kab/kota: Bintaro

  • Bukan Sabotase, Ini Alasan Karyawan Gold’s Gym Putuskan Mogok Kerja

    Bukan Sabotase, Ini Alasan Karyawan Gold’s Gym Putuskan Mogok Kerja

    Jakarta

    PT Fit and Health Indonesia atau Gold’s Gym menuding beberapa karyawan mereka sebagai dalang tutupnya beberapa cabang klub. Menurut kuasa hukum manajemen, ada tiga oknum karyawan yang melakukan sabotase internal dan menghasut para pekerja lain.

    “Upaya perbaikan bisnis ini sangat terganggu oleh sabotase di dalam internal perusahaan yang merugikan perusahaan. Perusahaan menemukan fakta ada tiga oknum dari Personal Trainer (PT) dan customer experience,” kata kuasa hukum Gold’s Gym Indonesia, Aditya Bagus Anggariyadi di Jakarta Selatan, Selasa (15/7/2025).

    Merespons hal ini, kuasa hukum karyawan Albertus Siregar menegaskan penutupan beberapa cabang klub ini karena dua faktor, pertama adalah tunggakan ke landlord atau pemberi sewa.

    “Terkait penutupan klub oleh oknum seperti yang disampaikan oleh perwakilan manajemen, hal ini bisa dilakukan proses check & recheck ke karyawan dan manajemen gedung/mal terkait,” kata Albertus kepada detikcom, Rabu (16/7/2025).

    “Untuk klub Gold’s Gym Bintaro Xchange misalnya, klub yang seharusnya masih beroperasi ini harus ditutup paksa oleh manajemen/pemilik gedung pada tanggal 16 Juni karena ada outstanding/tunggakan yang belum dibayarkan oleh management. Jadi sama sekali tidak ada unsur sabotase atau penutupan sepihak oleh karyawan,” sambungnya.

    Faktor kedua, lanjut Albertus, adalah karyawan yang memutuskan untuk mogok kerja. Bukan tanpa alasan, ini karena para pegawai sudah lelah mental, imbas haknya tak kunjung diberikan oleh Gold’s Gym.

    “Contoh kedua, club Gold’s Gym Mall of Indonesia. Hingga tanggal 30 Juni, klub masih buka meskipun situasi sudah tidak kondusif. Tidak ada satu pun perwakilan dari management yang memberikan arahan dan tindakan konkret,” kata Albertus.

    “Sebuah hal yang wajar, ketika karyawan terutama tim di klub mengalami lelah mental setelah menjadi martir untuk kesalahan yang tidak kami lakukan. Karena tidak ada komunikasi mengenai pembayaran gaji hingga 30 Juni malam hingga 1 Juli, karyawan klub memutuskan untuk tidak bekerja sampai adanya kepastian terkait pembayaran gaji dan komisi,” sambungnya.

    Albertus menambahkan mengenai klub Gold’s Gym The Breeze yang katanya ditutup sepihak oleh karyawan tanggal 25 Juni, itu juga tidak benar. Tanggal 28 Juni, klub masih buka, jadwal kelas group exercise masih berjalan. Karyawan juga masih menyimpan bukti bahwa klub masih beroperasi.

    (dpy/up)

  • Gold’s Gym Buka-bukaan soal Penutupan Cabang, Singgung Sabotase Internal!

    Gold’s Gym Buka-bukaan soal Penutupan Cabang, Singgung Sabotase Internal!

    Jakarta

    PT Fit and Health Indonesia atau Gold’s Gym Indonesia buka suara soal penutupan sejumlah cabang. Manajemen mengakui saat ini ekonomi perusahaan sedang dalam kondisi tidak baik sehingga mereka menutup beberapa gerai klub.

    “Gold’s Gym Indonesia juga menghadapi tantangan berat akibat kondisi ekonomi saat ini. Gold’s Gym mengambil langkah tegas, pertama menutup lima cabang yang performanya kurang,” kata Kuasa Hukum Gold’s Gym, yang diwakili oleh Aditya Bagus Anggariyadi di Jakarta Selatan, Selasa (15/7/2025).

    Lima cabang tersebut adalah, Cilandak Town Square Jakarta Selatan, Mall Alam Sutera Tangerang, Kalibata City Jakarta Selatan, Ciputra Mall Jakarta Barat, dan Grand Metropolitan Mall Bekasi.

    “Ketiga melakukan negosiasi ulang terhadap pemilik gedung terkait biaya sewa. Keempat melakukan efisiensi dengan pengurangan SDM sejak April 2025,” katanya.

    Sebenarnya, Gold’s Gym Indonesia masih memiliki enam cabang yang seharusnya masih beroperasi. Namun, Aditya menegaskan bahwa telah terjadi sabotase dari oknum karyawan, sehingga klub harus tutup.

    Keenam cabang tersebut adalah Cihampelas Walk Bandung, Mall of Indonesia Jakarta Utara, Baywalk Mall Jakarta Utara, Bintaro Xchange Tangerang Selatan, The Breeze BSD, dan Ciputra World Surabaya.

    “Upaya perbaikan bisnis ini sangat terganggu oleh sabotase di dalam internal perusahaan yang merugikan perusahaan. Perusahaan menemukan fakta ada tiga oknum dari Personal Trainer (PT) dan customer experience,” katanya.

    “Pertama menghentikan seluruh aktivitas penjualan sepihak. Kedua memaksa karyawan lainnya untuk berhenti melakukan penjualan, bahkan intimidasi kepada mereka yang masih berjualan,” sambungnya.

    Ketiga, lanjut Aditya, oknum ini menyebarkan berita bohong bahwa Gold’s Gym akan tutup permanen pada Juni 2025. Lalu, menuduh perusahaan melakukan penipuan, lalu menguasai media sosial resmi perusahaan dan menyebarkan informasi tidak benar, baik Instagram dan WhatsApp.

    “Bahkan tiga oknum ini menutup beberapa cabang tanpa persetujuan manajemen perusahaan. Alasannya karena keterlambatan gaji yang tidak benar dan memasang informasi penutupan di setiap klub,” kata Aditya.

    Penurunan Omzet Perusahaan

    Atas aksi yang dilakukan oleh oknum-oknum tersebut, Aditya mengatakan bahwa perusahaan mengalami penurunan omzet yang drastis, salah satunya di cabang The Breeze BSD.

    “Pada awal Juni sampai 17 Juni 2025, penjualan PT menurun drastis lebih dari 76,3 persen dari bulan sebelumnya. Dari 1 sampai 17 Mei adalah Rp 1,6 M, lalu pada 1-17 Juni hanya Rp 389 juta,” katanya.

    Saat ini, manajemen Gold’s Gym masih berupaya untuk memperbaiki kondisi yang ada. Sambil menunggu, manajemen mengklaim sudah memberikan pilihan pada para member aktif agar masa berlangganan mereka tidak sia-sia.

    Seperti meningkatkan status ke all club, perpanjangan membership tiga bulan gratis, cuti membership sampai akhir 2025, gratis transfer membership atau PT, perpanjangan masa berlaku sesi PT, dan gratis pembatalan membership bulanan.

    Halaman 2 dari 2

    (dpy/up)

    Fitness Center Bertumbangan

    17 Konten

    Gym-gym besar bertumbangan di tengah meningkatnya minat berolahraga. Di sisi lain, gym-gym kelas menengah makin menjamur. Fenomena apakah?

    Konten Selanjutnya

    Lihat Koleksi Pilihan Selengkapnya

  • Samsat tersedia di 14 titik wilayah Jadetabek pada Selasa

    Samsat tersedia di 14 titik wilayah Jadetabek pada Selasa

    Ilustrasi – Petugas berjaga di gerai pelayanan Samsat Keliling Lapangan Banteng, Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/nz/am.

    Samsat tersedia di 14 titik wilayah Jadetabek pada Selasa
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Selasa, 15 Juli 2025 – 10:48 WIB

    Elshinta.com – Polda Metro Jaya menyediakan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling untuk membantu para wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di 14 titik Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), Selasa.

    Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya, menyebutkan 14 wilayah Jadetabek itu sebagai berikut:

    1. Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB

    2. Jakarta Utara di halaman parkir Samsat dan Masjid Al-Musyawarah Kelapa Gading pukul 08.00-14.00 WIB

    3. Jakarta Barat di Mal Citraland pukul 08.00-14.00 WIB

    4. Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat pukul 08.00-15.00 WIB dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pukul 08.00-14.00 WIB

    5. Jakarta Timur di halaman parkir Samsat pukul 08.00-15.00 WIB dan Pasar Induk Kramatjati pukul 08.00-14.00 WIB

    6. Kota Tangerang di Alun-Alun Cibodas dan parkiran busway foodmasphere pukul 09.00-13.00 WIB

    7. Ciledug di Giant Poris Ruko Batu Ceper Tangerang dan Pasar Modern Bintaro Jaya pukul 09.00-13.00 WIB

    8. Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-14.00 WIB dan ITC BSD pukul 16.00-19.00 WIB

    9. Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung pukul 09.00-12.00 WIB

    10. Kelapa Dua di Hal Gtown House Gading Serpong pukul 08.00-14.00 WIB

    11. Kota Bekasi di halaman parkir Samsat 08.00-12.00 WIB

    12. Kabupaten Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 09.00-12.00 WIB

    13. Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00-14.00 WIB

    14. Cinere di halaman parkir Samsat pukul 08.00-12.00 WIB

    Sejumlah syarat harus diperhatikan sebelum membayar pajak kendaraan, yakni membawa beberapa dokumen seperti KTP, BPKB dan STNK asli yang disertai lampiran fotokopi.

    Gerai Samsat Keliling hanya melayani pembayaran PKB tahunan, sedangkan untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) dan ganti pelat nomor kendaraan harus mendatangi kantor Samsat terdekat.

    Sumber : Antara

  • Rayakan HUT ke-79, BNI Tebar Diskon di PIK hingga Bintaro

    Rayakan HUT ke-79, BNI Tebar Diskon di PIK hingga Bintaro

    Jakarta, CNBC Indonesia – Memasuki usia ke-79, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperkuat kedekatannya dengan nasabah melalui berbagai promo spesial. Salah satunya yakni diskon di berbagai merchant pilihan di kawasan PIK, Senopati, Bintaro, dan Kelapa Gading.

    Promo yang berlangsung hingga 31 Agustus 2025 tersebut dapat dinikmati Nasabah BNI hanya dengan bertransaksi menggunakan Kartu BNI atau aplikasi wondr by BNI.

    Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, program ini merupakan bentuk apresiasi kepada nasabah atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan selama ini.

    “Promo ini kami rancang agar nasabah bisa merayakan HUT ke-79 BNI dan merasakan langsung manfaat nyata menjadi Nasabah BNI. Sekaligus sebagai bentuk apresiasi kami terhadap kepercayaan yang telah diberikan selama ini,” ujar Okki dalam keterangan tertulis, Minggu, (13/7/2025).

    Pada promo ini BNI menggandeng sejumlah merchant favorit sebagai mitra, mulai dari restoran, cafe, supermarket, hingga tempat hiburan keluarga.

    Di kawasan PIK misalnya, nasabah dapat menikmati promo di Dreamville, Restoran Angke, hingga Gudeg Mercon Bu Prih. Sementara di Bintaro, tersedia promo menarik di Pagi Sore RTS, Irwan Team BXC, Total Buah BSD dan masih banyak lagi.

    Kawasan Senopati pun tak ketinggalan dengan kehadiran Emilia Bar Italiano, Uncle Z, dan Oyster Dealer Ashta. Sedangkan di Kelapa Gading, promo berlaku di Diamond Supermarket, Wiro Sableng Garden, dan Warung Taburai.

    Salah satu penawaran menarik adalah potongan langsung senilai Rp79.000 di Emilia Bar Italiano SCBD, bagi nasabah yang melakukan transaksi minimal Rp500.000 menggunakan aplikasi wondr by BNI. Promo ini berlaku untuk 20 transaksi pertama setiap harinya mulai tanggal 5 hingga 24 Juli 2025.

    Penawaran serupa juga tersedia di Oyster Dealer Ashta. Dengan minimal transaksi Rp350.000 menggunakan kartu BNI, nasabah bisa menikmati potongan harga Rp79.000 hingga 21 Juli 2025, khusus untuk 20 transaksi pertama setiap harinya.

    Informasi lebih lanjut mengenai daftar lengkap merchant dan syarat ketentuan program dapat dilihat melalui situs resmi BNI.

    “Tak hanya menghadirkan kenyamanan bertransaksi, program ini juga menjadi bagian dari strategi BNI untuk memperkuat kehadirannya di tengah gaya hidup masyarakat urban, sekaligus menarik minat generasi muda yang lebih digital-savvy,” pungkas Okki.

    Dengan tema Menemani Tiap Langkahmu, BNI ingin menjadikan perayaan ulang tahun ke-79 ini sebagai momen berbagi kebahagiaan, sambil terus mendorong adopsi layanan digital seperti wondr by BNI.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Terdampak Banjir, Wali Kota Tangerang Intruksikan Semua Kepala Dinas Tangani Cepat dan Tepat – Page 3

    Terdampak Banjir, Wali Kota Tangerang Intruksikan Semua Kepala Dinas Tangani Cepat dan Tepat – Page 3

    Sebelumnya, hujan deras yang kembali mengguyur kawasan Tangerang, membuat sejumlah titik yang sebelumnya sempat surut dari banjir, pada Senin malam 7 Juli 2025 kembali terendam lagi.

    Bahkan sejumlah akses jalan yang lebih rendah dari permukaan sungai ataupun aliran kali, juga terendam banjir. Seperti di bawah flyover Taman Cibodas, Kota Tangerang.

    Dimana biasanya bisa dilewati khusus truk ataupun kendaraan kecil yang ingin putar balik, namun BPBD setempat melaporkan pada Senin malam sekitar pukul 23.30 WIB, sudah tidak bisa dilewati.

    “Mohon perhatian, ketinggian air akibat luapan Kali Sabi sudah setinggi kira-kira 1.5 meter. Sudah tidak bisa dilewati oleh kendaraan,” ungkap petugas BPBD yang memberi laporan.

    Banjir juga meninggi di bypass Bintaro depan BXC, Kota Tangsel. Akibatnya, kendaraan sudah tidak bisa melintas dan pemilik kawasan menutup sementara agar tidak ada kendaraan yang terjebak.

    Berdasarkan catatan BPBD Tangsel, sedikitnya terdapat 14 titik yang terendam banjir dan menyebabkan 550 Kepala Keluarga (KK) terdampak.

    Berdasarkan data yang di terima Tangselife, titik banjir tersebar di beberapa kecamatan, mulai dari Ciputat, Pamulang, Ciputat Timur, hingga Pondok Aren.

    Penata layanan operasional Danton BPBD Tangsel, Dian Wiryawan mengatakan, selain karena hujan deras, banjir juga disebabkan karena meluapnya beberapa aliran sungai.

    “Penyebab intensitas hujan deras dan meluapnya aliran sungai,” kata Dian Wiryawan melalui keterangan tertulis.

    Dian menerangkan, puluhan anggota BPBD Tangsel pun di sebar ke berbagai titik banjir untuk membantu proses evakuasi warga yang terdampak.

    Sebab ketinggian air beragam, mulai dari 30 cm hingga 1.5 meter.

     

  • Jaksel nilai pentingnya bangun embung untuk atasi banjir di Jagakarsa

    Jaksel nilai pentingnya bangun embung untuk atasi banjir di Jagakarsa

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menilai pentingnya pembangunan embung untuk mengatasi banjir di wilayah Kecamatan Jagakarsa dan Pesanggrahan.

    “Saya mau mengajukan kepada pimpinan agar ada pembuatan tempat penampungan air yang bermanfaat mengatasi permasalahan banjir seperti embung,” kata Wali Kota Jakarta Selatan, Muhammad Anwar saat meninjau lokasi banjir di Jakarta, Jumat.

    Anwar mengatakan, di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, ada lahan yang menjadi aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta seluas 2,9 hektare.

    Kemudian, lanjut dia, warga juga menyampaikan aspirasi terkait perlunya pembuatan sodetan di Kali Uangan segmentasi Saluran Penghubung Rengas di Kelurahan Bintaro.

    “Sodetan ini dinilai dapat membuat air semakin lancar dan tidak meluap apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi,” katanya.

    Lalu, dia menambahkan, saat melakukan blusukan ke Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, juga diketahui ada lahan milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta seluas 9.000 meter persegi (M2) yang potensial dijadikan embung atau waduk.

    “Perlu pembuatan sistem pencegahan banjir yang cukup besar seperti waduk atau embung di kawasan sini,” ungkapnya.

    Diharapkan dengan dengan dilakukan peninjauan bersama seluruh unsur terkait, membuat warga semakin nyaman atas kehadiran pemerintah dalam menjawab semua permasalahan di lingkungannya.

    “Melalui kolaborasi bersama seluruh pihak, saya targetkan seluruh pembangunan fasilitas pengendalian banjir di Jakarta Selatan akan terbangun dalam waktu dekat,” katanya.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Jaksel gencarkan “Safari Jumat” untuk salurkan santunan yatim piatu

    Jaksel gencarkan “Safari Jumat” untuk salurkan santunan yatim piatu

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggencarkan Program “Safari Jumat” untuk menyalurkan santunan kepada 40 yatim, piatu dan dhuafa.

    “‘Safari Jumat’ bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap warga yang membutuhkan, baik dari segi moral maupun materi,” kata Wali Kota Jakarta Selatan, Muhammad Anwar di Balai Warga Jalan Bintaro Taman Barat RW 11 Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat.

    Anwar mengatakan penyerahan santunan bagi mustahik tersebut menjadi bagian dari Program “Safari Jumat” yang digagasnya untuk secara nyata melakukan monitoring wilayah sekaligus membantu warga.

    Kemudian, Anwar juga meminta kepada Baznas (Bazis) Jakarta Selatan untuk menjawab semua permintaan warga terkait kebutuhan rumah ibadah seperti karpet dan perbaikan lantai sebagaimana diperlukan di Mushalla Al-Falah.

    Ia juga mengingatkan kepada yatim, piatu dan dhuafa apabila ada permasalahan pendidikan, baik itu penebusan ijazah, biaya sekolah dan lainnya agar segera melapor kepada pemerintah setempat.

    “Semoga kegiatan ini dapat membantu mereka yang membutuhkan. Saya minta kepada jajaran di tingkat kelurahan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada warga,” ujarnya.

    Sementara itu, seorang penerima santunan, Aisyah (13) mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan kepedulian wali kota terhadap sesama. “Sangat senang, saya akan manfaatkan bantuan ini untuk membeli perlengkapan sekolah,” katanya.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Honor Akan Buka Toko dan Pusat Servis Pertama di Indonesia

    Honor Akan Buka Toko dan Pusat Servis Pertama di Indonesia

    Jakarta

    Honor sudah comeback di Indonesia sejak paruh kedua tahun 2024. Selain meluncurkan ponsel-ponsel terbarunya, vendor ponsel asal China ini juga akan mendirikan toko dan pusat servis pertamanya di Indonesia.

    Justin Li, President of Honor South Pacific mengatakan Honor akan meresmikan dua experience store yang berlokasi di pusat perbelanjaan Gandaria City dan Bintaro Xchange pada 18 Juli 2025. Ke depannya, Honor berharap akan membuka setidaknya 10 toko sebelum akhir tahun 2025.

    Experience store ini tidak hanya menampilkan produk-produk terbaru Honor di Indonesia, tapi juga menawarkan servis untuk semua perangkatnya. Li mengatakan Honor sering mendapat pertanyaan tentang layanan purna jual dari pelanggan, dan experience store ini jadi jawabannya.

    “Toko ini baru ini adalah jawaban kami, tempat di mana Anda bisa mendapatkan dukungan, bertanya, dan mendapatkan bantuan hands-on dari pakar Honor,” kata Li dalam peluncuran Honor 400 series di Jakarta, Kamis (3/7/2025).

    “Ini semua merupakan bagian dari komitmen kami untuk membangun kepercayaan, transparansi, dan value jangka panjang untuk semua pengguna Honor di Indonesia,” imbuhnya.

    Honor Service Center akan menerima layanan perbaikan antar jemput dan perbaikan ekspres. Pelanggan Honor yang berada di luar Jakarta dan Tangerang bisa memanfaatkan layanan Postal Service, di mana perangkat yang ingin diperbaiki bisa dikirimkan ke pusat servis dengan aman.

    “Layanan ini memungkinkan Anda meminta penjemputan secara online, mengirim perangkat Anda untuk diperbaiki, dan mengembalikannya dengan aman tanpa harus meninggalkan rumah,” jelas Li.

    “Untuk menyediakan layanan ini, kami bermitra dengan tidak hanya satu tapi beberapa mitra untuk memastikan pengguna menerima layanan terbaik,” pungkasnya.

    (vmp/fay)

  • Gold’s Gym Tutup Cabang, Member Sampai ‘Open Donasi’ Agar Tetap Bisa Latihan

    Gold’s Gym Tutup Cabang, Member Sampai ‘Open Donasi’ Agar Tetap Bisa Latihan

    Jakarta

    PT Fit and Health Indonesia atau Gold’s Gym Indonesia belakangan menjadi perbincangan publik. Ini setelah banyak cabang mereka tiba-tiba tutup, sehingga para member tak lagi bisa latihan.

    Head of Marketing Gold’s Gym Panca Candika Rini mengatakan ada lima cabang yang secara resmi ditutup, yakni klub Cilandak Town Square Jakarta Selatan, Mall Alam Sutera Tangerang, Kalibata City Jakarta Selatan, Ciputra Mall Jakarta Barat, dan Grand Metropolitan Mall Bekasi.

    Sementara lima lainnya, yakni Cihampelas Walk Bandung, Mall of Indonesia Jakarta Utara, Baywalk Mall Jakarta Utara, Bintaro Xchange Tangerang Selatan, dan The Breeze BSD.

    Panca melanjutkan ada satu klub yang hari ini masih beroperasi, yakni Gold’s Gym Ciputra World Surabaya. Ini bisa terjadi karena adanya komitmen antara personal trainer (PT) dengan member.

    “Yang ada di sana itu PT, dan ini bener-bener permintaan dari member dan tim sales-nya,” kata Panca saat ditemui detikcom di Jakarta Utara, Jumat (4/7/2025).

    “Jadi dari member meminta agar mereka bisa berolahraga dan melanjutkan sesi PT. Mereka bahkan membuka semacam sesi donasi untuk karyawan klub Surabaya,” sambungnya.

    Dari foto yang diterima detikcom, ajakan donasi tersebut berisi pesan sebagai berikut:

    “Untuk karyawan gold gym yang terdampak dan tidak mendapatkan gaji, KAMI (bbrp member gym) berinisiatif dan sepakat membantu agar para karyawan yang masuk bisa bayar bensin dan makan.

    Rp 10.000/entry (lebih boleh, kurang jangan, sumbangan bersifat sukarela)

    Hasil sumbangan harian akan dibagikan kepada karyawan yang tetap masuk di hari tersebut dan menolong para member agar bisa tetap menggunakan fasilitas gym”

    (dpy/up)

  • Heboh Gold’s Gym Tutup Mendadak, Begini Pengakuan Member yang Merasa Dirugikan

    Heboh Gold’s Gym Tutup Mendadak, Begini Pengakuan Member yang Merasa Dirugikan

    Jakarta

    Pusat kebugaran Gold’s Gym Indonesia belum lama ini menutup gerai-gerainya secara mendadak. Sejumlah cabang dikabarkan mulai tutup pada Senin, 30 Juni 2025.

    Hal ini mengundang kekecewaan member dan juga staf dari gym tersebut. Salah satunya adalah seorang pria bernama Natanael (27) di Jakarta Utara, yang baru menjadi member Gold’s Gym cabang Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara sejak Maret 2025.

    Natanael bersama istrinya mengambil paket membership selama 12+3 bulan dengan biaya total Rp 8,5 juta. Ia mengaku tertarik saat itu karena mendapatkan promo dan memang sudah lama vakum gym.

    Ketika ingin pergi ke gym, Natanael terkejut Gold’s Gym cabangnya tiba-tiba tutup tanpa pemberitahuan.

    “Nggak ada siapa-siapa di sana. Akhirnya ketemu sesama member nggak sengaja, ngobrol ternyata memang lagi kasus gitu. Awalnya dengar dari cabang lain udah mulai tutup, awalnya di bintaro xchange dengernya saya, terus citraland, tiba-tiba baywalk langsung tutup juga,” kata Natanael ketika dihubungi detikcom, Kamis (3/7/2025).

    Natanael menceritakan dirinya sudah sempat menghubungi pihak gym tapi tidak mendapatkan tanggapan yang sesuai harapan. Salah satu staf hanya bisa meminta maaf, karena staf tersebut kabarnya juga belum digaji dua bulan.

    “Kalau saya sih nggak ribet ya, yang penting kalau memang hak saya tidak bisa dikembalikan ya kewajiban mereka dijalankan. kalau memang tidak bisa refund, ya gymnya harus buka, karena itu hak saya, dan itu kewajiban mereka, sampai member saya habis,” sambungnya.

    Nasib serupa juga dialami oleh Rayyan (47) asal Jakarta Selatan yang juga memiliki membership di Gold’s Gym cabang Baywalk Mall. Ia bahkan baru bergabung menjadi member pada 1 Juni atau satu bulan sebelum gym tutup.

    Total kerugian yang harus ditanggungnya mencapai Rp 3,8 juta untuk membership selama 12+1 bulan.

    Sebelum tutup, Rayyan sebenarnya sudah mulai curiga dengan kemunculan berita penutupan Gold’s Gym di beberapa cabang. Namun, setelah melakukan konfirmasi, pihak manajemen sempat meyakinkannya bahwa Gold’s Gym cabang Baywalk Mall tidak akan tutup.

    “Dari pertama itu saya tanya, mereka bilang ‘nggak usah khawatir’, ini hanya beberapa cabang saja yang tutup, untuk baywalk tidak akan tutup, lalu memang saat ini ada info akan rebranding, jadi saya tidak perlu khawatir, infonya seperti itu,” ceritanya.

    Tapi sayang, tak berapa lama setelah konfirmasi tersebut, tempat gym yang ia pilih juga tutup.

    Saat ini, member dan staf yang merasa dirugikan telah tergabung dalam Forum Korban Gold’s Gym Indonesia (FKGGI). Pihak FKGGI menuturkan hingga saat ini sudah ada lebih dari 1.000 member yang dirugikan, dengan angka total kerugian mencapai Rp 7,6 miliar.

    FKKGI secara resmi mengajukan permohonan audiensi dengan Kementerian Perdagangan, Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

    Audiensi ini diharapkan bisa mendorong lembaga-lembaga terkait membantu penyelesaian persoalan yang dialami oleh korban.

    “Harapan kami, upaya ini dapat membantu mendorong pihak Gold’s Gym Indonesia untuk mengembalikan dana keanggotaan para member secara adil dan transparan,” kata Evi Karlina, perwakilan FKKGI sekaligus member Gold’s Gym Ciputra Mall, dikutip dari edaran yang diterima detikcom.

    Mereka menuntut pengembalian dana kepada seluruh member, pembayaran gaji dan hak-hak karyawan, transparansi dari pihak Gold’s Gym, serta investigasi terhadap kemungkinan unsur penipuan dan wanprestasi.

    Berdasarkan pemantauan detikcom, Gold’s Gym cabang Kalibata City Jakarta Selatan dan Ciputra Mall Jakarta Barat nampak sudah tutup, sepi, dan tidak ada tanda-tanda aktivitas.

    Untuk di cabang Kalibata City, nampak sebuah tulisan keterangan bahwa Gold’s Gym terpaksa harus ditutup lantaran ada hak karyawan yang belum dipenuhi. Sedangkan, di cabang Ciputra Mall nampak tidak ada selebaran apapun, tapi di pintu depan sudah digembok.

    Saksikan Live DetikPagi:

    Halaman 2 dari 2

    (avk/up)