kab/kota: Beijing

  • Reaksi Negara-Negara soal Tarif Trump, dari Negosiasi hingga Tarif Balasan

    Reaksi Negara-Negara soal Tarif Trump, dari Negosiasi hingga Tarif Balasan

    Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah negara telah mengambil langkah untuk merespons kebijakan tarif timbal balik alias reciprocal tariff yang ditetapkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Kebijakan perdagangan AS di bawah kepemimpinan Presiden Trump tersebut menyebutkan bahwa semua negara akan dikenakan tarif minimum 10% ke dengan negara-negara yang dianggap memiliki hambatan tinggi terhadap barang-barang AS akan menghadapi tarif lebih besar. 

    Selain itu, Trump juga menerapkan tarif tambahan terhadap sejumlah negara, mulai dari China hingga Uni Eropa.

    Sejumlah negara pun memberikan reaksi. China, misalnya, memberlakukan tarif balasan yang menyasar produk pertanian AS. Uni Eropa juga mengusulkan tarif balasan serupa terhadap sejumlah produk yang diimpor dari AS.

    Di sisi lain, sejumlah negara menempuh opsi negosiasi dan diplomasi guna mengurangi dampak tarif Trump tersebut.

    Berikut ini adalah respons berbagai negara terhadap kebijakan tarif yang diberlakukan Presiden AS Donald Trump:

    China

    China bereaksi paling keras terhadap tarif yang dikenakan AS. Negeri Tirai Bambu ini menilai kebijakan ini sebagai pelanggaran atas aturan perdagangan internasional dan memperingatkan bahwa tindakan Trump bisa menyulut perang dagang berskala global.

    Sebagai tanggapan, Beijing memberlakukan tarif balasan sebesar 34%, terutama menyasar produk-produk pertanian asal Amerika Serikat. Tarif balasan ini kemudian dibalas kembali dengan ancaman Trump yang akan mengenakan tarif tambahan 50%.

    Pemerintah China langsung merespons keras ancaman tersebut. Melansir Reuters, Selasa (8/4/2025), Kedutaan Besar China di AS menyebut ancaman Trump tersebut sebagai simbol dari sikap unilateralisme dan proteksionisme.

    Juru bicara Kedutaan Besar China Liu Pengyu mengatakan pemerintah China telah berulang kali menegaskan bahwa upaya menekan dan mengancam China bukanlah pendekatan yang efektif.

    Jepang

    Jepang menyebut tarif 24–25% terhadap kendaraan dan suku cadang sebagai “krisis nasional”. Pemerintah Negeri Sakura mendesak Washington membatalkan kebijakan sepihak ini dan menyatakan kesiapan untuk membuka ruang negosiasi.

    Menteri Perdagangan Jepang bahkan menuding langkah tersebut melanggar perjanjian di bawah WTO serta mencederai hubungan dagang bilateral.

    Vietnam, Thailand

    Vietnam mengambil langkah antisipatif dengan menggelar rapat darurat guna menyusun strategi menghadapi tarif sebesar 46% yang dinilai mengancam target pertumbuhan ekonomi 8% pada 2025. Pemerintah Vietnam berharap AS tetap menjaga hubungan baik dan bersedia mempertimbangkan ulang kebijakan kontroversial itu.

    Sementara itu, Thailand menyusun strategi negosiasi untuk mengurangi dampak dari tarif 36% yang dijatuhkan pada sejumlah produknya.

    Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra menyatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan serangkaian rencana mitigasi sebagai langkah perlindungan ekonomi nasional.

    Indonesia terkena tarif 32% sebagai respons atas kebijakan tarif 64% yang lebih dulu diberlakukan terhadap produk-produk AS. Pemerintah menyoroti ancaman serius berupa gelombang pemutusan hubungan kerja di sektor tekstil dan otomotif, serta risiko resesi. Sebagai respons, Indonesia mempertimbangkan strategi diversifikasi ekspor dan penguatan pasar domestik, serupa dengan langkah yang tengah dijalankan Vietnam.

    Eropa

    Dari kawasan Eropa, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengecam tarif 20% dari AS sebagai “pukulan besar bagi ekonomi global”. Selain itu, Blok beranggotakan 27 negara ini juga menghadapi tarif impor 25% untuk baja dan aluminium serta mobil mulai Rabu.

    Komisi Eropa mengusulkan tarif pembalasan sebesar 25% terhadap berbagai impor AS sebagai tanggapan atas tarif baja dan aluminium Trump, bukan pungutan yang lebih luas.

    Namun, daftar tersebut dipersingkat setelah eksekutif Uni Eropa tunduk pada tekanan dari negara-negara anggota dan menghapus bourbon, anggur, dan produk susu setelah Trump mengancam akan menerapkan tarif balasan sebesar 200% pada minuman beralkohol Uni Eropa.

    Prancis dan Italia, eksportir utama anggur dan minuman beralkohol, sangat khawatir.

    Kanada

    Kanada melalui Perdana Menteri Mark Carney mengancam akan mengambil langkah balasan guna melindungi tenaga kerja domestik.

    Ottawa menyebut kebijakan Trump sebagai ancaman nyata terhadap sistem perdagangan global yang selama ini dibangun atas prinsip keterbukaan dan keseimbangan.

  • Kecelakaan Maut Libatkan Xiaomi SU7 Tewaskan Tiga Mahasiswi, Ini Pernyataan Resmi Perusahaan

    Kecelakaan Maut Libatkan Xiaomi SU7 Tewaskan Tiga Mahasiswi, Ini Pernyataan Resmi Perusahaan

    JAKARTA – Sebuah kecelakaan tragis yang melibatkan sedan listrik Xiaomi SU7 Standard terjadi pada 29 Maret di Jalan Tol Dezhou-Shangrao (G0321), tepatnya di wilayah Chiqi dekat Tongling, Provinsi Anhui, China. Tiga mahasiswi tewas dalam insiden ini saat sedang dalam perjalanan menuju ujian pegawai negeri.

    Ini menjadi kasus fatal pertama yang tercatat terkait kendaraan listrik pertama Xiaomi sejak peluncurannya, dan langsung memicu kekhawatiran luas mengenai keamanan teknologi mengemudi otonom.

    Ketiga korban adalah mahasiswi universitas yang hendak ke Kota Chizhou untuk mengikuti ujian CPNS. Mereka menggunakan Xiaomi SU7 varian Standard — model dasar dari lini SU7 — yang dibeli pada Mei 2024 dan baru diterima pada 19 Oktober 2024.

    Varian ini menggunakan sistem Navigate on Autopilot (NOA) berbasis kamera, tanpa dukungan sensor LiDAR seperti yang terdapat pada varian Pro dan Max.

    Kecelakaan terjadi di bagian jalan yang sedang dalam perbaikan. Lalu lintas dialihkan ke jalur yang lebih sempit, yang kemungkinan besar mengandung puing-puing atau penghalang konstruksi. Faktor inilah yang diduga berkontribusi terhadap tabrakan mematikan tersebut.

    Kronologi Kecelakaan (Berdasarkan Data Kendaraan)

    Data dari sistem kendaraan yang diserahkan Xiaomi ke kepolisian memberikan gambaran kronologis sebagai berikut:

    Pukul 22:27:17: Sistem NOA diaktifkan, kecepatan kendaraan tercatat 116 km/jam.

    Pukul 22:44:24: Sistem mendeteksi adanya rintangan di jalan, mengeluarkan peringatan dan mulai memperlambat laju.

    Pukul 22:44:25: Pengemudi mengambil alih kontrol manual, membelokkan setir sejauh 22 derajat ke kiri, dan mulai mengerem sebesar 31%.

    Pukul 22:44:26: Setir dikoreksi ke kanan sebesar 1 derajat, dan pengereman ditingkatkan menjadi 38%.

    Pukul 22:44:26–22:44:28: Kendaraan menabrak pembatas beton dengan kecepatan 97 km/jam. Tabrakan ini disusul oleh kebakaran hebat.

    Kondisi Pasca Tabrakan

    Beberapa laporan media sosial, termasuk dari ibu salah satu korban melalui aplikasi Douyin, menyebut bahwa pintu mobil terkunci otomatis setelah tabrakan, menjebak para korban di dalam saat mobil terbakar. Xiaomi belum bisa memverifikasi hal ini, meskipun menyebutkan bahwa kendaraan dilengkapi tombol darurat untuk membuka kunci pintu dari dalam. Namun, belum jelas apakah tombol tersebut berfungsi dalam situasi darurat seperti kebakaran.

    Pihak Xiaomi juga menyatakan bahwa sistem NOA saat ini belum mampu mengenali objek kecil seperti kerucut lalu lintas atau penghalang air (water barrier), yang diduga menjadi penyebab kegagalan sistem mendeteksi rintangan sebelum tabrakan terjadi.

    Respons Xiaomi

    Xiaomi membentuk tim investigasi pada 30 Maret dan menyerahkan data kendaraan ke kepolisian sehari setelahnya. CEO Xiaomi, Lei Jun, menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan berjanji akan bersikap transparan serta memberikan dukungan kepada keluarga korban.

    Pihak perusahaan membantah rumor bahwa kendaraan telah diamankan dan dibawa ke Beijing, dengan menyebut bahwa mereka bahkan belum mendapat akses langsung ke mobil yang mengalami kecelakaan. Xiaomi juga menjelaskan bahwa kendaraan berada dalam mode bantuan NOA dengan kecepatan tinggi sebelum tabrakan, dan sistem sempat memberikan peringatan serta memperlambat laju kendaraan sebelum terjadi benturan fatal.

    Terkait dengan sumber api pasca kecelakaan, Xiaomi menyatakan bahwa kemungkinan besar api berasal dari dalam kabin, bukan dari baterai kendaraan. Mereka juga mengonfirmasi bahwa sistem pengereman darurat otomatis (Automatic Emergency Braking – AEB) tidak aktif karena penghalang air tidak termasuk dalam daftar objek yang dapat dideteksi oleh sistem saat ini.

    Pihak kepolisian masih terus menyelidiki kondisi jalan, keputusan pengemudi, serta performa sistem kendaraan secara keseluruhan. Tragedi ini memicu perdebatan penting terkait keandalan teknologi mengemudi otonom, efektivitas fitur keselamatan darurat, dan kebutuhan pelatihan yang lebih menyeluruh bagi pengguna kendaraan listrik modern.

    Kecelakaan ini juga menjadi ujian besar bagi Xiaomi dalam mempertahankan reputasi dan kredibilitasnya sebagai pemain baru di industri otomotif listrik global. Ke depannya, hasil investigasi ini akan menjadi rujukan penting dalam menyempurnakan teknologi mengemudi otomatis dan fitur keselamatan pada kendaraan generasi mendatang.

  • Bikin Melongo, Jet J-36 China Terbang Rendah di Atas Jalan Raya Ramai: PLA Olok-olok Amerika – Halaman all

    Bikin Melongo, Jet J-36 China Terbang Rendah di Atas Jalan Raya Ramai: PLA Olok-olok Amerika – Halaman all

    Bikin Melongo, Jet J-36 China Terbang Rendah di Atas Jalan Raya Ramai: PLA Olok-olok Amerika

     

    TRIBUNNEWS.COM – Pada Senin (7/4/2025), sebuah video yang mencengangkan muncul di internet.

    Video itu menunjukkan sebuah jet tempur yang ramping dan futuristik meluncur hanya beberapa meter di atas jalan raya perkotaan yang ramai di China.

    “Jet itu terbang di antara mobil-mobil dengan ketepatan yang mengerikan yang membuat para penonton tercengang,” tulis ulasan di situs militer BM, Senin.

    Diidentifikasi oleh para analis sebagai Chengdu J-36 , pesawat ini secara luas diyakini sebagai pesawat tempur generasi berikutnya dari Tiongkok, sebuah mesin yang dikabarkan akan menandai era baru peperangan udara.

    Tidak seperti sekilas penampakan J-36 yang terbang tinggi di atas awan, penerbangan rendah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini menawarkan penampakan terdekat dari apa yang mungkin merupakan jet generasi keenam pertama yang beroperasi di dunia.

    “Namun, di balik tontonan itu, ada pertanyaan yang mendesak: Apakah ini kebocoran spontan yang terekam oleh netizen, atau tindakan settingan yang diatur secara cermat oleh Beijing?” ulas situs militer tersebut mencoba menyibak maksud China memamerkan ‘mainan’ barunya ini pada saat ini.

     

    Jet tempur J-36 telah menjadi bahan spekulasi dan daya tarik sejak pertama kali muncul rumor tentang keberadaannya.

    Dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Corporation di provinsi Sichuan, jet tempur ini dilaporkan melakukan penerbangan perdananya pada akhir Desember 2024, sebuah tonggak sejarah yang menarik perhatian para penggemar militer dan analis pertahanan.

    Rekaman buram dari uji coba awal itu, yang memperlihatkan pesawat tanpa ekor berbentuk segitiga yang dibayangi oleh pesawat pengejar J-20S , memicu perdebatan tentang lompatan Tiongkok ke teknologi generasi keenam.

    Penampakan berikutnya di awal tahun ini mengonfirmasi pengujian yang sedang berlangsung, tetapi rincian resmi dari pemerintah Tiongkok masih minim.

    “Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China belum mengonfirmasi maupun membantah penunjukan jet itu sebagai J-36, sehingga para ahli harus menyusun ceritanya dari petunjuk yang terpisah-pisah,” tulis situs BM.

    Hal yang membuat video terbaru ini istimewa adalah kedekatan dan keintimannya—diunggah secara daring dalam waktu satu jam, video ini mengangkat J-36 dari ranah rumor yang jauh ke realitas nyata di jalanan.

    Namun, terlepas dari semua yang diungkapkannya, video ini menimbulkan banyak pertanyaan seperti halnya jawaban, yang memperkuat misteri yang menyelimuti program ambisius ini.

    Kemajuan pesat dalam bidang penerbangan Tiongkok bukanlah hal baru, tetapi waktu dan sifat video ini menunjukkan sesuatu yang lebih dari sekadar uji terbang rutin.

    Secara historis, Beijing telah mengendalikan informasi secara ketat tentang kemajuan militernya, sering kali mengungkapkannya melalui media pemerintah dengan ketepatan yang diatur.

    J-20, jet tempur siluman generasi kelima pertama Tiongkok, diperkenalkan dengan meriah di Pameran Udara Zhuhai 2016, sementara J-35A, jet siluman berbasis kapal induk, memulai debutnya secara resmi pada November 2024 di acara yang sama.

    Sebaliknya, rekaman J-36 ini terasa mentah dan tanpa filter, seolah-olah diambil secara kebetulan.

    TERBANG RENDAH – Jet tempur yang diyakini sebagai J-36 China, terbang rendah di atas jalan raya yang ramai hanya beberapa meter dari mobil yang melintas. China diyakini tengah memamerkan kemampuannya ke Amerika Serikat.

    Pesan Buat AS

    Analis pertahanan telah mencatat kalau Tiongkok terkadang mengizinkan “kebocoran terkendali” untuk memamerkan kekuatan teknologinya tanpa pengakuan resmi. 

    Mungkinkah ini salah satu contohnya? Terbang rendah di atas jalan raya sipil, yang dilakukan dengan penuh percaya diri, dapat berfungsi sebagai demonstrasi dengan tujuan ganda—meningkatkan kebanggaan nasional di dalam negeri sekaligus mengirimkan pesan kepada para pesaing di luar negeri.

    “Dengan meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, khususnya terkait Taiwan, dan AS yang terus mendorong program Dominasi Udara Generasi Berikutnya [NGAD] miliknya, waktu peluncurannya terasa jauh dari sekadar kebetulan,” tulis ulasan tersebut.

    Hal yang membuat J-36 sendiri begitu menarik adalah betapa sedikitnya pengetahuan publik secara pasti, ditambah dengan apa yang tersirat dalam video yang viral ini. 

    JET GENERASI KEENAM – Jet tempur generasi keenam Tiongkok, J-36 China melakukan uji terbang. Pesawat tempur canggih ini dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Corporation (CAC).  (DSA/Tangkap Layar)

    Jet Tempur Canggih Generasi Keenam

    Tidak seperti pendahulunya, jet J-20 dan J-35A, yang merupakan platform generasi kelima yang berfokus pada siluman dan peperangan jaringan, J-36 diperkirakan akan mewujudkan ciri-ciri generasi keenam jet tempur: kemampuan siluman yang ditingkatkan, integrasi kecerdasan buatan, dan mungkin senjata berenergi terarah.

    Laporan dari The Aviationist menyusul penampakan keduanya pada bulan Maret menggambarkan desain sayap terbang tanpa ekor dengan roda pendaratan masih memanjang, mengisyaratkan pengujian tahap awal.

    Konfigurasi pesawat, yang tidak memiliki stabilisator tradisional, menunjukkan sistem fly-by-wire canggih untuk mempertahankan kendali, fitur yang dapat mengurangi penampang radar secara drastis.

    “Postingan di X dari pengguna seperti @zhao_dashuai mengklaim bahwa pesawat ini memiliki tiga mesin—mungkin turbofan WS-10C atau WS-15 yang lebih canggih—yang memberikan daya dorong untuk kecepatan tinggi dan muatan berat, meskipun rincian tersebut belum diverifikasi oleh sumber resmi,” tulis ulasan BM. 

    Namun, yang unik dari penerbangan di atas jalan raya ini adalah perilaku jet di ketinggian rendah.

    Meluncur hanya beberapa meter di atas lalu lintas, pesawat ini menunjukkan stabilitas dan kemampuan manuver yang luar biasa pada kecepatan rendah, kemampuan yang jarang dikaitkan dengan pesawat tempur siluman yang dioptimalkan untuk pertempuran di ketinggian dan kecepatan tinggi.

    Hal ini menimbulkan kemungkinan yang menggiurkan: Apakah J-36 dirancang untuk lebih dari sekadar keunggulan udara, mungkin dirancang khusus untuk misi penetrasi tingkat rendah di lingkungan yang diperebutkan?

    Untuk memahami signifikansi J-36, ada baiknya memeriksa profil teknisnya secara terperinci, meskipun fakta-fakta yang ada masih sulit dipahami.

    Bentuk pesawat tanpa ekor dan sayap delta ini sejalan dengan tren desain generasi keenam, yang memprioritaskan fitur siluman daripada aerodinamika tradisional.

    Menurut analisis bulan Maret, kurangnya penstabil vertikal dapat meningkatkan kemampuannya untuk menghindari radar dari berbagai sudut, keuntungan penting terhadap sistem pertahanan udara modern seperti Patriot AS atau S-400 Rusia.

    Susunan tiga mesin yang dispekulasikan, jika benar, akan menjadi pengecualian di antara pesawat tempur taktis, yang biasanya mengandalkan satu atau dua mesin untuk efisiensi.

    Namun, seperti yang dicatat The War Zone dalam liputannya tentang penampakan J-36 sebelumnya, ini dapat menyediakan daya yang dibutuhkan untuk penerbangan supersonik berkelanjutan atau untuk mendukung sistem yang membutuhkan banyak energi seperti senjata laser—ciri khas konsep generasi berikutnya.

    Low pass video tersebut tidak memperlihatkan persenjataan atau susunan sensor, tetapi ukuran dan keseimbangan jet tersebut menunjukkan adanya rongga internal yang mampu menampung rudal jarak jauh atau bahkan amunisi balistik yang diluncurkan dari udara.

    “Dibandingkan dengan F-35 AS, yang menyeimbangkan antara kemampuan siluman dengan keserbagunaan dengan biaya per unit sekitar $80 juta, atau F-22 Raptor, pesawat tempur yang mendominasi udara dengan biaya $150 juta per unit, J-36 mungkin bertujuan untuk melampaui keduanya dalam hal jangkauan dan kemampuan beradaptasi,” tulis BM. 

    Terkait dengan kemunculan menghebohkan Jet J-36 yang terbang rendah ini, gejolak geopolitik saat ini tidak dapat diabaikan.

    Modernisasi militer Tiongkok telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan Laporan Kekuatan Militer Tiongkok 2024 milik Pentagon memperkirakan kalau Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dapat mengerahkan lebih dari 200 J-20 dan dengan cepat memperluas kemampuan generasi kelimanya.

    Peluncuran J-35A di Zhuhai November lalu menggarisbawahi niat Beijing untuk menantang dominasi angkatan laut AS di Indo-Pasifik, dengan memasangkan jet silumannya dengan armada kapal induk yang terus bertambah.

    “Kini, kemunculan dramatis J-36 terjadi saat AS mengkalibrasi ulang strategi kekuatan udaranya sendiri,” tulis ulasan BM.

    Perlu diketahui, aksi akrobatik jet tempur China ini muncul saat AS baru berkoar-koar soal
    Program Next Generation Air Domination (NGAD).

    Dengan latar belakang ini, aksi berani China tersebut bisa jadi merupakan ejekan, sebuah pengingat kalau sementara AS memperdebatkan anggaran, Beijing sudah menguji perangkat keras di depan mata, tulis Boyko Nicolov, analis dan penulis di situs militer BM.

    “Konteks historis dari pertunjukan semacam itu menambahkan lapisan lain. Selama Perang Dingin, Uni Soviet sering memamerkan pesawat tempur MiG-nya dalam lintasan ketinggian rendah untuk memberi sinyal kesiapan, seperti yang terlihat pada tahun 1989 ketika MiG-29 terbang rendah di atas fjord Norwegia selama latihan NATO,” tulis ulasan situs militer tersebut merujuk pada aksi sejarah yang mirip apa yang dilakukan oleh China saat ini.

    J-36, jika segera beroperasi, kemampuan jet ini dapat mendefinisikan ulang pertempuran udara AS dan China. 

    “Kehebatannya di ketinggian rendah, yang diisyaratkan dalam video, mungkin cocok untuk menembus pertahanan udara Taiwan atau menyerang aset AS di Guam, sekitar 1.800 mil dari pantai China—jarak yang sulit ditempuh J-20 tanpa mengisi ulang bahan bakar,” tulis simpulan BM atas aksi J-36 China ini.

     

    (oln/bm/*)

     

  • Perang Dagang: China Gunakan Mineral Langka untuk Pukul AS

    Perang Dagang: China Gunakan Mineral Langka untuk Pukul AS

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah China menggunakan sejumlah mineral langka atau logam tanah jarang sebagai senjata dalam menghadapi perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

    Dilansir Bloomberg, Senin (7/4/2025) Negara Tirai Bambu itu mengambil langkah untuk membatasi ekspor beberapa komoditas mineral langka dan mengancam rantai pasok global sejumlah material yang digunakan pada industri teknologi secara luas, dari kendaraan listrik hingga persenjataan.

    Sebagai bagian dari tindakan balasan terhadap apa yang disebut tarif timbal balik Presiden Donald Trump atas barang-barang impor China, Beijing mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan memperketat kontrol atas ekspor tujuh jenis mineral langka.

    Sebagai informasi, China sejauh ini merupakan pemasok mineral terbesar di dunia, yang terdiri dari 17 unsur dalam tabel periodik.

    Langkah itu mendorong sejumlah saham, yang terkait dengan mineral, melonjak pada perdagangan hari ini. Saham China Rare Earth Holdings Ltd. naik sekitar 10% di Bursa Hong Kong. Sementara, China Northen Rare Earth Group naik 9,2%, dan Lynas Rare Earths Ltd. menguat 5,1%.

    Berdasarkan Survei Geologi AS, China menyumbang hamper 70% dari produksi tanah jarang dunia. Keunggulan ini telah lama dipandang sebagai senjata geopolitik yang potensial, mengingat ketergantungan Amerika pada pasokan China.

    Pemerintah China telah memberlakukan pembatasan serupa pada mineral penting lainnya, seperti galium, germanium, grafit, dan antimon, selama dua tahun terakhir di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan.

    Pembatasan ekspor terbaru bukanlah larangan menyeluruh, tetapi menegaskan setiap pengiriman ke luar negeri akan tunduk pada pengawasan yang lebih ketat atas siapa yang membeli, dan mengapa. Logam lain telah mengalami penurunan volume ekspor hingga nol setelah kontrol diberlakukan, dengan eksportir membutuhkan waktu untuk mendapatkan sertifikasi.

    “Kontrol baru tersebut dapat semakin memperketat pasokan global,” kata analis dari Citic Securities Ltd. dalam sebuah catatan.

    Kebijakan tersebut dinilai sebagai upaya menjaga kepentingan keamanan nasional China dan memperkuat nilai strategis investasi dalam rantai industri tanah jarang.

  • IShowSpeed Tunjukkan Wajah China Tanpa Filter

    IShowSpeed Tunjukkan Wajah China Tanpa Filter

    Jakarta

    iShowSpeed, YouTuber populer dari Amerika Serikat, mengunjungi berbagai kota di China. Pemuda dengan nama asli Darren Jason Watkins Jr itu disambut oleh Pemerintah China dan dinilai menunjukkan wajah asli China yang modern dan berbudaya tanpa filter.

    “Seperti inilah penampakan China! Inilah China di sini!” kata IShowSpeed dengan takjub saat melakukan streaming langsung di kawasan Bund Shanghai. Di latar belakang, tampak Menara Oriental Pearl yang terkenal di antara gedung-gedung pencakar langit.

    Dari sana, kreator konten berusia 20 tahun itu memulai tur pertamanya di China sejak akhir bulan lalu. Dalam siaran langsung terbarunya, Speed berada di Hong Kong dan Shenzhen.

    “Meski terkendala bahasa dan jadwal padat, IShowSpeed memanjakan penggemar di seluruh dunia dengan sesi streaming langsung tanpa gangguan saat menyusuri jalan-jalan dan gang-gang China, merasakan sejarah dan budaya China, menikmati kuliner dan camilan China, serta berinteraksi dengan penggemar China yang antusias dan penduduk lokal dari berbagai lapisan,” tulis media pemerintah China, Xinhua, yang dikutip detikINET, Minggu (6/4/2025).

    “Berbeda dengan gambaran suram bahkan muram yang sering digambarkan beberapa media barat, acara IShowSpeed yang tidak diedit dan tanpa naskah memperlihatkan China yang ceria, beragam, ramah, dan makmur,” tambah media itu.

    Di Shanghai, ia bergabung dalam aktivitas warga, nonton barongsai, kung fu, dan menyaksikan perkembangan mobil listrik China yang pesat. Di Beijing, ia mengunjungi Tembok Besar dan Kota Terlarang dan melakukan salto, mengundang sorak sorai dari kerumunan yang menyambutnya di dua tempat ikonik China itu.

    Ia juga menaiki kereta peluru dan memuji sinyal 5G dan akses internet saat melakukan streaming langsung dengan lancar meski berada di terowongan. “Saya mengagumi teknologi dan internet China, dan penggemar China sangat menghormatinya,” kata sebuah komentar YouTube, yang mendapat lebih dari 900 like.

    Di Provinsi Henan, ia pergi ke Kuil Shaolin untuk latihan kung fu. Di sana, seorang mentor kung fu, Master Liang, menyambutnya dengan hangat dan mengajarinya seni bela diri.

    Di Chengdu, Speed menelusuri berbagai elemen budaya di kota ini, termasuk Opera Sichuan, hotpot Sichuan, akupuntur tradisional, dan rumah teh. Sedangkan di Chongqing, Speed menyajikan pemandangan kota besar yang terkenal dengan nuansa futuristiknya. Ia menyaksikan pemandangan kereta melewati sebuah gedung, melihat arsitektur kota pegunungan yang modern, dan mengabadikan kehidupan malamnya.

    “Saya belum pernah ke negara yang memiliki hal-hal seperti ini. Chongqing itu indah,” kata Speed, dengan latar belakang Chongqing yang menampilkan gedung pencakar langit dan jembatan yang benderang di malam hari.

    Lima episode siaran langsung IShowSpeed di Shanghai, Beijing, Henan, Chengdu, dan Chongqing telah menghasilkan lebih dari 35 juta penayangan di YouTube, dengan banyak klip video menjadi viral di kalangan netizen China dan global.

    (fyk/hps)

  • Menyusuri Kawasan Niujie, Surga Kuliner Halal di Beijing China – Page 3

    Menyusuri Kawasan Niujie, Surga Kuliner Halal di Beijing China – Page 3

    Harga makanan pun bervariasi, semisal Jianbing dengan isian telur, sayuran, daging, serta saus dibanderol RMB 8-11, roti isi daging sapi atau domba RMB 10-15, mi tarik (lamian) dibanderol RMB 20-35, kue wijen, youtiao, atau cemilan kecil dijual seharga RMB 3-10.

    Tidak ada sekat antara pembeli muslim dan non muslim di kawasan kuliner halal Niujie, semuanya nampak menikmati makanan yang diperoleh dari restoran dan toko-toko Muslim Hui.

    Selain restoran dan warung jajanan, di Niujie juga terdapat deretan toko daging halal. Kebanyakan menjual potongan serta irisan daging sapi dan domba untuk masakan khas muslim.

    Tidak hanya itu, di kawasan ini juga ada Masjid Niujie, yang terkenal sebagai masjid tertua dan terbesar di Beijing. Masjid Niujie juga terdaftar sebagai cagar budaya resmi dari pemerintah China.

    Saat ini Masjid Niujie tengah tengah direstorasi yang pengerjaan renovasinya masih berlangsung, sehingga masjid ditutup untuk kegiatan ibadah sehari-hari, termasuk Salat Idul Fitri (Id) pada 31 Maret 2025 lalu.

    “Proyek restorasi cagar budaya Masjid Niujie dimulai pada 19 Agustus 2024 dan diperkirakan akan memakan waktu tiga tahun untuk diselesaikan,” demikian keterangan Asosiasi Islam Distrik Xicheng yang tertulis dalam spanduk pemberitahuan di Masjid Niujie.

  • Dorongan Strategis Tiongkok, Afrika Selatan, Taiwan, dan Perebutan Kekuatan Global – Halaman all

    Dorongan Strategis Tiongkok, Afrika Selatan, Taiwan, dan Perebutan Kekuatan Global – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tiongkok disebut berhasil dalam meyakinkan Afrika Selatan untuk memutus hubungan dengan Taiwan. 

    Dikutip dari Geopolitico, Minggu (6/4/2025), hal itu menyebabkan meningkatnya ketegangan antara Afrika Selatan dan Taiwan. 

    Dengan batas waktu yang ditetapkan pada akhir Maret 2025, semua mata akan tertuju pada Afrika Selatan dan Taiwan, sementara masyarakat global mengamati.

    Tiongkok secara strategis meningkatkan pengaruhnya atas Afrika Selatan.

    Tiongkok, yang telah memberikan pinjaman besar kepada Afrika Selatan dari waktu ke waktu, telah mendiktekan persyaratan kepada para pemimpin Afrika Selatan. 

    Sebuah pesan terbaru di website Departemen Hubungan dan Kerja Sama Internasional (Dirco), mungkin tampak seperti sekadar catatan bagi sebagian orang.

    Tetapi, pesan tersebut penting dalam bidang hubungan diplomatik dan global.

    Dengan latar belakang Taiwan yang tidak menikmati status diplomatik apa pun di Afrika Selatan pasca-demokrasi, yang dianggap sebagai bagian dari Tiongkok, Dirco memperjelas hal tersebut dengan mengganti nama ‘Kantor Penghubung Taipei’ menjadi ‘Kantor Komersial Taipei’.

    Pada bulan Oktober, Afrika Selatan memberi Taiwan waktu enam bulan untuk memindahkan kantornya.

    Afrika Selatan tidak secara resmi mengakui Taiwan yang diperintah secara demokratis, tetapi telah mengizinkan kantornya untuk beroperasi di Pretoria sejak akhir 1990-an.

    Hal tersebut dilakukan dalam menangani perdagangan dan visa. 

    Afrika Selatan memutus hubungan dengan Taiwan pada 1998, ketika negara itu menjalin hubungan diplomatik resmi dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

    Afrika Selatan dan Taiwan sepakat untuk mengganti Kedutaan Besar Taiwan dengan TLO, yang akhirnya dibuka di Pretoria. 

    TLO tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi hubungan ekonomi antara Taiwan dan Afrika Selatan.

    Dengan mencabut hubungan diplomatiknya dengan Taiwan, Afrika Selatan mengakui RRT sebagai satu-satunya perwakilan sah rakyat Tiongkok. Hal ini sejalan dengan dukungan Afrika Selatan terhadap kebijakan Satu Tiongkok yang terus dipatuhinya hingga saat ini.

    Meski memiliki hubungan historis dengan rezim apartheid Afrika Selatan, Taiwan telah berjuang untuk mempertahankan pengaruhnya sejak pembentukan pemerintahan mayoritas kulit hitam yang dipimpin oleh Kongres Nasional Afrika (ANC), demikian dilaporkan Diplomat.

    Selama dua setengah tahun setelah naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1994, ANC menerapkan pendekatan yang fleksibel terhadap kebijakan Satu Tiongkok, dengan secara resmi mengakui Taiwan dan Tiongkok.

    Taipei masih memiliki daya tawar yang cukup besar dengan ANC karena telah mendukung kampanye pemilihan umum ANC tahun 1994 secara finansial dan berinvestasi besar dalam Program Rekonstruksi dan Pembangunan (RDP) mereka.

    Penyerahan Hong Kong ke Tiongkok oleh Inggris pada tahun 1997 mengubah dinamika, yang memungkinkan Tiongkok mengancam negara-negara yang mengakui Taiwan dengan pembatasan kehadiran mereka di Hong Kong.

    Akhirnya, pada bulan November 1996, pemerintahan Mandela menyerah pada tekanan tersebut dan mengumumkan keputusannya untuk memutuskan hubungan dengan Taiwan demi Tiongkok, yang sejalan dengan prinsip Satu Tiongkok.

    Afrika Selatan mengizinkan Taiwan untuk mempertahankan kehadiran simbolis melalui kantor penghubung di Pretoria.

    Sejak saat itu, pendekatan Taiwan untuk terlibat dengan Afrika Selatan adalah ‘sembunyi-sembunyi’, karena bertujuan untuk menghindari konfrontasi dengan Tiongkok dan berfokus pada inisiatif tingkat komunitas.

    Sementara banyak dari proyek akar rumput ini efektif dan menghasilkan hasil yang signifikan, proyek-proyek tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan investasi skala besar Tiongkok.

    Karena Taiwan tetap bersikap rendah hati dan berkonsentrasi pada upaya lokal, Tiongkok secara aktif menarik pejabat pemerintah dengan pinjaman dan hibah yang besar. 

    Di Afrika Selatan, Taiwan mengoperasikan dua kantor: satu di Pretoria dan kantor perdagangan lainnya di Cape Town.  

    Meskipun Kementerian Luar Negeri Taiwan telah menggelar protes Potemkin dan menolak keputusan pemindahan ibu kota, keputusan tersebut tampaknya tidak dapat dibatalkan.

    Taiwan mengutip perjanjian tahun 1997 mengenai lokasi kantor perwakilan bersama yang dibuat setelah hubungan diplomatik resmi mereka terputus. Meskipun demikian, Afrika Selatan bersikeras agar Taiwan pindah dalam waktu enam bulan.

    Para analis mengemukakan beberapa alasan di balik keputusan Afrika Selatan.

    Pada bulan Mei, pemilihan umum paling penting sejak berakhirnya apartheid 30 tahun lalu menyaksikan ANC kehilangan mayoritas absolutnya untuk pertama kalinya.

    Partai pembebasan — yang mendapat dukungan Tiongkok selama perjuangannya melawan kekuasaan minoritas kulit putih — dipaksa untuk membentuk Pemerintah Persatuan Nasional dengan partai-partai oposisi yang tidak selalu memiliki hubungan yang sama dengan Beijing atau tujuan kebijakan luar negerinya.

    Delegasi Afrika Selatan yang baru-baru ini menghadiri forum besar Tiongkok-Afrika di Beijing mencakup anggota Aliansi Demokratik (DA), yang dulunya merupakan oposisi utama Afrika Selatan tetapi kini telah bergabung dengan ANC dalam pemerintahan persatuan.

    DA sebelumnya telah mengkritik hubungan dekat Afrika Selatan dengan Tiongkok, mengecam Tiongkok atas hak asasi manusia, dan menyatakan dukungannya terhadap Taiwan. 

    Namun, setelah pengumuman bahwa Afrika Selatan telah memerintahkan Taiwan untuk memindahkan kantor penghubungnya, DA menyatakan kekhawatirannya, dengan menyatakan bahwa tidak ada motivasi yang diberikan untuk membenarkan perubahan sepihak terhadap ketentuan kerangka kerja bilateral Afrika Selatan dengan Taiwan. Namun, partai-partai politik terbagi atas masalah Taiwan.

    Analis menyatakan bahwa jelas bahwa aktor eksternal telah memberikan tekanan pada Pretoria dalam konteks ketegangan geopolitik yang lebih luas dan Pemerintah Persatuan Nasional yang baru dibentuk.

    Posisi Tiongkok Ditegaskan

    Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Afrika dan telah banyak berinvestasi di benua itu sejak munculnya kebijakan infrastruktur global Xi, Prakarsa Sabuk dan Jalan, lebih dari satu dekade lalu.

    Pada forum baru-baru ini, Tiongkok menjanjikan pendanaan yang besar untuk Afrika. Para ahli telah mencatat bahwa Tiongkok telah meningkatkan upaya untuk menekan kehadiran Taiwan di Afrika Selatan, termasuk menekan ANC untuk memaksa Taiwan memindahkan kedutaannya.

    Di Afrika Selatan, perbedaan pendapat mengenai pengaruh Tiongkok yang semakin besar muncul ke permukaan pada tahun 2023. Sebuah survei Afrobarometer menemukan bahwa hanya 37 persen warga Afrika Selatan yang memandang Tiongkok secara positif, sementara elite ANC terus memuji Beijing. Tidak seperti bantuan Barat, yang disertai dengan syarat yang jelas, pengaruh Tiongkok diam-diam menyusup masuk.

    ANC menyebut Partai Komunis Tiongkok sebagai “bintang penunjuk arah” dalam dokumennya tahun 2015, memblokir kunjungan Dalai Lama dan menekan Taiwan untuk memindahkan kedutaannya guna menenangkan Beijing. Namun, perdebatan publik tentang pengaruh yang semakin besar ini masih belum jelas. 

    Para ahli menyatakan kekhawatiran bahwa utang Afrika Selatan sebesar $22 miliar kepada Tiongkok dapat mengikuti jejak Kenya dan Zambia. Afrika Selatan, dengan Penanaman Modal Asing (FDI) Tiongkok sebesar $14 miliar sejak 2008, tidak kebal.

    Gagal bayar pinjaman atau konsesi pelabuhan dapat mengalihkan kendali, yang memperkuat cengkeraman Tiongkok pada titik terakhir segitiga Indo-Pasifik.

    Pada pertemuan puncak BRICS 2023, janji penting dibuat untuk infrastruktur Afrika Selatan, dengan 70% pendanaan berasal dari perusahaan Tiongkok, yang semakin memperdalam ketergantungan Afrika Selatan.

    Arus perdagangan juga condong ke arah yang menguntungkan Tiongkok, dengan ekspor ke Afrika mencapai total $179 miliar pada tahun 2024, sementara impor tetap lebih rendah pada $117 miliar. 

    Saat ini posisi Afrika Selatan menjadi rentan di bawah pengaruh Tiongkok karena beban pinjamannya yang besar, kewajiban kemitraan strategis, dan pembangunan infrastruktur.

    Masyarakat global tidak dapat membiarkan Tiongkok menekan atau memengaruhi negara-negara berdaulat untuk memajukan tujuan ekspansifnya sendiri.

    Sebaliknya, harus ada upaya terpadu untuk menghalangi pengaruh Tiongkok yang semakin besar dan memastikan bahwa diplomasi dan kedaulatan internasional ditegakkan.

    SUMBER

  • Baru Setahun, Xiaomi Sudah Kirim Mobil Segini

    Baru Setahun, Xiaomi Sudah Kirim Mobil Segini

    Jakarta

    Xiaomi memang pemain baru di industri mobil. Meski tergolong pemula, nama besar Xiaomi sebagai perusahaan teknologi berhasil membetot perhatian. Penjualannya terus naik dari bulan ke bulan.

    Dikutip dari Carnewschina, Minggu (6/4/2025) Xiaomi mengumumkan sudah mengirim lebih dari 29.000 kendaraan listrik pada bulan Maret 2025. Angka ini menjadi rekor bulanan terbaru. Bagi Xiaomi, ini adalah bulan keenam berturut-turut dengan pengiriman lebih dari 20.000 unit.

    Secara kumulatif Xiaomi sudah mencatatkan pengiriman sebanyak 200 ribu unit.

    Xiaomi meluncurkan mobil pertamanya pada 28 Maret 2024, dan pengiriman dimulai tepat satu tahun yang lalu pada 1 April. Xiaomi mendaftarkan 186.112 EV dalam 11 bulan pertama (antara April 2024 dan Maret 2025), menurut China EV DataTracker.

    Dengan lebih dari 29.000 unit yang dikirim pada bulan Maret, Xiaomi telah mengirimkan lebih dari 215.112 mobil dalam dua belas bulan pertama sejak diluncurkan (April 2024 – Maret 2025).

    Xiaomi memiliki target tahunan untuk tahun 2025, yang ditetapkan pada 350.000 unit. Pada kuartal pertama, Xiaomi mengirimkan lebih dari 75.625 EV di Cina.

    Saat ini Xiaomi baru menjual mobilnya di pasar China, yakni Xiaomi SU7. tiga trim – Standar, Pro dan Max dan versi performa tinggi, SU7 Ultra, yang meluncur pada Februari 2025 lalu.

    Soal harga, mobil Xiaomi ini tidak tergolong barang murah. Soalnya harga paling rendah itu dibanderol 215.900 Yuan atau mulai dari 490 jutaan. Sedangkan SU7 Ultra tembus 529.900 Yuan atau kira-kira Rp 1,2 miliaran!

    Xiaomi hanya menjual satu model SU7. Saat ini hanya memiliki satu pabrik, yang berbasis di Beijing. Ini memiliki kapasitas tahunan sebesar 150.000 unit pada tahap pertama, yang telah selesai pada tahun 2023. Setelah tahap kedua selesai, pabrik akan menambahkan 150.000 unit output tahunan lainnya.

    Xiaomi akan meluncurkan mobil keduanya, SUV YU7, pada bulan Juli untuk menantang Tesla Model Y di Cina.

    (riar/din)

  • Balas Tarif Trump, China Batasi Mineral ‘Harta Karun Dunia’ ke AS

    Balas Tarif Trump, China Batasi Mineral ‘Harta Karun Dunia’ ke AS

    Jakarta

    China langsung merespon penetapan tarif baru yang diberlakukan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Setelah memberlakukan bea masuk sebesar 34%, China membalasnya, salah satunya dengan memperketat penjualan tanah jarang atau rare earth.

    Sebagai informasi bahwa China merupakan negara yang memiliki cadangan tanah jarang terbesar di dunia hingga 70%, jauh dari yang dipunyai AS yang hanya sekitar 12%. Unsur logam ini sangat bermanfaat berbagai industri teknologi, mulai dari perangkat elektronik, kendaraan listrik, dan lainnya.

    “China mendesak Amerika Serikat untuk segera membatalkan tindakan tarif sepihaknya dan menyelesaikan perbedaan perdagangan melalui konsultasi secara setara, penuh rasa hormat, dan saling menguntungkan,” ujar Beijing dalam pengumumannya dilansir dari The Register, Minggu (6/4/2025).

    Negeri Tirai Bambu ini telah melakukan pembatasan atas ekspor beberapa jenis logam tanah jarang kepada AS. Menurut Kementerian Perdagangan China, pembatasan mineral tersebut di antaranya samarium, gadolinium, terbium, disprosium, lutetium, skandium, dan itrium.

    Kontrol penjualan tanah jarang China ini tak hanya berdampak pada AS saja, tetapi juga dunia secara keseluruhan.

    Menurut laporan dari Komisi Perdagangan Internasional AS tahun 2020, Negeri Paman Sam ini sangat bergantung pada China akan permintaan rare earth sampai 78%.

    Pembatasan ekspor tanah jarang dari China ini bukan pertama kalinya. Di 2023, China pernah memanfaatkan sumber daya alam yang dimilikinya itu sebagai ‘senjata’ dalam merespon ketidakadilan terhadap negaranya.

    Selain pembatasan tanah jarang, terhitung 10 April 2025, China akan menerapkan tarif 34% pada semua barang impor dari AS. Kebijakan itu merupakan balasan usai Presiden AS Donald Trump meningkatkan perang dagang global.

    Dikutip detikNews dari CNN, Jumat (4/4/2025), Trump telah mengumumkan tarif tambahan sebesar 34% pada semua barang China yang diimpor ke AS. Langkah itu bakal memperburuk ketegangan perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia.

    Negeri Tirai Bambu menganggap kebijakan Trump merusak hak dan kepentingan China. Hal itu yang menjadi pemicu China membalas tarif Trump.

    (agt/agt)

  • Mimpi Buruk Apple, Semua Negara Andalannya Kena Tarif Mencekik Trump

    Mimpi Buruk Apple, Semua Negara Andalannya Kena Tarif Mencekik Trump

    Jakarta

    Apple telah mendiversifikasi rantai pasokannya di luar China ke tempat-tempat seperti India dan Vietnam. Namun tarif yang baru saja diumumkan oleh Gedung Putih juga akan berlaku di negara-negara tersebut.

    Presiden AS Donald Trump menetapkan tarif ke lebih dari 180 negara. China menghadapi tarif 34%, tapi dengan tarif 20% yang berlaku saat ini, tarif sebenarnya untuk Beijing menjadi 54%. India menghadapi tarif 26%, sementara tarif Vietnam 46%. Berikut adalah rincian jejak rantai pasokan Apple yang dapat terpengaruh oleh tarif Trump, dikutip detikINET dari CNBC

    China

    Mayoritas iPhone Apple masih dirakit di China oleh mitranya, Foxconn. menurut perkiraan dari Evercore ISI, China menyumbang sekitar 80% dari kapasitas produksi Apple. Sekitar 90% iPhone dirakit di China. Artinya, Apple masih sangat bergantung pada China.

    Meskipun jumlah lokasi manufaktur di Tiongkok menurun antara tahun fiskal Apple 2017 dan 2020, jumlah tersebut telah meningkat kembali saat ini. Evercore ISI memperkirakan bahwa 55% produk Mac Apple dan 80% iPad dirakit di China.

    India

    Selama dua tahun terakhir, Apple telah melakukan upaya besar untuk meningkatkan produksi iPhone di India karena pemerintah di sana berupaya meningkatkan produksi barang-barang berteknologi tinggi di dalam negeri.

    Apple menargetkan sekitar 25% dari semua iPhone di dunia akan dibuat di India, Menurut estimasi Bernstein, India dapat mencapai sekitar 15%-20% dari keseluruhan produksi iPhone pada akhir tahun 2025. Evercore ISI mengatakan sekitar 10% hingga 15% iPhone saat ini dirakit di India.

    Vietnam

    Vietnam telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai pusat manufaktur populer untuk barang elektronik konsumen. Apple pun telah meningkatkan produksinya di negara tetangga itu.

    Sekitar 20% produksi iPad dan 90% perakitan produk perangkat yang dapat dikenakan Apple seperti Apple Watch dilakukan di Vietnam, menurut Evercore ISI.

    Negara-negara penting lainnya

    Malaysia adalah lokasi manufaktur yang berkembang untuk Mac dan menghadapi tarif sebesar 25%. Thailand juga merupakan pusat kecil untuk produksi Mac dan akan dikenakan pungutan sebesar 36%.

    Apple juga mendapatkan komponen dari Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Amerika Serikat. Komponen dapat dikirim dari satu negara ke negara lain sebelum perakitan dilakukan di China atau tempat lain.

    Pada bulan Februari, Apple mengumumkan rencana membuka pabrik baru untuk server kecerdasan buatan di Texas sebagai bagian dari investasi USD 500 miliar di AS. Namun, Apple tidak memiliki produksi massal di Amerika Serikat. Apple hanya memproduksi Mac Pro di Texas.

    (fyk/fyk)