namun, pasar terbesarnya tetap di Indonesia dengan populasi 8,5 juta unit semenjak kemunculan perdana di tahun 2010.

    Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda Scoopy generasi keenam. Motor tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, terutama di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/rgr)

  • Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Jakarta

    Honda merupakan satu dari sedikit merek yang masih menjual motor 110cc di Indonesia. Padahal, produsen lain asal Jepang, seperti Suzuki, Yamaha dan Kawasaki sudah meninggalkan segmen tersebut. Apa sebenarnya alasan Honda?

    Sebagai catatan, pilihan motor 110cc Honda di Indonesia cukup banyak. Bahkan, sebagian menjadi kontributor utama penjualan mereka di Tanah Air. Misalnya, Honda BeAT, Scoopy, Genio dan Revo.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pasar motor 110cc masih sangat seksi di Indonesia. Sebab, banyak konsumen yang butuh kendaraan kecil untuk mobilitas harian. Itulah mengapa, pihaknya masih bermain di segmen tersebut.

    “Pasarnya masih signifikan karena 110cc itu kan biasanya buat mobilitas harian, produktivitas, sehingga mau tidak mau cari yang ekonomis, yang irit, yang awet, perawatannya juga mudah, penggunanya nyaman,” ujar Thomas saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Lebih jauh, Thomas menjelaskan, lebih dari separuh penjualan motor Honda di Indonesia masih didominasi produk bermesin 110cc. Sehingga, mustahil untuk meninggalkan segmen tersebut dan beralih ke mesin yang lebih besar.

    “Memang 110cc dinilai cukup bisa memenuhi produktivitas, mobilitas para konsumen kita. Jadi masih cukup besar lah buat kita, mungkin di atas 50 persen lah, lebih minus 50-60 persen kita di 110 cc,” tuturnya.

    Berkat alasan itu pula, Honda masih tetap mempertahankan mesin 110cc di Scoopy baru. Padahal, sebelumnya sempat ada isu, skuter matik retro tersebut akan menggunakan jantung mekanis baru yang lebih besar.

    “Saat ini Scoopy dengan mesin 110-nya sudah cukup diminati konsumen, karena sesuai kebutuhan mobilitas dan kebutuhan gaya mereka. Tapi kita terbuka kalau ada masukan-masukan ke depannya bagaimana,” kata Thomas.

    (sfn/dry)

  • Baru Dua Minggu, Hyundai Santa Fe Sudah Dipesan Segini

    Baru Dua Minggu, Hyundai Santa Fe Sudah Dipesan Segini

    Jakarta

    Hyundai Santa Fe belum genap satu bulan rilis di Indonesia. Penerimaan SUV bongsor ini terbilang positif.

    Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan Santa Fe terbaru itu menjadi opsi untuk para penggemar SUV dengan desain yang tidak banyak diadopsi pabrikan lain.

    “Tiga digit gede, bookingan (Santa Fe) sudah masuk. Ini sesuatu yang menjadi bukti, konsumen kita sebenarnya penyegaran opsi di market biasanya spesifik pada model tertentu. Ini baru dua minggu (sejak Santa Fe diluncurkan), hopefully satu dua bulan ke depan peminatnya bertambah banyak,” kata Budi di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

    “Ya, sudah di atas 500 unit,” tambahnya lagi.

    Santa Fe Hybrid hadir untuk berkompetisi dengan SUV hybrid Jepang, dan di kelasnya ada pesaing terberat Honda CR-V e:HEV.

    Santa Fe diketahui sudah diproduksi lokal di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Namun untuk baterai mobil hybrid masih diimpor dari Korea Selatan.

    Hyundai Santa Fe varian Calligraphy mesin turbo hybrid menjadi model yang paling banyak dipesan. Sebab mayoritas orang Indonesia cenderung memilih membeli mobil dengan trim tertinggi.

    Secara umum, All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua opsi mesin. Pertama, ada mesin bensin 2.497 cc bersilinder empat dengan muntahan tenaga 194 PS dan torsi 246 kgm. Sementara transmisinya otomatis delapan-percepatan.

    Kedua, ada mesin turbo hybrid berkapasitas 1.598 cc bersilinder empat yang jika dikombinasikan dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga 235 PS. Sedangkan transimisinya otomatis enam-percepatan.

    Hyundai Santa Fe sudah punya fitur konektivitas BlueLink yang memberikan banyak kemudahan untuk pengemudinya. Kendaraan tersebut juga punya teknologi Hyundai Smartsense dengan paket fitur seperti blind-spot collision-avoidance assist (BCA), lane following assist (LFA), parking collision-avoidance assist (PCA), smart cruise control, forward collision-avoidance assist with JT.

    Selain itu, fitur standar masih disematkan, mulai dari rear lower-tray, UV-C sterilization multi-tray, dual wireless charger, bilateral multi console, parking distance warning dan masih banyak lagi.

    (riar/rgr)

  • Kemendag Godok Aturan Pemusnahan Barang Impor Ilegal yang Bisa Untungkan Negara

    Kemendag Godok Aturan Pemusnahan Barang Impor Ilegal yang Bisa Untungkan Negara

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menggodok formula aturan terkait pemusnahan barang impor ilegal yang masuk ke Indonesia, termasuk yang bisa memberikan keuntungan bagi negara.

    Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Rusmin Amin mengatakan bahwa formula itu melibatkan bea cukai, kejaksaan, hingga kepolisian.

    “Termasuk juga kita lagi coba menggodok aturan ke depan terkait dengan barang pemusnahan dan sebagainya. Ini juga lagi kita formulasi dengan bea cukai, kejaksaan, dan kepolisian,” ungkap Rusmin saat ditemui di Pergudangan Kamal Muara, Jakarta Utara, Jumat (8/11/2024).

    Rusmin pun mengakui dalam proses penyitaan membutuhkan biaya, salah satunya untuk pemusnahan barang impor ilegal. Untuk itu, menurutnya, diperlukan pertimbangan agar pemusnahan barang impor ilegal itu bisa menguntungkan negara.

    “Ada beberapa barang kan mau nggak mau kalau setelah penyitaan dan sebagainya ini pasti ada salah satunya yang jadi persoalan itu biasanya cost terkait dengan pemusnahan dan sebagainya, tetapi bagaimana itu menguntungkan bagi negara, ini kita lagi cari,” terangnya.

    Kendati demikian, Rusmin menyampaikan bahwa aturan ini belum dituangkan menjadi draf.

    Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa masuknya barang impor secara ilegal menjadi tantangan signifikan di Indonesia dengan implikasi yang luas terhadap perlindungan dan perekonomian masyarakat serta perekonomian domestik.

    Rusmin mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan langkah strategis dalam pengawasan dan penanganan permasalahan impor dengan terus berkoordinasi dan menjalin komunikasi pengawasan dan penanganan permasalahan impor.

    “Satgas akan terus melakukan pengawasan untuk melindungi industri dalam negeri. Selain itu, instansi yang tergabung dalam Satgas akan melanjutkan tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” terangnya.

    Adapun pada hari ini, Jumar (8/11/2024), Kemendag mengekspose kain gulungan yang diduga ilegal senilai Rp90 miliar di Jakarta Utara. Produk tersebut merupakan hasil temuan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor, khususnya untuk produk tekstil dan produk tekstil (TPT).

    Pengawasan dilakukan di dua tempat di Jakarta dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Barang-barang tersebut diduga melanggar Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024 dan Permendag Nomor 26 tahun 2021.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menuturkan bahwa pengawasan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam melindungi industri dalam negeri. Budi menyampaikan bahwa Kemendag berkomitmen untuk terus mengawal dan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk melindungi industri dalam negeri.

    Pada ekspose kali ini, pengawasan pertama dilakukan di Kelurahan Roa Malaka, Jakarta Barat pada 30 Oktober 2024 dengan jumlah temuan 30.000 rol TPT bernilai sekitar Rp30 miliar. Kemudian, Pengawasan kedua, yaitu di Kelurahan Kapuk Muara, Jakarta Utara pada 31 Oktober 2024 dengan jumlah temuan sebanyak 60.000 rol TPT bernilai sekitar Rp60 miliar.

    Sederet dugaan pelanggarannya antara lain tidak dilengkapinya dokumen Persetujuan Impor (PI), Laporan Surveyor (LS), dan registrasi pendaftaran barang terkait Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup (K3L).

    “Masuknya barang tanpa mengikuti ketentuan seperti ini merupakan musuh utama kita bersama, yang menghambat tumbuhnya industri tekstil dalam negeri,” jelas Budi.

    Adapun, sejak dibentuk pada 18 Juli 2024, Satgas telah melakukan kegiatan ekspose hasil temuan pengawasan sebanyak empat kali.

    Jika diperinci, ekspose pertama dilaksanakan pada 26 Juli 2024 di salah satu gudang di kawasan pergudangan Kamal Muara, Jakarta Utara dengan nilai barang mencapai Rp40 miliar.

    Ekspose kedua dilaksanakan pada 6 Agustus 2024 di tempat Penimbunan Pabean Bea dan Cukai Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi Jawa Barat dengan nilai barang mencapai Rp41,19 miliar. Selanjutnya, ekspose ketiga dilaksanakan pada 23 September 2024 di Kawasan Industri Jatake, Kota Tangerang, Banten dengan nilai temuan mencapai Rp10 miliar.

    Lalu, ekpose keempat dilaksanakan pada 30 September 2024 di Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan nilai temuan mencapai Rp11,45 milar. Sebagai tindak lanjut ekspose, Satgas telah melakukan pemusnahan barang hasil temuan pengawasan sebanyak dua kali, yaitu pada 2 dan 9 September 2024.

  • Suku Cadang Mobil Paling Tua Hyundai yang Masih Tersedia di Pabrik

    Suku Cadang Mobil Paling Tua Hyundai yang Masih Tersedia di Pabrik

    Jakarta

    Hyundai punya ekosistem yang terintegrasi di Indonesia. Mobil tua pun masih didukung ketersediaan suku cadangnya.

    Fasilitas itu tersedia di Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), dan fasilitas HMID di Cikarang yaitu Hyundai Training Academy, PIO & Logistic, serta Parts Center.

    Detikcom diajak langsung melihat proses produksi produk Hyundai yang memanfaatkan teknologi terkini, mulai dari ekosistem produksi hingga tahap pengecekan produk sebelum distribusi, serta penyediaan suku cadang pendukung untuk layanan aftersales.

    Saat sesi mengunjungi Parts Center, di sana berjejer tumpukan rak yang diatur rapi sesuai dengan kode suku cadang. Komponen itu untuk didistribusi dalam negeri hingga ke mancanegara.

    Tony Hadiyanto, Head of Parts Department Hyundai Motors Indonesia menjelaskan suku cadang mobil tua pun masih di-supply. Namun pabrikan bertanggung jawab selama 15 tahun sejak modelnya disuntik mati.

    “Policy kita adalah menjamin 15 tahun sejak stop produksi. Kira-kira yang paling lama itu Matrix, masih ada. Ini detik-detik terakhir, tahun terakhir. Setelah itu kita tidak bertanggung jawab terhadap produk itu,” kata Tony di kawasan Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11/2024).

    Parts Center Hyundai di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat Foto: Ridwan Arifin

    Hyundai Parts Center berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar di Deltamas, Cikarang, yang menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 30.000 item.

    Pabrikan asal Korea Selatan ini punya program “Hyundai Jamin melalui 24hr Genuine Parts Availability” yang menjamin ketersediaan suku cadang asli dalam waktu 1×24 jam.

    Hingga kini, 97 persen volume suku cadang dari produk Hyundai dijamin tersedia untuk dipergunakan saat dibutuhkan. Selain itu, Hyundai juga menjalin kerja sama dengan pemasok suku cadang lokal untuk mendukung perkembangan pasar Indonesia.

    “Pengiriman setiap hari rata-rata ke domestik 2.000 pieces item sehari. Ekspor 20 kontainer per bulan,” kata Tony.

    (riar/rgr)

  • Penjualan Mobil di Indonesia Tahun Depan Diprediksi Sulit Tembus 1 Juta Unit

    Penjualan Mobil di Indonesia Tahun Depan Diprediksi Sulit Tembus 1 Juta Unit

    Jakarta

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkirakan pasar otomotif tahun depan tidak akan sampai satu juta unit. Proyeksi penjualan untuk tahun ini sesuai dengan revisi target Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    “Prediksi kita tahun ini ditutup dengan angka sekitar 830 ribu sampai 850 ribu unit,” kata Chief Operating OfficerHMID Franciscus Soerjopranoto saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11/2024).

    Frans mengatakan sinyal pelemahan pasar sudah terlihat sejak Juni 2023. Penjualannya tidak pernah sebesar tahun 2022.

    “Tren pasar, atau volume pasar atau market nggak pernah lebih besar dari 2022. Itu tahun 2023,” jelas Frans.

    Sumber data wholesales Gaikindo menyebutkan tahun 2022 bisa mengirim 1.048.040 unit. Sedangkan 2023 jumlahnya turun menjadi 1.005.802 unit.

    Sepanjang Januari – September 2024, berdasarkan data wholesales Gaikindo sudah mencatatkan distribusi sebanyak 633.218 unit. Hyundai mengambil pasar 2,7 persen dari total nasional atau jumlahnya 17.164 unit.

    Untuk tahun depan, Frans menyebutkan potensi pasar Indonesia disinyalir tidak bisa menembus angka satu juta unit.

    Pasar Indonesia beberapa kali tidak pernah menyentuh, antara lain tahun 2020 (532.407 unit), dan 2021 (887.202) unit. Kala itu kondisi ekonomi sedang tidak pasti lantaran pandemi Covid-19.

    Sementara itu, tahun depan masih menanti efek kebijakan strategis yang dibuat oleh pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

    “Tahun depan naiknya tidak sampai dua digit, why? karena kita melihat semua masih wait and see,” kata Frans.

    “Mungkin teman-teman sudah bisa prediksi, bahwa market itu kemungkinan besar kalau bisa tembus 900 ribu sudah bagus sekali. Mungkin angkanya sekitar 870 (sampai) 890-an ribu. Kira-kira seperti itu. Nah itu prediksi dari Hyundai,” jelasnya lagi.

    Berikut ini data wholesales dari Gaikindo, penjualan mobil dalam beberapa tahun terakhir:

    2024: 633.218 unit (Januari – September)
    2023: 1.005.802 unit
    2022: 1.048.040 unit
    2021: 887.202 unit
    2020: 532.407 unit
    2019: 1.030.120 unit
    2018: 1.151.308 unit
    2017: 1.077.364 unit
    2016: 1.062.694 unit
    2015: 1.013.518 unit
    2014: 1.208.019 unit
    2013: 1.229.811 unit

    (riar/dry)

  • Ecommerce Dilarang Jual iPhone 16, Lazada Ikuti Peraturan

    Ecommerce Dilarang Jual iPhone 16, Lazada Ikuti Peraturan

    Jakarta

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melarang e-commerce untuk menghilangkan produk iPhone 16 di layanannya. Lazada Indonesia sebut pihaknya telah dan akan selalu mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

    “Sebagai perusahaan ecommerce yang beroperasi di Indonesia, semua produk yang dijual di dalam platform Lazada Indonesia (Lazada) telah dan akan terus mematuhi seluruh hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia,” kata Lazada Indonesia, Jumat (8/10/2024).

    Ditelusuri di platform Lazada sendiri, pencarian untuk ‘iPhone 16’ memang tidak ditemukan. Yang ada hanya aksesoris barang semacam case HP. Tapi tidak ada produk iPhone 16 series.

    “Kami juga berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara aman dan nyaman, baik bagi penjual maupun pelanggan di platform Lazada,” sambungnya.

    Pada 1 November silam, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kepada detikcom bahwa iPhone 16 harus dihilangkan dari ecommerce.

    “Kami sudah melakukan kontak pada ecommerce untuk segera tidak menayangkan atau mencabut produk iPhone 16 pada market sehingga tidak bisa dibeli,” kata Menteri Agus, saat ditemui detikcom di Cikarang Dry Port, Bekasi, Jumat (1/11).

    “Karena kasihan masyarakat yang beli karena mereka pasti tidak akan diberi IMEI dari kita,” lanjutnya.

    Update terbaru, Kemenperin menyebut akan mengumumkan nasib iPhone 16 series di Indonesia dalam waktu dekat. Apple sudah berupaya agar pertemuan di antara kedua belah pihak dapat terealisasi segera.

    Info ini keluar setelah rencana Apple membangun pabrik aksesoris di Bandung yang dilaporkan Bloomberg dengan nilai investasi menyentuh USD 10 juta (Rp 157 miliar). Bloomberg menyebut Apple akan membangun fasilitas manufaktur di Bandung dengan menggandeng beberapa penyuplai komponen lokal. Pabrik itu akan fokus memproduksi aksesoris untuk produk-produk Apple.

    (ask/fay)