kab/kota: Cengkareng

  • Seorang pria tewas terlindas roda truk di Kalimati Jakbar

    Seorang pria tewas terlindas roda truk di Kalimati Jakbar

    Jakarta (ANTARA) – Seorang pria pengendara sepeda motor tewas terlindas roda truk di pertigaan sebelum Jalan Layang (Flyover) Daan Mogot, Kalimati, Jakarta Barat, Kamis sekira pukul 12.30 WIB.

    Warga di lokasi, Udin menyebut bahwa korban mengendarai sepeda motornya tanpa menggunakan helm dari arah Cengkareng menuju Grogol Petamburan.

    “Ketika sampai di depan (pertigaan sebelum Flyover Daan Mogot) tiba-tiba berhenti dan ada truk di sampingnya. Kita lihat setelah jatuh, kepalanya udah bocor, meninggal,” kata Udin menjawab pers.

    Menurut kesaksian Udin, kepala korban yang bocor usai kecelakaan menyebabkannya meninggal di lokasi.

    “Tadi kita lihat kepalanya bocor bagian belakang, meninggal. Kata warga yang lihat langsung, kepala terlindas ban truk,” kata Udin.

    Polisi, kata Udin, tiba di lokasi sekitar 15 menit setelah kejadian. Tak lama setelah itu, ambulans datang mengevakuasi korban.

    Di lokasi, tampak titik kecelakaan digambar dengan kapur putih oleh polisi. Pada gambar tersebut, terdapat semacam serpihan bekas kecelakaan.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2024

  • Lokasi TPS yang kebanjiran saat Pemilu tak lagi digunakan di Pilkada

    Lokasi TPS yang kebanjiran saat Pemilu tak lagi digunakan di Pilkada

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 74 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Jakarta Barat yang kebanjiran saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak lagi digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

    “TPS rawan banjir di Pemilu 2024, 74 TPS itu sudah tidak dijadiin TPS lagi,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat Endang Istianti saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

    Endang mengungkapkan bahwa 74 TPS rawan banjir dari total 7.169 TPS Pemilu 2024 di Jakarta Barat, hanya 3.452 di antaranya yang dijadikan TPS Pilkada 2024.

    Lokasi TPS rawan banjir tersebut utamanya berada di Kecamatan Cengkareng, Kebon Jeruk, Palmerah dan Kembangan.

    Endang menegaskan bahwa kini tak ada TPS di wilayah Jakarta Barat yang rawan banjir. “Sekarang semua TPS-nya kita anggap sudah bebas banjir,” katanya.

    Adapun rencana simulasi banjir saat Pilkada 2024, kata Endang, menunggu konfirmasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

    “Tergantung BPBD, kalau BPBD ngadain kita ikut, kalau enggak ya enggak mampu kita ngadain simulasi banjir,” ungkap Endang.

    Meskipun demikian, KPU Jakarta Barat (Jakbar) tetap mengantisipasi jika banjir tetap merendam TPS pada hari H pilkada.

    “Ini ikhtiar kami (menghapus TPS rawan banjir), tapi kalau nanti ada takdir yang berbeda (TPS tetap terendam banjir) ya kami enggak bisa prediksi. Tapi petugas kami siap pindah-angkut TPS kalau TPS terendam banjir,” katanya.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • DKI minta BMKG petakan titik koordinat yang diprakirakan hujan

    DKI minta BMKG petakan titik koordinat yang diprakirakan hujan

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memetakan titik-titik koordinat wilayah di Jakarta yang diprakirakan mengalami hujan sebagai salah satu upaya mengantisipasi terjadinya banjir.

    “BMKG memastikan prediksi cuaca untuk DKI Jakarta itu titik-titiknya dimana saja? Misalnya Jakarta Barat hujan, tapi Jakarta Barat yang mana? Mungkin kalau perlu, misalnya, ada titik-titik koordinat,” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi di Jakarta, Rabu.

    Dia mengatakan, antisipasi musim hujan dan upaya memitigasi titik-titik banjir menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini.

    Untuk itu, kata Teguh, berbagai upaya dilakukan termasuk memeriksa kesiapan pompa-pompa pengendali banjir, termasuk Pompa Green Garden di Cengkareng, Jakarta Barat.

    Dia menuturkan, hadirnya pompa yang dibangun sejak tahun 2021 hingga 2023 membawa dampak yang signifikan dalam mengatasi genangan dan banjir di kawasan Jalan Panjang Perumahan Green Garden Kelurahan Kedoya Utara, Jakarta Barat.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen terus merawat pompa ini dan pompa-pompa lain, termasuk sarana dan prasarananya.

    “Bagaimana kita terus mampu untuk terus merawat rumah pompa ini. Kemudian dari sisi sarana prasarananya, SDM dan bagaimana peran serta masyarakat antara lain dengan tidak membuang sampah sembarangan,” kata dia.

    Merujuk data dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, saat ini terdapat 577 unit pompa permanen (stasioner) sebagai infrastruktur pengendali banjir yang tersebar di 202 lokasi.

    Teguh lalu mengatakan, upaya Pemprov DKI dalam mengantisipasi banjir tak sebatas pada pemanfaatan pompa, tetapi juga memetakan lokasi-lokasi rawan banjir serta pembersihan sampah-sampah di badan air.

    Teguh juga meminta seluruh jajaran termasuk Dinas SDA berupaya mengantisipasi banjir. Terlebih hujan yang sudah mulai terjadi menimbulkan genangan di berbagai titik.

    “Terkait dengan saluran-saluran, sebagian besar sudah kami kuras. Namun demikian karena keterbatasan kemampuan dan sebagainya, baru sebagian mungkin 50 hingga 60 persen,” katanya.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • 10 persen pompa pengendali banjir di Jakbar rusak akibat sampah celana

    10 persen pompa pengendali banjir di Jakbar rusak akibat sampah celana

    Arsip foto – Salah satu mesin pompa air pengendalian banjir di Mangga Raya, Jakarta Barat, yang dipenuhi sampah, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-Sudin SDA Jakbar

    10 persen pompa pengendali banjir di Jakbar rusak akibat sampah celana
    Dalam Negeri   
    Calista Aziza   
    Rabu, 06 November 2024 – 08:40 WIB

    Elshinta.com – Sebanyak 10 persen dari jumlah pompa permanen (stasioner) untuk pengendalian banjir di wilayah Jakarta Barat rusak akibat sampah celana jins.

    Sampah jins itu sering kali masuk ke bagian dalam partitur pompa stasioner, melilit hingga merusak bagian baling-baling atau impeller pompa.

    “Yang paling sering itu kena lilitan celana jins, terus lilitan ban atau juga lilitan tali,” kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudin SDA) Jakarta Barat Purwanti Suryandari saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

    ​​​​​Dia menjelaskan bahwa di bagian dalam pompa stasioner ada komponen berbentuk kipas (baling-baling pompa) yang modelnya seperti impeller. “Lilitan celana jins merusak bagian itu,” katanya.

    Partitur utama pompa stasioner, dalam hal ini impeller tersendat dan rusak akibat sampah celana jins atau ban dapat menghambat upaya penanganan banjir di Jakarta Barat.

    “Misalnya, di darat tiba-tiba hujan kan air hujan ke bawah (ke kali) semua. Itu biasanya sampah banyak, nah itu mengganggu kinerja pompa kita juga,” katanya.

    Setiap tahun bisa 10 persen pompa stasioner pengendalian banjir yang rusak akibat sampah-sampah tersebut.

    Sejak Januari 2024, sejumlah pompa stasioner dinyatakan rusak akibat terlilit sampah seperti celana jins atau ban kendaraan.

    “(Tahun 2024) Misalnya pompa stasioner di Rawa Buaya, Cengkareng, terus di Perumnas, Cengkareng,” kata Purwanti.

    Namun demikian, Sudin SDA Jakarta Barat (Jakbar) langsung bergerak memperbaiki jika menemukan kerusakan pompa sehingga upaya antisipasi banjir tidak terhalang. “Langsung diperbaiki. Setiap pompa itu rusak, kita perbaiki,” kata Purwanti.

    Terkait perbaikan pompa stasioner, Sudin SDA Jakbar juga memiliki Petugas Mekanikal dan Elektrikal Bengkel (PMEB) yang bersiaga mengantisipasi kerusakan pompa.

    “Kita ada yang siaga. Kadang-kadang kalau bukan oleh penyedia, kita punya tenaga PMEB yang urus bagian ini,” katanya.

    Dengan personel tersebut maka pihaknya bisa angkat pompa yang tersendat dan rusak. “Kita lihat, kita bersihin. Tapi kalau rusaknya sudah parah, baru kita ke vendor (penyedia pompa),” ungkap Purwanti.
     

    Hingga kini, Sudin SDA Jakbar menyiagakan 148 pompa stasioner, 70 pompa bergerak (mobile) serta 50 pompa apung untuk mengantisipasi banjir di wilayah setempat.

    Pompa-pompa tersebut difungsikan sesuai dengan tipe masing-masing. Pompa stasioner menyatu dengan rumah pompa yang terdapat di kali-kali besar wilayah setempat.

    Pompa jenis itu berfungsi untuk memindahkan banjir ke sistem drainase yang lebih besar. Kemudian dengan fungsi yang sama, pompa bergerak diturunkan secara insidental dan berpindah sesuai titik genangan air atau banjir.

    Sementara pompa apung spesifik digunakan untuk mengatasi genangan di jalan-jalan lingkungan, jalan raya ataupun pemukiman warga yang sempit.

    Sumber : Antara

  • Jakbar siagakan 268 pompa untuk antisipasi banjir memasuki musim hujan

    Jakbar siagakan 268 pompa untuk antisipasi banjir memasuki musim hujan

    Arsip banjir setinggi 50 centimeter di depan Stasiun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (22/3/2024). ANTARA/Risky Syukur

    Jakbar siagakan 268 pompa untuk antisipasi banjir memasuki musim hujan
    Dalam Negeri   
    Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 05 November 2024 – 17:00 WIB

    Elshinta.com – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat menyiagakan pompa terdiri atas 148 pompa stasioner, 70 pompa bergerak, serta 50 pompa apung untuk mengantisipasi banjir maupun genangan seiring masuknya musim hujan.

    “Pompa-pompa tersebut akan difungsikan sesuai dengan tipenya,” kata Kepala Sudin SDA Jakbar Purwanti Suryandari saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
     

    Purwanti menjelaskan pompa stasioner biasanya menyatu dengan rumah pompa sedangkan pompa mobile (mudah dipindahkan) lebih bersifat insidental apabila terjadi banjir atau genangan. Sedangkan untuk pompa apung biasanya difungsikan untuk mengatasi genangan di jalan-jalan lingkungan, jalan raya, ataupun pemukiman warga yang sempit.
     

    “Fungsinya efektif untuk penanganan genangan di gang kecil yang sulit untuk dimasuki pompa mobile,” tutur Purwanti.

    Selain itu, kata Purwanti, pompa apung juga digunakan untuk mengosongkan air pada sebuah saluran saat dilakukan pengurasan atau pendalaman dasar saluran.

    “Digunakan juga untuk dewatering pada kegiatan pengurasan saluran atau pembangunan turap,” kata Purwanti.

    Hingga kini, Sudin SDA telah menyiapkan sebanyak 50 pompa apung di seluruh wilayah Jakarta Barat, baik di tingkat suku dinas ataupun di tingkat satuan pelaksana kecamatan.
     

    “Sekitar 50 (pompa apung), tersebar di kecamatan dan suku dinas,” ujar Purwanti menambahkan.

    Purwanti mengatakan baik itu pompa apung, pompa mobile maupun pompa stasioner sudah disiagakan untuk mengantisipasi banjir.

    “Kami siagakan terus kalau nanti muncul genangan atau banjir,” ucap Purwanti.

    Sumber : Antara

  • Erick Thohir Batalkan Proyek Rp14 Triliun Terminal 4 Bandara Soetta

    Erick Thohir Batalkan Proyek Rp14 Triliun Terminal 4 Bandara Soetta

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membatalkan proyek pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang senilai Rp14 triliun dan menggantinya dengan perbaikan pada terminal 1,2, dan 3.

    Menurut Erick, rencana penambahan terminal 4 membutuhkan dana yang sangat besar yakni sebesar Rp14 triliun. Ia pun bergerak cepat dengan melakukan kajian komprehensif terkait rencana tersebut, dan menemukan opsi yang jauh lebih efisien.

    “Setelah kita melakukan review di kepemimpinan kami, ternyata terminal 4 tidak diperlukan, tetapi hanya memerlukan perbaikan pada terminal 1, 2 dan 3 dengan kebutuhan dana hanya sebesar Rp1 triliun, sehingga kita bisa melihat lonjakan kapasitas bandara yang angkanya hampir mencapai 80-100 juta penumpang, itu efisiensi yang luar biasa,” kata Erick di Jakarta, Senin (4/11/2024).

    Hal ini menjadi salah satu cerita sukses di Kementerian BUMN. Erick memastikan, BUMN harus mampu bekerja secara efektif dan efisien, serta bijak dalam menggunakan anggaran, baik dari kas perusahaan maupun dari negara.

    Menurut dia, ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung pembangunan berkelanjutan melalui Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk pertumbuhan ekonomi.

    Perbaikan fasilitas di bandara merupakan bentuk dukungan konkret dalam peningkatan sektor pariwisata Indonesia. Selain Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Erick juga akan memperbaiki Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sebagai salah satu pintu masuk turis dari mancanegara.

    “Untuk bandara Bali kita juga melakukan efisiensi, yaitu dengan melakukan renovasi, sehingga harapannya kapasitas penumpang bisa tumbuh dari 24 juta menjadi 32 juta tanpa membangun bandara baru,” ucap Erick.

    Namun demikian, ia mempersilakan jika ada wacana pembangunan bandara baru di Pulau Dewata. Erick mengatakan, hal ini menjadi salah satu upaya dalam memenuhi target wisatawan Bali yang diprediksi mencapai 50 juta hingga 100 juta di masa mendatang.

    “Di rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Menteri Pariwisata, pariwisata akan ditargetkan hampir mencapai 20-29 juta untuk lima tahun ke depan. Artinya, dukungan ekosistem tidak lain ada di kita, yakni BUMN, melalui bandara, penerbangan, dan lain-lainnya,” ujar Erick Thohir.

  • Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan dari Halim Perdanakusuma

    Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan dari Halim Perdanakusuma

    Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) resmi melakukan penerbangan perdana melalui Bandara Internasional Halim Perdanakusuma ke tiga kota, Jumat (1/11/2024). 

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pembukaan penerbangan dari HLP menuju tiga kota yaitu Medan (KNO), Padang (PDG) dan Surabaya (SUB) telah melalui riset internal. Irfan mengatakan, awalnya pihaknya membutuhkan lima sampai enam slot penerbangan, tetapi yang tersedia hanya tiga slot. 

    “Garuda sekarang mengikuti maunya penumpang. Ada empat armada yang operasionalnya ditambah dari Cengkareng,” kata Irfan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (1/11/2024). 

    Penerbangan tersebut menggunakan pesawat narrow body tipe B737-800 yang memiliki kapasitas hingga 162 kursi. Pada penerbangan perdananya, pesawat rute HLP-SUB telah terisi sekitar 157 kursi, sementara untuk penerbangan HLP – PDG masih akan dijadwalkan nanti malam. 

    “[Penerbangan] Padang itu tadi hampir 93% [okupansinya],” kata Irfan. 

    Pada pemberitaan Bisnis sebelumnya, Garuda akan melayani rute Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Internasional Kualanamu (KNO) pergi-pulang setiap hari dengan jadwal penerbangan satu kali sehari. Lalu, Jakarta-Medan pukul 06.15 WIB, sedangkan Medan-Jakarta 09.40 WIB. 

    Harga tiket pesawat dibanderol berdasarkan kelas. Untuk kelas ekonomi harga tiket mulai dari Rp1,3 juta, serta kelas bisnis dibanderol seharga Rp3,1 juta per pax.  

    Kemudian untuk rute HLP menuju Bandara Padang (PDG) dibanderol dengan harga kelas ekonomi mulai dari Rp970.000 per pax, sedangkan kelas bisnis di harga Rp2,4 jutaan per tiket. Penerbangan tersedia setiap hari dengan rute HLP-PDG pukul 17.45 WIB dan PDG-HLP pada 17.15 WIB. 

    Terakhir rute HLP menuju Bandara Internasional Juanda (SUB) yang tersedia setiap hari. Penerbangan HLP-SUB dijadwalkan pada 13.10 WIB, sementara rute sebaliknya SUB-HLP pada pukul 15.30 WIB. Harga per pax untuk kelas ekonomi yaitu mulai dari Rp860.000, sedangkan untuk kelas bisnis di posisi Rp2 jutaan per pax.

  • Terjadi 27 kekerasan gender berbasis daring libatkan anak di Jakarta

    Terjadi 27 kekerasan gender berbasis daring libatkan anak di Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi menyebutkan 27 kasus kekerasan gender berbasis dalam jaringan (online) terjadi di Jakarta yang melibatkan anak-anak selama tahun 2024.

    “Pada tahun 2024, misalnya, itu tercatat 27 kasus kekerasan berbasis gender online yang melibatkan anak-anak,” kata Teguh dalam kegiatan bertajuk “Dukungan Psikologi Sosial, Cerdas Berinternet bagi Anak dan Remaja” di SMAN 96 Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat.

    Jumlah tersebut, kata Teguh, tentunya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kasus faktual. “Hal ini menekankan betapa penting kita bersama memastikan pemenuhan hak anak dan juga perlindungan khusus anak (PKA),” katanya.

    Karena itu, kata Teguh, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menyediakan ruang pemenuhan hak serta perlindungan anak.

    Selain itu, pihaknya juga terus berupaya mengembangkan ruang terbuka, terpadu serta ramah untuk perempuan dan anak-anak.

    “Sekarang kurang lebih sudah ada sekitar 300 ruang tersebut. Dan akan kami terus sempurnakan, kita tingkatkan dan juga perluas di berbagai wilayah yang memungkinkan memang nanti anak-anak bisa bertumbuh kembang dengan sebaik-baiknya,” kata Teguh.

    Menurut Teguh, tantangan internet adalah sebuah keniscayaan yang harus siap dihadapi, terutama oleh anak-anak.

    Kewaspadaan serta antisipasi itu, kata Teguh, mesti dilakukan kendatipun internet, melalui pandemi, juga terbukti membawa manfaat yang cukup besar.

    “Kita sama-sama tahu pandemi COVID-19 di satu sisi adalah musibah yang sungguh luar biasa, tapi di sisi yang lain ada berkah tersembunyi, yaitu pelompatan yang begitu luar biasa dan di sinilah kita sekali lagi harus bijak dalam menghadapi tantangan-tantangan yang sifatnya digital,” tutur Teguh.

    Teguh menekankan perlunya pembekalan seperti literasi digital untuk menghindari risiko internet di masa depan.

    Karena itu, pihaknya juga melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Posyandu. Diharapkan pula agar orang tua melek digital sehingga bisa melakukan pembinaan kepada anak-anaknya, bersama-sama guru dan jajaran pemerintah.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kapolda Metro Jaya Imbau Warga Cengkareng Waspadai Anak Nongkrong Tengah Malam
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        31 Oktober 2024

    Kapolda Metro Jaya Imbau Warga Cengkareng Waspadai Anak Nongkrong Tengah Malam Megapolitan 31 Oktober 2024

    Kapolda Metro Jaya Imbau Warga Cengkareng Waspadai Anak Nongkrong Tengah Malam
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    Kapolda Metro Jaya
    Irjen Karyoto mengimbau warga Cengkareng Barat, Jakarta Barat, untuk mewaspadai aktivitas anak-anak yang sering nongkrong pada malam hari.
    Menurut dia, keberadaan mereka di tempat gelap pada dini hari rentan menimbulkan masalah.
    “Untuk apa adik-adik kita, pukul 02.00 sampai dengan 03.00 WIB, berada di tempat yang gelap. Ronda juga bukan, dan berkumpul dengan beberapa orang,” kata Karyoto saat menghadiri acara ngopi di Ruko 1.000 Cengkareng, Rabu (30/10/2024).
    Karyoto menyoroti kejadian tujuh remaja yang tewas setelah menceburkan diri ke
    Kali Bekasi
    beberapa waktu lalu. Menurut dia, anak-anak yang nongkrong malam hari kerap terlibat dalam
    tawuran
    yang bisa berujung fatal.
    “Nah ini (pemuda nongkrong malam-malam) yang sebenarnya saya selalu ingatkan pada masyarakat,” ujarnya.
    Ia juga mengingatkan bahwa anak-anak mudah terpengaruh provokasi di media sosial, sehingga tawuran bisa terjadi tanpa alasan jelas atau dendam.
    “Bayangkan, anak muda yang ketika dini hari pergi bersama kelompoknya, membawa sajam dan ketemu lawan. Padahal tidak ada faktor apa-apa,” jelas Karyoto.
    “Hanya karena ada tantangan lewat medsos,” tambahnya.
    Karyoto pun mengimbau para orangtua untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka, terutama yang masih bersekolah.
    “Mari jadilah keluarga yang ideal, yang tahu betul kegiatan seluruh isi dari keluarga itu, terutama anak-anak SMP maupun SMA yang butuh perhatian khusus,” tuturnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Sah! JTCC Tersambung Penuh dengan Jaringan JORR 2

    Sah! JTCC Tersambung Penuh dengan Jaringan JORR 2

    Jakarta, Gatra.com – Jalan Tol Cibitung–Cilincing (JTCC) yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) Group melalui PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP Tollways) kini telah tersambung penuh dengan lima ruas jalan tol dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Pengoperasian ruas tol ini diresmikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

    Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat mengatakan, peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Nagrak-Cibitung menandai tersambungnya keseluruhan Jakarta Outer Ring Road (JORR-2) dari Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta) di ujung barat hingga kawasan Cilincing (Pelabuhan Tanjung Priok).

    “Dengan demikian, Jalan Tol Cibitung–Cilincing (JTCC) yang dibangun dan dioperasikan SPSL Group melalui PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP Tollways) telah tersambung dengan lima ruas jalan tol dalam jaringan JORR-2,” ujar Kiki dalam keterangannya, Jumat (12/7/2024).

    Ia menambahkan, tersambungnya JORR-2 secara keseluruhan memudahkan pergerakan orang dan barang, terutama untuk kendaraan berat pengangkut logistik.

    “Kendaraan logistik dari kawasan barat yang selama ini melewati rute padat kini dapat melalui JTCC, langsung menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini tentunya memperlancar arus logistik dan mobilitas masyarakat,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Utama PT CTP Tollways, Ari Sunaryono mengatakan, JTCC siap menampung arus kendaraan dari selatan dan memfasilitasi kelancaran pergerakan orang dan barang, termasuk kendaraan logistik dari dan menuju pelabuhan.

    “Yang paling dekat adalah dari Kawasan Industri MM2100 Cibitung melalui Simpang Susun Setu Utara Cimaci,” kata Ari.

    Menurut data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Jalan Tol JORR 2 mencapai 111 kilometer dan terdiri dari enam ruas tol, yaitu Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing.

    Penyelesaian JTCC menandai penyempurnaan struktur jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek, yang sebelumnya telah memiliki Tol Lingkar Dalam Kota dan Tol JORR 1, sehingga menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi dan efisien.

    Kiki berharap, beroperasinya JORR 2 secara penuh akan mengurangi kemacetan, mempercepat waktu tempuh, dan memberikan alternatif rute yang lebih banyak bagi pengguna jalan.

    “Hal ini tentunya memberikan dampak positif terhadap aktivitas logistik dan distribusi barang di kawasan ini, serta mendukung pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional,” pungkasnya.

    30