kab/kota: Chongqing

  • China Buru 100 Buronan Scam Online, Siapkan Imbalan Rp 471 Juta

    China Buru 100 Buronan Scam Online, Siapkan Imbalan Rp 471 Juta

    Beijing

    Otoritas China mengeluarkan pemberitahuan pencarian untuk 100 buronan terkait jaringan scam online lintas perbatasan. Mereka yang diburu termasuk sejumlah anggota kunci dalam kelompok kriminal besar yang berbasis di Myanmar bagian utara, saat pemberantasan scam online digencarkan.

    Dalam pemberitahuan yang dirilis Kementerian Keamanan Publik (MPS), seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (9/12/2025), otoritas China menawarkan imbalan atau hadiah sebesar 200.000 Yuan, atau setara Rp 471,6 juta, kepada siapa pun yang memberikan petunjuk atau bantuan efektif untuk penangkapan setiap buronan.

    Dalam beberapa tahun terakhir, sebut MPS, para buronan kunci yang terlibat dalam sindikat penipuan, berada di bawah perlindungan “kekuatan luar negeri”, telah mengorganisir dan merekrut orang-orang untuk terlibat dalam aktivitas penipuan jangka panjang yang menargetkan warga negara China.

    MPS tidak menyebut lebih lanjut soal negara yang dimaksudnya. Hanya dikatakan oleh MPS bahwa aktivitas penipuan itu melibatkan “jumlah uang yang sangat besar dan menunjukkan sifat yang sangat mengerikan”.

    Para tersangka seperti Wu Qiping, Wu Qingzheng, Fu Xiaobin, dan Ou Changhua, menurut MPS, semuanya terkait dengan kelompok kriminal yang disebut “empat keluarga” di Myanmar bagian utara — merujuk pada kelompok kriminal terkena yang beroperasi di area dekat perbatasan China.

    MPS mengatakan bahwa sejak meluncurkan “operasi khusus” untuk memerangi kejahatan di Myanmar bagian utara yang menargetkan warga negara China, sebanyak 100 tersangka itu terus beraksi “tanpa hambatan atau keraguan”.

    Badan-badan keamanan publik di beberapa wilayah China, termasuk Hangzhou di Provinsi Zhejiang, kota Quanzhou di Provinsi Fujian, Shenzhen, Kunming, dan Chongqing telah mengeluarkan pemberitahuan mengenai hadiah publik untuk setiap buronan yang berhasil ditangkap.

    “Siapa pun yang memiliki informasi relevan didesak untuk segera melaporkannya kepada otoritas keamanan publik. Identitas para informan akan dijaga kerahasiaannya,” tegas pemberitahuan tersebut.

    Ditegaskan juga dalam pemberitahuan itu bahwa “pembalasan terhadap informan akan dihukum berat sesuai aturan hukum”.

    Otoritas China juga mendesak para buronan untuk menyerahkan diri dan meminta keringanan hukuman.

    Dalam pernyataan terpisah, MPS mengatakan pada Senin (8/12) bahwa total 1.178 warga China yang terlibat sindikat penipuan di Myawaddy, Myanmar, telah dipulangkan ke China sejak awal Desember ini. Para tersangka itu diserahkan secara bertahap via Thailand dengan pengawalan ketat Kepolisian China.

    Sementara itu, laporan kantor berita Xinhua menyebutkan bahwa sejak 20 Februari lalu, lebih dari 6.600 warga China yang diduga terlibat sindikat penipuan di luar negeri telah dipulangkan ke China.

    Tonton juga video “Penggerebekan Besar-besaran Markas Scam di Myanmar, 1.600 WNA Dibekuk”

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Dinosaurus Berukuran 29 Meter Ditemukan Tak Sengaja

    Dinosaurus Berukuran 29 Meter Ditemukan Tak Sengaja

    Jakarta

    Di Cekungan Sichuan, China, para ahli paleontologi menemukan fosil dinosaurus yang begitu besar sehingga mendefinisikan ulang batas-batas gigantisme prasejarah. Temuan ini diberi nama Tongnanlong zhimingi.

    Spesies yang baru diidentifikasi ini diperkirakan memiliki panjang hingga 29 meter, menjadikannya salah satu hewan darat terbesar yang pernah tercatat. Fosil tersebut ditemukan di Distrik Tongnan, Chongqing, di dalam Formasi Suining, lapisan geologi periode Jura Akhir yang berusia sekitar 147 juta tahun.

    Sisa-sisa fosil tersebut awalnya ditemukan di sebuah lokasi konstruksi sebelum digali dan dipelajari secara resmi oleh tim yang dipimpin oleh Xuefang Wei dari Pusat Survei Geologi China Chengdu.

    Sebuah Keluarga Raksasa

    Menurut penelitian yang dipublikasikan di Scientific Reports, Tongnanlong zhimingi adalah bagian dari famili Mamenchisauridae, yaitu sauropoda berleher panjang yang dikenal memiliki kerangka yang sangat ringan untuk ukurannya.

    Salah satu ciri menonjol fosil ini adalah adanya ruang berisi udara di dalam tulang, yang membantu menjaga kerangka tetap ringan tanpa membuatnya lebih lemah. Ditambah dengan tulang belikat yang besar dan tulang belakang yang diperkuat, jelaslah bahwa dinosaurus ini memang dirancang untuk membawa beban yang sangat berat.

    Kerangkanya belum lengkap, tetapi cukup banyak yang terawetkan untuk diteliti, termasuk tiga ruas tulang belakang, enam ruas tulang ekor, sebagian bahu, dan beberapa tulang kaki. Mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi jika membandingkan bagian-bagian ini dengan dinosaurus sejenis dalam kelompok yang sama, para ilmuwan dapat memperkirakan ukuran penuhnya. Mereka berfokus terutama pada skapula dan fibula, tulang yang cenderung berskala andal dengan panjang tubuh keseluruhan pada sauropoda.

    Meskipun dilakukan dengan pendekatan yang hati-hati, tim tersebut memperkirakan panjangnya 22-29 meter. Hal ini menempatkan Tongnanlong di antara hewan darat terbesar yang kita ketahui. Struktur tulangnya ringan namun kuat, dengan fitur-fitur yang menopang tubuhnya yang besar, sesuai dengan pola yang telah diamati para peneliti pada eusauropoda lainnya.

    Sisa-sisa fosil Tongnanlong zhimingi. Foto: Scientific ReportsEkosistem Prasejarah

    Formasi Suining telah menghasilkan sauropoda besar lainnya di masa lalu, menunjukkan ekosistem raksasa berleher panjang yang sangat kaya yang hidup berdampingan di wilayah yang sama. Sebagaimana ddikutip dari Earth.com, lapisan sedimen tempat Tongnanlong ditemukan meliputi batulempung dan batupasir berwarna ungu-merah, dengan tanda riak yang menunjukkan kondisi tepi danau.

    Keberadaan bivalvia air tawar, conchostracans, dan kura-kura di strata yang sama menggambarkan lahan basah Jurassic yang saling terhubung dan dapat mendukung kehidupan herbivora masif tersebut.

    Patut dicatat, kondisi penguburan menunjukkan bahwa fosil tersebut terawetkan dekat dengan lokasi kematiannya, yang menunjukkan bahwa dinosaurus tersebut kemungkinan besar hidup dan mati di lingkungan tersebut. Ekosistem lokal, vegetasi yang berkelompok, dan akses terhadap air mungkin berperan dalam keberlangsungan makhluk sebesar ini.

    Untuk waktu yang lama, para ahli paleontologi telah berdebat tentang apakah Asia Timur terisolasi dari belahan dunia lainnya selama periode Jura, sebuah gagasan yang dikenal sebagai hipotesis Isolasi Asia Timur. Dinosaurus lain dari famili Mamenchisauridae telah muncul jauh melampaui Asia, seperti Wamweracaudia keranjei, yang ditemukan di Lapisan Tendaguru Tanzania. Hal ini menunjukkan distribusi yang jauh lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

    Peneliti utama Xuefang Wei menjelaskan bahwa temuan baru ini menunjukkan bahwa Mamenchisauridae bukan hanya kelompok Asia Timur. Mereka tersebar secara global selama Akhir Jurassic, dan sauropoda raksasa hidup di lingkungan yang serupa di berbagai benua pada waktu yang sama.

    Lihat juga Video ‘Paleontolog Temukan Fosil Dinosaurus yang Hidup 230 Juta Tahun Lalu’:

    (rns/rns)

  • Keseriusan China Garap Industri Mobil Global

    Keseriusan China Garap Industri Mobil Global

    Chongqing

    Inovasi China di industri otomotif tak perlu diragukan lagi. Tak perlu heran memang, bahkan sebuah provinsi aja memiliki fasilitas pengujian yang lengkap. Salah satu contohnya adalah Provinsi Chongqing yang memiliki fasilitas pengujian mobil alias proving ground yang luasnya mencapai 221 hektare.

    Fasilitas ini dikelola oleh Chongqing Xibu Automobile Proving Ground Management Ltd, yang merupakan anak usaha dari China Automotive Engineering Research Institute. Proving ground ini diklaim fasilitas pengujian kendaraan paling lengkap yang ada di barat China.

    Chongqing serius garap industri mobil Foto: Zulfi Suhendra/detikOto

    Area proving ground 221 hektare itu dilengkapi dengan berbagai macam kondisi dan medan jalan, mulai jalan kering, basah, jalan memutar dinamis, jalan bebatuan, speed bump, jalan dengan kemiringan tinggi hingga jalan menanjak, jalan untuk mengetes ketahanan terhadap genangan banjir, dengan sudut kemiringan tinggi dan lainnya.

    Jalan uji tersebut masing-masing telah mendapatkan persetujuan dan otorisasi lokasi inspeksi dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi serta Kementerian Perhubungan China.

    Tak hanya buat mobil-mobil pabrikan China, proving ground ini juga dipercaya pabrikan mobil dari negara lain seperti Amerika, Eropa, dan Jepang, termasuk dalam penelitian dan pengembangan produk, pengujian ketahanan, pengujian korosi, pengembangan kinerja, sertifikasi tipe, dan uji regulasi wajib otomotif.

    Chongqing serius garap industri mobil Foto: Zulfi Suhendra/detikOto

    Xibu Proving Ground ini juga memiliki ruang lingkungan, ruang semprot garam, laboratorium korosi kendaraan dan suku cadang, zer, dan jalan uji korosi khusus, yang dapat menyediakan pelanggan dengan solusi uji ketahanan korosi kendaraan dan suku cadang yang memenuhi standar internasional.

    Terlihat saat menjajal proving ground ini menggunakan mobil Changan, detikOto melihat mobil-mobil berseliweran. Kebanyakan dari mobil tersebut juga masih dalam tahap RnD.

    Panjang total jalan di proving ground ini 46,5 km, dengan jalan uji sepanjang 43,4 km, termasuk 5,4 km dari 32 jenis permukaan jalan keandalan, 14 jalan uji yang berbeda, 67 jenis permukaan jalan khusus.

    (zlf/lua)

  • Persimpangan Jalan dalam Kerja Sama Tiongkok–Afrika dan AS–Afrika

    Persimpangan Jalan dalam Kerja Sama Tiongkok–Afrika dan AS–Afrika

    Di tengah transformasi mendalam lanskap ekonomi global, kerja sama Tiongkok–Afrika melaju mantap menuju tahap baru. Pada 24 Oktober 2025, Chongqing meluncurkan rute pertama yang langsung menuju Afrika untuk layanan China–Europe Railway Express (CR Express)—menandai babak baru konektivitas Tiongkok–Afrika. Rute ini mengadopsi model intermoda lintas benua “kereta api + pelayaran”, dengan tujuan akhir Aljir, Aljazair, sehingga membuka koridor logistik yang lebih efisien dan andal bagi perdagangan Tiongkok–Afrika. Konektivitas infrastruktur ini bukan sekadar perluasan jalur fisik, melainkan wujud konkret pembangunan komunitas Tiongkok–Afrika dengan masa depan bersama.

    Data menunjukkan, pada tiga triwulan pertama tahun ini, total perdagangan Tiongkok–Afrika tumbuh 19,5%, dengan skala yang terus meningkat. Tren positif ini terkait erat dengan kebijakan yang diumumkan pemerintah Tiongkok pada Juni tahun ini—pemberlakuan tarif 0% (bebas bea masuk) untuk seluruh komoditas asal 53 negara Afrika. Cakupan yang luas serta basis penerima manfaat yang besar menjadikan langkah keterbukaan ini bermakna historis dalam hubungan ekonomi dan perdagangan.

    Sebaliknya, Undang-Undang Pertumbuhan dan Peluang Afrika (AGOA) milik Amerika Serikat resmi berakhir masa berlakunya pada 30 September 2025. Sejak diberlakukan pada 2000, AGOA memberikan preferensi tarif dan kemudahan akses pasar bagi banyak negara Afrika, mendorong ekspor Afrika ke AS. Namun hingga kini proses otorisasi ulang di Kongres belum berjalan. Lebih jauh, sejak April 2025 AS memberlakukan tarif 10–30% terhadap negara-negara Afrika—kebijakan yang langsung menggerus keunggulan ekspor yang dibangun selama bertahun-tahun dan menekan prospek pengembangan manufaktur di Afrika.

    Dua jalur kebijakan terhadap Afrika kian kontras. Jalur pertama menempatkan persaingan geopolitik sebagai tujuan, berupaya menarik Afrika ke dalam rantai pasok eksklusif yang dipimpin Barat. Dalam beberapa tahun terakhir, AS melalui Inflation Reduction Act (IRA) dengan aturan asal barang (rules of origin) dan klausul Foreign Entity of Concern (FEOC), serta melalui Defense Production Act (DPA) yang mendorong friend-shoring, telah merangkul politik dan perdagangan dalam satu kerangka, membentuk jaringan rantai pasok yang menyaring partisipasi berdasarkan keselarasan politik. Dalam model ini, akses negara-negara Afrika ke ekosistem produksi AS kurang ditentukan oleh daya saing industri, dan lebih oleh preferensi strategis Washington—dengan risiko penghentian preferensi tarif atau dikeluarkan dari skema subsidi rantai pasok bila posisi diplomatik dianggap tidak selaras.

    Jalur kedua bertumpu pada keterbukaan perdagangan. Kebijakan Tiongkok terhadap Afrika menunjukkan karakter keterbukaan yang menonjol: tarif 0% untuk 53 negara Afrika diberlakukan tanpa prasyarat politik dan tanpa saringan ideologis. Keterbukaan ini bersifat berkelanjutan dan terinstitusionalisasi, dengan tujuan menciptakan lingkungan pasar yang stabil dan terprediksi. Dalam kerangka ini, pembentukan rantai pasok mengikuti mekanisme pasar dan pilihan mandiri negara-negara Afrika—bukan intervensi politik eksternal. Selain menurunkan biaya perdagangan, yang lebih penting, kebijakan ini memberi harapan jangka panjang yang kondusif untuk investasi, pembinaan manufaktur, dan peningkatan kapabilitas industri.

    Secara esensial, kebijakan tarif 0% Tiongkok merupakan dukungan struktural bagi pembangunan mandiri Afrika. Fondasi industrialisasi Afrika relatif masih rapuh—menurut UN Industrial Statistics Yearbook 2024, ekspor manufaktur Afrika hanya sekitar 1,3% dari total global; kontribusi manufaktur terhadap PDB pada 2023 sekitar 13%, jauh di bawah rata-rata global 28%. Dengan menurunkan biaya masuk produk industri Afrika ke pasar Tiongkok, kebijakan ini menginsentif arus modal menuju manufaktur Afrika. Perusahaan yang berinvestasi dan membangun pabrik di Afrika dapat memanfaatkan tenaga kerja dan sumber daya lokal, sekaligus memanfaatkan akses bebas bea ke pasar konsumsi terbesar kedua di dunia, sehingga meningkatkan kelayakan dan imbal hasil investasi.

    Kebijakan ini mencerminkan pemahaman mendalam atas hukum dasar globalisasi ekonomi. Berbeda dari praktik mempolitisasi perdagangan, langkah keterbukaan pasar Tiongkok berpijak pada esensi kolaborasi ekonomi internasional. Tarif 0% sekaligus menjadi pengakuan atas potensi pertumbuhan Afrika dan bentuk dukungan pada sistem perdagangan multilateral. Di tengah menguatnya proteksionisme global, sikap keterbukaan ini menjadi semakin bernilai. Melalui kebijakan konkret seperti tarif 0%, Tiongkok mendorong peningkatan posisi tawar Afrika dalam rantai nilai global, menghormati hak atas pembangunan yang mandiri, dan berlandaskan kesetaraan serta saling menguntungkan—memberi paradigma baru bagi kerja sama ekonomi internasional.

    Kesimpulan

    Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, kerja sama Tiongkok–Afrika tengah merintis model baru kolaborasi ekonomi internasional. Kebijakan tarif 0% menyampaikan sinyal tegas: keterbukaan dan kemitraan adalah cara efektif menghadapi tantangan global. Berbasis prinsip pasar dan saling menghormati, tanpa prasyarat politik, model ini menawarkan pendekatan segar bagi kemitraan pembangunan. Praktik yang berkembang bukan hanya mengakselerasi pertumbuhan kedua belah pihak, tetapi juga menyuntikkan daya dorong baru bagi pemulihan ekonomi dunia.

  • Berapa Harga Mobil Listrik Changan di Indonesia?

    Berapa Harga Mobil Listrik Changan di Indonesia?

    Chongqing

    Changan memastikan akan menjual Deepal S07 dan Lumin EV dengan harga yang kompetitif. Mobil listrik itu akan diluncurkan akhir tahun ini. Kedua model ini akan diluncurkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025

    Hal itu dikatakan oleh Chief Executive Office Changan Indonesia Setiawan Surya di Chongqing, Jumat (24/10/2025). Lalu berapa harga kedua mobil Changan di Indonesia?

    “Kompetitif lah, bukan berarti yang paling murah ya,” kata Setiawan.

    Dia menambahkan, Changan Indonesia akan melihat demand dari pasar Indonesia terutama pada gelaran GJAW 2025.

    “Kita pakai harga bersaing lah, kita lihat supaya bisa survive. Yang pasti harga bersaing lah ya,” ujarnya.

    Seperti diketahui, Changan akan meluncurkan dua model mobil listrik pada GJAW 2025 di Tangerang. Dua model tersebut ialah Deepal S07 dan Lumin EV.

    Deepal S07 adalah mobil listrik berjenis SUV 5 seater yang berdesain techno-sporty. Mobil ini semakin terlihat sporty dan elegan karena dilengkapi dengan pintu tanpa rangka (frameless) juga electric moonroof.

    Mobil ini dilengkapi chip Qualcomm 8295P. Di bagian mesin, Deepal digerakkan motor listrik PMSM 160 kW atau setara 214,5 hp dengan torsi 320 nm. Dengan ini, mobil mampu melesat 0-100 km hanya dalam waktu 7,5 detik. Kapasitas baterai pun cukup mumpuni sehingga mobil bisa menempuh jarak 560 km peak dalam sekali cas penuh.

    Dari sisi kenyamanan, Changan membenamkan layar HU 15,6 inch dengan sunflower display, asisten suara dan wireless fast charging untuk ponsel.

    Sementara Lumin menggunakan motor listrik 35 kW setara 48 hp yang menggerakkan roda depan. Jarak tempuh maksimal dalam kapasitas baterai penuh bisa mencapai 300-an kilometer.

    Dari sisi interior, Lumin dilengkapi 10,25 inch layar head unit dan empat tempat duduk dengan desain dua pintu.

    (zlf/rgr)

  • Berapa Harga Mobil Listrik Changan di Indonesia?

    Jual Mobil Listrik Deepal SO7 dan Lumin, Changan Siapkan 5 Dealer di RI

    Chongqing

    Dua mobil listrik Changan yaitu Deepal S07 dan Lumin EV siap dijual di Indonesia jelang akhir 2025. Bersamaan dengan itu, Changan juga menyiapkan lima dealer untuk mendukung penjualan.

    Chief Executive Office Changan Indonesia Setiawan Surya mengatakan, pihaknya akan menyasar kota-kota besar untuk membangun dealer. Sebanyak tiga dealer berada di Jabodetabek, sementara dua lagi berada di Bandung dan Bali.

    “Sekarang baru 3 ya, MT Haryono, PIK 1 kita bangun baru dan Bintaro. Bandung lagi set up dan Bali,” katanya di Chongqing, Jumat (24/10/2025).

    Changan menargetkan diler tersebut akan beroperasi pada bulan November, bulan yang sama saat Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 digelar.

    Changan Lumin. Foto: (Zulfi Suhendra/detikOto)

    “Untuk di kota lain masih bertahap,” tambahnya.

    Melihat pasar mobil listrik masih belum merata ke semua provinsi di Indonesia, target pembukaan diler masih menyasar pasar di Jawa Bali.

    “Jawa Bali dulu ya. Kalau yang lain Indomobil kan banyak yang showroomnya bisa kita manfaatkan juga. Nanti sambil jalan kita lihat. Mayoritas kan paling besar Jabotabek,” ujarnya.

    Seperti diketahui, Changan akan meluncurkan dua model mobil listrik pada GJAW 2025 di Tangerang. Dua model tersebut ialah Deepal S07 dan Lumin EV.

    Deepal S07 adalah mobil listrik berjenis SUV 5 seater yang berdesain techno-sporty. Mobil ini semakin terlihat sporty dan elegan karena dilengkapi dengan pintu tanpa rangka (frameless) juga electric moonroof.

    Mobil ini dilengkapi chip Qualcomm 8295P. Di bagian mesin, Deepal digerakkan motor listrik PMSM 160 kw atau setara 214,5 hp dengan torsi 320 nm. Dengan ini, mobil mampu melesat 0-100 km hanya dalam waktu 7,5 detik. Kapasitas baterai pun cukup mumpuni sehingga mobil bisa menempuh jarak 560 km peak dalam sekali cas penuh.

    Dari sisi kenyamanan, Changan membenamkan layar HU 15,6 inch dengan sunflower display, asisten suara dan wireless fast charging untuk ponsel.

    Sementara Lumin motor listrik 35 kW setara 48 hp yang menggerakkan roda depan. Jarak tempuh maksimal dalam kapasitas baterai penuh bisa mencapai 300-an kilometer.

    Dari sisi interior, Lumin dilengkapi 10,25 inch layar head unit dan empat tempat duduk dengan desain dua pintu.

    (zul/dry)

  • PBB Blak-blakan RI Dalam Bahaya, Ungkap Fakta Mengerikan

    PBB Blak-blakan RI Dalam Bahaya, Ungkap Fakta Mengerikan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Belum lama ini, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan dampak krisis iklim yang makin mengkhawatirkan. Peringatan ini khususnya ditujukan bagi beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

    Badan Meteorologi Dunia (WMO) yang merupakan salah satu lembaga di bawah PBB mengeluarkan laporan bertajuk ‘State of the Climate in Asia 2024’.

    “Pada tahun 2024, Asia mengalami tahun terhangat atau kedua terhangat yang pernah tercatat, dengan gelombang panas yang meluas dan berkepanjangan,” tertera dalam laporan yang dipublikasikan WMO pada 23 Juni 2025 tersebut, dikutip dari laman resminya, Sabtu (25/10/2025).

    WMO mengatakan suhu permukaan laut mencapai rekor tertinggi dan gelombang panas laut memengaruhi wilayah yang luas. Sementara itu, kenaikan muka air laut di Samudra Pasifik dan Hindia melampaui rata-rata global. Hal ini meningkatkan risiko bagi wilayah pesisir dataran rendah.

    Bencana Bertubi-tubi

    Indonesia disebut masih menjadi wilayah yang paling banyak dilanda masalah alam di dunia akibat cuaca dan iklim. Benua ini mengalami pemanasan lebih cepat dari rata-rata global dengan tren meningkat hampir dua kali lipat sejak periode 1961-1990.

    “Kesimpulan dari laporan ini sangat menyadarkan kita,” kata Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, beberapa saat lalu.

    Tren pemanasan global pada periode 1991-2024 disebut sudah dua kali lipat ketimbang periode 1961-1990. Untuk tahun glasial 2024, 23 dari 24 gletser di wilayah High Mountain Asia (HMA) menunjukkan kehilangan massa yang berkelanjutan.

    Suhu permukaan laut (SST) juga merupakan indikator fisik penting bagi sistem iklim Bumi. Perubahan suhu permukaan laut memengaruhi pola sirkulasi regional dan global, serta berdampak kritis terhadap ekosistem laut.

    “SST memengaruhi pola cuaca dan iklim regional, seperti pola curah hujan ekstrem di Indonesia dan India, monsun musim panas Asia, aktivitas kebakaran hutan, dan variabilitas es laut,” tertera dalam laporan tersebut.

    Sepanjang tahun lalu, 26 siklon tropis terbentuk di Samudra Pasifik Utara bagian barat dan Laut Cina Selatan. Siklon tropis terkuat, Yagi, yang mengakibatkan korban jiwa, pengungsian, dan kerusakan dilaporkan di Vietnam, Filipina, Republik Demokratik Rakyat Laos, Thailand, Myanmar, dan China.

    Banjir melanda sebagian besar wilayah Asia Tengah pada tahun 2024, terutama di Kazakhstan dan Federasi Rusia bagian barat daya. Sebanyak 12.000 bangunan tempat tinggal terendam banjir dan 118.000 orang dievakuasi. Banjir ini tercatat sebagai banjir terburuk di kawasan tersebut setidaknya dalam 70 tahun terakhir.

    Pada akhir September 2024, kekeringan yang makin parah di Provinsi Sichuan, Chongqing, dan wilayah tengah Sungai Yangtze di China. Hal ini berdampak ke lebih dari empat juta orang dan merusak lebih dari 300.000 hektar tanaman, yang menyebabkan kerugian ekonomi yang diperkirakan mencapai 2,89 miliar yuan.

    Beberapa wilayah India mengalami gelombang panas hebat pada tahun 2024, yang menyebabkan lebih dari 450 kematian di seluruh negeri.

    Pada 10 Juli 2025, petir di India merenggut sekitar 1.300 nyawa di berbagai wilayah negara. Peristiwa petir yang sangat mematikan terjadi pada 10 Juli, menewaskan 72 orang dalam satu hari.

    Tak cuma itu, badai debu parah melanda sebagian besar wilayah Asia, dengan jumlah hari kejadian debu tertinggi tercatat di Irak barat dan Turkmenistan timur.

    Sebelumnya, kajian proyeksi USAID di 2016 menyebutkan kenaikan air laut akan menenggelamkan 2.000 pulau kecil pada tahun 2050. Ini berarti terdapat 42 juta penduduk berisiko kehilangan tempat tinggalnya.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dua Mobil Listrik Changan Siap Meluncur di Indonesia, Langsung Dirakit Lokal

    Dua Mobil Listrik Changan Siap Meluncur di Indonesia, Langsung Dirakit Lokal

    Chongqing

    Produsen mobil asal China, Changan, akan mulai menjual dua model mobil listrik di Indonesia. Dua produk ini akan diperkenalkan di gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 akhir November nanti.

    Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Executive Officer Setiawan Surya di Chongqing, China, Kamis (23/10/2025).

    Dua produk kendaraan ramah lingkungan itu tak hanya dipamerkan di gelaran GJAW 2025, tapi juga pada saat bersamaan akan langsung dipasarkan. Keduanya adalah Changan Deepal S07 di segmen SUV dan Lumin EV pada segmen compact car yang mungil.

    “Nanti kita akan bawa ke sana dua produk tersebut,” ujar Setiawan.

    Dia menambahkan, keduanya saat ini sudah mulai dirakit di Indonesia alias completely knock down (CKD) di pabrik perakitan milik Changan di Purwakarta.

    Namun, Setiawan masih merahasiakan berapa harga produk Changan Deepal S07 dan Lumin EV ini saat nanti dipasarkan di Indonesia.

    “Harganya masih dirumuskan untuk saat ini. Nanti kita lihat,” ujarnya.

    Deepal S07 adalah mobil listrik berjenis SUV 5 seater yang berdesain techno-sporty. Mobil ini semakin terlihat sporty dan elegan karena dilengkapi dengan pintu tanpa rangka (frameless) juga electric moonroof.

    Mobil ini dilengkapi chip Qualcomm 8295P. Di bagian mesin, Deepal digerakkan motor listrik PMSM 160 kW atau setara 214,5 hp dengan torsi 320 nm. Dengan ini, mobil mampu melesat 0-100 km hanya dalam waktu 7,5 detik. Kapasitas baterai pun cukup mumpuni sehingga mobil bisa menempuh jarak 560 km dalam sekali cas penuh.

    Dari sisi kenyamanan, Changan membenamkan layar HU 15,6 inch dengan sunflower display, asisten suara dan wireless fast charging untuk ponsel.

    Mobil listrik Changan Lumin EV. Foto: Doc. Changan.

    Sementara Lumin dibekali motor listrik 35 kW setara 48 hp yang menggerakkan roda depan. Jarak tempuh maksimal dalam kapasitas baterai penuh bisa mencapai 300-an kilometer.

    Dari sisi interior, Lumin dilengkapi 10,25 inch layar head unit dan empat tempat duduk dengan desain dua pintu.

    (zul/rgr)

  • KAI Jakarta Catat Ada 140 Perlintasan Liar Kereta Api hingga Oktober 2025 – Page 3

    KAI Jakarta Catat Ada 140 Perlintasan Liar Kereta Api hingga Oktober 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat masih ada 140 perlintasan liar kereta api di wilayah kerja Daop 1 Jakarta hingga awal Oktober 2025 sehingga menjadi perhatian serius karena berisiko tinggi terjadi kecelakaan.

    Sementara itu, 287 lainnya merupakan perlintasan yang dijaga bersama pihak terkait.

    “Perlintasan sebidang merupakan salah satu titik rawan kecelakaan, sehingga diperlukan perhatian lebih dari semua pihak,” kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Ahad.

    Karena itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta terus berupaya agar perlintasan liar ditutup secara bertahap sesuai amanat regulasi, serta mengajak masyarakat untuk menggunakan jalur resmi yang lebih aman.

    Selain itu, untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, khususnya di perlintasan sebidang, KAI Jakarta rutin melakukan kegiatan sosialisasi keselamatan perkeretaapian.

    “Kami berharap masyarakat semakin sadar bahwa keselamatan merupakan tanggung jawab bersama dan setiap pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian,” ujar Ixfan. 

    Kegiatan ini salah satunya dilakukan pada Sabtu (4/10). PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan sosialisasi keselamatan perkeretaapian di JPL 75 Stasiun Sudimara yang melibatkan komunitas pecinta kereta api.

     

    Fenomena unik di Chongqing, Tiongkok, bikin dunia tercengang. Stasiun LRT Liziba Jalur 2 menghadirkan pemandangan luar biasa: kereta ringan benar-benar melintas menembus gedung apartemen setinggi 19 lantai

  • VIDEO: Robot Sepak Bola Hinggaa Pertarungan Canggih Pukau Pengunjung

    VIDEO: Robot Sepak Bola Hinggaa Pertarungan Canggih Pukau Pengunjung

    Turnamen Invitasi RoboCup Asia-Pasifik (RCAP) 2025 berhasil menyedot perhatian ribuan pengunjung dalam ajang World Smart Industry Expo (WSIE) 2025 di Chongqing, China barat daya.

    Y

    OlehYoga NugrahaDiperbaharui 09 Sep 2025, 17:13 WIB

    Diterbitkan 09 Sep 2025, 16:12 WIB