kab/kota: Cikarang

  • Harga Tiket dan Daya Tarik Waterboom Lippo Cikarang

    Harga Tiket dan Daya Tarik Waterboom Lippo Cikarang

    Liputan6.com, Bandung – Cikarang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki kawasan industri terbesar di Indonesia. Kota ini berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan berlokasi dekat dengan kota Jakarta.

    Sebagai salah satu wilayah industri, ada banyak pabrik hingga perusahaan besar yang beroperasi di wilayah cikarang. Kotanya sering kali diidentikkan dengan hiruk-pikuk kegiatan industri.

    Namun, di balik citranya tersebut kota Cikarang juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata ini sering kali jadi pilihan tempat berlibur di akhir pekan untuk warga lokal atau luar kota.

    Terdapat beberapa destinasi menarik yang bisa dijelajahi mulai dari wisata keluarga, wisata kuliner, hingga wisata bersejarah. Hadirnya tempat-tempat wisata tersebut di tengah kawasan industri menjadi salah satu potensi wisata yang patut diapresiasi.

    Kemudian kehadirannya juga membantu masyarakat setempat untuk tetap mendapatkan hiburan dan relaksasi di tengah padatnya industri. Misalnya saja bagi pencinta wisata sejarah bisa mengunjungi destinasi Saung Ranggon.

    Saung Ranggon merupakan sebuah bangunan yang dipercaya sebagai tempat singgah Putra Pangeran Jayakarta dan para utusan wali. Bangunannya identik dengan rumah tinggi atau rumah panggung dan berada di area seluas 5.000 meter.

    Adapun untuk masyarakat yang ingin menikmati wisata rekreasi bisa mengunjungi tempat wisata Waterboom Lippo Cikarang. Tempat ini menawarkan wisata air dengan wahana menarik cocok untuk berlibur bersama keluarga terutama anak-anak.

  • Libur Nataru, Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Ramai Penumpang

    Libur Nataru, Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Ramai Penumpang

    Jakarta, Beritasatu.com – Menjelang berakhirnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), stasiun-stasiun di wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta masih ramai penumpang, baik itu yang datang maupun berangkat dari Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

    Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan ramainya penumpang pada Jumat (3/1/2025) didominasi penumpang yang datang ke Jakarta, yakni sebanyak 37.446 penumpang.

    “Sementara itu, penumpang berangkat sebanyak 28.156 pelanggan dengan 88 perjalanan KAJJ yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen 8.728 pelanggan dari Stasiun Gambir dengan 50 perjalanan KAJJ, 12.769 pelanggan dari Stasiun Pasar Senen dengan 38 perjalanan 38 KAJJ,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/1/2025).

    Ixfan menjelaskan angka tersebut masih dapat berubah karena penjualan tiket masih terus berlangsung. Ia menuturkan puncak arus balik libur Nataru sudah terjadi pada Kamis (2/1/2025), yakni sebanyak 43.957 penumpang tiba di stasiun wilayah Daop 1 Jakarta.

    “Keberangkatan hari ini masih tergolong lebih tinggi dibanding hari-hari biasa. Sebanyak 28.156 pelanggan berangkat dari stasiun Gambir, Pasar Senen dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta,” kata Ixfan terkait libur Nataru.

    Ixfan memaparkan, berdasarkan data pemesanan pada Jumat (3/1/2024), penumpang yang telah melakukan pemesanan tiket untuk KAJJ periode libur Nataru sebanyak 625.000 pelanggan, sedangkan penumpang datang ke Jakarta mencapai 640.677 pelanggan.

    “Dominasi kedatangan berasal dari stasiun Yogyakarta, Semarang Tawang Bank Jateng, Lempuyangan, Surabaya, dan Bandung,” terang Ixfan.

    KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pelanggan KA yang berada di stasiun maupun di atas KA untuk selalu berhati-hati dengan barang bawaan, pastikan kembali agar barang-barang bawaan tidak tertinggal di stasiun maupun diatas kereta api.

    Bagi para pelanggan setia KAI untuk segera membeli tiket perjalanan libur Nataru melalui aplikasi Access by KAI atau kanal resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI, agar tidak kehabisan tiket.

    “Informasi ini akan terus kami update setiap hari agar masyarakat dapat mengetahui ketersedian tiket kereta dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan stasiun-stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta,” pungkas Ixfan terkait libur Nataru.

  • Akhirnya Wuling Meresmikan Lini Produksi MAGIC Baterai di Cikarang!

    Akhirnya Wuling Meresmikan Lini Produksi MAGIC Baterai di Cikarang!

    Jakarta

    Sadar untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia bergantung pada baterai, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) akhirnya meresmikan lini produksi untuk baterai MAGIC yang terletak di kawasan supplier park di pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, fasilitas produksi baterai secara lokal ini memiliki nilai investasi sebesar 40 juta RMB (sekitar Rp 87 miliar) dan menjadi komitmen jangka panjang Wuling dalam mendukung pengembangan industri mobil listrik di Indonesia.

    Selanjutnya juga dikatakan langkah ini juga bagian dari upaya Wuling untuk turut serta dalam mempercepat elektrifikasi dan melengkapi ekosistem mobil listrik di Tanah Air. Selain produksi baterai, Wuling juga telah memproduksi ABC stories di Indonesia.

    “Sebagai bagian dari SGMW Motor Indonesia yang merupakan salah satu pemain utama di industri otomotif, kami bangga dengan kontribusi Wuling dalam mendukung transisi Indonesia dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan. SGMW merupakan salah satu pelopor dalam mendukung regulasi kendaraan listrik dan juga persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Produksi baterai secara lokal ini akan digunakan kedepannya untuk Wuling CloudEV dan BinguoEV,” ujar Manager Operation Battery Line Wuling Motors, Andrin Adhitama.

    Dijelaskan produksi baterai MAGIC Wuling akan melalui 5 (lima) station yang dirancang untuk memastikan efisiensi dan kualitas terbaik. Dimulai dari Cell Stacking Station, yakni komponen baterai dirapikan dan disusun ke dalam rumah baterai.

    Proses berlanjut ke Welding Station yang menggunakan teknologi robotik untuk menghubungkan sel baterai dan harness secara presisi.

    Akhirnya Wuling Meresmikan Lini Produksi MAGIC Baterai di Cikarang! Foto: dok. Wuling Motors

    Kemudian diteruskan di Front Pack Station, yaitu cangkang atas baterai dipasang dan baut-bautnya dikencangkan dengan sempurna. Lalu fase berikutnya ialah Charging Station, yang menjadi area pengujian baterai untuk memastikan performa optimal serta keamanannya selama proses pengisian daya dan pelepasan daya.

    Terakhir adalah Rear Pack Station, disini baterai akan ditimbang, dikemas dan disimpan dengan baik sebelum didistribusikan ke produksi mobil listrik.

    Jika meliat proses produksi baterai ini dikatakan yang menjadi menarik dari proses tadi adalah Welding Station. Area kerja ini bertugas menjalankan proses pengelasan untuk menghubungkan sel baterai dan harness baterai kendaraan listrik melalui dua stasiun kerja utama, yaitu Busbar Welding dan Collecting Wire Harness Welding.

    Busbar Welding yaitu menggunakan teknologi laser dengan densitas energi tinggi sebagai sumber panas untuk pengelasan antar sel baterai. Sementara itu, dalam Collecting Wire Harness Welding Island, pengelasan dilakukan antar sel baterai dengan kabel harness menggunakan laser. Kedua stasiun kerja ini berjalan secara robotik dan otomatis menggunakan Automated Guided Vehicle (AGV), sehingga memiliki akurasi yang tinggi dan efisien.

    “Dengan adanya fasilitas ini memberikan arti yang sangat berarti bagi Wuling di Indonesia dalam menghadapi pasar otomotif yang semakin kompetitif di masa mendatang sehingga menjadi bekal teknis dan juga fleksibel manajemen produksi. Selain itu juga kami bisa memastikan ketersediaan suku cadang baterai mobil listrik dan menjawab kebutuhan yang ada. Tidak ketinggalan peran fasilitas ini turut membentuk sumber daya manusia yang ahli dalam bidang produksi baterai mobil listrik.” ungkap VP Purchasing, Quality and Engineering Wuling Motors, Mr. Guan Hong.

    Akhirnya Wuling Meresmikan Lini Produksi MAGIC Baterai di Cikarang! Foto: dok. Wuling Motors

    “Ke depannya, kami akan terus berkomitmen mendukung pengembangan lini produksi baterai ini agar dapat berkembang pesat dan semakin berkontribusi pada kemajuan kendaraan energi baru di Indonesia. Kolaborasi tim SGMW dan mitra lokal menjadi kunci utama dalam mewujudkan lini produksi baterai di luar negeri yang inovatif dan memiliki daya saing,” imbuh Zhang Ying, Saike Ruipu ME Manager.

    MAGIC Battery merupakan inovasi baterai dari Wuling yang mengintegrasikan berbagai teknologi canggih dalam rangka menghasilkan performa tinggi dan keamanan maksimal. MAGIC mencerminkan lima aspek utama yakni Multifunction Unitized Structure Technology (MUST), Advanced Cell Safety, Greater Performance, Intelligent Management, dan Combustion Free.

    Teknologi MUST sendiri terinspirasi dari desain sayap pesawat mengintegrasikan struktur baterai menjadi satu bagian fungsional yang ringan, kuat, dan modular, sehingga meningkatkan kekuatan struktural hingga 60%. Berkat Advanced Cell Safety, baterai ini memiliki sel dengan perlindungan ekstra menggunakan lapisan keramik. Keunggulan ini dikombinasikan dengan High Precision Battery Management System dan AI berbasis Cloud untuk memantau kondisi baterai secara real-time, mendeteksi lebih dari 240 parameter keamanan, dan memberikan peringatan dini.

    (lth/din)

  • Wuling Resmikan Pabrik Baterai di Jawa Barat

    Wuling Resmikan Pabrik Baterai di Jawa Barat

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) meresmikan lini produksi baterai rakitan lokal yang dinamakan Magic di Cikarang, Jawa Barat.

    Andrin Adhitama, Manager Operation Battery Line Wuling Motors mengatakan pabrik yang terletak di dalam kawasan supplier park di pabrik Wuling Motors ini menelan investasi sebesar Rp87 miliar.

    “Ini mencerminkan komitmen jangka panjang Wuling dalam mendukung pengembangan industri mobil listrik di Indonesia,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (31/12).

    Langkah ini juga merupakan upaya Wuling untuk turut serta dalam mempercepat elektrifikasi dan melengkapi ekosistem mobil listrik di Tanah Air.

    “SGMW merupakan salah satu pelopor dalam mendukung regulasi kendaraan listrik dan juga persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN),” kata dia.

    Produksi baterai secara lokal ini akan digunakan kedepannya untuk Wuling CloudEV dan BinguoEV. Baterai Magic Wuling akan melalui lima station yang dirancang untuk memastikan efisiensi dan kualitas.

    Dimulai dari Cell Stacking Station, di mana komponen baterai dirapikan dan disusun ke dalam rumah baterai, kemudian berlanjut ke Welding Station yang menggunakan teknologi robotik untuk menghubungkan sel baterai dan harness secara presisi.

    Selanjutnya diteruskan di Front Pack Station, di mana cangkang atas baterai dipasang dan baut-bautnya dikencangkan dengan sempurna.

    Lalu fase berikutnya ialah Charging Station, yang menjadi area pengujian baterai untuk memastikan performa optimal serta keamanannya selama proses pengisian daya dan pelepasan daya.

    Terakhir adalah Rear Pack Station. Di sini baterai akan ditimbang, dikemas dan disimpan dengan baik sebelum didistribusikan ke produksi mobil listrik.

    “Yang menjadi menarik dari proses tadi adalah Welding Station. Area kerja ini bertugas menjalankan proses pengelasan untuk menghubungkan sel baterai dan harness baterai kendaraan listrik melalui dua stasiun kerja utama, yaitu Busbar Welding dan Collecting Wire Harness Welding,” tutur Andrin.

    Busbar Welding menggunakan teknologi laser dengan densitas energi tinggi sebagai sumber panas untuk pengelasan antar sel baterai.

    Sementara itu, dalam Collecting Wire Harness Welding Island, pengelasan dilakukan antar sel baterai dengan kabel harness menggunakan laser.

    Kedua stasiun kerja ini berjalan secara robotik dan otomatis menggunakan Automated Guided Vehicle (AGV), sehingga memiliki akurasi yang tinggi dan efisien.

    “Dengan adanya fasilitas ini memberikan arti yang sangat berarti bagi Wuling di Indonesia dalam menghadapi pasar otomotif yang semakin kompetitif di masa mendatang sehingga menjadi bekal teknis dan juga fleksibel manajemen produksi,” tuturnya.

    Dengan dibangunnya fasilitas produksi baterai Magic ini Guan Hong selaku VP Purchasing, Quality and Engineering Wuling Motors mengklaim perusahaan turut membentuk sumber daya manusia yang ahli dalam bidang produksi baterai mobil listrik.

    “Ke depannya, kami akan terus berkomitmen mendukung pengembangan lini produksi baterai ini agar dapat berkembang pesat dan semakin berkontribusi pada kemajuan kendaraan energi baru di Indonesia,” kata dia, Selasa (31/12).

    Magic Battery merupakan inovasi baterai dari Wuling yang ringan dan kuat, dan modular.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Wuling Buat Produksi Baterai di Cikarang, Dipakai CloudEV

    Wuling Buat Produksi Baterai di Cikarang, Dipakai CloudEV

    Jakarta, FORTUNE – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) resmi membuka lini produksi Baterai MAGIC di kawasan supplier park dalam pabrik Wuling Motors, Cikarang. Fasilitas produksi ini menghabiskan investasi sebesar 40 juta RMB atau sekitar Rp87 miliar.

    Manager Operation Battery Line Wuling Motors, Andrin Adhitama menyatakan bahwa produksi baterai lokal ini akan digunakan untuk model Wuling CloudEV dan BinguoEV.

    “Sebagai salah satu pemain utama di industri otomotif, kami bangga dengan kontribusi Wuling dalam mendukung transisi Indonesia dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan. Produksi baterai lokal ini juga mendukung regulasi kendaraan listrik serta persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN),” kata Andrin dalam keterangannya dikutip, Kamis (2/1).

    Produksi baterai MAGIC melibatkan lima stasiun utama untuk memastikan efisiensi dan kualitas. Proses dimulai dari Cell Stacking Station, tempat komponen baterai disusun dengan rapi, dilanjutkan ke Welding Station menggunakan teknologi robotik untuk pengelasan presisi.

    Selanjutnya, baterai masuk ke Front Pack Station untuk pemasangan cangkang atas dan pengencangan baut, lalu diuji di Charging Station untuk memastikan performa optimal serta keamanan. Terakhir, di Rear Pack Station, baterai ditimbang, dikemas, dan disimpan sebelum didistribusikan.

    Proses di Welding Station menjadi salah satu yang paling menarik. Teknologi laser digunakan di dua stasiun kerja utama: Busbar Welding dan Collecting Wire Harness Welding Island. Proses ini dijalankan secara otomatis menggunakan Automated Guided Vehicle (AGV), sehingga menghasilkan pengelasan dengan akurasi tinggi dan efisiensi maksimal.

    Teknologi MAGIC Battery

    MAGIC Battery, inovasi terbaru Wuling, mengintegrasikan teknologi canggih untuk performa tinggi dan keamanan maksimal.

    Baterai ini mencerminkan lima aspek utama: Multifunction Unitized Structure Technology (MUST), Advanced Cell Safety, Greater Performance, Intelligent Management, dan Combustion Free.

    Teknologi MUST, terinspirasi dari desain sayap pesawat, memungkinkan struktur baterai menjadi ringan, kuat, dan modular, meningkatkan kekuatan hingga 60 persen. Baterai ini juga dilengkapi lapisan keramik untuk perlindungan ekstra pada sel baterai serta sistem manajemen berbasis AI yang mampu memantau kondisi baterai secara real-time dan mendeteksi lebih dari 240 parameter keamanan.

    Dukung SDM dan ketersediaan komponen

    VP Purchasing, Quality and Engineering Wuling Motors, Guan Hong menambahkan bahwa fasilitas ini menjadi langkah penting untuk menghadapi kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat.

    “Selain memastikan ketersediaan suku cadang baterai Mobil Listrik, fasilitas ini juga menjadi tempat pengembangan sumber daya manusia yang ahli dalam produksi baterai kendaraan listrik,” ujarnya.

    Dengan fasilitas produksi baterai lokal di Cikarang, Wuling semakin menunjukkan keseriusannya dalam mendukung percepatan kendaraan listrik di Indonesia.

  • Hari Pertama 2025, 36.930 Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta

    Hari Pertama 2025, 36.930 Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, SENEN – Di hari pertama 2025, jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang tiba di Jakarta semakin meningkat.

    Tercatat 36.930 penumpang tiba di Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, dan Jakarta Kota.

    Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, ramainya penumpang hari ini didominasi oleh penumpang yang datang ke Jakarta.

    “Hari ini di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan beberapa stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta masih tampak ramai oleh penumpang KAJJ, baik itu penumpang berangkat maupun datang,” ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (1/1/2025).

    Dari 36.930 penumpang, jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Gambir sebanyak 10.830 orang dan di Stasiun Pasar Senen 12.340 orang.

    Sedangkan sisanya sebanyak 13.760 penumpang tiba di stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Jakarta Kota, Jatinegara, Cikampek, Bekasi, Karawang, dan Cikarang.

    Selain itu, tercatat juga penumpang yang akan tiba di Jakarta esok hari, Kami (2/1/2025) sebanyak 39.648 orang.

    Angka ini disebut Ixfan masih di bawah angka kedatangan pada Minggu (29/12/2024) dan Senin (30/12/2024) kemarin.

    Adapun jumlah penumpang yang telah memesan tiket KAJJ pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2025 sebanyak 595.000 orang dan penumpang datang ke Jakarta sebanyak 616.565 orang.

    “Volume penumpang berangkat tertinggi terjadi pada Selasa (24/12/2024) kemarin sebanyak 44.800 orang. Sedangkan untuk kedatangan tertinggi terjadi pada Minggu (29/12/2024), yaitu sebanyak 43.261,” ujarnya.

    Ixfan pun memprediksi, jumlah penumpang kereta api yang tiba di Jakarta akan terus meningkat hingga akhir pekan nanti.

    “Untuk kedatangan hari ini dan seterusnya masih dapat berubah,” kata dia.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Stasiun Karet Jakarta Bakal Ditutup, KAI Ungkap Alasannya

    Stasiun Karet Jakarta Bakal Ditutup, KAI Ungkap Alasannya

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berencana akan menutup operasional Stasiun KRL Commuter Line Karet, Jakarta Pusat.

    Rencana tersebut pertama kali diungkap oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir usai meninjau kereta bandara dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ke Stasiun BNI City Jakarta Pusat.

    “Ini yang tadi dibilang kan, bagaimana membangun ekosistem seperti tadi. Mungkin di [Stasiun] Karet, ditutup,” ujar Erick kepada wartawan pada Rabu (1/1/2025).

    Rencana penutupan Stasiun Karet itu pun dibenarkan oleh Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Rudi As Aturridha.

    Menurut Rudi, alasan penutupan Stasiun Karet itu lantaran jaraknya terlalu dekat dengan Stasiun BNI City, sehingga dirasa kurang efektif.

    Perlu diketahui, jarak antara Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City yakni sekitar 2,9 kilometer. Sehingga, dia menyebut bagi penumpang KRL yang ingin ke Karet dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

    “Stasiun karet ditutup karena sudah dekat sekali dengan BNI City. Jadi, kalau orang yang mau ke Karet, dia tinggal jalan saja. Kan kita sudah buat yang selasarnya sampai ke BNI City. Sehingga trafiknya pun akan lebih cepat,” jelas Rudi.

    Adapun, penutupan Stasiun Karet masih dibahas dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Secara resminya, Stasiun Karet akan ditutup jika sudah ditetapkan dalam Grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2025.

    Alhasil, nantinya setelah operasional Stasiun Karet resmi ditutup, KAI hanya akan melayani naik atau turun penumpang KRL di Stasiun BNI City.

    Sebagai tambahan informasi, saat ini Stasiun Karet di Jakarta Pusat melayani rute KRL Commuter Line, di antaranya yaitu Karet-Bekasi, Karet-Cikarang, Karet-Angke, Karet-Kampung Bandan, Karet-Manggarai, Karet-Tambun, Karet-Duri.

    Adapun, Stasiun Karet terletak di Jalan K.H. Mas Mansyur, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lokasi Stasiun Karet cukup strategis lantaran berdekatan dengan perkantoran, apartemen, kampus, hingga sekolah.

  • Pulang Berlibur, Warga Bekasi Mendapati Rumahnya Dibobol Maling: Perhiasan dan 2 Unit Iphone Raib

    Pulang Berlibur, Warga Bekasi Mendapati Rumahnya Dibobol Maling: Perhiasan dan 2 Unit Iphone Raib

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

    TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG PUSAT – Pulang berlibur, warga Perumahan Cluster Caribbean, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi mendapati rumahnya dibobol maling pada Selasa (31/12/2024). 

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, korban pemilik rumah berinisial HPA pergi berlibur saat momen Natal dan Tahun Baru. 

    “Korban beserta keluarga pergi berlibur ke daerah Jawa, rumah kosong ditinggal penghuninya,” kata Ade Ary dalam keterangann yang diterima TribunJakarta.com, Rabu (1/1/2025). 

    Setibanya di rumah sekira pukul 17.00 WIB, korban curiga lantaran kunci pintu utama sudah dalam kondisi terbuka. 

    “Ada kerusakan di kusen pintu rumah diduga bekas cungkilan atau dorongan paksa,” jelas dia. 

    Sadar ada yang tidak beres, korban bergegas mengecek kamar tempat dia menyimpan brankas barang berharga. 

    “Korban mengecek brankas dan mendapati berbagai macam perhiasan sudah hilang serta dua unit handphone Iphone 7 dan 13, dan jam tangan Eiger,” jelas dia. 

    Akibat kejadian tersebut, korban telah melapor ke Polres Metro Bekasi untuk selanjutnya dapat diselidiki lebih lanjut. 

    “Kasusnya ditangkap Restro Bekasi, saat ini masih dalam lidik,” ungkap Ade Ary. 

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Kawanan Maling Bobol Rumah Kosong di Bekasi, Perhiasan hingga Ponsel Raib – Page 3

    Kawanan Maling Bobol Rumah Kosong di Bekasi, Perhiasan hingga Ponsel Raib – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Sebuah rumah kosong di Jalan Cluster Caribbean Blok F, Hegarmukti, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, disatroni kawanan maling. Barang-barang berharga di rumah tersebut dilaporkan ludes dibawa kabur.

    Peristiwa ini diketahui oleh pemilik rumah sepulang dari berlibur pada Selasa, 31 Desember 2024, sekitar pukul 17.00 WIB.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, korban HPA bersama keluarga baru saja pulang berlibur. Korban kaget melihat kondisi rumah.

    “Saat dibuka ada kerusakan di kusen pintu rumah. Diduga telah dicongkel atau didorong paksa,” kata Ade Ary dalam keterangannya, Rabu (1/1/2025).

    Ade Ary mengatakan, korban kemudian mengecek kamar. Rupanya, perhiasan yang tersimpan didalam brangkas raib.

    “Saat korban masuk ke dalam kamar, berbagai macam perhiasan telah hilang,” ujar dia.

     

  • Wuling Mulai Produksi Baterai Mobil Listrik di Cikarang

    Wuling Mulai Produksi Baterai Mobil Listrik di Cikarang

    Jakarta

    PT SGWM Motor Indonesia (Wuling) meresmikan fasilitas produksi untuk baterai MAGIC di kawasan supplier park Cikarang, Jawa Barat, Selasa (31/12). Pembangunan fasilitas tersebut menelan investasi sebesar 40 juta RM atau Rp 87 miliar!

    Peresmian fasilitas produksi baterai MAGIC tersebut mencerminkan komitmen jangka panjang Wuling dalam mendukung pengembangan mobil listrik di Indonesia. Selain produksi baterai, Wuling juga telah memproduksi ABC stories di Tanah Air.

    “SGMW merupakan salah satu pelopor dalam mendukung regulasi kendaraan listrik dan juga persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Produksi baterai secara lokal ini akan digunakan kedepannya untuk Wuling CloudEV dan BinguoEV,” ujar Andrin Adhitama selaku Manager Operation Battery Line Wuling Motors.

    Produksi baterai Wuling di Cikarang. Foto: Doc. Wuling.

    Produksi baterai MAGIC Wuling akan melalui 5 (lima) station yang dirancang untuk memastikan efisiensi dan kualitas terbaik. Dimulai dari Cell Stacking Station, di mana komponen baterai dirapikan dan disusun ke dalam rumah baterai.

    Proses berlanjut ke Welding Station yang menggunakan teknologi robotik untuk menghubungkan sel baterai dan harness secara presisi. Kemudian diteruskan di Front Pack Station, di mana cangkang atas baterai dipasang dan baut-bautnya dikencangkan dengan sempurna.

    Lalu fase berikutnya Charging Station, yang menjadi area pengujian baterai untuk memastikan performa optimal serta keamanannya selama proses pengisian daya dan pelepasan daya. Terakhir, Rear Pack Station, di sini baterai akan ditimbang, dikemas dan disimpan dengan baik sebelum didistribusikan ke produksi mobil listrik.

    Sisi menarik dari proses tadi adalah Welding Station. Area kerja ini bertugas menjalankan proses pengelasan untuk menghubungkan sel baterai dan harness baterai kendaraan listrik melalui dua stasiun kerja utama, yaitu Busbar Welding dan Collecting Wire Harness Welding. Busbar Welding menggunakan teknologi laser dengan densitas energi tinggi sebagai sumber panas untuk pengelasan antar sel baterai.

    Produksi baterai Wuling di Cikarang. Foto: Doc. Wuling.

    Sementara itu, dalam Collecting Wire Harness Welding Island, pengelasan dilakukan antar sel baterai dengan kabel harness menggunakan laser. Kedua stasiun kerja ini berjalan secara robotik dan otomatis menggunakan Automated Guided Vehicle (AGV), sehingga memiliki akurasi yang tinggi dan efisien.

    “Ke depannya, kami akan terus berkomitmen mendukung pengembangan lini produksi baterai ini agar dapat berkembang pesat dan semakin berkontribusi pada kemajuan kendaraan energi baru di Indonesia. Kolaborasi tim SGMW dan mitra lokal menjadi kunci utama dalam mewujudkan lini produksi baterai di luar negeri yang inovatif dan memiliki daya saing,” kata Mr. Zhang Ying selaku Saike Ruipu ME Manager.

    Sebagai catatan, MAGIC merupakan kependekan dari (M)ultifunction Unitized Structure Technology, (A)dvanced Cell Safety, (G)reater Performance, (I)ntelligent Management dan (C)ombustion Free.

    Baterai MAGIC milik Wuling telah melalui serangkaian pengujian untuk membuktikan kualitasnya, mulai dari uji bentur, uji redam, hingga uji tembak. Komponen tersebut aman dan tak meledak lantaran memakai struktur khusus yang sangat kuat.

    (sfn/sfn)