kab/kota: Cikarang

  • DIID Investasi Rp3,3 Triliun Bangun Pabrik AC Daikin, Kapan Beroperasi?

    DIID Investasi Rp3,3 Triliun Bangun Pabrik AC Daikin, Kapan Beroperasi?

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Daikin Industries Indonesia (DIID) atau Daikin resmi menyelesaikan pembangunan pabrik AC full-scale pertama di Indonesia dengan nilai investasi mencapai Rp3,3 triliun. 

    Pabrik ini mulai dibangun pada Desember 2022 yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang. Adapun, pabrik AC seluas 20 hektare ini memproduksi mulai dari pengolahan bahan baku hingga produk jadi. 

    Direktur DIID Budi Mulia mengatakan fasilitas produksi yang berdiri di atas lahan seluas 20 hektare ini telah memenuhi berbagai persyaratan seperti Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Standar Nasional Indonesia (SNI), dan Sertifikat Hemat Energi (SHE). 

    “Seturut dengan komitmen DAIKIN pada program TKDN, dengan keberadaan pabrik ini, kami menetapkan target untuk mencapai tingkat TKDN hingga lebih dari 40% di tahun 2025 nanti,” ujar Budi saat soft launching pabrik Daikin di Cikarang, Kamis (12/12/2024). 

    Saat ini, Daikin saat ini telah memasuki fase produksi perdana sebanyak 2.000 set. Setelah berproduksi penuh tahun depan, Daikin memiliki kapasitas produksi terpasang sebesar 1,5 juta set per tahun dan akan menyerap tenaga kerja hingga 2.500 pekerja. 

    Tak hanya kebutuhan untuk domestik, Daikin juga tengah mempertimbangkan untuk merambah pasar ekspor, salah satu negara yang dibidik yaitu Filipina. Adapun, Daikin menghadirkan produk AC rumah tangga mulai dari 0,5 PK – 3 PK. 

    “Dengan seluruh persiapan yang telah dilakukan, kami berharap dapat segera memperkenalkan AC DAIKIN buatan Indonesia bagi masyarakat luas pada pertengahan tahun 2025 nanti,” ujar Budi Mulia.

    Presiden Direktur DIID Khamhaeng Boonthavee memastikan seluruh proses produksi, mulai dari pemilihan dan pengolahan bahan baku hingga produk siap jual dilakukan di Indonesia. 

    “Setiap tahap tersebut akan diawasi dan dijalankan sesuai dengan standar DAIKIN Global di Jepang untuk memastikan kualitas terbaik yang memenuhi kebutuhan konsumen kami di Indonesia,” ujarnya 

    Dengan total investasi Rp3,3 triliun tersebut, Daikin memiliki 3 inisiatif keberlanjutan yaitu dari sisi arsitektur yang menerapkan desain fasad yang mengurangi radiasi matahari, serta kaca LOW-E dan isolasi atap untuk mengurangi beban panas. 

    Kedua, dalam hal peralatan, DAIKIN memastikan pemanfaatan AC dengan efisiensi tinggi, penggunaan panel surya untuk pembangkit listrik, serta sistem ventilasi untuk pemulihan panas. Ketiga, dalam hal operasional, DAIKIN mengembangkan sistem untuk pemantauan penggunaan energi di seluruh bagian pabrik.

  • Libur Nataru, Jasa Marga Proyeksi 3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta

    Libur Nataru, Jasa Marga Proyeksi 3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta

    Jakarta, CNN Indonesia

    Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur memproyeksikan 3,06 juta kendaraan meninggalkan Jakarta di periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.

    Angka ini naik 17,6 persen dari volume lalu lintas (lalin) normal atau naik 2,4 persen dibandingkan periode Nataru pada tahun sebelumnya.

    Subakti menyebut angka itu merupakan proyeksi pergerakan per tanggal 18 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025 melalui empat gerbang tol (GT) utama, di antaranya GT Cikarang Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

    “Selama periode libur Natal nanti ada sebesar 3,06 juta kendaraan atau naik 17,9 persen terhadap normal. Jadi itu yang keluar Jakarta, dan kalau dibandingkan periode Natal sebelumya, naik 2,4 persen. Jadi masih cukup ada kenaikan,” ujar Subakti dalam konferensi pers di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat, Selasa (10/12).

    Sementara itu, Subakti memproyeksikan arus balik Nataru bakal lebih landai yakni dengan volume 3 juta kendaraan. Namun, angka ini naik 18,6 persen terhadap normal atau 2,9 persen dari Nataru tahun sebelumnya.

    Ia memproyeksikan puncak arus mudik akan terjadi pada 21 Desember 2024 dengan 235.381 kendaraan atau naik 41 persen dari normal. Sedangkan, puncak arus balik Natal diproyeksikan akan terjadi pada 29 Desember 2024 dengan 221.766 kendaraan atau naik 22 persen.

    Perusahaan juga memprediksi puncak arus mudik Tahun Baru terjadi pada 28 Desember dengan kenaikan volume kendaraan sebesar 23 persen dari normal dan arus balik pada 1 Januari 2025 yang volumenya diprediksi naik 42 persen dari normal.

    Untuk menghadapi kenaikan volume lalin tersebut, Jasa Marga telah berkoordinasi cukup lama dengan para pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasinya.

    Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pembatasan terhadap angkutan barang atau truk sumbu 3 ke atas di waktu tertentu.

    “Ada SKB (surat keputusan bersama) yang sudah ditandatangani pada 6 Desember di Kementerian Perhubungan. Memang di sini ada pembatasan angkutan barang sumbu 3 ke atas di waktu tertentu demi kelancaran arus,” lanjut Subakti.

    (ldy/sfr)

  • Jasa Marga Tak Berikan Diskon Tarif Tol Saat Nataru, tetapi Operasikan 120 Kilometer Ruas Fungsional Gratis

    Jasa Marga Tak Berikan Diskon Tarif Tol Saat Nataru, tetapi Operasikan 120 Kilometer Ruas Fungsional Gratis

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Jasa Marga tidak memberikan diskon tarif tol pada momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Namun, Jasa Marga bakal mengoperasikan 120 kilometer ruas tol secara fungsional dengan tarif Rp 0 alias gratis.

    “Nataru kali ini kami tidak memberikan diskon, karena untuk biaya fungsional (tol) juga besar,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Subakti pada konferensi pers di Kementerian BUMN, Selasa (10/12/2024)

    Selain itu, menurut Subakti, kepadatan lalu lintas pada ruas tol yang dikelola Jasa Marga tidak akan sebanyak saat periode Idulfitri.

    “Kalau Lebaran, kami biasanya pertimbangkan,” tambahnya.

    Subakti menjelaskan, angka kepadatan kendaraan tersebut merupakan proyeksi pergerakan sejak tanggal 18 Desember 2024 sampai dengan 4 Januari 2025 melalui empat Gerbang Tol (GT) utama, antara lain GT Cikarang Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

    Sedangkan untuk arus balik Nataru, lanjut Subakti, diproyeksikan lebih landai, yakni dengan volume 3 juta kendaraan. Angka ini naik 18,6% terhadap normal dan 2,9% dari Nataru tahun lalu.

    Meskipun tak ada diskon tarif tol, tetapi puncak arus mudik Nataru akan terjadi pada 21 Desember 2024 dengan 235.381 kendaraan atau naik 41% dari normal. Sedangkan puncak arus balik natal diproyeksikan akan terjadi pada 29 Desember 2024 dengan 221.766 kendaraan atau naik 22%.

    Untuk menghadapi kenaikan volume lalu lintas ini, Jasa Marga telah berkoordinasi cukup lama dengan para stakeholder untuk melakukan langkah antisipasi. Salah satu strateginya adalah dengan penerapan pembatasan terhadap angkutan barang atau truk sumbu tiga ke atas pada waktu tertentu.

    “Ada SKB (surat keputusan bersama) yang sudah ditandatangani pada 6 Desember di Kementerian Perhubungan. Memang di sini ada pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas pada waktu tertentu demi kelancaran arus,” ujarnya.

    Meskipun tidak ada diskon tarif tol, tetapi Jasa Marga akan menggratiskan ruas tol fungsional sepanjang 120 kilometer pada momen Nataru 2025.

  • Jasa Marga Prediksi 3,06 Juta Kendaraan Keluar Jakarta Saat Momen Nataru

    Jasa Marga Prediksi 3,06 Juta Kendaraan Keluar Jakarta Saat Momen Nataru

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Jasa Marga (Persero) memprediksi ada 3,06 juta kendaraan yang akan keluar dari Jakarta pada momen mudik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    “Ada sebesar 3,06 juta kendaraan atau naik 17,9% terhadap arus normal yang keluar Jakarta. Kalau dibandingkan Nataru sebelumnya naik 2,4%,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Subakti pada konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa, (10/12/2024).

    Subakti menjelaskan, angka tersebut merupakan proyeksi pergerakan sejak tanggal 18 Desember 2024 sampai dengan 4 Januari 2025 melalui empat Gerbang Tol (GT) utama, antara lain GT Cikarang Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

    Selain kendaraan keluar Jakarta, Jasa Marga juga memprediksi untuk arus balik Nataru, lanjut Subakti, diproyeksikan lebih landai, yakni dengan volume 3 juta kendaraan. Angka ini naik 18,6% terhadap normal dan 2,9% dari Nataru tahun lalu.

    Jasa Marga menyebutkan, untuk puncak arus mudik akan terjadi pada 21 Desember 2024 dengan 235.381 kendaraan atau naik 41% dari normal. Sedangkan puncak arus balik Nataru diproyeksikan akan terjadi pada 29 Desember 2024 dengan 221.766 kendaraan atau naik 22%.

    Untuk menghadapi kenaikan volume lalu lintas ini, Jasa Marga telah berkoordinasi cukup lama dengan para stakeholder untuk melakukan langkah antisipasi. Salah satu strateginya adalah dengan penerapan pembatasan terhadap angkutan barang atau truk sumbu tiga ke atas pada waktu tertentu.

    “Ada SKB (surat keputusan bersama) yang sudah ditandatangani pada 6 Desember di Kementerian Perhubungan. Memang di sini ada pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas pada waktu tertentu demi kelancaran arus,” ujarnya.

    Jasa Marga memprediksi pada momen Nataru kali ini, akan ada sebanyak 3,06 juta kendaraan yang akan keluar Jakarta dan sebanyak 3 juta kendaraan yang akan kembali ke Jakarta.

  • 3 Ruas Tol Jasa Marga Masih Gratis saat Nataru, Ini Daftarnya

    3 Ruas Tol Jasa Marga Masih Gratis saat Nataru, Ini Daftarnya

    Jakarta

    PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan, tiga ruas tol dibuka secara fungsional selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025. Artinya, tol tersebut bisa dilalui secara gratis.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan,pengoperasian ruas tol secara fungsional dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung kelancaran arus lalin selama Nataru. Pertama, ada Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi Kartosuro-Purwomartani untuk Segmen Klaten-Prambanan.

    “Kita juga memfungsikan ruas-ruas fungsional. Kalau Jogja-Solo yang sudah bertarif itu sebesar 22,3 km, yang fungsional itu sampai dengan segmen Klaten. Jadi nanti dari Solo sampai Klaten itu ada tambahan 8,5 km fungsional, artinya gratis,” kata Subakti, dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa, (10/12/2024).

    Lalu yang kedua, ada Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 km. Ketiga, ada Tol Probolinggo-Banyuwangi segmen Gending-Kraksaan sepanjang 10,3 km.

    “Di ujung sana juga, kita akan memfungsionalkan sepanjang 10,3 km, yaitu dari Gending sampai Kraksaan.Itu 10,3 km fungsional, gratis,” ujarnya.

    Subakti memproyeksikan akan ada sebanyak 3,06 juta kendaraan keluar dari Jakarta di periode Nataru, naik 17,6% dari volume lalu lintas (lalin) normal. Sedangkan untuk arus balik diproyeksikan lebih landai yakni dengan volume 3 juta kendaraan, naik 18,6% terhadap normal dan 2,9% dari Nataru tahun lalu.

    Ia menjelaskan, angka tersebut merupakan proyeksi pergerakan sejak tanggal 18 Desember 2024 sampai dengan 4 Januari 2025. Arus lalu lintas ini merupakan catatan kendaraan melewati empat Gerbang Tol (GT) utama, antara lain GT Cikarang Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

    Sementara itu, puncak arus mudik akan terjadi pada 21 Desember 2024 dengan 235.381 kendaraan atau naik 41% dari normal. Sedangkan puncak arus balik natal diproyeksikan akan terjadi pada 29 Desember 2024 dengan 221.766 kendaraan atau naik 22%.

    Untuk menghadapi kenaikan volume lalin ini, Jasa Marga telah berkoordinasi cukup lama dengan para stakeholder untuk mengantisipasi. Strategi pertama yang dilakukan ialah dengan penerapan pembatasan terhadap angkutan barang atau truk sumbu 3 ke atas di waktu tertentu.

    “Ada SKB (Surat Keputusan Bersama) yang sudah ditandatangani pada 6 Desember di Kementerian Perhubungan. Memang di sini ada pembatasan angkutan barang sumbu 3 ke atas di waktu tertentu demi kelancaran arus,” kata dia.

    Selain itu, juga akan ada pelaksanaan rekayasa contra flow di ruas Tol Jakarta Cikampek (Japek) dan Jagorawi, serta oneway jika diperlukan sesuai diskresi kepolisian. Jasa Marga juga telah melakukan penghentian sementara kegiatan konstruksi dari 18 Desember 2024 sampai dengan 5 Januari 2025.

    (acd/acd)

  • Jasa Marga Proyeksikan 3,06 Juta Kendaraan Keluar Jakarta saat Nataru

    Jasa Marga Proyeksikan 3,06 Juta Kendaraan Keluar Jakarta saat Nataru

    Jakarta

    PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan 3,06 juta kendaraan keluar dari Jakarta di periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025. Angka ini naik 17,6% dari volume lalu lintas (lalin) normal.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, angka tersebut merupakan proyeksi pergerakan sejak tanggal 18 Desember 2024 sampai dengan 4 Januari 2025 melalui empat Gerbang Tol (GT) utama, antara lain GT Cikarang Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

    “Ada sebesar 3,06 juta kendaraan atau naik 17,9% terhadap normal, itu keluar Jakarta. Kalau dibanding Nataru sebelumnya naik 2,4%,” kata Subakti, dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa, (10/12/2024).

    Sedangkan untuk arus balik Nataru, lanjut Subakti, diproyeksikan lebih landai yakni dengan volume 3 juta kendaraan. Angka ini naik 18,6% terhadap normal dan 2,9% dari Nataru tahun lalu.

    Subakti memproyeksikan, puncak arus mudik akan terjadi pada 21 Desember 2024 dengan 235.381 kendaraan atau naik 41% dari normal. Sedangkan puncak arus balik natal diproyeksikan akan terjadi pada 29 Desember 2024 dengan 221.766 kendaraan atau naik 22%.

    Untuk menghadapi kenaikan volume lalin ini, Jasa Marga telah berkoordinasi cukup lama dengan para stakeholder untuk mengantisipadi. Salah satu strateginya ialah dengan penerapan pembatasan terhadap angkutan barang atau truk sumbu 3 ke atas di waktu tertentu.

    “Ada SKB (Surat Keputusan Bersama) yang sudah ditandatangani pada 6 Desember di Kementerian Perhubungan. Memang di sini ada pembatasan angkutan barang sumbu 3 ke atas di waktu tertentu demi kelancaran arus,” ujarnya.

    Saksikan juga video: Long Weekend, Nyaris Sejuta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

    (acd/acd)

  • Siswi SMP di Bekasi Laporkan Dugaan Pelecehan Seksual, Oknum Guru Ngaku Khilaf – Halaman all

    Siswi SMP di Bekasi Laporkan Dugaan Pelecehan Seksual, Oknum Guru Ngaku Khilaf – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, BEKASI – Siswi SMP di Kabupaten Bekasi diduga mengalami pelecehan seksual dari gurunya.

    Kasus itu terbongkar setelah siswa bersangkutan melaporkan kejadian itu kepada orang tuanya.

    Pelaku adalah oknum guru SMPN 05 Desa Sukadami, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    Orang tua siswi bersangkutan melaporkan kasus itu kepada pihak sekolah.

    Satgas PPA Desa Sukadami, Hamida menyampaikan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Desa Sukadami, Cikarang Selatan melakukan pertemuan dengan pihak SMPN 05 Cikarang Selatan.

    Hal itu menyusul setelah adanya laporan terkait dugaan pelecehan seksual yang di lakukan oleh oknum guru terhadap salah seorang siswi.

    “Iya kami bersama Paguyuban Kelas, Polisi, TNI dan Ketua RW datangi pihak sekolah meminta penjelasannya,” kata Hamida pada Selasa (10/12/2024).

    Hasilnya, Hamida menyebut bahwa laporan dari orang tua murid tidak termasuk dalam dugaan pelecehan seksual ekstrim. 

    Hanya dalam bentuk sentuhan-sentuhan tetapi itu juga sudah masuk dalam kategori pelecehan sebenarnya.

    “Seperti sentuhan-sentuhan yang menyebabkan si anak itu tidak nyaman. Makanya keberatan dan cerita ke orang tua dan dijadikan sebagai laporan. Kalau dari laporan si anak ini sudah lama dan kejadian yang dilaporkan kejadian baru-baru ini,” ucapnya.

    Dia menjelaskan hasil pertemuan itu kebijakan dari sekolah itu sesuai tuntutan dari orangtua murid untuk dimutasi. 

    Tetapi setelah adanya pertimbangan pihak sekolah memberikan sanksi kepada oknum guru yang terlapor itu nanti pada saat tahun ajaran baru itu akan dipindahkan ke tingkatan kelas yang berbeda.

    Oleh sebab itu, kata Hamida, satgas PPA perlu mengambil tindakan.

    Minimal membuat teguran agar nanti ke depannya tidak adalagi tindakan-tindakan serupa.

    Apalagi dari informasi beredar tindakan itu sudah lama dilakukan kepada siswi-siswi lainnya.

    “Kita dalam rangka pencegahan setidaknya memberikan efek jera kepada ruang lingkup pendidikan disini. Mengingat ini wilayah desa sukadami dan kami dari pemerintah desa Sukadami mengharapkan semua lingkungan pendidikan itu netral dan bersih dari hal-hal yang seperti saat ini,” terangnya.

    Akui Khilaf

    Sementara itu, Humas SMPN 05 Cikarang Selatan, Teguh Saptahadi mengatakan bahwa pihak yang bersangkutan sudah mengakui ada kekhilafan dan berusaha untuk memperbaiki.

    Pihak sekolah juga sudah menindaklanjuti dengan cara membina yang bersangkutan.

    “Jadi memang awalnya berpikir bahwa itu sebagai tindakan atau alasan perhatian seorang guru aja. Tetapi kemudian disalah tafsirkan saja sebagai pelecehan. Jadi tidak ada sanksi mutasi karena kalau itu kebijakan BKPSDM dan juga Dinas Pendidikan,” ucapnya. 

     

     

     

  • Masih Minat PCX 160 Lama Tanpa Cover Setang? Begini ‘Nasibnya’

    Masih Minat PCX 160 Lama Tanpa Cover Setang? Begini ‘Nasibnya’

    Jakarta

    Honda PCX 160 kini mengadopsi desain yang lebih segar, kalau dulu setangnya dibuat telanjang, kini PCX 160 hadir dengan cover. PCX kini seperti matic kebanyakan, cover tersebut mengikuti jejak sang kakak, Forza 250.

    Bagi sebagian orang ada yang menyukai PCX 160 stang model telanjang. Namun PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan penambahan cover itu masih sesuai dengan tema PCX, sebagai matic yang mewah dan elegan. Stok PCX lama hanya tinggal menghabiskan sisanya saja.

    “Ya, akan digantikan full dengan yang baru,” kata Thomas Wijaya selaku Executive Vice President Director di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

    “Tergantung sisa stok yang ada market saja,” ujar dia.

    Shinichiro Ishida, Large Project Leader Honda Motor Co.,Ltd menjelaskan perubahan itu untuk menyesuaikan konsep luxurious dari PCX.

    “Kami mengembangkan PCX konsepnya adalah luxury. Kali ini kami memberikan cover bagian handle untuk menambah kesan mewah,” kata Shiniciro Ishida saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center,Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (6/12/2024).

    Keputusan AHM menambahkan cover di area setang memang membuat sejumlah pihak bertanya-tanya. Sebab, sejak dulu, PCX selalu identik dengan setang telanjang. Perubahan tersebut membuat kendaraan terlihat lebih mirip Forza dan kekinian.

    Selain setang, banyak detail lain di Honda PCX baru yang mengalami perubahan. Inovasi terbaru disematkan pada New Honda PCX160 tipe RoadSync. Berfokus untuk memberikan pengalaman berkendara yang premium, berkelas, dan nyaman, motor skutik besar Honda ini kini memiliki fitur Smartphone Connection yaitu Honda Roadsync yang memiliki fungsi navigasi, telepon, musik, message, hingga voice command yang mengajak pengendara menikmati perjalanan dengan menyenangkan.

    Honda PCX 160 terbaru ini memiliki sentuhan baru dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 160 terbaru ini juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    Lanjut ke buritan belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu seinnya. Lampu remnya masih berbentuk siluet huruf ‘X’ kini berubah menjadi bertingkat dibuat lebih simple menyatu dengan body. Sementara itu lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    Dari struktur hingga bentuk desain bodi masih terbilang sama. Kapasitas bagasi All New PCX untuk tipe CBS dan ABS masih bisa menampung 30 liter.

    Faktanya dengan model setang telanjang PCX berhasil mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia. Selama 14 tahun berkiprah di pasar otomotif nasional, kira-kira sudah berapa banyak unit yang mengaspal di jalanan Indonesia?

    “Sejak 2010, waktu kita (penjualan awal) impor, sampai sekarang itu populasinya 2,2 juta. Total tahun ini (2024) saja 500 ribuan,” ujar Marketing Director PT Astra Honda Motor Octavianus Dwi Putro di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (7/12/2024).

    (riar/din)

  • Kisah Warga Bantaran Rel Kereta Tambun, Hidup Dibayangi Maut karena Minimnya Keamanan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        9 Desember 2024

    Kisah Warga Bantaran Rel Kereta Tambun, Hidup Dibayangi Maut karena Minimnya Keamanan Megapolitan 9 Desember 2024

    Kisah Warga Bantaran Rel Kereta Tambun, Hidup Dibayangi Maut karena Minimnya Keamanan
    Tim Redaksi
    BEKASI, KOMPAS.com

    Warga pinggiran rel
    kereta api di Kampung Kebon Kelapa, Desa Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hidup di bawah bayang-bayang maut.
    Sebab, tidak ada tembok pembatas yang memisahkan jalur ganda rel kereta api dengan rumah warga di sepanjang bantaran rel. Padahal, kereta dari dua jalur tersebut lalu lalang setiap hari. 
    “Harusnya ada tembok pembatas kayak di Jakarta, ini enggak ada,” ujar warga setempat, Hari (39) saat ditemui
    Kompas.com
    , Senin (9/12/2024).
    Akibat minimnya fasilitas keamanan, insiden kecelakaan pun sering terjadi di pinggiran rel kereta api yang tak jauh dari Stadion Mini Tambun itu.
    Dalam setahun ini, Hari bilang, sudah tujuh warga tewas tertabrak kereta api ketika menyeberangi rel di lokasi ini.
    Terbaru, seorang ibu rumah tanggal berinisial AW (54) tewas tertemper kereta usai berbelanja sayuran di Kampung Kebon Kelapa pada Minggu (8/12/2024) pukul 08.00 WIB.
    Korban tewas setelah dihantam kereta yang melaju kencang dari arah Kota Bekasi ke Cikarang dan mengalami luka di kepala.
    “Di sini sering kejadian memang, dan semua kecelakaan korbannya tewas, enggak ada yang selamat, yang terakhir kemarin (Minggu),” kata Hari.
    Hari menuturkan, pejalan kaki yang menyeberangi rel di lokasi ini harus ekstra hati-hati.
    “Harus fokus, kalau enggak fokus, ya wasalam ketika kereta lewat,” ungkap dia.
    Dia pun berharap pemerintah setempat bisa membuatkan tembok pembatas untuk mencengah berulangnya kecelakaan.
    “Biar orang-orang pada enggak semaunya juga, makanya perlu dibangun tembok pembatas,” pungkas dia.
    Penelusuran
    Kompas.com
    di lokasi, jalur rel dengan permukiman warga Kampung Kebon Kelapa hanya berjarak sekitar empat meter.
    Di sepanjang bantaran rel, sama sekali tidak ada fasilitas keamanan seperti tembok pembatas.
    Saking dekatnya jarak perlintasan rel dengan permukiman warga, bunyi bising kereta api saat melintas di lokasi ini pun terasa begitu menusuk telinga.
    Meski tak ada tembok pembatas, anak-anak di wilayah itu tetap bermain di area rel kereta api setiap sore.
    Bahkan, wilayah tersebut menjadi tempat favorit anak-anak untuk membuat konten video bertemakan kereta api.
    “Anak-anak sering banget main di situ, bikin konten video juga,” kata seorang ibu rumah tangga ketika dijumpai
    Kompas.com
    yang enggan disebutkan namanya.
    Ibu ini pun mengaku sangat khawatir ketika anak-anak bermain di perlintasan rel kereta api. Ia tak ingin mereka menjadi korban kecelakaan kereta berikutnya. 
    “Takut, apalagi kalau enggak diawasin, sering diingetin juga,” pungkas dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Edisi Spesial, Berapa Banyak Honda Beat One Piece yang AHM Jual?

    Edisi Spesial, Berapa Banyak Honda Beat One Piece yang AHM Jual?

    Jakarta

    Beberapa hari sebelum meluncurkan New PCX 160, Astra Honda Motor (AHM) mengunggah video iklan Honda Beat x One Piece di akun media sosial mereka.

    Unggahan ini lantas viral. Per Minggu (8/12/24), pantaun detikOto pada akun Instagram @welovehonda_id, video bertajuk “SALUTE!! Ini Penampakan BeAT Edisi One Piece Tahilalats” sudah ditonton lebih dari 3,8 juta kali.

    Honda Beat x One Piece Tahilalats Foto: dok. Astra Honda Motor

    Saat dikonfirmasi ke AHM, Thomas Wijaya selaku Executive Vice President Director mengatakan bahwa benar Honda Beat x One Piece tersebut adalah model spesial yang mereka siapkan bagi pecinta skutik Honda dan pecinta One Piece.

    “Itu (edisi) spesial,” jawab Thomas kepada detikOto saat ditemui di Cikarang beberapa waktu lalu.

    Namun sayang, saat ditanya berapa banyak unit Honda Beat x One Piece ini, AHM belum menjawab dengan pasti. Menurut Thomas, mereka masih dalam tahap melihat besaran permintaan dari masyarakat.

    “Ya, tergantung nanti kita lihat permintaan atau hype-nya seperti apa. Kita ingin membuat konsumen lebih atraktif buat market, buat konsumen,” tutup Thomas.

    Honda Beat x One Piece Tahilalats Foto: dok. Astra Honda Motor

    Selain tak memberikan keterangan pasti mengenai berapa banyak unit yang dijual, Astra Honda Motor juga belum memberikan informasi mengenai harga dan juga informasi modifikasi Honda Beat x One Piece ini.

    Dari video yang diunggah AHM di media sosial mereka, terlihat bahwa Honda Beat yang digunakan adalah All New Honda Beat tipe Deluxe Smart Key. Selain itu, terlihat juga, motor spesial ini menggunakan livery khusus, pelek tertutup dop, serta jok berwarna biru.

    Di laman resmi Astra Honda, ada kanal khusus untuk mengikuti program giveaway atau bagi-bagi motor gratis Honda Beat x One Piece ini. Menariknya ada lima Honda Beat yang mereka siapkan mulai dari Beat biasa hingga Beat Street.

    “Rayakan 25 tahun petualangan legendaris! BeAT One Piece Tahilalats hadir dengan edisi terbatas yang bisa kamu miliki!,” tulis AHM di laman resmi Honda Beat x One Piece.

    Honda Beat x One Piece Tahilalats Foto: dok. Astra Honda Motor

    (mhg/rgr)