kab/kota: Cikarang

  • Mengenal Pokmie Ami, Restoran Kopitiam Menarik di Cikarang

    Mengenal Pokmie Ami, Restoran Kopitiam Menarik di Cikarang

    Liputan6.com, Bandung – Belakangan ini tempat makan dengan konsep “Kopitiam” tengah ramai jadi sorotan masyarakat untuk mencari kuliner menarik. Melansir dari beberapa sumber, Kopitiam sendiri merupakan kedai kopi tradisional yang banyak ditemukan di Singapura.

    Kopitiam berasal dari dua kata yaitu “kopi” yang berarti kopi dan “tiam” yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien. Adapun tempat makan dengan konsep tersebut bisa ditemukan di beberapa daerah lain di Asia Tenggara mulai dari Malaysia hingga Indonesia.

    Selain itu, tempat makan kopitiam identik dengan kedai sederhana yang menawarkan pengalaman menikmati kopi serta camilan lokal yang menggugah selera. Sehingga tidak heran jika banyak tempat makan kini mengusung konsep kopitiam.

    Beberapa tahun terakhir ini konsepnya bahkan jadi tren di sejumlah daerah Indonesia terutama dengan nuansa klasik dan nostalgia yang mereka tawarkan. Sebagai informasi, kopitiam sendiri merupakan warisan budaya.

    Diketahui warisan budaya tersebut dari komunitas peranakan Tionghoa yang tinggal di Asia Tenggara. Kemudian tempatnya menjadi simbol gaya hidup sederhana di mana orang-orang berkumpul, berbincang, atau sekedar menikmati waktu santai.

    Konsepnya yang sederhana membuat kedai dengan konsep kopitiam nyaman untuk dikunjungi. Menu yang ditawarkan juga bervariasi dan biasanya disesuaikan dengan lidah lokal.

    Salah satu tempat makan dengan konsep kopitiam yang populer di Cikarang adalah Pokmie Ami. Menu makanan yang ditawarkan tidak hanya beragam tetapi juga cukup ramah di kantong.

  • Yakin Selaris Xpander, Mitsubishi Rilis Mobil Baru Khusus Indonesia Tahun Depan

    Yakin Selaris Xpander, Mitsubishi Rilis Mobil Baru Khusus Indonesia Tahun Depan

    Jakarta

    Atsushi Kurita, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memberi kisi-kisi soal mobil baru Mitsubishi tahun depan untuk pasar Tanah Air. Menariknya mobil itu digadang-gadang bakal mengikuti kesuksesan Xpander!

    Kurita menyebut calon mobil terbarunya itu dipelajari khusus untuk pasar Indonesia. Berbekal pengalaman sukses dari Xpander, dia begitu yakin mobil teranyar itu bakal membetot perhatian masyarakat Indonesia.

    “Saya senang sekali karena ikut langsung dari persiapan production-nya sampai penjualan Xpander,” kata Kurita saat di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    “Tahun depan kami juga bakal perkenalkan satu produk baru yang eksklusif untuk pasar Indonesia, kita sudah studi, memasang banyak fitur yang cocok untuk masyarakat Indonesia,” tambah dia.

    Pada Maret 2023, Mitsubishi Motors Corporation sudah mengumumkan rencana bisnis jangka menengah tiga tahun (tahun fiskal 2023 sampai 2025). Rencana bisnis Mitsubishi adalah menghadirkan mobil internal combustion engine (ICE), hybrid sampai mobil listrik.

    Secara global, Mitsubishi akan meluncurkan 16 model baru dalam lima tahun ke depan. Sembilan di antaranya adalah mobil elektrifikasi. Salah satunya Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV).

    Mitsubishi menilai, minat terhadap kendaraan elektrifikasi meningkat di kalangan konsumen di negara-negara ASEAN. Makanya, Mitsubishi akan ‘menyetrum’ lini produk yang dijual di Asia Tenggara.

    Mitsubishi Akan Luncurkan Xpander Hybrid Foto: Dok. Mitsubishi

    Selain Xpander Hybrid, mobil elektrifikasi Mitsubishi lainnya yang akan diluncurkan sampai 2025 adalah pikap listrik, SUV dua baris bertenaga listrik, SUV dua baris hybrid, MPV hybrid selain Xpander HEV, Mitsubishi ASX, hingga mobil listrik hasil kolaborasi dengan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Jadi mobil mana yang akan meluncur di Indonesia tahun depan?

    Kurita meyakini mobil baru ini bakal menjadi tulang punggung seperti Xpander. Pada 2022 Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terjual lebih dari 270.000 unit dalam 5 tahun, sejak dipasarkan 2017. Yang berarti rata-rata terjual 50.000 unit per tahun dengan pangsa pasar 25-30%.

    “Saya percaya produk baru ini akan populer dan juga bakal sukses besar seperti Xpander,” jelas dia.

    Kurita punya memori dalam membangun kesuksesan Xpander. Bos Mitsubishi itu sampai ikut ‘turun gunung’ melakukan survei kepada konsumen Indonesia.

    “Untuk mencari lokasi pabrik saya juga terlibat, saya sangat bangga dengan pengalaman tersebut. Termasuk juga persiapan produk survei ke rumah-rumah warga Indonesia, dan juga untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat Indonesia,” kata dia.

    (riar/rgr)

  • Mitsubishi Bakal Produksi Mobil Hybrid di Cikarang

    Mitsubishi Bakal Produksi Mobil Hybrid di Cikarang

    Jakarta

    PT Mitsubishi Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku produsen mobil Mitsubishi berencana untuk memperluas segmen model di Indonesia. Tak cuma penjualan mobil yang lebih ramah lingkungan, Mitsubishi juga berencana memproduksi mobil hybrid dalam negeri.

    President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation Takao Kato membeberkan keberhasilan Mitsubishi yang mencapai angka satu juta unit diraih dalam waktu tujuh tahun. Lebih dari 400 ribu unit di antaranya diekspor ke pasar luar negeri. Ini membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan pabrik di Cikarang juga dipercaya pasar luar negeri.

    “Selama tujuh tahun ini banyak sekali produksi yang dilakukan MMKI, sampai saat ini sudah 400 ribu kendaraan sudah diekspor ke lebih dari 50 negara, ini berkontribusi banyak terhadap perekonomian Indonesia,” kata Takao Kato di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    “Terkait rencana ke depan, Mitsubishi Motors akan meningkatkan volume produksi MMKI lebih banyak. Kita akan mengenalkan banyak model baru, termasuk elektrifikasi seperti model hybrid,” tambahnya lagi.

    Pabrik Mitsubishi ini berdiri di kawasan Industri GIIC di Kabupaten Bekasi, Cikarang, Jawa Barat. Ini merupakan perusahaan manufaktur bersama yang didirikan oleh Mitsubishi Motors, Mitsubishi Corporation, dan mitra lokal PT Krama Yudha.

    Pabrik ini mulai berproduksi pada April 2017 dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 160.000 kendaraan. Pada tahun fiskal 2019, kapasitas produksi tersebut ditingkatkan menjadi 220.000 kendaraan. Tercatat Mitsubishi ‘Made in Cikarang’ ini sudah diekspor ke sekitar 50 negara.

    Takao bilang ekspor Mitsubishi buatan Cikarang sudah merambah ke Timur Tengah, Afrika, ASEAN, dan banyak negara lain. Dia mengungkap rencana Mitsubishi bakal memproduksi hybrid yang juga menyasar pasar ekspor.

    “Kita akan produksi mungkin model hybrid, jadi nantinya model hybrid itu akan diekspor ke negara-negara tersebut,” kata dia.

    Saat disinggung lebih jauh apakah modelnya Xpander Hybrid yang bakal diproduksi dalam negeri, Takao tidak memberikan informasi secara terang-terangan. Mengingat Xpander sudah berhasil membetot perhatian publik.

    “Mungkin (Xpander Hybrid), tapi masih rahasia,” jelasnya lagi.

    Selain memproduksi mobil internal combustion engine (ICE) seperti Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Colt L300, dan XForce, Mitsubishi juga sudah melokalisasi mobil listrik lewat L100 EV.

    Mitsubishi juga didorong pemerintah untuk memperluas segmen elektrifikasi di Tanah Air.

    “Pemerintah sangat menghargai komitmen tinggi Mitsubishi Motors untuk bisa partisipasi dalam perlindungan terhadap lingkungan dan bumi dengan memproduksi mobil EV. Ini menunjukkan komitmen yang bukan hanya untuk pemerintah hari ini tapi juga untuk generasi kita yang akan datang,” ujar Wakil Menteri (Wamen) Perindustrian Faisol Riza.

    “Kami berharap PT MMKI bisa terus percepat inovasi dan teknologi elektrifikasi untuk jawab kebutuhan mobilitas masa depan,” tambah dia.

    (riar/rgr)

  • Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Jakarta

    Bos Mitsubishi buka suara soal kabar merger antara Nissan dan Honda. Representative Executive Officer, President, and CEO Mitsubishi Motor Corporation Takao Kato selaku prinsipal dari Jepang belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

    “Soal merger Nissan-Honda. Banyak orang bertanya, tapi ini masih rahasia,” kata Takao Kato di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    Nissan dan Honda dikabarkan ingin melakukan merger guna menghadapi ketatnya persaingan di industri mobil listrik.

    Honda dan Nissan disebut-sebut telah membicarakan soal potensi merger. Langkah itu ditempuh di tengah ketatnya persaingan mobil listrik, terutama di China

    “Tapi sejauh ini belum ada keputusan. Berita ini merupakan prediksi dari apa yang sedang terjadi,” kata dia lagi.

    “Belum ada keputusan dari Mitsubishi Motors maupun perusahaan lain,” jelas Takao.

    “Kami sedang mempelajari lebih lanjut step yang lebih baik untuk melakukan kolaborasi bersama brand lain,” sambung dia.

    Melansir CNN, meski kedua perusahaan tersebut telah melakukan pembicaraan, tetapi mereka tidak memberikan rincian terkait kapan rencana merger tersebut terjadi.

    “Seperti yang diumumkan pada bulan Maret, Honda dan Nissan sedang menjajaki berbagai kemungkinan untuk kolaborasi di masa mendatang, memanfaatkan kekuatan masing-masing,” tulis pernyataan Nissan dan Honda.

    Honda dan Nissan juga mengonfirmasi kepada CNN bahwa Mitsubishi adalah bagian dari pembicaraan awal ini, yang akan melibatkan produsen mobil besar ketiga Jepang yang potensial.

    Pada bulan Maret, Honda dan Nissan mengumumkan bahwa mereka akan bermitra untuk kendaraan listrik dan pada bulan Agustus mengatakan mereka akan berkolaborasi dalam teknologi baterai.

    Saat ini sejumlah produsen memang tengah menghadapi ketatnya persaingan dari industri otomotif yang beralih dari mesin bensin dan diesel ke kendaraan listrik. Produksi kendaraan listrik di China juga mengalami peningkatan yang pesat. Honda dan Nissan tak menampik kabar tentang potensi merger antar dua perusahaan. Namun disebut diskusi tersebut masih tahap awal dan belum tentu ada kesepakatan yang tercapai.

    Hal ini lantaran konsumen Tiongkok telah berbondong-bondong ke merek asing tetapi sebagian besar telah beralih ke merek domestik, yang memiliki nilai yang lebih baik di negara tersebut.

    Pemerintah Tiongkok juga telah memberikan insentif untuk membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik dan hibrida plug-in oleh pelanggan. Meskipun kedua perusahaan menawarkan EV dan plug-in – Nissan, khususnya, adalah pelopor dalam teknologi EV – merek Tiongkok seperti BYD telah melampaui teknologi mereka dan harganya lebih murah.

    Nissan mengatakan bahwa pendapatan operasionalnya antara Maret dan September turun 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sementara itu, Honda, yang kira-kira lima kali lebih besar dari Nissan, juga menghadapi tantangan. Perusahaan mengumumkan rencana untuk hanya menjual kendaraan tanpa emisi di pasar-pasar utama pada tahun 2040. Namun, transisi berjalan lambat, karena harga gas yang relatif rendah, infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai, dan meningkatnya persaingan telah menurunkan permintaan EV di Amerika Serikat dan Eropa.

    Honda sejauh ini merupakan yang terbesar dari tiga produsen Jepang tersebut. Perjanjian baru ini belum diungkapkan secara gamblang,

    Diketahui aliansi Honda-Nissan-Mitsubishi sudah tercium pada 1 Agustus, kala itu rinciannya masih belum jelas. Namun Honda dan Nissan secara terpisah sudah menandatangani kesepakatan untuk mengerjakan baterai, motor listrik, dan kendaraan yang ditentukan software-defined vehicles (SDV). Selain itu, Nissan dan Honda akan saling melengkapi jajaran mobil internal combustion engine (ICE) dan mobil listrik.

    (riar/dry)

  • CEO Mitsubishi Bicara Merger Honda-Nissan Saat di RI: Masih Rahasia

    CEO Mitsubishi Bicara Merger Honda-Nissan Saat di RI: Masih Rahasia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Takao Kato, President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation merespons potensi merger antara Honda dan Nissan yang belakangan santer terdengar. Merger ini bisa jadi melibatkan Mitsubishi yang sebagian besar sahamnya dipegang Nissan.

    “Banyak yang tanya soal merger Nissan-Honda, tapi masih rahasia,” kata di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12).

    Menurut Kato perusahaanya belum memiliki informasi apa pun terkait merger dua raksasa otomotif asal Jepang itu. Namun, pihaknya masih mempelajari kolaborasi tersebut.

    “Tapi sejauh ini belum ada apapun yang dikonfirmasi. Kita masih mempelajari kolaborasi itu,” kata dia.

    Nissan Motor pada 2016 melakukan akuisisi terhadap 34 persen saham Mitsubishi dan menjadikannya pemegang saham terbesar. Hal ini juga membuat Mitsubishi bergabung dengan aliansi Nissan dan Renault.

    Nissan dan Mitsubishi berkolaborasi dalam pengembangan kendaraan, riset serta pembelian barang hingga saling berbagi teknologi. Salah satu contohnya yang ada di Indonesia adalah Nissan Livina, kembaran Mitsubishi Xpander, diproduksi di Indonesia.

    Sebelumnya, laporan Nikkei Asia menyebut Honda dan Nissan akan memulai negosiasi soal kemungkinan merger paling cepat pada 23 Desember.

    Berdasarkan laporan sumber anonim, potensi merger ini makin serius lantaran negosiasi bakal dilakukan secara resmi.

    Pertemuan di meja formal itu bisa mengakselerasi momentum konsolidasi kedua perusahaan asal Jepang tersebut.

    Bloomberg juga telah mengonfirmasi bahwa kesepakatan ini sedang dipertimbangkan oleh para pejabat senior masing-masing perusahaan dan bisa melebar hingga melibatkan Mitsubishi Motor yang sebagian besar sahamnya dimiliki Nissan.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka

    KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka

    PT Jababeka Tbk (KIJA) bersama PT Commuter Anak Bangsa dan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan layanan transportasi Shuttle K-99 Feeder BTS di Kota Jababeka, Kabupaten Cikarang. ANTARA/HO-KIJA

    KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Desember 2024 – 18:12 WIB

    Elshinta.com – PT Jababeka Tbk (KIJA) bersama PT Commuter Anak Bangsa dan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan layanan transportasi Shuttle K-99 Feeder BTS sebagai upaya meningkatkan kualitas mobilitas di Kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

    President Director PT Graha Buana Cikarang Ivonne Anggraini, selaku pengelola Kota Jababeka, menjelaskan Shuttle K-99 Feeder BTS ditujukan untuk menciptakan moda transportasi yang lebih aman, nyaman, terintegrasi, serta ramah lingkungan.

    “Kehadiran Shuttle K-99 Feeder ini menjadi salah satu solusi strategis yang dirancang untuk mendukung program BTS (Buy The Service), sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki kualitas layanan angkutan umum di Kabupaten Bekasi,” ujar Ivonne sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

    Ivonne menjelaskan dukungan terhadap transportasi berkelanjutan menjadi fokus utama perseroan, dengan penggunaan kendaraan ramah lingkungan, seperti angkot berbahan bakar gas dan listrik yang akan mengurangi emisi karbon.

    “Program ini tidak hanya mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, tapi juga meningkatkan kualitas udara dan memperkuat sistem jaringan transportasi yang terintegrasi di kawasan industri dan kota mandiri seperti Kota Jababeka,” ujar Ivonne.

    Acara soft launching dan flag off diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Commuter Anak Bangsa dan Jababeka, disaksikan oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi.

    “Diharapkan, hadirnya Shuttle K-99 Feeder BTS dapat mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum yang lebih terorganisir,” ujar Ivonne.

    Shuttle ini akan beroperasi mulai Januari 2025, setiap hari dengan jam operasional dari pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB, yang mencakup beberapa rute utama yang menghubungkan berbagai titik penting di Jababeka dan sekitarnya, di antaranya Stasiun Cikarang/Transit Point Biskita BTS, Kawasan Industri Jababeka, Jababeka Residence, dan President University.

    “Dengan hadirnya shuttle ini, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, mengurangi kemacetan, serta menurunkan emisi karbon, sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Ivonne.

    Saat ini terdapat tiga layanan utama yang sudah beroperasi, diantaranya JAConnexion oleh Damri, yang menghubungkan Kota Jababeka dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, JRConnexion oleh AO Transport yang melayani rute dari Kota Jababeka ke Blok M, Jakarta, serta Primajasa yang menghubungkan Kota Jababeka dengan Bandung.

    Dalam kesempatan sama, Pj Bupati Dedy Supriyadi mengatakan pembangunan sistem transportasi berkelanjutan dan terintegrasi merupakan prioritas dalam menyelaraskan visi misi Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

    “Dalam pembangunan wilayah yang berkelanjutan, pengenalan armada layanan Shuttle K-99 ini adalah langkah nyata untuk menghadirkan solusi mobilitas yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat,” ujar Dedy.

    Acara ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna, Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Agus Budiono, Wakil Direktur Utama PT Commuter Anak Bangsa Dwiwanto Hadi Prandojo, Direktur PT Commuter Anak Bangsa Hasyim, serta Organda Bekasi.

    Sumber : Antara

  • Respons Mitsubishi soal Insentif Mobil Hybrid: Lebih Besar, Lebih Baik

    Respons Mitsubishi soal Insentif Mobil Hybrid: Lebih Besar, Lebih Baik

    Jakarta

    Mitsubishi Indonesia merespons kebijakan pemerintah yang bakal menerbitkan aturan insentif untuk mobil hybrid. Pabrikan asal Jepang ini berharap agar insentif mobil hybrid bisa lebih besar dari yang ditawarkan sekarang.

    “Tentu insentifnya kalau lebih tinggi lebih baik,” ujar Takao Kato, President & Chief Executive Officer of Mitsubishi Motors Corporation di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    Seperti diketahui mobil hybrid pun mendapat stimulus dari pemerintah. Mobil yang mengusung mesin konvensional dengan baterai itu, mendapat insentif berupa PPnBM-DTP sebesar tiga persen.

    Mengacu pada kriteria tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021, mobil hybrid dikenakan tarif PPnBM sebesar 15-20 persen dengan dasar pengenaan pajak yang berbeda mulai dari 40 persen hingga 55 1/3 persen dari harga jual. Setelah dihitung, pajak mobil hybrid itu sekitar 6-8 persen. Dengan ditanggung pemerintah tiga persen, maka tarif PPnBM mobil hybrid menjadi 3-5 persenan.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga meminta agar para produsen mobil hybrid mendaftarkan kendaraannya. Dengan begitu, mulai 1 Januari 2025, produsen mobil hybrid bisa menikmati insentif tersebut.

    Terkait hal itu, Takao mengatakan pihaknya bersama merek mobil lain di Indonesia sedang berdiskusi bersama Kementerian Perindustrian untuk membuat peta jalan mobil elektrifikasi di Tanah Air.

    “Setelah diskusi dengan Menteri Perindustrian, tidak hanya dengan kami, tapi juga brand lain, dari sekarang mereka juga akan bikin roadmap gimana mengembangkan lini elektrifikasi. Lewat diskusi bersama Menperin, saya kira yang penting adalah untuk menentukan bagaimana insentif yang baik untuk model hybrid,” kata Takao.

    “Sekali lagi, insentif yang lebih tinggi, tentu lebih baik” jelasnya lagi.

    Di sisi lain, Mitsubishi berencana untuk memproduksi mobil hybrid di Indonesia.

    “Terkait rencana ke depan, Mitsubishi Motors akan meningkatkan volume produksi MMKI lebih banyak. Kita akan mengenalkan banyak model baru, termasuk elektrifikasi seperti model hybrid,” tambahnya lagi.

    Pabrik Mitsubishi ini berdiri di kawasan Industri GIIC di Kabupaten Bekasi, Cikarang, Jawa Barat. Ini merupakan perusahaan manufaktur bersama yang didirikan oleh Mitsubishi Motors, Mitsubishi Corporation, dan mitra lokal PT Krama Yudha.

    Pabrik ini mulai berproduksi pada April 2017 dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 160.000 kendaraan. Pada tahun fiskal 2019, kapasitas produksi tersebut ditingkatkan menjadi 220.000 kendaraan. Tercatat Mitsubishi ‘Made in Cikarang’ ini sudah diekspor ke sekitar 50 negara.

    Takao bilang ekspor Mitsubishi buatan Cikarang sudah merambah ke Timur Tengah, Afrika, ASEAN, dan banyak negara lain. Salah satu rencananya Mitsubishi bakal memproduksi hybrid yang juga menyasar pasar ekspor.

    “Kita akan produksi mungkin model hybrid, jadi nantinya model hybrid itu akan diekspor ke negara-negara tersebut,” kata dia.

    Saat disinggung lebih jauh apakah modelnya Xpander Hybrid yang bakal diproduksi dalam negeri, Takao tidak memberikan informasi secara terang-terangan. Mengingat Xpander sudah berhasil membetot perhatian publik.

    “Mungkin (Xpander Hybrid), tapi masih rahasia,” jelasnya lagi.

    Mitsubishi juga didorong pemerintah untuk memperluas segmen elektrifikasi di Tanah Air.

    “Pemerintah sangat menghargai komitmen tinggi Mitsubishi untuk bisa partisipasi dalam perlindungan terhadap lingkungan dan bumi dengan memproduksi mobil EV. Ini menunjukkan komitmen yang bukan hanya untuk pemerintah hari ini tapi juga untuk generasi kita yang akan datang,” ujar Wakil Menteri (Wamen) Perindustrian Faisol Riza.

    “Kami berharap PT MMKI bisa terus percepat inovasi dan teknologi elektrifikasi untuk jawab kebutuhan mobilitas masa depan,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • Lebih 3 Persen Lebih Baik

    Lebih 3 Persen Lebih Baik

    Jakarta, CNN Indonesia

    Takao Kato, President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation mengatakan insentif mobil hybrid berupa diskon Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM) bisa ‘lebih baik’ jika di atas 3 persen seperti sudah ditetapkan pemerintah.

    “Tentu insentifnya kalo lebih tinggi lebih baik buat saya sih,” kata dia saat berada di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12).

    Meski ingin beban pajak lebih relaks, Kato menilai pemberian insentif PPnBM yang ditanggung pemerintah untuk mobil hybrid itu merupakan langkah pertama untuk strategi kendaraan elektrifikasi di masa mendatang.

    Di samping itu Kato juga mengungkap telah berdiskusi dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang terkait bagaimana mengembangkan peta jalan pengembangan elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia.

    “Setelah diskusi dengan Menperin, dari sekarang mereka juga akan bikin road map gimana mengembangkan lini elektrifikasi,” tuturnya.

    Lewat diskusi tersebut, kata Kato, pihaknya menilai pemberian insentif untuk model hybrid menjadi hal yang penting untuk mempercepat peralihan ke kendaraan listrik.

    “Tentu, saya bilang lagi, insentif yang lebih gede pastinya lebih bagus buat kita,” tuturnya.

    Mitsubishi sendiri sudah sempat merilis mobil elektrifikasi di Indonesia, yaitu Outlander Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Namun mobil impor itu tak lagi dijual di Indonesia.

    Kemudian Mitsubishi juga sudah merilis mobil hybrid tujuh penumpang yaitu Xpander. Namun mobil itu baru dikenalkan di pasar Thailand, sementara kehadirannya di Indonesia masih rahasia.

    “Di masa mendatang, ya mungkin (Xpander hybrid), tapi masih rahasia,” tuturnya.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mitsubishi Capai Rekor Produksi 1 Juta Mobil di Indonesia

    Mitsubishi Capai Rekor Produksi 1 Juta Mobil di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) mengumumkan produksi kumulatif satu juta kendaraan di Indonesia sejak dimulai pada 2017.

    Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza mengatakan capaian 1 juta produksi lokal Mitsubishi ini menjadi pemantik industri otomotif meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    “Kami berharap industri otomotif Indonesia bisa menghasilkan mobil Indonesia dengan menggunakan komponen lokal Indonesia yang lebih tinggi dan maksimal,” kata Faisol di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12).

    Takao Kato, President & Chief Executive Officer MMKI, mengatakan capaian produksi 1 juta unit ini merupakan dukungan dari berbagai pihak.

    “Berkat dukungan dari pemerintah Indonesia, para pemasok, dan perusahaan mitra kami, pusat produksi kami di Indonesia telah menjadi pilar utama bisnis perusahaan kami,” kata Kato.

    Kato menjelaskan mobil Mitsubishi yang diproduksi lokal untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor, termasuk ke berbagai negara di ASEAN. Fasilitas manufaktur ini disebut memiliki peran penting sebagai lokasi produksi utama ASEAN.

    Di samping itu Kato menceritakan dia merupakan orang pertama yang menjadi Presiden Direktur MMKI dan terlibat dalam lahirnya Xpander pada 2017.

    “Berbicara mengenai model utama kami, Xpander dan Xforce, telah diterima dengan baik tidak hanya di Indonesia tapi juga di sekitar 50 negara di luar negeri dan total volume ekspor mencapai lebih dari 400.000 unit,” sebut Kato.

    Ke depan Kato berjanji akan terus meluncurkan produk-produk yang sangat menarik dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi Indonesia lebih lanjut.

    Pusat produksi yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC di Kabupaten Bekasi ini merupakan perusahaan manufaktur bersama yang didirikan oleh Mitsubishi Motors, Mitsubishi Corporation, dan mitra lokal PT Krama Yudha.

    Pabrik ini mulai ngebul pada April 2017 dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 160 ribu kendaraan.

    Pada tahun fiskal 2019, kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 220 ribu kendaraan, dan yang diproduksi oleh perusahaan tersebut kini telah diekspor ke sekitar 50 negara.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • KRL rute Manggarai-Tanah Abang terganggu akibat kebakaran di Menteng

    KRL rute Manggarai-Tanah Abang terganggu akibat kebakaran di Menteng

    Jakarta (ANTARA) – Perjalanan Commuter Line (KRL) rute Bekasi dan Cikarang antara lintas Stasiun Manggarai – Stasiun Tanah Abang terganggu imbas kebakaran rumah yang terjadi di Jalan Menteng Jaya RT 15 dan 16 /RW, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang.

    “Ada keterlambatan perjalanan. Kendala perjalanan Commuter Line tersebut disebabkan adanya kebakaran di sekitar jalur rel sekitar pukul 11.40 WIB, tepatnya di KM.5+300/200,” kata Manager Public Relation KAI Commuter Leza Arlan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

    Leza menyebut, saat ini petugas dari KAI Commuter dan Dinas Pemadam Kebakaran masih melakukan proses pemadaman dan pendinginan di tempat terjadinya kebakaran, serta pengamanan jalur rel di sekitar lokasi.

    Selain itu, kecepatan KRL pun turut dibatasi untuk keselamatan perjalanan KRL di lokasi yang terimbas insiden kebakaran. Hal itu berdampak pada kelambatan dan antrean tujuh perjalanan KRL Bekasi/Cikarang di Stasiun Manggarai dan Tanah Abang lainnya.

    Hingga pukul 12.54 WIB, perjalanan KRL yang terganggu antara lain:

    1. Commuter Line No. 5543A tertahan di Stasiun Manggarai

    2. Commuter Line No. 5725 dibatalkan

    3. Commuter Line No. 5083A tertahan di Stasiun Jatinegara

    4. Commuter Line No. 5085 tertahan di Stasiun Jatinegara

    5. Commuter Line No. 5545A tertahan di Stasiun Jatinegara

    6. Commuter Line No. 5087 tertahan di Stasiun Jatinegara

    7. Commuter Line No. 4045 tertahan di Stasiun Jatinegara

    Pihak KAI Commuter mengimbau pengguna KRL untuk selalu mematuhi aturan dan arahan petugas di lapangan dan tidak memaksakan naik jika keadaan KRL sudah padat.

    Update informasi terkini perjalanan commuterline dapat melalui sosial media @commuterline sedangkan jadwal serta posisi commuterline secara real time melalui aplikasi C-Access.

    Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk menangani kebakaran rumah yang terjadi di Jalan Menteng Jaya RT 15 dan 16 /RW, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang.

    Total ada 15 rumah yang terbakar si jago merah. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengungkapkan kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Adapun hingga saat ini petugas masih melakukan pendinginan dan pendataan jumlah kerugian.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Ade irma Junida
    Copyright © ANTARA 2024