kab/kota: Chongqing

  • Bikin iShowSpeed Tergila-gila, Ini Spesialnya Mobil China YangWang U9

    Bikin iShowSpeed Tergila-gila, Ini Spesialnya Mobil China YangWang U9

    Jakarta

    Streamer asal Amerika Serikat (AS), Darren Jason Watkins alias iShowSpeed dibuat terpukau dengan mobil listrik BYD YangWang U9 saat berkunjung ke Chongqing, China. Bahkan, dia sampai berminat membelinya. Lantas, apa yang membuat kendaraan tersebut spesial?

    Disitat dari kanal YouTube resminya, Sabtu (5/4), iShowSpeed terpukau setelah menjajal langsung YangWang U9 di suatu pelataran parkir. Pemandu lokal yang menemaninya menujukkan teknologi canggih yang dimiliki kendaraan tersebut.

    Mulai dari jalan dan parkir secara otonom, berputar hingga 160 derajat, berjungkat-jungkit dan melakukan gerakan ‘tari’. Bahkan, kendaraan tersebut juga bisa dikendalikan melalui smartphone atau ponsel pintar. Hal itu yang membuat iShowSpeed terpukau hingga minat membelinya.

    “Saya heran, bro. Saya heran. Saya akan membelinya, berapa harganya? Saya mau membelinya sekarang juga,” teriak iShowSpeed dari dalam kendaraan.

    iShowSpeed kepincut mobil China. Foto: Doc. YouTube iShowSpeed.

    Pemandu tersebut menjawab, BYD YangWang U9 punya harga US$ 200 ribu atau sekira Rp 3,3 miliar. Namun, kendaraan itu belum dijual di Amerika Serikat atau Portugal. Sehingga iShowSpeed saat ini belum bisa membelinya.

    BYD YangWang U9 meluncur awal tahun lalu. Ketika itu, kendaraan bergaya supercar tersebut dibanderol 1,68 juta yuan atau sekira Rp 3,8 miliaran. Itulah mengapa, mobil listrik itu masuk jajaran flagship product yang hanya bisa dimiliki kalangan tertentu.

    Apa Spesialnya BYD YangWang U9?

    BYD YangWang U9 menggunakan platform e4 dengan sistem suspensi Disus X dari BYD. Berkat platform dan suspensi itu, mobil ini bisa melaju secara unik dengan tiga roda, melompat bahkan ‘menari’.

    YangWang U9 digerakkan empat motor listrik dengan total tenaga 1.287 daya kuda. Torsi maksimalnya mencapai 1.680 Nm. Motor listriknya bisa berputar hingga kecepatan 21.000 rpm.

    iShowSpeed kepincut mobil China. Foto: Doc. YouTube iShowSpeed.

    Supercar bertenaga listrik ini menggunakan sistem penggerak semua roda (AWD). Mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam 2,36 detik. BYD mengklaim, YangWang U9 bisa melaju di drag race jarak 400 meter (seperempat mil) dalam 9,78 detik.

    Kecepatan tertinggi resmi YangWang U9 mencapai 309 km/jam. Mobil ini telah diuji di Sirkuit Internasional Shanghai dengan catatan waktu lap 2 menit 17,65 detik.

    Tidak seperti mobil listrik kelas atas lain yang menggunakan baterai NCM (nikel kobalt mangan), YangWang U9 mengandalkan baterai lithium iron phosphate (LFP). Mobil ini memanfaatkan baterai tipe Blade yang dikembangkan dan diproduksi BYD.

    Baterai LFP yang terpasang punya kapasitas 80 kWh. Sesuai pengujian CLTC, baterai itu bisa membawa YangWang U9 melaju sejauh 465 km. Mobil ini bisa dicas dari 30 persen hingga 80 persen dalam waktu 10 menit.

    Beralih ke interior, terdapat layar LCD dengan bezel tebal. Di sisi pengemudi ada layar berukuran 10,25 inci. Di tengah ada layar vertikal yang lebih besar dengan ukuran 12,3 inci. Sistem kokpitnya disebut DiLink dan ditenagai chip 5G dan 4nm yang dikembangkan BYD bersama Qualcomm.

    (sfn/lth)

  • Jangan Kaget! Segini Harga Mobil China yang Bikin iShowSpeed Terpukau

    Jangan Kaget! Segini Harga Mobil China yang Bikin iShowSpeed Terpukau

    Jakarta

    Streamer kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Darren Jason Watkins alias iShowSpeed dibuat terpukau dengan mobil listrik BYD YangWang U9 saat berkunjung ke Chongqing, China. Bahkan, dia sampai berminat membelinya. Lantas, berapa harga kendaraan canggih tersebut?

    Disitat dari kanal YouTube resminya, iShowSpeed bertanya ke salah satu pemandu asal China mengenai harga BYD YangWang U9. Sebab, selama hidupnya, dia tak pernah bertemu kendaraan secanggih itu.

    “Saya heran, bro. Saya heran. Saya akan membelinya, berapa harganya? Saya mau membelinya sekarang juga,” tanya iShowSpeed ke pemandu asal China yang memahami mobil tersebut, dikutip Sabtu (5/4).

    iShowSpeed kepincut mobil China. Foto: Doc. YouTube iShowSpeed.

    Pemandu tersebut menjawab, BYD YangWang U9 punya harga US$ 200 ribu atau sekira Rp 3,3 miliar. Namun, kendaraan itu belum dijual di Amerika Serikat atau Portugal. Sehingga iShowSpeed saat ini belum bisa membelinya.

    BYD YangWang U9 meluncur awal tahun lalu. Ketika itu, kendaraan bergaya supercar tersebut dibanderol 1,68 juta yuan atau sekira Rp 3,8 miliaran. Itulah mengapa, mobil listrik itu masuk jajaran flagship product yang hanya bisa dimiliki kalangan tertentu.

    Pada kesempatan yang sama, iShowSpeed dibuat terpukau saat menjajal YangWang U9 di area parkir Chongqing. Sebab, kendaraan tersebut bisa jalan dan parkir secara otonom, berputar hingga 160 derajat, berjungkat-jungkit dan melakukan gerakan ‘tari’.

    “Oh, sial! Ini tidak mungkin! Ini tidak mungkin! Kok bisa mobilnya bergerak sendiri, sih?” demikian jerit iShowSpeed dari dalam YangWang U9 yang mampu parkir secara otonom tersebut.

    Spesifikasi BYD YangWang U9

    BYD YangWang U9 menggunakan platform e4 dengan sistem suspensi Disus X dari BYD. Berkat platform dan suspensi itu, mobil ini bisa melaju secara unik dengan tiga roda, melompat bahkan ‘menari’.

    YangWang U9 digerakkan empat motor listrik dengan total tenaga 1.287 daya kuda. Torsi maksimalnya mencapai 1.680 Nm. Motor listriknya bisa berputar hingga kecepatan 21.000 rpm.

    iShowSpeed kepincut mobil China. Foto: Doc. YouTube iShowSpeed.

    Supercar bertenaga listrik ini menggunakan sistem penggerak semua roda (AWD). Mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam 2,36 detik. BYD mengklaim, YangWang U9 bisa melaju di drag race jarak 400 meter (seperempat mil) dalam 9,78 detik.

    Kecepatan tertinggi resmi YangWang U9 mencapai 309 km/jam. Mobil ini telah diuji di Sirkuit Internasional Shanghai dengan catatan waktu lap 2 menit 17,65 detik.

    (sfn/lth)

  • Bikin iShowSpeed Tergila-gila, Ini Spesialnya Mobil China YangWang U9

    iShowSpeed Heran Lihat Canggihnya Mobil China: Bisa Jalan-Parkir Sendiri

    Jakarta

    Streamer kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Darren Jason Watkins alias iShowSpeed telah mengadakan siaran langsung (livestream) di sejumlah kota di China. Menariknya, dia berkali-kali dibuat terpana dengan teknologi canggih di sana, termasuk mobil lokal yang bisa jalan dan parkir sendiri!

    Disitat dari kanal Youtube resminya, Sabtu (4/4), iShowSpeed melihat dan menjajal sejumlah mobil buatan China saat berkunjung ke kota ‘masa depan’, Chongqing. Dia mula-mula terpukau saat ditunjukkan mobil listrik BYD Yangwang U9. Sebab, kendaraan tersebut mampu parkir otomatis dengan cara berputar.

    “Oh, sial! Ini tidak mungkin! Ini tidak mungkin! Kok bisa mobilnya bergerak sendiri, sih?” demikian jerit iShowSpeed dari dalam BYD YangWang U9 yang mampu parkir secara otonom tersebut.

    iShowSpeed kepincut mobil China. Foto: Doc. YouTube iShowSpeed.

    iShowSpeed tak berhenti teriak saat kendaraan bergerak. Pria kelahiran 20 tahun lalu itu lantas bertanya, adakah hal lain yang bisa dilakukan mobil tersebut? Si pemandu kemudian menunjukkan fitur lain seperti ‘suspensi terbang’ yang membuat kendaraan seperti melompat.

    “Apa-apaan itu? Keluarkan aku dari mobil ini! Keluarkan! Kendaraan macam apa ini?” teriak iShowSpeed.

    Rasa terkejutnya makin menjadi-jadi saat dia ditunjukkan fitur canggih lain, seperti kendaraan yang bisa menari, menjadi ceper, berjungkat-jungkit dan lainnya. Dia heran, mengapa mobil China bisa secanggih itu?

    “Saya heran, bro. Saya heran. Saya akan membelinya, berapa harganya? Saya mau membelinya sekarang juga,” kata dia.

    iShowSpeed kepincut mobil China. Foto: Doc. YouTube iShowSpeed.

    Sebagai catatan, YangWang U9 menggunakan platform e4 dengan sistem suspensi Disus X dari BYD. Berkat platform dan suspensi itu, mobil ini bisa melaju secara unik dengan tiga roda, melompat bahkan ‘menari’.

    YangWang U9 digerakkan empat motor listrik dengan total tenaga 1.287 daya kuda. Torsi maksimalnya mencapai 1.680 Nm. Motor listriknya bisa berputar hingga kecepatan 21.000 rpm.

    Supercar bertenaga listrik ini menggunakan sistem penggerak semua roda (AWD). Mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam 2,36 detik. BYD mengklaim, YangWang U9 bisa melaju di drag race jarak 400 meter (seperempat mil) dalam 9,78 detik.

    Kecepatan tertinggi resmi YangWang U9 mencapai 309 km/jam. Mobil ini telah diuji di Sirkuit Internasional Shanghai dengan catatan waktu lap 2 menit 17,65 detik.

    (sfn/lth)

  • Mengenal Jordi Cruyff, Anak Legenda Sepakbola Belanda yang Resmi jadi Penasehat Teknik Timnas Indonesia

    Mengenal Jordi Cruyff, Anak Legenda Sepakbola Belanda yang Resmi jadi Penasehat Teknik Timnas Indonesia

    Setelah masa-masa di Inggris, ia sempat dipinjamkan ke Celta Vigo pada musim 1998/1999. Jordi kemudian bermain untuk beberapa klub lain, termasuk Alaves, Espanyol, Metalurh Donetsk, hingga mengakhiri kariernya di Valletta pada musim 2009/2010.

    Daftar Klub yang Pernah Dibela Jordi Cruyff:
    • 1992-1994: Barcelona B
    • 1994-1996: Barcelona
    • 1996-2000: Manchester United
    • 1999: Celta Vigo (pinjaman)
    • 2000-2003: Alaves
    • 2003-2004: Espanyol
    • 2006-2008: Metalurh Donetsk
    • 2009-2010: Valletta

    Sepanjang kariernya sebagai pemain, Jordi berhasil meraih beberapa gelar prestisius, seperti Piala Super Spanyol 1994 bersama Barcelona dan trofi Premier League bersama Manchester United pada musim 1996/1997.

    Perjalanan Karier Manajerial dan Penasihat Teknis
    Setelah gantung sepatu pada 2010, Jordi beralih ke dunia kepelatihan dan manajemen sepak bola. Karier barunya dimulai sebagai asisten pelatih di Valletta sebelum menjadi Direktur Olahraga di AEK Larnaca.

    Pada 2012, Jordi bergabung dengan Maccabi Tel Aviv di Israel sebagai direktur olahraga. Ia juga sempat menjadi pelatih sementara dengan lisensi UEFA Pro. Karier kepelatihannya berlanjut ke klub China, Chongqing Liangjiang Athletic (2018-2019), serta Timnas Ekuador (2020).

    Setelah kembali ke China untuk melatih Shenzhen FC (2020-2021), Jordi mendapatkan kesempatan bergabung kembali dengan Barcelona pada 2021 sebagai penasihat teknis. Tak lama kemudian, ia dipromosikan menjadi Direktur Olahraga Barcelona pada 2022. Namun, ia memutuskan hengkang dari klub pada Juni 2023 setelah hampir dua tahun bertugas.

  • Rumah Warga Ditelan Sinkhole Raksasa, Ribuan Terancam Gelandangan

    Rumah Warga Ditelan Sinkhole Raksasa, Ribuan Terancam Gelandangan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Fenomena lubang misterius atau disebut sinkhole makin sering terdengar beberapa saat belakangan. Pada akhir 2024 lalu, hujan deras yang membanjiri Semenanjung Korea menyebabkan kemunculan sinkhole di Busan.

    Beberapa hari sebelumnya, 2 sinkhole juga muncul di Kuala Lumpur, Malaysia. Salah satunya bahkan menyebabkan seorang turis hilang setelah terjatuh ke dalam sinkhole.

    Terbaru, sinkhole muncul dan ukurannya kian melebar di Kota Buriticupu, ujung timur laut Amazon Brasil.

    Pelan-pelan, kota tersebut dikatakan akan ditelan Bumi. Dalam beberapa minggu terakhir, lubang runtuhan besar dengan kedalaman beberapa meter telah menyebabkan pemerintah kota mengumumkan keadaan darurat.

    Sekitar 1.200 orang dari total 55.000 penduduk kota terancam kehilangan rumah. Pasalnya, sinkhole yang terus menganga menciptakan jurang yang bisa membuat rumah warga terperosok ke dalam lubang.

    Foto: Pemandangan drone menunjukkan kota Buriticupu, kota kecil di Amazon yang dinyatakan dalam keadaan bencana publik karena lubang pembuangan yang mengancam masyarakat, di Buriticupu, negara bagian Maranhao, Brasil, 20 Februari 2025. (REUTERS/Mauricio Marinho)
    Pemandangan drone menunjukkan kota Buriticupu, kota kecil di Amazon yang dinyatakan dalam keadaan bencana publik karena lubang pembuangan yang mengancam masyarakat, di Buriticupu, negara bagian Maranhao, Brasil, 20 Februari 2025. (REUTERS/Mauricio Marinho)

    “Dalam beberapa bulan terakhir, dimensinya telah meluas secara eksponensial, mendekati lokasi pemukiman,” tertera dalam pernyataan keputusan darurat yang dikeluarkan pemerintah kota awal bulan ini, dikutip dari Reuters, Selasa (25/2/2025).

    Pernyataan tersebut juga mengatakan beberapa bangunan telah hancur akibat sinkhole. Lubang runtuhan yang terjadi baru-baru ini merupakan peningkatan dari masalah yang telah terjadi selama 30 tahun terakhir.

    Warga Buriticupu di negara bagian Maranhao, sudah sering melihat sinkhole muncul ketika hujan mengikis tanah yang rentan karena sifatnya berpasir. Hal ini diperparah dengan konstruksi bangunan yang tidak direncanakan dengan baik dan penggundulan hutan.

    Erosi tanah yang besar dikenal di Brasil sebagai “voçoroca”, sebuah kata asli yang berarti “merobek Bumi” dan setara dengan sinkhole.

    Masalahnya menjadi lebih buruk saat hujan deras seperti saat ini, kata Marcelino Farias, ahli geografi dan profesor di Universitas Federal Maranhao.

    Antonia dos Anjos, yang telah tinggal di Buriticupu selama 22 tahun, khawatir akan terjadi lebih banyak lubang runtuhan dalam waktu dekat.

    “Ada bahaya di depan kita, dan tidak ada yang tahu di mana lubang di bawahnya terbuka,” kata pria berusia 65 tahun itu.

    Sekretaris Pekerjaan Umum Buriticupu dan seorang insinyur, Lucas Conceicao, mengatakan pemerintah kota jelas tidak memiliki kapasitas untuk menemukan solusi bagi situasi sinkhole yang kompleks.

    “Masalah-masalah ini mulai dari proses erosi hingga pemindahan orang-orang yang berada di wilayah berisiko,” katanya.

    10 Sinkhole Terbesar di Dunia

    Kemunculan sinkhole di wilayah publik memang menjadi suatu hal yang mengerikan dan seringkali menjadi hal yang misterius.

    Meski begitu, ada pula Sinkhole yang terbentuk secara alami sampai membuat takjub dengan pemandangan memukau dan menantang para peneliti untuk memahami proses geologi di baliknya.

    Berikut beberapa sinkhole terbesar di dunia, yang dirangkum CNBC Indonesia:

    1. Xiao TianKeng, Cina

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Di pedesaan barat daya Cina, tepatnya di wilayah Chongqing, terdapat sebuah keajaiban alam yang dikenal sebagai Xiao Tiankeng, sebuah sinkhole raksasa dengan pemandangan yang memukau.

    Nama “Xiao Tiankeng” secara harfiah berarti “lubang surga”, dan dengan kedalaman 660 meter serta volume mencapai 130 juta meter kubik, lubang ini dinobatkan sebagai sinkhole terdalam dan terbesar di dunia.

    2. The Great Blue Hole, Belize

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    The Great Blue Hole adalah fenomena alam luar biasa yang terletak di lepas pantai Belize, Amerika Tengah. Lubang raksasa ini memiliki bentuk lingkaran dengan diameter sekitar 300 meter dan kedalaman mencapai 124 meter.

    Awalnya merupakan gua batu kapur yang terbentuk jutaan tahun lalu selama periode Pleistosen, lubang ini kemudian terendam air laut dan atap gua runtuh, meninggalkan lubang besar yang kini dikenal sebagai Great Blue Hole.

    3. Dean’s Blue Hole, Bahama

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Di Bahama, tepatnya di Clarence Town, Long Island, terdapat lubang biru terdalam di dunia yang dikenal sebagai Dean’s Blue Hole.

    Lubang biru ini terbentuk akibat erosi batu kapur di dasar laut selama zaman es, menghasilkan gua bawah air dengan kedalaman mencapai 202 meter dan diameter antara 25 hingga 35 meter.

    4. Cerro Sarisariñama, Venezuela

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Cerro Sarisariñama adalah gunung tepui yang terletak di Taman Nasional Jaua-Sarisariñama, Venezuela, dekat perbatasan dengan Brasil.

    Gunung ini memiliki fitur khas berupa empat lubang besar dengan diameter yang bervariasi antara 80 hingga 150 meter dan kedalaman antara 220 hingga 314 meter.

    5. Dragon Hole, Laut Tiongkok Selatan

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Dragon Hole, yang terletak di Laut Tiongkok Selatan, merupakan salah satu lubang bawah air terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 377 meter dan diameter sekitar 305 meter.

    Tempat ini disebut sebagai “mata dari Laut Tiongkok Selatan” dan memiliki berbagai informasi penting tentang kehidupan bawah air yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.

    6. Devil’s Sinkhole, Texas, AS

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Di dekat kota Rocksprings, Texas, terdapat sebuah keajaiban alam yang dikenal sebagai Devil’s Sinkhole. Lubang ini, yang terbentuk akibat erosi air, memiliki kedalaman 104 meter dan diameter 10 meter.

    Lubang ini juga menjadi rumah bagi jutaan kelelawar dan pertama kali didokumentasikan pada zaman modern oleh seorang peternak bernama Amon Billings pada tahun 1876.

    7. Guatemala City Sinkhole, Guatemala

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Pada tahun 2010, sebuah sinkhole besar tiba-tiba muncul di tengah Kota Guatemala, menciptakan lubang dengan kedalaman sekitar 100 meter dan diameter 18 meter.

    Fenomena ini terjadi setelah hujan deras yang menyebabkan pecahnya pipa pembuangan, mengakibatkan tanah melunak dan runtuh. Peristiwa ini menimbulkan kepanikan di antara warga setempat karena munculnya lubang besar yang merusak infrastruktur kota secara signifikan.

    8. Sinkhole Gianyar, Bali, Indonesia

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Pada tahun 2021, sebuah sinkhole dengan kedalaman sekitar 50 meter dan lebar 30 meter muncul di Kecamatan Tegalalang, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Fenomena ini memutus jalur pariwisata dan merusak jaringan irigasi di sekitarnya, menimbulkan risiko erosi lebih lanjut.

    Pemerintah setempat segera mengambil tindakan untuk membuat jalan alternatif dan jembatan guna memulihkan akses pariwisata. Para peneliti berpendapat bahwa kejadian ini terjadi karena erosi tanah dan drainase air yang tidak stabil.

    9. Danau Merah, Kroasia

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Danau Merah atau Crveno Jezero adalah sebuah sinkhole yang berisi danau karst di dekat Kota Imotski, Kroasia. Danau ini terkenal karena tebing-tebingnya yang tinggi dan warna merah-coklat dari airnya, yang disebabkan oleh oksida besi dalam batuannya.

    Dengan kedalaman 25 meter dan diameter sekitar 100 meter, Danau Merah menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Kroasia, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.

    10. Gerbang Neraka, Turkmenistan

    Foto: Google Image
    Sinkhole terbesar di dunia

    Gerbang Neraka adalah kawah gas alam yang terletak di gurun Karakum, Turkmenistan. Kawah ini memiliki diameter 70 meter dan kedalaman 20 meter, serta telah terbakar selama lebih dari 50 tahun sejak terbentuk akibat pengeboran minyak oleh ahli geologi Soviet pada tahun 1971.

    Api yang menyala di Gerbang Neraka menciptakan pemandangan yang luar biasa, namun juga menimbulkan polusi udara dan tanah.

    (fab/fab)

  • Mobilnya Dipuji Habis Bos Ford, Changan Bilang Begini

    Mobilnya Dipuji Habis Bos Ford, Changan Bilang Begini

    Jakarta

    Chief Executive Officer (CEO) Ford, Jim Farley dan Chief Financial Officer (CEO) Ford, John Lawler memuji habis mobil listrik buatan Changan. Mereka menilai, kendaraan tersebut punya teknologi yang sangat mutakhir. Lantas, apa tanggapan Changan?

    Shen Xinhua selaku General Manager (GM) Changan Southeast Asia Business Unit mengaku bangga, mobil buatan timnya bisa mendapat apresiasi dari tokoh sehebat Jim Farley dan John Lawler. Hal itu membuktikan kualitas kendaraannya memang baik.

    “Saya sangat senang dan sangat bangga mobil kami bisa dipuji CEO Ford,” ujar Shen Xinhua saat berbincang dengan detikOto di Cawang, Jakarta Timur.

    Changan masuk Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Shen menjelaskan, Ford dan Changan sejatinya menjalin kemitraan bisnis di China. Itulah mengapa, Jim Farley cukup mengenal mobil-mobil buatan merek yang bermarkas di Chongqing tersebut.

    “Di China, Changan dan Ford memang ada kerja sama yang baik. Beberapa tahun ini, Changan sedang berkembang pesat dan menjalin kemitraan dengan Ford,” ungkapnya.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, CEO Ford Jim Farley dan CFO Ford John Lawler belum lama ini mengunjungi China untuk melihat-lihat pabrik Changan Automobile. Bahkan, keduanya sempat menjajal mobil listrik buatan merek lokal tersebut.

    Tak dijelaskan secara detail mobil listrik Changan tipe apa yang dijajal dua bos Ford di China. Namun, kendaraan tersebut berjenis sport utility vehicle alias SUV.

    Mobil listrik China buatan Changan. Foto: Doc. Carscoops.

    Ketika itu, Lawler duduk di kursi kemudi, sementara Farley di kursi penumpang. Lawler benar-benar terkejut setelah mengemudikan mobil listrik besutan Changan. Dia memberi tahu Farley betapa canggihnya kendaraan tersebut!

    “Jim, (mobil) ini tidak seperti sebelumnya,” kata Lawler kepada Farley. “Mereka (Changan) sudah lebih maju dari kita!”

    Farley setuju dengan Lawler soal betapa canggihnya mobil buatan China. Bahkan, kabarnya, dia sampai memberi tahu anggota dewan Ford dan mantan eksekutif Goldman Sachs John Thornton mengenai fakta tersebut.

    Sebagai catatan, Changan Automobile telah mengumumkan kehadirannya di pasar roda empat Indonesia. Mereka menggandeng Indomobil Group untuk menjual dan merakit kendaraan di dalam negeri.

    (sfn/lth)

  • Mengintip HP Tecno ‘Disiksa’, Disemprot Air Sampai Dibanting

    Mengintip HP Tecno ‘Disiksa’, Disemprot Air Sampai Dibanting

    Chongqing

    Untuk memastikan keandalan produk HP yang dipasarkannya, Tecno melakukan serangkaian pengujian di laboratorium. Dalam kunjungan ke pabrik Tecno yang berlokasi di Chongqing, China, diperlihatkan bagaimana cara Tecno memastikan ponsel mereka diproduksi sesuai dengan standar kualitas.

    Jika suatu HP dipasarkan dengan label tahan debu dan tahan air, maka tes yang dilakukan di laboratorium menyesuaikan klaim tersebut. Salah satu tes pertama yang diperlihatkan adalah ketahanan debu. Tes ini mensimulasikan skenario yang mungkin dihadapi konsumen terkait dengan paparan debu yang mungkin bisa merusak ponsel.

    Ponsel Tecno yang akan diuji dimasukkan ke dalam mesin tes yang sudah berisi partikel-partikel semacam debu. “Terdapat beberapa kilogram partikel debu di dalamnya,” sebut pihak Tecno yang memandu media mengelilingi tempat pengujian.

    Sesudah diuji, HP Tecno tampak dikeluarkan dari mesin tersebut dengan kondisi baik, tidak ada kerusakan dan semua fungsinya tidak mengalami gangguan. Berikutnya, ada pengujian tahan air.

    Ponsel yang akan diuji dimasukkan ke dalam mesin yang akan menyemprotkan air ke seluruh bodi ponsel selama beberapa waktu. “Produk yang diuji harus tahan air di segala sisi,” sebut pihak Tecno.

    Dalam pengujian singkat, ponselnya keluar dalam keadaan seperti sediakala, semua operasionalnya normal. Pengujian ini akan memastikan tidak ada air yang bisa menerobos masuk ke dalam bodi ponsel. Oh ya, ponsel Tecno yang diuji ini diambil secara random dari produk HP yang sudah diproduksi.

    Pengujian HP Tecno disemprot air. Foto: Fyk/detikinetHP Tecno sesudah disemprot air. Foto: Fyk/detikinet

    Selanjutnya adalah Drop Test atau pengujian menjatuhkan ponsel dari ketinggian. “Kami menjatuhkan produk dari ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggiannya 60 cm, 1 meter, dan 1,5 meter, ” sebut pemandu.

    Ketinggian itu menyesuaikan skenario penggunaan ponsel sehari-hari, misalnya pengguna tak sengaja menjatuhkan ponselnya dari saku celana, yang memang tidak jarang terjadi. Dalam percobaan singkat, HP Tecno mampu bertahan ketika dijatuhkan cukup keras dari ketinggian 60 cm.

    Masih ada beberapa pengujian lagi yang dilakukan oleh Tecno, termasuk uji ketangguhan bodi dan tombol, uji kamera, dan lain-lain. Pihak Tecno menyebutkan semua itu dilakukan agar HP yang akan dipasarkan ke konsumen memiliki ketahanan dan performa yang baik.

    Pengujian drop test HP Tecno. Foto: Fyk/detikinetHP Tecno dalam kondisi baik usai dijatuhkan. Foto: Fyk/detikinet

    (fyk/fyk)

  • Kamera HP China Murah Bikin iPhone 16 Minder, Tak Sangka!

    Kamera HP China Murah Bikin iPhone 16 Minder, Tak Sangka!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tecno menggelar acara ‘Future Lens 2024’ di Chongqing, China. Dalam gelaran tersebut, anak usaha Transsion yang juga membawahi Infinix dan Itel tersebut membeberkan inovasi teknologi kamera yang akan hadir pada ponsel-ponsel flagship-nya keluaran 2025.

    Pengumuman utamanya mencakup Tecno Imaging Matrix (TIM), dan dua teknologi pemrosesan gambar lainnya. Masing-masing adalah EVS Dynamic Snapshot dan Tap Any Zoom Dual Prism Telephoto.

    TIM merupakan teknologi pemrosesan gambar dari Tecno yang memiliki empat tahap. Lapisan fondasi perangkat kerasnya (hardware) mencakup empat unit pemrosesan. Masing-masing hardware kamera, sensor, chipset, dan tampilan, dikutip dari GSMArena, Jumat (6/12/2024).

    Semuanya akan memberikan data untuk membangun kembali lapisan gambar dan disertai algoritma penggambaran khusus. Mesin akan menggunakan pemrosesan berbasis AI dengan tool algoritma khusus untuk mengirim informasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan gambar yang mumpuni.

    Hasilnya adalah akurasi yang diklaim lebih andal untuk gambar lebih stabil, tone warna lebih cakap, fokus lebih mantap, hingga reduksi noise yang signifikan.

    Selanjutnya, EVS Dynamic Snapshot Technology dikhususkan untuk meningkatkan hasil penjepretan yang bergerak cepat. Ketimbang mengumpulkan piksel frame-ke-frame seperti sensor kamera tradisional, teknologi baru Tecno akan menangkap data bergerak dengan proses yang dinamis, sementara sensor kamera menjepret gambar stagnan yang mengumpulkan informasi warna.

    Data dari kedua sensor itu digabungkan dan menghasilkan gambar yang fokus, meski dijepret dengan gerakan yang cepat.

    Pengembangan ini akan sangat berguna bagi penjepretan di alam liar dan penjepretan bertema olahraga yang selama ini sulit dilakukan kamera smartphone, bahkan milik iPhone 16 tercanggih sekali pun.

    Selanjutnya, sensor Tap Any Zoom Dual Prism Telephoto akan menghadirkan modul dual-periskop dengan penggantian lensa dan penstabilan (OIS) yang disatukan dengan algoritma khusus. Hal ini membantu penjepretan jarak jauh agar lebih fokus dan tajam.

    Nah, itu dia beberapa teknologi kamera baru yang diumumkan Tecno dan akan diimplementasikan pada produk-produk premium keluaran tahun depan. Semoga hasilnya sebaik klaim yang diumumkan. Kita tunggu saja!

    (fab/fab)

  • Chongqing Kota Paling Futuristik, Kereta Belah Gedung dan Bus Terbang

    Chongqing Kota Paling Futuristik, Kereta Belah Gedung dan Bus Terbang

    Jakarta

    Sementara sejumlah kota lain di dunia baru membangun bahkan masih menyiapkan konsep kota futuristik, Chongqing sudah mewujudkannya dengan canggih. Kota ini disebut-sebut sebagai kota paling futuristik di dunia.

    Chongqing adalah sebuah kota di barat daya China, dan merupakan kota terbesar di wilayah tersebut dengan populasi 30 juta jiwa.

    Dikutip dari The Tower Info, kota ini dibangun di atas perbukitan di tepi Sungai Yangtze. Kondisi geografisnya tersebut tak menghalangi Chongqing menjadi kota yang padat dengan banyaknya gedung pencakar langit yang masih terus dikembangkan.

    Keterbatasan lahan justru membuat para perencana kota dan arsitek di Chongqing memutar otak. Mereka merancang dan menemukan banyak cara baru untuk mengatasi masalah kelangkaan lahan, sehingga konsep futuristik benar-benar diterapkan dan menjadi kenyataan.

    Jika berjalan-jalan di Chongqing, kita akan menemukan banyak pemandangan spektakuler yang mengejutkan layaknya di film fiksi ilmiah atau karya seni yang menggambarkan dunia masa depan.

    Foto: via The Tower Info

    Misalnya, gedung apartemen yang dibelah oleh jalur kereta yang melewatinya. Rancangan ini dibuat sebagai metode yang efektif untuk menyediakan ruang bagi jalur kereta api di kota yang padat perumahan. Bukan hal mengherankan melihat kereta lalu lalang melewati gedung-gedung tinggi di Chongqing.

    Foto: via The Tower Info

    Setiap gedung pada umumnya dihubungkan oleh jembatan penyeberangan dengan ketinggian 40 meter dari permukaan tanah. Jembatan tersebut dapat membawa pejalan kaki dari satu sisi jalan langsung ke lantai sebuah bangunan tempat tinggal.

    Foto: via The Tower Info

    Selain kereta rel, Chongqing juga memanfaatkan cable car atau kereta gantung sebagai transportasi. Sky bus atau bus terbang, demikian mereka menyebutnya, menjadi transportasi warga yang berangkat dari distrik Yuzhong ke distrik Nanan, melewati Sungai Yangtze yang jarak tempuhnya 2.110 meter. Setiap hari, lebih dari 10 ribu orang bolak balik dengan transportasi khusus ini.

    Foto: via The Tower Info

    Di Distrik Nanan, Chongqing, atap bangunan tinggi digunakan sebagai jalan. Jadi kita akan melihat mobil-mobil berjalan di atas gedung seperti jalan pada umumnya.

    Setiap lantai dirancang sama seperti jalan-jalan di kota pada umumnya, dengan tersedianya ada fasilitas penunjang warga seperti rumah sakit, sekolah, gedung perkantoran, pasar, mall, wahana bermain anak-anak, dan lain-lain.

    Foto: via The Tower Info

    Karena ini, orang-orang akan merasa mereka menjejak tanah di lantai dasar. Padahal, mereka berada di lantai yang sangat tinggi. Berbagai keanehan yang menakjubkan ini tidak ditemui di manapun, sehingga pantas saja Chongqing dijuluki sebagai kota paling futuristik di dunia.

    (rns/rns)

  • Bagaimana Rencana Lima Tahun Dorong Pembangunan Komprehensif China?

    Bagaimana Rencana Lima Tahun Dorong Pembangunan Komprehensif China?

    PIKIRAN RAKYAT – Tahun 2025 menandai tahun terakhir untuk implementasi Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) China. Rencana ini memprioritaskan pembangunan berkualitas tinggi alih-alih target tradisional yang berpusat pada pertumbuhan. Hal ini mencerminkan evolusi prioritas di perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

    Sebagai institusi penting yang mewakili keunggulan unik dari sistem tata kelola nasional China, rencana lima tahun telah berperan penting dalam memajukan pembangunan di semua sektor di negara itu selama beberapa dekade terakhir.

    Dengan pertemuan “Dua Sesi” tahun ini resmi dimulai pada Selasa (4/3), para anggota legislatif nasional dan penasihat politik China akan meninjau pencapaian negara dan menguraikan rencana masa depan. Pertemuan ini juga merupakan kesempatan yang tepat untuk meninjau kembali signifikansi rencana lima tahun China, yakni apa saja rencana lima tahun itu dan bagaimana rencana-rencana tersebut berkontribusi pada kemajuan negara yang luar biasa.

    APA ITU RENCANA LIMA TAHUN?

    Foto menunjukkan prototipe kereta peluru CR450 sedang menjalani uji coba di Beijing, ibu kota China, pada 25 Februari 2025. (Xinhua/Xing Guangli)

    Rencana lima tahun berfungsi sebagai cetak biru yang komprehensif untuk kemajuan ekonomi dan sosial China, yang menguraikan tujuan, strategi, dan prioritas untuk setiap siklus perencanaan.

    Sejak peluncuran Rencana Lima Tahun pertama (1953-1957), rencana-rencana ini tidak hanya mengarahkan pembangunan transformatif China, tetapi juga berevolusi untuk memenuhi tantangan yang berbeda di setiap era.

    Sebagai contoh, Rencana Lima Tahun pertama menekankan pada industri berat dan industrialisasi, Rencana Lima Tahun ketujuh (1986-1990) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendasar, Rencana Lima Tahun kesembilan (1996-2000) memetakan arah menuju kemakmuran moderat, dan Rencana Lima Tahun ke-13 (2016-2020) menekankan pada pencapaian komprehensif dalam membangun masyarakat yang cukup makmur di segala bidang.

    Rencana Lima Tahun ke-14, yang diluncurkan setelah China mencapai target pembangunan masyarakat yang cukup makmur di segala bidang, berfokus pada pembangunan berkualitas tinggi. Mendobrak tradisi, rencana ini tidak menetapkan target pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang eksplisit, melainkan memprioritaskan transisi hijau, kemandirian teknologi, kemakmuran bersama, pembangunan regional yang seimbang, serta reformasi yang lebih mendalam dan keterbukaan berstandar tinggi.

    “Rencana-rencana lima tahun awal terutama berfokus pada pembangunan ekonomi, namun seiring berjalannya waktu, kesejahteraan sosial, inovasi teknologi, dan perlindungan lingkungan juga disertakan,” kata Yan Yilong, wakil dekan di Institut Kajian China Kontemporer di Universitas Tsinghua.

    “Saat ini, rencana lima tahun mencakup berbagai bidang yang komprehensif, yang meliputi ekonomi, masyarakat, teknologi, ekologi, dan budaya, mencerminkan pendekatan holistik terhadap pembangunan,” katanya.

    MENGAPA RENCANA LIMA TAHUN BERHASIL DITERAPKAN DI CHINA?

    Kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) yang telah selesai dirakit terlihat di pabrik super Seres Group di Kawasan Baru Liangjiang, Chongqing, China barat daya, pada 7 Juni 2024. (Xinhua/Wang Quanchao)

    Mengedepankan kesinambungan, perencanaan strategis yang berpandangan ke depan, serta implementasi yang efektif, rencana lima tahun memainkan peran penting dalam mentransformasi China dari negara agraris yang tertinggal menjadi raksasa industri global.

    Terlepas dari evolusi prioritas di seluruh 14 rencana lima tahun itu, mulai dari industrialisasi dan reformasi ekonomi hingga keberlanjutan dan inovasi, tujuan besarnya tetap sama, yaitu pembangunan dan kemakmuran nasional.

    Presiden China Xi Jinping menegaskan bahwa sejak Rencana Lima Tahun pertama hingga Rencana Lima Tahun ke-14, tema yang konsisten adalah membangun China menjadi negara sosialis modern.

    Menyebut rencana lima tahun itu sebagai rencana yang “strategis dan fleksibel,” akademisi Inggris Martin Jacques mengatakan bahwa “rencana lima tahun ini sesuai dengan mentalitas bangsa China dan gagasan China tentang berpikir untuk jangka panjang.”

    “Dari perspektif historis, rencana lima tahun berfungsi sebagai penerapan strategi pembangunan nasional China secara bertahap. Masing-masing rencana tersebut berfungsi sebagai pengaturan langkah demi langkah untuk memastikan kesinambungan kebijakan dan keselarasan dengan tujuan strategis jangka panjang,” tutur Yang Yongheng, wakil dekan Institut Perencanaan Pembangunan China di Universitas Tsinghua.

    Selama evolusi rencana lima tahun, dua revisi terminologi dalam judulnya patut diperhatikan. Salah satu revisi itu terlihat pada Rencana Lima Tahun keenam (1981-1985). Istilah “pembangunan sosial” ditambahkan dalam judul dokumen itu bersama frasa “ekonomi nasional”, memperluas cakupannya dan menekankan kaitan antara pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial, serta mencerminkan peralihan menuju pembangunan ekonomi-sosial yang terkoordinasi.

    Revisi lainnya dapat ditemukan pada Rencana Lima Tahun ke-11 (2006-2010). Judul resmi rencana lima tahun itu disebut sebagai guihua alih-alih jihua dalam bahasa Mandarin. Meski keduanya sama-sama bermakna “rencana”, guihua bersifat lebih makroskopis, strategis, dan berorientasi kebijakan dibandingkan dengan jihua.

    Perumusan dan implementasi juga merupakan kunci untuk memastikan keberhasilan rencana-rencana ini. Setelah melakukan eksplorasi selama puluhan tahun, sebuah proses multitahun yang terstandardisasi untuk merumuskan rencana lima tahun telah dibentuk. Proses ini dimulai dengan penilaian jangka menengah atas rencana sebelumnya, termasuk penelitian awal, penyusunan draf, konsultasi, koordinasi antarlembaga, tinjauan pakar, dan persetujuan formal. Semua ini dilakukan untuk memastikan proses yang transparan, konsultatif, dan berbasis bukti, yang mencerminkan prioritas publik sekaligus membentuk konsensus nasional.

    Proyek-proyek besar merupakan pilar inti dalam implementasi rencana-rencana lima tahun. Dari 156 proyek yang dibantu Soviet pada rencana pertama hingga 165 proyek yang diusulkan pada rencana ke-13 dan 102 proyek pada rencana ke-14, lebih dari 1.000 proyek telah membentuk tulang punggung ekonomi China dan menjadi bukti kekuatan sosialisme dengan karakteristik China.

    “China memiliki kapasitas yang kuat untuk mencapai tujuan nasional,” kata Yan, seraya menambahkan bahwa “rencana lima tahun adalah keunggulan unik dari tata kelola China.”

    APA YANG TELAH DICAPAI OLEH RENCANA-RENCANA TERSEBUT?

    Dari masyarakat agraris menjadi perekonomian terbesar kedua di dunia, China telah mencapai keajaiban ganda berupa pertumbuhan ekonomi yang pesat dan stabilitas sosial jangka panjang, dengan semua rencana lima tahun memainkan peran penting.

    Data yang ada cukup menjelaskan semuanya.

    Dalam Rencana Lima Tahun ke-10 (2001-2005), China bergerak naik menjadi perekonomian terbesar keempat di dunia. Dalam rencana ke-11 setelahnya, China menyalip Jerman dan Jepang, mengamankan posisi kedua secara global. Di penghujung periode rencana ke-13 pada 2020, PDB China telah melewati ambang 100 triliun yuan (1 yuan = Rp2.255) atau setara 13,7 triliun dolar AS (1 dolar AS = Rp16.371) dengan kurs saat ini. Sejak 2021, tahun dimulainya rencana ke-14, PDB per kapita China tetap berada di atas 12.000 dolar AS per tahun.

    Pengentasan kemiskinan dapat dijadikan sebagai contoh. Program ini telah dimasukkan ke dalam agenda sejak rencana ketujuh. Selama beberapa dekade terakhir, China telah membebaskan 800 juta orang dari belitan kemiskinan, yang mencakup lebih dari 70 persen dari pengentasan kemiskinan global, memenuhi target Agenda Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2030 lebih cepat dari jadwal.

    Selain itu, China telah mencapai 126 indikator lebih cepat dari jadwal untuk Agenda Pembangunan Berkelanjutan PBB 2030, menurut laporan PBB.

    Pola China dalam menggunakan rencana-rencana semacam itu untuk mendorong pembangunan telah muncul sebagai sebuah model alternatif untuk tata kelola yang efektif bagi negara-negara di dunia berkembang.

    Mengakui bahwa kekuatan dan keberhasilan rencana-rencana lima tahunan sebelumnya dapat menjadi landasan bagi rencana-rencana di masa mendatang, sementara kelemahan dan kekurangan dianalisis dan ditangani dengan cermat, Melaku Mulualem, seorang peneliti senior di bidang diplomasi dan hubungan internasional di Institut Urusan Luar Negeri Ethiopia, menuturkan bahwa melakukan evaluasi komprehensif setiap lima tahun adalah praktik yang patut ditiru.

    Terinspirasi oleh keberhasilan China, banyak negara berkembang telah mengikuti jejak China dengan mengembangkan strategi jangka menengah hingga panjang, dengan negara-negara seperti Polandia, Ethiopia, dan Tanzania bahkan telah mengundang sejumlah institusi China untuk membantu dalam konsultasi perencanaan mereka, tulis Yin Jun, seorang peneliti di Universitas Peking, dalam bukunya yang berjudul “Tinjauan dari Rencana Lima Tahun ke-1 hingga ke-14” (A Review from the 1st to 14th Five-Year Plan).

    “Perencanaan dibicarakan di banyak negara, tetapi China berhasil melakukannya dengan cara yang menurut saya belum pernah dilakukan oleh negara lain,” kata Jacques, seraya menambahkan bahwa negara-negara lain dapat memetik pelajaran dari China di bidang ini untuk menyusun kebijakan mereka sendiri.  Selesai. ***

     

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News