kab/kota: Biak

  • 38 Tahun Berlalu, Genetik Anjing-anjing di Chernobyl Berubah

    38 Tahun Berlalu, Genetik Anjing-anjing di Chernobyl Berubah

    Jakarta

    Bencana nuklir terburuk Chernobyl, Ukraina, mengakibatkan banyak perubahan, termasuk genetik anjing-anjing yang ada di sana. Namun, penelitian terbaru mengungkap bahwa peningkatan mutasi bukan lah penyebab percepatan evolusi para canine di sana.

    Melansir IFLScience, bencana nuklir Chernobyl terjadi pada 26 April 1986. Akibatnya, sekitar 120.000 penduduk harus dievakuasi dikarenakan kontaminasi radioaktif, arsenik, dan asbes. Mereka harus meninggalkan segalanya di sana, menyisakan bangunan kosong dan hewan-hewan liar.

    Termasuk para anjing. Diperkirakan 800-an anjing menjadi bagian yang harus bertahan hidup dari radiasi di area tersebut.

    Berdasarkan studi yang dipublikasikan di PLOS One, anjing-anjing ini telah mengalami evolusi yang cepat dalam beberapa tahun sejak bencana, mereka berbeda secara genetik dari anjing-anjing lain di belahan dunia lain. Profil DNA mereka begitu berbeda sehingga nampak jelas walaupun cuma dari melihatnya saja. Menurut para peneliti, ini adalah cerminan dari kontaminasi lingkungan yang telah mereka hadapi selama beberapa generasi.

    Anjing bukan satu-satunya spesies yang terpengaruh oleh lingkungan yang keras di Chernobyl. Misalnya, burung penyanyi di Zona Eksklusi (CEZ) memiliki mikrobioma usus yang berbeda, sementara itu, katak pohon telah berubah warna dan serigala telah mengembangkan sistem kekebalan yang berubah.

    Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Peningkatan mutasi sebelumnya telah diidentifikasi sebagai kemungkinan pendorong diferensiasi genetik ini pada anjing-anjing Chernobyl, tetapi, menurut penelitian baru, tampaknya ini bukanlah penyebabnya.

    Studi ini mendukung temuan sebelumnya bahwa anjing yang berkembang biak bebas di area PLTN secara genetik berbeda dari anjing yang hanya berjarak 16 kilometer di kota Chernobyl, serta dari populasi anjing di luar CEZ. Kendati demikian, studi ini tidak menemukan bukti peningkatan laju mutasi DNA atau peningkatan akumulasi mutasi antara populasi PLTN dan kota.

    “Dengan studi ini, kami tidak menemukan bukti peningkatan laju mutasi untuk populasi anjing di PLTN melalui aberasi kromosom, peningkatan keragaman mikrosatelit, atau peningkatan alel yang baru-baru ini diturunkan. Oleh karena itu, mutasi tampaknya bukan penyebab diferensiasi genetik yang diidentifikasi sebelumnya antara dua populasi anjing yang berkembang biak bebas yang berdekatan secara geografis ini,” peneliti menyimpulkan.

    Penyebab sebenarnya dari keragaman genetik ini oleh karena itu masih belum diketahui. Meski begitu, tim peneliti menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa seleksi langsung (directional selection) mungkin berperan. Investigasi lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

    Lebih lanjut, anjing-anjing di Chernobyl dapat dipelajari soal efek genetik radiasi. Karenanya, ini dapat membantu menganalisis dampak radiasi pada spesies lain, termasuk manusia.

    “(Mereka) dapat berfungsi sebagai penjaga yang efektif untuk dampak kesehatan manusia yang timbul dari paparan lingkungan yang beracun. Dengan demikian, anjing Chornobyl menghadirkan sumber daya yang unik dan berharga sebagai model untuk studi mutasi manusia,” ujar peneliti.

    (ask/rns)

  • Tiket Pesawat Turun 10% pada Nataru, Bakal Lanjut Diskon saat Lebaran 2025? – Page 3

    Tiket Pesawat Turun 10% pada Nataru, Bakal Lanjut Diskon saat Lebaran 2025? – Page 3

    Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meracik sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat pada periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Mulai dari diskon avtur hingga pajak layanan bandara.

    Juru Bicara Kemenhub, Elba Damhuri menyampaikan diskon harga avtur akan diberikan oleh PT Pertamina (Persero) di 19 bandara. Utamanya di Denpasar, Surabaya, Medan, Silangit, Lombok, Labuan Bajo, Manado, Yogyakarta Kulon Progo, Pontianak, Ambon, Makassar, Balikpapan, Kupang, Sorong, Timika, Jayapura, Maumere, Nabire, Biak). 

    Elba bilang, Pertamina akan menurunkan harga jual avtur pada rentang 7,5-10 persen. Harga jualnya akan mendekati dengan biaya yang dikeluarkan maskapai di Bandara Soekarno-Hatta.

    “Harga avtur setelah penurunan harga akan mendekati harga jual avtur di Bandara Soekarno-Hatta (CGK). Jika terdapat kenaikan harga jual avtur di Desember 2024, tidak akan berdampak pada maskapai yang melayani publik,” kata Elba dalam keterangannya, Rabu (27/11/2024).

    Potongan tarif juga dilakukan pada aspek layanan kebandarudaraan yang dikelola PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports dan Kemenhub. Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) dan Pelayanan Jasa Pendaratam Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) menjadi sebesar 50 persen.

     

  • TRANSFER Memanas: Pratama Arhan Tak Dipakai Suwon FC Lagi, Pintu Gabung Klub Liga 1 Ini Tertutup

    TRANSFER Memanas: Pratama Arhan Tak Dipakai Suwon FC Lagi, Pintu Gabung Klub Liga 1 Ini Tertutup

    TRIBUNJAKARTA.COM – Pratama Arhan resmi berpisah dengan klub Liga 1 Korea Selatan (K League 1), Suwon FC.

    Hengkangnya Pratama Arhan diumumkan Suwon FC melalui sosial media klub @Suwonfc, Rabu (1/1/2025).

    Selama membela Suwon FC, pemain berusia 23 tahun ini memang sangat kesulitan mendapatkan menit bermain.

    Sejak pindah dari Tokyo Verdy (Liga 2 Jepang), Januari 2024, Pratama Arhan baru bermain dalam dua laga untuk Suwon FC.

    Statistik bermainnya pun sangat mengenaskan, dia hanya bermain total empat menit dalam dua laga itu.

    Dia sejatinya bisa bermain lebih panjang di laga debutnya.

    Sayang, Pratama Arhan terkena kartu merah saat baru bermain tiga menit dalam laga kontra Jeju United.

    Sementara itu, Pratama Arhan dipercaya bermain dalam waktu yang singkat ketika menghadapi Pohang Steelers.

    Persib sudah gerak cepat umumkan pemain baru di Liga 1. Sosok pemain baru yang didatangkan punya catatan istimewa, tim jagoan Bobotoh bisa makin kuat di kompetisi Liga 1.

    Pratama Arhan mungkin menjadi pemain yang sangat unik diantara yang lainnya.

    Sejak bermain profesional, pemain asal Blora ini lebih banyak bermain untuk Timnas Indonesia ketimbang klub yang dibelanya.

    Sejak membela PSIS Semarang di tahun 2021 sampai berseragam Suwon, Arhan tercatat bermain dalam 19 laga pada semua kompetisi.

    Beroperasi di sektor kiri, dia mencatatkan 1277 menit bermain untuk yang dikumpulkan dari PSIS Semarang, Tokyo Verdy, dan Suwon FC.

    Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan menjadi model jersey terbaru dari klub asal Korea Selatan (K-League 1 2024) Suwon FC. (Instagram Suwon FC)

    Kondisi tersebut jauh berbeda dengan statistiknya di Timnas Indonesia.

    Dia sudah berada di Skuad Garuda sejak di kelompok usia 19 tahun dan debut di usia 18 tahun 8 bulan.

    Suami dari Azizah Salsha itu pun konsisten berada dalam Timnas Indonesia di kelompok usia dan senior.

    Arhan sudah mencatatkan 50 caps di timnas senior. Dia juga bermain 11 kali untuk Timnas Indonesia U-23, delapan laga untuk Timnas Indonesia U-19, dan empat pertandingan Timnas Indonesia U-22.

    Peluang Kembali ke Liga Indonesia?

    Dengan statistik yang buruk ketika bermain di luar Liga Indonesia, tentu tak sedikit yang menyarankan Arhan kembali ke liga tanah air.

    Warganet banyak yang menyarankan agar sang pemain pulang ke Liga Indonesia akan mendapatkan menit bermain.

    Namun, hal tersebut tampaknya sulit terealisasi, jika mengikuti pernyataan orang dekat Arhan.

    Andre Rosiade, yang tak lain adalah ayah dari Azizah Salsha, menyebut jika Pratama Arhan tetap akan abroad.

    Penasihat Semen Padang FC, Andre Rosiade, usai pertandingan kontra PSBS Biak pada final leg kedua Liga 2 2023/24, di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Sumatra Barat, Sabtu (9/3/2024) (Tribunnews/Alfarizy)

    Andre Rosiade pun mengungkapkan jika sejauh ini sudah ada lima klub yang mendekati Pratama Arhan jelang bursa transfer.

    Kelima tim itu pun disebut Andre Rosiade berasal dari luar negeri.

    Pernyataan ini pun sekaligus menegaskan jika Arhan tidak akan merapat ke Semen Padang, seperti yang dirumorkan warganet.

    “Saya pastikan, Pratama Arhan tidak akan ke Semen Padang,” ujar pria yang juga politisi Partai Gerindra itu, Kamis (12/12/2024).

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Penurunan tiket pesawat “kado istimewa” 2024

    Penurunan tiket pesawat “kado istimewa” 2024

    Jakarta (ANTARA) – Penantian panjang terkait penurunan harga tiket pesawat akhirnya terbayarkan. Masyarakat kini bisa bernapas lega dengan kebijakan baru ini.

    Tiket pesawat yang selama ini dianggap terlalu mahal, sering kali menjadi topik perbincangan hangat di banyak kalangan. Banyak orang berharap harga bisa lebih terjangkau agar perjalanan jadi lebih mudah.

    Kehadiran pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membawa angin segar untuk sektor transportasi udara. Banyak kebijakan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk penurunan tiket pesawat.

    Melalui pemerintahan baru, kebijakan penurunan harga tiket pesawat khusus untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 akhirnya disahkan. Ini menjadi kabar baik bagi mereka yang merencanakan perjalanan liburan.

    Dengan kebijakan ini, masyarakat yang selama ini kesulitan merencanakan perjalanan jauh, kini merasa terbantu. Banyak keluarga yang merencanakan untuk berkumpul di kampung halaman dapat merealisasikan perjalanan mereka lebih mudah.

    Meskipun ada banyak pertimbangan sebelum kebijakan ini dikeluarkan, hasilnya sangat dinantikan. Penurunan harga tiket pesawat menjadi solusi tepat di tengah tingginya kebutuhan mobilitas masyarakat pada akhir tahun.

    Bagi banyak orang, kebijakan ini bagaikan kado istimewa yang sangat dinantikan. Ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga tercinta, yang sebelumnya terasa begitu jauh.

    Turun 10 persen

    Kebijakan penurunan harga tiket pesawat menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan mobilitas, sekaligus mendorong perekonomian, khususnya sektor pariwisata di momen libur akhir tahun.

    Penurunan harga tiket pesawat hingga 10 persen ini tidak hanya berlaku untuk penerbangan tertentu, tetapi berlaku untuk seluruh penerbangan domestik di Indonesia selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kebijakan ini merupakan hasil kerja sama intensif yang melibatkan berbagai pihak.

    Langkah kolaboratif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan ini ditujukan untuk memastikan tiket lebih terjangkau bagi masyarakat.

    Sebagai bagian dari kebijakan ini, pemerintah melibatkan berbagai pihak untuk menurunkan biaya operasional yang berpengaruh langsung pada harga tiket, termasuk biaya jasa kebandarudaraan dan avtur.

    Intervensi yang dilakukan, antara lain potongan tarif jasa kebandarudaraan sebesar 50 persen, diskon harga avtur 5,3 persen, serta pengurangan fuel surcharge untuk mesin jet hingga 8 persen.

    Kebijakan ini diperkirakan dapat menghemat biaya tiket pesawat rata-rata sebesar Rp 157.500 per penumpang, dengan total estimasi penghematan mencapai Rp 472,5 miliar selama masa liburan tersebut.

    Berdasarkan data, dampak kebijakan ini akan dirasakan oleh seluruh kategori penumpang, mulai dari layanan full-service hingga no-frills. Estimasi penghematan secara keseluruhan mencapai Rp472,5 miliar selama masa liburan.

    Langkah-langkah itu diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata domestik dengan meningkatkan jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan antarkota selama liburan panjang, khususnya pada musim Natal dan Tahun Baru.

    Pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa kebijakan ini berjalan lancar, dengan semua pihak terkait berperan aktif agar instruksi Presiden Prabowo Subianto dalam penurunan harga tiket pesawat terlaksana dengan baik.

    Penurunan harga tiket pesawat juga dimaksudkan untuk menyeimbangkan kembali permintaan dan penawaran penerbangan, mengingat tingginya kebutuhan mobilitas pada akhir tahun.

    Kolaborasi lintas sektor

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menyatakan penurunan harga tiket pesawat dapat tercapai berkat kolaborasi lintas kementerian dan berbagai pemangku kepentingan dalam sektor transportasi udara.

    Kolaborasi tersebut melibatkan maskapai, PT. Angkasa Pura Indonesia, PT Pertamina, serta Airnav, yang berperan menurunkan fuel surcharge, PJP2U, dan harga avtur guna menurunkan tiket.

    Penurunan harga tiket ini diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Upaya itu bertujuan agar masyarakat dapat merayakan liburan dengan aman, nyaman, dan selamat, sembari memastikan kelancaran transportasi udara.

    Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa survei menunjukkan potensi pergerakan masyarakat mencapai 110,67 juta orang selama periode Natal dan Tahun Baru.

    Seiring dengan itu, inspeksi berkala terhadap berbagai moda transportasi, termasuk pesawat, terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kelancaran angkutan selama masa liburan.

    Langkah-langkah itu sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung mobilitas masyarakat dan menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik selama libur akhir tahun.

    Berlaku 16 hari

    Kebijakan terkait penurunan tarif pesawat angkutan udara merupakan arahan langsung Presiden Prabowo Subianto untuk membantu masyarakat dalam rangka mengurangi beban harga tiket pesawat.

    Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Elba Damhuri menyatakan bahwa kebijakan itu berlaku bagi penerbangan domestik di seluruh bandara yang ada di Indonesia.

    Penurunan tiket (tanpa pengurangan PPN) melibatkan peran maskapai, PT Angkasa Pura Indonesia, PT Pertamina dan Airnav untuk menurunkan fuel surcharge, PJP2U dan avtur di beberapa bandara agar penurunan tarif secara keseluruhan dapat terlaksana dengan target penurunan harga tiket sebesar minimal 10 persen.

    Pemberlakuan penyesuaian tarif sendiri berlaku selama 16 hari pada masa periode Natal dan Tahun Baru, mulai tanggal 19 Desember 2024 sampai dengan 3 Januari 2025 untuk tiket yang belum terjual.

    Sementara bagi penumpang yang sudah membeli tiket untuk penerbangan pada periode tersebut, dapat diberikan insentif sesuai kebijakan masing-masing maskapai, jika masih memungkinkan.

    Keputusan penurunan harga tiket pesawat ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang saat libur akhir tahun.

    Keputusan ini diyakini mampu mendongkrak perekonomian dan pariwisata dalam negeri di kuartal terakhir tahun 2024

    PT Pertamina Persero Group akan memberikan dukungan penurunan harga avtur pada periode Natal dan Tahun Baru di 19 lokasi bandara (khususnya bandara Denpasar, Surabaya, Medan, Silangit, Lombok, Labuan Bajo, Manado, Yogyakarta Kulon Progo, Pontianak, Ambon, Makassar, Balikpapan, Kupang, Sorong, Timika, Jayapura, Maumere, Nabire, Biak).

    PT Pertamina Persero Group akan memberikan dukungan di masa Natal dan Tahun Baru dengan penurunan harga jual avtur pada rentang 7,5-10 persen.

    Kemudian terkait penurunan tarif jasa kebandaraudaraan, PT Angkasa Pura Indonesia dan seluruh unit pelayanan bandar udara (UPBU) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, memberikan dukungan penurunan tarif PJP2U menjadi sebesar 50 persen dan tarif PJP4U menjadi sebesar 50 persen.

    Maskapai penerbangan sepakat untuk memberikan diskon fuel surcharge jet sebesar 8 persen (menjadi 2 persen) dan diskon propeller 5 persen (menjadi 20 menjadi), sedangkan AirNav akan memberikan layanan advance dan extend selama periode Nataru untuk mendukung operating hours yang lebih panjang sesuai kebutuhan maskapai.

    Berdasarkan analisa dan perhitungan yang dilakukan, dalam hal terdapat pengenaan discount fuel surcharge jet sebesar 8 persen (menjadi 2 persen) dan diskon propeller 5 persen (menjadi 20 persen), diskon PJP2U 50 persen dan PJP4U 50 persen, serta turut mempertimbangkan rute dan volume penerbangan maka secara rata-rata tertimbang (weighted average) akan terdapat penurunan tarif tiket pesawat sekitar 10 persen.

    Maskapai siap

    Maskapai penerbangan Indonesia menyambut baik kebijakan penurunan harga tiket pesawat selama periode libur akhir tahun. Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, dan Pelita Air siap mendukung kebijakan tersebut.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan menyatakan komitmennya untuk menyukseskan penurunan harga tiket pesawat natal dan tahun baru.

    Maskapai lainnya, seperti Citilink, Lion Group, dan Pelita Air juga sepakat mendukung langkah ini.

    Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine juga menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah. Mereka berkomitmen untuk menyediakan tiket pesawat yang lebih terjangkau selama libur akhir tahun.

    Penurunan harga tiket pesawat yang dilakukan pemerintah dinilai maskapai dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif Indonesia.

    Dalam mendukung kebijakan ini, Indonesia AirAsia memastikan bahwa kualitas layanan tetap terjaga. Mereka fokus pada keselamatan dan kenyamanan penerbangan, sembari mengimplementasikan kebijakan harga yang lebih terjangkau.

    Pelita Air juga menunjukkan kesiapan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Presiden Direktur Pelita Air Dendy Kurniawan menyatakan bahwa mereka akan menerapkan penurunan harga sesuai arahan pemerintah, bahkan memberikan diskon lebih besar di beberapa rute.

    Lion Group, melalui perwakilannya Danang Mandala Prihantoro, juga mendukung kebijakan ini. Mereka menganggap langkah ini dapat mengurangi beban masyarakat dan berperan dalam mendorong perekonomian nasional, terutama sektor transportasi udara.

    Penurunan harga tiket pesawat menjadi “kado istimewa” di penghujung 2024, mendongkrak mobilitas, pariwisata, dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan, sehingga diharapkan tidak hanya berlaku pada masa akhir tahun.

    Editor: Masuki M. Astro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kenapa Burung Bisa Membahayakan Penerbangan? Ini Kata Pakar

    Kenapa Burung Bisa Membahayakan Penerbangan? Ini Kata Pakar

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pesawat Jeju Air jatuh saat mendarat di Bandara Muan, Korea Selatan, Minggu (29/12) dan menewaskan total 179 orang dari 181 yang ada di dalam pesawat. Hanya dua orang yang selamat dari insiden tersebut, dan keduanya merupakan pramugari.

    Para pengamat dan pihak berwenang sejauh ini menduga kecelakaan Jeju Air terjadi imbas bird strike dan diperparah dengan cuaca buruk saat insiden terjadi. Bird strike merupakan insiden yang terjadi ketika pesawat sedang terbang dan menabrak burung.

    Namun begitu, analis penerbangan hingga aparat Korsel masih menunggu penyelidikan kotak hitam pesawat untuk memastikan penyebab kecelakaan.

    Lantas, kenapa burung bisa membahayakan penerbangan?

    Burung di sekitar pesawat dapat membahayakan penerbangan karena mereka bisa bertabrakan dengan pesawat saat lepas landas, mendarat atau selama penerbangan.

    Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur pesawat, mesin atau sistem vital lainnya. Selain itu, jika burung terhisap ke dalam mesin pesawat, dapat menyebabkan kerusakan serius dan menghentikan mesin.

    Meski terlihat sepele dan cukup sering terjadi, tabrakan dengan burung, apalagi sekawanan burung dapat membahayakan pesawat.

    Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), bird strike bisa membuat jet atau mesin kehilangan daya saat terbang jika burung tersedot ke dalam saluran udara pesawat. Tabrakan burung telah menyebabkan sejumlah kecelakaan fatal di seluruh dunia.

    Bird strike saat ini dapat terjadi setiap hari, dengan beberapa variabilitas musiman karena pola migrasi burung.

    Dewan Keselamatan Transportasi Australia mencatat 16.626 insiden bird strike terjadi antara tahun 2008-2017. Sementara itu, di Amerika Serikat, Administrasi Penerbangan Federal melaporkan 17.200 insiden bird strike pada tahun 2022 saja.

    Menurut ICAO, 90 persen bird strike terjadi di dekat bandara. Umumnya, insiden ini terjadi ketika pesawat lepas landas atau mendarat, atau terbang di ketinggian yang lebih rendah di mana sebagian besar aktivitas burung terjadi.

    Melansir CNN, dampak dari bird strike tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis pesawat. Namun, pada pesawat-pesawat kecil, terutama yang bermesin tunggal, bird strike bisa berakibat fatal.

    Sejak tahun 1988, 262 kematian akibat bird strike telah dilaporkan di seluruh dunia, dan 250 pesawat hancur.

    Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) menjelaskan bird strike tidak hanya menjadi masalah serius yang menjadi perhatian maskapai penerbangan komersial yang menyebabkan kerugian tahunan dalam jumlah jutaan, tetapi juga mempengaruhi penerbangan umum.

    “Banyak pilot yang tidak menyadari bahwa tabrakan dengan burung berbulu halus dapat menyebabkan kerusakan serius,” demikian keterangan EASA.

    EASA mengungkap peluang terjadinya bird strike tergantung pada waktu dan kondisi geografis. Salah satu waktu paling rawan adalah ketika migrasi burung besar-besaran sedang berlangsung.

    Menurut EASA formasi burung selama masa migrasi utama, selama musim dingin, dan kemunculan kelompok atau pertemuan massal secara tiba-tiba menghadirkan risiko bird strike.

    Selain itu, penerbangan rendah, pendaratan di luar bandara, dan lepas landas di luar bandara di dalam atau di sekitar area burung yang terkait dengan pesawat juga berpotensi menimbulkan gangguan.

    “Meskipun tampaknya banyak burung yang berkembang biak telah terbiasa dengan lalu lintas udara yang konsisten, seperti yang ditunjukkan oleh prevalensi mereka di dekat bandara dan lapangan terbang, beberapa kawanan burung yang sedang beristirahat atau bermigrasi pada musim dingin dapat bereaksi secara tidak terduga terhadap kendaraan terbang asing ini,” ujar EASA.

    “Penerbangan rendah di bawah 2.000 kaki AGL dan pendaratan di luar bandara menarik perhatian burung-burung tersebut dan dapat menyebabkan reaksi melarikan diri,” pungkasnya.

    (tim/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • 6 Pemilik Maskapai Penerbangan di Indonesia, Siapa Saja?

    6 Pemilik Maskapai Penerbangan di Indonesia, Siapa Saja?

    Pesawat adalah sarana transportasi udara yang sering digunakan untuk mobilisasi, baik dalam lingkup lokal maupun internasional. Di Indonesia, industri penerbangan dikuasai oleh enam grup maskapai.

    Grup maskapai di Indonesia terdiri dari Lion Air Group, BUMN, hingga yang terbaru BBN Airlines dari Irlandia. Enam maskapai ini dimiliki oleh sejumlah konglomerat dengan kekayaan miliaran hingga triliunan rupiah. Selain itu, pemerintah Indonesia juga memiliki beberapa pesawat, termasuk Garuda Indonesia dan Citilink.

    1. Lion Air Group

    Lion Air Group adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia yang didirikan oleh dua bersaudara, yaitu Rusdi Kirana dan Kusnan Kirana pada 1999. Mereka menciptakan Lion Air Group sebagai maskapai penerbangan dengan tarif murah.

    Saat ini, Lion Air Group mengelola beberapa maskapai seperti Lion Air, Batik Air, Wings Air, Super Air Jet, Malindo Air, dan Thai Lion Air. Maskapai ini melayani berbagai penerbangan domestik dan internasional, misalnya Kuala Lumpur, Penang, Singapura, dan Seoul.

    Selain itu, Lion Air Group juga memiliki bisnis pengiriman barang bernama Lion Parcel yang didirikan pada Februari 2013. Bahkan, Lion Air Group juga mengelola bisnis Lion Hotel & Plaza di Manado.

    Berkat berbagai usaha ini, Rusdi dan Kusnan Kirana pernah tercatat sebagai salah satu daftar orang terkaya di Indonesia pada 2019 dengan total kekayaan mencapai 835 juta dolar AS atau sekitar Rp12,6 triliun.

    2. Avia Solutions Group

    BlueBird Nordic atau BBN Airlines adalah maskapai penerbangan baru di Indonesia yang mulai beroperasi pada 27 September 2024. BBN Airlines merupakan anak perusahaan dari Avia Solutions Group yang berbasis di Dublin, Irlandia.

    Avia Solutions Group didirikan oleh Gediminas Ziemelis dan dipimpin oleh Jonas Janukenas sebagai CEO. Perusahaan ini menyediakan layanan pesawat, kru, pemeliharaan, dan asuransi penerbangan, dengan total 199 armada di seluruh dunia.

    Selain itu, Avia Solutions Group juga menawarkan layanan perawatan dan perbaikan pesawat serta pelatihan untuk pilot dan awak pesawat.

    Pendiri Avia Solutions, Gediminas Ziemelis adalah seorang konglomerat yang telah berpengalaman puluhan tahun di dunia bisnis. Ia telah mendirikan lebih dari seratus startup, memimpin beberapa perusahaan, dan memiliki saham mayoritas di sebuah klub basket.

    Pada Desember 2022, Ziemelis tercatat sebagai orang terkaya di Lithuania dengan kekayaan mencapai 1,68 miliar euro atau sekitar Rp28 triliun.

    3. BUMN

    Pemerintah Indonesia melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia dan anak perusahaannya, Citilink yang didirikan pada 2009.

    Saat ini, Garuda Indonesia Group mengoperasikan 169 pesawat yang melayani 76 rute domestik dan internasional. Selain itu, Garuda Indonesia juga terhubung dengan 19 maskapai lain dalam aliansi SkyTeam yang memungkinkan mereka melayani penumpang ke 177 negara.

    4. Sriwijaya Air Group

    Sriwijaya Air Group adalah maskapai penerbangan yang didirikan di Indonesia oleh beberapa pengusaha, yaitu Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim pada 10 November 2003.

    Saat ini, CEO PT Sriwijaya Air adalah Ardhana Sitompul. Ia dibantu oleh beberapa direktur, termasuk Cecep Cahyana, Didi Iswandy, dan Dwi Iswantoro.

    Pada awalnya, Sriwijaya Air hanya melayani penerbangan dengan pesawat Boeing 737-200 pada rute dari Jakarta ke Pangkal Pinang, Palembang, Jambi, dan Pontianak. Saat ini, Sriwijaya Air Group telah memiliki 48 pesawat Boeing dan melayani total 53 rute penerbangan.

    5. PT ASI Pudjiastuti Aviation

    Susi Air adalah maskapai penerbangan di Indonesia yang dimiliki oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Maskapai ini beroperasi di bawah PT ASI Pudjiastuti Aviation yang didirikan pada 2004.

    Pesawat Susi Air pertama kali terbang pada Desember 2004, melayani penerbangan charter untuk program bantuan di wilayah Medan. Pada 2006, Susi Air mulai menawarkan penerbangan komersial yang juga berpusat di Medan.

    Saat ini, Susi Air mengoperasikan 49 armada pesawat ke berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Medan, Banda Aceh, Padang, Jakarta, Palangkaraya, Samarinda, Kupang, Manokwari, Biak, Timika, Jayapura, Wamena, hingga Merauke.

    6. TransNusa

    TransNusa (PT TransNusa Aviation Mandiri) adalah maskapai penerbangan di Indonesia yang saat ini sahamnya dimiliki oleh China Aircraft Leasing Group Holdings Limited.

    Awalnya, TransNusa merupakan maskapai lokal yang didirikan pada 2005. Pada 2020, TransNusa sempat menghentikan operasinya akibat pandemi COVID-19. Kemudian, maskapai ini dijual dan mendapatkan suntikan dana dari pemegang saham serta manajemen baru pada 2022.

    Sejak saat itu, TransNusa melakukan rebranding menjadi Maskapai Layanan Premium (Premium Service Carrier) dan makin memperluas rute penerbangannya, termasuk rute internasional seperti Jakarta-Kuala Lumpur dan Jakarta-Guangzhou.

    Demikian daftar pemilik maskapai penerbangan di Indonesia yang sebagian besar berasal dari perusahaan swasta dan salah satunya milik pemerintah.

  • Cuaca Jatim Senin 30 Desember 2024, Sedia Payung Sebelum Hujan, Hanya Gresik Diprediksi Berawan

    Cuaca Jatim Senin 30 Desember 2024, Sedia Payung Sebelum Hujan, Hanya Gresik Diprediksi Berawan

    TRIBUNJATIM.COM – Berikut ini ramalan cuaca Jatim pada Senin 30 Desember 2024.

    Prakiraan cuaca berikut ini dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

    Diperkirakan hanya wilayah Gresik saja yang tidak terjadi hujan, hanya berawan.

    Namun dari 37 kabupaten dan kota lainnya mengalami hujan intensitas ringan hingga deras.  

    Sementara itu, dari 38 wilayah, Kota Batu, Pacitan Situbondo dan Tulungagung mengalami udara kabur. 

    Perlu diketahui menjaga kesehatan menjadi tantangan saat musim hujan.  

    Namun, tidak perlu khawatir karena ada sejumlah tips menjaga kesehatan di musim hujan. 

    Melansir dari Helthshots, kondisi lembab pada musim hujan menyebabkan bakteri dan virus di sekitar kita mudah menular.

    Tidak heran jika banyak orang terkena demam dan flu saat musim hujan. 

    Tips menjaga kesehataan saat musim hujan

    1. Tetap terhidrasi 
     
    Meskipun cuaca tidak panas, namun ternyata musim hujan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

    Oleh karena itu, tetap terhidrasi selama musim hujan adalah kunci utama agar tubuh tetap sehat. 

    Penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak dua liter per hari atau setara delapan gelas untuk orang dewasa.

    Selain air putih, kamu bisa mengonsumsi minuman sehat lain seperti jus buah. 

    2. Hindari jajan di luar 

    Tips menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah menghindari jajan di luar atau area terbuka.

    Sebab, dikhawatirkan lingkungan terbuka menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman. 

    Solusinya, kamu bisa membawa bekal dari rumah saat bekerja atau bepergian. 

    3. Jaga kebersihan toilet
     
    Pada musim hujan, kebersihan toilet harus ditingkatkan agar tidak menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri.

    Bersihkan secara rutin toilet rumah kamu menggunakan disenfektan minimal seminggu sekali. 

    Jika hendak menggunakan toilet umum, upayakan untuk membersihkan dulu dengan menyemprot air atau menggunakan tisu. 

    4. Gunakan produk anti nyamuk

    Pada musim hujan, nyamuk penyebab demam berdarah dan malaria merajalela.

    Karenanya, gunakan produk anti nyamuk baik dalam bentuk lotion maupun cairan pada area tubuh yang terbuka. 

    Selain itu, kamu bisa menyalakan obat nyamuk elektrik di rumah untuk mengusir nyamuk. 

    Untuk mencegah sarang nyamuk, pastikan tidak ada tempat penampungan air terbuka di rumah.

    Sebab, genangan air bisa menjadi sarang nyamuk.

    5. Hindari baju berbahan katun 

    Pada musim hujan, hindari mengenakan pakaian berbahan katun lantaran mudah menyerap air.

    Sebaiknya, pakai baju berlengan panjang agar tubuh tetap hangat di tengah cuaca yang dingin. 

    6. Rutin olahraga 

    Tidak hanya pada musim hujan, olaharaga secara rutin sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

    Olahraga dapat meningkatkan serotonin yang merupakan hormon bahagia. 

    Efek positifnya, kamu masih bisa bersemangat di tengah cuaca mendung pada musim hujan.

    Selain itu, olahraga rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews Tribunjatim.com

  • BMKG Prediksi Mayoritas Wilayah Pesisir Banjir Rob Sepekan Mendatang

    BMKG Prediksi Mayoritas Wilayah Pesisir Banjir Rob Sepekan Mendatang

    Jakarta, CNN Indonesia

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah pesisir di Indonesia berpotensi banjir rob dalam sepekan ke depan. Ketinggian muka air diperkirakan lebih kurang mencapai 1-1,5 meter.

    “Potensi banjir rob itu terjadi akibat peningkatan ketinggian air laut maksimum yang dipengaruhi oleh fenomena Bulan Baru pada 31 Desember 2024,” kata Direktur Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, dilansir Antara, Minggu (29/12).

    Tim meteorologi BMKG mendapati berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut pada periode tersebut maka banjir rob dapat berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir yang antara lain; Provinsi Aceh (Meulaboh 31 Desember-3 Januari 2025), Sumatera Utara (Kecamatan Medan Belauan, Medan Merelan dan Medan Pelabuhan), Kepulauan Riau (Batam, Dabo Singkep, Karimun, Bintan, dan Tanjung Pinang 31 Desember-4 Januari 2025).

    Sumatera Barat (Kota Padang, Padang Pariaman, Pantai Pariaman, Padang Painan 31 Desember – 3 Januari 2025), Jambi (selat Berhala 31 Desember-5 Januari 2025), Kepulauan Bangka Belitung (pesisir Pangkal Pinang 31 Desember 2024-1 Januari 2025).

    Provinsi Lampung (Bandar Lampung 31 Desember-3 Januari 2025), Banten (perairan utara Tangerang, Selat Sunda barat Pandeglang, utara Serang, selatan Pandeglang, selatan Lebak pada 31 Desember-5 Januari 2024)

    Kemudian Provinsi Daerah Khusus Jakarta (pesisir utara Jakarta 31 Desember-3 Januari 2025), pesisir utara Jawa Tengah (Kota Semarang, Demak, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes pada 31 Desember-8 Januari 2025), selatan Jawa Tengah (Cilacap, Kebumen, Purworejo, Daerah Istimewa Yogyakarta 30-31 Desember 2024), selatan Jawa Barat (selatan Sukabumi dan Cianjur 30-31 Desember 2024), pesisir Jawa Timur (Surabaya Pelabuhan, Surabaya Timur, Kalianget hingga Madura pada 28-31 Desember 2024).

    Pesisir Nusa Tenggara Barat (Lombok dan Bima pada 29-31 Desember 2024), Nusa Tenggara Timur (utara dan selatan Flores, Pulau Sumba, Pulau Sabu, Raijua, Rote, Pulau Timor).

    Kalimantan Utara (Nunukan, Tarakan, Tanjung Selor 31 Desember 2024-1 Januari 2025), Kalimantan Timur (Balikpapan timur dan Balikpapan Barat pada 31 Desember-6 Januari 2025), Kalimantan Selatan (pesisir Sungai Barito, Kotabatu, Tanah Bumbu, Tanah Laut pada 29 Desember-4 Januari 2025), Kalimantan Barat (pesisir Kalimantan Barat 31 Desember-4 Januari 2025), Kalimantan Tengah (selatan Kota Waringin Barat meliputi Kubu, Keraya, Kumai 31 Desember-4 Januari 2025).

    Provinsi Sulawesi Selatan (Pare-pare, Sparemonde Makassar bagian barat, Makassar, Pangkep, Selayar, Bonerate, Kalatoa bagian utara 30 Desember-2 Januari 2025), Sulawesi Tengah (Perairan Palu – Donggala pada 31 Desember-1 Januari 2025), Sulawesi Utara (pesisir Sulawesi Utara, Bitung, Kepulauan Sangihe, barat Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud pasa 31 Desember-6 Januari 2025).

    Provinsi Maluku (Kota Ambon, Saumlaki, Kai, Aru dan Kabupaten Seram bagian timur pada 1-3 Januari 2025), Maluku Utara (Lolonda, Morotai, Tobelo, Ternate dan Taliabu pada 31 Desember-1 Januari 2025) hingga Papua (utara Jayapura, Kabupaten Sarmi, Biak, Serui, Waropen pada 30 Desember-1 Januari 2025).

    Menurut Eko, banjir rob selain berpotensi mengganggu aktivitas masyarakat, juga berpotensi mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan dan kelancaran aktivitas pelaku usaha tambak garam hingga ikan air tawar/laut pada wilayah pesisir.

    (tim/tsa)

    [Gambas:Video CNN]

  • KKP dorong produksi teri kualitas ekspor di Pulau Pasaran Lampung

    KKP dorong produksi teri kualitas ekspor di Pulau Pasaran Lampung

    Sebagai salah satu penghasil teri terbaik di Indonesia, produk olahan untuk ekspor agar bisa menjadi tambahan pemasukan rumah tangga keluarga nelayan

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong peningkatan produksi teri berkualitas ekspor di Pulau Pasaran, Bandar Lampung, Lampung, untuk mendukung industri perikanan dan meningkatkan perekonomian lokal.

    Wakil Menteri Kelautan dan Perikanan Didit Herdiawan dalam keterangan di Jakarta, Minggu mengatakan bahwa upaya itu dapat dilakukan dengan memberdayakan ibu-ibu yang ada di daerah tersebut sehingga memiliki kemampuan dalam menciptakan produk teri yang berkualitas.

    “Sebagai salah satu penghasil teri terbaik di Indonesia, produk olahan untuk ekspor agar bisa menjadi tambahan pemasukan rumah tangga keluarga nelayan (Pulau Pasaran),” kata Didit seusai menyapa warga Pulau Pasaran, Bandar Lampung.

    Menurutnya, pemberdayaan perempuan dapat dilakukan berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) guna peningkatan kemampuan usaha serta diversifikasi produk berbasis kearifan lokal.

    “Sangat penting untuk meningkatkan kemampuan ibu-ibu untuk menghasilkan produk bernilai tambah sekalian menambah pemasukan rumah tangga,” ujar Wamen Didit.

    Wamen Didit juga mengimbau agar sarana dan prasarana yang telah dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pulau Pasaran yang telah ditetapkan sebagai Kampung Nelayan Modern (Kalamo), bisa dimanfaatkan guna meningkatkan pendapatan dan nilai tambah.

    “Pengelolaan yang baik tentu bisa meninimalisir jika terjadi paceklik dan agar tidak kehilangan pasar, oleh karena itu agar teri di Pulau Pasaran bisa dikelola dengan baik,” kata Didit.

    Senada, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo menjabarkan hasil monitoring dan evaluasi dampak ekonomi kepada 21 anggota koperasi perikanan di Pulau Pasaran.

    Dia menyebutkan bahwa rata-rata volume produksi pengolahan teri di daerah itu sebesar 2-5 ton per bulan, omzet yang diperoleh mencapai Rp20-50 juta per bulan.

    Sementara tenaga kerja yang terserap dalam 1 unit usaha pengolahan sekitar 10-20 orang, yang terbagi atas buruh sortasi dan pembersihan, pengeringan dan pengemasan. Hingga saat ini, pemasaran produk teri didominasi ke wilayah Jakarta dan Lampung.

    “Setelah diresmikan sebagai Kalamo, kami terus memantau perkembangan disini, tentu ini menjadi bagian dari kehadiran negara untuk masyarakat pesisir,” ujar Budi.

    “Kami mendorong koperasi untuk lebih inovatif membuka peluang pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri,” tambah Budi.

    Dalam kunjungan kerja di Lampung, Wamen Didit juga menyempatkan diri untuk menyambangi Kantor Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP) Lampung.

    Di salah satu unit pelayanan teknis (UPT) KKP ini, dia memberikan arahan agar seluruh unit KKP meningkatkan pelayanan publik serta bekerja solid antar satuan kerja (satker) guna memberikan solusi cepat kepada masyarakat untuk mempercepat terwujudnya swasembada pangan.

    Program Kalamo atau Kampung Nelayan Modern merupakan bagian dari program ekonomi biru yang digagas Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

    Program tersebut untuk meningkatkan produktivitas masyarakat nelayan melalui berbagai penyediaan sarana prasarana perikanan oleh KKP. Selain di Pasaran, Kalamo juga sudah dibangun di Biak, Papua.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

  • LINK Live Streaming Bali United vs Persebaya Hari Ini, di Pekan Ke-17 di BRI Liga 1 2024/2025 

    LINK Live Streaming Bali United vs Persebaya Hari Ini, di Pekan Ke-17 di BRI Liga 1 2024/2025 

    JABAR EKSPRES – Pertandingan pekan ke-17 di BRI Liga 1 2024/2025 mulai digelar pada hari Jumat, 27 Desember 2024. Pada pertandinga di pekan ke-17 yang digelar hari ini, terdapat pertandingan yang mempertemukan Malut United dengan Persija Jakarta, PSBS Biak dengan Dewa United, dan Bali United dengan Persebaya.

    Dalam pertandingan di pekan ke-17 antara Bali United dengan Persebaya ini akan disiarkan langsung di Indosiar dan Vidio mulai pukul 19:00 WIB. Diketahui bahwa pertandingan ini berlangsung di Stadion Dipta.

    BACA JUGA: Dapat Saldo Rp390.000 E-Wallet DANA, Langsung Cair Hitungan Detik Ke Akun Pengguna

    BACA JUGA: Langsung Cair Rp460.000 Saldo DANA Gratis Lewat TRIK JITU 2024, Ini Langkahnya

    Dalam urutan klasemen sendiri Bali United berada pada posisi ke-9 dengan mencetak poin 24 dengan 7 kali menang, 3 kali seri dan 5 kali kalah. Sementara untuk Persebaya dalam urutan klasemen berada pada posisi ke-1 dengan poin 37, dengan 11 kali menang, 4 kali seri, dan 1 kali kalah.

    Berikut ini tersedia link live streaming bagi kamu yang ingin menonton pertandingan antara Bali United dengan Persebaya hari ini.

    Jadwal Lengkap BRI Liga 1 2024/2025 Pekan ke-17 : Jadwal Lengkap BRI Liga 1 2024/2025 Pekan Ke-17, Catat Tanggalnya!

    LINK STREAMING Bali United vs Persebaya  : 

    https://www.vidio.com/watch/8304650-gaskeun-bri-liga-1-2024-2025-segera-dimulai-dukung-saksikan-klub-kesayanganmu-hanya-di-indosiar?utm_source=google&utm_medium=pre-game&utm_campaign=liga1-ENhttps://www.vidio.com/live/17623-bri-liga-1?schedule_id=3962867